Jumat, 16 Oktober 2020

Review Yokohama Chinatown Fantasy



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Kali ini aku akan bercerita tentang salah satu komik kesukaanku yang berjudul Yokohama Chinatown Fantasy karya Yuji Nishi Sensei (story) dan Hikino Shinji (art) dari volume 1-19. Walaupun yang aku baca minus volume 1 dan pamungkasnya volume 19. Aku mandeg sampai 18 Cuy, soalnya sekarang susah beli komik satuan kalau yang modelnya gini (baca : seri). 

Di Blok M aja aku dapatnya 2-18. Di Gramed atau toko buku offline lainnya juga uda susah nemu. Terutama yang 19. Dan ternyata setelah 19 itu sudah tidak ada lagi dikarenakan sang komikusnya telah meninggal dunia dan menyisakan cerita yang masih ngambang padahal lagi seru-serunya. Greget ihhhhh kayak sakaunya orang lagi kangen eh yang dikangenin kagak peka-peka haha.....Tapi ya begitulah kalau sudah bucin (budak cinta), cerita yang akhirnya malah kentang ini (kena tanggung) tetap aku nikmati sembari tetap memetik setiap pelajaran yang terdapat di dalamnya seperti tentang kegigihan, passion memasak, keuletan, dan sikap tulus apa adanya walaupun kadang direndahkan oleh jenis-jenis manusia lainnya yang merasa diri paling tinggi atau congkak. Tentunya di sela-sela pemandangan gambar masakan yang berkilauan dan menerbitkan air liur...sluuuppph... nyem..nyem... 

Baca juga : Review W Juliet 


Berfokus pada Hanako Nakamura atau biasa disebut Hana yang ahli dalam hal memasak nasi goreng. Hana yang lugu namun pekerja keras dan berkemauan tinggi ini pergi mengadu nasib ke Pecinan Yokohama untuk menjajal kemampuannya sebagai koki nomor 1 di dunia. Sebelumnya ia adalah gadis biasa-biasa saja yang hidup bersama kedua orang tuanya di sebuah desa kecil di Tokushima. Tapi karena tekadnya sudah bulat untuk menjadi seorang koki, maka ia pun rela hijrah ke Pecinan Yokohama walaupun dalam perjalanannya tak semulus pipi gembil admin blog ini. Terlebih karena ia harus magang di Restoran Manten yang aslinya adalah milik adik kakeknya Tuan Takesaburo yang saat ini sudah dikelola oleh generasi kedua aka menantunya (Tominaga dan juga putrinya sendiri Nakako yang jauh lebih tegas dari suaminya itu). Nah, tugas Hana di Manten adalah dipasrahi sebagai tukang cuci alat-alat masak dan juga pekerjaan serabutan lainnya dengan upah sebesar 30 yen untuk sebulan. Tak jarang karena sikap nrimo in pandumnya itu, 3 orang seniornya yang rese sering menggojloknya dengan semena-mena walaupun ia tetap bersikap baik dan tidak pernah menaruh dendam sedikit pun dalam hatinya. Fokusnya cuma satu. Ingin mendalami masakan China. Itu saja. Jadi ia tidak peduli seberapa pun jahatnya orang lain memperlakukannya, ia akan tetap bersikap baik. 

Sebenarnya Presdir lama aka Tuan Takesaburo masih sehat dan bugar sampai dengan saat ini. Namun, ia sengaja menyamar menjadi penjaga asrama di tempat Hana tinggal sambil memantau kemampuan cucunya mulai dari nol. Hana sendiri tidak tahu akan hal itu, walaupun seringkali ia juga jadi belajar pada sang kakek tentang bagaimana meramu makanan-makanan sederhana namun terasa lezat karena dimasak dengan hati.

Singkat kata, cerita kemudian menjadi semakin seru tatkala Hana bertemu dengan sesosok hantu yang berwujud Selir bernama Yang yang berasal dari kerajaan China pada masa dinasti Tang yang juga sebenarnya bisa dilihat oleh Tuan Takesaburo. Dengan segala kenylenehan dan kenyentrikannya, hantu inilah yang akhirnya mempertemukan Hana kepada sepasang kakek nenek pemilik Kedai Shanghai yang hanya khusus menyajikan nasi goreng sebagai menu utamanya. Walaupun bahan pelengkapnya tentu berbeda-beda setiap harinya namun entah kenapa rasanya bisa jadi sangat enak karena dimasak oleh Hana. Jadi, saat jam istirahat Manten, ia rutin ke Kedai Shanghai dan menggantikan posisi sang kakek yang sudah pensiun mengoprek wajan setelah bahunya cedera. Meskipun tentu saja hal ini dilakukannya secara diam-diam karena peraturan Manten yang tidak memperbolehkan pegawainya memiliki pekerjaan lain di luar resto berbasis Chinese Food tersebut. Yah, walaupun Hana juga sering dicurigai oleh 3 orang seniornya tadi karena setiap jam istirahat tiba, ia selalu menghilang entah kemana. 

Selain itu, kehidupan di balik layar dapur pun menuturkan banyak sekali kehectican yang dialami oleh Hana. Mulai dari atasan yang pelit karena maunya praktis saja dan menuntut karyawannya bisa menangguk keuntungan sebesar-besarnya, kepala koki yang galak dan judes terutama setelah pergantian posisi dari Kepala Koki Chen menjadi Kepala Koki Shimano yang cenderung gemulai, Nona Yuhuan yang merepotkan (padahal ia adalah anak dari investor Grup Raksasa Shanghai yang dititipkan ke Manten untuk belajar ilmu di sana dan akhirnya malah menjadi karibnya Hana), Manajer Yoshida yang menyebalkan, 3 orang senior Hana yang rese, dll. Juga datangnya resto kompetitor yang bawaannya selalu ingin menjatuhkan atawa bersaing kotor--yang dalam hal ini diprakarsai oleh Manajer Arita. Tapi ada bagian lucunya juga sih setelah kemunculan si Arita ini, dimana ia sempat menggaungkan 'Semangat Anti Mubazir' dengan cara memerintahkan para staff di dapurnya untuk memasak kembali makanan sisa agar bisa dihidangkan kepada pengunjung yang akhirnya malah berakibat fatal karena memunculkan kasus keracunan massal. Berkat Arita dan tentunya Kepala Koki Shimano, cerita berjalan semakin parah membuat emosi naik turun karena memang mirip alur sebuah sinetron yang penuh intrik, dimana saat konflik semakin meruncing ingin rasanya aku cepet-cepet berkata bahwa, kapan sih Si Hana ini ketahuan yang jadi kokinya Kedai Shanghai, sosok yang selama ini bisa membuat nasi goreng seenak itu sampai-sampai kelezatannya sudah diakui seantero Pecinan. Kapan sih si Shimano, Arita, 3 senior Hana, Tominaga, dan Nakako (pokoknya yang rese-rese deh) akhirnya tahu bahwa Hana lah cucu Pak Presdir lama yang kelak akan bergabung dengan Manten bukan sebagai pegawai magang saja, tapi pewaris ahaaaha...sumpah ku greget banget...ya walaupun di awal-awal ada beberapa tokoh yang resenya naudzubillah tapi setelah makin ke sini kok ternyata makin wise ya kayak si gemulai Shimano yang sebenarnya sudah mencium potensi Hana dan ingin terus melatihnya supaya makin bersinar.

In the other hand, aku juga jadi belajar banyak hal, terutama tentang strategi penentuan harga sebuah resto terhadap menu-menu makanan yang disajikannya jika dikaitkan dengan timing dan bahan utamanya. Timing yang kumaksud di sini adalah apakah menunya untuk jenis menu makan siang atau menu makan malam. Lalu harga bahan makanannya sendiri kira-kira berapa. Setelah jadi menu bisa dijual dengan harga berapa, perhitungannya bagaimana, supplynya darimana...apakah lokal ataupun dari luar negeri, kualitasnya seperti apa, dsb. 

Kalau dari segi gambarnya sendiri, memang dia bukan lah komik yang garis gambarnya khas untuk karakter serial cantik sih. Tapi lebih ke garis-garis gambar orang in realnya. Jadi kayak orang nyata, ga yang langsing atau cakep-cakep semua, matanya gede, badannya jenjang, gitu-gitu dll. Ga. Tapi macem-macem layaknya orang yang ada di dunia nyata. Misalnya Hana yang baik hati digambarkan dengan tipikal wajah manis, bermata bulat dan selalu tersenyum (walaupun sering ditindas kek admin jaman sekolah dulu), kakek nenek yang penyabar dan tidak tegaan, Shimano dengan wajah lonjong juga mulut mencang-mencong seirama dengan gesture tangan yang gemulai, Selir Yang yang centil namun juga bijaksana dan mampu mengemong Hana agar bisa menjadi orang besar nantinya, Arita yang mengarahkan dia ke karakter muka-muka licik dengan wajah kotaknya, Nona Yuhuan yang cuek bebek, tidak peka, tapi aslinya cerdas dan mau belajar apalagi setelah berteman dengan Hana, Nakako yang dingin, juga Tominaga yang bodoh tapi kok ya isa-isane didapuk jadi Presdir. Terus tak ketinggalan tentu saja Tuan Takesaburo yang seolah jadi gong diantara kesemuanya karena dialah yang paling menentukan di ending (harusnya ya), walaupun volume 19 aku blom baca #nangis sesengukan. Pukpukin Adek dong Bang. Itu dari segi karakter gambar orangnya. 

Kalau dari unsur lain yang tak kalah membuatku kagum adalah gambar background di luar orangnya, terutama makanannya #yaiyalah namanya juga komik makanan hohoho...Menurutku ya, bahan makanan yang digambarkan di komik ini begitu berkilauan. Detailnya itu jelas. Garis-garisnya rumit jadi terasa nyata. Terutama bahan pelengkap nasi gorengnya yang bisa diambil dari unsur hewani, nabati, maupun sayur mayurnya. Taruhlah contoh seperti ketika Hana ditugaskan menemani Nona Yuhuan jalan-jalan dan ia diberikan pilihan dengan uang dari Manajer Yoshida sebesar 30 ribu yen, maka Hana diberikan pertanyaan bakal dibelikan apa uang tersebut, apakah dompet mahal atau satu pick up tomat segar nan merah merekah yang mereka temui di jalan. Nah si Hana ternyata memilih tomat dong pemirsa yang kemudian diolahnya menjadi satu jenis nasgor yang ga gampang dilupakan rasanya dan tentunya menjadi signaturenya Kedai Shanghai. Juga gambar irisan jamur matsutake lokal yang digambarkan sangat detail, terung, telur dengan kualitas terbaik tapi sayangnya terkena isu flu burung sehingga penjualnya yaitu peternakan Hanayama tidak laku tapi kemudian diborong oleh Hana, gingko biloba yang mengantarkan nenek Kedai Sanghai kepada saorang sahabat lama, chasiu atau daging babi panggang merah olahan Tuan Takesaburo, bola-bola nasi campur, dll. Semua tampak digambarkan detail dan menggiurkan seperti aslinya. 

Dari komik ini aku juga bisa belajar bahwa teknik membuat nasi goreng di Kedai Shanghai tidak semuanya pure digoreng. Ada juga yang ditim, dikukus, atau dibakar. Juga campurannya yang berbeda-beda setiap harinya membuat nasi gorengnya terasa sangat istimewa. Ditambah pula filosofi-filosofi bahan makanan yang biasa diselipkan setiap kali memasak menu. Seperti saat Hana bertemu dengan seorang anak lelaki SD yang sedang melakukan kunjungan ke restoran Manten setelah berdarmawisata ke Kuil Mesobyo di dekat Pecinan. Anak lelaki tersebut terlihat gundah gulana dan berdoa sangat kyusuk di hadapan dewi yang ada dalam kuil. Di sana ia meminta supaya ayahnya yang bekerja sebagai pelaut senantiasa selalu diberi keselamatan dan bisa segera pulang berkumpul dengan keluarga. Namun, saat makan di Manten ia terlihat tidak bersemangat. Rupanya ia bersikap seperti itu karena ada makanan yang tidak disukainya hadir dalam piring, makanya ia malas makan. Lalu sepulangnya dari Manten dan ia bertemu Hana di jalan, ia pun diajak Hana (yang juga dibantu oleh Selir Yang) untuk mampir ke Kedai Sanghai karena Hana ingin memberinya pendidikan tentang makanan. Maksudnya supaya ia tidak pilih-pilih lagi terhadap makanan. Dengan begitu, doa si anak waktu di kuil tadi dijamin bakal terkabul dengan cepat. Si anak pun kembali bersemangat. Ia menyebutkan apa saja bahan makanan yang tidak disukainya yang salah satunya adalah terung. Nah, untuk memudahkan misi tersebut, maka diungkapkanlah filosofi tentang "nasihat orang tua dan bunga terung". Jadi, kalau bunga terung sedang mekar, maka hampir semuanya akan menghasilkan buah. Begitu pula dengan nasihat orang tua yang hampir semua demi kepentingan sang buah hati. Jadi, dari situlah akhirnya si anak lelaki tadi akhirnya mau belajar untuk tidak pilih-pilih makanan lagi dan bahkan memakan semua masakan Hana sampai piringnya tandas karena memang rasanya enak.

Lah kok terung bisa untuk nasi goreng? Di tangan Hana tekniknya jadi begini : terung yang aslinya bersifat menyerap banyak minyak bisa diakali dengan cara menaburkan garam dan mendiamkannya sebentar. Dari situ terung akan menjadi layu meski ditumis atau digoreng alias tidak akan menyerap minyak terlalu banyak tapi masih terasa lembut di dalam. Teknik lain yang menarik perhatianku adalah teknik double coating yaitu teknik mengikat telur dengan nasi goreng sambil menggoyang-goyangkan wajan. Pokoknya banyak hal menarik yang aku dapat dari komik ini yang hampir kesemuanya diceritakan dengan penuh kehangatan.

Eh tapi bentar, komik masak-masak yang underated begini, pas ceritanya nanggung kok bikin ati aing jadi gonjang-ganjing gini ya.....maksudnya, akutuh jadi penasaran ama endingnya. Terus apa kabarnya kalau One Piece yang punya fans fanatik sejuta umat tetiba mandeg di tengah jalab hihihi...(kita doakan saja semoga Eichiro Oda Sensei yang misterius itu tetap selalu diberikan kesehatan). Soalnya kalau mandeg di tengah jalan pas lagi seru-serunya pasti bikin cirambai sejuta umat...#bener-bener salut ama komikus yang karyanya selalu dinanti-nantikan pembaca. Kalau ga update-update pun bakal ada yang sakaw kek gw hahhaha...

Demikianlah reviewku tentang Komik Yokohama Chinatown Fantasy yang pertama kali aku baca saat aku masih kuliah di Bogor dulu. Mengingat aku anaknya ga ada ikut organisasi, jadi selain kampus kosan ya hiburanku yang introvert parah ini adalah baca-baca komik di rental bacaan yang ada di ujung gang menuju kosan sebelum kuburan pas setelah tukang asinan buah langganan (ini juga bapak-bapaknya apal banget sama aku #pedagang mana sih yang ga apal sama aku :D). Nah itu tuh dulu jadi tempat tongkronganku sehabis ada kelas. Ya, pertamanya emang mas-mas penjaganya aku pikir sih mukanya sangar ya, soalnya ga pernah senyum.. mungkin dikira aku cuma numpang baca gratis aja kali ya, wkwk.....Tapi habis aku bikin kartu anggota dan tiap beberapa hari mampir pinjem (per sewa 1 komik Rp 1000-an apa ya lupa...tapi kalau telat kena denda), nah aku sering bener sekali mampir pinjem banyakan..mungkin ada 4-5, jadilah akhirnya yang jaga berubah jadi ramah aka sering senyum wkwkwk.. Malah sering kali aku ga sah disuruh bayar denda kalau telat balikin hahha..begitu pula si ibu yang punya yang kadang nyatron rental komiknya juga. Si Ibu mah baik banget sering kasih aku gretongan pinjeman pas aku pinjem banyak wkwkwk...#berkah anak soleha ye Bull..hohoho..

Dah ah segitu dulu updateanku hari ini...pada kangen ga sih kalau gw ga update update? Ga ya? Haha...ciyan deh si Mbull...

yuk mariiiee, selamat weekend semua

^____________^



 

58 komentar:

  1. Halo mbak mbul, pertama aku ucapkan selamat karena udah update lagi (ngomong opo Iki.🀣)

    Kalo soal komik Yokohama Chinatown Fantasy ini aku belum pernah baca, bahkan baru tahu disini. Tapi aku juga sebenarnya suka komik yang genre fantasi seperti Doraemon, Dragon Ball, atau detektif Conan yang dari taun 2000an sampai sekarang Conan nya ngga gede gede plus Ran juga ngga tahu kalo Conan itu sinichi. Eh katanya sih tahu tapi ngga nemu momen yang pas buat ngungkap Conan itu sinichi ya.

    Ok, sekarang fokus ke Hanako atau Hana. Kalo bahas Hana yang hobi masak kok malah ingatnya Spongebob karena sama sama koki ya, apalagi atasannya pelit seperti tuan krab.🀣

    Tapi disini ada arwah selir yang dari dinasti tang ya. Kok bisa sih selir itu kesasar ke Jepang, apa ngga pakai google maps ya.😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeeee...pertama kalinya denger mas pake bahasa jowo 🀭
      #sungguh moment langka

      mas tau ga sih, aku kan kolektor komik jadul loh, tuh di lemariku lengkap ada conan edisi awal ampe entah ke berapa, aku kan pecinta detectif conan juga mas πŸ˜†, tapi kalau ngomongin conan entah kenapa aku selalu greget pas mau mbahas siapa di balik organisasi jubah hitam itu Mas ..terutama sosok gin yang misterius dengan rambut panjangnya juga komplotannya yang pake bahasa sandi nama nama minuman beralkohol, eeeee tapi ujung-ujungnya yang dibahas selalu kasus suee yang biasa aja ya per chapternya, seolah yang mo ngungkap jubah itemnya nda jadi-jadi alias ketunda mulu #kesian Rannya yah diPHP-in hahha...e ga sih ama conan dijagain dari jauh juga deng ya #e la kok kita malah bahas conan ya hahha...maapkan #aku suka conan soalnyaa mas

      kalau doraemon aku ada tuh mas koleksi aku yang seri petualangan tapi...
      eh kalau dipikir pikir koleksi komik aku uda cem koleksinya rental bacaan juga loh...pengantin demos juga lengkap mas ama beberapa serial cantik πŸ™ˆπŸ˜

      mari kembali pada Yokohama Chinatown Fantasy...iya mas komik ini sampulnya kebanyakan merah oranye gitu, covernya agak lebaran dari komik biasa....nah aku suka ini karena ceritanya kayak sinetron mas, bikin greget ada yang tokohnya baeeee banget, ada yang licik n nyebelin hihi
      terus aku sukanya kalau abis baca ini jadi kebayang-bayang terus ama gambar nasi goreng dan bahan-bahannya mas, gambarnya neycurel banget...cakep deh gambar masakannya.

      iya yah, ooo aku tau...mungkin karena hantu selirnya nongkrong di area pecinan Mas . ...😊, walaupun pecinannya ada di jepang πŸ™ˆ

      Hapus
    2. Aku punya beberapa komik Conan sih tapi ngga banyak, mungkin 5 atau 6 kali ya, ntar aku lihat dulu.πŸ€”

      Dulu sebenarnya ada 15-20 komiknya, cuma dipinjam teman tapi pada ngga balik lagi. Ini pinjam apa nganu sih, bertahun-tahun tapi kok ngga dibalikin.🀣

      Kalo Doraemon malah lebih banyak lagi, ada 30 komik lebih tapi ya gitu, sekarang tinggal 3 kayaknya, sama nasibnya kayak Conan, dipinjam ngga balik.πŸ˜‚

      Iya, aku juga penasaran siapa pemimpin gerombolan jubah hitam, ada yang bilang kalo bos nya itu bapaknya Conan karena pintar sekali, apalagi yusaku kan sering keluar negeri. Lha kok malah bahas Conan.πŸ˜‚

      Kalo baca Yokohama Chinatown Fantasy kok aku jadi ingat komik topeng kaca punya adikku mbak walaupun itu tema utamanya seni akting film atau drama, tapi Lika likunya seru.

      Hapus
    3. mas agus : wah mas kalah !! aku lebih dari itu loh koleksi conannya wakakka #walaupun beberapa ada yang masih segelan sih 🀭

      pinjem apa nganu ya haha, ditagih dong.. eh ternyata uda dijual di e commerce gimana perasaanmu mas..πŸ˜†

      atau malah buat bungkus tempe mendoan atau tahu berontak? hahhah


      tapi emang ngebetein sih kalau ada yang pinjem trus pada pura pura lupa ga balikin, malah diklaim punya sendiri lagi #pengalaman

      hahhhaha..

      iya si komplotan jubah item ini emang misterius mas, bingung tujuannya apa...tapi aku sempet baca range rangean aja tapi ga tau bener apa cuma hossip..masa ada yang bilang dalangnya malah proffesor agasa? ntahlah ai dont know wkwk

      doraemon aku ada banyak...baik yang sehari-hari maupun petualangan, tapi kalau yang paling aku suka yang petualangan, lebih seruuuu...

      komik topeng kaca mah aku tau banget mas, ini kan gambarnya satu style dengan pengantin demos dan candy candy, yang matanya gede gede belo ama rambutnya ngruntel ngruntel...tapi aku pikir tadinya dia genre horror loh kayak pengantin demos atau komik jadul horrornya cie watarie..πŸ˜„

      Hapus
    4. Sepertinya aku harus ke rumah mbak mbul biar bisa minjem komik Conan gratis nih, kalo waktunya ngga cukup nanti aku bawa pulang.

      Terus kalo nanti ditagih pura-pura amnesia aja.πŸ˜†

      Wih, sampai komik cie watari juga ada, itu salah satu pengarang favoritku karena gambarnya bagus dan jalan ceritanya seru. Kadang ada pengarang lain yang gambarnya bagus tapi ceritanya datar saja.

      Hapus
    5. mas agus :
      iyakkk, komik horror chie watarie mas ternyata tau juga tah, aaaakkk #antusias...πŸ€— bagus kan ya mas komiknya, gambarnya itu khas, walaupun dulu kulihatnya garis garisnya itu sederhana, tapi ceritanya ini kerasa banget horrornya...artinya gambar berhasil membawa nuansa horror sampai terbayang bayang gitu ya kan mas,


      aku ingat banget yang judulnya misteri bunga suzuran, covernya gambar wajah dengan senyum menyeringai diantara dedaunan ijo, daunnya bunga suzuran yang penuh misteri mas πŸ˜£πŸ˜–πŸ˜«, iyah memang ada yang gambarnya alus tapi kok ceritanya kurang greget mas...
      sini mas ke tempat mbul, ntar aku pinjamin conan sakkardus, eeee tapi abis itu kok amnesia balikin ya ? apakah hendak kau klaim sendiri menjadi milikmu mas ? πŸ˜‚πŸ˜† egeggegegegekkk
      taktagihnya ntar bulak balik loh macam debt collector biar amnesianya ilang ahhahahahaπŸ˜‚

      Hapus
    6. Misteri bunga suzuran itu ada anak bernama suzu yang datang di sebuah keluarga bukan. Anaknya ramah, manis, dan menyenangkan pokoknya, mirip admin blog inilah.πŸ˜‚

      Tapi sayangnya anak keluarga itu merasa tersisihkan karena semua orang lebih sayang pada suzu. Eh ternyata dibalik semua itu ada misteri siapa suzu ya dan bagaimana ia bisa masuk ke keluarga itu.😱

      Coba sekali kali review komiknya mbak. Aku dulu suka banget komik ini tapi sayangnya nasibnya tak tentu rimbanya, mungkin berakhir di tukang loak atau jadi bungkus gorengan.πŸ˜‚

      Hapus
    7. massss πŸ₯Ί...si suzu mah seweeeem, kek psyco hoho, pa malah hantu yak....

      tapii kalau ramah baik dan menyenangkan sih aku mauk mauk mauk, itu mah admin blog ini bangeeed hohoho 😝, tapi admin blog ini emoh mas kayak suzu..suzu seweeeem 😱😱

      tapi....ku agak luping mas (lupa lupa ingat), suzu ini hantu apa bukan ya...duh aku pengen review banyak komik emang mas, ama novel juga hihi

      iya ntar aku agendakan review komik, novel gitu ah, soalnya kalau review gitu aku jadi bisa lebih ekspresif menuangkan pendapatku...

      tapi aku juga pengen bikin cerpen romantis ahahhaha #banyak mau kan si embul πŸ˜ŒπŸ™„πŸ˜£πŸ˜‚

      Hapus
    8. Emang lihat sekilas suzu sepertinya baik tapikan ternyata ia malah yang bunuh keluarga nya sendiri agar bisa masuk ke keluarga Mino. Yah, jelas psiko dong.😱

      Kalo ngga salah cerita kedua tentang rumah pemanggil setan ya, tentang boneka yang bisa gerak sendiri itu lho.😱

      Terus ada lagi yang ketiga cuma lupa ceritanya apa.

      Hapus
    9. tu kan suzu serem mas, kalau aku kayak sizuka chan aja ga pa pa lah ya yang pintar dan manis #langsung sodorin kresek πŸ˜‚πŸ€£


      hmmmmmmmmmm hu um mas, yang kedua itu tentang pak guru kuroki yang punya koleksi boneka gitu mas, bonekanya serem serem euy...inget boneka di film2 horror thriller aku

      yang ketiga, aku agak agak lupa lupa ingat juga mas

      tapi kalau ga salah judulnya "Permisi", seingatku ada adegan ke rumah yang di halamannya ada pohon gedeeeeee banget dan di situ sering ada kejadian aneh mas...kayak suara lagu lagu sendu, ama pelayan yang mukanya seram...tapi aku agak lupa sih ini 😌

      Hapus
  2. Aku baru taauu komik inii. Mungkin karena selama ini komik yg masuk ke radarku itu sebatas komik2 yang gambarnya cantik ala serial cantik seperti W Juliet yang pernah Mba Nita tulis juga. ^^ Selain itu paling komik2 detektif kaya Conan, Kindaichi, QED, dll

    Jadi nasi goreng ga hanya digoreng? Bisa di tim, kukus dan bakar? Berarti namanya bukan nasi goreng donk klo bukan digoreng Mba Nita. Hehehhe.. Btw, jadi ceritanya nanggung karena manga-ka nya udah mangkat sblm ceritanya tamat ya? Sayang tidak ada yg melanjutkan, padahal kalau ada orang lain yang melanjutkan ceritanya kalau peminat ceritanya memang banyak kan bagus yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyikkkk !! Mba thessa uda baca review W Juliet aku kah? tanggapin dunk mba review aku yang komik w juliet hihi #ngarepdotcom πŸ˜†πŸ˜ƒ

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      kasih kiss duluk 😘

      kindaichi dulu jaman SMP ku ngeheits banget mba thessa, tapi favorit aku tetep detectif conan, padahal dulu awal mulanya kalau conan aku nonton seriesnya dulu di indosiar....eh udah zona nyaman aja aku ngedengeron conan versi dubber Indonesianya, pas dengerin versi jepangnya aku nda isa qaqa...ahahha

      barulah tau komiknya setelah kuliah dan aku sering nyamper rental bacaan, kubaca bulak balik ga ada bosan kalau conan

      iya mba thessa, model nasi gorengnya ya ada ada aja loh, ada yang dibungkus kubis terus dikukus, ada yang dimodel kayak siomay atau dimsum, ada yang dibuat bola-bola, macem macem, tapi gambarnya bikin aku kemlecer parah mba ahahah 🀀🀀

      iya sayang disayang, pas lagi seru serunya e la kok mandeg sampai 19 aja, padahal yang 19 pun aku blom baca sih, tapi keknya masih kependekan kalau cuma sampai situ sementara cerita lagi puncak puncaknya hiks hiks πŸ₯ΊπŸ˜­

      Hapus
  3. wah komik lagi
    aku sekali pernah liat mbak ternyata mayan bagus isinya
    penasaran sama cerita penentaun harga makanan itu dan emang bener kadang kenapa ya makanan malam sama siang kok beda banget
    wakakakakak aku ngakak yang pas tak semulus pipi gembil admin blog
    iso iso ae mbak

    kalau komik underrated yang aku suka itu bowling king
    asli kocak itu dan lumayan vulagar cuma lupa juga endingnya
    wong baca di perpusatakaan haha
    aku salut mbak sama dirimu yang sampe hunting gitu tapi lega emang kalau ada koleksi yang bisa didapat buat nglengkapi koleksi lain..
    dan sekarang komik komik itu jualannya dibundle
    sama novel jadul semacam lima sekawan jualnya banyak yg mulai bundle kan jadi gimana gitu huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas ikrom : ho oh mas...aku ya akhire jadi kayak semacam sinau bisnis restoran kih abis baca komik ini, mulai dari tecnical di dapurnya gimana, trus teknik marketingnya, sampai investasi jangka panjangnya..πŸ˜„

      kadang kadang aku ga nyangka, bacaan komik ternyata banyak juga nyisipin nilai-nilai yang berharga di banyak aspek ya mas πŸ˜„

      wow jadi penasaran aku mas komik sing mbok rekomendasiin ini, pancen aku saiki demene sing genre dewasa sih even itu komik aka manga, lebih greget gambare mas hahhahaha..ceritane juga lebih kompleks..

      bener banget mas, sistim bundling...kudu tumbas akeh sik padahal sik dituju sebenere mung 1-2 xixixii...lha didol satuan ga oleh kok mbi bakule hahha

      Hapus
  4. Wahh udh lama banget nggk baca komik.. terakhir baca komik itu Judulnya Anak KOS dodol dikomikin.. kisahnya ttg anak kos yg dodol2.. wkwk

    Ehh tapi nggk ding. Skrang masih proses baca komik online Kimetsu No Yaiba. Ttg perjalanan pemburu iblis bersama adiknya yg juga iblis tapi dia punya kelebihan karena nggk makan manusia buat hidup.. cuma butuh tidur.

    Kira2 seri 19nya mungkin ada mba di shopee... biasanya saya kalau nyari buku, semisal di toko buku nggk ada pasti larinya ke ecommerce sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayu : anak kos dodol kayaknya itu aslinya karya mba dewi senior blogger juga kan ya, sekarang dibikin komik juga tah? aku baru tau bay..πŸ˜„

      kimetsu no yaiba, sepertinya aku ga asing ama judul ini. Genre genre manga isekai kan ya ini xixixi

      iyah, biasanya di bukalapak aku nemunya bay...tapi yang satuan jarang nemu yang volumenya cucok...pesti kebanyakan uda punya, giliran yang blom punya dijual set-setan..huhu 😱😭

      Hapus
  5. Wahh melegenda juga komik Yokohama Chinatown ini yaa mbul sampai episode terakhirnya susah didapat karena penulisnya sudah meninggal. Kaya novel karya Bastian Tito dong yang meninggal dan ada banyak novel Wiro sableng yang tak terselesaikan.😊😊

    Waah aneh juga yaa mbul komik kok ada kisah Nasi gorengnya. Oohh mungkin mengkisahkan tentang dunia kuliner dan sejenisnya. Soalnya belum pernah baca komiknya...Tahunya cuma komik Enny Arrow doang..🀣 🀣 🀣 Itu juga si Agus yang ngajarin waktu di klinik Tongfang..🀣 🀣

    Ooh iyaa apa Nasi Goreng Daun mengkudu resep dari sini mbul..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang satria : iya kang...dikarenakan komikusnya udah mangkat, cerita menuju akhir jadi nanggung banget huhu, andai andai ada yang nerusin...etapi mungkin filosofinya akan jadi beda kali ya kalau lain orang yang bikin uhuhu 😣😭

      oh aku baru tahu pengarang wiro sableng tuh Bastian Tito, eh ini masi ada hubungan ama vino g bastian bukan ya, ku lupa #buru buru ke mbah google πŸ˜ƒ

      lha iya atuh kang satriaaaa...kan uda aku tulis komikna tentang masak masak spesialis nasi goreng hohoho

      whaaaaatt??? kang sat diajari mas agus baca baca novel mastah enny? ku kok nda dipinjamin sih ?!! πŸ˜‚πŸ€£

      hmm, nasgor mengkudu ntuh kayaknya ga ada di resep komik ini kang, aku ga tau di Jepang ada pohon mengkudu atau ga ? πŸ˜†

      Hapus
    2. Eaalaa bussehh nih orang ketinggalan Kareto..🀣🀣🀣 Bastian Tito Sama Vino G Bastian anak sama Bapak...Cuma Vino nggak bakat buat novel kaya bapaknya...🀣🀣


      Ntar kalau sempat gw mau bikin cerpen pendekar kaya Bastian Tito...🀣🀣🀣

      Hapus
    3. iya kang gw juga ingat sih pas premier filmnya kemaren cuma gw ga ngeh nama bapaknya itu wkwkwk πŸ˜‚πŸ€£


      woooww hayuk kang bikin cerpen pendekar, ntar gw jadi pemainnya ya kayak pendekar dari satria madangkara hahhaha eeeh suwekkk ya artis aja bukan lau mbul 🀣🀣

      Hapus
    4. Oh Vino itu anaknya Bastian Tito ya.
      Vina itu istrinya kang Satria.

      Hmmm...πŸ˜†

      Hapus
    5. hu um mas, mba vina istrinya kang satria hihihi..😊☺πŸ˜„

      salam buat mba vina ya kang sat, jangan lupa ajak yalan yalan naik krl xixixiix

      Hapus
    6. Vina apa mungkin masih saudara sama vino kali ya, soalnya namanya mirip.πŸ˜‚

      Hapus
    7. mas agus : berarti kang sat masih ada kerabat artis dong xiiixixiix

      Hapus
  6. Aku baru tahu juga nih mbak mengenai komik ini. Nampaknya berasal dari China yaa? Atau Jepang? Atau mungkin Korea ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari jepang Do πŸ˜„

      cuma emang setting tempatnya area Pecinan Yokohama 😁

      Hapus
    2. Oohh kirain dari klinik Tongfang mbul..🀣🀣🀣

      Hapus
    3. kang satria : πŸ˜‚πŸ˜†πŸ€£

      Hapus
    4. Begitulah kalo bekas pasien klinik tersebut, suka promosi ke orang lain mbak.πŸ˜†

      Hapus
    5. mas agus : πŸ˜†πŸ€­πŸ€­

      Hapus
  7. aku juga suka komik tapi yang kungfu seperti tiger wong dan tapalk sakti hi hi komik jadul banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah termasuk komik legend jadoel ya 2 komik ini? Aku belum pernah baca sih ini πŸ˜„

      Hapus
    2. Saya dulu juga suka pinjam Tiger wong ke rental bacaan, cuma sayangnya ngga tamat ya, cuma sampai seri 95, padahal Seru.

      Hapus
    3. mas agus : wah mas ternyata juga pernah baca komik tiger wong ya, aku juga kadang penasaran pengen baca komik silat lokal mas...di blok m waktu itu ada, cuma aku kok ya nda beli...kadang aku suka juga cerita action pendekar-pendekaran dunk ☺πŸ˜†

      Hapus
    4. Tiger wong...Apa Bedanya sama Wong Si Macan...πŸ™„πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    5. iya mas agus bikin penasaran nggak tamat, he he memang jadul ama 2 komik ini

      Hapus
    6. Saya penasaran siapa orang yang wajahnya mirip kakek tua itu ya, yang keluar dari peti mati, terus siapa yang akan mengalahkan mereka ya. Ah pokoknya nanggung semua.πŸ˜†

      Hapus
    7. kang satria : aku googling nemunya cuma tiger wong mas, kalau wong si macan nda tau πŸ˜‚

      Hapus
    8. mas rusdi : wah ternyata malah nda tamat ya, sayang sekali ya..hohoho

      Hapus
    9. mas agus : nah kan...mas bikin aku penasaran pengen baca jadinya...dilu waktu sma di sekolah cuma ada halaman komik pendekar pendekaran tapi cuma beberapa lembar doang mas, aku lupa majalahnya namanya apa πŸ˜†

      Hapus
    10. Kalo yang pendekar kalo ngga salah itu Wiro sableng yang pemerannya satria mbak.πŸ˜†

      Hapus
    11. o...pemeran utamanya satriadi ya takirain ken ken mas πŸ˜†

      Hapus
    12. Wong Simacan buku atau Novel terbitan Gramedia ada pastinya..😊😊

      Hapus
    13. masa si kang satria? aku baru tahu...apa tetbitan lawas ya?
      buru buru ke si mbah...

      Hapus
    14. Kirain aku wong si macan itu Tiger wong.� πŸ™ƒ πŸ˜‚ �

      Hapus
    15. iiih itu bisa bikin emot mata terbalik πŸ˜³πŸ˜‚πŸ˜†

      Hapus
  8. Komiknya keknya menarik wkwk mulai dari nasi goreng sampe ketemu hantu segala hihi. Btw kalo nonton anime masak biasanya kan bikin ngiler tuh, kalo baca manga masak gitu sama gak sensasinya? ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. rizki : iya sama ki, kalau baca manga juga ujung ujungnya pengen makan #eh itu mah si mbul aja yang hobi memamah biak alias nyemil wkwkw

      gambarnya itu loh yang aku suka, soalnya gambarnya kayak makanan beneran πŸ˜„

      Hapus
  9. satu minggu update sekali gpp mbak mbul yang penting tetep eksis heheh :D, bagus juga nih komik nya ya bisa juga buat belajar masak nasi goreng hohohi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. khanif : iya juga si nif πŸ˜„, gw juga kepikiran buat update seminggu sekali nif biar nda kemrungsung gitu, ide bagus nif ☺😊

      iya khanif...ini komik isinya spesialis masak masak nasgor, nasgornya bikin ngiler semua nif πŸ˜„

      Hapus
  10. komik yokohama belum pernah aku baca, tapi kalau liat dari sampul bukunya kok mirip mirip sama komik atau buku cerita yang zaman SD sering aku beli. emang kalau cover colorfull dan rame begini, anak kecil suka tertarik hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba ai : hihi iya mba ai, cuma yokohama chinatown fantasi aslinya genre dewasa πŸ™„πŸ€­πŸ€­πŸ€­

      Hapus
  11. Komiknya menarik.
    Sayang endingnya menggantung gitu.
    Terus sekarang pasti sulit juga nyari komik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya di e commerce banyak mas rud, cuma musti beli set setan, sedang aku yang blon baca tinggal no 1 ama 19 doang haha

      Hapus
  12. Jujur kalo aku lebìh suka novel dibanding komik�� satu satunya komik yg pernah ku baca yaitu komik stave jobs di aplikasi ipusnas�� tapi baca kisahnya Yokohama Chinatown Fantasy imajinasi ku malah gambarin kisah di novel. Bagus tuh dibuat seriesnya, tokohnya banyak plus konfliknya juga banyak.
    Bye the way mbak, sensasi lagi baca komik tapi digantungin pengarangnya karena udah meninggal itu gimana?��
    Asli walaupun aku gak ikutan baca, tapi bisa ngerasain juga gregetnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kayak ditinggal gebetan pas lagi sayang sayangnya eh hahhahahahha

      #bwcanda...ya rasanya kayak kurang greget aja soalnya ceritanya masih menggantung mba huhu

      Hapus
  13. Nit, tp sebenernya 19 itu ada kan yaaa? Ato sbnrnya jilid 19 nya itupun blm selesai tp udh terbit? Aku mau cari juga jadinya hahahahah. Reviewnya seruuuu bangeeet. Akukan suka yg masak2 begini.

    Tapi memang sebeeel kalo sampe komik itu putus tengah jalan. Kayak topeng kaca, aku nangis kalo inget itu :(. Kalo tau bakal putus, ga bakal aku baca ekwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mba fanss adaaa ahahha

      😍πŸ₯°

      iya pas lagi seru serunya pula si tokoh hanya mau ketahuan yang pinter masak eeeealah ternyata oh ternyata...hihihi

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...