Kamis, 21 Maret 2024

Bali in a Fine Day....

Assalamualaikum wr wb...
Menuju due date ke Bali rasanya seneng banget. Ini adalah liburan paling seru sekaligus paling berkesan dalam hidupku karena untuk kedua kalinya aku berangkat ke Bali. Sebelumnya aku ke sana saat darmawisata sekolah SMA. Kali ini ke sananya berdua ama Tamas.

Satu minggu sebelumnya kami udah ubek-ubek beberapa opsi penginapan karena kami akan ke sana sebanyak 5 hari 4 malam. Dengan menggunakan tiketdotcom kami pun memutuskan untuk nginep di deket laut (biar bisa jogging pagi) dan satunya lagi di Denpasar. Jadi 2 hotel yang kami pilih itu Rivavi dan Grand Mega Resort and Spa yang dekat dengan akses Kura-Kura Bus dan busway Bali yang biasa disebut dengan Trans Sarbagita. Kalau pesawat sempat panik sih karena harganya naik turun. Kelewat 1 hari aja udah naik. Jadi musti pantengin bener-bener biar sampai sana pas sama sorenya suasana Bali #biasa kejer sunset or pengen mlampah-mlampah ke pantai dan melihat keramaian Kuta. Jadi jatohlah pilihan buat naik Lion Air dan Air Asia.

Tanggal 29 Oktober pun tiba. Saat dimana Tamas menjanjikan cuti dari kantor sebelum dzuhur. Ya jaga-jaga aja siapa tahu jalanan macet karena kami harus lepas landas jam 3 sore. Jadi sembari menunggu Beliau pulang, aku siap-siapin baju yang dari malem sebelumnya bulak-balik dibongkar pasang akibat galau mau bawa baju berapa #kebiasaan. Karena kebetulan aku baru beli busana agak lumayan bervariasi, maka hal itu tentu saja akan semakin menyesaki isi tas.

Karena lagi ga mau rempong nunggu bagasi, sepakat pakenya ransel 1-1. Satu tas sendiri isinya bajuku. 1 tas sendiri isinya baju Tamas. Sengaja ditaroh 1-1 begitu biar ga ada tangan-tangan brutal yang mengacaukan lipatan rapi Beby Mbul #anaknya emang suka kerapihan. Nah, pas beres-beres kelar, pas itu pula jam menunjukkan pukul 11.30 WIB dan Tamas udah kucluk-kucluk sampai rumah. Seneng akhirnya kami bisa liburan berduaan. Oh yeah....segera cuz teleponan ama Om Taksi yang biasa diorder karena rumah Om Taksi emang deket ama rumah. Horraaaay!!!

Taksipun udah stand by deket angkringan yang ada di depan gerbang komplek. Si Om Taksi menyambut pasangan muda-mudi ini dengan senyum-senyum ceng-ceng-in. Katanya, wah manteb amat ama si Mbul liburan berdua. Mau pada kemana ni? Ke Bali Om...jawab kami kompak. Lalu mobilpun membawa kami melaju diantara kemacetan bandara karena beberapa ruas jalan ada yang sedang di-cor ulang oleh pemda setempat. Ya, untung jadi lebih awal karena pas tiba di terminal 2, waktu kami check in udah mefeeet banget pesawat mau terbang. Alhamdulilah masih kekejar.

Selama perjalanan, pesawat agak turbulensi tapi alhamdulilah aman sih. Sampai akhirnya agak sorean sampailah kami di Bandara Ngurah Rai dijemput oleh konconya Mas yaitu Om Anto. Habis itu kami diantarkan ke Rivavi. Beres naroh barang-barang bawaan di hotel, kami turun dan berniat cari makan.

Mulanya bingung mau makan apa. Tapi karena di situ deketan sama Ayam Betutu khas Gilimanuk, ya udah akhirnya ke sana aja. Kami carinya yang cabang deket-deket Kuta gitu. Dan begitu nyampai sana, suasana penuh nuh nuh...padahal hari udah mayan larut. Sekitar jam 10 malam. Tapi masih ada sisa bangku kosong sih yang terletak di area belakang sejajar ama dapur. Jadi kami menuju ke situ dan langsung pesen spesialnya apa. Disebutinlah ayam betutu kuah (4 ekor ayam sudah lengkap dengan bonus plecing kangkung, kacang goreng, dan sambal matah). Ga sampe di situ aja, karena judulnya adalah mentraktir Om Anto yang udah berbaik hati menjemput kami, maka Tamas pesankan 1 menu spesial lagi yaitu seporsi sate lilit. Minumannya 1 es teh manis, teh hangat, dan air mineral. Rasanya nyus banget. Ayamnya ngresep banget rempahnya. Sambal yang ada di atas plecing kangkungnya pedes banget, tapi ketolong ama renyahnya kacang goreng. Sedangkan sate lilitnya porsinya mayan imut sih karena jumlahnya 10. Tapi tetep bikin kenyang sih.

Kelar makan, Om Anto ngantarin kami balik ke Rivavi, lalu abis itu pamitan. Secara kami mau jojing-jojing hehehhe. Abis mandi kilat, kami mutusin buat jalan-jalan di sekitar Kuta, sambil liatin keramaian yang ada. Dan yah, lumayan kaget juga karena berasa kayak di luar negeri gitu. Kami bebas berjalan kaki menikmati pesona Kuta dengan ratusan cafe dan bar-barnya. Juga spa yang kayaknya banyak banget jejer-jejer gitu di setiap ruas jalan. Kami juga jadi menikmati bahwa inilah pesona Kuta di sepanjang pantainya yaitu suasana malam yang benar-benar meriah walaupun tetap mempertahankan budaya lokal. Kami jalan terus nyampe Tugu Peristiwa Marriot. Rasanya kayak romantis-romantis juga tumben-tumbenan. Bisa gandengan tangan berduaan aja di daerah baru, menikmati suasana baru #ayeayeaye

30 Oktober...

Pagi-pagi masih ngantuk banget tapi badan berasa digiring buat lari pagi supaya ga kesiangan nyampe pantai. Karena kan rencananya abis mamam langsung check out. Terus meluncur ke kantor Tamas yang Cabang Bali, silaturahmi ama anak-anak proyek. Yaudalahya dengan muka masih dihiasi lingkaran panda sehabis kecapean ngiterin Kuta malam hari akhirnya mau ga mau akupun bangun. Gojlak-gojlakin badan Dutaaah sheila on sevenku #plaaak maksudnya Suami buat subuhan karena kan akunya lagi tanggal merah...hahhaha...Dan yah, kami sama-sama masih muka pend dikelonin guling. Ngantuk sangad. Tapi mau ga mau kudu bangun juga. Kalau ga sia-sia lah kami pesen hotel yang deket-deket pantai, wkwkwk.

Abis cuci muka, kami jalan ke Legian sekitar setengah 7-an pagi. Jalanan masih sepi. Bersih. Bunga-bunga juga masih segar-segar, baru saja diganti oleh beberapa perempuan dengan pakaian adat Bali yang hendak sembahyang. Suasana tampak asri. Pokoknya bikin adem karena dimanapun tempatnya Bali selalu menjunjung tinggi adat dan budaya. Love!!

Di Pantai Legian, suasana juga masih cukup sepi. Hanya ada beberapa orang turis pria yang sedang stand by dengan kostum joggingnya. Ada pula yang sudah siap dengan papan surfingnya atau sekedar foto-foto kayak kami...E ini Mbul doang deng. Tamas mah boro-boro mau foto. Dia mah beneran pengen menikmati liburannya aja...jangan foto-foto mulu hihi...Beda bangat kan sama akooooh...hoho

Setelah puas kecehan dan mainan pasir di bibir pantai, akhirnya kami berencana balik ke Rivavi. Eh, ga deng...sebenernya kami balik kamar buat tidur lagi, hahaha...Abisan masih seperempat watt dan akhirnya bablas sampe jem setengah 9 dimana resto hotel udah entek-entekan menunya. Tapi ga pa pa lah. Kami akhirnya ambil nasi goreng, buah, sama roti campur selai. Abis itu kami langsung check out dan pesen taksi menuju ke kantor Tamas. Ongkosnya Rp 50 ribu.

JALAN-JALAN KE PANTAI PADANG-PADANG

Senyum terukir saat mendapati raga ini sudah berada di atas bumi Bali yang begitu harum bertabur kembang-kembang di setiap sudut-sudutnya. Bali memang selalu begitu. Wangi dan ngangenin.

Pagi itu–sekitar pukul 09.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA)–usai sarapan kilat di Hotel Rivavi, kami pun segera check out untuk menuju destinasi wisata selanjutnya. Ya, walau sebenarnya belom fix-fix amat tujuannya mau kemana. Karena gawatnya kami adalah termasuk orang yang terlalu santai (sehingga itinerary yang udah dibikin sedemikian njlimet pada akhirnya jadi kayak semacam simbolic aja, selebihnya ngikutin mood. Dipikirnya ntar-ntaran aja lah sambil jalan…. Biarkan angin yang kan membawa kaki ini melangkah, wakakkak #nekad.

Jadi, setelah order taxi, kami mampir sebentar buat silaturahmi ke kantor cabang Tamas yang ada di Bali. Ya, sepik-sepik dikitlah, masa ada kenalan di sini ga sekalian dimampirin. Ibaratnya kulonuwun dulu. Kan kata pepatah Jawa biar etis. Yah, sekalian ngecheckin juga sih ada mobil apa ga. Soalnya kan di situ ada APV nganggur tu yang disediakan buat akomodasi pas hari kerja. Nah, kebetulan waktu itu pas hari Minggu, jadi otomatis pada libur. Makanya sapa tau mobilnya kosong alias ga ada yang pake. Jadi kami bisa pake sebentar buat jojing-jojing ngiter-ngiter seantero jagad Bali.

Pas dicek ke sana, alhamdulilahnya sih kosong ya. Mobil free. Lalu inginku berkata Ohyeaaaah ! Cuma kami mesti kejebak dulu dalam obrolan panjang diantara temen-temen Tamas yang penempatan Bali. Ya maklumlah, para bapak-bapak kalo udah kumpul pesti adaaaa aja yang diobrolin disambi dengan nggayemi cemilan macem kacang, pisang, jeruk, ama kelengkeng yang dibeli dadakan. Jadilah pas ngeliat ke jam dinding, e kami semua langsung kaget. Lha kok tau-tau udah jam 2 siang aja ya.

Setelah meeting kecil yang tak direncana, Om Dar Kacab kantor situ pun berinisiatif buat nyopirin sekaligus ngawal kami jalan-jalan di hari kedua itu. Tujuannya kemana? Masih random. Bingung antara mau ke Ubud atau pantai. Tadinya tuh aku ngebet banget pingin ke area pegunungannya, macem Pura Besakih, Gunung Batur, atau Trunyan sekalian. Maksudnya cari yang dingin-dingin empuk gitu loh biar kayak permen Pindimint, namun setelah diterawang-terawang, mengingat waktu udah semakin sore, akhirnya dibatalkanlah niatan itu.

Om Dar sih mau-mau aja ya nganterin sampe sana. Cuma logikanya, dari Denpasar ke arah gunung-gunungan tadi ternyata memakan waktu yang lama. Setelah direka-reka menggunakan google map ternyata bisa sampai 4 jam. Udah keburu gelap dong yah misal jadi ke sana,…uda tutup dong tempat wisatanya. Bisa-bisa ga sempet foto-foto lagi deh buat dipajang di blog. Yaweslah bataaaaal.

Meski agak sedikit kuciwa karena aku pingin tau daerah pegunungannya Bali kayak apa, terutama desa adat Panglipurannya (which is pas kukepoin di interned begitu indahnya buat futu-futu), akhirnya tujuan dialihkan ke pantai sadjo. Om Dar merekomendasikan beberapa pantai seperti Pantai Pandawa, Dreamland, Nusa Dua, atau Padang-Padang. Nah yang terakhir ini sebenernya masuk itinerary nih. Cuma ketulisnya bukan di hari ke-2. Klo ga salah malah hari-hari akhir menjelang pulang sekalian pingin ngeliat tari kecak Uluwatu. Tapi karena setelah dipikir-pikir mumpung ada yang berbaik hati nganterin nih, aku dan Tamas pun berpandang-pandangan. Seakan memastikan, gimana nih….apa ngikut rekomendasi yang nganterin ato ga? Lalu diputuskanlah ya hayuk aja deh, saia maoooook. Hahahaha….Mayan kan, jaraknya jauh…klo naksi pesti bakal kepontal-pontal tuh sama jam pulangnya. Trus jalan-jalannya bakal ga tenang… takut keabisan klo metok-mentoknya pas kemaleman. Lagipula ini pantai kan tempat diva hollywood sekelas Budhe Julia Robert berakting lewat film romantis Eat, Pray, Love. Jadilah aku makin pengen ke sana. Pingin ngebuktiin sendiri, seberapa biru sih warna laut sama langitnya, seberapa putih pantai pasirnya #mmmmmhhh.

Nah, singkat kata singkat cerita….setelah semua ready, termasuk pasukan yang ikut serta (maksudnya konco-konco cabang Bali yang lagi off kerja dan milih ikutan), akhirnya cuzlah APV yang dikendarai Om Dar menuju ke Pantai Padang-Padang. Dan tau ga Cuy, apa yang terjadi di dalam mobil sana? Sebelomnya nih, sebelomnya kan aku uda dikasih tau sama Tamas, misal nanti disupirin orang kantor, beliau wanti-wanti klo ada beberapa orang yang model nyetirnya kayak balapan F1. Nah, salah satunya adalah Om DM....wkwkwk. Pokoknya medeni tenan Cuy. Selip kiri selip kanan. Ada kendaraan lain di depan atau di samping, pesti langsung disalip. Triknya itu mepet-mepet, misal ada motor satu di depan, pesti bliau pepet-pepet dulu kayak balapan. Jadi aduuuuuh udah deh jantung mau copot lah kalo gini caranya hahahah. Licin banget. Tamas yang buatku nyetirnya udah banter ternyata belom ada apa-apanya dibandingkan ama Om DM ini. Halahyuuung aku tak merem aja wes, sementara bapak-bapak yang lain masih pada lanjut dengan obrolan yang tadi (baca : masalah kerjaan), wkwkwk…

Kurang lebih 3 jam berpacu dengan kecepatan mengemudi ala Om Dar yang melebihi kecepatan cahaya maksudnya lumayan bikin jantungan itu, tiba-tiba sampailah kami di sebuah area yang jalannya meliuk-liuk. Iya, jadi buat menuju ke Padang-Padang Beach, kami harus melewati aspal yang berbukit-bukit. Terus kanan kirinya berdiri villa-villa mewah dengan konsep alam ala hutan hujan tropis. Ijo-ijo. Seger banget deh. Banyak bunga gunung juga. Itu loh yang bunganya kayak terompet dan merambat-rambat terus ditanemin di gerbang-gerbang villanya. Pokoknya cucok miong sekali lah buat nyegerin mata.

Oh ya, sebelumnya kami juga ngelewatin beberapa tempat wisata juga kayak Pantai Jimbaran, Garuda Wisnu Kencana (GWK Bali), Kawasan Pecatu Indah Resort, dan pantai Dreamland Bali (New Kuta Beach). Yang paling aku engeh sih pas ngliwatin GWK ya, soalnya kan sempet ngliat patung-patungnya yang menjulang tinggi itu. Ahhhhh…jadi pengen ke sana juga. Next aku ceritain di postingan terpisah.

Nah, waktu tiba di Padang-Padangnya, yang pertama kali kami rasakan adalah fanaaaaaaaas…. apalagi di tempat parkiran yang which is aspal semua. Jadi OOTD batik yang semula sangat matching dengan kostum jika dan hanya jika aku jadi ke Desa Panglipuran–akhirnya gagal total sesudah dipadupadankan dengan suasana pantai. Iyap, ku berasa salah kostum karena memakai setelan kutubaru oranye dipadu dengan rok batik Solo. Harusnya Mbul bawa baju blenang cayank...

Next…next...

Jadi, begitu parkir kendaraan yang dikenai tarif Rp 5000 ini, kamipun segera turun menuju TKP. Dan….belom-belom saia udah terpesona dengan landscapenya. Pantai yang oleh penduduk lokal lebih dikenal dengan nama Labuan Sait ini ditandai dengan tulisan kapital berbunyi Pantai Padang-Padang (ya jelas atulah) pada area depannya alias dekat parkiran. Lalu untuk mengakses bibir pantai yang muaranya adalah laut, maka kami harus melewati semacam goa karang yang curam nan terjal dengan anak tangga menganga ke bawah. Iya, jadi setelah kami bayar tiket yang per kepalanya dikenai Rp 5 ribu ini, kami harus turun melewati anak tangga yang kanan kirinya diapit karang namun bentuknya menyerupai terowongan. Suasananya gelap. Bahkan di beberapa spot, area semakin menyempit, sehingga untuk bisa melewatinya harus bergantian dengan pengunjung yang mau naik ke atas. Agak licin memang tapi hawanya lumayan adem ya karena karang-karang tadi berfungsi sebagai kanopi alami yang melindungi pengunjung saat turun maupun naik tangga. Saran dari aku sih, biar nyaman, mending pake celana aja deh, jangan pake rok kayak aku, soalnya ribet, takut kepeleset juga kan…Pe er banget deh buat naik turun tangga kalo pake rok. Betis langsung berasa nyut-nyutan semua..

Namun rasa letih akhirnya terbayar sudah tatkala kami sudah sampai ke bawah. Di sana sudah menghampar pasir yang dihajar buih-buih ombak. Booooook, vitamin sea yang aku butuhkan selama ini langsung tercukupi detik itu juga sesaat setelah mendapati keindahan dari pantai, laut, juga langit dan awan yang menyatu bagai bingkai lukisan dari sang Maha Agung. Iya, airnya tuh keliatan kayak yang biru banget, meski kita semua tau bahwa air ga ada yang berwarna kecuali yang udah terkontaminasi. Tapi ini airnya jernih asli–serius….pantulan dari langitnya aja yang bikin airnya jadi kayak warna-warni. Terus, pasirnya juga lembuuuut banget di kaki (ebucedaaa dikata iklan lotion kalik…), tapi serius emang pasir pantainya lembut banget dengan warna putih coklat muda. Pokoknya enakeun banget lah buat guling-guling manja layaknya adonan udang yang dibalur tepung panir #ini ngomong apa seeeh Mbul. Namun meski segala sesuatunya tampak indah, jangan lupa pula ya untuk selalu berhati-hati karena banyaknya batu-batu kecil atau karang yang lumayan tajem yang tersebar di atas permukaan pasir. Terutama khususon buat kita yang memutuskan untuk melepas alas kaki alias nyeker. Aku sendiri, di samping salah kostum dengan memakai batik, dari segi alas kaki pun ikutan salah. Jadi aku pakenya sepatu kain, yang which is bakalan teles gebes en lengket-lengket sama pasir klo udah mijakin kaki ke tanah. Duhhhh aturan tadi bawa sendal jepit aja yekan hahahha…namanya juga wisata dadakan. Tapi seru sih.

Suasana Pantai Padang-Padang sendiri kala itu terbilang ramai. Banget malah. Kayak pasar. Saking daya pikatnya luar biasa jadi antusiasme pengunjung begitu tinggi, apalagi setelah tau sempet dijadikan lokasi shooting film dengan bintang sekelas Julia Robert, pastilah angka kunjungannya naik pesat, termasuk pula sama yang lagi nulis blog ini. Rasanya tuh sampai kayak kebawa ngimpi sebelom berangkat….kataku….kapan bisa sampai ke Pantai Padang-padang terus pephotoan biar bisa ditaruh di blog. Soalnya pas liatin di film hollywood tadi kayak yang indah banget walo kalo dibandingin ama pantai lainn tentunya yang ini jauh lebih kecil. Aaah akhirnya kesampaian juga setelah penantian liburan yang cukup lama. Makasih Ya Alloh. Ini ngapa jadi kemana-mana ya, fokus dong Mbul.

Ada kedai kelapa muda, aneka sosis dan barbeque, makanan berat yang entah apa ga sempat aku tengok, kaca mata hitam, juga kain pantai. Aku dan Tamas cuma beli minuman sih. Berapa biji gitu buat dibagiin ke anak-anak kantor yang ikutan tadi. Sempet tergoda pingin beli kain pantai juga sih, tapi mahal euy…mending duduk di atas sendal aja deh..

Oh ya, karena pada bulan itu kebetulan bertepatan dengan moment Hallowen (baca : bulan Oktober), maka ada beberapa event juga yang diadakan di sana dengan tujuan ikut meramaikan suasananya. Misalnya kayak lomba fruit crafting dengan peserta koki-koki berpengalaman juga lomba bikin istana pasir. Untuk yang terakhir, pesertanya dibagi 2 yaitu yang usia dewasa maupun yang usia sekolah. Terus aku liat salah satu contoh karyanya yang ditaroh di tengah, wooow makin takjub dong karena diorama yang dibikin tuh keren banget. Semacam istana Raja Neptunus dengan basic adalah pasir. Posisinya berdekatan dengan patung hanuman yang menambah pantai bernuansa etnik penuh nilai budaya.

Tapi yang paling aku suka adalah yang bagian lomba ukir buahnya. Jadi dari si buah yang bentuknya masih bulet glundung–belom diapa-apain–ampe yang uda dibikin karya seni yang indah. Sumpah keren-keren parah.…pokoknya maestro banget para Bli-bli Bali ini. Dan untungnya sih sempat aku abadikan ya, jadi ada cerita gitu loh buat aku taruh di blog.

Oh ya, selain ngamati segala kesibukan yang ada, rombongan kami juga sempat mencar nih. Beberapa ada yang milih ngadem di parkiran, beberapa ada yang betah berpanas-panasan seperti aku dan Tamas sambil mengabadikan moment yang ada, beberapa juga ada yang maenan ombak sampe ke karang-karang. Aku sendiri pingin mainan air sih, tapi klo copot sepatu takut nginjek batu yang tajem….jadi aku jalan di area yang aman-aman aja deh sambil pephotoan.

Puas becek-becekan, akhirnya perut Mbul keroncongan. Okay lah, kami segera undur diri dari hadapan anda dan salam olah raga…..duh…maksudnya makan siang dulu pas arah pulangnya. Tujuannya kemana? Lagi-lagi belom tau hahahha….tar aja lah dipikirnya sambil jalan #duh kebiasaan banget

Habis dari Padang-Padang, sebenernya Om Dar nawarin nyetirin ke objek wisata lain sih, cuma akunya yang ga enaken. Jadinya pilih cari makan dulu. Habis itu kami ke Rumah Makan Penyetan Bu Kris. Hampir semua dari kami pesan bebek goreng, 1 yang beda yaitu Tamas pesen asem-asem ayam. Terus Om Dar juga pesen asem-asem sih. Dan rasanya semua jadi enak...Bebeknya renyah, garing, dan juicy. Asem-asem ayamnya juga seger banget...

Usai makan sore, akhirnya Om DM ngantarin kami ke hotel yang ada di pusat kota. Deket Patung Dewaruci dan Mall Galeria Denpasar (bagian parkiran tinggal nyebrang), abis itu rombongan Om DM balik.

Grand Mega Resort and Spa hotelnya cakep. Serba ungu. Alhamdulilah dapat diskonan jadi dengan fasilitas yang sebagus itu dapat harga Rp 450 ribu permalamnya kali 3 hari.

Fasilitasnya sendiri adalah kamar yang luas banget, TV, AC, wifi, heather, teh, kopi, gula sachetan, bath up, toilet duduk, shower handable, amenities yang wangi sekali, bahkan TV ada lagi di kamar mandi loh. Asyik banget Mbul bisa berendam sambil nonton tiwi...eh nonton tipi.

Malam itu abis ngglebragin diri sangking capeknya dari Padang-Padang tapi begitu ketemu air anget dan sabun-sabunan wangi, ngebikin mood Mbul jadi naik lagi hihihi...Abis mandi dan dandan manis tipis-tipis, meluncurlah Mbul diketeng Tamas ke Galeria Mall...liat-liat kali ada Gramedia...Pengen beli komik hihihi...Atau ngobrol-ngobrol aja sambil ngemil Mendem Duren yang per cup-nya Rp 29 ribu. Kelar ngobrol-balik hotel-bobok...

31 Oktober Kala itu

Ini hari agak rada-rada hihihi. Secara kami nglayapnya lumayan jauh. Biar agak failed dikit tapi tetep aja ujung-ujungnya totweeeeet...

Kenapa failed? Pertama sampai tanggal ini tiba, belom engeh kami jalan-jalannya mau pake apaan. Apa jadi naik transportasi umum apa gimana. Kalau pake mobil kudu ada sopirnya. Sedangkan kami ga bebas kalau ada sopirnya, ga enakeun kalau misalnya beliau nungguin, sementara kami asyik-asyikan. Jadi yaudah bismilah.....kata Tamas cobain Kura-Kura Bus yuk. Ambil rute yang paling jauh Ubud (rute wajib yang dari awal aku pengen datengin pas bikin itinerary).

Kedua, setelah sarapan yang lumayan kesiangan, hingga banyak menu yang keskip, akhirnya kami buru-buru ke shelter Kura-Kura Bus yang ada di Mall Galeria. Alhamdulilah busnya selalu ada yang stand by dan ga lama juga ngetemnya. Sebelumnya kami ga tau beli tiket yang one way apa yang bisa dipake seharian bisa nyangkut ke banyak tempat. Ya, karena mikirku kapan lagi eksplorasi Bali. Oke deh beli yang opsi 2. Kena Rp 300 ribu berdua. Kami pun naik bus kura-kura ini dengan gembira.

Ketiga, tiba-tiba perut adek jadi mules banget-banget-banget Bang. Ini karena tanda-tanda haid suka begini nih.....Mana keringet dingin udah membasahi telapak tangan. Sepanjang perjalanan, darah serasa ser...ser...ser banjir membasahi celanadayam. Huft...Aku jadi diem pucet banget. Cakiid...Akhirnya pas berhenti di tujuan, cepet-cepet diajak ke mininarket buat beli Kiranti. Sekalian beli keripik dan air mineral. Abis glek-glek-glekin Kiranti ampe tandas, kami bingung mau jalan ke mana. Sekitar situ emang banyak banget cafe-cafe unyu dan pasar seni. Sempet mau ke Museum Antonio Blanco tapi ga jadi. Siang itu emang panaaaaaas banget jadi sepersekian menit sekali kami ngaso...pijit-pijit perut, lalu jalan lagi.

Okey, kubikin ulasan terpisah ya tentang Ubud ini...Masuknya ke subjudul lain...

Ubud dan Siang yang Sibuk

Pagi itu aku sangat menyukai udara Bali. Sedikit berawan dan juga lembab–menjadikanku dan Tamas makin bersemangat untuk melanjutkan acara jalan-jalan kami yang tertunda yaitu ke Ubud. Tempat wisata ini memang menjadi listing kunjungan wajib kami karena banyak hal yang ingin kami abadikan di sana.

Memang awalnya galau antara mau ke Tegalalang dulu atau mau ke Ubud yang startnya berawal di Museum Puri Lukisan. Karena kan aku sempat pengen foto-foto di atas area persawahannya Tegalalang yang berundak-undak nan cantik dan maha indah itu, tapi ga jadi dong karena satu dan lain hal. Memang masih ada niatan mau ke sana juga sih tapi jadinya entar-entaran aja. Soalnya jauh. Sedangkan untuk area Museum Puri Lukisan, keuntungannya adalah dia punya beberapa objek wisata yang variatif dalam satu lokasi kayak Musium Puri Lukisannya itu sendiri, Monkey Forest, Musium Antonio Blanco, Pasar Seni Ubud, dll. Sedangkan untuk Tegalalangnya–tempat idaman yang aku jelasin tadi, memang sih dia masih berada dalam satu wilayah di Ubud juga, cuma sayang jaraknya lumayan jauh klo dari pemberhentian Puri Lukisan. Apalagi klo dijelajahi dalam kurun waktu yang udah agak kesiangan. Takutnya kurang puas gitu klo cuma nongkrong di satu tempat aja. Uda jauh-jauh pula kan dibela-belainnya. Mending agenda Tegalalang taruhnya di hari terakhir. So, pada hari ke-3 itulah, kami pilih Ubud dengan lokasi pemberhentian di Museum Puri Lukisan. Andaipun mau ke Tegalalang bisa aja sih, cuma dari Musium Puri Lukisan harus naksi sendiri yang which is kami ga tahu harganya berapa. Soalnya selain taksi, agak susah juga nyari transportasi umum yang lebih murah tarifnya.

Oh ya, kami belum jelasin ya, bahwa akhirnya kami naik Kura-Kura Bus, semacam bus Bali yang punya banyak shelter di tempat wisata sehingga mempermudah turis yang ingin pergi-pergi tanpa harus sewa mobil, motor, ataupun taksi. Yah, semacam transjakarta lah klo di sini. Bedanya, Kura-Kura Bus ini berwarna ijo campur kuning. Bentuknya mirip elf atau mobil yang biasa dipakai buat travel. Ya memang klo naik ini ga bisa sebebas klo nyewa mobil sih, soalnya kan ada jamnya. Cuma enaknya ga makan ongkos semahal rentalmobil atau taksi. Untuk line Ubud sendiri tarifnya Rp 80 ribu dengan jadwal jam 09.00-20.25 WITA, tergantung pas lagi macet ato ga. Klo mau lebih hematan lagi bisa pilih metode pembayaran via One Day Pass untuk semua line (ga cuma Ubud) (Rp 150 ribu) atau sekalian 7 Day Pass (Rp 250 ribu). Itupun klo ga ada promo. Andaikan ada promo, pasti tarifnya lebih asoy lagi tuh. Oh ya, untuk line selain Ubud ada banyak kok, mostly langsung berhenti di depan tempat wisatanya. Bentuk kendaraanya pun macem-macem, misal untuk Line Jimbaran ama Nusa Dua bentuknya lebih gede alias menyerupai bus, beda ama yang line Ubud ini.

Nah, singkat kata singkat cerita, jam uda menunjukkan pukul 09.00 WITA. Kami langsung gerak cepat menuju pusat pembelian tiket Kura-Kura Busnya di Mall Bali Galeria. Oiya, Mal Bali Galeria ini kebetulan jaraknya ga gitu jauh dari hotel yang kami tempati yaitu Grand Mega Resort And Spa, Bali. Tinggal nyebrang langsung sampe deh. Maksudnya minta tulung Pak Satpam hotel yang baik hati buat nyebrangin (karena jujur jalannya rame banget), uda nyampe deh ke itu mol.

Nah, begitu nyampe mol, langsunglah kami jelajahi lantai dasar buat nyari stand Kura-Kura Bus buat registrasi tiketnya. Ga lama setelah itu, kami disuruh masuk ke salah satu bus yang uda stand bye dari tadi di pintu belakang mall agak ke samping, tinggal nunggu dikit lagi buat segera berangkat.

Kura-kura bus sendiri menurutku bagus ya. Kursinya enakeun. Isinya lapang. Terus ada AC-nya pula. Jendelanya juga gede jadi bisa digunakan buat cuci mata sekalian melihat Bali dari dalam kendaraan yang berjalan. Pokoknya nyaman. Ya emang bener apa kata pepatah, ada harga tentu ada rupa.

Setelah jatohin pantat di korsi area tengah, sayup-sayup driver udah mengkode para penumpang lain yang masih berada di luar supaya masuk sehingga bus bisa segera dijalankan. Begitu semua siap–ditandai dengan bangku yang sudah terisi penuh, mesin pun segera distarter untuk kemudian dikemudikan di atas jalanan Bali yang lumayan padat kala itu. Untuk membunuh waktu, TV pun segera dinyalakan, dengan memutar channel lokal yang berisi reportase pariwisata Bali terutama untuk line Ubud yang kurang lebih berkisar tentang seni dan budaya. Harapannya sih biar sampe sana, wisatawannya ga cengo-cengo amat alias uda ada gambaran objek wisatanya tuh kayak gimana sih. Tenyata ada tari-tariannya juga euy. Menarik banget pastinya, karena emang tujuanku ke Bali kan emang pingin menambah wawasan akan seni budayanya. Ya, walau mata agak sedikit terkantuk-kantuk karena ternyata rute yang kami tempuh lumayan jauh. Jalannya agak berliku dan keluar masuk beberapa desa wisata juga lereng dan hutan. Jadi dengan setengah terpejam kami berusaha mengistirahatkan mata, supaya begitu sampe TKP uda segeran lagi.

Kira-kira waktu menunjukkan pukul 12.00 WITA, Kura-Kura Bus memasuki area parkiran Museum Puri Lukisan, shelter terakhir dari line Ubud. Sampai sana pas matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, mataku juga masih agak riyep-riyep dikit karena belum begitu ngumpul nyawanya, zzzz. Ketambahan perut yang masih dalam fase melilit-melilitnya akibat mens di hari ke-3 yang mana darah sedang dalam keadaan deres-deresnya. Padahal uda bawa g-str*ng ma linge*ie dan rencanaku mau dance-dance lucu ala The Pussycats Dolls Hahhahaha....Tapi ga pa pa...abis baliknya bisa dipake lagie kan...eeeeeeepiye piye 😂✌

Akhirnya kami memutuskan buat ajojing-ajojing aja liat pemandangan di sepanjang jalan Ubud yang mana kanan kirinya berjajar cafe-cafe keren. Mulai yang bernuansa internesyenel sampe yang local heritage punya. Sudut-sudutnya juga cakep banget buat diabadikan lewat lensa kamera karena mencerminkan Bali yang sibuk di satu siang yang cukup cerah itu. Sempet ngiler pend beli gelato ice cream sih gegara liat anak bule cowok makan itu dengan warna gelato es yang ungu cetarrr khas buah naga. Ngeliatnya seger banget. Cuma pas uda sadar kepingin di taraf yang banget-banget-banget, e la kok lupa kedainya ada di sebelah mana. Uda balik berkali-kali teteup kehilangan jejak. Pesan moralnya adalah….klo lagi kepingin sesuatu yang di depan mata, mending detik itu juga deh langsung samperin…ketimbang nunggu ntar-ntaran eee endingnya lupa kayak gue wakak..

Kenapa uda berhenti di depan plang Museum Puri Lukisan kok ga masuk? Mmmmm….soalnya pingin ngirup udara seger euy setelah aku sempet mabok–ditandai dengan hawa-hawa pingin muntah pasca perjalanan 3 jam-an via Kura-Kura Bus hiks…etapi pada akhirnya absen juga ke Puri Lukisannya deng karena tiket masuknya agak mahal euy.

Berhubung suasana perut sedang takid alias over bleeding in my period time, akhire Tamas yang ga tega liat aku mau pengsan segera ngajak aku buat ngadem sejenak di minimarket sekalian beli batere A3 jaga-jaga sapa tau batere kamera mokad, cemilan, air dingin, juga Kiranti (e ciyus ini bukan iklan loh ya haha). Abis kena siraman AC di Indomaret juga glek-glek-glek-in itu 3 botol Kiranti, akhire agak segeran dikit sih ini badan. Cuma ya teteup kami pilih jalannya sante aja sambil liat kanan kiri jalan buat street photography ‘ala-ala’. Ya gimana ga pingin lepas dari pandangan coba….lha wong jalanan Ubud sungguh sangat sarat akan makna. Tiap sisinya punya nilai seni tinggi ! Walau setapakannya puanjaaang banget, tapi kami tetep hepi dan sesekali mandeg ngedeprok buat ngaso bentaran. Sempet pengen mampir ke Museum Antonio Blanco tapi kok bingung arahnya dimana. Katanya sih deket SD Negeri apa gitu, tapi pas dah ngeliwatin SD malah bingung lagi arahnya kemana hahahaha…akhirnya yaudahlah jalan lagi tanpa beban apakah musti sampe di tempat wisata A, B, C atau bla bla bla. Saktekane wae coro jowone. Kami pun jalan kira-kira beberapa ratus kilometer.

2 pasang kaki ini juga tak henti-hentinya dibuat takjub pengen mengeksplore area Pasar Seninya Ubud. Habis barangnya cakep-cakep sih. Ada ukiran, topi patung, kain Bali, hiasan dinding, tas rotan, kaos Bali, jajanan, rajutan, dll. Tamas sampe pingin beli topi yang modelnya kayak punyanya Mugiwara Luffy si topi jerami, wkwkkwkw. “Beli satu ya Dek, biar keren!” Iya deh, kayak ga tau aja kalo beliau uda karep maunya gimana. Hahaha….padahal yang tasnya jebrol justru Beby Mbul loh ya, yang pengen kasi kode supaya pas liwat toko tas rajut segera dibelikan, wkwkwk…tapi aaaah sayang, mending buat beli yang lain aja klo aku mah. Biarin deh Tamas yang beli topi 1, biar bisa buat futu-futu juga kali hahahah… Akhirnya setelah searching beberapa toko, beliau pun berhasil mendapatkan 1 pilihan yang model diameter topinya lebar, jadi bisa melindungin kepala dari panas yang menyengat.

Makin siang, tentu hari makin panas. Perut juga uda laper bener tapi super bingung mau makan di mana. Padahal di Ubud bertabur cafe dan resto, cuma aku jadi blank banget mau makan apaan hahaha. Tamas bilang, uda nekad aja masuk ke mana kek, e selalu berakhir dengan gatot masuk soalnya takut menunya ga sesuai ma lidah kami wakaka…

Klo urusan makan bisa lah ditahan, cuma kok klo minum engga ya. Tadinya mau nunggu waktu kedatangan Kura-Kura Bus jam 3 sore dengan nonton tari-tarian tradisional di salah satu pura. Cuma bukanya ternyata jam 4, ga mungkin dong kami balik tanpa Kura-Kura huahahaaaa….Makanya daripada rempong kelamaan mikir, Tamas pun inisiatif ngajak aku ke Starbuck aja yang menunya dah jelas. Selain ngadem bisa wifian pula. Duhhhh..iya juga sih. Akhire setelah dapet 2 gelas coklat dan vanilla, aku pun nyeletuk : “Ini dah nyampe Ubud, ceritanya kita cuma jalan di pinggir-pinggirnya doang Mas?” (Karena beneran ga masuk ke satupun objek wisatanya dong sodara-sodara). “Iya Dek, bilang aja nyampe Ubud cuma buat ke Starbuck aja.”

Wakakaaak…*EMOTIKON NGAKAK SAMBIL NANGIS*
Sungguh suatu perjalanan yang ga akan terlupa