Selasa, 06 Juni 2023

Review Rumah Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur, Pasar Lama Tangerang


Assalamualaikum wr wb
Kali ini Mbul mau rekomendasiin salah satu kuliner Tangerang di area Pasar Lama yang rasanya enak banget. Ini termasuk warung makan sunda sih. Namanya Nasi Timbel khas Cianjur. Review lengkapnya udah pernah aku tulis di sini. Tapi berhubung comfort zone resto yang pas di lidahku dan keluarga adalah ini, maka ga heran bahwa aku bisa visit back berulang kali. 




Jadi, ceritanya Minggu siang, 18 Juni 2023, sepulang dari nemenin Kakak A pentas seni di acara perpisahan kakak kelasnya di sekulah, Mbul pun diajak Tamas mau cari ikan lagi di Karawaci. Namanya NHFish. Tamas dapat infonya dari youtube niche ikan hias karena pengen cari peacock bass, bawal pacu, parrot tail, dan oscar tembaga di sana. Semalem, Beliau udah wa Om Taufik sang pemilik NHFish buat ke rumahnya dan beli on the spot. Jadi begitu ketemu ikan bagus, 'gas' lah ke sana. 

Sekitar pukul 10 pagi lebih dikit, Tamas dan Adik dah jemput aku dan Kakak A buat ikutan ke sana walau sebelumnya kami mau sarapan dulu. Kemanakah gerangan? Yang udah cocok aja di lidah kami yaitu Warung Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur, Pasar Lama Tangerang. Memang kami udah ke sini berkali-kali sih, saking aku suka ama salah satu menunya yaitu iso bacem goreng. Walaupun yang pertama kali rekomendasiin adalah Tamas. Penjelasaanya dah tertera di link review pertama yang warna merah.







Untuk menuju ke sana, kami melewati area Bon Tek Bio dan Perguruan Tinggi Buddhi, yang masih searea dengan Universitas Buddhi Dharma. Nah, di sini itu, khasnya adalah bongnya yang berada di sepanjang kanan kiri jalan. Walaupun rerumputannya udah tinggi ya. Eh pas lewat salah satu pertigaan sebelum krematorium dan tembus Jembatan Cisadane, e ketemulah ama tukang rujak buah yang buahnya masih lengkap. Waduh, dalam hati Tamas langsung tau bahwa Beby Mbul pengen foto wkwkwk. Tapi berhubung kali itu lagi rame, makanya kubilang Tamas, yaudah ntar aja abis maem di Nasi Timbel aja. "Hmm....yakin Dek ga mau turun? Itu mumpung buahnya masih lengkap loh?" Aduh, karena masih rame, Mbul sungkan. Akhirnya Mbul bilang ntar aja lah Tamas, maem aja dulu ke Cianjur. 

Tapi kalian tau ga Teman-Teman? Bahwa habis balik ke sini lagi siangnya, rujaknya dah tutup...wkwkkwkw....owalah... "Kalau gitu Mbul mau balik lagi ke sini Minggu depan ya Tamaaaas?" Beby Mbul tetap berusaha. Saking buah rujaknya bagus banget buat futu-futu. "Lha kan sesok Bapak Ibuk mau ke sini, piye toh Nduk...Nduk..." Oiya ya...minggu depan kan Bapak Ibuknya Mbul mau dolan hahahhaha...Yawda berati ke rujak deket Bon Tek Bionya Minggu depannya lagi...😉😚🤭

Wokaylah, singkat cerita kami langsung ke lokasi. Di sana terhitungnya masih pagi. Karena biasanya kalau lagi maem di sini kami sampainya siang. Udah banyak orang. Nah, sekarang masih agak pagian. Jadi menu masih lengkap. Asyik!


























Setelah memarkirkan kendaraan, masuklah kami ke dalam untuk mencari area lesehan. Kami pilih di ruangan nonAC karena yang AC-an udah full. Abis itu pesen dulu beberapa menu yang sekitanya recommended. Ada nasi putih, daun kates jepang, teri kacang, jengkol goreng, jengkol balado, pete goreng, lalap, sambel, sayur bening bayem, tempe goreng, dan iso bacem goreng. Memang sebelumnya aku dah pernah review warung makannya. Tapi karena kali ini nyamperin dulu ke etalase tempat lauknya berada dan masih lengkap, maka akhirnya aku pengen review ulang hihihi. Biasanya aku kalau nemu warung makan enak, ga cukup review sekali. Bisa berkali-kali hahahha. Kebetulan ijin futu-futu dibolehin. Jadi alhamdulilah ya, review Nasi Timbel Khas Cianjur kali ini lengkap.

Review Warung Makan Nasi Timbel Khas Cianjur Menurut Aku :

Tempatnya nyaman untuk makan bareng keluarga
Ada lesehan dan meja bangku biasa
Sudah ada ruangan ber-AC-nya, pengamen tidak boleh masuk ke ruangan ber-AC, tapi di ruangan nonAC masih bisa masuk
Ada tempat sholat dan toilet
Parkiran mepet jalan raya, tapi tenang ditungguin kok
Menunya enak-enak banget....
Selalu fresh...lauknya udah dibumbuin nanti tinggal digorengin lagi jadi anget
Menu sayurnya juga variatif...banyak macemnya
Favoritku itu iso bacem gorengnya
Sambel merahnya tak terlupakan...enak banget....



























Kurang lebihnya sekitar beberapa menit aja pesanan dah diantarkan ke meja. Wow...sungguh menggugah selera. Ada jengkol goreng, pete goreng, jengkol balado, baceman iso goreng, tempe goreng, teri kacang, sayur daun kates Jepang, bening, lalap mentimun, selada dan kemangi, sambel merah en sambel ijo. Sambel merahnya uham banget. Sementara sambel ijonya lebih kecil tatakannya...

Mbul review satu-satu dulu ya. Pertama primadonanya adalah jeng jeng jeeeeng.....jengkol goreng. Aku ma Tamas emang memfavoritkan jengkol gorengnya ini. Jengkolnya dibelah jadi agak kecil dan ditabur garem jadi asin gurih dengan tekstur yang empuk...enaaaak banget. Dicemilin begitu aja juga wuinak. Tumben amat pete goreng ama jengkol goreng aku lebih suka jengkol gorengnya. Walau petenya juga sama-sama enak. Karena dapat pete yang bijinya besar dan manis.

Kalau jengkol baladonya ini Tamas yang pesen. Jengkolnya empuk dan besar-besar. Enak deh. Bumbunya itu sedap. Pekat atau medok. Mbul aja sampai didulangin suruh nyobain sesendok, hihi...Serius olahan jengkol di sini bikin nagih...
























Lalu baceman iso goreng. Selalu dan selalu kalau ke Warung Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur Pasar Lama aku carinya baceman iso goreng. Karena ini enaaaaaaaak banget. Serius aku bilang isonya ini juicy banget. Tampilannya juga cakep. Menul-menul mantabbb! Sebenernya biasanya ada babat goreng atau paru gorengnya loh. Tapi khusus di sini aku paling demen ama baceman isonya aja. Paru goreng lebih enakan parunya ibu hihihi... Babatnya juga enak. Atau Tamas bilang babat itu handuknya sapi hihi. Tapi antara iso ama babat di baceman Nasi Timbel Khas Cianjur ku lebih suka isonya. Kalau tempe gorengnya ya standar aja sih hihi.

Teri kacang. Ini juga enak banget. Terinya pake teri medan yang kecil-kecil itu jadi paling pas dimaem pake nasi anget. Nanti kacangnya itu jadi pelengkap dan bikin nambah enak lagi. 

























Untuk sayurannya, kami pilih tumis daun kates jepang dan bening bayem. Tumben amat kami dapat bayem. Karena mungkin masih pagi kali ya. Jadi menu masih lengkap baik yang tumisan maupun kuahan. Sebenernya masih banyak menu dan sayur lainnya. Kayak sayur asem-asem, kluban atau urap, baby cumi cabe ijo, bakwan jagung manis, ikan, aneka pepes, dll. Tumis daun kates jepangnya nda pahit sama sekali. Sedangkan beningnya cenderung ke bening bayem gurih. 

Untuk minumannya, kami pilih es teh manis dan air mineral plus es batu... Oiya, selain menu masakan Sunda Cianjuran, di sini juga ada sentra oleh-olehnya juga lho. Ada aneka keripik, kerupuk, dan klethikan. Juga manisan kolang-kaling merah cup-cup-an dan asinan buah yang ditaruh kulkas. Es krim juga ada. 











Alhamdulilah setelah sarapan, Tamas segera mengajakku untuk lanjut ke tempat Om Taufik NHFish di daerah Cimone Karawaci. Itu masuk-masuk ke komplek gitu sih. Dan jalannya agak mengecil. Bahkan lewat gang yang dipenuhi kucing-kucing lucu gegegegkkk...Biasa, Mbul kalau liat kucing bawaannya pingin futu...Tapi fotonya dari kendaraan jadinya nda patio keton dah hahah...Yawes, kami lanjut aja mau liat ikan lagi. Jadi sampai sini dulu ya perjumpaan kita kali ini. Nantikan terus review kuliner dari aku. See you and dadaaaah....

"Rumah Makan Sunda 
Nasi Timbel Khas Cianjur"
Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 2, RT/RW 001/001, Kec. Babakan, Pasar Lama Tangerang 
Jam buka : Setiap hari 
(09.00-20.00 WIB)


23 komentar:

  1. The stall has some interesting food. I like ikan bilis with kacang and I love petai cooked with sambal

    BalasHapus
  2. Kelihatannya sunggh enak dan menyelerakan

    BalasHapus
  3. Pasar lama, karawaci, kebayang aku tempatnya nih. Heheh.
    Btw mba mbul skrg pindah ke Tangerang atau main aja? Kayaknya cuma main yaak

    BalasHapus
  4. The food at the stall looks yummy. Sambal petai and ikan bilis with kacang are my all-time favourite foods.

    BalasHapus
  5. ...thanks for sharing this yummy post. Have a wonderful week.

    BalasHapus
  6. jadi penasaran, blm pernah jelajah Tangerang, menunya menggiurkan banget,, Mbul

    BalasHapus
  7. Todo se ve delicioso, Mbul amiga, y aunque no puedo traducir por alguna razón... me encanta descubrir que en las calles de tu tierra por todos lados hay gatos... eso dice mucho de tu gente y tu pueblo... veo que los respetan y eso me encanta!!
    Abrazo de corazón!!

    BalasHapus
  8. Saya suka juga makanan Sunda ini. Pedas.

    BalasHapus
  9. Haduuuh telat banget aku baca iniiii. Padahal Sabtu Minggu kemarin aku staycation di Serpong Nit. Malah makan di Iruum complex, dan ga enak pulaaa 🤣🤣🤣🤣. Tau gitu kan makan di sini. Liat foto jengki dan Pete aku langsung pengeeen 😂😂

    Dah lama juga ga makan teri kacang balado. Fav ku juga, Krn mama suka bikin.

    BalasHapus
  10. Pernah makan makanan Sunda semasa libur di Bandung...foto² makanan bikin penasaran, enak² semuanya...ditungguin foto rujak buah nya minggu depan..wkwkwk..

    BalasHapus
  11. Everything looks delicious, have a nice day

    BalasHapus
  12. Kakkkkk...
    Itu jengkol baladoohh gemoy banget dah haha.
    Warna sambalnya mantap banget ini.

    Apalagi tuh ya si ijo yang di dalam etalase.
    Iya, yang warna hijau dengan aroma yang memikat
    Tadinya daku pikir si Pete itu di rebus, eh ternyata di goreng 🤤 kan makin menggugah selera daku, huhu wkwkwk.

    BalasHapus
  13. petainya mengoda ditambah lalapan,,, alamak,,, spertinya lezaat

    BalasHapus
  14. Rumah Makan Sunda memang memiliki menu yang menggugah selera ya Mbak Nit, apalagi selalu ditemani dengan sambel enak. Saya cowok cabe cabean yang doyan banget sama sambel mbak, jadi mau makan apapun kalau ada sambel pasti enak hahaha. Tapi satu menu yang paling suka di gambar nya mbak Nita adalah.........teri kacang, itu kenikmatan hakiki

    BalasHapus
  15. omaigodd ngeliat sambelnya yang merah membara bikin ngiler
    nasi timbel, kayaknya aku belum pernah cobain, aku sendiri juga lupa ahaha
    apakah mirip nasi uduk atau gimana ya

    BalasHapus
  16. Kalo rumah makan ini deket, rasanya saya bakal ketring aja di sini. Gak perlu masak2 di rumah lagi. Semua menunya ala rumahan yang emang saya doyan :)

    BalasHapus
  17. Masakannya tampak enak tapi pasti pedas banget. Ngak bisa dimakan banyak. Takut nanti cirit-birit...

    BalasHapus
  18. Berarti penjualnya ramah ya
    diijinkan untuk mempotret
    wah itu sayang banget, daun pepayanya daun pepaya jepang. Kalau daun pepaya kampung pastinya lebih nikmat walau sedikit pahit, saya bisa abis seporsi
    tak ada sayur asem, kayak sayur asem betawi itu ya

    BalasHapus
  19. Pernah makan masakan Sunda sewaktu berkunjung ke Bandung. Yang Kak Amie ingat, ada perkataan : Wilujeng Sumping...begitulah lebih kurangnya.

    BalasHapus