Rabu, 15 Juni 2016

Resep Kolak Labu Singkong Ala Mbul


 

Para pecinta kolak mana suaranya??
*ngacung tinggi-tinggi*

Kolak emang rasanya lekat banget ama Ramadhan.
Padahal mah dibikin kapan aja bisa :-p.
Cuma ya itu, berasa kek kurang greget. Paling pas emang timingnya pas puasa ya.
Ada sensasi antusias-antusias gimananya gitu pas ngebikin sambil nungguin bedug magrib.
Jadi kali ini Mbul mau bagi resep kolak juga ni. Ceritanya biar menjaring klik gitu *teteup*.

Bahan baku utamanya ada 3 macem : labu (bahasa kerennya pumpkin), singkong, ama pisang.

Opsionalnya kutambahin kolang-kaling manis (dengan resep terpisah).
Pokoknya eksekusinya super gampang.Ya maklumlah cuy, kita orang kan demennya yang praktis-praktis.



Jadi kenapa kolek?

Karena aku emang suka banget ama penganan satu ini. Apalagi kalo isiannya lengkap. Ya semacam pengen bikin singkong Thailand tapi ga jadi-jadi. Akhirnya mentoknya di kolek hahahah..

Oke lah langsung aja ini dia resepnya :

Bahan-Bahan
seperempat labu kuning
2 buah singkong
1 sisir pisang tanduk. Aku pilih jenis ini karena teksturnya yang ga gampang rapuh (ciye pisang aja bisa rapuh yes?)
santan
1 buah gula merah (gludungan)
sedikit garam untuk perasa gurih

setelah dikupas, potong-potong
pisang tanduk ini teksturnya padet


Tahapan Memasak
Kupas labu, singkong, dan pisangnya. Lalu potong kecil-kecil (sesuai selera ding). Adapun teknik mengupas singkong uda pada tau kan. Jadi tu singkong diparo jadi 2-3 bagian. Kulitnya diplatok pake pisau terus klo uda keangkat kulit luarnya tinggal tarik deh searah ke sisi satunya. Jadi dijamin masi mulus.
Rebus air yang sudah dituangkan santan, gula merah, sedikit garam 
Masukkan bahan yang paling keras yaitu singkong
Berikutnya baru masukkan bahan yang lebih lunak seperti labu dan pisang
Tunggu sampai mendidih. Masak sampai matang.
Sajikan hangat atau bisa diminum dingin dengan es batu


Step-stepnya
Cuci bersih semua bahan
Masukkan ke dalam air larutan gula dan santan
Cerah kan warnanya
Aduk-aduk hingga mendidih

Oiya karena kebetulan kemaren bikin manisan kolang-kaling, bisa juga nih buat campuran. Ya, biar makin ceria aja penampakannya. Kan berasa kayak bikinannya chef-chef di TV, wakakak... Sapa tau kan, suatu hari nanti mau bikin resto ala-ala, terus salah satu beveragenya berupa kolek. E mayan loh, di resto kek ginian paling murahnya mabelas rebuh #otak dagang banget emang Mbul. HAHAHHAHA...

Uda ah, langsung aja.

Ni dia nih hasil akhirnya. TADAAAA !!!

Kolak ceria bikinan Beby Mbul

Gimana temen-temen? Uda cuantik belom kolek bikinanku?
Kalo kalian biasanya pake kolek dari bahan apa aja? 

Bole lo crita-crita di kotak komen ^^




28 komentar:

  1. Balasan
    1. mba nit aja yang masak, aku bagian icip icip aja hahaha

      Hapus
  2. tuh kan, mbak nita baru dipikirin, 'pasti postingnya kuliner.' eh pas sampai sini bener kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahhaha kasi goceng juga niy tebakannya tepat

      Hapus
  3. aku gak gitu doyan makanan / minuman manis bersantan nit
    kalau sesekali sih bolehlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga sih ahahahha
      kalo makannya dijeda kerasa nikmatnya
      klo terus terusan ya mblenger :D

      Hapus
  4. ntuh blog lain yang baru2 nggak diupdate nit? hehe

    BalasHapus
  5. Fix ini aku mau bukber rumah mbak nita aja. :')
    ntar aku bantuin..
    nyuci piringnya.

    BalasHapus
  6. Lihat postingan gini, jadi kepingin bikin, maklum aja lagi kebanyakan beli sendiri nih,
    Kapan kapan bikin akh
    Terim kasih

    BalasHapus
  7. Aku penggemar kolak, tapi yang dimakan pisangnya doang. Kalau di rumah bikin kolak aku ambil pisangnya doang, nggak tau kenapa suka pisang doang?

    Cantik kok mbak kolaknya, lebih cantik lagi kalau kolaknya dikirim ke rumahku :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahha kalo aku kebalikannya ki
      yang kusisain pisangnya, singkong ato ubinya yang takembat
      hahhaha tapi paket ke jatim sehari basi kali ki wkwkwk

      Hapus
  8. Ya Allah aku salah apa :( Kenapa aku baca postingan ini di siang siang bolong gini :(
    Laper pas liat kolang kaling dan pisangnya
    Hauss pas liat kolaknya

    HAHAHAHAAHA MBAA TOLONG

    Pisang tanduknya teksturnya padet gitu memang ya mba? Memang cocok untuk dikolak ya. Soalnya kalo pisang biasa, kadang pas dikolak jadi hancur lebur gitu ya kan mba.
    Kolaknya dicampur kolang kaling merah. Imuuut beud kayak mba Nita nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah, close tab aja de ulan wkwkwk

      iya kalo pisang yang lain suka hancur gitu...
      ahahhaaseg
      kasi goceng ni uda muji :D

      Hapus
  9. mbul, bungkus mbul, bungkuuuussss

    BalasHapus
  10. Wah saya suka tuh Nit. Apalagi isinya macam-macam gitu, ditambah kolang-kaling merah lagi. Enak dimulut, enak juga dimata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di tempate mb anjar isiannya biasane apa mb hihihi

      Hapus
  11. Adudududu Chef mba Nita Uwuwuwu.

    Baru ngerti kalo labu bisa dipake buat kolak, tapi kan harganya lumayan yha.
    hmmmm mending singkong ama pisang aja lah. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhaha
      iya yak, labu ini nyarinya kudu yang bener bener diskon
      #savedompetkencangkencang

      Hapus
  12. selama ramadhan ini, baru satu hari berbuka puasa pake kolak pisang dan rasanya tuh nikmat banget :)

    baca tulisan ini tiba-tiba jadi pengen makan kolak lagi, huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri mb ira, bahannya bisa pilih banyak variasi hihi :D

      Hapus
  13. Mau kolaknyaaa.
    Aku belum pernah bikin kolak sendiri, biasanya dikasih mama mertua.
    Kalo puasaan gini malah banyak yang jual kolak, tinggal beli aja *emak pemalas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga, bikin cuma sekali abis itu hahahhah kayaknya mending beli biar cepet abis hihihi

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...