Senin, 24 April 2023

Menu Lebaran Favorit : Tape Ketan Hijau dan Kupat Tahu



Hallo Assalamualaikum wr wb

Hallo apa kabar Kakak-Kakak Online Mbul semuanya....Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul akan cerita-cerita tentang keseruan Malam Takbiran dan juga Lebaran hari pertama yang jatah nginepnya ketempatan di tempat Tamas. Memang rutinnya selalu begitu. Kalau ke tempatku itu situasional bisa lebaran hari kedua, ketiga, keempat, atau seterusnya. Tapi kalau hari raya pertama selalu di tempat Suami. 






Sore-sore, kami langsung berkemas lagi karena biar ga kesorean sampai sananya. Alhamdulilah cuaca cerah sih. Dan sampai sana udah ngepasi buka puasa terakhir sebelum hari raya. Mbak Eni (Mbaknya Tamas red) udah dipanjer Mamak buat jaga dapur dan ngopeni ayam kampung buat diopor. Dibantuin pula sama 2 anak bujangnya yang udah usia kuliah. Kami nyembelih 4 ekor ayam dan bikin kupat sendiri yang didang masih menggunakan kayu bakar. Juga tahu yang sudah digoreng untuk keperluan membuat kupat tahu. Selain perintilan lain berupa bawang goreng, kubis, kecambah, seledri, serta kuahnya yang manis karena menggunakan gula jawa, salam, serta jahe. Sambelnya juga bikin dadakan soalnya itu pelengkapnya kan. Sambalnya berupa sambal korek. Apa sambel bawang ya. Tapi yang jelas masakan kerja sama antara Aku, Mbak Eni dan Mamak. Kalau ga ada sambel asa ada yang kurang hihihi. Tapi sambal bikinan Mamak memang pedesnya pas buat kuah-kuahan kupat tahu. Suaminya Mbak Eni udah mancing lele dumbo banyak banget di samping rumah. Ntar tinggal dibumbuin dan digoreng. Tamas jadi tim hore-hore aja sambil jagain si Kakak, si Adik, Mas Alba main bola di halaman tempat biasa untuk memepe gabah.

Toplesan di ruang tamu belum ditatain sih. Ditatainnya pas abis sholat Ied. Tentunya setelah ngepel lantai biar lantai dalam keadaan kinclong, siap menerima tamu di keesokan harinya. Toplesan kali ini dipersembahkan oleh beberapa kue yang dibeli dari Pasar Kutoarjo, diantaranya ada kue semprit atau biasa kusebut sebagai kue S, unthuk caceng, semprong, seriping pisang, rempeyek, rengginang, dodol, balado, emping mendem (emping yang kecil-kecil), sumpia, sip sip nabati sip, tape ketan, lemper kethek, melon, dan sangka kuning. Favoritku sih selalu tape ketan hihi. Soalnya manis dan warnanya cantik. Paling banyak diambil tamu juga sih ini hahahhaha.....Kalau sip sip nabati sip emang buat tamu bocah sih. Kan biasanya bocah cilik sukanya yang ada bungkusannya hahaha...














Lanjut, bergerak menuju malam, suasana desa semakin syahdu. Sebab udah fixed kan Lebarannya Sabtu setelah pengumuman sidang Isbat sehari sebelumnya saat mengeker hilal hehehhe. Nah, malam itu karena semuanya dah beres ya aku ngelonin si Kakak dan si Adik aja biar besok ga kesiangan. Sedangkan Tamas dan Suaminya Mbak Eni menuju ke masjid buat fitrahan. 

Keesokan harinya, Hari Lebaran pun tiba. Kemeriahan di desa Tamas emang udah kelihatan sejak pagi, sebab di sini yang muter itu banyak. Kalau tempatku aku ga tau. Udah lama banget ga menangin hari raya pertama dan kedua di rumah Prb hahahah. Tapi alhamdulilah ngendikane ibu lewat WA sih rame juga. Ya, ntar kita nyusul pas sedulurku pada kumpul semua deh hihihi. Namanya pihak cewe....ya aku ngikut aja kan. Umumnya gitu ya kalau di desa.

Di tempat Tamas sendiri, menu yang paling kusuka justru bukan opornya. Tapi kalau opor sangat membantu buat ndulang si Adik sih karena dia maemnya lahab betul begitu ketemu santenan gurih. Kalau si Kakak mah antimainstream, sukanya lauk di luar menu hari raya hahahah... Tapi ga pa pa yang penting mamnya banyak ya Kak hihihi. Oiya tadi aku bilang saat Lebaran justru aku menghindari menu ayam, daging, dan santen. Jadi yang kupilih itu selalu kupat tahunya. Lebih seger soalnya ada kuahnya kan. Terus ada kubis dan kecambahnya juga jadi kranci gitu. Resepnya udah pernah aku tulis di postingan terdahulu ya. Jadi bisa langsung dipraktekkan kapan-kapan. Walau yang paling lamanya itu nge-dang kupatnya yang bisa memakan 5 jam di atas keren. Tapi alhandulilah kupatnya bagus sih. Ga cepat sayup dan isinya padat. Enak deh buat campuran kupat tahu makanan khasnya sini. 



















































Okey segitu dulu update-an Mbul kali ini. Selamat hari raya ya buat Teman-Teman Muslim yang merayakan ^____^

3 komentar:

  1. Terima kasih Mbul, kongsikan menu yang unik-unik dari sana. Banyak pengetahuan Kak Amie peroleh.

    BalasHapus
  2. Tape ketan juga di sini banyak Mbul, tapi warnanya ga hijau, malah hitam, karena memang dibuat dari ketan hitam, jadi memang ga pake pewarna, jadi yang nampak warna dasarnya aja. Jadi serupa tapi tak sama, ya.
    it is so wonderfull kalau membicarakan makanan di hari raya di negeri kita, setiap daerah punya ciri khas masing-masing, ya

    BalasHapus
  3. melonnya tuh terlihat segar palagi semangka kuningnya

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)