Jumat, 19 Februari 2016

Resep Cumi Goreng Tepung dan Cumi Masak Kecap


Masak cumi itu gampang *Ya Alloh, ampuni hamba karena begitu jumawa.....#eaaakkk *rapihinjilbub..uhuk salah ketik--maksudnya jilbabb..

Nah, setelah mengaduk-aduk isi pasar  tempo hari, akhirnya aku memutuskan untuk memborong cumi. Ralat 1 kilo harganya 55 ribu. Cukup murah bila dibandingkan dengan senyumanmu...membuat akuuuu....uuuuuuuuuu...lesu darah, (ngek) itu lagu Meggy Z. Oke serius ah. Jadi lebih murah dibandingkan dengan beli di Superind* atau Carrefou#...

kreasi cumiku dah menggiurkan belom?

Cumi yang dengan pasrahnya bakal kucincang-cincang ini pun segera masuk ke meja eksekusi (harusnya sih talenan). Setelah diguyur dengan air mengalir--dengan tujuan untuk memastikan segala lendirnya benar-benar hilang, akhirnya aku rendam dalam perasan jeruk nipis. Tunggu beberapa menit ya, biar ga gitu amis. Abis itu bole ditinggal nonton Tipi bentaran.

15 menit kemudian....

Ucluk-ucluk diri ini balik ke dapur dan mencoba menelaah akan dibuat apa sajian lauk bertentakel ini nantinya. Yang pasti, kudu simpel, tapi lejattt. Yaudah tercetuslah ide yang sudah jauh-jauh hari diwacanakan berupa cuma goreng tepung dipadu dengan cumi masak kecap. Gapapa ya semuanya berbahan dasar cumi, cz sekalian mau ngabisin soalnya kalo ditimbn takut jadi kurang seger (meski dah ditimbun di dalam freezer).


pakenya yang praktis aja
Resep Cumi Goreng Tepung Ala Mbul

Iris cumi menyerupai bentuk cincin
Kocok telur 
Tuangkan tepung bumbu Sajiku 
Celupkan irisan cumi ke dalam adonan telur
Setelah itu baluri dengan tepung (kering)
Masukkan ke dalam minyak panas (usahakan sampe tenggelam, supaya crispy-nya dapet)
Goreng hingga kecoklatan

kocok telor hingga rata
bikin sekranci mungkin
*e teflon gue cantikk gag?? (fokus ke sini malah)

Cumi Goreng Tepung Gustyanita Pratiyem


Resep Cumi Masak Kecap


Persiapan tempur

Iris cumi menyerupai cincin
Buang tintanya
Bikin bumbu tumisan standar (cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan gula merah yang diiris tipis)
Potek-potek pete sebagai pemanis (ciye pete bikin manis)..
Panaskan minyak untuk menumis bumbu tumisan
Setelah harum, masak cumi sampai mengembang n kenyal
taburi sedikit garam dan merica bubuk, aduk-aduk
Tambahkan kecap, masak hingga menyatu
Sajikan selagi masih panas...eaaaakkk (suara kemudian dimirip-miripin dengan ibu Sisca)
 
Tunggu mpe aernya menyusut
Cumi Masak Kecap Gustyanita Pratiyem
Ntappppp !!


Kok jadi pengen buka warung tenda eaaak kalo dah begini...Bayangin aja, seporsi cumi bisa aku patok harga Rp 25 rebu (itungannya 1 lencer cumi dipotong jadi banyak), terus cumi masak kecapnya juga Rp 25 ribu....ow ow...ow (otak bisnis langsung jalan).

Nah, adik-adik, mbak, mas, ibu-bapak sekalian yang mampir di blog ini, menurut visualisasi foto gimana masakanku ini??? Ramaikan kotak komen boleeee lohh




75 komentar:

  1. Sayurnya cumi...lauknya cumi...bisa2 mabok cumi...hahaha
    tapi keliatan kok..makin pinter masak ki mamah Mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa mblendung mb ika kebanyakan cumikkk
      Ah pengen blajar ama yg uda senior ni #kedip kedip

      Hapus
    2. awas lhooo..ntar lama2 bengkak kayak yang komen di atas itu.. huahahaha... :p

      Hapus
    3. Bukan akuh yg bilang loh...xixixiuu

      Hapus
  2. Apapun masakan yang ada pete-nya, saya suka. Yang cumi goreng sih biasa aja hehehe, maaf. Tapi cumi masak kecapnya, kayaknya enak bagendosssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi uda cocok dong kita orang buka warung tenda

      Hapus
  3. Waaahh pingiiin. Itu cumi masak kecapnya kliatan enak banget. Tapi masaknya lebih praktis cumi goreng ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang cumi kecap lebih irit minyak ^______^

      Hapus
  4. FYI dulu mba nit, sekarang aku juga lagi belajar masakkkk nih, persiapan buat jadi calon suami yang baik buat istri2 ku kelak ??
    Maafin aku yang jumawa, karena nyebut istri2 bukan istri aja, cowok kan emang jatahnya 4 istri.
    MUAHAHAHAHAHA !!

    jadi resep dari mba nit, kalo ada kesempatan pasti gua curi. Tapi jangan cumi lah lain kali, yang bahan dasarnya Tahu sama Tempe aja lah.. ikan asin juga gak papa.
    Next post ditunggu postingan resep tentang bahan dasar yang gue sebutkan tadi mba nit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh tar gebetan lu kabur klo blom blom uda wacana gitu, ni gua kasi petuah buat para jomblo yg suka ngebercandain pengen punya bini banyak. ga ada perempuan yg rela diduain palagi lebih dari itu, klo ada huft, pesti itu istri nabi lah, perempuan biasa ga ada yg bener bener iklas, kcuali lu dewa kalik ya, komen gue jd kesel gini, hahaaaa

      Klo yg bahan tempe tahu uda menstrim

      Hapus
    2. Yawloh mba nita sampe kesel :(
      Salim dulu lah kalo gitu.. *Salim*

      Hapus
    3. Haha jangan bahas gituan di blog gue, catet ya ka hahaaaa

      Hapus
  5. Enak yang bawah mbak..lebih menggoda sepertinya.. Eh, itu tintanya yang ungu diilangin mpe bnr2 habis..? Klo aku dibilangin tmnku yang anak pantai....tinta cumi2 nggak harus ilang ki...ktynya lbh gurih...tp mmng hasil msknya agak keitam2an gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb sulis, tp klo tinta cumi jadi bikin item, gamanis hihi

      Hapus
  6. Malem malem disuguhin cumi goreng tepung dan cumi masak kecap, jadi laper nih perut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda cocok tuk menu warnas blum ni mas djatmiko?

      Hapus
  7. petenya ngga ketinggalan selalu ya Nit. mancappp...

    BalasHapus
  8. huwaalah cumi, ane alergi cumi mba Nit.. jadi nggak bisa makan gituan :'( padahal cumi goreng tepungnya kelihatannya enakk, mb nita pagi-pagi bikin ngeces

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang banget alergi cumi, padahal endeuus banget ini hahhaha
      klo ane alergi kepiting Zhar :D

      Hapus
    2. sama mb, kepiting, cumi, udang, sebagian jenis kerang-kerangan. Ane juga alergi mba sama cewe tukang PHP sama cewe tukang gantungin perasaan :'v :'v

      Hapus
    3. yang terakhir itu bonus alergi ya hahahha

      Hapus
  9. Bisa jadi peluang juga mba kenpa nggak coba bisnis makanan aja siapa tahu rezeki mba banyak disana hihi

    BalasHapus
  10. bungkus mbk nit bungkuuuuussssss

    BalasHapus
  11. Aku sukanya kalo masih ada tinta-tintanya sedikit Nita.. en jangan pake pete ya *lho kok malah request

    BalasHapus
    Balasan
    1. buleh buleh....
      apasik yang ga buat dikauuu mb rani hahai :D

      Hapus
  12. Potek-potek iku opo Mbak? hehehehe
    Btw, pinter nih Mbak Nita masaknya. Boleh belajar dunk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ng..nganuhh..pokoknya dikeluarin bijinyah ehehehhe

      Hapus
  13. kayaknya enyaak :) itu teplonnya cuantik banget. muehehe. aku pengen coba yang krispi dong mba Nita. ngiler nih

    BalasHapus
  14. Masak cumi jangan lama2 mbakk,, nanti jadi alot gak kenyal lagi, aku biasanya kalo mau nyusutkan air cuminya gak tak masukkan, emang bumbu gak begitu meresap tapi rasa cuminya tetap terjaga hehe

    BalasHapus
  15. aahh saya sih suka banget cumiii :D

    BalasHapus
  16. Teplonnya cantik kok, Mbak. Tapi lebih cantikan Mbak Nita. Eaaaaa. Eaaaaaa~

    Mbak Nit, jujur aku belum pernah makan cumi. Apalagi cumi ditepung goreng gitu. Udang aja aku nggak suka makan kalau nggak ditepung goreng. Huhuhu. Ini boleh dicoba sih resepnya. Mamaku yang nyoba maksudnya. Hahahaha. Derita nggak bisa masak gini nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orennya unyuk unyuk kannn?
      *bangga

      E kudu cobain, kpn2 mama bisa cobain #eh

      Hapus
  17. wuoooohhh...jadi keinget pas ngasi resep masak cumi crispy ke mama. karena biasanya cuminya digoreng biasa. saat masak dan jadi, itu tepungnya item. malah ilfill mau makannya. untungnya rasanya kagak sejelek hasilnya. esoknya baru berhasil saat nyoba lagi, bersihin cuminya mesti bener-bener. tapi kata mama kalo gak ada item-itemnya itu, rasanya kurang. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa terus teaksi kamu gimana pas ngeliat tepungnya kenak tinta?
      Huhiiii untung rasa ga pernah boong ya haw, tetep enak

      Hapus
  18. Sayang disini cuminya udah ga seger, perasaan rasanya kurang yahud *emang ga jago masak aja pakai nyalahin cumi* :)

    BalasHapus
  19. Saya juga suka cumiiii :)))
    Yg dimasak item suka, yg putih bersih juga suka *geleman*
    Btw kalo menurut para master chef gitu emang sebaiknya gak lama2 masak cuminya, Mbak Nit.. Ntar alot dan rasanya kurang sip. Tapi tergantung selera juga sih, ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiiu iya mb, cumi emang ga seamis ikan, makanya banyak lidah yg bisa beradaptasi dengan cepat
      Iya yah hahaaaa?? Aku kan ga terlalu suka ngikutin saran chef mb hihi

      Hapus
  20. Paling mudah memang dgn membuatnya berbentuk crispy dan yg pastinya lezatos sesuai selera orang Indonesia yg suka goreng2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii iya memang karakter kita suka gorengan ^_____^

      Hapus
  21. ga bisa komen dulu ah
    secara alergi sama UKCK (udang, kepiting, cumi, kerang)

    hik hik hik
    tapi nyesel kalo diajak sama kantor ke resto seafood, saya kayak satu-satunya yang jadi vegetarian *cuma makan cah kangkung aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ya Nita ini bikin laparrrr dini hari. Btw mas Huda ngga bisa makan UKCK ahhhh sedihnya yaaa. Yuk kita tinggalin mas Huda di pojokan ngemil kangkung sendirian hahahhahahha *kaburrrr

      Hapus
    2. Mas irul : duh ngenes, cuma bisa ngemil kangkung
      Kikikiikkk #bukan ngenyek lho :D

      Hapus
    3. Kak roosvansiia : ikutannn kabur mueheheee

      Hapus
  22. Duh mantap banget mbak :D kalau ane jadi tetangganya mungkin diciprati kali ya :D Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantabbb abis ni, jarang jarang bikin seafood olahan sndiri hehe

      Hapus
  23. CUMIII TEPUUUUNGNYAAAA :((( AAAKH, LAPEEER MALEM-MALEM BEGINI :(

    BalasHapus
  24. Aih menggoda, ada petenya..ih..tambah nampol deh, hehehe

    BalasHapus
  25. Aku belum berhasil nih masak cumi trus menempel gurih gitu. Hikss. Makasih tipsnya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masi sering gagal hihiii
      Apalgi ngebersiin lendirnya..,rempong ya mb

      Hapus
  26. aku mau yg goreng tanpa kecap 1 porsi ya hehehe

    BalasHapus
  27. Teplonnya cakep mba, girly abis. Hahaa
    cumi masak kecapnya bikin laper mba. ENAK BANGET ITU. AKU MAUUUU AAAAKKK :(

    Bhahaha iya mba, buka rumah makan aja. Mayan 25 ribu seporsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secerah hatiku ya lan warna orennya hihii
      Kamu lebih pilih jengkol apa pete lan?
      Nah,..itu dia, masi nabung hihi

      Hapus
  28. Itu petenya menggoda imn banget ituh....
    cuminya sampe kalah pamor :p

    AAAAKKKKKKKKKK......
    #WahyuKurangNutrisi

    BalasHapus
  29. udah bisa buka katering nih si adek *terus saya mesen pake GoFood yah*

    BalasHapus
  30. Kepasrahan si cumi-cumi menghasilkan masakan yang dari fotonya aja udah bikin ngiler. Enak tuh yang cumi goreng tepung keliatannya. Udah lama nih ngga makan cumi. Dimakan pas masih anget pasti lebih enak. Slurp *langsung nyari makan*

    Boleh juga tuh ide warung tendanya, siapa tahu laku berat kan :D
    Mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa bisa aje ni,
      Klo masaknya bisa ga bay?
      Biasanya cowok klo masak lebih nsmpol, suamiku juga tu , tp doi spesialis ikan hehee

      Hapus
    2. Iya sih ya, kalo cowok yang bisa masak, biasanya masaknya lebih maknyus, tapi... tapi gua ngga bisa Nit, ngga ngedalemin dunia masak-memasak hehe :p

      Hapus
    3. Ngedalemin ilmu cicip mencicip yakk

      Hapus
  31. Pas nyasar ke blog ini dan nemu postingan isinya cumi semua gue jadi langsung kepengen makan cumi. Haha

    Oh iya, blognya udah gue follow ya wi. Ditunggu follow backnya.

    Salam Kenal
    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. blognya kok nda ada tombol follownya ya gung?

      Hapus
  32. Saya juga suka cumi loh Nit (saya sih apa aja suka kalau tinggal makan heheh). Kalau ibu masaknya spt ditumis gitu ada pedasnya dikit. Dan tinta hitamnya juga dibiarkan nyampur kata ibu tinta ini yang justru bikin sedapp :)

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...