Kamis, 26 Oktober 2023

Mbul Cari Pete dan Pisang Raja di Pasar Baledono, Purworejo ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Sore-sore Mbul udah nyampe pelataran Pasar Baledono Purworejo nemenin Paksu mau cari pete dan pisang raja. Mbul tadinya ga ngeh ada pete loh. Tapi begitu ditunjukin Paksu, ku langsung bilang mauuuk karena di sadean bakul pete tersebut ternyata ada 3 glundung durian yang warnanya udah menguning. Wah apakah kami akan membelinya ya?





Jawabannya adalah ga Teman-Teman, kami cuma beli serenceng pete yang bijinya besar-besar dan manis.  Sekalian aja beli agak banyakan buat dibawa pulang ke rumah kami di rantauan. Pete bisa untuk tambahan sayur ataupun dimakan langsung enak juga. Digoreng, direbus, ataupun dibakar rasanya tetep enak-enak aja meski dengan lauk yang sederhana sekalipun.

Untuk duriannya, tadinya kan kami mau beli juga tuh, tapi Tamas ajakin Mbul maemnya di tempat aja, soalnya ga ada yang suka durian. kecuali Mbul ama Tamas hahahah. "Jadi mending dimaem di sini aja Dek." Eh, pas minta plekahin Bapak penjualnya, dan kami icip rasanya ga ada hahahha...Jadi akhirnya ga jadi beli deh. Kami beli petenya aja agak banyakan. Dan untuk duriannya mending beli lain kali aja. 







Oiya, ngomongin bakul petenya, sebenernya tuh ga cuma satu yang jualan di emperan Pasar Baledono ini. Tapi ada banyak. Hampir semuanya udah mbah-mbah atau kakek-kakek. Salut sama Mbah-Mbah atau Kakek-Kakek yang biarpun sudah usia masih tetap semangat kerja. Nah, karena di ujung sebelum gang sempit depan kios tanaman, semangka, dan belimbing ada 1 lagi bakul pete lagi, maka ga pake lama Tamas langsung ajakin Mbul buat ke sana. Kami beli 1 renceng pete lagi yang nanti buat dibagi-bagi ama Mbaknya Tamas ama Ibuku juga bowleh kalau pas lagi nginap di rumah masa kecilku hehhehe... 1 renceng pete disini cuma kena Rp 50 ribu. Beda ama pas di Serang atau deket Anyer...itu serenceng bisa Rp 150 ribu huhu.

Ga lupa kami beli pisang raja juga yang udah menguning karena pisang raja rasanya manis baik dimakan begitu aja maupun untuk bahan penganan manis. Pisang yang paling kusuka ya pisang ambon sama pisang raja. Ow...sama satu lagi, pisang yang agak kecilan yaitu pisang mas atau pisang lemak manis. 






























4 komentar:

  1. Ya ampuuuun pete nyaaaaa 😍😍😍. Kalo aku di sana udh beli banyak nit. Tapi pernah yaa aku beli Pete banyak waktu itu, sampe 1 kardus. Kan mikirnya utk stok di rumah. Ternyata baru tau kalo Pete dibiarin, bakal ada ulatnya 🤣🤣🤣🤣. Jadi beberapa kali liat ini dapur kok ada ulat kecil2, ternyata dr Pete dong wkwkwkwkwk.pdhl awalnya ga ada nit. Alkan aku selaku cek juga kalo masak Pete. Sejak itu kalo beli Pete, beli yg kupas, trus aku freezer biar lama 😂

    Sayang banget duriannya ga ada rasa. Jadi curiga kenapa merekah 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama tipsnya mba fanny ama tips yang disaranke ibuku, suruh petenya difreezer nanti dia tahan lama 😍

      Hapus
  2. Would love to try those exotic fruits!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stinky bean and banana, both of them are my fav...

      Hapus