Sabtu, 13 April 2024

Lebaran di Tempat Mbul 🩷



Assalamualaikum wr wb....
Hari pertama Lebaran, Mbul nginap dulu di tempat Mbah Uti dari malam takbiran. Sore pas buka puasa terakhir, Mbul udah bantuin natain pacitan buat ditaruh di meja depan. Ada berbagai macam penganan kecil yang ditaruh dalam toples-toples berukuran besar. Ada kacang bawang, permen tape, peyek kacang, kue unthuk caceng, semprong, keripik tempe, emping mendem, seriping pisang, dan sumpia udang. Kalau yang bungkusan tuh ada momogi cokelat, jagung bakar ama buah. Terus ada top rasa tobeli (stroberi kali Mbul hihi), juga chocholatos. Yang bungkusan ini kami beli sebelum mudik. 





Sayang, yang khasnya sini malah ga bikin. Yaitu tape ketan hehehe... Kami semua lagi pada kelelahan banget bikin tape ketan, karena tinggal sisa 2 hari lagi menjelang Lebaran, maka ditakudkan tapenya egak jadi, jadi yawdah untuk tahun ini tape ketannya skip dulu huhu. Sebenernya sayang banget sih, tapi mau gimana lagi....bikin tape itu kan lumayan effort, dan juga melelahkan banget. Jadinya skip dulu. Tar deh kalau dah balik ke kota, Mbul mau bikin ndiri di rumah hihihi #rencananya sih gitu.

Sholat Ied di tempat Mbah Uti itu gasik banget. Jam 5 udah dioprak-oprak bangun suruh siap-siap. Makanya mandinya pada kedinginan hahaha...Kalau yang ga kuat bisa nggodog banyu dulu pake air anget. Ntar berangkatnya bareng-bareng pake motor ke Masjid yang dikelola oleh Pakdhe. Tapi Mbul ga ikud sih. Soalnya Mbul lagi datang bulan hahahha. Sama kayak pas awal puasa kemarin, jadi sisa haidnya itu 1 hari begitu masuk bulan puasa. 6 harinya itu sebelum puasa. Jadi yang lain pada Sholat Ied, Mbul jaga rumah, ampe kemudian semuanya pulang sekitar jam 8-an pagi, sarapan pake kupat tahu dan opor ayam. 





Jam 9-an tetangga dah pada datang ke rumah salim-salim, maaf-maafan. Abis itu Tamas ajakin Mbul muter juga biar ke tempat tetangganya bisa merata biarpun cuma bentar-bentar. Sekarang entah kenapa muternya pada cepet-cepet banget ya. Kalau waktu Mbul kecil kan agak lamaan ngobrolnya, hehe, tapi kalau sekarang salim-salim langsung pada pulang atau melanjutkan ke rumah tetangga selanjutnya sampai hampir seisi desa dimampirin. Kalau dah ketemu mayoritas tetangga atau sedulur rasanya tuh sweneng. Ya walaupun ada jedanya juga. Ga dijor terus. Dhuzur ngaso bentar, abis itu lanjut lagi sore. Tapi kalau malem free. Istirohat atau dolan kulineran. Misalnya kalau rombongannya Mbul ke tempat Pakdhe yang di pinggir kali usai Asyar. Di sana sempat agak lama soalnya dah keburu mendung dan ujan tipis-tipis, malah kami dibawain gudeg segala. Tadinya kami disuruh maem sih, tapi Mbul ga maem. Mbul emang lagi jaga pola maem huhu. Tapi abis itu pamitan dan Mbul diajakin Tamas ngemie ayam. Kalau ngemie ayam mah mauk ya Mbul....huft wkwkwk #ketjupps basah si Mbul hohoho...

Mie ayam yang kami datangi adanya di Sruwoh. Kalau tahun lalu kan Tamas ngajakin Mbul ke Bakso Sukar dan Mas Wahyoe, nah kali ini mampir ke mie ayam dan bakso kesukaan Alm Akung yaitu Mie Ayam Sruwoh. Rutenya nyebrang rel lalu masuk ke jalanan yang kanan kirinya persawahan. Jalannya mulus dan kalau siang sih indah banget. Karena full pemandangan. Tapi karena kami ke sananya malam, jadi agak petang mana lampu jalan agak jarang lagi kecuali yang ada di halamannya rumah warga desa. 

Tiba di Mie Ayam Sruwoh, kami pesan mie ayam dan juga bakso sekaligus teh anget tawar dan es teh manis. Mie ayamnya rameeee banget. Maklumlah musim Lebaran, jadi orang-orang pada jajan mie ayam atau ngebacoooow. Ya, kali karena seger dan harganya bersahabat jadi mie ayam dan bakso di musim Lebaran disukai banyak orang.






























Mie ayam Sruwoh adalah tipikal mie yang lurus dan panjang. Mie-nya agak lembut, ga sekenyal mie ayam Jabodetabek. Cuma bagi pecinta mie lurus, panjang, dan lembut sih ini oke banget. Mie disajikan panyas-panyas pake topping ayam manis dan cesin (pokcoy). Nanti sambal, saus, kecap manis serta cukanya silakan racik sendiri. Kalau Mbul sih sukanya pake kecap yang banyak juga sambel sakcrutan aja. Dikiiiiiiit aja kalau sambel mah. Soalnya kalau mie ayam, Mbul lebih suka yang manis, ga pake kuah. Kalau bakso baru sambelnya agak banyakan ga pa pa, kecap juga banyak. Biar kuahnya pekat kental gitu. Jadi seger.... Tapi pas ke Mie ayam Sruwoh ini, Mbul beli mie ayam sih. Mienya dibikinin agak lama, walau pas diantarkan ke meja berasa enak...soalnya dah ngelih banget hahhaha... Tapi beneran enak kok. Pas aja gurihnya. Terutama karena banyakan sayurnya. Usai pukpukin peyud yang dah terisi mie ayam, kamipun pulang. Ujan langsung turun dengan derasnya, tapi begitu nyampe rumah ternyata ada tamu keluarganya Om Basuki datang ampe malem.

Keesokan harinya, Lebaran kedua Mbul langsung cabcus ke rumah Bapak dan Ibu atau rumah masa kecilku. Tapi sebelumnya kami mampir beli dawet hitam dulu di Klepu sekalian ama tapenya. Ya kan tempat Mbah Uti lagi ga bikin tape, jadi beli tape di tukang dawet boleh juga nih. Kami ga mampir di Dawet Hitam yang di Deket Jembatan Mbutuh karena rame banget, jadi ngratani rejeki di dawet yang lain yang ga patio ngantri. Sebenernya kalau pas ga lebaran Mbul suka juga ndawet yang di deket Jembatan Mbutuh, tapie karena ini moment Lebaran dan antre banget, jadinya Mbul cari yang sepi aja tapi enak hehe...

















My mother drinks dawet 


My father cooks rendang with boiled eggs

















Sampai rumah Bapak Ibu tuh siang sekitar jam setengah 11... Ternyata ramai dunk. Emang lebaran kedua di tempat Mbul itu lebih rame, tetangga pada muter dari rumah ke rumah untuk maaf-maafan dan tempat Mbul juga kedatangan banyak tamu. Kalau menu makanan besarnya selain ada rendang bikinan Bapak, juga ada bakso bikin sendiri. Kuahnya maksudnya yang bikin sendiri. Kalau baksonya mah beli. Pesen dari Bapak Penyupply daging sapi deket kantornya ibu. Jadi pas mau Lebaran banyak yang pesen buat dijadikan menu utama hidangan Lebaran termasuk ibu. Baksonya itu kenyal. Kuahnya juga 'daging' banget. Kuncinya ada di penggunaan bawang merah+bawang putih goreng yang dihaluskan tambah dengan pala jadi tuh gurih kuahnya. Nah, kalau mau racik sendiri apakah mau dijadikan bakso komplet bisa, kosongan juga bisa. Kalau komplet pake bihun yang diseduh bentar ama seledri dkk. Kalau kosongan kayak kesukaannya Mbul. Jadi ga pake bihun, cuma baksonya aja plus cesin sama kuah. Ga bikin kenyang banget. Kayak seger buat sruput-sruput aja. Sayang bakso di lebaran kedua tempat Mbul ini udah nuju habis, jadi malemnya malah pada seseruan bikin mie rebus dengan telur nyempluk di dalamnya haha..




Jilbab Mbul pake Bella Square segiempat laser cut aja kayak biasanya, lagi mode lelah banget jadi pake yang simple simple aja hehe

Foto kemaren siang hari raya ketiga

































Oiya, Mbul belum cerita kue di tempat Mbul ya. Ga sebanyak lebaran pada tahun sebelumnya sih, tapi alhamdulilah ada dan enak. Tempat Mbul tuh ada kacang mede, kacang koro mix, kue kurma, nastar, sagu keju atau kue semprid, bolumprit, kacang bawang, peyek dele, emping mendem pedes manis kasih daun jeruk. Buahnya ada rambutan ama kepel yang kami beli di Pasar Purworejo. Kepel atau buah putri keraton kalau menurut wikipedia bikin kulit jadi halus/bersih/terawat dan wangi.

















Ngomongin soal lebaran di desa, sekarang kucing-kucing cemeng Bapak dah pada lutju-lutju. Bulunya makin diwut-diwut dan nggemesin. Senengnya pada berlarian dan main di kebun sayur dan buah-buahan. Juga melipir ke samping dekat anggrek dan pot-pot taneman hias. Bapaknya, si Miong Boy warna putih oren juga makin gemes aja. Lucu dia. Seneng banget makan. Kalau si Cimut ( Induk Kucing Klawu) mah bubak-bubuk aja rebahan menghangatkan badan sambil berjemur. Ya gitulah kucing-kucing di rumah, pada uwil dewe-dewe. Mentok juga ada sih. Mentog entog..tapi kali ini ga di rica-rica. Masih ada tuh lagi pada megol-megol dan angkrem di petarangan hahhaha.





Gitu deh sekelumit cerita Lebaran di tempat Mbul. Sampai jumpa lagi di ceritaku selanjutnya. See you and bye bye...














~Mbul Kecil~

8 komentar:

  1. Selamat hari raya, Mbul. Indahnya, beraya di desa, ya. Jumpa orang tua, dan saling kunjung-mengunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Hari Raya Idul Fitri juga buat Kak Nur di Negeri seberang
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Iya alhamdulilah Kak, mumpung Bapak Ibuku masih lengkap maka selalu disempatkan pulang kampung ...juga Mbah Uti, dan sederek liyane juga kak...pemandangan di desa memang indah...Mbul jadi pengen banyakin cerita tentang pedesaan dan kuliner selama perjalanan libur di desa hehehe...Seneng aja bawaannya, cuma emang di desa cuacanya sedang nyanyas banget kak atau hot jadi tiyep hari mandi mbul tuh ada berapa kali gitu saking panasnya huhuw
      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. Bella familia tienes, amiga Mbul... y esos gatos: no sé con cuál quedarme, mejor me quedo con todos... y también delicias que me abren el apetito y frutos que por aquí no hay...
    Abrazo grande!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Sahabat Carlos.. kalau tempat Mbul...kue kue lebarannya kayak gini....enak...tapi paling enak dimakan pas dah kelar Lebaran...terutama Mbul paling suka kastangel

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  3. Selamat jari raya Mbul.
    Semoga ceria selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kak Na...selamat hari raya juga buat kakak sekeluarga
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(。・ω・。)

      Hapus
  4. ...Mbul, thank you for showing what your area looks like, I enjoyed seeing the pictures. Take care and have a wonderful week.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Tom...mudah mudahan Teman Teman terhibur dengan post Mbul yang simple ini. Enjoy your day

      (´∧ω∧`*)

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)