Kamis, 04 Januari 2024

Mbul Petik Apel Langsung dari Pohonnya




Assalamualaikum wr wb....
Hari ke-4 selama liburan di Jawa Timur, we are going to Malaaaaaaaaaaaang. Yeaaaaay!!!! Bukan Malang aja deng, tapi juga ke arah yang lebih adem lagi yaitu Batu dan Pujon. Wah...wah.....daerah yang dikelilingi banyak gunung kan? Gunung Arjuno, Gunung Anjasmoro, Gunung Panderman, dll. Sebenernya Tamas tadinya pengen ajakin Mbul ke Gunung Bromo, tapi karena ke sana harus pake jeep, maka akhirnya ga jadi. Pertimbangannya adalah ga gitu nyaman buat Kakak A dan Mas Montogh. Jadi diputuskanlah ga jadi ke sana karena kalo pake matic emang ga bisa nanjak soalnya tinggi banget kan?





Apalagi sampai Semeru (walau cuma ke Ranupani atau Ranuregulonya aja hahahha, ga sampe Ranukumbolo) yang arah Lumajang kalau ga Probolinggo. Wong ke Bromo aja ga bisa. Apalagi ke Semeru huhuhu. Meski tadinya aku pengen banget tapi sayangnya harus skip. Dari situ diputuskanlah bahwa kami harus ke Batu dan Pujon aja biar bisa pake kendaraan sendiri. 

Singkat kata, sehabis sarapan nasi pecel di Hj. Boeyatin, kami berangkat ke arah Tol Malang sekitar pukul 09.00 WIB. Udara masih bersih. Terasa adem banget. Apalagi semalam juga ujan jadi pepohonan nampak berembun dan jalan raya juga masih nampak basah, beberapa ada yang masih tergenang air. Alhamdulilah jalanan mulus sih, ga ada kemacetan yang berarti bahkan kami becandaan aja sepanjang perjalanan.  Nyetel lagu dangdut kesukaan kami, lagunya Alm Yus Yunus dan Lilin Herlina, atau Cak Brodin dan Lilin Herlina....  duet lagu dangdut romantis kita, hehehe...







Ga terasa 2 jam perjalanan Surabaya-Malang hampir penghabisan. Apalagi begitu di hadapan kami udah menjulang tinggi gunung yang gedeeeee banget meski puncaknya ketutupan kabut, rasanya badan langsung pengen bangun dan lebih menatap ke arah jendela. Kutebak itu mungkin Gunung Semeru. Subhanalloh indahnya. Terus ada lagi gunung yang lebih kecil lagi dari yang barusan tapi pas didekati ya gede juga. Gunungnya menjulang tinggi. Gagah seperti menyapa kami selamat datang. Aduh deg deg ser rasa hatiku kalau tamasya ke arah-arah pegunungan. Rasa hati antusias yang ga bisa digambarkan dengan kata-kata. Karena dari situlah aku bisa mengagumi ciptaan Yang Kuasa. MasyaAlloh...

Nah, ga lama kemudian, masuklah kami ke Kota Malangnya. Eh, Malang ternyata padat merayap ya. Ga selancar kota-kota lain yang dah kami singgahi sebelumnya. Apa karena mau masuk tahun baru? Jadi rame. Ga tau kalau kesehariannya kayak gimana. Tapi yang jelas hari itu Malang jadi ndut-ndutan jalannya. Banyak lampu merah dan kendaraan sliwar-sliwer kurang tertata wkwkkw. Tamas aja ampe minta dipijitin terus lehernya ama Mbul biar ga pegel, kesempatan biar bisa diemek-emek terus ama Mbul, hahhahha. Dia bilang selalu kangen belaian tangan seorang Beby Mbul Nita yang demplon dan manis iniw....ealah Mbul dirayu hahaha... Yup karena Mbul emang tukang pijit kesayangan semuanya (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯


































Oiya, tadinya kan kami mau ke Es Talun Malang tuh. Tapi Tamas udah keburu bablas aja gara-gara ga tau ada lahan parkirnya. Kirain ga ada. Taunya ada. Jadinya balik lagi. Tapi pas nyampe lokasi ternyata tutup. Orangnya lagi ngehadirin acara hajatan. Jadi langsunglah kami 'gas' menuju ke Kota Batu. Kami pengen ngadem di sana. Soalnya Malangnya ternyata masih panas. Takkirain Malang udah adem. Ternyata nda, hahahah..

Nah, pas udah nyampe area Batu juga ternyata masih padat merayap walau udah lebih lancar daripada saat lepas tol itu. Kami sempet mandeg dulu ke minimarket karena aku mau numpang pipis dan beli minuman dingin juga cemilan roti. Sementara Tamas nunggu di kendaraan, persiapan cari penginapan yang ada air panasnya. Soalnya kan dingin ya, jadi dia saklek nyari yang ada air panasnya. Nah, ternyata Tamas pesennya di area Pujon sana, yang mana lokasinya lebih menanjak lagi. Bahkan udah keluar dari Kota Batu wkwkwkkw. Yawes lah, Mbul mah manut aja. Soalnya barusan Mbul diledek mau diinepkan di penginapan yang permalemnya cuma Rp 50 rebuw....wkwkwkwk. Rasa kos-kosan dunk....#cubidddd. Beliau mang orangnya suka ngledekin Mbul, huft. Tapi itu tadi becanda doang kok. Kami dapatnya yang Rp 370 ribu ga pake AC, sebab Pujon kan udah dingin ya. Jadi ga perlu AC juga ga pa pa. Ndilalah kamarnya itu gede. Mana viewnya cakep lagi. Yang penting ntar bisa buat rebahan biar ga pegel-pegel juga karena kelamaan di Malang. Pengennya cepet mandi air anget biar seger dan wangi. Abis itu ngaso sambil menikmati pemandangan di sekitar penginapan yang rupanya viewnya itu pegunungan. Ntar deh aku review terpisah bagian penginapannya. 













































































Dapat Penginapan di Pujon

Jadi, abis dari minimarket, kami lanjutkan perjalanan lewat Alun-Alun Batu. Di situ aku ditanya mau mandeg buat foto ga, "Siapa tau Dedek mau bikin post semua Alun-Alun yang dilewati selama liburan hahahha." Tamas mah ngledek mulu....pengennya dia itu aku fotoin semua alun-alun kota yang kami singgahi. Lha ntar judulnya cuma alun-alun tok dunk. Mbul kan pengen nulis yang lain hihihi.... Mbul pengen nulis kulinerannya. Meskipun badan segini-gini aja (demplon maksudnya) tapi Mbul emang suka nulis kulineran. Yawdah...akhirnya kami bablas lagi nyampe tanjakan demi tanjakan yang pinggirnya itu jurang dengan rumpun bambu, sementara sisi satunya hutan lebat. Wow...mantab amat tracknya. Beberapa kali kami juga sempet melewati kedai sate kelinci dan juga makanan khas pegunungan lainnya. Ada warmindo, jagung bakar, bakwan malang, pentol, juga oleh-oleh khas kayak apel dan buah-buahan lainnya. Pengen foto-foto juga ntar. "Syarate Dedek tuku apel raketang sekilo lho ya." he em he em...Mbul pun okay-okay aja.

Tapi itu ntar deng. Pas arah-arah Pujon. Karena seperti yang aku bilang tadi, penginapannya ada di area Pujon, wkwkwkkw. Itu kalau bablas terus bisa nyampe Mojokerto tuh hahahha. Tapi ga kok. Kami cuma stay di Pujonnya aja dimana dapatnya tuh Grand Pujon View buat nginap semalam. Tau ga sih, hotelnya itu gedeeeee banget, tapi sepi.. Bener-bener sepi apalagi kami nyampe sana juga sore. Tapi alhamdulilah jejernya ada juga, rombongan keluarga yang jumlah anggotanya lebih banyak dari kami. Bahkan ada pula rombongan Mas-Mas dan pasangan sepuh Eyang Kakung dan Eyang Putri. Ya, alhamdulilah deh sebab emang sepi banget kan itu kalau nginap sendirian, yang ada aku malah ga bisa bobok ntar wkwkwk. Belakangnya pas itu hutan. Depan view gunung. Asli deh...sunyi...sepi...senyap. Tapi tenaaaaaang banget. Kayaknya cocok buat yang suka ketenangan. 









































Nah, pas turun-turunin segala macam barang yang kami bawa ke kamar, sementara Tamas ngecekin air panas di shower kamar mandinya, aku kan lewat lorong yang menuju kamarnya tuh. Tiba-tiba, aku liatlah kucing jantan abu-abu rada kayak persia apa anggora gitu, liwat terus ngeong-ngeong. Pipinya tembem. Kepalanya bulet. Eh, dia nglendot di betisku minta dielus dan dikasih makan. Lucu deh. Aku kasih makan apa ya? Kayaknya musti cari makan di luar deh biar ntar si Mpuss ini bisa takkasih makan. Mungkin hayam goreng aja kali ya. 

Habis itu kan aku naik ke atas. Perut dah pada ngelih tuh. Maklum tadi mau ke Es Talun ga jadi. Padahal itu es lumayan legend kalau kata orang Malang. Sayang tempatnya lagi tutup. Akhirnya kami memutuskan buat cari makan aja di luar karena di hotelnya ga sediakan makan. Walau hujan tiba-tiba turun dengan disertai dengan angin kencang, tapi mau ga mau kami musti beli makan dulu biar ga keburu malam. Bergegaslah kami ke arah turunan siapa tau nemu makanan yang bisa buat ganjel perut. Ga nyari di Kota Batu karena ada kabut. Namanya udah sore, hujan pula, jadi kabut turun tipis-tipis bikin pandangan mata jadi susah ngeliat jalanan di depannya. Tapi kami sempet bingung mau makan dimana. Kebanyakan emang di area Batu. Kalau di Pujon jarang hahahha. Atau kalaupun ada pasti Tamasku yang picky eater tapi selalu sayang padaku ini selalu pengen cari yang menunya itu 'mbejaji' atau pantes dimakan hahahah. Bukan sekedar menu yang ala-ala. Dan ga mau ketemu kedai yang banyak lalatnya. Jadi haripun akhirnya berjalan semakin sore aja, sampe akhirnya kami memutuskan untuk balik arah karena makin ke depan makin ga ada tempat makan. Sempet mau maem di warung rawon dan pecel yang kedainya itu klasik banget (secara suamiku paling demen maem di warung yang biasa dikunjungi Bapak-Bapak Sepuh atau Mbah Kakung-Mbah Kakung gitu modelannya yang mencirikan warung makan itu legend hahaha), tapi ternyata warungnya tutup. Mau di bebek dan ayam penyet depannya pas, Tamas ngode ke aku jangan. "Mending ke Ayam Tulang Lunak yang ga jauh dari hotel aja Dek, kayaknya di situ lebih mendingan." Okay deh kami balik lagi....








Apel Sini Rasanya Hacem Manis dan Segar....

Nah, tapi sebelum nyampe ke Ayam Tulang Lunaknya, kami mampir dulu ke sentra oleh-oleh sekalian atret untuk puter balik. Ya, beli apel sekilo dulu buat cemilan di jalan kan seger ya. Sembari itu pula liat buah-buahan lainnya yang ga kalah mengkilap dan besar-besar. Ada alpukat mentega, alpukat aligator, ubi ungu, ubi manis, stroberi, jeruk, labu, sayur-mayur, dan aneka kerupuk dan juga keripik yang jadi oleh-oleh khasnya. Ada pula stand tanaman hias dan kembangan yang cantik-cantik juga. Ada kembang mawar, kembang krisan, kembang bakung, kembang anggrek, hidrangea dan lain sebagainya yang ga kutahu satu persatu apa namanya.

Lumayan beli apel sekilo cuma Rp 20 ribu. Kalau di deket rumah pasti ga dapet tuh. Kami beli yang warnanya ada semu-semu merahnya. Pas digigit rasanya hacem-hacem seger. Ada manisnya juga sih tapi hacemnya lebih terasa. Enak ini...serasa ngunyah jambu. Apel yang agak semu merah ini daging buahnya rada kembut-kembut atau empuk. Kalau yang ijo tok kan renyah dan keras. Nah yang ini empuk tapi nikmat wkwkkw.










Maem di Ayam Tulang Lunak Pujon

Ga lama kemudian kami jalan lagi karena udah diputuskan mau makan di Ayam Tulang Lunak ga jauh dari hotel. Pas nyampe sana udah lumayan reda ujannya. Tinggal gerimis aja. Ya udah masuklah kami biar bisa segera pesen makanan. Pilihnya yang area menghadap kebun apel dan jeruknya. Sebab di bawahnya itu kan ada view kebun apel dan juga jeruk. Yang udah siap panen itu jeruk. Sedangkan yang apel masih pada pentil-pentil. Beberapa bahkan baru muncul kembang.

Oiya, di Ayam Tulang Lunak ini, pesanan kami berupa bebek goreng kremes, kulit ayam krispi, ayam krispi, ayam goreng, terung penyet, tempe dan tahu. Untuk sambalnya terdiri dari sambal tomat, sambal bawang, dan sambal cabe ijo. Sedangkan lalapannya sendiri terdiri dari timun, kubis dan kemangi. Biasa kalau lagi maem gini saling ndulang para toddler dulu hihihi. Jadi Tamas ndulang Kakak A dan Mbul ndulang Mas Montogh. Baru abis itu kami berdua bisa maem sendiri. Kalau ga biasanya sih Mbul ndulang Kakak A dan Mas Montogh sekaligus makanya Mbul maemnya tuh selalu paling keri hahahah...Tapi rasa lauk di Ayam Tulang Lunak ini enak kok. Aku suka banget ama bebeknya. Dada montoknya besar. Digoreng basah dan kulitnya mlenuk-mlenuk. Gurih banget. Dicocol pake sambel dan dimaem bareng lalapan kerasa mantab...






























Tapi, beneran kelar maem sesuai kapasitas lambung kami, akhirnya ada beberapa macam lauk yang musti dibungkus. Kami ga sanggup menghabiskannya karena perut udah fulltank. Yaudah jalan praktisnya adalah minta dibungkus aja biar kalau tiba-tiba malam pengen makan lagi udah ada lauknya hahahha. Sambel dan lalapnya juga masih sih meski lalapnya tinggal tersisa kemangi. Sebenernya kami juga masih ada stok pop mie dan mie sedaap beli di minimarket tadi. Ya maklum, namanya hotel jauh dari mana-mana, jadi paling ga stok makanan kudu banyak hihihi.

Mandi Airnya Anyes Banget, Sabunnya Wangi...

Habis ngisi perut di Ayam Tulang Lunak, kami pun memutuskan pamit karena mau balik ke hotel. Hujan tinggal gerimisnya aja tapi kabut masih terasa. Malah makin tebel dari sebelumnya. Bahkan gunung di depan-depan hotel jadi ga kelihatan. Dari situ langsung aja kami menuju ke kamar buat istirahat. Mandi air anget karena showernya stabil jadi enak banget kena badan. Badan tuh kalau kena air anget dari lubang shower berasa kayak lagi dipijitin. Apalagi kalau mancurnya kenceng hahahha. Rasanya relax. Tapi ada kejadian lutju sih pas aku mandi ini. Jadi kan tadinya aku ga tau muter keran air panasnya. Nah, aku pertamanya mandi dengan air biasa yang ternyata pas dirasakan itu hademmmmm bener. Anyes kayak air yang ada dalam lemari es. Serius seanyes itu sampe aku menggigil tapi kalau ga mandi aku merasa lengket-lengket. Jadi biar anyes yang penting mandi. Eh, pas ceritanya dah rampungan dan baru handukan, Pak Su bilang gimana air angetnya, enak tow? Lha Mbul mandinya pake air anyes yang airnya seanyes es. Ga bisa itu kerannya jadi air anget bahkan panas. 

"Eh lha dasar Dedek wes kepyur, carane diputer ngene iki loh Sayang, tuh airnya jadi anget atau kalau mau lebih hot lagi dipolke gitu, wkwkwk." 
"Eh masa gitu? 
"Yoiyo lah Mbul....Sanaah pakpung lagie....." 

Owalaaaaaaaa....hasyem tenan. Yawda akhirnya mandinya Mbul baleni lagi deh ah, huft. 

"Dasar Mbul ae sing bocah katrok wkwkkwkw."
Ow tida bisyaaaa....hahahhaha...

Oiya, satu lagi yang aku suka saat mandi di hotel ini. Tak lain dan tak bukan adalah sabun mandinya tumbenan wangi banget. Umumnya kan kalau sabun hotel ga gitu wangi. Nah ini tuh wangiiii banget. Wanginya enak. Antara wangi apel apa wangi bunga... jadi berasa abis mandi tuh seger banget. Harum ampe betah cium-cium lengan sendiri hahahha...













Waktu terus berjalan, akhirnya malam pun tibalah, ga ada acara kemana-mana. Cuma rebahan aja di kasur dan menikmati suasana yang dingin. Padahal ga ada AC loh. Jendela kaca balkon kalau dibuka langsung menghadap ke lapangan rumput hijau dan di kejauhan tampak Gunung Arjuno. Angin langsung berhembus. Hmmm....syahdu juga ya. Sayangnya channel hanya bisa memutar 1 saluran tok. Isinya lagu-lagu Batak yang bikin pengen goyang hahhaha. Tapi akhirnya aku bobok tuh jam 20.00 WIB soalnya badan lelah banget. Makanya abis baca doa, langsung pules ke alam ngimpi.















Keesokan paginya, semua masih pada merem. Mbul doang yang bangun kepagian hahaha. Mbul subuhan, mandi air anget, lalu seperti biasa ganti kaos selutut dan pake legging abis itu baru keliling area hotel yang luas banget. Olah raga pagi. Tapi ga jogging. Cuma jalan kaki aja beberapa kali puteran. Ya sambil menikmati suasana dan pepohonan yang masih pada berembun. Kabut juga masih menyelimuti hingga suasana jadi kerasa lebih indah aja. Aku juga sempat mengunjungi bagian kolam renang, taman area depan dan juga lobby. Tapi asli hotel ini sepi banget. Kayaknya sempat keimbas waktu covid kemarin kali ya. Makanya sepi. Padahal cantik dan punya view  bagus. Tapi sejauh ini aku cukup menikmati suasana hotelnya kok.
 



























































Taman Kelinci (。・Ο‰・。)

Kelar jalan pagi aku kembali ke kamar, ternyata semua udah pada bangun. Maka ga pake lama langsung mandiin semuanya karena kami mau siap-siap check out dan menuju ke Taman Kelinci yang ga jauh dari situ tapi jalannya agak nanjak. Pokoknya sebelum Gunung Banyak yang biasa dijadikan arena olahraga paralayang. 

Ya, kira-kiranya sekitar 15 menit naik ke atas, sampailah kami ke gerbang Taman Kelinci yang pos tiketnya ditunggui seorang Bapak. Pertamanya kami masuk dulu berempat dan bayar karcisnya. Masih sepi sih. Cuma ada kami, karena pengunjung keluarga sebelumnya dah mau cabut dan naik ke atas ke bagian petik stroberi. Sementara kami mau eksplore bagian kelincinya yang ada di area bawah.





















































Suasananya nyaman banget deh. Dibuat jadi padang rumput hijau dengan rumah-rumah kelinci serta arena bermainnya yang berupa lorong-lorong. Pokoknya dibuat senyaman mungkin biar kelincinya pada betah, gemuk-gemuk, lucu dan menggemaskan. Tapi satu, ada yang kurang. Sepertinya belum ada pakan kelincinya. Dari situ Tamas kemudian mendawuhi diriku supaya ke depan lagi buat beli wortel. 

"Dek, tumbaske wortel buat pakan kelincinya." "Dimana?"
"Tempat Bapak penjaga loket...."

Okaylah Mbul pun ke depan lagi dan menghampiri loket yang ditunggui si Bapak tadi. Beliau dengan ramah mempersilahkanku untuk beli wortel yang tinggal 2 cup dan langsung aja kubeli semuanya untuk pakan kelinci. 

"Berapa semuanya Pak?" 
"Cuma sepuluh yuta saja Dek..." ujar Bapak tersebut santai.
Haaa...Mbul pun loading.
"Becanda..Rp 10 ribu saja kok Dek...." Bapak tersebut lantas ngguyu cengengesan berhasil ngeprank Beby Mbul Nita. Ow hampir aja Mbul percaya harganya  segitu hahahha...

"Ini Pak, matur nuwun nggeh..." 
"Sama-Sama....monggo Dek...Selamat menikmati Wisata Taman Kelinci."

Habis itu Mbul keluarkanlah selembar uang warna agak keunguan baru dan menyerahkannya pada si Bapak dan  kembali ke atas menyusul Tamas, Kakak A dan Mas Montogh yang dah konsen ngelus-elus kelincinya. "Horeeee...kelincinya jadi makan." Kelincinya pun langsung berebut wortel dengan riangnya. 















































Kelinci-kelinci di sini terdiri dari berbagai macam varietas. Ada yang biasa, ada pula yang anggora. Kalau yang anggora itu yang bulunya lebat. Diwut-diwut. Kalau yang biasa polosan putih aja, matanya merah. Lucu sih. Soalnya gemuk-gemuk. Eh tapi selain yang putih ada juga yang abu-abu putih, cokelat, dan kombinasi. Kuping panjang, imut-imut menggemaskan hahhahah... Seekor kelinci yang berwarna putih tampak sedang birahii tinggi jadi gelisah aja bawaannya...Makanya dia enggan makan..

Di atas itu ada taman juga lho. Modelnya kayak pondoknya Snow White sebelum area petik stroberi. Tapi sayang stroberinya masih pada pentil-pentil jadi belum siap dipetik. Nanti deh, stroberinya beli aja kalau pas dolan Tawangmangu hehehhe... Di sini paling menikmati suasana aja karena kalau dari atas ngliat ke bawah itu menghampar pemandangan bagus. Ada kebun sayuran mirip warga dengan tanaman kubis, bawang, sawi, wortel dan lainnya. Cantik deh...

Maem Siang di Warung Wareg

Sekitar abis dzuhur akhirnya kami turun ke arah Kota Batu karena mau makan siang dulu. Tadi pagi sarapannya pake pop mie dan mie sedaap, jadi siang udah ngelih lagi. Maemnya ke mana? Ngrandom aja mampir ke Warung Wareg, karena sepanjang jalan ada yang belum move on masih pengen bermain dengan kelinci....owalah cup cup cup. Maem dulu yuk biar anteng. 

Di sini ternyata lumayan rame ya. Makanya ada beberapa yang waiting list. Untung kami dah dapat saung buat lesehan jadi ga perlu nunggu lagi. Kami pesen urap-urap, tempe goreng, udang bakar manis, dan bakmie goreng spesial. Mimiknya es teh manis, air mineral dan es beras kencur. Es beras kencurnya ternyata jumbo banget, ga abis aku, jadi paroan hehehheh...




























Tapi menu di sini lumayan sih, paling enak tuh urap-urapnya yang pake selada sama udang bakar manisnya yang dagingnya lembut dan menul-menul sementara kulit luarnya manis berkaramel.

















Petik Apel dari Pohonnya di Kaki Gunung Arjuno

Sehabis maem siang, ternyata ada yang masih kelingan ama kelinci. Hahahhaha....ya udah buat mengecup-ecup yang belum move on dari kelinci-kelinci berbulu diwut-diwut yang lucu dan menggemaskan, Mbul alihkan ke agenda wisata Petik Apel Kebun 8. Alhamdulilah pada mau. Horeeee...kita mau liat pohon apel, meskipun bukan apel abang tapi apel ijo yang semi abang dikit wkwkkw. 

Perjalanan agak menanjak kembali dan mendekati pegunungan yang demikian gagahnya. Gunung Arjuno. Jadi ingat lagu lagu Dewa.. Arjuna...Hahahhahah. Wahai Dek Nita...cintailah aku heheheh...canda. Yuk ah, langsung aja kami jelajahi jalanan yang makin berkelok-kelok dan sisi pinggirnya pegunungan...Begitu nyampe area parkirnya rada susah juga tapi alhamdulilah bisa setelah diarahkan Mas-Mas penjaganya. Nah, habis bayar tiket, kami dikasih tas untuk tempat apelnya. Kami juga diarahkan kalau yang udah mateng dan gede tuh setelah bendera. Kalau yang awal-awal masuk kebun masih pada pentil. Sedang yang samping loket baru muncul kembang.




























































Dengan riang gembira kamipun segera masuk ke dalam kebun yang pohonnya biarpun tidak begitu tinggi tapi lebat dan rapat. Wah ada semacam terowongan sempit di sela-selanya. Dan jalanan agak naik-naik. Kabut turun tipis-tipis menghalangi pandangan mata. Tapi, setelah ngaso beberapa kali dan mencapai tiang bendera, kami pun sampai juga di area yang apelnya gede-gede dan udah rada merah. Asyik!!! Kakak A seneng banget, begitu pula Mas Montogh. Tamas milih duduk-duduk di bawah rerimbunan pohon apel sama Mas Montogh dan bilang sama Mbul andai bawa tiker pastinya ga lama kemudian langsung bubuk heheheh. Mbul langsung gandeng Kakak A dan ajak petik apel yang udah merah-merah. Ada yang di pucuk, ada pula yang di tangkai bawah. Ga jarang ada yang begitu dipetik, langsung kumaem di tempat. Segar dan renyah rasanya karena langsung dipetik dari pohon. Meski ada hacem-hacemnya. Tapi serius seger banget. Suasana adem di sekeliling membuat kami happy. 

Ga terasa biarpun gerimis tiba-tiba turun, kami masih diam sejenak ngiyub di bawah pohon-pohon apel ini hahhahaha. Baru setelah agak menderas, kami berjalan ke luar kebun setelah sebelumnya menimbang apel yang dipetik dan membayarnya. Kami dapat 2,5 kg dan membayar Rp 45 ribu. Apel segar dengan rasa asem manis. Memang khasnya apel yang jenis ini. Kalau yang ijo tok baru manis legit. 









Ah, senangnya melihat pohon-pohon apel ini. Begitu tumbuh subur dan mendamaikan. Yang baru muncul kembang, kembangannya itu warna pink cantik. Sampai ketemu lagi di lain waktu ya pohon-pohon apel karena Mbul mau beranjak ke Surabaya lagi lanjut Madiun dan Magetan....Kemanakah itu? Tungguin aja postinganku selanjutnya ya...Dadaaah...





18 komentar:

  1. Menyenangkan sekali ya jalan-jalan ke daerah yang dingin dan adem. Saya baru sekali singgah di Malang dan Batu pas acara gathering kantor, itu pun destinasi utamanya Jatim Park, yang kebun binatangnya lengkap banget. Tapi sebelum ke Jatim Park, saya juga ada acara petik apel. Cuman waktu itu sayang banget karena apel yang bagusnya udah dipanen. Alhasil adanya sisa-sisa aja. Huft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Din...udaranya sejuk karena pegunungan...apalagi pas lihat Gunung Arjuno serasa ngeliat kebesaran Sang Pencipta...belum Semeru ya...sebenernya penasaran banget ama Semeru, Bromo juga 😊

      Jatim Park kemarin liwat depannya doang ga mampir..Aku suka banget apel di sini...asem manis seger....Apelnya takcemilin di jalan...hahhahah...tapi kebiasaanku emang dari dulu suka nyemilin apel sebelum tidur sih

      Hapus
  2. Seneng lihat terwelu-terwelunya pada sehat, terawat dan bersih...terwelunya adorable, maem dengan riang pas dikasih wortel...Pemandangannya juga indah menyejukkan mata, apelnya seger banget..paling suka lihat foto buah-buahannya...cantik
    ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget (´・ο½ͺ・`)

      (* ̄(エ) ̄*)(^・Ο‰・^❁)

      terwelunya ada berbagai varietas, ada terwelu anggora, ada pula yang putih polos......tapi putih polos chubby ini yang paling lucu menurutku...dia waktu itu lagi ga mau makan...🀭🀫

      Hapus
  3. dulu waktu gw smp juga pernah mbak mau liburan sekolah ke gunung bromo, tapi gajadi karna waktu itu keadaan gunung bromo yang ga memungkinkan buat di kunjungi 😭, akhirnya kepala kelas memutuskan buat liburan sekolah ke jogja 😁

    kita malang sejuk ya mbak ?, di kelilingi banyak gunung buasanya udaranya sehuk dan dingin, itu suasana favoritku banget sih, tapi sayang belom pernah ke malang 😭.. btw gimana rasanya mbak memetik buah apel langsung dari pohonya, feelnya pasti beda 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya ke Jogja yang lumayan dekat dengan tempatmu ya Nif? Kalau ke Jogja itu aku dulu darmawisata pas SD. Ke Bonbin Gembira Loka, Monumen Jogja Kembali di Kaliurang ama pulangnya mampir ke Magelang Borobudur... Kalau SMP ke Keraton Jogja, Tawangmangu...kalau SMA ke Bali

      Malang panas Khanif, yang sejuk itu Batu dan Pujon πŸ˜‚
      Rasanya antusias banget petik apel daro pohonnya...Baru sekali itu aku lihat pohon apel dan happyyyy banget...di sana pohon apel bisa tumbuh subur meski bukan apel merah kayak yang di negara-negara subtropis...tapi apel sini rasanya segeeer banget menurutku, terus selain wisata petik apel ada juga wisata petik jeruk dan stroberi juga loh πŸŽπŸŠπŸ“

      Hapus
  4. Great vacation good photos and food looks good

    BalasHapus
  5. Aktivitas saya di Kota Batu - petik apel, mkn siang di waroeng bambo lesehan & visit to Muzium Angkut & Pasar Apung...saya suka Kota Batu, cantik, byk bunga...apelnya manis..enakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mbul belum mampir ke Musium Angkut Kak, Mbul tadinya pengen ke Bromo atau Semeru tapi ga jadi...jadinya petik apel 🍎🍏ternyata seru juga....meski gerimis eh kami sempet ngiyup di bawah pepohonan apel...tapi abis itu langsung balik ke Kota Batu soalnya kabut udah turun tilis-tipis, angin kenceng ...🌧🌬

      (´・ο½ͺ・`)ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  6. ...we live in apple county, there are hundreds of apple farms in this area. Yum!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang berada di hamparan pohon apel kami Tom, karena bisa lihat langsung apel yang ranum dari tangkai pohonnya. Rasanya yang hijau smu merah segar manis asem dikit. Enak penuh vitamin 😊

      Hapus
  7. Wah... Mbul bercuti di tanah tinggi pula ya. Seronoknya, menikmati udara dingin. Di taman kelinci itu, lebih kurang macam rumah Hobbit ya. Cantik pemandangan di tempat penginapan Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em Kak Nur, liburan yang berangkatnya santai banget ga ada rencana sebelumnya tapi malah sangat berkesan makanya Mbul pengen tulis kenangannya disini biar bisa kubaca-baca lagi nanti suatu hari nanti

      (^・Ο‰・^❁)(´✪Ο‰✪`)♡

      Iya Kak taman kelinci bagian atasnya dibuat seperti area rumah Hobbit kayak yang ada di dalam film kegemaranku The Lord of the Ring hihihi..Tapi ada juga bagian taman yang ada Snow White, Mbul jadi berasa jadi Snow White geggegek...Tempat penginapannya cantik sekali kak viewnya...malam dingin banget dan pas pagi itu indah banget...liat kabut, embun πŸŒ§πŸŒ¬πŸ’§πŸŒΊπŸƒπŸž dan pemandangan Gunung Arjuno yang tinggi gagah menjulang...masyaAlloh Tabaroqalloh

      (^・Ο‰・^❁)

      Hapus
  8. Cantiknya pemandangan di sana!
    Kaya dengan buah-buahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah iya Uncle, pemandangannya menyejukkan mata dan mendamaikan hati...

      Mbul bisa rasakan Apel lokal dari negeri sendiri, rasanya manis asem seger pokoknya enak banget 🍏🍎

      Hapus
  9. Bagi donk Mbul apelnya, meong, ama kelincinya. Ama popmienya jg deh... πŸ˜…πŸ˜…
    Tempatnya asik bgt ya bikin mata jd adem liat2 yg warna ijo.
    Apalgi abis capek nih jempol ngeroll
    postingan Mbul yg puaaaanjaaaaaaaaaaaaaaannnggg banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas Wawan singgah ke Kebun 8 wisata petik apel juga, nanti bisa petik apel sepuasnya dan maem di tempat 🍏🍎🌿🌳

      iya mas, adem karena berada di dekat pegunungan Arjuno dan Anjasmoro...kabut turun tipis tipis padahal kami ke sana siang hari serasa pagi jam 6 hahhahah...dan pas mau selese ndilalah gerimis turun rintik rintik 🌧☔🌫

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)