Kamis, 19 Januari 2023

Kenduri dan Sebuah Pagi yang Dingin dengan Ikan Melem Goreng, Pete, dan Durian Manis Pasar Kutoarjo



Usai makan siang di Rumah Makan Asli Kutowinangun, Tamas ngajakin aku mampir ke Pasar Kutoarjo dulu karena Beliau ngidam durian. Kebetulan cuaca hari itu emang cerah banget padahal sebelumnya di area Banyumas yang konturnya agak 'nggunung' lumayan mendung. Cuaca sedang cengeng-cengengnya. Begitu kata sebuah lagu. Sementara itu angin berhembus kenceng dengan pemandangan kaki Gunung Slamet yang terutup kabut pada bagian pucuknya. Owh indahnya...kapan aku bisa ke Gunung Slamet ya :D 




#adek pengen ke Banyumas, Mas :-p

Nah, begitu lepas Kebumen~bablas terus Kutowinangun sampai akhirnya bermuara ke Pasar Kutoarjo, tiba-tiba matahari langsung bersinar dengan gagahnya. Sinarnya yang keoren-orenan membuat siang itu terasa hot

Rabu 18 Januari 2023 Kutoarjo ga jadi ujan. Otomatis pasar ga gitu becek. "Mumpung musim durian lho Dek, mendingan kita borong banyak yang di Pasar Tordjo. Manteb tow?" He em......Mbul mah manut aja cause kami emang pecinta durian. Walau ibuknya Tamas ga kerso durian sih. Jadi paling nanti yang lomba ngemut durian antara aku dan Tamas.. kalau ga kuat baru panggil Om Jhon sebagai team penghabisan~tetangga samping rumah mangsudnya. Biar maremnya bareng-bareng. Lha yang masih muda-muda gini masih pada  kuat makan durian. Hahahha....




Durian lokal (kalau ga salah varietas Bawor memang manis sih) ga kalah sama monthong yang di perantauan bisa nyampe Rp 400 ribu per glundungnya. Sedangkan yang di pasar ini, per glundungnya ada yang kena Rp 40 ribu, ada pula yang Rp 60 ribu. Itu pun udah gede banget. Yang Rp 25 ribu juga ada sih tapi itu lebih kecil lagi. Kebetulan kami punya langganan Mbah-Mbah yang biasa ngetem di eperan pasar sebelah barat dan udah hapal banget sama Tamas karena saking seringnya Tamas beli di situ. 

Singkat cerita, sesampainya di muka pasar, suasana tampak ramai. Pedagang ayam potong menggelar dagangan ayamnya yang gemuk-gemuk di atas talenan kayu, samping-sampingan dengan pedagang kembang tabur yang nyambi jualan durian. Memang banyak yang nyanding durian karena sedang musimnya. Ga cuma pedagang kembang tabur, ada pula pedagang pete, perkakas, dan juga rambutan yang nyanding durian untuk  dijual.






Tamas juga sempat melihat rebung gede banget belum dipotong-potong. Yang ini bukan bung bendet ya. Tapi bung yang masih asli belom dionceki kulitnya. Jadi agak pe er kalau mau nyayurnya. Rebung tersebut dijual oleh Bapak-Bapak yang bersebelahan dengan tukang pisang di sebuah kelokan pasar. Sebuah pemandangan yang menarik dan membuat aku ingin foto. Tapi ku maluuuw. 

Benar saja, Tamas seperti bisa membaca pikiranku. Beliau kemudian meledekku apa aku pengen foto. Biasanya Mbul paling suka foto suasana pasar kan? Dagangan buah dan sayur? Buat keperluan tulisan di blog. Mbul sih sebenernya pengen tapi malu hahhaha. Ditambah cuaca sedang hawts....Jadinya agak lemes aku mau jalannya. Mana parkirnya agak susah karena ramai. "Padahal bagus lho Dek sebelahan ama pete yang bergombyok-gombyok itu, gelem takendegin urak, sekalian tumbas?" Hmmmm....urak lah, Mbul isin.....hihi. Kan biasanya di kota juga gercep. Tapi kalau di desa entah kenapa jadi ewuh. Sungkan :'(







Karena ga jadi mandeg bakul rebung, akhirnya kami bablas terus mencari Mbah Bercaping bakul duriannya. Walau pas nengok di eperan ga nemu tuh keberadaan Mbahnya. Apa udah ga sadean durian lagi ya? Wah kalau beli di tempat lain belum tentu manis dan terjangkau. Masih terjamin yang di Mbah Bercaping ini. Kami pun berkeliling dulu ke sisi pasar sebelah timur. Suasana jalanan semakin ramai. Banyak angkutan atau colt yang sliwar-sliwer karena emang dekat terminal. Dan ternyata ada dong si Mbahnya. Horeeeeee!!!! Beliau malah ngetem samping-sampingan ama penjual pete (depannya toko pakan ternak kalau ga salah). Wah bisa langsung sekalian angkut petenya nanti...hihihi...Malah Tamas yang cemungudh.

Kamipun akhirnya membeli durian sebanyak 7 buah, satu diantaranya bakal dimaem di tempat. 6 lainnya bakal dimaem di rumah. Eh, ibuku juga pesen 2 deng kalau semisal besok aku jadi sowan sana.







Begitu duriannya dibuka 1, sumpah yaaaa ternyata dagingnya tebal banget, bijinya kecil, dan rasanya manis. Warnanya agak oren. Beneran durian idaman hahahha...Kami pun melahap durian tersebut tak lupa sambil menawari pedagang lainnya supaya turut mencicipi. Aduh...hoki banget aku ngemut durian pertama kok rasanya manis bener. Semoga durian yang tersisa sama manisnya ya. Walau pas dibuka di rumah warnanya lebih putih dari yang di pasar, ga oren lagi, tapi untuk masalah rasa, dia tetep legit ya biarpun dagingnya agak tipis. 

Selain itu, kayak udah bisa ditebak bahwa kami akhirnya juga membeli pete. Ini malah yang nawar harga petenya adalah si Mbah Durian. Bukannya Tamas. Biasanya kan yang jago nawar dia. Kalau Mbul sih jangan ditanya. Sebab aku babisyaaa hihihi.... (pake bahasanya Kakak A). Mbul ga bisaaa. Mbul cupuw masalah ginian.










Kata Mbah Duriannya: "Iki ki langgananku Mbah. Ojo mbok kasih larang-larang petene, kasih Mase Rp 2500!" Bener aja dari yang tadinya Rp 5000 per lenjer ama si Mbah Duriannya ditawar sampai Rp 2500 perlenjer. Ga serta merta segitu sih...ya berurut dari yang tadinya Rp 3500 turun lagi  jadi Rp 3000 turun lagi jadi Rp 2500 hahhahah...sungguh sangat terjangkau dibandingkan dengan harga pete yang kami temui di Pandeglang akhir Desember lalu.

Tamas pun hanya senyum aja. Kata beliau : "Sanes kulo sing nawar nggeh Mbah, tapi Mbah durian niki sing nawarke..." "Nggih Mas, mboten nopo-nopo, sing penting siyos to?" Yaaash jadi dong. Masa ga jadi....Kan udah dapat harga oke banget tuh. Jadi kami angkut segombyok kira-kira isi 50 lenjer. Nanti separo untuk ibuk wetan, separo lagi untuk Ibuk kilen, hihihi.













Sekitar pukul 13.00 WIB, akhirnya kami sampai di rumah masa kecilnya Tamas dan di sana sudah labuh masak-masak. Sebagian Bulek-Bulek pinggir kali udah pada datang buat bantuin tetangga desa yang sudah lagan sejak pagi. Ya lagan buat slametan kenduri Bapak Ndlangu Malam Jumatnya. Bikin nyamikannya dulu kayak snack wajik, apem, dan juga yang susah-susah. Misal ingkungan dan gulai nangka. Kalau rempeyeknya sih beli soalnya biar praktis. Biasanya Budhe Amin yang bikin. Tapi biar ga repot, kali ini beli.

Keesokan Harinya

Hari yang dinanti pun tiba. Slametan kenduri sekaligus tadarusan malam dengan 2 sesi menu dan waktu yang berbeda. Untuk kenduri akan dibagikan pada Bapak-Bapak ba'da asyar dalam bentuk cethingan. Sedangkan tadarusannya nanti pake menu nasi piringan dan juga snack. Menu utamanya sih ada soto ayam dan sate ambal. Sotonya bikin sendiri. Satenya baru beli. Kira-kira ada kali 100 tusuk udah dengan sambal tempe manisnya. Maklum peserta Bapak-Bapaknya banyak.











Oh ya, masakan kenduri dan yang untuk tadarusannya ini udah dimasak sedari pagi. Jadi siang udah matang dan siap untuk dimasukkan ke dalam cething-cething atau tempat nasi. Nanti bagian paling dasarnya akan diisi nasi, lalu selanjutnya dialasi kertas minyak dan wadah mika, baru ditata lagi pake sayur dan juga lauk. Ada mie goreng, telur puyuh krecek atau rambak, tempe garit, ayam goreng, oseng tempe, dan apem pink. 

Wajiknya ditempatkan di tempat lain. Tas-tas kecil dari bahan kertas (paper bag). Sebelumnya dia dibentuk macam arem-arem tapi yang bentuknya big size. Kalian tahu bentuk arem-arem kan? Itu loh yang dipincuk pake daun pisang. Dapatnya beberapa tampah. Kukira itu tadinya ketan atau uli dong hahahha...ternyata setelah kubuka wajik gula jawa. Makanya warnanya coklat. Kalau dulu aku bikin yang warnanya ijo karena pake pandan. Nah, yang ini lebih klasik lagi sebab pake gula jawa jadi rasanya manis legit. Yang masak dan natain Buleknya Tamas yang spesialis tukang lagan. Terkenal beliau ini masakannya enak. Ada Lek Ar, Lek Timun, dan Lek Sarinah hehehhe...Semua masakannya enak. Ku harus banyak belajar dari para pinisepuh ini nih...

Ya acara memasuk-masukkan lauk dan nasi ke dalam cething ini sempat terjeda dulu dengan ishoma, tapi abis jam 14.00 WIB lanjut lagi hingga kelar semua. Tinggal disiapkan ada yang diater-ater, ada pula yang khusus untuk kenduri ba'da asyar.


















Aku juga sempat diajak Tamas ke pesarean dulu buat 'bersih' makamnya Bapak Dlgu (Bapak mertua). Dari rumah, Beliau sudah bawa cangkul dan juga perkakas buat bersihkan rumput-rumput liar yang ada di sekitar makam. Pesareannya itu nyebrang jalan raya dan diapit oleh sawah. Tak jauh dari situ juga ada rel kereta. Sesekali peluit berbunyi menandakan kereta jarak jauh sedang lewat. Pastinya akan ngetem di Stasiun Kutoarjo. 

Lumayan panas juga sih kala itu. Makanya habis 'bersih', kami sempat ndawet dulu di Bapak-Bapak penjual dawet ireng yang ada di sekitar situ. Beli yang esnya banyak biar seger. Lumayan semangkuk kena Rp 5 ribu. Sekalian mbungkuske buat yang pada lagan selain tentu saja tadi sempat belanja sembako buat beliau-beliau yang udah ngewangi masak-masak ini diantaranya minyak, wafer tanggo, gula, teh, dan lainnya. Baru abis itu balik ke rumah buat dzuhuran.
























Nah, mumpung belum sore, Ibuk ndawuhi Aku dan Tamas ngeterin punjungan ke tempat Bapak Ibuku red). Jadi cabcuslah kami ke sana walau ibu belum kondur kantor. Ibu kondur kantornya sore. Naik angkot. Nanti dijemput Bapak di depan Indomaret pake motor. Pas liwat gang setelah nyebrang jalan raya, ada pemandangan yang tak biasa waktu kami lewat ke sana. Kulihat bakul fried chicken yang mangkal di situ seperti familier tampangnya. Kupikir siapa ya? Ah, aku ingat. Langsung spontan aku teriak : "Itu kan Tono temanku waktu SMA Tamas......" Oh ya? "Iya...iya iya...Tono yang paling lawak dan selalu jadi orang yang paling seru di kelas karena emang lucu, biasanya ia duet maut nglucu bareng temanku yang satu lagi Sam hihihi. 

"Yawdah mau beli fried chicken apa Dek, sekalian Dedek say hallo ama Tono..."

"Mboten lah Tamas...kan Mbul cuma info aja"

"Kirain Dedek pan tumbas pled chickene kabeh, sekalian nglarisin dagangane Tono, hihihi..."

"Urak lah, kapan-kapan ajaaaach."

Singkat kata, tibalah kami di depan rumahku. Bapak yang ada di rumah  kemudian menyambut kami dengan antusias. Maklum, udah lama ga sua anak cucu. Beliau kemudian segera menata-natain cethingan kendurinya untuk ditaruh di balik tudung saji. Sembari itu pula lauknya dikasih rambangan air.  Biar semut ga naik. Soalnya kalau naik bisa masuk ke nasi. Nanti cethingnya dinaikkan ke atasnya. Aku pernah dong ngunyah makanan eh ada semutnya jadinya pas ga sengaja kena bibir akhirnya ni bibir jadi gatel-gatel enak wkwkwkk...Sama sensasinya kayak dientup tawon atau digigit lemut pada bagian telapak tangan atau kaki hahahha. Rasanya gatal-gatal enak gimana gitu wkwkwk.

Di rumah sempat yang namanya ngliat kucing baru selain si Boy. Kini ada si Cimut (betina) dan juga Klawu Belang-Belang (jantan). Semuanya berhidung bujel kayak si Admin hahahha...tapi biar begitu tetep manis kok persianya. Mereka biasa jalan-jalan di area belakang dan jarang pergi jauh. Kucing rumahan semua hihihi...Sama kayak Mbul. 














Lewat almari ruang tamu, kudapati foto saat aku masih bayi umuran baru tengkureb. Aku kasih liat Kakak A dan dia engeh kalau itu fotonya Mbul waktu masih bayi. Uti bilang itu waktu Mbul 3 bulan, sedang montok-montoknya. Sama sih kayak sekarang hahahah.

Setelah beres mengantar ater-ater punjungan ke tempatku...kamipun pamit ke Bapak buat balik ke rumah wetan lagi. Ya, karena bentar lagi asyar kan maka harus udah sampai rumah dan siap-siap. Sebelumnya kami mampir ke Sate Ambal Bu Mar dulu buat nglengkapin menu tadarusan nanti malam. Belinya langsung banyakan.












Malam-Malam Gerimis....

Ba'da Asyar Bapak-Bapak tetangga desanya Tamas udah pada kumpul di ruang tamu yang dah digelar karpet dan kenduri pun bisa dimulai. Aku sendiri ngelonin Kakak A dan Mas Montogh karena mereka kecapean, jadi begitu ngliat kasur kami bertiga langsung auto merem hihihi. Padahal bobok sore ga baik ya...aku cuma merem bentar ding, abis itu sebelum magrib bangun lagi. Mungkin masih jetlag kemarin perjalanan jauh. Jadi hawa-hawa bantal dan guling selalu membayangi mata. Bantal gulingnya pengen dikekepin itu  wkwkwk.

Kebetulan sore itu hujan langsung turun dengan derasnya sampai malam hari dan labuh tadarusan. Untung Bapak-Bapak desa pada datang meski ga semua sih. Yang penting acara berjalan lancar dengan diakhiri makan-makan sate ambal dan juga soto ayam.









Coba tebak ini foto siapa? Yups...foto admin blog ini alias aku...foto Mbul waktu masih beiby...nemu di lemari ruang tamu 😂 this is me, when i was a baby 🤭🤣


Pagi yang Dingin dengan Sepiring Ikan Melem dan Pete Goreng

Pagi-pagi sekitar jam 04.30 WIB aku udah bangun dan menuju sumur. Wudhu dari air padasan rasanya anyes banget hihihi... Alhamdulilah habis cuci muka pake Ponds rasanya pipi jadi kenyal dan lembut. Sebenernya aku beli sabun cuci muka satu lagi. Mereknya aku lupa, tapi wangi lotusnya kerasa. Enak deh di pipi. Pengaruh juga dari udara kampung kali ya yang emang seger dikelilingi pohon tinggi, jadi enak banget udaranya hahahah. Bikin betah...

Setelah menuntaskan segala aktivitas wajib di pagi hari, akupun berjingkat ke dapur sambil bersedekap tangan. Brrrrrb... adem banget. Makanya paling pas emang mimik anget. Kuliat di dapur udah terhidang adonan teh bikinan ibuk, yang bisa dijag-jog-jag-jag-jog sendiri pake air termos. Nanti gulanya pake takaran sesuka hati. Biasanya akan aku racik sampai keluar aroma wasgitel (wangi, sepet, panas, legi, tur kenthel...eh kayak teh poci ya hihihi).





















Masih menyeruput teh pagi-pagi dari bibir gelas, Budhe Amin tiba-tiba lewat dengan membawa sepiring ikan melem goreng kriuk dari pawon rumah simbah (pawon yang masih pake tungku). Ga lama sepiring pete goreng juga dikeluarkan. Aroma wanginya bikin perutku serasa digelitikin. Tapi aku lagi menikmati teh anget dulu. Biar perutnya anget. "Sampun wungu nopo Dek, kula wastani taksih tilem....monggo dahar rumiyin." Sapanya ramah. Budhe Amin meski beliau pinisepuh tapi pribadinya santun banget.....Kalau ngomong ke aku alus gitu, hihihi...berasa diemong bangat. 

"Niki ulam goreng kaleh pete, monggo dahar rumiyin Dek!" kembali ia menawariku yang langsung kusambut dengan anggukan kecil. "Njih Budhe, Nita bade nelasaken mimik rumiyin..." Beliau kemudian berlalu dan kembali ke pawon lagi. "Monggo Dek..."























Hari  keempat di kampung, rencananya kami akan ngeteraken ibuknya Mas ngurus tindakan haji di depag. Lalu habis itu mbelikan kacamata di Optik langganan Beliau. Baru setelahnya sowan rumah kilen karena keesokan harinya kami mau ke Temanggung dan Magelang. Oiya, formasi lengkap terus paling ketambahan kakung uti (bapak ibuku red) yang ikut nderek liburan.

PS. Semua foto diambil pada Januari 2023, gress baru saja kemarin. Kecuali fotoku waktu masih beiby 😂😂

Okay, kiranya sekian dulu postinganku kali ini. Nantikan post jalan-jalanku selanjutnya ya, Mbul akan banyak mendaki jalanan yang meliuk-liuk serta hutan kopi dan njati. Bagus deh.... ^_______^

Dadaaaaah....

14 komentar:

  1. Por alguna razón no puedo traducir esta pormenorizada entrada, Mbul, editas cada vez mejor, y con esos gatos que son mi devoción... Se ve todo exquisito, no tengo idea qué son esos frutos y vegetales, pero puedo imaginar su sabor...

    Abrazo más que grande y agardecido. Eso gatos son tuyos? Cuidalos mucho por favor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dale un especial saludo a tu padre. Si ama a los gatos es un amigo. Mark Twain, el gran escritor, dijo: "cualquiera que ame a los gatos es mi amigo" y yo siento igual que Mark Twain...

      Hapus
  2. Lots of exotic produce! Wish I could taste some of durians.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Mbul.
    Kak Amie kalau bertandang ke rumah Mbul, maunya lama-lama gitu. Merenung semua gambar yang Mbul kongsi, rasa kepingin berkunjung ke tempat Mbul. Aduhai...alangkah seronoknya tinggal berhampiran desa! Suasananya hijau, banyak buah-buahan! Makanannya enak-enak semua terutama yang tradisi!

    BalasHapus
  4. ...thanks for showing so many things that I would never see here.

    BalasHapus
  5. Lots of good looking food, thanks for sharing.
    I couldn't find your translating option, I looked but didn't see one.

    BalasHapus
  6. wah itu menu kendurinya mewah banget
    menu yang super lengkap, enak dan lezat
    abis dana berapa ya, kadang pengen punya hajat seperti itu

    BalasHapus
  7. lagi-lagi durian nih mbak mbul, di tempatku juga lagi rame durian, cuman mau beli kok rasanya maless, males karna gada duit 🤣

    itu nasi berkat yang aku maksut kemaren kayak gitu mbak, biasane kalo abis kondangan atau khoul orang yang udah meninggal, atau apa pasti dapetnya nasi berkat, lauknya ada macem-macem, kayak mie, telur bulet, dan kayak semacam orek tempe gitu hehehe :D

    BalasHapus
  8. durian, adalah buah terenak di muka bumi hehe

    BalasHapus
  9. Lagi musim ya durian??? Kok aku ga liat banyak di Deket rumahku 😅. Udh lama ih ga makan duren nit. Tapi ya itu, males kalo dptnya yg mahal banget. Tadi pas jalan ke mangga besar , memang banyak, penjual duren. Tapi di sana kan memang selalu ada yg jual, makanya aku pikir biasa aja. Apalagi agak mahal.

    Ih petenya kok bisa dpt yg murah byangeeet toh nit. Apa aku hrs beli di kampung dulu kali Yaa biar dpt harga semurah itu 🤣.

    Gemeees kucing2nya.. 😍. Paling suka kalo liat kucing ekornya panjang lebat gitu 😂

    BalasHapus
  10. Wuiih dureannya murah banget mbk Mbul...di sini harga duren lumayan mihiil..bisa dari lima puluh ribu ukuran sedang sampe ada yg seratus ribu..ukuran besar perbuahnya..dulu saya suka banget makan buah duren..semnjak ada lambung brmasalah udah GK pernah nyicip duren..padahal q ngiler liatnya😁..kalo di kampung masih berjalan tradisi tamat tadarusan Yo mbk .kalo di sini palingan cuman berdoa aja..sambil bagi nasi kotak ke tetangga dekat aja..ga rame dan meriah kayak di kampung...es dawet item saya Lom pernah coba kayak apa..pasti lembut dan syegeer gitu yah rasanya..jadi ngiler panas"cuaca gini🤤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga ngerti durian yg di Lampung itu varietas apa,katanya duren diambil dari Medan,atpa gimana....wah saya baru tau kalo es dawet itu yg warna item terbuat dari abu..gak sama kayak es cendol Yo mbk?

      Hapus
  11. Dari sekian banyak makanan yang tersaji di atas, saya pengennya cuma dawet. Seger kayaknya. Haha
    Kalau durian, eh'emm,.. ampun dah. Dari baunya saja Sirah saya sudah ngelu.. wkwkwk

    BalasHapus
  12. Naksir dawetnya aku nit..klo duren, aku nggak doyan e.. nyium baunya udah nggak suka, terlalu menyengat :-) tapi yo gpp sih, malah ngirit. Klo pas musim barengan...trimo tuku rambutan

    BalasHapus