Sabtu, 23 Januari 2016

Contoh Menu Masakanku (Di Tanggal Tua)



Assalamualaikum sobat Mbul semua, 

Ga terasa ya, tanggalan kayak lari aja. Cepet banget sampe udah mau penghabisan Januari. Rasanya baru kemaren deh rame-rame terompet tahun baru, kok ya udah tanggal tua lagi, hahahhasemb...#serem...

Sebagai mantan anak kos yang kreatif bin inovatif, tentunya ketika peran IRT melekat pada badan yang gembul ini, aku ga kaget dong kalo musti berhadapan dengan tanggal tua. Yang jelas, kita kudu pinter-pinter memanfaatkan bahan makanan yang ada untuk dijadikan menu. Yah, setidaknya yang gampang-gampang aja ya, biar gampang dipraktekin ama ibu-ibu muda yang ga pinter masak kayak sayah...hua hua hua.

Ni dia contoh hasil eksperimen menggunakan makanan yang ada di kulkas. 

Menu Hari ke-1

Telor Dadar, Pete Goreng, Sambel Tomat

Namanya juga lagi kepepet Buukkk....kalo yang ada di kulkas tinggal perintilan kayak gini sih, aku ga mau pusing-pusing orangnya. Tinggal eksekusi sekelas menu yang ada di resto sambel-sambelan #alibi...maka jadilah menu sederhana ini. 




Dadar telor versiku biasanya memanfaatkan 2 butir saja, diublek-ublek (elaaahh jelek amat yak bahasanya), terus campurin daun bawang (kalo ada). Jangan lupa tambahkan garam dan sedikit Royko sebagai penambah gurih.

Untuk sambelnyo, kebetulan Ndoro Kakung Tamas yang biasanya telaten mengeksekusi dengan porsi besar. Biasalah bahan dasarnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat yang telah digoreng. Jangan lupa, taburi garam di finishingnya. Sebagai pelengkap, pete goreng (setengah mateng) bisa jadi alternatif buat cocol-cocol cantik di atas piring, mueheheh.

Menu Hari ke-2
Sambel Jengkol Cabe Ijo Teri
Kali ini aku akan memanfaatkan saudaranya Pete, siapa lagi kalau bukan jengkol. Dengan menambahkan essense teri nasi sebagai pelengkapnya, dijamin murah meriah tapi juga menggugah selera loh gaes. 
Tahapannya gini :
Copot cangkang jengkol dengan cara direbus sampai lunak. Setelah tiris, goreng hingga matang.Goreng teri nasi sampai kecokelatan.Uleg cabe ijo yang gede-gede dengan tekstur kasar, masukkan jengkol dan teri goreng ke dalamnya dan bubuhkan sedikit garam.
Mantaaaabbbb            







Menu Hari ke-3
Telur Bulet Balado, Tempe Bacem, Cemilan Tape Goreng
Duh....kalau yang ada di kulkas tinggal telur kadang agak bikin mikir juga sih. Secara bosen lah kalu ujung-ujungnya cuma diceplok atau didadar. Sebagai variasi, aku bikin telur balado ajah. 
Telur Balado
Tinggal rebus telur ayam. Copot kulitnya.Bikin sambal balado (bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, kemiri, garam yang ditumbuk halus).Tumis bumbu balado sampai harum, masukkan santan sedikit demi sedikit. Masukkan telur.Tunggu sampai mendidih.


Tempe Bacem
Iris-iris tempe
Buat bumbu bacemnya (tumbuk ketumbar, bawang merah, bawang putih yang dicemplungkan ke didihan berisi gula merah, salam dan lengkuas). Masukkan tempe ke dalam bumbu. Setelah meresap goreng hingga kecoklatan Sebagai cemilan lainnya, mumpung masih ada tape...yaudin...tinggal goreng aja cuuuzz.



Menu Hari ke-4
Tempe Mendoan, Tumis Bayam
Tempe Mendoan (sebenernya lebih pas disebut tempe tepung biasa sih, secara agak gagal gitu bentuknya, wakakak). Iris tempe tipis-tipis (ngirit book). Uleg bawang putih dan garam, lalu dikasih air. Celup-celup tempe ke dalam bumbu hingga rata. Uleg bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam untuk campuran ke dalam tepung terigu. Tambahkan air. Masukkan tempe, Goreng hingga keemasan.
Untuk tumis bayam, sebenarnya ini masakan yang cukup dikomplen sih, mengingat ga begitu bersahabat di lidah. Ya agak mirip kangkung tapi lebih alot hahah... Tadinya Cuma eksperimen doang, tapiuntuk selanjutnya dilarang bikin lagi, huahahahha...














Menu Hari ke-5
Tahu Berontak, Sop, Mangga Harumanis
Tahu Beontak itu lebih gampangnya disebut tahu isi. Ya, walo di daerah asalku disebutnya tahu berontak, entahlah hahhaa... Cara bikinnya lumayan ruwet karena kebetulan di pasar pas lagi ga nemu tahu cokelat. Akhirnya dengan terpaksa menggunakan tahu kuning. 
Caranya :
Potong segitiga tiap tahu. Iris bagian tengahnya untuk isian Uleg bawang putih dan garam yang telah dicampurkan dengan air. Uleni tahu ke dalamnya. Isi tahu (Iris tipis wortel, tauge, kobis, tumis sebentar). Masukkan tiap tahu dengan tumisan tersebut. Lumuri dengan tepung. Goreng hingga keemasan.





Sopnya standar aja ya...semua orang dijamin udah paham hahahha...Oya, jangan lupa tambahkan buah mangga sebagai buah pencuci mulut.
Menu Hari ke-6
Nasi Goreng Terasi
Berhubung yang tersisa tinggal nasi yang udah peraaaa banget, yaudah eksekusi ae jadi nasi goreng ala-ala, hahhah...
Bumbunya gampang buuukk. Haluskan bawang merah, bawang putih, n cabe rawit...tumis hingga harum. tambahkan terasi...masak...campurkan nasi, osek-osek hingga rata.Tambahkan telor ceplok dan pete
Nyuuummm...



Menu Hari ke-7
Tumis Kacang Panjang, Bakwan 
Masakan yang paling gampang tu tumis-tumisan ya, Segalanya jadi dah, kalo uda khatam bumbu tumis yang sedep. Kan tinggal cemplung-cemplungin tu sayur hehheh...
Bakwan juga gampang sih. Asal ada tepung bumbu praktik serba guna, tambahin irisan kobis ama wortel berezzz dah...Jadi kepikiran, itu tukang gorengan ngambil untungnya gede juga ya, masa 2000 isi 3..Lah, yang dijual porsinya kucrit-kucrit..ga kayak bikinan eyke...minyaknya original, porsinya sedeng. 


Gimana, tanggal tua bukanlah persoalan gawat kan buat para ibu muda cem kita ...ya walaupun resepnya rada-rada ngawur yang penting di lidah ga ada masalah..
Kalau kalian masak apa hari ini?



103 komentar:

  1. Adu enak ..
    Belum makan dan baca post ginian .. lengkap sudah penderitaanku ..
    Yang paling enak menurutku yang menu hari pertama mba nit, sederhana gitu, n sambelnya bikin ngeces .. -___-"

    Tanggal tua aja menunya masih varian ..
    Walopun anak kost juga bervarian setiap minggunya, rasanya beda2 tapi dalam bentuk mie ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. huauahahhaha...aku sudah lulus jadi anak kos, jadi dah merdeka..

      iya yak, memang bikinan Pak Suami sambelnya endeuss betulll

      Lhaahhh berarti ganti ganti antara besok indomie soto, sate, rendang, baso, kari ayam gitu ya...pukpukk

      Hapus
  2. Ya Allah, Pete Dan jengkollllll!!!!
    Tutup idung

    BalasHapus
    Balasan
    1. nda suka kah mb??? padahal nampooll bangeuud

      Hapus
  3. itu pete sama jengkolnya bau engga?

    BalasHapus
  4. kalo aku biasnaya bikin nasi liwet pakai ikan asin jambal goreng tempe udah enak hehehe pake lalap. aku baru bisa bw nanti balik lagi ya ngerapel baca postingan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siyaaapppp mb lid...aku juga suka jambal teri n lalap

      Hapus
  5. Ya.. Ya.. Lebih mirip gitu gitu deh..

    BalasHapus
  6. Ya.. Ya.. Lebih mirip gitu gitu deh..

    BalasHapus
  7. kalau saya sambel trasi sama tempe goreng...wes deh...g ada bandingannya makanan satu ini...baik tanggal tua maupun muda...salam tempe nggoreng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang zeer, serasa makan di saung deket sawah ya

      Hapus
  8. Gokil bener menunya...ala-ala emak yang baru eksperimen masak..hihi
    tapi oke juga ya..inspiratipp.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa hu um ni mb ika, skuh masih kudu banyak berguru ni ^______^

      Hapus
  9. Hahahaha... hari ini pete besoknya jengkol... sikat kamarnya pasti rajin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti harus siap siap wpc n wipol mb ade >______<

      Hapus
  10. Hahahaha... hari ini pete besoknya jengkol... sikat kamarnya pasti rajin

    BalasHapus
  11. melihat menu-menu yang disajikan oleh Mbak Nita ini jadi teringat menu yang saya sajikan sehari-hari, menu anak kost banget, wkwkwkw :)

    btw emang bayam bisa ditumis yah Mbak?? soalnya saya baru dengar, selama ini yang saya tumis itu kangkung :D

    BalasHapus
  12. bayam tumis baru denger aku.
    ya Allah sore-sore liat kayak gini emmm nelen ludah. bagus ini bisa di contoh *bagi yang udah berumah sih khususnya hehehee..

    lengkap gini.. telur dadar nasi goreng sama mendoan masuk daftar favorit, sambalnya menggoda banget.
    tahu berontak kalo kebumen, hahaa.. ekstrim juga sbenernya nama tahu berontak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu coba coba, tp buat selanjutnya blacklist tumis bayem wakwawakk

      Hapus
  13. Aaaaaaakk.. aku jadi lapaaaarr... heeelllpp :(. Masakan rumahan memang top banget deh mak ;).

    BalasHapus
  14. Aaaaaaakk.. aku jadi lapaaaarr... heeelllpp :(. Masakan rumahan memang top banget deh mak ;).

    BalasHapus
  15. Aduh sambelnyaaaaa Makkkkk
    Benar godaan berattt

    BalasHapus
  16. Sedappppppppppppppppppppppp sambell nya....... jadi pengen buat, mbak :'v

    BalasHapus
  17. Wuah menu tanggal tua kok tetep bikin ngiler tuh masakannya.
    Jengkol itu rasanya seperti pete kah? Nggak pernah makan kalo jengkol :)

    BalasHapus
  18. Asal ada pete, semua makanan jd enak hahah...

    BalasHapus
  19. Ngga kuat bacanya sampe habis mba.. Baru telur dadar sambel tomat aja udah nangis..trus ada menu jengkolnya lagi.. Haduh... Piring.. Mana piring.. Sambil ngeces.. Laper ngebayangin..

    BalasHapus
  20. kayanya tanggal tua siap-siap tutup hidung nih mbak... hehe. pete jengkol... surga dunia, hihi...

    BalasHapus
  21. Menunya bervariasi ya, aku suka menu 1

    BalasHapus
  22. ini sih..bukan menu tanggal tua NIt. heheh menu sehari-hari kalau aku. tanggal tua itu...nasikucing 2 bungkus..gorengan 1 (goceng ajah) hahahah

    BalasHapus
  23. Iya ya Mba, rasanya hari-hari kok cepet banget berlalunya. Kayaknya baru kapan ngerayain tahun baru, eh udah mau akhir bulan Januari 2016 aja hehe.

    Menu dimana ada telur sebagai intinya itu favorit saya banget Mba, terutama telur dadar atau ceplok, plus tempe (kalo orang pada bilangnya ini menu sederhana, bagi saya itu menu luar biasa, soalnya enak :p). Jadi kalo ngga ada makanan lain di rumah dan harus makan telur, saya malah kesenengan haha *bahagia itu sederhana*

    Pete dan jengkol, dua hal yang hampir ga pernah ada dalam menu saya (maaf, ga bisa banyak comment untuk yang ini). Padahal banyak yang bilang enak, tapi saya ngga niat masukkin ke dalam menu :p
    Duh, foto-fotonya bikin ngiler, terutama foto telor dadar, tempe mendoan, tahu, nasi goreng dan mangga.

    Oke sip, habis baca ini saya akan langsung makan hehe *laper* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama dong, kami selalu stok telor ni, hahaa secara itu mskanan murah yg paling aman pas kantong kering hihiii
      Yup capcus makaaan

      Hapus
  24. mantep dah maknyus apalagi ada jengkol

    BalasHapus
  25. keren dari sekian menu, sepertinya petai jadi menu wajib ya buuu

    BalasHapus
  26. NASI GORENG TERASINYA ENAK KAYAKNYA, MBAK NIT. TEMPE BACEM SAMA TEMPE MENDOANNYA JUGAAAA. AAAAAAK.

    Eeeh maaf Mbak Nit, aku ngiler banget jadi tecapslock :(

    Ini postingannya udah kayak menu bertahan hidup selama seminggu ya, Mbak Nit. Tapi kece ah. Kalau aku masaknya cuma mie goreng, mie kuah, telor dadar, telor mata sapi, goreng tempe, gitu-gitu aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi banyak uji coba nih hahaaa
      Gitu gitu yg penting bumbunya pas juga enak cha

      Hapus
  27. plisss itu jengkolnya bawa kemari, sedap banget deh nita itu mah

    BalasHapus
  28. Petenya ga pernah ketinggalan kayanya ya hihi

    BalasHapus
  29. Wah kreatip mbak, insting ibuk-ibuk nya dapet banget, selalu kreatif biar keluarga tetep makan.

    kalo gue sih nyari calon istri yang penting bisa goreng telor dan bikin sambel, seminggu makan telur + tempe + sambel penyet gak bosen, yuk yang lagi baca komen dan berbakat bikin sambel yang enak bisa kontak gue. #NgiklaninDiriDendiri #DiBlogOrang #AjiMahOrangnyaGitu

    BalasHapus
  30. Tanggal tua oh tanggal tua...kalau aku, menu tanggal tua nggak jauh2 sama pecel. Tinggal rebus, beli sambel jadi hehe...

    BalasHapus
  31. Tanggal tua oh tanggal tua...kalau aku, menu tanggal tua nggak jauh2 sama pecel. Tinggal rebus, beli sambel jadi hehe...

    BalasHapus
  32. Iya ya mbak udah akhir bulan aja sekarang nih. Waktu sangat cepat berlalu ya.

    wah menu di akhir bulan versi mbak aja masih bervarian gitu ya. Kalau menu akhir bulan anak kosan macem saya ini terancam tidak bervarian mbak. Itu lagi itu lagi. Apalagi kalau dompetnya juga ga bervarian warnanya. Lengkap syudah nasibku hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhhh, jangan sampe terancam hihi
      Setok abon ato yang awet awet gitu

      Hapus
  33. Mentang2 musim pete ih..., trus pete bertaburan dmn2. Klo yang itu, suamiku yang hobi mbak .. Aku, ndak suka...polusi udara kamar mandi soalnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya klo kami kompak mb urusan makan, kesukaan sama jadi ga repot nyiapin lauk
      Klo soal polusi alhamdulilah saya rajin ngebersiinnya jadi wangi wangi aja tuh

      Hapus
  34. Mbak Nita emang ibu rumah tangga yang TOP ya, udah tanggal tua masih bisa masak dengan aneka sayur dan lauknya, hhmm enak semua deh :)

    Saya selalu stock telur mbak, bisa menjadi penolong kalau ngga ada lauk sama sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mb anjar, telur itu makansn paling aman buat persediaan, gampang ngolahnya hihi

      Hapus
  35. tahu berontak... hahahah, pas mau digigit berontak apa pas mau digoreng ? *dibahas*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa kayaknya pas mau digoreng deh qkwkkk

      Hapus
  36. Iya nih kayaknya baru kemarin aja tahun baru, sekarang dang tanggal tua aja. Akhir-akhir ini aku juga ngerasa kalau waktu itu berjalan lebih cepat.

    Padahal udah makan siang lho, kok aku laper lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, jangan jangan tanggalan uda mau finish...huhu

      Hapus
  37. Ya Allah, sambel jengkol cabe ijo teri, pete, tempe mendoan.
    Subhanallah. Surga banget mbaaaakk. Aaaaaa laper. Ngiler liat jengkol :'D

    Bhahaaa, iya kan mba. Perasaan kemarin masih awal bulan, sekarang udah di minggu akhir bulan Januari.
    Tanggalnya terasa cepet, dompet juga surutnya terasa cepet. Hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha, kalau kamu bisa masak apa Lan?? sekali kali posting masakanmu dunk...

      Hapus
    2. Aku raiso masak mbaa. Hahaa
      masak sayur udah hebat banget. :'D

      Hapus
    3. Nahhh gapapa masakan sayuran ajahhhh #kepo

      Hapus
  38. Favorit banget menu hari ke 4 mbaaaaa! Endesss~

    BalasHapus
  39. jengkolnya menggoda selera..
    tetap enak meski tanggal tua

    BalasHapus
  40. Ya Tuhan.... Kenapa saya harus baca ini malam-malam di tengah kelaparan melanda ini? :(

    Yang jengkol bener-bener gue gak suka, tapi kalo cabe ijonya mah mantaaapp. Ini kayak makanan yang biasa gue makan berarti ya. Dalam artian: tanggal tua ataupun muda, gue tetap makannya sama. Apalagi di kampus, seringan warteg. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok gue pengen ketawa yak hahahhah

      iya warteg itu keren ya, bisa eksis di mana mana

      Hapus
  41. nyontek ah... saya klo ada sambel, makanan sesederhana apapun rasanya jd mewah :)

    BalasHapus
  42. saya mau nginep seminggu di rmh mbak ... boleeehh?

    7 hari dimanjakan lidahnya dg menu yg pavorit ..jempoooll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii kalok pas niat masak ya niat mb , kao pas malas masak nahhhhh ituuuu diaa heehhe

      Hapus
  43. Hhahaaa okedeh emang menginspirasi deretan menunya. Cuman dirumahku pete & jengkol dilarang masuk. Terfavoritnya sambal lombok ijo teri, tanpa pete & jengkol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lombok ijo dan teri dikombinasikan jadi sesuatu ya mb lusi :)

      Hapus
  44. hari ke 3,4,6,7 biasanya dimasak mamaku juga hahaha. yang hari ke lima sepertinya boleh juga buat dicoba :) pete di goreng? baru tau hihi mama biasanya malah direbus biar ngga bau katanya. mendadak perutku keroncongan kalau liat gambar makanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pete rebus emang dedemenan emak emak ya gilang hahhahah

      Hapus
  45. Waoww seumur-umur aku belom pernah makan jengkol Mbak. Ya maklum di Jawa Timur ora umum :D

    Hahah, kalo bayam itu enaknya direbus trus dimakan bareng pecel.

    Kapan-kapan cobain pepes tahu Mbak. Bikinnya gampang, bahannya murah, dan proses masaknya lebih sehat. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya direbus n disiram sambel kacang aka pecel itu mantebbb tapi aku sukae yang manis, no pedas hehhe

      Hapus
  46. ternyata, oh, ternyata, jago masak juga ya, waduuh siip. masakannya enyak enyak begitu, bikin ngecess

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi rasanya jauh dari kelas chef mb xixixi

      Hapus
  47. Menu kesatu dan kedua kesukaan saya banget tuh mbak, apalagi jengkol gorengnya wuih mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bikinnya juga ga ni mas isrofi hehheh

      Hapus
  48. alamaaaak, tanggal tua menunya tetap bervariasi gitu yak. Hebat pisaaan iiiih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahahha...aslinya ga bervariasi kok mb ning :)

      Hapus
  49. awww.. zengkoool..

    dikira tanggal tua mau menu telor2an, ternyata tetep macem2.. kereenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. jengkol ...i love it.
      how about u ?? hehehe

      Hapus
  50. Wooooo bikin ngiler,kalo aku menu tanggal tua,seringnya nyambel lauk ikan asin mbak^^

    BalasHapus
  51. Aku suka semuanyaa kecuali jengkol, mba Nitaaaa. Hihihiiii
    Kalau pete, bolehlah :p

    BalasHapus
  52. Ngomongin soal sambel jadi sensitif nih perut..
    Kemarin seminggu makan pakai sambel terus dan sekarang diare :-(

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...