Minggu, 04 Juni 2023

Mbul Jalan-Jalan ke Kios Ikan di Jatinegara


Assalamualaikum wr wb..
Malam Minggu, Mbul diajakin Tamas supaya keesokan harinya siap-siap budhal ke Jatinegara. Dalam rangka apa Mbul? Dalam rangka nemenin suami cari ikan arwana aja. Mbul sih manut. Kan Mbul pengen jalan-jalan juga. Biar Mbul bisa menghirup udara Jakarta yang dah lama ga Mbul samperin itu, hihi. Ya, refresing dikit lah biar nda ndekem aja dalam kasur empukku atau uplek-uplek-uplek bikin sesuatu di dapur gegeggek. 




Tamas emang pernah sounding ke Mbul kalau Beliau pengen ajak Mbul ke Pasar Ikan Parung kalau ga Jatinegara. Tapi berhubung yang di Parung cuma buka 3 hari aja dan kebanyakan itu hari kerja, maka Tamas kasih opsi lain yaitu : "Bagaimana kalau kita ke Jatinegara saja Dek?" Sebab pasar ikan ternyata seru juga loh. Kami survey dulu di youtube niche ikan hias yang banyak pula ngebahas pasar ikan hias dengan harga murmer. Ga semahal kalau di toko ikan gede.

"Dek, Minggu mau ikut aku cari ikan ga?" Tanya Tamas suatu hari padaku yang sedang asyik menonton tipi bersama si Kakak dan si Adik. Sebelumnya, Jumat Kakak merasa sedang happy karena di sekulah ada yang ultah. Nah, berhubung di lingkungan keluarga kami ga pernah ada yang namanya perayaan ultah (karena emang ga dibudayakan dalam lingkup keluarga), maka pas Kakak dikasih snack-snack bungkusan ultah Temannya itu maka ia senang banget. 






Mbul tanya : "Di sekolah tadi diajarin apa sama Bugulu?" Kata Kakak dengan polosnya. "Ulang tahun..." Hahahah. Lalu ia mengasihkan tas berisi macam-macam kue yang minta dibukakan bungkusnya. Ada cup cake 1 rasa blueberry ungu (tapi ama Kakak dikasihkan buat Mbul), nasi kuning+ayam katsu+mie goreng dikasihkan ke Adik), nah Kakak pilih maem beratnya malah ama masakannya Mbul...uw totweeet, juga susu kotak, wafer nabati dan snack ringan lainnya, termasuk permen yupi. Ga pa pa...sekali-kali yakaan hihihi... :* Lalu sempet juga dibawain putu ayu, talam pandan, dan ungu. Lengkap deh jajanan hari itu hehehhe...

Kembali ke ajakan Tamas ke Mbul soal ke pasar Ikan.

"Piye Dek Nit? Mau ikut ga Hari Minggu besok. Kita ke Jatinegara?"
"Maukkkk....mauuuk...Mbul ikuuuut!"
"Kirain Tembem ora ikut. Arep jaga kandang aja, tunggu omah..wkwkwk"
"Ow tida bicyaaa...Mbul ikut tauk..huft!"
"Yowes, bangun pagi ya. Kita jalan cari ikan ke Fish Ranger, soale aku wes survey ikan sing kiose buka tekan mbengi. Ga terpancang karo pasar iwake."
"Ow yah? Mang dimana Tamas? Apa deket-deket pasar ikannya?"
"He em...tapi sing iki ono kiose loh."
"Ow yach? Mauk lah Mbul dibawa halan-halan Hari Minggu..."

Singkat kata, kami ga jadi budhal pagi dong. Biasa, karena ngopenin Kakak dan Adik dulu, jadi baru bisa berangkat siang. Kakak dan Adik juga udah Mbul dulangin maem biar nanti cari ikan di kiosnya ga kesusu-susu. Kacian kan kalau pada ngelih. Paling Mbul yang kode ke Tamas pengen maem di luar hahahhaha...











Berjalan menuju Jakarta melintasi tol dan keluar Slipi yang terpantau maced, Mbul pun berasa kangen dengan Jakarta yang kala itu sudah sedikit terobati. Pas lewat Kebon Sirih dan MH. Thamrin pikiran Mbul langsung melayang ke masa-masa masih nguli dulu di area Jakarta Pusat...Mbul kemudian cerita ke Tamas, bahwa dulu Mbul itu temenannya ama busway tije, kopami jaya, ama bajai BBG Biru kalau pas mauk wawancara ama narsum. Ojek jarang soalnya mahal. Paling ngojek kalau pas mau ke Tasiun Senen untuk pulang kampung naik Sawunggalih. Kadang kami pulang kampung berdua juga deng karena searah hahahha. 

Lalu pas jalan di bawah jembatan menuju Senen, Mbul langsung teringat akan Tasiun Senen dan Plaza Atrium Senen. Sebelumnya lewat Velodrom, St Caroulus, dan Matraman. Ah, kalau ke Matraman Mbul jadi ingat 1 hal. Yakni pas ngunduh mantu mantenannya mbakku, aku malah melipir ke Gramedia Matraman abis khurmat resepsi. Bukannya nungguin ngunduh mantunya selesai, eh Mbul malah pacaran ama Tamas di Gramedia Matraman masih pake kebaya putih dan songket hijau dari Kalimantan pemberian Beliau hahahha.... Habis kami penasaran ama Gramedia paling gede yang ada di sana. Dan itu aku takjub untuk pertama kalinya melihat komik-komik yang berjajar dalam rak begitu banyaknya. Abis itu pulangnya kami maem dulu di salah satu kedai yang ada di sana dan kami pesan Laksa Singapore yang ternyata kuahnya kental.



















Abis itu kami lewat Jakarta Timur yang mana di situ terdapat berjajar kios Makanan Khas Sumatra Barat atau Minang. Ya, soalnya yang paling kuingat adalah jajaran bakul lemang tapainya itu loh. Yang lemangnya pake bambu. Tapi kami ga mandeg situ sih. Kami langsung bablas menuju Jatinegara buat ke Kios Ikannya. Ini letaknya memang sebelum pasar jatinegara yang campur dengan pasar hewan lainnya. Lokasinya masuk ke dalam dimana tempatnya lumayan rindang karena penuh pohon-pohon besar dan lokasi adu burung. Tapi kami ga ke situ. Kami cuma mau beli ikan aja.

Habis memarkirkan kendaraan, segera Tamas mengajak Mbul, Kakak dan Adik ke kios ikan paling pinggir dari kiri. Namanya Fish Ranger. Soalnya Tamas udah survey dulu di youtube tentang kios ikan di Jatinegara yang koleksinya keren-keren. Terus bukanya itu lumayan lama ga secepet yang di pasar ikannya. Di muka kios berjajar bak-bak berisi air bening yang sudah diisi ikan mulai dari yang besar sampai yang masih beiby. Kebanyakan yang di bak depan adalah ikan koi dengan corak warna cakep. Ada yang merah putih, ada yang oranye dan juga kuning. Aduh seger mataku melihat ikan koi. 

















Nah, ga lama kemudian kami masuk ke dalam. Pas ke situ kami langsung ketemu sama yang punya kiosnya yaitu Om Firmansyah yang kala itu juga sedang meladeni beberapa pembeli yang semuanya adalah Bapak-Bapak.

Kami langsung tertarik ama beberapa varietas ikan yang cakep-cakep dan berada di dalam akuarium panjang berbeda. Kalau Tamas langsung ngetag ikan arwana putih bersih sedangkan Mbul mauk Parrot merah mungil yang ada ekornya. Sebab parrot ada juga yang ga ada ekornya kan? Tapi Mbul mau yang ada ekornya. Karena itu lucu dan menggemaskan. Memang ga begitu gede, tapi lucu. 

Setelah bertanya-tanya bagaimana cara perawatan serta pemeliharaannya, maka okeylah akhirnya kami beli yang arwana 2 dan parrot tail merah 10. Tadinya mau tambah ikan mas koki yang ndut-ndut lucu njembluk gitu, tapi Kata Tamas "Udah sementara arwana ama parrot aja ya Dek...."

Okey... 

Arwana pas mau dimasukin ke plastiknya agak licin. Jadi musti tunggu beberapa menit dulu baru bisa masuk wkwkwk. Kata seorang Kakek berambut putih yang juga waktu itu belanja ikan di situ, Tamas diarahkan supaya ambil arwana yang bentuknya nyendok gitu. Soalnya itu yang bagus. Kakek tersebut kemudian banyak bercerita pada kami bahwa kemarin Beliau baru dikirimi akuarium panjang oleh putranya yang tinggal di Batavia. Dan kami menanggapinya dengan antusias juga. Maklum Tamas orangnya supel jadi paling bisa ngemong orang tua ngobrol hihihi...Kalau Mbul kan kalem jadi cuma tenyam-tenyum aja, ngikut ngimbangi topik obrolan....hahahha..













Habis itu proses pembuntelan ikannya dengan plastik khusus. Sebelumnya ikan diberi oksigen dulu ya supaya aman selama perjalanan pulang. Walau sempat ganti plastik beberapa kali supaya ga bocor jadi agak memakan waktu juga apalagi pas mau mbuntel plastik arwananya. Oiya, sebelum pulang, kami juga sempat beli pakan arwananya dulu yaitu ikan kecil-kecil di kios sebelah... 

Postingan fresh from the oven banget
Minggu, 11 Juni 2023


7 komentar:

  1. Itu kopami maksudnya angkot ya kak? Seperti mikrolet gitu atau gimana? Hehe
    Kalau di jalan Jatinegara memang banyak yang dagang ikan.
    Daku pengen nyoba tengok cuma kalah saing, karena penjualnya dirubungin orang haha

    BalasHapus
  2. Pretty fish! Those green and purple snacks look very tempting.

    BalasHapus
  3. Kok ngga disebut harga ikan arwana mbul, padahal pengin tahu. Katanya mahal, bisa sampai sejuta per ekor.

    Ikan Parrot itu mirip sama ikan mas koki ngga sih?

    BalasHapus
  4. The fish are pretty and big.

    BalasHapus
  5. Wahh..suami Mbul suka bela ikan hiasan..cantik² arwana, koi...enak kuih putri ayu..

    BalasHapus