Senin, 15 Agustus 2022

Mbul Memandang Hamparan Sawah dan Gunung Biru yang Uwuwu Sekali....




Oleh : Mbul Kecil
Assalamualaikum wr wb....

Langit biru, awan putih, gunung tinggi menjulang dan sawah menghampar kuning dengan bulir-bulir padi yang tangkainya digoyang angin. Hmmmm....indahnya lukisan alam saking Gusti Ingkang Murbeng Dumadi. Gusti Alloh. Subhanalloh. MasyaAlloh Tabarokalloh.





Ini pemandangan yang Mbul temui di sekitaran area setelah Boyolali, Ampel dan Salatiga yang mau menuju ke Ambarawa dan Ungaran. Sebelum Danau Ambarawa lebih tepatnya. Posisi meliuk-liuk pinggirannya hutan dengan pohon-pohon tinggi dan lebat. Sebelahnya lagi warung-warung yang menjual view pemandangan gunung dan sawah-sawah. Menu utamanya sih pop mie, indomie goreng atau rebus, wedangan kopi, dll. Tapi Mbul ga mampir warung sih. Mbul cuma minta endegin Ramane buat melipir bentar dan memandang keindahan alam dari pinggir jalan. Ngarepe truck berhenti parkir hihihi.

"Ngarepe masih ada yang cakep lagi lho Dek, yaitu Danau Ambarawa? Dedek arep mrono pow urak?" Ramane mempersuasi diriku agar akuh tergoda iman buat mampir Danau Ambarawa juga. Jarenya beliau nanti bisa kelihatan dari atas dan pinggir jalan raya juga. Perpaduan antara langit dan danau yang biru tentu akan sama indahnya dengan langit dan gunung yang biru juga.





"Piye? Dedek Mbul? Mau ke Ambarawa juga mboten?"

Heuuuuuw....Mbul ya galaw...pengen banyak mampir ke tempat bagus. Cuma hari udah menuju sore kan. Ini aja udah jam 2 siang dan bentar lagi dah jam 14.30 WIB. Kira-kira sempat ke sana juga ga ya?

Ya, berawal dari perjalanan pulang dari acara di Solo, Mbul rencananya mau healing-healing dulu di sekitar Ungaran. Jadi ga lewat tol Semarang. Melainkan lewat bawah alias jalan kotanya. Jadi Mbul sempat melintasi Kartosuro dengan patung Wanita yang sedang membantiknya, Boyolali dengan Kota Susunya, Ampel, Salatiga dan Ambarawa. Di Boyolali sempat melintasi patung kuda di Alun-Alun yang terdapat perpustakaan daerahnya, sentra kulinernya yang berjibun sampai kemudian nyampe Ampel yang jalanannya semakin menanjak. Nah, sebelum sampe Salatiga dan Ungaran itu Mbul sempat mampir di Kupat Tahu Pak Gendit yang Cabang Depan SMU 3 Boyolali, review lengkapnya udah aku ulas di bawahnya post ini ya, monggo loh kalau mau dibaca. Lalu kami melanjutkan perjalanan kembali karena pengen segera ke peristirahatan. 








Setelah sampai Salatiga, karena kan sehabis Boyolali dan Ampel itu rute terus menanjak yang mana kami sampai Salatiga, akhirnya tanpa kusadari di pinggir sebelah kanan tampak Gunung Merbabu yang dengan gagahnya berdiri di sana dan kelihatan banget lereng sampai puncaknya. Sumpah abis itu aku langsung takjub dalam hati dan ga berhenti mengagumi kekuasaan Alloh SWT yang menciptakan alam semesta termasuk dalam hal ini gunung yang ternyata dari jauh sampai mendekat itu tampak subhanalloh indahnya. Aku langsung membatin, berarti para pendaki itu kalau di puncak sampai atasnya itu ya.....hwaaa...ga kebayang saking tingginya berapa MDPL itu ya? Hmmmmm.....Jadi pengen naik gunung Mbul hihihi. Tapi aku liat dari atas puncaknya kelihatan nyanyaaas banged. Walau kata Ramane "Di atas itu sebenernya dingin lho Dek?" Opo iyo yo?

Aku minta diinggirin bentar buat motret keindahannya. Dan kebetulan di sisi kanan itu memang lagi ada truck berhenti depan warung atau saung-saung gitu deh. Alhamdulilah hari itu ramane lagi baik hati jadi Mbul mau motret pemandangan dibulehin hihihi. "Tapi bentar aja ya Dek!" perintahnya. 

Ashiyaaaaaaapp !!!!



















Jadilah sekalian ngadem di bawahnya sambil mengabadikan panorama yang indah ini. Agak turun ke bawah sampai depannya sawah pas buat mengambil gambar yang bagus. Walaupun agak terik tapi Mbul dah pake hijab dan baju katun yang nyaman, juga sunblock SPF 50 ++, jadi alhamdulilah ga masalah. Baju dan hijab Mbul juga udah Mbul cuci dan bilas pake So Soft dari Wings yang variant biru. Ini tuh baru aja kemaren Mbul beli dan ngerasa wanginya enak plus nenangin. Makanya langsung jatuh hati sama So Soft Biru ini. Meski yang varian pink ada juga sih. Cuma aku baru buka yang biru, yang sekali lagi wanginya enak. Jadi biar siang terik wanginya awet. Pokoknya suka!

Lalu Mbul ngambil gambarnya juga bentar doang hihihi. Yang penting ada dokumentasi di blog, karena kalau sudah bablas dari kota ini nanti ga akan nemu panorama gunung sedeket ini lagi. Nanti nyesal hohoho. Walaupun di Melva Balemong yang Mbul inapi ternyata nemu juga sih...hehhehe. Cuma kalau di Melva Balemong gunung Ungaran. Maklum waktu itu Mbul belum ngeh nginapnya di Melva Balemong yang cakep itu. 

Setelah puas mengambil angle pemandangan dari sisi itu, kamipun melanjutkan perjalanan walau sempet mandeg dulu buat nglemeske awak di Angkringan Kawan Lama Salatiga. Tapi kami ga pesen menu beratnya sih. Cuma makan gorengan dan minum aja karena cuaca panas banget. 




































































Meski begitu banyak pengunjungnya lho. Termasuk pasangan oma dan opa yang sepantaran ama bapak ibuku tapi tetap romantis dan keduanya makan di sebelah mejanya Mbul. Ihiw. Heheheh...

Untuk menu beratnya sendiri, sebagai informasi aja siapa tahu temen-temen ada yang mau nongkrong di sini, tetap aku jembrengkan ya. Menu beratnya itu banyakan modelan nasi bakar dan sate-satean khas angkringan selain tentu saja ada indomie ala warkop. Nasi bakarnya juga macem-macem. Ada nasi pindang, nasi cumi, dan nasi teri. Lauk sate-sateannya baru macem-macem ada sate bakso, sate kulit, satr usus, sate nugget, sate bakso ikan, sate sosis ayam, dan sate sosis sapi. Yang lainnya juga masih banyak. Lengkapnya ada di buku menu ya berikut harganya. Kalau Mbul cuma pesan mendoan dan singkong goreng aja. Minumnya jus alpukat, jus tomat, strawberry milkshake, dan es teh manis. Walau akhirnya dibungkus juga sih, soalnya nda abis. Dan eman-eman. Nanti bisa buat cemilan di Ungaran. Hehehhew.









































Kalau untuk konsep angkringannya sih semi terbuka ya. Jadi ga ada dindingnya dan view belakang ya Gunung Merbabu tadi. Depannya kebon pisang dan sawah walau padinya sebagian dah dipanen. Biar lebih jelas bisa ambil space yang di balkon atas. Walau kalau siang ya terik banget sebab ga ada payonnya hehhehe. Jadi aku rekomendasiin sih kalau ke sini lebih enakeun pagi biar agak teduh dan ga seterik siang.

Mbul review satu-satu dulu ya. Pertama jus alpuketnya ngicip dikit. Soalnya punya kakak A dan Mas Montogh. Yang ini kentel banget. Full segelas gede gitu. Tapi manis sih. Ada susu cokelatnya juga. Sebenernya Kakak juga pesen Strawberry Milkshake wkkwkw. Karena dia sama atau ceesan sama Mbul penyuka warna pink hahhaha bener bener kayak Beby Mbul ancen Kakak tuw. Cuma ya karena minumannya porsi gede akhirnya ya paron-paron semua lah saling ngicip. Kalau jus tomatnya Ramane juga seger sih. Begitupula es teh manis punyaku. 

Untuk gorengannya, tempe mendoannya tepungnya memang agak tebal dan digoreng kering. Biasanya kan mendoan agak basah ya. Nah ini kering. Tapi manteb sih buat kriuk-kriuk apalagi dicocolin ke sambal pedas manis yang ada biji cabainya. Sedangkan singkong gorengnya wenak mempur. Gurih lagi. Ini sih yang nelaske Ayahanda hahahhah. Walaupun sisanya tetep dibungkus karena takut kekenyangan. Secara harga, menurutku standar harga menu angkringan sih. Dan viewnya juga cakep banget.















Hijab aku udah takpakein Sosoft yang wangiiiii banget...wanginya ngademin, dah gitu lembut lagi, antara yang biru dan yang pink Mbul lebih suka wangi sosoft yang biru hihihi





"Angkringan Kawan Lama Salatiga"
Unnamed Road, Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50773

Hmmmm....selanjutnya kemana ya...Ke Warung Ayam Goreng Kampung Mas Budi Ungaran. Nantikan updateanku selanjutnya ya. Dadaaaah!!!

Salam Manis
Nita Mbul


26 komentar:

  1. sangat suka memandang hamparan sawah yang hijau dan luas. Terasa sejuk di mata ketika memandangnya.
    Itu si admin kok uimut sekali ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kemarin kami lewat jalan kotanya jadi sempat melintasi Boyolali, Ampel, Salatiga baru Ungaran 😊

      iya karena sudah dataran tinggi jadi suasana sejuk banyak pepohonan

      Hapus
  2. Such a beautiful place! Can't get enough of that deep blue clear sky. Food looks mouthwatering too.
    angiesrecipes
    http://angiesrecipes.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie, This is Merbabu Mountain that has a beautiful scenery on top...i take those pict by my mobile phone ☺😊

      Hapus

  3. Lho, perasaan tadi sudah komentar tapi ngga nongol.🤔

    Wah, daerah Ambarawa sudah mau panen ya mbul, soalnya sudah pada kuning padinya.

    Memang paling indah itu pemandangan alam seperti di sawah, aku juga kalo pulang kampung ke Jawa sukanya pergi ke sawah, adem lihatnya, apalagi kalo mau panen.😀

    Maaf ngga lihat semua gambarnya, lagi ngirit kuota soalnya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa komen yang review resort yang di bawahnya post ini bukan mas agus? ☺🤔

      adanya komentar yang ini jew ☺, apa lupa belum pencet publish 🤭

      iya mas agus, di sana agaknya sebagian udah masa panen, tapi sebagian lagi ada yang baru tandur 😊

      bener banget, adem melihat pedesaan dan alam yang hijau, makanya yuk kita jaga alam ini supaya tetap bisa bermanfaat untuk kehidupan hehehe

      iya mboten nopo nopo mas...☺

      Hapus
  4. Subhanallah. Kalau saya akan hayati pemandangan lama-lama.
    Oh! Sedapnya air alpukat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak na, mbul pun demikian, berasa kecil diri ini pas lewat posisi gunungnya berdiri gagah di depan mata....bener-bener jadi ingat kebesaran Sang Pencipta....😉😍

      Hapus
  5. bagus banget pemandanganya mbak, langit dan awan-awanya cerah, pasti panas banget yah :D, kebun persawahanya juga kelihtan bagus, cocoknya tuh kalo ada angin sepoi-sepoi kayal di pantai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya awannya ngumpul kayak permen gula kapas ya ☺

      langitnya pas biru banget, cuaca lagi cerah, sorenya baru agak adem dan memang betul, kalau ada angin sepoi-sepoi baru sejuk 😁

      Hapus
  6. Love the beautiful photos.
    Yummy food!
    Happy Tuesday!

    BalasHapus
  7. Hwah samaan Mbul, di sini pun di Sukabumi, pemandangan ke sebelah utaranya tepat menjulang Gunung Gede pangrango. Bikin adem memang tinggal di daerah dengan hamparan sawah dan biru tingginya gunung, alhamdulillah.

    Yang juga selalu bikin lambung ini meronta-ronta setiap buka tulisannya Mbul, pasti ada gambar-gambar makanan menggoda jiwa yang habis baca pasti kepikiran buat nyari atau bikin, mantap memang Mbul ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Yonal, Mbul kalau ke Sukabumi belum pernah stay lama...cuma pernah ke Ujung Genteng aja ikutan gathering kantor hehehe

      Kalau Mbul dulu pernah mantengin gunung gede pangrangonya dari arah Bogor. Tapi inget Sukabumi, mbul jadi inget oleh-oleh khasnya yaitu mochi yang diwadahin kotak bambu kecil-kecil lho. Yummy! 😄😁

      Hapus
  8. Love the view of the mountain, blue sky with white clouds. Yummy food.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Nancy....langitnya biru indah sekali ya...😉

      Hapus
  9. ...the treats on a stick look great!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sate khas angkringan Tom, di negara kami khususnya beberapa daerah di Jateng banyak sekali angkringan atau disebute kucingan karena menjual sego kucing atau nasi kucing, nasi yang dibungkus kecil-kecil nanti ada campuran teri, pindang, orek tempe, atau lauk lainnya. Cuma sekarang banyak konsep angringan yang lebih modern seperti angkringan kawan lama ini yang pengelolanya mas mas atau pemuda sana hehehe

      Hapus
  10. photo-photonya keren keren
    sampai boyolali, itu kan tempat main saya
    mampir klaten lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas 😁

      Ternyata Boyolali kota yang indah dan sejuk ya. InsyaAlloh kapan kapan jika ada kesempatan aku ingin mampir Klaten juga. Selama ini Klaten terkenalnya dengan sop ayam pak min sih yang udah buka cabang di banyak kota...

      Hapus
  11. nyamannya suasana desa yang permai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Iya Wak..sejuk mata memandang indahnya pegunungan dan sawah di dataran tinggi Kota-kota di Jawa Tengah 😁

      Hapus
  12. Masya Allah, pemandangannya bagus banget itu Kak. Kak Mbul memang keren dah soal foto-fotoin pemandangan dan makanan hehe.

    Jadi pengin juga nyicipin, di tempat Teddy kayaknya nggak ada jual aneka sate kayak begitu Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAlloh Alhamdulilah Teddy, Mbul bisa singgah di beberapa kota di jawa tengah yang sedari dulu Mbul ingin samperin. Iya ini murah meriah lho, sate sate dan nasi bakarnya.. Tapi mbul ga cobain sih. Mbul cuma beli minuman dan singkong goreng juga tempe mendoan hehehhe

      Hapus
  13. Mbul kecil, masya Allah sayangkuuuu lamaaa aku gak mampir ke rumah blog ini. Masih imut aja dirimu, dan foto sawah ini benar-benar memanjakan mata. Jalan-jalan gabut gini kadang malah dapat kenangan yang manis loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kabar baik mba ninng....ketjopppp basaaaah ahahahhah

      uda lama juga ga sowan blognya mba ning, 😘

      iya liat pemandangan alam jadi seger mata mbul hihihi

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^