Senin, 15 April 2024

Review Warung Makan Girli, Kutoarjo



Assalamualaikum wr wb...
Salah satu hal yang menyenangkan ketika berlibur di desa adalah kadang ada aja terlintas ide buat kulineran secara randomiah, utamanya bagi Tamas yang emang hobi banget kulineran sejak dulu dan seneng ajakin Mbul cari rumah makan legend yang dimasak oleh Mbah-Mbah. Nah, salah satunya kalau di daerah Kutoarjo sebelah selatan adalah Warung Girli. 





Dia adanya di sanding kali, depan pohon karsen dan masih deket dengan jalan raya jadi gampang ditengeri. Menu utamanya adalah aneka masakan rumahan dengan lokasi di daerah Semawung, Daleman, Kutoarjo, Purworejo. Keberadaannya yang di pinggir kali itulah yang menjadikannya disebut dengan warung makan girli (singkatan dari pinggir kali). Bukan girli girly ya. Tapi GIRLI atau Pinggir Kali. Kalau girly feminim baru lah Beby Mbul Nita hahahha. 

Warung makan ini memang terlihat klasik banget dari luarnya. Ada 2 bangunan utama yang tampak dari luar yaitu area untuk makan-makannya dan juga pawon. Untuk area makannya, dindingnya bercat ijo royo-royo dengan lantai masih berupa tegel. Sedangkan pawonnya dihiasi dengan tungku-tungku untuk genen janganan (lauk atau kelan yang menjadi menu utama di warung makan ini). Untuk menuju ke pawonnya ini ditandai dengan satu pintu kayu jadul yang dapat diblag daun pintunya juga lantai yang masih berupa tanah. 






Masuk ke area tempat makannya, pemandangan langsung tertuju pada foto Bung Karno diantara aneka kalender juga foto-foto klasik milik sang empunya warung makan. Terdapat lincakan dan juga meja bangku panjang di sudut-sudut ruangan, sementara pada bagian tengah khusus ditempatkan sebuah meja panjang untuk menaruh wadah-wadah berisi sayur matangan/kelan/lauk dari yang gurih sampai yang manis. Dari yang basahan, kuahan, santenan sampai yang kering. Osengan juga komplet. Pokoknya kalau ke sini itu bakal banyak variasi menunya. Untuk lauk, ada mangut lele yang jadi favorit. Ada pula lele goreng, bandeng goreng, mangut nila, bawal, pepes, ayam kampung goreng, opor ayam, telor bulet balado serta tongkol balado. Sementara kelan atau sayur matangnya ada tumis sawi tahu putih, tumis labu tahu putih, urap-urap atau kluban (kulupan), sayur sop, sayur jantung pisang, gulai daun singkong, serta gori/thewel atau nangka muda. Nah, yang paling disukai di sini adalah sambelnya karena emang rasanya yang enak banget. Sambelnya terdiri dari sambel terasi dan sambel ijo. Ada pula lalap timun dan kemangi sebagai pelengkapnya. Sambel terasinya ini yang menurut Mbul sedep. Ada hacem-hacem gurihnya bikin ketagihan. Warnanya juga menarik jadinya pengen nyolek terus huhu. 

Sebenernya yang paling khasnya lagi kalau di Girli adalah buntil dari daun lumbu. Lumbu kalau yang pinter ngolahnya pasti ga bikin gatal. Dia enak deh karena lumbu yang lembut membalut isian parutan kelapa, teri jengki dan klandingan di dalamnya. Juga ada kuah santennya dikit. Sayangnya pas kami ke sana, buntilnya lagi abis. Ada sih tapi belum mateng atau masih diracik dulu di dapur dan daun lumbunya juga masih utuhan belum dimasak hahahha..




























Pas siang kemaren aja (anget banget berarti ini postingan hewhew), Mbul tuh pesen nasi, sayur jantung pisang, ama ayam kampung goreng bagian paha. Tak lupa sambel terasi agak banyak, karena Mbul emang suka banget ma sambel terasi. Sementara Tamas pesen nasi, sayur jantung pisang dan mangut lele. Kakak nasi dan opor sedang adik nasi, sayur sop dan bandeng goreng. Aku suka banget ama sayur jantung pisangnya. Ada aroma semangit atau smookey-smookeynya karena dimasak pake tungku dan kayu bakar kan. Jadinya gurihnya tuh ada aroma asapnya. Terus pedesnya juga pas, ga pedes banget. Sementara ayam kampung gorengnya juga lekker. Kalau menu yang lain Mbul ga icip, paling didulang sesendok ama Tamas karena dia pengen tauk Mbul pasti setuju rasa mangut lelenya di sini endeus banget. Pas kumaem sesendok...eh bener lho...sama kayak sayur jantung pisangnya si lele mangutnya ini juga sedep pol. Soalnya ada aroma semangit tapi enaknya juga. Ya mungkin itulah daya tariknya masakan yang dimasak pake tungku dan kayu bakar. Aroma sedepnya tuh lebih kerasa.





























Oiya, kalau kuperhatikan, Warung Makan Girli ini jadi idola para Bapak-Bapak lho hahaha. Soalnya pas ujug-ujug kami ke sana, udah nongkrong 3 orang Bapak-Bapak dari petugas daop kereta api yang duduk di situ, leyeh-leyeh setelah merampungkan acara makan siangnya. Terus datang lagi rombongan bapak-bapak yang lain (kali ini kayaknya rombongan Bapak-Bapak dari Jogja yang emang khusus mau kulineran) dan karena mereka ngobrolnya agak seru dan kenceng jadi aku dan Tamas yang duduk di sebelahnya jadi dengar deh hehehhe. Nah, salah satu yang emang jadi tujuan mereka ke Kutoarjo ini ya mau makan di Girli ini. Katanya ketagihan ama mangut lelenya yang emang enak banget. Juga sambel terasinya hihi. Mbul aja suka. Sambel terasinya juara emang di sini tuh. Dia karena ada asem jawanyanya jadi ada sedikit hacem-hacem tapi gurih. Ga pedes tok. Jadinya pengennya dicolekin teyusss...hohoho..


















Nah, bagi Temen-Temen pembaca yang singgah ke Kutoarjo, monggo aja pinarak mampir nyobain masakan rumahan ala Warung Makan Girli yang lokasinya bener-bener di pinggir kali ini. Bukanya dari jam 08.00-17.00 WIB. Mantab banget pilihan menunya...

~Mbul Kecil~

2 komentar:

  1. Suasana warung makan klasik dengan menu utama masakan rumahan khas Kutoarjo, bikin kepengen menyinggahinya selalu. Mangut lele asapnya sedep...kelan kembang pisangnya juga nikmat...Sambel terasinya yang paling Mbul suka...sambel terasinya kok bisa senikmat itu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk hidden gem....paling suka ama saambel terasinya Mbul, pengen dicolekin terus, gurih soalnya 🥵🥵🤤

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)