Jumat, 04 Maret 2016

Membakar Ayam dengan Menggunakan Kompor



Siang itu bayi besar lagi ngidam ayam bakar, wakakaka...(bayi besar = sebutan buat pak suami yang kalo ditanya kenapa, pokoknya jawabannya itu. Entahlah-----mungkin karena kadang-kadang tingkahnya kayak anak beiby--jadi secara ga langsung bikin gue agak gemas-gemas gimanaaaa gituh, aaakk ). Jadi gue tuh kasarannya lagi disuruh ngopenin dia duluk sebelum resmi ada bayi kecil di rumah ini .... tapi moga aja cepet diijabah segera punya dink, amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnn.....#inProcess #PerjalananPanjangMenjemputnya #PenuhJatuhBangun #OrangLainGaPerluTahu #tetepSemangaaaddd.


Ayam bakar buatan kami



Balik lagi ke kepengenannya si Tayang Tamas. Nah, pokoknya ga ada angin ga ada ujan, sehabis bobok di minggu siang yang cukup cerah itu---tiba-tiba doi bangkit lalu menimbulkan suara-suara yang cukup bising di meja dapur. Ada apakah ??? Gue bengong dong.........Laiknya seorang koki kenamaan doi langsung menyiapkan peralatan tempur untuk membakar ayam. Dan yang membuat gue agak siyooookkk adalah doi mengagendakan acara bakar-bakaran ini di dalem rumah. Dengan menggunakan media seadanya. Kami tahu, type rumah 21 ini emang ga punya halaman luas...ADAAA !!!...ADA SATU halaman (sebenere) yang ada di depan...tapi gimana dong, itu halaman uda buat nongkrong kendaraan gede. Dan lagi sebenernya kami  ga enak juga ama tetangga, karena kalo ga bagi-bagi ntar dikiranya kami pelit, sementara ayam yang kami punya tinggal separuh. Huft...

Jadi ya gitu. Eksekusi bakal dilakukan di dalem rumah #nyalakan eksossssss #panjer terusss #antisipasi asep.

Tadinya kusarankan untuk memakai teflon tanpa minyak saja. Tetapiiiii...tau sendiri lah pemimpin keluarga ini kalo udah punya karep (walo seringnya aneh-aneh), tetep yakin kalo idenya itu brilliant. Jadi dengan menggunakan kompor dan satu media khusus yang dijadikan sebagai pengganti arang doi mulai memilah-milah barang apa yang sekiranya pantes atau menyerupai pembakar tadi. Daaaaaaaaaaaaaaaaannnn...yang jadi korban kali ini adalah benda bernama kalo. Itu loh, yang buat meres ampas kelapa jadi santen...tauu kaaaaahn???? Tau dong pasti, kalian kan cerdas. OH WHATTTTTT??? Itu kan kalo pemberian Ioook (sebutanku untuk ibu di kampung) #ceritanya baru sadar kalau kalo yang dirampok dari rumah itu bakal dijadikan media untuk membakar. "Ssssssst...tenang saja dedek, yang penting beress!" 

ini yang namanya kalo (untuk memeras santen)

Hmmm....jadi tuh rencananya, ayam akan diletakkan di atas kalo, dengan kompor yang menyala-nyala di bawahnya..... 
"Mbul bilangin ke Iok nihhhh????"
"Duhhhh......jangan dong, hahhahahhahahahaha...yuk yuk...yang penting ayam bakarku maknyussss. Ayamnya resto CAHAYA (bukan nama sebenarnya) kalahhh !!" FYI, resto Cahaya ini selalu kami jadikan patokan  apakah menu ayam itu rasanya pas atau enggak...Kalo dibakar bumbunya ngresep apa enggak. Gitu-gitulah. Lalu digiringlah aku untuk membantunya mengoles margarin, kecap, dan madu ke kulit si ayam tadi. 

Pake madu (Tijeee) ama mentega, kecap juga


"Beneran ga nih, rasanya enak???? Jangan kebiasaan combong dunk Tamas," ujarku (sok) menasehati.
"Wes pokokeee beresssss kalo ama Tamasss," (duh duh...)

Ugat-uget kayak ulet sayur, kami berdua pun turun ke dapur layaknya pasangan muda yang ada di Serial Tetangga Masa Gitunya-Net Tivi... Tapi si Tamas lebih mirip Mas Adi sih, sedangkan gue lebih mirip ke Bintang (yang masakannya ga enak itu huhuu #mengakui). 

Tak berapa lama kemudian, akhirnya potong demi potong ayam sudah matang dan menyerupai ayam bakar yang biasa disajikan di resto-resto. Demi sebuah eksistensi seorang blogger, maka gue foto terlebih dahulu sebagai dokumentasi di blog. Jyaaahhhh, si Tamas klo udah ngeliat makanan diphoto-photo mulu rasanya tu gemes.....Kata dia, ngapaiinn juga makanan difota-foto, keburu dingin Mbul...Haha....Tapi bukan gembul namanya kalo ga up date foto makanan.

sambelnya sambel jadi ajeee
untung ada lalapan

Nah, setelah beres mendokumentasikan....giliran kami untuk menghajar tu ayam (baca : makan)...Kalo dari segi warnanya sih udah maknyus mengkilat banget yak.....Secaraaaa ayam bakar madu gituloh. Palagi ditambah dengan lalapan mentimun en daon kemangi...Pleus sambel (jadi)....Jadiii wush wush.....mantabbbb....

Pas dicolek....Mmmmmm??? Gimana rasanya??
Lumayan...
Masa sih?? (Kok ngeliat muka Tamas pas mencicip rada meragukan).
Akhirnya aku colek juga tu ayam. Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan......eng ing eng....

saya &Tamas harus lebih belajar lagi untuk memasak

Yah..pokoknya lain hari jangan jumawa deh yak...xixiixixix..
Tapi mayan deh rasanya....Cuma kurang ngresep dikiiiiit lagi bumbunya...Kalo kulitnya doang sih, uda jadiii ini mah...





108 komentar:

  1. Hihi...seru bingits baca tingkah kalian ituh. Geli-geli piye gitu..hambok yo pake teplon wae.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakka musti berguru pada mb ika nih akuuhh :XD

      Hapus
  2. maksudnya bumbunya kurang meresap atau gimana dek? tampilan dari foto sih menyakinkan buat di hap, hap, hap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. he em mb ria, kurang mresepppppp ke dagingnya kalo kataku...cuma gurih di kulitnya doank hahhahahah

      Hapus
  3. Eksistensi blogger yaa.. heheh

    Idenya boleh juga tuh.. hajar pake saringan bakar ayamnya.. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eksistensiiii hihihiiiii

      jangan ditiru ka irly, ntar alat masak pada gosong wkwkwkkw

      Hapus
  4. Ayamnya kok g kabur y pas dibakar? Aneh loh

    BalasHapus
  5. Ibu saya juga sering masak ayam bakar Nit, karena Vani suka banget :)

    Itu di foto penampilan ayamnya bagus lho, tapi kasian kalonya ya. Besok waktu ke pasar beli aja bakaran dari besi, murah dan awet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh jadi pingin beli nih mb anjar, siapa tahu ada barbequan ayam lagi hihiiii
      mb anjar waktu itu aku mau komen di blognya mb anjar kok ga disetting komen yakk?

      Hapus
  6. Yang penting cocol sambel yg banyak..niscaya akan bisa menyembunyikan rasa yang sebenarnya. Hahaha...kepedesan iya..

    Oya..kalo itu kan dari bambu bukan? Kebakar atuh yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaakk,....sebenernya kulitnya dah pas...tapi dagingnya rada hambar...kurang ngresep, ajarin dong mb rinta..

      kalo dari logam ituu

      Hapus
  7. Kurang lama dimarinasinya paling.. kalo ibu mertuaku biasanya pake ulegan yang lebaar banget terus dikasi arang baru dibakar.. pake saringan leh uga idenya, lebih praktis.. kapan2 dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh leh uga nih ide bumernya..lain hari kucoba ahhhh

      Hapus
  8. Saringan santan dirumahku biasanya dipake buat nutupin piring nasi sisa semalem, biar gak dimasukin cicak gitu.

    Idenya brilian banget ya, mungkin suaminya mbak Nita 11-12 sama hand made kali ya. Heheh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakwawww banget ki
      tu saringan nyaru jadi tudung saji brarti :D
      hand made itu apa ?

      Hapus
  9. Kreatif deh mbak nit, ibu juga sering bakar ikan asin di kompor pake mangkuk seng dan taro daun pisang biar nggak angus banget katanya =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantabbbb ni caranya mb wida, kapan kapan praktekin ah
      pi daun pisang di sini langka nih mb wid..huhu

      Hapus
  10. Lumayan... Udah bisa buka warung lalapan.

    BalasHapus

  11. Ugat uget kaya ulet itu tu.. Sesuatuhh. Sukses ya multifungsi buat saringan kelapa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuatu banget hihii, tapi seram klo dibayangkan ya mb wita
      ulet...

      hahhahah, iyak memanfaatkan yg ada aja ini mah :D

      Hapus
  12. wah,boleh juga nih hahaha..akhirnya nyolek juga ya..
    yeah,akhirnya aku bisa komennn disini..finally^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. finnally...Allohuakbar #tangis bahagia..hihii
      waktu itu ada iklan bandel yg nyangkut, alhamdulilah sekarang dah ilang kan yakk mb ?

      Hapus
  13. Hahahah seru ya acara masak-masaknya. Oya saya tuh suka banget sama blog ini tuh kalo udah bahas soal bikin makan,jalan-jalan, tapi melibatkan kamu sama suami... kayak liat pasangan pengantin baru yang sangat bahagia..

    Terus semoga harapannya cepat terkabul ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kocakk ya din...jadi malu ni kitah

      amiinn aminnn, makasih ya ;D

      Hapus
  14. Ayam bakarnya bikin napsu makan meningkat Mbak :D

    BalasHapus
  15. hihi boleh juga idenya Mbak NIta :)
    tak ada rotan akar pun jadi yah Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb ira, memanfaatkan apa yg ada

      Hapus
  16. Lagi dan lagi ada makanan. omaigat mbak, aku ini baru aja pulang ngampus. sampe kos langsung blogwalking kesini. dan disini aku cuci mata. pengen bakar-bakar gitu juga bareng ibu dan sodara-sodara yang jauh disana. tapi harus sabar dulu :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sabar ya thur, jdi anak kosan memang beraaddd :(

      Hapus
  17. ibu muda yg kreatif nihhh....hahahhahaha...

    BalasHapus
  18. Kompor memang multi guna ya.
    Teman saya meletakkan cetakan kue di atas kompor bukan dengan oven khusus
    Ayam bakar atau ayam panggang kesukaan saya
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pakdhe, asal banyak akal semua bisa disetting deh :)
      Salam hangat from tangerang yg lagi banjir pakdhe ^_^

      Hapus
  19. ayam bakar.. ayam goreng.. apapun itu, rasanya akan biasa-biasa aja kalu nggak ada sambal. karena sejatinya, sambal itu bumbu yang sangat syahdu~

    BalasHapus
  20. Aku juga kalau bakar ayam dikompor kok mbaNit hehehe sama juga pake bumbu kecap + margarin. Tapi kadang kalau males dibakar, dipanggang aja. Tau2 mateng deh hahaha :D

    BalasHapus
  21. seru dan kompak...
    jadi mau...

    BalasHapus
  22. Ini kreatip banget. Tapi timingnya gak pas nih, gue mampir ke blog ini jam-jam malam kayak gini. :( Laper

    BalasHapus
  23. Coba pake happy call ya, mungkin lbh sukses..yg penting seru2an sama suami :-)

    BalasHapus
  24. hahahhahah mungkin nextnya diungkep agak lama ya mbak ? Biar bumbunya lbh meresap lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kudu lebih dipenyet penyetin emang ~

      Hapus
  25. sm kyk ibuknya mbk wida ze, (baca: sm caranya yak, hehe), aku bikin ikan bakar pakek piring seng trs dilapisin daun pisang, kadang jg pakek cobek yg dr tanah liat itu..
    ah kalian memang pasangan ter uget sedunia yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihii kami klo dah gatel pengen masak klutak klutik mulu kyk emak emak rempong hihiiii
      Ahhhh 2 orang dah kasih tips itu, fixed aku vobain lain kali ahhh ^_______^

      Hapus
  26. Mungkin lain kali beli peralatan panggangan Mbak, krn kan itu bahannya dari besi ya. Kalau perasan santan kan dari bahan mirip2 seng yg lunak. Ngaruh kali ya? #sokteu hihihi

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. #buru buru nabung buat beli panggangand

      Hapus
  27. ya ampun, idenya boleh juga tuh, haha.. tapi gak nahan nyuci saringannya nanti.. gosok sekuat tenaga ngilangin gosongnya

    BalasHapus
  28. Kakak jangan pamer kemesraan atuh. Ini merusak para Blogger yang belom nikah...
    Apalagi pake bahasa jawa lagi
    Memperburuk hati para Blogger jomblo...

    Btw makasih ya udah ngujungin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa...klo gitu jomblo close tab saja ya

      Hapus
  29. si nita bikin orang ngiler pagi2 ngeliat ayam bakar

    BalasHapus
  30. Masih untung itu mah masih bisa dimakan, kalo aku yang masak mah..... Hahahaha meninggal yang makan. Eh.

    BalasHapus
  31. Masih untung itu mah masih bisa dimakan, kalo aku yang masak mah..... Hahahaha meninggal yang makan. Eh.

    BalasHapus
  32. aiiiih, saya salah baca pagi2
    jadi bikin laper lagi, padahal tadi udah sarapan bubur semangkok
    tapi lihat foto2 n narasi di artikel ini jadi gimana gitu :)

    sebagai urang sunda, liat sambel merah sama lalapan jadi semangat, cocok buat makan siang tuh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubur menado yaaa
      Nyunda pisan yaaa, tinggal tambahin sebakul nasi nih ;D

      Hapus
  33. Hahaaa iya iya mba, mirip di serial tetangga masa gitu yg di tipi. Wkwkw

    Seru amaaaat mba. Hahaaa masih enak bisa dimakan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah mirip chelsea island kand lan...((island))

      Hapus
  34. sambelnya itu yang maknyuuuus

    BalasHapus
  35. Wah seru masak bareng ^^
    Lihat fotonya si kayaknya enak ^^ tapiiii gak berasa asep banget ya itu langsung di kompor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asepnya ngepul slama brberapa jam ka

      Hapus
  36. Aku nyebutnya saringan santan, bukan Kalo XD
    Eh tapi bisa kreatif begitu jago banget lah kak :p

    BalasHapus
  37. itu saringan kan namanya..hehehe...
    duuuh aku pernah bakar ayam..tapi pake alat pembakaran..daaaannn adikku cuman nyengir aja pas makan..habis karena kakaknya melototin suruh habisin hwakakak

    BalasHapus
  38. Akh suami sendiri dibilang bayi besar hahhaa lucu
    btw semoga segera dikirimi momongan sama Allah ya

    duh jadi pengin coba bakar ayam pakai kompor mbak, tapi takut tempat perasan santannya rusak hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya memang saringannya rusyakk mb

      Hapus
  39. KALO kalau di daerah saya disebut Tapis-tapis mba.

    wess pake madu Tije... ? TeeJay Marquez maksudnya ? ah kalau pake tije itu sih bakalan lebih mantap mba ayamnya. hehehe

    btw jadi penasaran rasa ayam bakar dikomporin kyk gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapis tapis bahasa menado yah yan?
      Iyak nih, padahal akuh nda fibayar sama tije loh, wkwk

      Hapus
  40. Emang Tamas jago ngelukis kayak Mas Adi, Mbak? (malah diseriusin soal mirip sitkom di Net) Wahaha.

    Hm... kalo bumbunya belum meresap sampe ke dalam itu berarti bakarnya kurang lama apa gimana, sih? Gue mah biasanya nunggu mateng aja. Gak suka bakar. Rada alergi asep. Hehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggambar bundetan benang bisaaaaa
      Iya kayaknya, kirang dipenyet penyetin kali bumbunya, gue juga bingung

      Hahahah eluuu sukanya apa sih emang, dasar pilih pilih pantesan kagak gemuk gemuk

      Hapus
  41. Hahahaha ampuun deh..ini kayak jaman SD masak-masakan. Hihi salut buat usahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii kayak mengenang jaman masak masakan pake tanah gitu yakkk

      Hapus
  42. Anjir kreatif abis mamasnya, kok bisa gitu kepikiran kalo buat tatakan bakar ayam. :D

    BalasHapus
  43. Huaaaa.. Ngiler ih liat foto ayam bakarnya :') Pengeeennn.....

    Oh, itu yg buat meres kelapa namanya kalo? Di rmhku jg ada, biasa aku nyebutnya saringan gtu, trnyata ada namanya toh :D Lah kalo itu dipake buat bakar apa gak angus tuh d bwh kalo nya??

    Haha, aku jg kdang gak sabaran kalo udh laper banget mah boro2 moto makanan, lgsg sikat aja udaahhh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masaaaakk luk masaaaakkk :D
      Iya nyebutnya kalo di kampungku gitu, ga tau ditempat lain

      Iyak, sebenarnya langsung pingin sikattt apa daya, dah terlanjur melabelkan dirinjadi food blogger ##eaaak

      Hapus
  44. Wkwkwkwkw.. mbaaa kok ya pake saringan santen, ada2 aja ini idenya. beli bakaran sih yg kecil di pasar murah2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaakkk walhasil akhirnya gosong parah huhu

      Hapus
  45. hahahaha..... baca resep dan testi masakan yang tidak cuma bikin ngiler tetapi juga bikin ngikik sendiri.
    Selamat belajar memasak lagi...

    BalasHapus
  46. Itu mah namanya asal gosong :)
    Ayam bakar versi mata, versi hati dan lidah pasti jauh beda.
    Bumbu dijamin kurang meresap dipori-pori daging ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhahah musti berguru ama master chep inii

      Hapus
  47. Hehe, lucu juga ada sebutannya, bayi besar :p

    Oke, foto yang paling atas langsung menyuguhkan pemandangan lezat, sajian ayam bakar lengkap dengan lalapan dan sambel, mantap :D
    Itu ide bakar ayam dengan peralatan yang ada, brilian juga. Gua baru tahu kalo si benda untuk meres ampas kelapa itu namanya "Kalo".

    It's okay ambil foto makanan buat eksistensi blog, toh selama ini fotonya selalu sukses ngebuat gua laper :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya bay, soalnya cowo kalo dah gede tetp aja ada sisi bocahnya, iya ga? Ngerasa kan yang cowo cowok?
      Hahhahha, padahal ini mah kere alias ga punya panggangn alhasil minggu kemarin disempet sempetin beli di toko kelontong deh

      Hahhaha iya bay, soalnya foto makanan walo hasilnya kacau tapi kayak jadi achievment gitu deh wkwkwk

      Hapus
  48. Hahaha. Bayi besar. Kakakku juga suka nyebutin suaminya dengan sebutan "Anak pertama". Padahal mah anaknya cuma satu, Mbak Nit. Apa semua istri kasih sebutan gitu ya buat suaminya? :D

    Whoaaaa. Kreatif. Kepikiran pake kalo. Mantap. Ayam bakar madu memang enak ya, Mbak Nit. Aku ngiler sama kulit ayamnya itu. Ummmm~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cha, tar deh klo kamu ama zai dah merried pasti akan ngerasain jugak

      Suka ayam bakar madu juga cha??? Toast

      Etapi klo di kalimantan aku pnasaran ama kepiting, piye?

      Hapus
  49. saya juga punya saringan seperti itu, bisa ya utk bakar ayam..saya biasanya pake pan aja tapi agak susah kalo mau dibalik soalnya antilengketnya udah mulai gak berfungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhhh itu dia mb, klo pake teflon sayang rusyakkk

      Hapus
  50. eneng Justi gituuuuh, idenya ada ajah. good job pokona mah yeuh !

    coba ayamnya diungkep bumbu dulu say .. baru bakar n oles mentega, madu.
    begitu ayam bakar ala dakuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. following your blog .. done !

      Hapus
    2. Urusan masak memasak kayaknya mb ledy nih yang jauh lebih unggul, secara tiap mampir blognya mb, selalu ada resep menggiurkan hihi
      Wokeh mb, maksih tipsnya, kapan kapan akuh praktekkan

      Hapus
    3. Blognya mbak juga sudah aku masukkan dimlist blogwalking aku kok , tapi daftarnya ad di blog daftar blogwalkingku, terpisah dari blog inih ^_^

      Hapus
    4. Pakai feedly.com lebih praktis

      Hapus
  51. Paling males kalau ada yg request ayam bakar, malas bikin arangnya. Aku punya alat panggang yg bisa dikompor tp males juga krn nyucinya susah, pada nempel. Jagi biasanya aku yg bumbuin & nyimpen. Kalau sudah siap mau dibakar, aku serahkan ke suami. Terserah mau dibakar pake apa heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaakkk nyiapin piranti bakarannya dah peer binggo ya mb huhu

      Hapus
  52. manteb gambar ayam bakarnya
    belum pernah nyoba pake kmpor, pake areng biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. akuu ajarin dong mbak kalo pake arang :D

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...