Selasa, 16 April 2024

Mbul Menikmati Bakmi Cokroyasan, Purworejo




Assalamualaikum wr wb....
Malam hari usai tamu-tamu Lebaran di hari ketiga rampung, tiba-tiba Ibu nyamperin Mbul dan mengusulkan sesuatu : "Nduk, piye ne sesuk isuk dolan Tunggulrejo? Pulange mampir Jatimalang..." Mbul yang lagi ngemut sesuatu dengan pipi menggembung tembem di kanan kiri pun menghentikan acara mengemutku. Ngemut apaan emang Mbul? Ngemut kacang bawang hehhehe. Mbul emang kalau maem kacang bawang suka diresapi...pake penghayatan... abisnya gurih sih, bagian bawangnya.





Ow jadi ke Tunggulrejo ya? Kemaren ada yang rasan-rasan pengen main ke Tunggulrejo. Ya hayuuuk. Ditawarin begitu tentu saja Mbul mau karena Mbul memang paling seneng jalan-jalan melintasi desa-desa dan melihat pemandangan alam. Kebetulan Tunggulrejo memang belum pernah aku datangi, jadinya pas diajak ke sana, ya ku merasa antusias. 

Singkat kata, keesokan harinya pun tibalah. Kami udah bangun agak pagian. Tapi beneran beres siap-siapnya tuh sekitar jam setengah 9. Usai sarapan pake oseng kerang, tempe bacem manis, soto Pak Tutur, juga sisa martabak yang beli semalam waktu diajak muter-muter ama Mas di daerah Pituruh, kami pun berangkat rombongan. Ada Mbul, Mas, Bapak, Ibu, Kakak serta Adik. Aku duduk paling belakang ndiri sekaligus jadi team keker-keker... Abis itu panggil-panggil Kakak biar nemenin aku di belakang hihhi. Agak maced sih jalan raya, terutama yang jalan ke barat. Soalnya udah mulai ada yang mudik balik. Tapi alhamdulilah ke Kutoarjonya mulus. Cuma emang dibelokin ke jalan alternatif lalu masuk ke area Nggrabag, lurus terus melewati jalan desa yang pinggir-pinggirnya sawah, baru masuk ke Sangubanyu, Ngombol sampai Tunggulrejo. Wow....serasa Mbul lagi berpetualang hehhehe...Mbul seneng jalan-jalan gini. Seruuu. Ngliat halaman rumah warga banyak ditanamin anggrek tempel yang nempel pohon tapi ungu-ungu cantik banget rasanya Mbul jadi gatal....gatal pengen bercocok tanam anggrek juga hohoho. 






Oiya, kami akhirnya sampai juga di desa yang ingin kami tuju. Ke sana dolan aja. Tapi begitu nyampe lokasi, ga langsung ketemu Tuan Rumahnya. Jadi ditemuin ama Putra-Putrane dulu. Ya ngobrol-ngobrol santai gitu. Sambil cerita-cerita, Mbul jadi mengamati sekitar halaman. Ada banyak kembangan yang warna-warni dan menyejukkan mata. Diantaranya kembang kertas yang model tumpuk dengan warna pink fuschia cantik. Juga kembang sepatu warna merah. Seekor kucing jantan unyuk tampak rebahan dengan malas dan lucu di atas lantai. Ngadem karena cuaca panas banget. Ga lama kemudian Tuan Rumah pun datang dan segera nemuin kami dengan suguhan snack piring berupa kue clorot, uli bakar juga bleg-bleg kaleng kue-kue khas Lebaran. Sempat hujan bentar walaupun cuaca agak panas, habis itu baru perlahan-lahan ademan. Sekitar jam 3 sore kami pamit dan akhirnya ga jadi ke Jatimalang karena kayaknya rame. Jadi kami berniat cari maem aja.

"Mas, Nita dijaki mampir bakmie gone koncoku SMP Mbak Pur sing terkenal banget kono po?" Ibuku tiba-tiba mengusulkan pada Bapak dan langsung dijawab hayuk sama Bapak dan juga Mas. "Yo ayoh...jajal takoni disek, Nita gelem ga." Bapak balik tanya ke aku. Emang, bakmi tempat konconya Ibuku ini lumayan terkenal di daerah Kutoarjo~Purworejo sebagai bakmie jawa ayam kampung dengan nama Bakmi Cokroyasan, Warbyasan Pak Yatin Bu Pur. Lokasinya ada di daerah Cokroyasan Ngombol, Purworejo. En....setelah dipikir-pikir kayaknya kok menarik juga. Akhirnya aku mau. Soalnya pertimbangannya ini yang paling dekat dengan arah balik. Kalau cari di sekitar Jalan Jogja atau Mirit Ambal takutnya malah kesorean atau maced. Yawdah...Mbul manut aja. Soalnya ibu udah cerita kalau Tunggulrejo kan dekat ama Bakmi Cokroyasan konco SMPnya Ibuku hahhahah...Jadi rasanya Mbul juga kok kemlecer temen sayang, pengen ngicipin juga gimana rasa bakminya. 













Sebelum jalan, baca doa bepergian dulu...

Baru keluar pager rumah, futu dulu heheheh...abis itu Kakak Mbul panggil suruh nemenin Mbul duduk di bangku paling mburi dewe...biar tengah Ibuku hihi





















Singkat kata, setelah lepas dari Gapura Desa Tunggulrejo dan masuk ke Ngombol, sampailah kami di dekat area jembatan yang bawahnya kali. Nah, biar paling ga memastikan lagi, akhirnya Mas inisiatif tanya sama Kakek-kakek di pinggir jalan apa Bakmi Cokroyasan udah dekat. Katanya ya...udah deket banget dan buka. Malah bisa dibilang rame karena ini menuju malam minggu. Nah, karena dah dikasih tau gitu sama Kakek-Kakek tersebut, maka akhirnya kami pun segera menuju ke tekapeh. Bener aja ga jauh dari jembatan mudun dikit ketemulah dengan warung makan bakmi jawa Cokroyasan yang dimaksud. Warung Makannya sederhana dengan cat warna hijau toska dan halaman depan dihiasi bunga nusa indah dan lapangan rumput tempat biasa untuk bermain sepakbola juga kambing atau biri-biri merumput. 





























My Father and my mother










Kamipun segera menepikan kendaraan di tempat yang sejuk (di pinggir kali namun ada pohon pelindungnya), habis itu segera menuju ke warung bakminya. Kami memilih area makan di luar biar adem kena silir-silir angin sekaligus ngeliat kendaraan yang hilir mudik di tepi jalan raya. Yang di dalam juga ada sih, tapi kayaknya lebih adem di luar. 

Adapun pesanan kami diantaranya bakmi nyemek, bakmi godog dan bakmi goreng. Untuk minumnya karena lagi ga ada es, maka pesennya teh anget (teh dandang) sama Le Minerale. Sistim pesennya pake antrean nomor dan kebetulan kami dapat antrean nomor 23. Memang cukup rame. Bahkan setelah kami datang ada banyak rombongan pengunjung lainnya yang kurang lebihnya sepantaran Bapak Ibuku. Sampe-sampe Bapak bolak-balik ngledek Ibu, kalau jangan-jangan yang datang itu sama-sama sealumni dari esempe 2 juga kaya Ibuku dan Bu Purnya hahahhaha...






























Oiya, di meja itu juga ada nyamikan liyane. Diantaranya telor asin, emping yang gede, kerupuk kuning sama lanthing ganthet. Kami sempat nyobain telor asin dan empingnya. Telor asinnya masir dan enak. Kalau lanthing ganthetnya dibungkus aja hehehe...

Kurang lebih sekitar 15 menitan kemudian, pesanan datang. Pertama yang datang bakmi nyemek, habis itu bakmi goreng dan terakhiran bakmi godog. Sambel ada di meja. Jadi kalau kurang pedes bisa kasih takaran pake sendiri. Tapi kalau Mbul ga pake sambel hihihi... Mbul pilih bakmi goyeng aja...ehemb...bakmie goreng maksud Mbul. Bakminya ada tambahan ekstra ayam/jeroan. Rasanya gurih manis. Juga ada sayuran kubisnya yang bikin kranci. Plus taburan bawang gorengnya yang banyak. Kalau yang nyemek kuahnya ga gitu banjir tapi nyemek-nyemek enak. Nikmat banget....uhmmm nyummmm......Sedangkan yang rebus baru full kuah dan kerasanya lebih hot jadi kalau mau nyendok tuh musti pelan-pelan soalnya mongah-mongah banget...panyassss Cuy... Suiran ayam, ati ampelanya juga gede sangad, egak pelid, mantaaaab!!!












Makin sore, makin ramai. Dan saat bakmie kami satu per satu mulai habis, akhirnya kami pamit lewat jalan pedesaan lagi. Sampai rumah tuh magrib, dan langsung disambut dengan anabul imut yang minta maem miaow-miaow rame banget hehehhe.

~Mbul Kecil~

5 komentar:

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)