Rabu, 26 April 2023

Pecel Daun Kates Jepang + Daun So dan Lauk Tahu Crispy



Mbul suka banget sama sayuran hijau. Walaupun badan Mbul cenderung demplon, tapi pencernaanku itu bisa dikatakan lantjar wkwkwk....Alhamdulilah metabolisme masih lancar. Yang jelas apapun makanannya, pasti Mbul selalu sandingkan dengan sayuran hijau. Apalagi, pas mentok-mentoknya lagi nda ada lauk hewani. Pasti lariku ke sayuran hijau semacam pecel. 




Memang sih belum yang full rebusan semua. Masih ada sambel pecelnya dimana tumbukan kacang goreng dan gula jawanya itu manis hihi. Tapi karena ada sayurannya, Mbul sih hayuk aja. Mbul emang penggemar pecel. Meski Mbul ga tau pecel itu sama atau beda dengan gado-gado atau lotek. Tapi yang jelas kalau di desa sih sering disebutnya pecel. Jarang ada yang nyebutnya gado-gado. Kalau lotek masih sering denger orang menyebutnya begitu. Ya, antaranya kalau ga pecel ya lotek.

Nah, ternyata pecel bisa pake sayuran apa aja. Termasuk atas ide kreatif aku, Tamas dan Mamak waktu masih puasa  hari-hari terakhir kemarin. Dikarenakan Mbul datang ke desanya lebih awal, maka Mbul bisa merasakan desa waktu masih lengang belum ada sedulur kumpul. Jadi pas masih sepi-sepinya itu, kebetulan cara berbuka kami waktu itu simpel-simpel aja. Apa yang ada di kebun ya itu yang dijadikan menu utama pas buka. Apalagi Mamak kami masih ada stok bumbu pecel yang tinggal diencerkan saat akan dimakan. Jadi ya wes, pikir kami waktu itu bukanya sama pecel aja. Meski tiap ngecor bumbu pecel Mbul selalu buatkan sambal kacangnya tetep kental sih. Soalnya Mbul ga suka kalau keenceran hihi. Mbul suka yang kental-kental, jadi kacangnya masih kerasa teksturnya apalagi kalau air yang buat ngecor masih panas. Jadi rasanya pekat, legit, dan enak.

















 

Terus sayurannya pake apa aja Mbul? Tamas petikkan daun kates jepang yang tumbuh meninggi di samping blumbang ikan. Ya sederet dengan pohon pepaya jantan yang sebenernya kalau sedang berbunga bisa juga tuh ditumis ala-ala masakan menadoan. Tapi sayang, bunga pepaya jantannya lagi nda kembang, jadinya kita manfaatkan daun kates jepangnya aja yang ada di sampingnya. Mamak sebenernya sempat ga percaya daun kates Jepang bisa dimakan hahahah...tapi setelah kita kasih tahu enak juga kok nda sepahit daun pepaya biasa, barulah okey, kita mecel itu. Satunya lagi bruwun daun so. Kebetulan pohon so di belakang rumah Simbah selalu subur. Jadilah tunas daunnya ada terus. Kan enak tuh direbus buat tambahan pecel. Memang agak aneh sih ya, sebab biasanya kan so itu buat tambahan sayur asem, atau pelengkap tumis tahu, mlinjo, lodeh dan lainnya. Lha ini direbus buat tambahan pecel. Ya di sini so itu bisa dijadikan apa aja. Wong dibening aja bisa hihi.








Nanti baik daun kates muda dan daun sonya direbus dulu. Nda usah pake lempung nda pa pa. Soalnya dia nda pahit kok. Jadi pertamanya tentu daun kates jepangnya dulu soalnya seratnya lebih kasar atau wuled. Baru setelah itu yang lembut yaitu daun so. Nanti bumbu kacangnya beneran dicor air mateng panas dan dibikin kental aja ya...jand keenceran. Sebab yang kental lebih nikmat. Ntar lauknya pake rempeyek kacang aja ama tahu krispi yang biasanya ada di bakul ayam chicken. Sekalian beli kelapa muda biar seger dan slurrrpable hahhahaha...

1 komentar:

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)