Selasa, 25 April 2023

Lebaran Ceria di Tempat Mbul ^____^



Hallo Assalamualaikum wr wb

Apa kabar Kakak-Kakak Online Mbul semuanya. Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Alhamdulilah kita semua, Umat Muslim baru saja merayakan Kemenangan ya. Maka dari itu Mbul mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin apabila pernah ada salah-salah kata, selama ngeblog karena Mbul sendiri anaknya suka bercanda ya...maksudnya biar bahasa blognya itu sante seperti saat awal-awal ngeblog hingga kini egak pernah berubah, walaupun kalau di dunia nyata anaknya kalem sekali hehehhe... 





Nah, berhubung ini udah hari ke sekian setelah Lebaran, maka Mbul akan teruskan cerita tentang Lebaran Story versi Mbul. Sebab kalau malam takbiran sampai Lebaran Hari pertama selalu di tempat Tamas... jadi hari keduanya mumpung sedulur pada ngumpul, maka Ibu calling aku bahwa kalau bisa lebaran kedua ke rumah Prb (rumah ortuku red). Walau siangnya itu masih ada tamu di tempat Tamas dan berlanjut muter ke daerah Ketug dan Sruwohrejo sampai sore. Baru bisa ke Prb-nya abis magrib. Sempat mampir ke bakso dan mie ayam Kang Wahyoe juga di Andong, tapi itu aku tulis di post terpisah ya. Supaya lebih fokus ngulas kuliner di kampung halamannya yang kebetulan kemarin sempet icip bakso dan mie ayam yang kok kayaknya tempatnya rame timen Sayang...jadilah nanti aku review juga hahaha.

Kembali ke cerita tentang Lebaran Hari ke-2, dimana sekarang jatahnya adalah nginep di rumah ortuku. Kebetulan ke sananya bisa jenak pas abis sholat Magrib setelah Tamas ngurusin keperluan tindak hajinya Mamak nanti. Soalnya Bapak kan pun mboten enten. Jadilah harus ngurus dulu ke depag, dukcapil, Pak Camat, Pak RT, dan Pak RW. Nah, pas mau ke Prb itu ndilalah hujan turun rintik-rintik. Begitu tas-tas aku masukin ke mobil, sejenak langit pun berubah menjadi mendung. Padahal siangnya panas banget. Angin basah sesekali bertiup dan ga terasa tau-tau hujan. A dan J tentu saja senang soalnya sekalian ngadem kan di mobil tuw hehe. Ntar lagie juga paling-paling riyep-riyep sendiri, terus bubuk. Nah, jadilah habis pamit mau berangkat itu, kami berempat ditemani gerimis tipis-tipis, melalui setapakan desa yang sepi dan nyenyet (sepi banget) karena mayoritas para pemuda desa dah balik ke perantauan. Rumpun bambu yang rimbun sesekali kami liwati di sudut-sudut desa hingga membuatku ingin iseng meledek suami, Soalnya desanya Tamas emang masih alami sekali ya, mirip Desanya Totoro hahahhaha... "Siro kok ngledek sih Dek?" Hahaha....tapi bener tow. Hihihi..."Ya sing penting kan hawane adem ayem enak buat kelon tow Dek..." Bhahahhaha.....sambil siap meluncurkan jemari buat mencibit kecil pipi ini. Sembunyiin pipi, tatud dicubid...wkwkwk..




Yo yang oren yang oren yang oren...



Kendaraan kamipun terus meluncur melewati setapakan desa yang di pinggirnya dipenuhi tetehan. Setelah penggokan brug dan kebon jati, baru ketemu kali dan seberangnya lagi adalah sawah tempat bebek biasa adus di kali. Sesekali berjumpa pula dengan peternakan ayam milik Om Syukron yang ngendikane sudah dipanen sebelum puasa, jadi kini peternakannya kosong. Ya, setelah itu memang sawah, dan sawah lagi dimana pinggirannya yang berupa rerumputan biasa untuk mengangon kambing, hingga melewati satu bengkel dan njedul ke jalan raya. Menurutku jalanan ga gitu rame sih. Ntah karena belom pada mudik balik atau gimana aku ga tau, tapi yang jelas jalanan masih lancar jaya meski gerimis rintik-rintik masih setia menemani. 

Suasana baru terlihat meriah setelah masuk ke kecamatan desaku, sebab di Alun-Alun sedang ada undar-undaran atau pasar malam. Jadi banyak sekali pedagang gerobakan yang mangkal entah itu menjual Kacang Goreng, Siomay, Batagor, Es, Ronde, Bakso, dan lainnya. Tapi kami ga mandeg sih dan terus bablas saja karena sudah lumayan pengen bersih-bersih ke kamar mandi. Badan berasa lengket seharian muter di tempat sedulurnya Tamas. 

Nah, kira-kiranya jem 18.30 WIB, kami sampai di rumah Prb dengan halaman yang udah dibuka langsung pagernya karena emang anak-anak Bapak Ibu mau datang. Lanjut parkir di depan, sambil kasih space buat kendaraan Mbak yang sampai jem-jem isya belum nyampe karena katanya masih tercebak lampu merah di Sampang dan lainnya. Jadi ya wes, kami duluan deh yang nyampe. E aku lanjut pencet-pencet bel kok nda bunyi, tapi dari jendela televisi menyala sih, pertanda ngga mungkin bapak ibu tindakan (bepergian). Jadi mungkin pikir kami lagi sholat barangkali. Eh ga lama kemudian pintu dibukain bapak yang langsung menyambut A dan J dengan gembira. Kami pun segera masuk dan membawa tas-tas ke dalam karena ya udah pengen ngaso-ngaso istirahat sambil bercengkrama bareng Bapak dan Ibu.
































































Lebaran di desaku sebetulnya ramenya itu Lebaran hari raya kedua. Kalau hari raya pertama digunakan untuk kumpul sedulur. Nah yang kedua baru muter antar tetangga. Walau kami ga sempet pula muter soalnya tiba di sana udah malam. Yowes nda po po, seng penting saiki bisa nglemeske pantad dan betis, maklum tamu dan sedulurnya Tamas banyak banget jadi dari kemarin lepas Ied ga leren-leren nemoni tamunya hihihi. Nah, di Prb inilah kugunakan kesempatan untuk banyak istirahat karena emang yang muter ga sebanyak di tempat Tamas. 

Sebetulnya, kalau suasana Lebaran di desaku ini ya terhitungnya sih ga sepi-sepi nglangut banget lah hihi. Tetep masih ada yang muter walau ga seramai saat Lebaran masa kecilku dulu. Tapi apapun itu tetap disyukuri ya. Kue-kue lebaran dan hidangan khasnya juga selalu tersaji di atas meja sekedar untuk menjamu tamu walau ga tau yang mampir bakal banyak atau ga. 







































Nah, kue-kuean Lebaran tahun ini, Uti kadose nglarisi dagangan teman kantornya deh. Berupa toples-toples mungil berisi aneka kue baik yang manis maupun asin. Kalau yang bikin ndiri biasanya kacang bawang dan sriping pisang. Kalau yang lain beli. Ada cokelat kurma, kastangel, kue bawang keju, kue kacang, kue cokelat merah jambu, semacam cimol tapi agak keras, kue semprit dan juga marshmellow. Adapula tape ketan hijau yang dibawain Ibu Dlg ke Ibu Prb. Ini sih Mamiku suka banget makanya seneng pas dibawain sekerdus buat tambah-tambah pacitan Lebaran nanti.

Untuk menu hidangan beratnya, kali ini Ibu masak opor ayam, mie goreng jawa, paru goreng tepung, kerupuk dan sambal. Aku juga sempat belikan melon dan kurma, sedang Mbak bika ambon. Nanti dimaem bareng-bareng saat paginya atau makan siang. Sebenernya ibu juga ada lontong selain nasi. Lontongnya pesen 30 lenjer. Karena ada tetangga yang terima pesenan lontong. Jadi nanti kami bebas aja mau pilih maem ama nasi atau pun lontong sesuai selera. Tapi kalau aku lebih suka nasie sih ketimbang lontong hahahha.














































Di rumah masa kecilku ini aku juga selalu suka ngendon di taman samping rumah yang dipenuhi tanaman hiasnya ibuku. Dulu saat aku masih kecil sampai sekulah belum ada dibangun keramik dan segala macamnya. Masih berupa halaman tanah dan gunungan pasir gitu. Tapi beberapa tahun terakhir udah mulai ditata sekedar untuk jagongan santai sambil menikmati matahari pagi atau melihat kawanan burung hinggap di pohon albasiah di jam-jam sore. Apalagi sekarang ditambah ada meja kursi kayu dengan 1 akuarium kecil yang diisi ikan kali oleh Bapak hihihi...Bisa makin betah tiap kali pulang kampung aku dan Tamas menghabiskan waktu di sini. Termasuk juga A dan J. 

Sebenernya banyak area rumah ini yang ditanami aneka macam tanaman. Baik bebungaan, tanaman hias, buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Kalau bunga sebenernya lebih banyak di depan. Ada anggrek, sakura-sakuraan, soka, dan lainnya. Bahkan bunga telang juga ada. Kata ibu, bunganya bisa diseduh dijadikan teh. Beberapa kali aku mendapati Beliau tengah menjemur kelopaknya yang berwarna ungu dengan bagian yang menyelempit cute gitu sehingga dulu aku sering memainkannya untuk dolanan (masak-masakan) saat masa kecilku. 

























Nah, kalau yang di samping rumah, barulah tanaman hias walau anggreknya udah pada dipindah di sisi belakangnya lagi dekat kolam lele. Sedangkam di samping ini juga jadi area santainya si Oranye Boy yang warnanya beneran oranye, baik bulu maupun matanya hihihi. Boy yang kini tampak gagah dan njebrobog itu kalau sudah melantai kembali jadi anak kucing lagi yang elus-elus-able ahhahah...meskipun sering tetiba angkat sikil buat creeetz...pipis, nguyuh deh di tembok atau pot-pot tanaman hias hahhaha...Tapi ia adalah tetep kucing yang cute. Kalau Klawu lebih suka rebahan di belakang. Ya di area dekat sumur yang kuceritakan kemarin. Walau dua-duanya kalau malam kumpul sih dan boboan di tempat yang sama. Nganget di amben kayu hihihi

Oiya, kalau Lebaran tiba, biasanya menu bakso justru yang paling laris ya. Ntah yang disamper dulu di kedai ataupun yang nyamper langsung ke rumah kita dalam bentuk gerobagan. Seperti yang terjadi sore itu, karena tiba-tiba terdengar bunyi kasnya dari kejauhan, kamipun inisiatip buat beli aja nanti pakenya mangkok sendiri biar ga sungkan abang baksonya nungguin kita makan. Baksonya bakso yang banyakan gandumnya sih, tapi menurutku enak, ga gitu ngenyangin. Apalagi kalau pinter ngracik di bagian kuahnya. Itu kalau cara ngasih kecap, sambel serta saosnya pas sih rasanya mantab. Dan Mbul adalah yang team sambel dan kecapnya banyak. 












Gitu deh sekelumit cerita yang Mbul bisa bagikan karena moment Lebaran selalu berkesan buat Mbul walaupun aku anaknya kalem dan introvert sekali jadi biar di moment Lebaran ini musti banyak ketemu orang asal ikut guyub-guyub dan senyum kepada mereka, InsyaAlloh segala sesuatunya akan terasa enjoy hehehe. 

15 komentar:

  1. Salam lebaran Mbul sekeluarga.
    Meriahnya sambutan di sana ya Mbul.

    BalasHapus
  2. Hoy creo que me dedicaría a degustar las delicias dulces, bizcochos y las frutas y por supuesto también a jugar con Klawu. Veo un gato y naturalmente quiero tenerlo en brazos o jugar con él o ella. A cada fotografía Klawu está más lindo y gracioso... ¿Y dónde esta Boy? No me olvido de él... Maravillosa entrada, amiga Mbul.

    Abrazo de corazón!!

    BalasHapus
  3. Selamat merayakan lebaran mbak. Menu lebarannya sungguh menggugah selera, kue kuenya pun banyak dan bertema sosial (bantu jualan teman). Semoga lebaran membuat kita kembali fitrah yaa

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah udah lebaran aja ya Mbul. Mohon dimaafkan lahir batin ya jika selama bersilaturahmi online ada kata-kata yang tak berkenan
    Makanan hari raya lengkap banget Mbul, lontong dan opor ayam jadi khas banget ya

    BalasHapus
  5. Mbak, mohon maaf lahir dan batin...

    Suasana di desanya masih asri banget, masih hijau dan alami, bikin betah tinggal disana.
    Opor aya dan ketupat tersedia juga dalam menu hidangan, mantaps...

    Salam,

    BalasHapus
  6. ...you have so many beautiful plants, I'm jealous!

    BalasHapus
  7. Oh this is so nice dear.
    https://www.melodyjacob.com/

    BalasHapus
  8. The village looks very nice.

    BalasHapus
  9. Boa noite de quinta-feira. Obrigado pela visita e comentário.

    Luiz Gomes

    BalasHapus
  10. Untuk tahun ini belum bisa mudik
    masih di jakarta
    wah saya jadi kangen menu kampung nih
    kangen masakan emak

    BalasHapus
  11. selamat idul fitri 1444 H maaf lahir dan batin ya

    BalasHapus
  12. semoga akan ada kesempatan tahun depan ya

    BalasHapus
  13. Sugeng riyadin Nit...mohon maaf lahir batin yaaa... Hidangan lebaran e lengkap banget😊

    BalasHapus
  14. So many wonderful things to see in this post - the food, kitty, flowers, etc.
    Hope you had a fantastic Hari Raya celebration.

    BalasHapus
  15. so jummy dishes:) and so cute kitty:)

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)