Rabu, 19 April 2023

Yogyakarta, Mbul Dataaaang...^___^




Hallo Assalamualaikum wr wb..

Apa kabar Kakak-Kakak online Mbul semuanya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Dilancarkan rejeki dan kesehatan serta segala sesuatu yang baik-baik. Udah pada mudik belum? Atau masih di kota masing-masing? Mbul sendiri udah sampai desa lagi hehehe...Cepet amat Mbul? Ancang-ancang start duluan biar ga kejebag macet. 



Soalnya ada agenda ga langsung balik ke rumah Thorjo dan Prb-nya. Tapi mau jalan-jalan di Jogjakarta seharian dulu. Pengen aja gitu sebelum sibuk persiapan lebaran, ada 1 hari dimana kami berempat mau menikmati Kota Jogjakarta. Udah lama sih ngrencanain ini. Dan baru bisa kesampaian pas arah pulang mau mudik Lebaran. Tapi sebelum sampai cerita tentang mlampah-mlampah Mbul Kota Pelajar ini, aku akan ceritain dulu keriwehan tentang apa saja sebelum hari H balik tanggal 15 April 2023 ini. Keriweuhan yang dalam artian seru dan juga seneng sih... Karena tadinya kan ga nyangka mau balik tanggal segitu. Soalnya packing aja belum sempat hahahha #kebiasaan suka dadakan. Dan ini semua karena selalu disusu-susunya Tamas ke Embul-nya (diburu-buru red) hahhahaha...Tapi ya udah lah. Kan mudik juga buat seneng-seneng ketemu uti dan akungnya si Kakak dan si Adik. Jadi biarpun dadakan, tetep aja 'gas'.

Jadi malam sebelum mudik itu kan sempat cari sesuatu dulu nglengkapin agemannya Ramane. Makanya kami ke toko buat beli itu semua walau sampai toko udah bener-bener mau tutup. Kalau ga salah 10 menit sebelum tutup karena ke sananya usai buka puasa dan juga sholat tarawih. Buka puasanya cuma sama sop buah dan bakpao coklat jadi udah termasuknya jalan agak malaman. 

Dan sesampai toko, baru aja milih-milih sesuatu, tetiba dari corong tokonya diumumin bahwa toko sebentar lagi akan tutup. Jadi diharapkan bagi pelanggan agar segera menyelesaikan belanja di kasir. Ya, akhirnya dengan terburu-buru pilih agemannya Ramane beberapa stel, lanjut mukenaku juga yang terpenting dan terurgent lagi adalah kencangan hihi. Maklum dari kemarin lagi pengen beli kencangan kok ya belum sempet-sempet, walau rambut ga panjang banget sih, cuma mirip potongan polwan tapi tetep aja butuh kencangan rambut cepet. Akhirnya nemu di detik-detik terakhir sebelum toko tutup. Ya, sama bross 1 buat njepitin sisi kerudung aku biar kelihatan manis saat dikenakan. Memang bisa dibilang ini rekor belanja tercepet kami seumur-umur, karena ga ada 10 menit udah kon muleh hahahha, tapi alhamdulilahnya sih dapat, walau sebelumnya Ramane juga udah belanja celana di Ramayana pada malam sebelumnya. Dan waktu itu bukanya cuma pake es teh rasa kiwinya es krim mixue hehhehe... Memang kalau urusan outfit Beliau concern karena memang kepake lama, selain bisa untuk Lebaran, celana tersebut juga bisa kepake untuk kerja. Jadi memang ada manfaatnya hihihi. Terus rencana yang semula kami berangkat abis subuhan akhirnya ketunda karena kami ngantuk dan bablas ketiduran. Kami pun jadi berangkat Sabtu siang setelah sebelumnya packing-packing yang lumayan bikin keringetan dan serasa olahraga hihi...Lumayan bikin tambah langsing sayang...hahahha...







Singkat cerita, Sabtu siang seusai sholat dzuhur, kami pun cabcus berangkat dengan sebelumnya titip rumah ke Pakdhe dan Om (tetangga sebelah). Karena kebetulan mereka jaga kandang sambil pesen pula minta tulung siramin tanaman hihi...Mudah-mudahan ditinggal balik nanti sini jambu airnya dah pada buah ya, hahhahah...Amin.. Tapi, satu yang ga aku sangka sebelumnya... jujur mudik di siang hari lumayan challenging juga ya. Soalnya belum sampai Jakarta aja udah lumayan padat. Pas mau ke arah Tol Karang Tengah abis beli McD buat si Kakak dan si Adik sih. Kira-kiranya nyampe Cikunir itu jalanan berasa ndut-ndutan. Banyak juga yang liwat. Mungkin karena weekend. Tapi abis itu lumayan mulus. Bahkan ngliat awan di langit Jakarta diantara celah-celah gedung tinggi, kok ya lumayan cerah. Langitnya cantik banget. Menggumpal-gumpal bagaikan gula kapas. Ah, warna langitnya juga biru sekali. Praktis dari Jakarta menuju Cikampek cerah banget. Baru mulai mendungnya tuh daerah Cikopo Palimanan. Bahkan tiba-tiba ujan deres nyampe jendela depan hampir ga kelihatan. Udah mulai sore pula. Dan tetiba kepalaku agak nggliyeng wkwkwk...Ya udah takbawa bobok aja biar mendingan. Padahal sebelumnya banyak guyonan mbi Tamas. Eh lama-lama ku mabuk darat wkwkwk. Terus bangun-bangun Tamas udah mandeg di Rest Area tapi km-nya lupa. Di sini ngepasi buka puasa sih...Buka pake Pop Mie aja dulu ama teh anget. Itu aja udah cukup. Soalnya rest areanya kebagian yang ga ada tempat makannya. Cuma ada warung-warung pop mie dan wedangan kecil...tapi buka kek ginian pun udah alhamdulilah banget. Pop mie serasa enak disruput panyas-panyas dan teh angetpun lumayan juga ngehangatin perut yang tadinya agak kembung selama perjalanan.













Habis sholat dan buka puasa, perjalanan dilanjut lagi sambil becanda dan setel lagu-lagu romantis #asyik. Kebetulan ujannya juga udah reda dan langit sekarang kelihatan bersih walau sedikit agak lembab sisa hujan sesorean. Nah, kami lanjut masuk ke yang arah Semarang kan sembari mandeg rest area Ungaran buat pipis dan beli gorengan buat cemilan. Tamas yang beli gorengan sekedar buat ganjel perut soalnya maemnya tadi cuma ama se-cup pop mie..hihi. Gorengannya ada pisang goreng, tahu serta tempe. Habis itu jalan lagi sambil pesen hotel atau cari kulineran yang sekiranya buka sampai Subuh karena kan untuk keperluan maem sahur.

Sampai jogja itu kurang lebihnya sekitar jam 1 dini hari. Sebelumnya kami liwat Boyolali dan Klaten yang sumpah kutakjub banget karena kotanya bersiiiiih banget...liat jalan rayanya kok serasa kayak disapuin tiap hari. Soalnya emang beneran bersih. Resik sik siiiik. Kanan kiri pembatas jalan ditanami pula pepohonan rindang yang membuat adem suasana...pantas saja Kota Klaten itu dapat penghargaan pemerintah tentang kebersihan ya hihihi. Terus tetiba ada yang ngledek Mbul : "Ni tempat asale sop ayam Pak Min kesukaan Mas Mbul, hayok maem neng kene wae pow?" Hohoho...iya dah iyaaaa...sop ayam Pak Min kesukaan Tamas yang banyak bangat ditemukan dimanapun hihi. Ga yang di kota rantauan, ga yang di kota asalnya, banyak bangat memang sop ayam Pak Min ini...#salut









Maem Sahur di Gudeg Cukupan Batas Kota Jogjakarta

Ga lama setelah sempat tertidur beberapa kali sambil cegluk-ceglukin kepala, Beby Mbul pun diajak Tamase ke Gudeg Cukupan Batas Kota Jogjakarta, karena jam udah mendekati waktu sahur. Eh ga juga deng. Baru jam 2 dini hari. Tapi biar begitu mending maem dulu kan ketimbang ntar ga nemu tempat makan lagi yang buka. Walau tempat makan di Jogja sebetulnya banyak sih, tapi yang beneran pewe buat lesehan memang kami pilih-pilih banget. Akhirnya begitu nemu di Gudeg Cukupan, nggih sampun mlipir mawon...

Langsung di situ duduk ngleseh dan menuju ke bakulan gudegnya dimana pilihan lauknya ada banyak. Selain ada gudeg nangka manis beserta kuah arehnya, disediakan pula baceman kepala ayam jantan, telur pindang, gorengan dan sate usus. Aku pribadi pesen gudeg manis plus kepala ayam jantan karena barengan sama si Adik. Sedang Tamas pesen agak pedes yaitu gudeg, krecek, ati ampela, dan kepala ayam jantan. Sedangkan si Kakak gudeg dan telur pindang. 





















Makan di situ lumayan adem juga lho. Ya iya lah Mbul kan maemnya jem 2 dini hari hihihi. Meski demikian gudegnya banyak peminatnya loh. Bahkan kalau menurut perkiraan kami yang maem di sini selain warga lokal, ada pula turis domestik yang kebetulan sedang cari kulineran malam di daerah Jogjakarta.

Nah, pas maem itu kebetulan kami deal nginap di Puri Artha Hotel untuk semalam. Ya paling ga buat ngluruske geger (punggung) buat yang udah sayah nyopirin sepanjang perjalanan dengan ditinggal-tinggal bobok Ubul pas udah ngantug banget hahahhaha...#piece yo Kamase. Kebetulan dapat price yang lumayan murah yaitu Rp 300 ribu semalam. Soalnya ketambahan fasilitas bath up buat berendem air anget kan lumayan walau dengan yang room tanpa bath up itu kaceknya cuma Rp 50 ribu. Ya, kan ngerti dewek sinten sing seneng berendem dalam bak mandi. Selain Ubul, Ramane juga seneng sih.. Yawda kita berempat fixed emang suka berendem air anget dalam bath up hihihi.





















Bobok di Puri Artha Hotel

Untuk review Puri Artha Hotel Jogjakartanya aku tulis di postingan tersendiri ya. Karena kalau digabung di sini agak makan tempat cz foto-fotonya agak banyakan. Jadi aku ceritain secara singkat aja pas nginap di sininya. 














































































Kira-kira jam 2 malam kami baru tiba di pelataran hotel yang ternyata cakep juga dari luarnya. Lebih ke kayak design Bali karena di beberapa sudut banyak pajangan atau ukir-ukiran khas Bali. Memang jam-jam itu udah gelap banget, soalnya memang udah pagi buta. Untung aja pas mandeg di depan pos jaga, pak satpamnya bangun dan segera membuka rantai pager di parkirannya sehingga kendaraan kami bisa masuk. Habis itu kami segera menuju ke lobby dan dapat kamar di lantai 2. Wah...lumayan sepi malam ini. Bukan lumayan lagi. Tapi sepi buanget. Walau di parkiran tadi ada beberapa mobil yang parkir sih. Tapi hanya bisa diitung dengan jari. Yawes lah ga pa pa..Malah enak kalau sepi bisa eksplore lagi buat keperluan dokumentasii blog hihi.




























































Pagi-pagi, yang bangun duluan siapa? Siapa lagi kalau bukan Mbul? Hihihi. Yang lain masih pada bobok kecapean di jalan. Yawdah kugunakan kesempatan ini buat eksplore dan foto-foto hotelnya. Eh, ga sangka, di bawah lagi ada pemotretan prewed salah seorang warga jogja dengan busana adat jawa dan paesnya. Keren...keren... Tapi aku permisi numpang liwat aja sembari mengamati tiap sudutan hotelnya yang dipenuhi ornamen khas Bali. Juga pajangan benda-benda kuno koleksi hotelnya. Ada lukisan, akuarium isi ikan arwana, serta taman ruang tengah setelah resto dan bagian belakang. Dimana pinggir-pinggirnya adalah room-room lainnya yang dihiasi gambar tokoh-tokoh pewayangan dan lampu gantung serta kursi klasik khas jawa. Terus ada pula pohon jeruk bali di tengah-tengah tamannya yang membuat rimbun suasana.

Tapi ke sini ga lama sih, karena begitu balik kamar lagi, anak-anak dah bangun dan kami siap-siap mandi serta bersih-bersih agar rapi dan wangi karena sebentar lagi kami mau check out. Sebetulnya Mbul udah mandi sih tadi pagi abis bobok...tapi karena ngiterin hotel sekaligus olahraga jogging akhirnya keringetan lagi deh, sehingga jadi adus maning hahah.....





















































Mampir ke Desa Bakpia dan Mengunjungi Bakpia Pathok 731 Dewa di Gang-Gang Sempit tapi Dapat Bakpia Aneka Rasa yang Enak dan Murceu

Selesai check out dari Puri Artha Hotel, Tamas lanjut ajakin Mbul ke desa Bakpia dimana di sana terdapat banyak sentra bakpia serta pabrik-pabriknya. Ada beberapa yang sudah beroperasi sejak lama sehingga memiliki gerai oleh-oleh yang besar, ada pula yang nylempit di dalam gang. Tamas sendiri menggandeng Mbul buat masuk yang dalam gang karena nemu yang terkenal enak dengan tapi harganya ga begitu mahal. Apa namanya? Adalah Bakpia Pathok 731 Dewa yang masuk-masuk di gang sempit tapi pas mentok sebelum ke belakang lagi terdapat gerainya langsung samping-sampingan ama tempat produksinya. Bahkan aku diperbolehkan meliput proses produksinya segala loh sambil menyapa para pekerja yang ada di situ. Ada yang kebagian mengadon kulit bakpianya, ada yang membuat isiannya, serta memanggangnya jadi bakpia tampilan akhir. Wah lengkap ya. 





























Setelah puas mengamati proses produksinya, kami lanjut membeli di bagian gerainya. Ada berbagai macam rasa yakni rasa original (kacang ijo), stroberi, cokelat, keju, kumbu hitam, dan juga telo ungu. Mbul beli beberapa buat dibagi-bagi ke tempate Mbah Torjo dan Prb. Jadi ada yang original kacang ijo, cokelat, kumbu hitam dan stroberi. Ada yang isi 15 Rp 20 ribu. Termasuknya ga gitu mahal. 
















Cari Maem-nya A dan J di Gudeg B. Djuminten

Karena A dan J egak puasa, jadi siang kami bawa ke Gudeg B. Djuminten buat ndulang keduanya. Ya Mbul dan Tamas teteup puasa hihihi. Kebetulan areanya itu sepi jadi ga gitu rikuh walaupun judulnya ndulangin si Kakak dan si Adik dan aku krudungan hahhaha. Jadi kami yang dewasa beli gudeg buat dibungkus aja ntar bareng-bareng buat mam sahur sama uti. Nah, yang dibungkus itu ada gudeg semi basah, areh, juga ayam kepalanya. 













































Gudeg Bu Djuminten ini klasik ya. Bangunan catnya itu warna ijo kalem. Ijo lembut. Terus begitu masuk ke dalam langsung disuguhin suasana tempat makan khas daerah Jogjanya. Ada kalimat sapaan dalam aksara jawa juga yang mana dibacanya matur nuwun (kebetulan dulu aku pelajaran bahasa jawa nilainya sering 9 makanya kalau urusan nerjemahin aksara jawa paling gercep hahahha #tabok pantad beby mbul hihi). 

Terus yang lebih menariknya lagi adalah, banyak ornamen klasik yang terpajang di dinding gerai. Ada beberapa lukisan serta foto Ibu Djumintennya sendiri sehingga menambah kental suasana Jogja.
















Ohiya, sebenernya selain gudeg, di sini juga ada jajanan lain yang ditawarkan semisal kue mochi, kering kentang, rempeyen, kerupuk, serta seriping pisang. Nanti rencananya tiap kulinernya ini akan aku review lagi di post terpisah. Ini aku sertakan biar jurnal perjalananku lengkap aja hehehe. 

Beliin A dan J Jenang Candil Sumsum Buat Dibungkus

Usai ndulang A dan J di gudeg B. Djuminten, tak jauh dari situ tetiba Tamas ngeliat ada Bapak-Bapak baru aja gelar dagangan jenang candil dan sumsum di sebuah trotoar depan bangunan klasik khas jogja. Wah, ga pake lama beliau langsung kode diriku apa pengen foto.. biasanya Mbul paling seneng foto kulineran street food dan yang warna-warni gini kan. Ehm kok tauk sih...hahhaha...Jadi malu akuw hihi...Ayo deh, akhirnya kami pun mendekat ke Bapak Penjual Jenang Candilnya. Kami beli beberapa diantaranya jenang sumsum, sagu mutiara, dan ketan hitam. Santannya dipisah. 











Habis itu kami lanjutkan lagi perjalanan walau jam masih menunjukkan pukul 15.00 WIB. Jadi di sela-sela waktu menunggu sore itu, Tamas mengajakku untuk ke Mall karena ingin beli batik Semar untuk dirinya dan juga Pak Agus (my father red). Karena emang udah kebiasaan tiap Lebaran gini sih...Walau itu atas inisiatif Tamasew....Sebab kalau beli batik justru yang paling antusias Tamas hahahha...Mbul mah nemenin aja hihihi.










Buka Puasa di Warung Sate Pak Dakir Jogjakarta

Nah, yang ditunggu-tunggu pun tiba. Waktu bergerak semakin sore dan mendekati berbuka puasa. Segera kami putuskan untuk berbuka dimana karena tadinya sempat galau antara mau ke Warung Sate Pak Nanang atau Warung Sate Pak Dakir. Atau bahkan ke Bebek Baceman Bu Darman. Tapi karena Bebek Baceman Bu Darman lokasinya agak jauh, maka opsi terakhir tinggal Pak Nanang atau Pak Dakir. Kebetulan keduanya sempat direview oleh Eyang Butet Kertaradjasa di Butet Nguntal jadilah Tamas kepengen ke sana...cause segala kuliner yang dah direview oleh Eyang Butet, Tamas kepengen ajakin aku ikut icip juga. Nah, dikarenakan setelah cek di google, Warung Sate Pak Nanang Hari Minggu tutup, maka diputuskanlah ke Warung Sate Pak Dakir yang rupanya sebelah-sebelahan di area Jalan Hos. Cokroamonoto Jogja. Yowes kita ke sana aja. Karena kok aku kepengen ngicipin nasgor pliketnya.




















Jam-jam menuju bedug magrib, warung sate Pak Dakir ini udah mulai disesaki pembeli. Kami sendiri memilih bangku depan paling dekat ama pintu. Jadi asap bakaran sate ga terlalu nggembuleng. Ya sebelahan ama etalase daging kambingnya juga yang sedang diracik oleh Bapak Pemilik Satenya. Terus di belakangnya lagi ada Pak dan Bu Dakir sendiri yang sedang melayani pembeli baik yang pesan sate, tongseng, nasgor, atau lainnya. Aku sendiri pesan nasgor pliketnya, sedang Tamas pesan tongseng lidah dan juga sate. Minumnya es teh manis, es tape, dan es jeruk. Hmmm...semuanya nampak begitu menggiurkan bukan? 

Sate, tongseng lidah dan nasgor pliket akhirnya diantarkan begitu detik-detik jelang berbuka. Aromanya sungguh membangkitkan selera. Apalagi sebelumnya wedang pesananku yang amat cantik dengan warna ketan hijau di dasar gelasnya datang...wedang tape. Wah...dah ga sabar pengen mengicipnya.













Pertama, nasgor pliketnya. Ini nasgor emang rekomendasinya Eyang Butet Kertaredjasa jadi nama lainnya nasgor Butet. Ini ada sedikit irisan dan lemak kambingnya loh yang menjadikan nasi gorengnya itu pliket atau lengket. Enak...gurih manis kecap berpadu jadi satu apalagi pas disendok bareng irisan kubis dan juga tomatnya. Nyem....wenak tenan. Kalau sate serta tongsengnya juga empuk banget. Sate seporsinya isi 5 dengan irisan daging kambing yang super juicy dengan sambal kecap manis pedas yang nikmat. Adapun tongseng lidahnya juga porsian yang pas untuk orang yang porsturnya mungil kek kami hihi. Lidahnya kenyal-kenyal nikmat dengan kuah tongseng yang pedas manis berbumbu. Hauceuk tenan.

Untuk minumannya, tetep favoritku adalah wedang tapenya yang bikin seger karena rasa manis serta sensasi si tape yang bikin anget perut. Kalau es teh ama es jeyuknya aku nda icip hihihi. Over all, recomended juga sih Warung Sate Kambing Pak Dakir ini...





























Pulang lewat Bukit Menoreh dan Jonggrangan yang Membelah Gunung

Usai berbuka di Warung Sate Pak Dakir, kami pun memutuskan untuk balik ke Thorjo lewat jalan baru. Soalnya Tamas dapat info dari Pak Is katanya ada jalan baru yang mbelah gunung lewat Bukit Menoreh dan Jonggrangan...Itu sekarang banyak tempat-tempat makan baru loh. Yaudah kami coba aja. Walaupun pas nyampe sana, Oh My God....ternyata jalanannya sepi pol.... meliuk liuk pula...mana gelap banget...kanan kiri hutan. Aku sempet nggliyeng terus boboan bentar...kuatir nyasar di hutan haha...Seius jalannanya super duper ngeri...soalnya gelap kan. Dan rambu-rambunya belum begitu banyak jadi musti pake lampu jarak jauh. Apalagi yang sisian ama jurang... Itu kurang lebih 1 jam sekian menit terasa lama. Apalagi emang ketemu desa dan rumah-rumahnya juga jauh-jauh. Jadi masih banyakan alasnya...Hihihi...Tapi alhamdulilah jam 9 malam sampai rumah sih.










Mbul ngucapin met mudik semuanya, dan ati2 di jalan....^____^






Gitu deh, sekelumit perjalananku kemarin yang sempet ngendon sehari di Jogja. Nantikan postinganku saat berbuka di desa dan persiapan menyambut Hari Raya nanti ya. See you and dadaaa...



6 komentar:

  1. Are those buns filled with sweetened beans? They look impressive.

    BalasHapus
  2. Wah Mbak sudah pulang kampung saja nih...
    Alhamdulillah lancar perjalanannya ya Mbak. Met berkumpul bersama keluarga disana ya...
    Btw, aduh itu hidangan makan sahurnya...nikmat banget sama jeroan ayam...

    Salam,

    BalasHapus
  3. Pormenorizada entrada llena de sabores y exquisiteces, belleza de lugares y del laborioso arte en maderas, pinturas y esculturas de tu rica tierra, Mbul. Me encantรณ ese emoticon del gato.

    Abrazo feliz hasta vos.

    BalasHapus
  4. mbak mbul udah mudik ke jogja aja tow, kok engga ajak-ajak si hehehe, salah satubkota yang pingin banget gw datengin jogja, tapi sampai sekarang belom kesampaian, dulu si waktu smp pernah kesana buat piknik pas lulusan :D.. gw belom pernah mudik mbak, seumir hidup belom pernah ngrasain mudik, coz gw hidup dan lahir di jepara tanah air tercinta :D

    BalasHapus
  5. Ya Allah nit, sukses bikin aku kangen Ama Jogja ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. Kulinernya itu loooh ๐Ÿ˜. Aku sbnrnya penasaran Ama gudeg Bu djuminten. Udh tau lama tapi blm pernah cobain. Sbnrnya aku suka gudeg yg ga terlalu manis. Makanya tiap ke Jogja lebih sering mampir ke gudeg mercon drpd gudeg biasa. Tapi ntah kenapa Bbrp hari lalu cobain gudeg adem ayem di Jakarta, kok suka, padahal rasanya cendrung manis ๐Ÿคฃ. Fix kangen Jogja...

    Ih pengen liat langsung deh tempat pembuatan bakpia. Aku sbnrnya ga terlalu suka bakpia, tapi kalo icip 1-2 sih masih mau. Apalagi kalo rasa keju atau telo ungu ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    BalasHapus
  6. slamat datang ya
    disambut es oyen dengan porsi pas tuh

    BalasHapus

Panggil aja aku Mbul. Happy blogging ^___^ Tiada kesan yang lebih bermakna selain kehadiran Teman-Teman/Sahabat Blogger baik yang sengaja atau tak sengaja mampir. Semoga tulisanku bisa menghibur Teman-Teman semua. เธ…(^・ฯ‰・^เธ…)