Minggu, 05 Mei 2024

Mbul & Menari ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Selain seni menggambar, Mbul juga senang dengan seni tari. Mbul udah menggeluti seni tari sejak bangku sekolah dasar berlanjut SMP hingga SMA. Saat sekolah dasar, Mbul sebenernya hanya iseng aja ikut kegiatan menari di Kawedanan. Jadwalnya setiap Hari Sabtu tapi bukan di SD tempat Mbul sekolah. Melainkan di SD yang terbilangnya cukup favorit di kecamatan. SD, dimana siswa-siswanya cukup populer, sehingga Mbul awalnya cukup takut ketika harus berbaur dengan mereka. Mbul takut dikucilkan atau dirundung, huhu. Mbul kecil dulu emang sekucur itu. Karena kebanyakan yang ikut di situ berasal dari SD tersebut. Meski ada pula yang dari SD lain di seluruh penjuru kecamatan, dari yang dekat sampai yang jauh. 





Mbul ingat banget, berangkat ke tempat latihan tuh siang sekitar jam 13.00 WIB, dari rumah udah pake legging seatas lutut dan juga kaos lengan pendek. Sangunya mimik putih dalam botol dan juga duit buat jajan. Tak lupa sampur. Tapi sampurnya dimasukkan dulu ke dalam tas. Nanti dikeluarkan lagi pas udah nyampe lokasi. Sampur yang dipakai adalah sampur yang lemes bahannya mirip daster. Bukan sampur yang ada manik-manik di bagian ujungnya hehehe...Lalu kenapa pakenya legging, karena untuk mempermudah gerakan tarian. Kalau misal ga ada legging bisa pula pake celana selutut yang biasa dipakai buat olah raga. Nanti kalau dah bener-bener mendekati hapal baru disuruh bawa peralatan lainnya misalkan jarit/jarik, kendit, atau kalau jenis tariannya mengharuskan bawa sesuatu ya bawa. Misal kalau untuk Tari Bondan, kita disuruh bawa kendi, boneka, dan juga payung. 

Kembali ke cerita saat Mbul pergi ke tempat nari yang kala itu letaknya di Kawedanan. Posisinya ada di belakang SD yang kubilang favorit tadi tapi di ruangan khusus untuk latihan menari. 




 

Oiya, Mbul jadi ingat bahwa di SD tersebut terdapat satu pohon sawo ijo yang besar banget yang sering kusangka sebagai apel ijo atau apel malang atau apel manalagi. Mbul suka berandai-andai, andaikata ada 1 aja buah yang jatuh, maka Mbul penasaran banget pengen belah isi dalemnya. Apakah kayak apel atau bukan. Soalnya kata temanku, itu sawo apel atau sawo ijo yang pastinya bukanlah apel. Tapi kok tampilannya mirip apel banget. Kan jadi penasaran ama daging buahnya. Apakah serenyah apel atau sekenyut-kenyut sawo hihi. Nah, kalau pas berbuah lebat, maka Mbul suka melipir ke arah sana kala jam istirahat tiba. Mbul akan jalan ke lorongnya dimana ujungnya berupa pohon sawo ijonya itu tadi. Mbul tuh pengen liat apa ada sawo yang berjatuhan apa nda hihi. Sebab emang buahnya lebat banget. Sebenarnya ada genter sih atau galah buat menjoloknya, tapi karena tinggi jadi Mbul nda tekan, sebab waktu SD kan Mbul belum setinggi semampai sekarang gegeggek #canda. 

Kalau ga ada sawo yang jatuh, maka Mbul akan jalan lagi ke depan buat nyebrang ke arah lapangan lanjut beli es buah atau galunggung pedes yang bunyinya klethuk-klethuk ketika dikunyah. Memang di seberang lapangan itu ada warung jajanan SD, yang dekat dengan tempat dimana Mbul biasa mengaji tiap Senin sampai Jumatnya. Nah, karena Sabtu libur, maka Sabtu kugunakan untuk latihan menari. 












Balik ke cerita nari lagi. Saat itu Gurunya ada 3 orang, Pak Guru 1, Pak Guru 2, dan Pak Guru 3. Yang udah pro atau senior itu Pak Guru 1 dan 2, sedang yang di bawahnya ada Pak Guru 3 yang usianya jauh lebih muda ketimbang Pak Guru 1 & 2. Pak Guru 1 udah pernah nari di mantenan Tanteku sambil jadi cucuk lampahnya atau pengiring manten pas mau jalan ke arah pelaminan. Sedangkan Pak Guru 2 yang paling ramah orangnya. Nah, yang Pak Guru 3 ini paling galak (tegas) orangnya. Karena eh karena dia itu hobi banget yang namanya negur anak muridnya yang belum hapal-hapal gerakan tarian dengan kalimat..."Tekon!" Maksudnya tekon itu takon atau tanya. Jadi kalau ada anak murid yang ga mudeng-mudeng mbok yao tanya gitu.....ojo meneng ae..... hihi. Tapi nadanya rada kenceng, jadi Mbul suka ngehapalinnya sebagai 'Pak Guru 3 tekon'. Karena ya itu jargonnya yang selalu melantunkan kata tekon (tekon = takon = tanya). Tapi Mbul ga pernah dimarahin sih, cause Mbul kan cepat hapal sama gerakan tariannya. Mbul termasuk salah satu anak murid kesayangan karena cepet nangkep pas dijelasin hehehe...

Oiya, tapi yang Mbul salut dari ketiganya adalah karena biarpun materi tari yang diajarkan adalah tari jawa untuk kaum perempuan, tapi ketiga Pak Guru tersebut tariannya luwes. Termasuk ketika mengajari gerakan tangan (semisal : ngithing, ngrayung, ukel, dll), gerakan kaki, gerakan pinggang, gerakan pinggul, kepala/leher, dll. Pokoknya luwes banget. Dan anak murid yang ada bakat narinya itu bisa kelihatan dari bahasa tubuh serta jari-jarinya. Kadang jarinya itu bisa mlengkung luwes gitulah. Yang paham tarian pasti ngeh deh. Nda kaku. Nah, Mbul termasuk yang mana? Mbul termasuk yang luwes dunk wkwkwk. 

Kebetulan materi tari yang kami dapat kala itu diantaranya Tari Bondan dan Tari Gambyong. Yang belum sempat dipelajari Tari Merak dan Gambir Anom. Tapi yang selalu membuat Mbul amazing ya tari Bedhaya. 













Mbul ceritanya jadi Dewi Shinta 🤭


Mbul yang gambar ilustrasi penarinya




Pas mempraktekkan Tari Bondan, makin ke belakang, makin harus udah latihan dengan segala properti yang ada. Ada kendi, payung, dan juga boneka. Bahkan ada satu moment khusus ketika kita harus menaiki kendinya. Begitu gending jawanya disetel, dan udah menuju ke bagian tengah-tengah, maka langsung aja kendinya kita kedepanin, lanjut siap-siap musti kita naikin. Agak deg-deg-an juga pas naikinnya hihihi... Takut kitanya wawah atau dawah aliiass jatuh uhuhu. Apalagi waktu itu Mbul juga udah harus praktik pake jarik dan kendit yang diunter-unter terus ke pinggang dipenitiin sampe kenceng banget, serasa pinggang langsung singset hahhahah...Jalan jadi thimik-thimik karena ujung jarik mengecil jadi biar nda kesrimpet ya jalannya thimik-thimik. 

Biasanya, tari dipentaskan saat acara Agustusan atau memang ada lomba tari antar sekolah kecamatan sampai kabupaten. Kalau bisa tembus provinsi nanti bakal lebih keren lagi. Nah, kalau Mbul ya paling di acara Agustusan aja lebih tepatnya malam Tasyakuran sebelum 17 Agustus di kecamatan. Itu pun udah bangga banget. Didandanin model kebaya basahan, dengan gelung dan cunduk mentul juga ronce kembang, sampur dipasang di bagian pinggang yang diikat kenceng pake kendit agar jariknya ngepres body bagian bawah....hmmm berasa enjoy the moment. Walaupun nari malam-malam, tapi karena enjoy, rasanya ya asyik aja gitu. Eh, abis itu masuk angin karena kademen, hahahha... Bapak Ibu mah ngancani karena acara 17 Agustusan di Kawedanan kan emang dilakukan bada Isya ya, tapi meriah banget deh. 











Oiya ngomongin soal nari, Mbul juga jadi keingetan sedulur kami, lebih tepatnya sepupu Ibuku atau anak dari Adik Mbah Kakung  yang emang lulusan sarjana tari. Jadi tiap kali Lebaran diajak silaturahmi ke sana, Mbul jadi tahu sedikit keseharian Beliau yang ahli tari. Kadang kalau pas Mbul lagi numpang pipis di toilet kan liwat belakang tuh. Nah, Mbul bakalan ngliwatin lemari kaca yang isinya kostum dan piranti tari-tarian milik Beliau. Lengkap banget, jadi Mbul berasa amazed aja, lalu berandai-andai bisa mempelajari tarian yang kostumnya dipajang di lemari kaca itu.











Berlanjut ke SMP dan SMA, masih tetap lanjut ikut latihan nari sih. Tariannya lebih indah dan njawani sekali. Mbul bisa latihan Tari Gambyong. Bahkan kalau di SMA biasanya ada pementasan wayang orangnya juga. Kalau pas ada acara-acara tertentu ya bakal dipentaskan, semacam jadi sendratari, di samping ada tarian juga ada ceritanya. Gitu deh, sekelumit cerita Mbul dengan menari, yang bagiku terasa indah, khususnya saat aku bisa belajar nari-nari Jawa...

*ilustrasi penarinya kugambar langsung semalaman sebelum ngedraft post ini 
ฅ(^・ω・^ฅ)

~Mbul Kecil~

10 komentar:

  1. ...Mbul, I love your art. I'm not a dancer, I have two left feet!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Tom 😁
      Mbul paling senang ketika berkesempatan mempelajari tari gambyong pareanom, salah satu tarian dari Jawa Tengah yang gerakannya lemah gemulai dan cewe banget (very feminim)..., tapi paling amazed dengan tari bedhaya yang kerasanya sakral..indah tarian tradisional Indonesia

      Hapus
  2. I love your art too!
    Happy Sunday, Mbul!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kak Veronica Lee
      (*・ω・ノノ゙☆゚゚
      Selamat hari Minggu juga...

      Hapus
  3. Ternyata di tempat menari ada pohon sawo ijo ya. Kalo pohon sawo mah seingatku buahnya jarang jatuh, yang sering jatuh buah jambu atau mangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 🤣

      Aku ada banyak pengalaman lucu nih waktu masih kecil, seneng aja nulis di blog 🤭

      Hapus
  4. Aku tuh kaku nit. Jgn harap lah bisa nari luwes 🤣. Padahal adekku yg nomor 2 dulunya penari 😁😄.

    Trus tantenya Raka ada yg punya sanggar tari. Ngajarin tari2 Jawa begini. Luweees banget.iri kadang liat gerakan tubuhnya. Memang beda ya kalo penari ,.

    Apalagi kayak penari balet. Duuuh, ramping tapi kuat otot badannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba dulu emang dimasukke sanggar nari ama ibuku, jadi pas kecil sempet mempelajari beberapa jenis tari jawa 😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)