Rabu, 20 Juli 2016

Yang Khas Waktu Lebaran, Tape Ketan Hijau



Sudah 3 kali lebaran, aku mengawalinya dari tempat mertua. Alhamdulilah seneng, sudah ga sekagok dulu pas pertama kali gabung keluarga besar suami, beserta lingkup tetangganya. Karena lama-kelamaan toh aku makin dikenal. Makin dihapal. Kami hidup berdampingan, penuh tepo seliro. Adat saling hormat-menghormati masih dijunjung tinggi. Sekalinya ketahuan pulang, semua kepala sudah siap berbaris di depan pintu. Nyapain satu-persatu. Pokoknya, yang lebih tua dari kami, kami sebut saja Lek, Pakdhe, Budhe (Mbok Dhe). Terserah mau itu sodara ataupun bukan.



Setelah dikukus, baru diuwuri ragi dan gula pasir, ratakan
abis itu baru masuk-masukin ke wadah plastik

Suasana desa juga lumayan adem. Kebanyakan waktu, kami isi dengan bercengkrama, kumpul bareng bapak-ibu, entah itu di dapur, ruang teve, ataupun sekedar halaman ketika nyapu. Kalau malam, semua tenggelam dengan kesibukannya masing-masing. Bapak Ibu yang memang agamis, selalu lebih banyak menghabiskan malam untuk kegiatan ibadah. Aku dan Tamas ikut Bapak tarawih di mushola yang dekat dengan rumah. Sementara ibu di mushola milik Guru Ngaji beliau yang bacaan suratnya lebih panjang. Habis itu, beliau masih disibukkan dengan agenda tadarus Quran dengan kelompoknya--kalau ga baca sendiri di rumah. Kalau dari urutan dulu-duluan pulang, jelas aku dan Tamas yang tiba di rumah paling awal. Biasalah..., kan kami jagain rumah sambil jadi penganten baru lagi, jyahahahhaha...Mumpung kalau malam sering hujan juga, bahahahahha *maksudnya ngobrol-ngobrol cantik gitu sambil pijet-pijetan*.

Ketika sudah berganti hari, eh tau-tau sudah deket aja sama takbiran. Tinggal nungguin sore, sambil mastiin keberadaan hilal dan natain kue-kue. Ibu mertua kebetulan memang pandai membikin penganan enak. Beliau sedikit-demi sedikit mulai menurunkan ilmunya kepadaku yang masih pandir ini :D. Berbagai resep aneka kue, baik jajan basah maupun kering, semua diwariskan padaku meski ga langsung dipraktekkan. Kalau yang sudah tau-tau dikit, minimal bantuin bungkusin lah ya, ahahah...adalah tape ketah. Tape ketan ini emang khasnya tempat suami kalau lebaran. Dari jamannya pas maen waktu masih pacaran dibawain, sampe sekarang pun kalau mau negokin rumah Prembun selalu dikresekin beberapa bungkus untuk oleh-oleh besan. Kata Ibu Mertua, ini yang bikin beda dari tempat tetangga lainnya. Kalau mau nyari tape ketan hijau, yang manis-legit-lagi berarir ya adanya cuma di sini.



Sengaja dikasih pewarna makanan hijau agar menarik dan cantik
aku dan bumer berhasil membuat 1 dus penuh
Cantik ya kalau disandingkan dengan kue-kue lainnya
Rasanya manis dan berair, enak....bikin nagih.

Tape ketan hasil racikan Beliau emang pilihan. Beras ketan yang dipakai hasil tanem sendiri. Nyelipke diantara tanaman padi. Terus biar makin khas dan juga menarik, biasanya dikasi warna hijau cerah sehingga lain dari tape-tape ketan pada umumnya yang cuma berwarna putih. Setelah dikukus, tape yang sudah matang dan menghijau cantik itu digelar di atas tampah dan diuwuri ragi beserta gula. Gulanya gula pasir. Takarannya sesuai insting sih...kira-kira manisnya seberapa gitu. Terus abis itu diratain, dan baru dimasukin ke dalam wadah-wadah plastik kecil. Bumer bilang, biarin tapenya berfermentasi ketika sudah berada di dalam wadah, jadi ga lengket masukinnya pas awal-awal. Lalu kenapa pakai wadah plastik? Karena kalau pakai tum-tuman daun pisang, takut pas Hari H-nya layu. Kan jelek ya disajiin di depan tamu kalau udah keburu layu. Biasanya tapi akan 'jadi' setelah disimpan selama 1-2 hari setelah masuk ke dalam wadah. Memang sih, lebih cepetan kalau ditum pakai daun, cuma ya itu tadi...masalah penampilan aja ceuk. Lagian di plastikpun rasanya tetep aja manis, ya seperti yang bantu bungkusin ini hahhahah *ditabok.

Gimana?? Kalian suka bikin tape juga ga ?



52 komentar:

  1. Wah tape ketannya warna ijo ya mba, baru liat biasanya warna item kalo rnggak putih, hehehhe
    Itu praktis ya ditaroh ditempat puding gitu hehehe, naiiisss

    Dulu aku pernah bantuin mama tapi dibungkus daon pisang atau enggak pake plastik prapatan hahhaa

    Senangnya udah nyatu sama keluarga mertua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb wuri, spesial punya seperti warna khas lebaran ijo, jadi ngikutin ijo deh tapenya

      Pake daun pisang enak juga, jadi harum gitu ya mb

      Hihi, iya mb, kami emang guyup karena di kampung itu suasana adem ayem gemah ripah loh jinawi eaakk

      Hapus
  2. tante Mbuuulll..aku suka tape ketan. Bapakku yang ngajari aku, hihi.. Ngajari apa? Ngajari biar suka tape beginian. Bapakku sukanya bikin wedang, jadi tape ketannya dikasih air panas gitu. Tapi kenapa ya, si tape ini seringnya warna hijau? walaupun aku juga beberapa kali nemu yang warna putih asli sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren bapakmu mb rin...awesome ! mau turun ke dapur :D
      wedang tape, wah kayaknya tante mbul kudu cobain ni ngrasain *sok jadi pencicip ala-ala kritikus makanan

      iya, kayaknya biar cakepan deh mb rin, kayak tante mbul ini loooohhh ahahhahah *ketawa ala leli sagita

      Hapus
  3. kali ini aku ga ngiler lagiiii, karenaaaa tadi mama datang dari medan, bawa tape ketan hitam ^o^ yeaeyyyyy ;p..sama aja sih rasanya ama yg hijau... manis2 berair legit ;).. biasanya aku paling suka makaninnya ama lemang ato ketupat santan mbak.. itu khasnya tapanuli.. tapi dimakan gitu ajapun ttp enaaak ^o^

    aku inget bgt tuh kalo dulu mama lg bikin tape, duuuuh, kita anak2nya ga boleh masuk ke dapur.. trs ga boleh ajak mama ngomong, baju harus bersih banget, harus udah mandi, udh kayak ritual gitu de.. tapi skr ngerti mksdnya apa :D.. kan selama dikasih ragi, itu ga boleh ngomong krn takut ada kotoran ato apapun yg bisa merusak raginya ;p..

    BalasHapus
    Balasan
    1. horaiiiii syenangnya dibawain mama tape...xixixiix
      *ikut nyumil bole???

      lemang tapai aku syuka, aih jadi kangen padang kalo lemang tapai, ketan item dicampur ketan huaaa maknyus, legit

      iya iya, samaaa ahahah banyak ritual kalo bikin tape, katanya biar 'jadi' proses fermentasinya

      Hapus
  4. Tape ketaaaan hijaaau ._. aku baru liat deh kayaknya :D kalau aku biasanya tape ketan biasa yang makannya pake emping gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaaaa....whatttt?? kamu baru liat feb...ya Alloh...sini maen ke tempat suamiku ahahahha

      Hapus
  5. Dulu tapenya dibungkus dengan daun oisang. Sekarang lebih muda dengan plastik cetakan :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas praktis banget, ga lengket pula kalo aernya jatuh ke lantai

      Hapus
  6. Tape ketan saksi cinta mbk.e wkwkw, wah baru tahu suguhan lebaran pake tape ketan nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahhaha...prikitiuw bangett deh ya mas sisko ahahha

      Hapus
  7. aaaa aku suka tape ketan, tapi paling suka yang dibungkus daun pisang. rasanya kaya ada sedep-sedepnya gitcuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya dib, klo daun pisang ada sih, cuma dia bakal layu pas hari h....tapi emang baunya jadi harum pisang eaahh *sokmenganalisa makanan

      Hapus
  8. Aku juga suka tape ketan, pas lebaran nemu dirumah uwa tapi ga boleh banyak2 (sedih). Abis makan sesendok perutnya langsung kenceng. hahah

    BalasHapus
  9. Kakau aku yang dibungkus daun Nit..

    BalasHapus
  10. Unik juga tapene, tapene berevolusi kalo kebanyakan kan pake daun pisang.
    Kalo kek gitu keliatan beda, menarik apalagi warnanya ijo.
    Suka juga makan tape ketan. Kalo buatnya gak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh takkirain di tempatmu juga uda menstrim di yang warnane ijo

      sebenernya gampang lo bikinnya, cuma insting nguwurin ragi ama gulanya yang harus pas

      Hapus
  11. Makan tapenya ijo lg.. Gembuu bngeeettta

    BalasHapus
  12. Teh embul jadi penasaran nih rasanya soalnya saya belum pernah coba tape yang ijo warnanya, ahi hi hi, ingat teh embul yang ijo warnanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya manis kang, ga kecut..kan klo yang tape gagal agak kecut xixixi
      yang ini manisnya pas...

      Hapus
  13. Aku suka tape ketan, baik yang hijau atau item.
    Enak dimakan gitu aja atau dibuat es.
    Biasanya kalo aku beli es doger, isi es nya ada ketan hijau, enaaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketan yang diwarnain ijo ama ketan item kayaknya beda varietas mb li

      iya aku waktu sd suka juga tu es lilin ketan hihi

      Hapus
  14. Duuuh aku doyan nih tape ketaaan. Cantik bener pula warnanya ijooo. Biasa makan yang ungu ajaaa. Bikin resep benerannya dong mbul, plus tutorial bikinnyaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorial yang aku bikin sendiri ya?
      wah jadi ngga ya tapenya kalo embul yang bikin egeggegg

      kok aku baru tau ada tape ungu dian? tape ketan item kali yan?

      Hapus
  15. Ih, aku suka deh tape ijo kayak gini. Lebih suka yang ini daripada tape ketan item. Tape ijo itu wangiiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak....warnanya pun fresh ya teh :D

      Hapus
  16. Knp tape ketan selalu di warnai ijo yak. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena aku punyanya pewarna ijo mb *ehh

      Hapus
  17. Aku suka ketan, tape ketan lumayanlah, soalnya ada manis2nya. Tapi kalu tape singkong kurang suka, seringnya dapet yg asem kalu beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tape singkong gigitan pertama enak, selanjutnya kadang ngenyangin ya mb, enakan diaduk di adonan prol tape kalo tape singkong ^_____^

      Hapus
  18. Suka sama tape ketan, tapi ga pernah bikin sendiri Nit. Biasanya order aja gitu trus bayar. Hahahaha... pemalas :p. Lucu juga ya ditaruh dalam wadah plastik kecik-kecik gitu.. warnanya ijo lagi :D. Bisa sekali glek itu :)).

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhaha, aku klo dijorin bikin sendiri juga belom tentu bisa kak mol hihihi

      iyak, kalo pake wadah plastik kayak gini praktis dan aernya ga tumpah tumpah

      Hapus
  19. Andalannya ibukku ini kalo lebaran, tape ketan. Kemarin bikin 5kg. Itu pun masih kurang terus bikin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh 5 kilo...bagi dong ke akuh xixixiixi

      Hapus
  20. Sama ya mbak, di rumah juga ibu bikin tape ketan hitam tapi di bungkus daun pisang, rasanya lebih nikmat kalau di bungkus daun pisang..
    hemmm nyam..nyam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama jadi pengen nyobain ad yang tape ketan item xixixi

      Hapus
  21. Tape ketan asal daerahku katanya udah go internasional Mbak. Tapenya agak sedikit berbeda, dibungkus dengan daun jambu air, terus hijaunya dari air perasan daun katuk. Orang-orang di sana pada pinter bikin tape, tapi aku ngga bisa sama sekali, blas...xoxoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh applause to tape ketan daerahmu mb lev

      Wah keren aku baru tau klo ada yang dibungkus daun jambu air, daun katuk, alami banget ya mb *mata belo

      Hapus
  22. kemarin adikku bikin tape ketan hitam tapi hasilnya gagal, hiks :(

    BalasHapus
  23. kalau aku sih nggak gitu doyan tape nit
    kalo ketannya doyannnss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketan kukus biasa aku juga doyan nyinnn

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...