Selasa, 18 April 2023

Beli Jajan Lebaran di Pasar Kutoarjo



Assalamualaikum wr wb...

Hallo Kakak-Kakak Online Mbul semuanya? Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya. Gimana? Udah makin dekat dengan Lebaran ya? Udah nyiapin apa aja niw? Kalau Mbul ngikut aja apa kata orang tua. Walau tetep linca-linci ya kek biasanya, berapa hari di desaku, beberapa hari di desanya Suami. 





Nah, kebetulan pas hari pertama dan kedua, yang duluan didatangi adalah ibuknya Tamas atau Mbah Uti Thorjo. Nanti giliran selanjutnya baru sowan bapak ibuku atau Mbah Uti Prb. Lalu selama di rumah masa kecilnya Tamas ini, buka en sahurnya pake apa aja Mbul? Sederhana aja sih. Secara yang dewasanya cuma 3 orang, aku, Tamas dan Ibu. Jadi maeman buka dan sahurnya simpel. Bahkan untuk sayuran tinggal petik saja di kebun. Walau tetep sore itu paling asyik ngiter liat jalan raya sambil cari takjilan.

Jalanan emang masih sepi. Ga tau kenapa pas kemarin tiba di kampung, belom pada kelihatan yang orang rantau njedul di desa kecuali kami. Mungkin ntar deket-deket H-1 atau H-2 kali. Tapi kalau urusan bakul takjilan di deket pinggiran jalan raya ya rame. Walau ngumpulnya di Pasar Sore. Beli takjil cemilan 1 macam....lainnya minuman. Biar seger kan hihi. Meski teh manis anget juga selalu ada sih dibikinkan dulu adonannya di cerek, abis itu kalau mau minum langsung ambil aja gelas masing-masing....tuang gula pasir sekedarnya aja, atau kalau mau tawar juga no problem. Terus tuang sedikit adonan teh yang sudah berwarna merah...nanti timpa pake air panas dalam termos biar pas udah bedug magrib tetep anget. 

Atau kalau mau yang seger lagi tinggal beli kelapa muda atau degan. Bakulnya ada di seberang pasar deket jalan raya. Kelapanya emang udah nuju mateng. Tapi airnya manis sekali. Seger. Mirip legen. Tapi ga sampai tetfermentasikan. Memang kalau mau selalu fresh usahakan langsung dimimik pas buka tiba. Kalau ga, ya simpan aja di kulkas bawah freezer biar besok ga sayup. Asli deh rasanya manis seger. Mau tanpa gula atau tambah sirup tetep seger sih.

Kalau makanan beratnya baru masak sendiri. Sayur seperti yang kubilang tadi tinggal metik di kebun. Nasi tinggal masak hihihi...





Tapi sayang disayang, menu bukaan dan sahur hari pertama itu ga sempet kefoto. Sayurnya pake bobor so petik di kebun. Bobor yang pake kuah santen itu loh. Nah selain biasanya pake bayem, ibu malah kali ini pakekan so. Lauknya pake remahan rempeyek kacang dan jangan lupa pula sambel terasi...hmmm...seger banget. Nikmate pol. Ini antara buka dan sahur menunya sama sih jadi nda masak mindogaweni hehehe.











Untuk hari berikute, Mbul kebagian tugas mundhutke jajan Lebaran buat isi toples ke Pasar Kutoarjo. Tentunya dengan diantarkan Kamase ke sana walau pasar belum prepegan sih. Ya, sekitaran jam 15.00 WIB, kami budhal ke sana dimana yang masuk ke pasarnya itu aku. Jadi kali ini yang kebagian porsi nentuin jajanan toplesannya Mbul. Ya biar ga sama terus kan dari tahun ke tahun, jadi kali-kali aku yang pilihin kue atau klethikannya hihihi...Semoga cocok ya ama selera tamu-tamu di desanya Tamas. Belinya ga cuma sebungkus ya, soalnya biar bisa dijag-jog-jag-jog andaikata isi toplesnya menipis. Ya, meski begitu jajanan ini ga serta merta cuma ini thok sih. Tapi masih ada lagi jajanan yang udah dibikin dan disimpenke ibu seperti kacang bawang, rengginang, emping yang kecil-kecil imut itu loh, balado, rempeyek, seriping pisang, permen tape, semprong, dan lainnya. Kalau yang di piringannya sih biasanya tape ketan hijau. Udah bikin sih kemarin, semoga rasanya sukses manis. Soalnya nunggu diturunkan besok malam takbiran baru ditatain di atas meja ruang tamu.













Oh iya, pas di Pasar Kutoarjo kemarin juga beli semangka kuning banyakan. Pas dibelah ternyata rasanya manis sekali dan berair. Meskipun bentuk buletannya mungil hihihi 


3 komentar:

  1. Hi Mbul yang manis,
    khabarnya baik-baik saja.
    Macam-macam jajanannya.
    Sama juga kami di sini, sibuk membuat persiapan menyambut Syawal.
    Selamat hari raya Mbul. Maaf zahir dan batin.

    BalasHapus
  2. Aku kangen kue2 di atas. Dulu seriiing banget dibawain Ama babysitterku pas msh kecil. Tiap dia mudik ke Jawa, pulangnya pasti bawain cemilan begitu :(.

    Btw, minal Aidin walfaizin nitaaa 🎉. Maafin kalo ada salah2 kata yaaa

    BalasHapus
  3. itu yang bawah kok seperti tahu goreng ya
    jajan apa namanya

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)