Kamis, 01 Desember 2016

Kucing (Siluman??)


Jadi gini, di kompleks aku itu kan suka ada kejadian aneh nih. Ada seekor kucing (yang kuprediksikan peranakan anggora) dan dia demen banget maen ke rumah. Maksudnya sih depan pager doang, kalo ga di kolong mobil tetangga yang emang nda dimasukin ke dalam garasi. Nah, kucing ini perawakannya sih sedeng ya (buset kayak takaran cabe aja), ga yang gede-gede amat, tapi juga ga yang kecil-kecil amat. Ya sedikit gemuk dan menggemaskan lah seperti admin. Lalu mengapa dikatakan anggora? Karena ndilalahnya kok ya bulu-bulunya jauh lebih dahsyat ketimbang kucing kampung pada umumnya. Maksud aku lebat gitu loh. Buntutnya juga beda, lebih megar seperti kemoceng dengan diameter yang juga amat sangat berbeda dengan kucing kampung. 



Lalu anehnya di mananya Mbul? *perasaan biasa aja deh -_____-"

Ya aku ngerasa anehnya itu karena dia suka sobo (baca : Bahasa Jawanya maen) malem-malem--hampir selalu di pukul 00.00 WIB. Aneh karena dia anggora yang pada umumnya kan punya majikan ya. Jenis kucing yang biasanya ga dibiarkan nglayap ampe dini hari. Nah ini kayaknya kok nggak bertuan gitu dan ingin segera aku pungut lalu aku jual lewat OLX. Batinku : Kok ya ada kucing mahal malem-malem sampe sini? Apa jangan-jangan kucing siluman? *muahahah, kebanyakan nonton horror china ya gini nih akunya. Kadang-kadang kalo lagi error, aku sama Tamas suka becandaan gini : "Uda kita tangkap aja Dek, terus jual OLX." Bangkai nggak tuh idenya, wakawakk.

Namun suatu kali, tanpa disangka dan diduga, kucing ini datang di siang bolong, dimana sebelum-sebelumnya aku uda berangan-angan nih, kalo misal kucing ini sampe masuk ke dalam teras, rencananya mau aku kasih ayam sama semur ati (masakanku yang kacrut selain ini). Kubilang : "Nanti kalo ucingnya dateng, mau Tiyem kasih yayam goreng." Lalu Pak Suami ketawa. Soalnya semur yang kami seduh dari 3 hari sebelumnya itu udah failed. Rasanya pun acak adut ga keruan karena lupa ditambah air sebelum dipanasin. 

Pas aku ngayal gitu, tak sengaja lah kutangkap ekor megar itu sedang buang aer besar alias boker di depan kandang ayam milik Budhe tetangga. Melihat itu, sontak aku tereak kegirangan. Kataku : "Dataaaang ! Kucingnya datang !" Terus tambah lagi dikomporin ama Tamas : "Tangkapp Dek ! Tangkapp ! Lalu jual ama OLX !" Terus beliau menyarankan supaya aku membiarkan dia masuk sampe depan pintu. Bener dong dia masuk. Sambil kupanggil ck ck ckkk (begitu kan cara manggil kucing?), dia datang mendekat. Terus begitu sampe pintu, segeralah aku lari dan membawakannya sepotong ayam dan semur ati. Pas kusorongkan ayam tersebut, dia agak-agak malu gitu mendengus-dengus. Tapi abis aku liat reaksi selanjutnya, kok dia tiba-tiba malah mundur teratur gitu ya? Semacam penolakan yang sangat kedjaaam.




"Coba tinggalin dulu Dek, siapa tau malu kalo diliatin gitu, "ujar Paksuami menyarankan. Yaudah aku masuk lagi ke dalam rumah sambil ngintip-ngintip manja dari arah jendela. Tapi pas beberapa menit kemudian pengen ngecek lagi (apakah ayamnya beneran dimakan pa engga), owaaalaaah ayamnya malah ditendang terus diinggir-inggirin gitu. Hahahanjer. Jujur banget sih kamu Kuciiing hahhahaha...memang masakan akooh nda enak apa?

Beberapa bulan setelahnya, doi jarang main lagi. Entah kemana yang jelas ga ada kabarnya sama sekali. Apakah trauma dikasih makan ayam ? Hahahaha. Atau mungkin ada kaitannya juga sama gerbang yang uda dipager. Karena kan sekarang seluruh akses komplek digerbang semua. Nah, sebagai gantinya, sekarang ada dong kucing cantik lainnya (kali ini dalam bentuk kampung) yang suka aneh-aneh lagi dan mampir ke rumah. Anehnya ngapain Mbul? Suka sekate-kate naekin ninja yang diparkir di depan rumah dia...hahhahaha...Ga cuma sekali dua kali soalnya mergokin dia naekin motor yang diparkir di teras rumah. Nih buktinya kalau ga percaya.....




Daaaaaan...kejutan maning dong, kali ini yang setengah anggora lagi. Barusan banget ni...diomongin panjang umur juga ni kucing. Masa ya setelah sekian lama ngilang, trus abis diomongin di sini, ni kucing uda nongol lagi...hahhahaha...Dan tau ga si gaesss...jadi malem ini nih, detik ini juga...barusan aja ni, fotonya gue ambil yang si anggora teak, doi nongkrong nungguin si kucing kampung manis yang duduk di atas motor. Pacalaaand merekanya, wkwkwkwk...

Kok serasa pada tau ya kalo pemilik rumahnya punya aura suka ama kucing, jadi tu kucing pada mendekat sendiri-sendiri tanpa diminta
.

120 komentar:

  1. huaaaa mungkin kucingnya merasa nyaman sama kak nitaaaaa, eaaaa....

    salam kenal ya kak nita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya aku punya aura seperti ibu kucing ya cha muahhahaha

      Hapus
  2. Wekekkkwekkkk...kamu lebih lucu ketimbang kucing nya tauuukk...
    Ahaha..si mbul lucu banget sih, itu kucing mau bobo sama mbul, Sanah pus ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh idungbaku jadi kembang kempis, tanggung jawab mb wita ahahhahhahh

      Kucingnya keknya g salh pilih tempat nongkrong tu mb hihihi

      Hapus
  3. Idenya keren juga, dijual di OLX.. hehe

    Karena di omongin jadi aja kuciingnya denger mba, jadi aja kembali.. :)
    Serasa nyaman kali mba tuh kucing.. hihi

    Btw, ngomongin kucing, aku jadi teringat beberapa tahun yang lalu. Aku juga dulu punya kucing, warnanya orange, dan kuberi nama siro, persis seperti nama kucingnya shincan.. Setiap hari kalau makan, pasti ada saja yang aku sisain buat kucing...

    Singkat cerita pagi itu aku nyari-nyari entah kemana itu si siro, dan ketika nenek aku temukan udah di dalam sumur, entah lagi ngerjak apa atau tiba-tiba jatuh dan disitu sedih tentu :(

    Sampe sekarang belum memelihara lagi, ada sih di rumah nenek, tapi karena akunya di perantauan jadi kurang tahu sekarang bagaimana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kali ya, kucingnya punya indera ke 6 wakakakka

      E sinchan bukannya piaraannya anjing ndi jahaha

      Waduh kesian banget ampe nyemplung sumur huhu

      Hapus
    2. Ehh iya yah, aku lupa .. haha

      iya mba kasihan, makannya kalau lihat kucing suka teringat gitu :)

      Hapus
  4. Kucing tetanggaku anggora dibiarin liar tuh mbak, 2 hari kadang nggak pulang. Kalau kucingku peranakan anggora malah introvert banget dan anak rumahan. Kerjanya makan tidur makan tidur makan tidur doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaampun kucing kamu ngegemesin banget nggi hahhahahah
      Klo acaranya cuma makan tidur makan tidur buang aer rasane pingin nablok, eh pingin kuwel kuwel ya akakakakk

      Hapus
  5. waduhhhh sampe digituin hahahaha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya semur ayamku ditendang gitu ya mas dindin hahhahahahhah

      Hapus
  6. wkwkwkwk idenya bangkai *embeeerrr sis! :D ngakak akuh sampe imutku ilang *digaplokMbul :p
    aku sukanya cuman kucing persia/anggora yg long hair mba klo yg kucing kampung gilani makanya dirumah cuman ada 2 ekor persia aja kurawat dg kasih sayang penuh cinta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaak, kucingmu 2 kan ya mb yang digendong neyna di ig, unyuuuuk hihi , sini kasih aku satu #ditoyor ahahhaha
      Kucing kampung aku suka mb, tapi pilih yang gembul seperti akuuuw tentunya hahhahah

      Hapus
  7. yang diatas saddle motor itu lucu banget deh nyit tapi lebih lucuan komikmu yang dibawah itu sih :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang di saddle pengen ditabok banged ngga sih ahahahah

      Hapus
  8. Aku pernah baca di mana, emang kucing begitu, Mbak. Dia punya perasaan memilih gitu. Misal Mbak penyayang binatang (terutama kucing), otomatis kucing itu suka nyamperin dengan sendirinya. Ehehe. Maaf kalau sotoy. Ini cuma karena pernah baca di mana gitu.

    Itu hasil kucing kampung kawin sama kucing anggora ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya yog, agak-agak mistik mistik gimana gitu
      tapi kok anehnya sering bener
      kucing yang mau mati juga, keknya ngilang gitu aja tanpa mau terlihat oleh tuannya

      Hapus
  9. kucing?
    binatang yang kadang nyebelin, soalnya suka bab sembarangan deket rumah
    etapi, kadang2 lucu juga kalo liat mereka bersih gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nyebelin tapi nggemesin juga ahahhaha
      kudu rajin dibersihin mas biar kinclong

      Hapus
  10. kucing itu sama kyk anak2 gitu kan?
    mereka tauuuh siapa yang bener-bener sayang sama mreka..
    #lopelope

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak...kucing berasa kayak bayi gitu ya, polos tanpa dosa *tsaahh

      Hapus
  11. horor jg klo kucing maen malem2 hihihi kucingku klo malem mah molor. kucingku jg gak doyan makan ayam goreng dan lain2 karena kebiasaan dikasih makanan kering kucing :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pilih-pilih ya mereka wkwkkwkwkw
      *mintak ditabok banget emang tu kucing ahahha

      Hapus
  12. Kucing? Haduh baru denger namanya aja aku udah geli ama bulunya yang nempel
    di jok, di hambal ih maaf aku paling kesel itu sama kucing, hem pantesan nggk ada yg datang ke rumahku itu kucing, mungkin karena tahu tuan rumah nggk suka kucing

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah phobia sekaligus alergi bulu ya

      hahahha tapi bikin ngakak komen kamyuh, temen aku juga ada yang ampe naik meja karena takut ama kucing

      Hapus
  13. ihh mbuuul nongkrongin kucing pacalaaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaii jadi orang ketiga alias setand

      Hapus
  14. Wkakakaka ujung ujungnya kucingnya malah pacaran ya mba.

    Itu durhaka ya kucingnya. Semur ayamnya ditendang gitu aja. Hahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia mengacuhkan semur ayamku laaand ahahaha

      Hapus
  15. di rumahku juga ada yang begitu Nit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang liar sering mampir rumah gitu ya nay?

      Hapus
  16. Itu kucing perpaduan antara kucing sama kemoceng
    Itu kucingnya ngpain boker di kandang ayam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia nik, aneh bin ajaib kan...mau menggusur ayamnya kali ya ahahhaha

      Hapus
  17. Hahaha sama nih. Di rumah gue juga selalu ada aja kucing yang dateng. Dari mulai yang bagus sampe yang mitna dimartil. Itu tapi udah kalo kucing aja udah nendang makanan... berarti tak perlu diragukan lagi rasa masakannya. *kabur naik ojek*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((((masakanku ga enak)))
      (((masakanku ga enak)))

      Hapus
  18. heheheh dirumah ngga ada kucing soalnya aku pecinta anjing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah anjing dan kucing kalo ketemu bisa gelut deh ahaha

      Hapus
  19. kalau pecinta kucing memang begituu..kucingnya juga tau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kucingnya tau cinta sejati ya mba *tsaahhh

      Hapus
  20. Aaaakk bahas kucing. Duh, aku jadi keinget kucing-kucingku di rumah. Hahaha terus nasib si Ayam gimana setekah ditendang-tendang sama tuh kucing, mbak? xD

    Cingkucing tau pacalan juga yaaa, mereka pasti lagi bikin planning buat praweding. Uhuy~

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayamnya ditelantarkan begitu aja
      terus disemutin
      terus kucedih
      terus malaz masakk ahahahhahaha

      iya ih, besok kufoto prewednya ahh

      Hapus
    2. Padahal ayamnya kalo dimasak kan enak (?)

      Bahaha, oke mbak. kutunggu foto prewednya xD

      Hapus
  21. Gak kepikiran pelihara kucing. Tapi sering kasih kucing yang lewat dengan sisa-sisa ikan. Yang kata tetangga itu yang buat betah kucing ngendon deket rumah hahaha. Ayooo tangkaaap, jual di OLX #malah kompor hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. emm...jual OLX aja apa yach...dah banyak yang polling nih hahaaai

      Hapus
  22. hahahaha sii embul ngegemesin banget :D

    BalasHapus
  23. Aku geliii kalau ama kucing, mba. Lihat bulunya udah geli aja. Hiiii

    BalasHapus
  24. Kalo maen ke tempatku pasti seneng deh, ada tiga kucing keturunan campuran, yg dua bulunya tebelll kayak mantel

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaaaa, maoookk ih liat kucing mu mb hihihi

      Hapus
  25. Iya mbak bener, jual aja di olx, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tu kan dah ada yang polling lagi
      *perimbangin buat jual di OLX :xd

      Hapus
  26. Eyaampun buntutnya megar gitu kok lucuuu, kayak brush mekap hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha buat blush on-an dunk yak

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwk brush make-up dikataaaa :))))))


      Kupikir kemoceng beneran *eh

      Hapus
  27. Kucing kalau udah pewe emang gitu :D
    btw.. kalau pas ngusel-ngusel gitu kdang bikin gemes... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pewe banget mas, ampe ngalah-ngalahin singgasana yang punyak rumah wakakak

      Hapus
  28. itu rezeki nit :).. kalo kucing dtg ke rumah, kasih makan aja , selalu sediain whiskas ato frieskies gitu :D..

    itu yg setengah anggora, ceritanya rada2 mirip ama kucing pertamaku dulu.. namanya Biebie... setengah anggora gitu... awalnya g tau itu kucing sapa, tau2 datang ke rumah... jinaaak banget.. kita mikirnya dia diusir ama pemiliknya yg lama krn di lehernya ada luka :(.. makanya sjk itu aku pliara... itu pas aku smu... tapi skr mah udh ga ada kucingnya.. pas dia pergi, aku sampe nangis berhari2... sedih banget itu... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb fan hihi, sukanya milih-milih makanan *dah kayak manusia aja
      ooo jadi itu cerita si Biebie tempo hari mb, kasiannn banget..kebayang lucunya kek apa

      aku juga pas kucingku ngilang karena umur dah tua (mungkin juga mau ninggal dan ga mau diliatin tuannya) rasanya jadi kepikiran...ni kucing kok ga balik2 rumah lagi

      Hapus
  29. kami sekeluarga juga pecinta kucing Mba Nitaa, apalagi 3 adikku yang cowok mereka semua suka kucing, hihihi :)

    dan kata orang-orang,kucing itu biasanya tahu siapa orang yang cinta sama mereka, makanya mereka suka datengin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing kampung aka domestik atau yang peranakan mb ir? aku suka semua jenis apalagi yang gebod-gebod badannya *lirik admin

      Hapus
  30. Kalo aku sendiri sih disamperin kucing udah kabur kali mba, takut soalnya hehe

    BalasHapus
  31. Waksss kamukejam kalo sampai jual kuning tanpa pemilik ini di OLX hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahhaha, soalnya gemes banget om cum ama aneh aja kok suka main dini hari wkwkw

      Hapus
  32. Kucingnya kocak yaa buntutnyaaa
    Mbul ada2 aj masa kucing dikasi semur hahaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buntutnya jelmaan kemoceng itu ci huahahahaha
      mending semurnya diembat ndiri aja ya

      Hapus
  33. ati2, nanti si pus-pus meninggalkan bomb di atas motornyaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda terjadi mb riii...uda terjadi ahahhah
      Dia meninggalkan poop terus abis itu bawa oleh2 bangkai clurut....pinter banget kan kakakkakakakakakk

      Hapus
  34. Katanya...klo suka kucing..nanti bakalan banyak kucing yang pada maen Nit. Rumah ku juga. Tapi sayangnya...sebelah rumah benci sama kucinh...jadi klo ada kucing yang mpe main di sebelah, apalagi nyolong lauk...siap2 di kasih racun tikus sama dia.

    Eh..aku punya kucing baru lho..anak campuran persi-Jawa.
    Tapi sebelnya..masih eek sembarangan. Masih umur 2 bulan, jd masih ngompolan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb,kmaren baru ditayang-tayang mau dikasih kesed (maksudnya buat bubuan) ealah malemnya dah ninggalin oleh-oleh curut mati ahahhahaha

      Hapus
  35. Mbak jadi rumah mu di jadikan tempat apel nya mereka gitu ?
    hahahahhaa

    BalasHapus
  36. Kedjaaam banget ayamnya ditendang, bukan gak enak kali, tapi dia minta kangkung ama tempe aja. Di depan rumahku juga banyak kali kucing, sayang aku enggak begitu suka kucing, jadi aku gak pernah memanggilnya...huhuu, aku masih trauma pernah dicakhaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dichakarrr itu rasanya nikmat mb awawawkkk

      Hapus
  37. wah kucingnya blasteran anggora he he he

    BalasHapus
  38. Kalau nggak ada yang nyariin berarti kucinngnya nggak bertuan tuh Nit, di HM aja hehe..

    Kucing sekarang nggak doyan ayam semur ya, mungkin kurang komplit menunya Nit, harus ada es jeruk dan lalapan juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh iyak harus disanfinhin es jeruk muahahaaa

      Hapus
  39. maklum kucing peranakan .. selera makannya tinggi :D

    BalasHapus
  40. ck ck cckk itu buat manggil ayam, tp saya jg klo manggil kucing jg gt, ehehe
    itu pus nya keren bener pas ngomong 'tak pantas kumakan' :D

    terus nasib semur ayamnya gmn? haha dikasih ke ayam aja, pasti mau ayamnya.
    biarkan si ayam jadi kanibal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa sama dip panggilan ayam ame kucing
      (((Ayam kanibal)))

      Hapus
  41. Pengen punya kucing juga, sayangnya dirumah anak balita. Takut nanti kucingnya kabur karena dianiaya :D

    BalasHapus
  42. Lho, biasanya nggak ada kucing yang menolak ayam. Tiba-tiba ada yang nolak, jadi kaget aja. Biasanya kucing di rumahku bakal nolak kalau dikasih kerupuk, Mbak.

    Kucingnya keren juga naik Ninja. Pasti bakal kelihatan gagah. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krupuk jelas nolak rob, palagi yang mlempem wkwk

      Iya kucingnya kereeend

      Hapus
  43. Jadi tempat favoritnya para kucing hehehe

    BalasHapus
  44. Kucingnya jadi udah diambil dan dijadiin kucing peliharaan sendiri belum ka tiwi?

    Kan lumayan tuh, masak lagi pake menu yang beragam, kalo masih gak mau, masak lagi, gak mau lagi, trus 10x nolak makanan ka tiwi, udah jual aja di OLX, pasti dia langsung makan begitu ngeliat ada iklan dia mau dijual di OLX, langsung nurut deh, biar enggak jadi dijual, hehe. takut pisah kali kucingnya sama kucing yang naik motor ninja yang berasa udah bobo di sofa, padahal itu jok motor, gak tebel2 amat, tapi bagi kucing, surga banget bisa nongkrong keren disitu. wkwk

    Nice story :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fix jual olx ajah otak
      dagang jalan hahaha
      Iya kayaknya kucingnya ngadopt lagu nek ra ninja ra dicinta eaaaa

      Hapus
  45. oalah sobo itu bahasa indonesia nya maen toh, aku pikir dolan bahasa jawa dari maen... wkwkw

    BalasHapus
  46. Kayanya kucing itu biasa makan makanan kucing yang mihil gitu ya mbul, makanya dia asing dikasi ayam. Apa emang beneran ngga enak rasanya? Huahahahahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahuaaaa diperjelas nda enaknya dian wakakaak

      Hapus
  47. Oalah kucingnya lucu tu yang duduk di atas motor.. kebetulan aku juga suka banget sama kucing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong ma aku om tante distributor diener ^^

      Hapus
  48. Kucingnya cukup bagus kok tampilannya. Aku paling ngeri dengan kucing yang warnanya hitam, jadi keliatan horor gitu hahaha

    BalasHapus
  49. Kacrut itu artinya apa ya?

    Lalu pengen.miara kucing ga?

    Btw motornya keren (salah fokus) heeheeh

    BalasHapus
  50. Eaaaa, gak sekalian dipanggilin Pak KUA aja apa mereka Mbak? Hihihih.

    BalasHapus
  51. Kucing pemilih itu, doyannya ikan doang macam kucing entah siapa tau yg sering diri di depan pintu lama2 kalo lihat saya 😁 karena saya sering bagi ikan 😁 ajegile ngayapnya tengah malem. Anak dugem 😂

    BalasHapus
  52. biasanya kucing bisa mencium aroma penyayang binatang disekitarnya ^^

    BalasHapus
  53. Wah mamaku kalau ada kucing langsung ribut ngusir2in hahaha. Kalau aku sih selagi gak ganggu, diemin aja nanti juga pergi sendiri. Nah itu kucing2 di komplek mba nit kayanya paham ya kalau mba nit penyayang kucing, jadi nyamper mulu kek nyamper sahabat hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kamu takut kucing sya? Apahhhh ternyata biasa aja ke kucing?? Hshaa
      Iya keknya ada aura yang memancar gitu

      Hapus
  54. Kucing itu punya titik2 daerah kekuasaan yang nyaman menurut dia. Berpindah tempat hanya unt sekedar tidur.. untung2 dapat makanan juga. Jika kucing tdk mau makan ada penyebabnya. Makanan itu terlalu berbumbu (coba deh cuci dulu) atau mungkin sudah basi. Karena penciuman kucing tajam jadi mereka juga pilih2 makanan kecuali yg kelaparan. Sekarang ini banyak kucing lokal yg kawin dgn kucing ras persia, anggora dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasi infonya, aku jadi nambah ilmu perkucingan ni ^_^

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...