Rabu, 17 April 2024

Mbul, Pasar Kutoarjo & Jambu ❤



Assalamualaikum wr wb...
Menuju penghujung libur lebaran di desa, Mbul pasti ga bakal melewatkan kesempatan buat mampir ke Pasar Kutoarjo. Mbul tuh kalau di desa salah satu hiburannya sederhana aja. Cuma jalan-jalan ke Pasar Kutoarjo. Itu aja udah senaaaaaaang banget. Mbul sering diajak Tamas ke sana untuk sekedar cari buah, cemilan, atau apa gitu. Yang penting judulnya jalan-jalan. 





Kayak sekarang ini. Mbul lagi pengen tumbas seprai yang bahannya adem. Udah dari sebelum puasa malah Mbul berangan-angan, kalau misalkan jadi mudik ke desa, Mbul pengen beli seprai lagi di Pasar Kutoarjo... Soalnya bahannya cakep. "Owalah Mbul...Mbul cita-cita kok yo penak men to Cah Ayu...Cah Ayu...Kirain pengen ditumbaske emas opo apa gitu. Iki yakin siro cuma kepengen ditumbaske seprai doang Mbul?" Tamas langsung ingin mengglithow diriku *ehemb* maksudnya gemes-gemes gimana gitu ama Mbul. Sebab kepengenan Mbul cuma sederhana aja : tumbas seprai ning Pasar Kutoarjo. Mayar bangad kan? Hahahha...Namanya juga Mbul anaknya suka random aja. Yang penting judulnya haland-haland...

Sebenernya di liburan kali ini Mbul udah terhitung beberapa kali dolan ke Pasar Kutoarjo. Kalau pas puasa kemarin biasanya kami cari es kelapa muda yang di deket perpustakaan umum Kutoarjo. Nah, kalau abis Lebaran, maunya cari seprai dan juga kain untuk Mbul jahitkan jadi baju. Kebanyakan baju Mbul emang jahit sendiri, nanti Mbul tinggal beli kain meteran aja. Itu dah sejak sekolah Mbul suka jahitkan baju sendiri. Jadi  sesuai ama selera Mbul gitu. Kalau beli baju yang dah jadi kan kebanyakan Mbul ga bisa pilih warna atau patternnya heheh. Kebetulan kami juga dah punya langganan toko bahan atau kain yang nanti sebagian bisa dijahitkan ke Mas-Mas penjahit yang ada di lantai dasar Pasar Kutoarjonya. Bisa request per meternya karena custom.






Singkat kata, singkat cerita, siang-siang abis sarapan pake bening, paru goreng, tempe tepung, and sambel terasi, Mbul pun siap-siap ke Kutoarjo. Mumpung belum terlalu siang banget kan. Nanti kalau dah siang banget takutnya nyanyaaas..... Emang cuaca di desa lagie panas banget. Lagi hot. Tapi anehnya kalau sore mendung. Ntar, malaman dikit baru ujan. Ujannya pun deres banget bikin bobok tambah nyenyak. Tapi yaitu...kalau siang panas banget. Hottttts. Mbul aja mpe bulak-balik mandi sampai semua pada geleng-geleng kepala sangking Mbul rajin bangat ke kamar mandi. Abis itu glek...glek...glek-in jus belimbing hasil petik dari kebun sendiri buat pelepas dahaga, belimbingnya di-mix aja sama jeruk...jadinya seger. Terus belah semongko juga. Tarik Mbul....semongkow heheh.. Semongko merah. Seger banget dibelah siang-siang...Mpe berair banget, bahkan separonya ama Ibuku malah dibikin es semangka India biar airnya banyak hahhahaha...Jadi lumayan lah neguk ini dulu baru ntar bisa cabcus ke Pasar Kutoarjo. 













Setelah sarapan, Mbul juga masuk-masukin baju dulu ke dalam tas, segala matjam handuk, charger, dll biar ga ada yang ketinggalan karena emang udah bener-bener mau abis kan liburannya. Jadi packing persiapan mudik baliknya dimulai dari sekarang. Cuma emang pengen mampir dulu ke Pasar Kutoarjo. Besok udah balik ke perantauan lagi abis ngurusin keperluannya Mbah Uti. 

Nah, pas angkatin jemuran di belakang itulah, tau tau...nrintilll....nrintilll nrintilll...mahluk berbulu yang sangat imut itu langsung pada baris sambil mendongakkan kepala dan bilang miaow miaow miaow...padahal baru aja  dapat jatah makan...eh sekarang minta lagie #mungkin cemeng-cemeng ini lagie dalam masa pertumbuhan kali ya, kalau bayi namanya growth spurt wkwkkw... kalau pintu belakang dibuka pada kompakan nrintil ngejer Mbul. Mungkin Mbul bau kucing kali ya jadi dianggap teman sama mereka. Pada nempeeel terus sama Mbul. Pada sayang sama Mbul jadi kerjaannya gelendotan mulu ma Mbul. Ma yang lain cuek aja waaaakkk. Kayaknya kucing tau mana yang pecinta kucing ma yang bukan. Kalau yang paling gede aliass pejantannya, si Miong Boy lagi mlampah-mlampah di atas tembok tuh. Dekat pohon belimbing. Ya santai aja dia...seolah-olah kucing cool...Lutju emang mukanya. Mbethem gitu. Kucing jantan emang mukanya bulat ya. Udah ciri khas ituw.



























Salah satu jilbab laser cut yang Mbul pake ini beli di Pasar Kutoarjo, foto Mbul Lebaran 2024

Foto Mbul Lebaran ketiga wingi heheheh

Mbul ganti kerudung doang, baju teteup sama hahahah






Mbul juga jadi mbatin pasti si Oyen yang di perantauan sana saat ini sedang menanti-nantikan Mbul pulang (eh bener aja pas Mbul dah sampai di rumah, dia dah ngeok-ngeok di muka teras menyambut kedatangan Mbul hehhehe, tapi itu ntar pas udah pulang ke kota...sebenernya waktu ngetik ini Mbul barusan aja tiba di rumah Mbul yang di kota sih, dan bener aja si Oyen dengan manjanya langsung nyamperin Mbul abis itu boboan di kursi teras...wokwowwwww). 

Kalau cemilan, Mbul paling cuma beli beberapa aja. Kemarin beli makaroni ama lanthing. Kue basah ada juga, misal penganan khas Kutoarjo yaitu clorot. Terus beli kepel lagi buat dibawa pulang ke kota hahaha..Sebenernya buah lain ada juga sih. Tapi ke petaninya langsung, apalagi kalau bukan jambu kristal. Mbul ama Tamas pernah beli agak banyakan beberapa tahun lalu tapi pas bukan lebaran. Kalau ga salah abis slametannya Mbah Kung. Dan untuk lebaran kali ini, kami ingin beli lagi, nanti ceritanya buat oleh-oleh. 






























Nah, tapi Mbul ga bisa lama-lama bercengkrama dengan mereka, karena Mbul dah harus cabcus ke Pasar Kutoarjo. Mbul harap toko kainnya dah buka. Soalnya kemaren libur Lebaran. Eh, bener aja, pas nyampe sana, tokonya dah buka. Mbul emang lebih suka beli di toko yang ada fisiknya, apalagi buat kain yang akan dibikin baju, jadi bisa diraba gimana bahannya. Mbul paling suka kain yang adem. Ga sumug hehhehe. Dan Mbul dapat beberapa matjam warna untuk dibikin seprai dan sebagian lagi dibikin baju. Nanti yang seprai akan didrop ke Mas-Mas Penjahit yang ada di lantai dasar Pasar Kutoarjonya. Untuk yang akan dijahit baju, Mbul pilih yang kembang-kembang, nanti desainnya sederhana aja hehhehe..

Mbul juga kalau ke Pasar Kutoarjo suka sekalian beli kerudung segi empat berikut keciputnya (dalemannya). Soalnya kalau ga pake daleman takut rambut halusnya keluar jadi biar rapi gitu. Dan Mbul emang lebih suka yang ciput pad kalau yang pasminah malah makin tembem kemana-mana ini pipi hahaha. Kerudung segiempatnya kemarin beli yang warna ungu muda, hitam, baby pink (pink muda), sama pink fuschia









































Jadi H-1 sebelum mudik balik, lebih tepatnya Senin, 15 April 2024, Mbul diajak Tamas cari jambu kristal lagi di daerah Bonorowo. Sebelumnya itu kami sempet maem dulu di Warung Makan Girli Kutoarjo, nah habis dari situ Mbul diajak nyekar ke makam Mbahnya Mbul, baik Mbah yang dari pihak Bapak maupun Ibu. Terus kami juga nyekar (bersih) ke Makam Mbahnya Tamas dan juga Alm Akung. 

Selesai nyekar, kami lalu ke Bonorowo buat cari Jambu Kristal. Tapi liwatnya jalan pedesaan...Antaranya Wirun, Rowodadi, sampai kemudian masuk ke Kabupaten Kebumen. Berarti daerah-daerah Mirit, Ambal kali ya. Soalnya dah banyak pohon so. Ya, habis itu ke utara menggok-menggok dikit ngliwatin jalan desa. "Dek, mbiyen kebon jambune ngliwatin kali en jembatan tow?" Tanya Tamas yang langsung kujawab he em he em aja. Seinget Mbul, Bonorowo itu lurus terus ke arah selataaaan ntar ketemunya kali yang ada jembatannya. Nah, kebon jambunya ada di deket SMP Bonorowo, maju dikit. Karena emang daerah sana sentranya jambu kristal. Kami sengaja cari yang kebonnya gede dan di sebelahnya pas ada pengepackannya langsung. Kalau ga salah ingat pengepackannya jadi satu ama tempat nyuci mobil namanya Ikhwan Cuci Mobil. Jadi bisa dapat harga yang oke. Lumayan..  dapat jambu kristal gede-gede banyak banget cuma Rp 200 sekian ribu. Ntar mau dibagi-bagi ke tetangga dan kantor Ramane, juga sebagian buat sendiri. Dikulkasin aja. Seger kan...kecut manis penuh vitamin C hihi...












































Selasa Mbul udah mudik balik menuju ke rumahku yang di perantauan sih. Dari rumah sampai sebelum Pejagan mulus. Nah, begitu masuk Pejagan en then Cipali, mandan nyut nyutan....wkwkwk. Padat merayap. Akhirnya sempet ngaso bentaran dan baru bisa mulus lagi pas udah nyampe kilometer 164 (lha kok kayak tinggi badannya Mbul ya? deng ga ....canda...hahaha). Jam 2 siang lanjutkan perjalanan lagi, masuk di MBZ malah ujan deres banget... Kami bablas terus nyampe Tanjung Priok gitu. Terus menuju arah rumah tuh sekitaran magrib. Kami mandeg bentar di Bebek Boedjang (yang nanti insyaAlloh reviewnya bakal kutulis menyusul) sampai ujan nyisa gerimis. Abis itu pulang dan ngaso-ngaso. 

Eh pas dah nyampe rumah tuh, abis gotong royong ama Ramane ngresiki jambu buat dibagi-bagi sebagian ke Tetangga and arek-arek kantor, eh, tak lama kemudian Ramane berkata padaku : "Dek....Dek. Noh, ada tamu udah nungguin di depan tuh." Hah capa tuw Tamas? Perasaan dah malam. Kok ada yang mertamu? "Udah itu diliat dulu, wes nongkrong deket pot". Eh, karena Mbul penasaran akhirnya Mbul tengoklah yang di depan sana. Ooooh....ternyata ada si Oyeeeeen. "Yen yen yen Oyeeeeeeeen....!!!!!!!" Tapi ini ga ada adegan slow motionnya sih antara hewan peliharaan ama yang sering kasih makan...Wkwkwkkw... tapi ralat deng, cause Oyen bukan hewan peliharaan...melainkan dia itu kucing outdoor tanpa pemilik, jadi kalau Mbul bepergian ya dia bisa cari makan sendiri. Emang dia hobinya dolan ke rumahku. Kalau di deret rumahku, seringnya nongkrong di tempatku dan tetangga sebelah, Bapak yang dah pensiun dan punya putra yang masih SMA bernama Nathanael, dimana Nathanael ini sering kasih makan Wiskas. Kalau ama Mbul kan seringnya takkasih makan ikan pindang basah atau tongkol. Jadi Oyen betah main ke rumah Mbul dan juga rumah Nathanael. Tapi Oyen malam itu tampak kalem aja sih. Ga bar bar dia. Ntah ya, setelah Mbul sering kasih makan ikan, dia jadi klulut kok...jinak gitu mau dielus. Kayak malam itu, kek biasanya kucing tembem ini pasang muka mintak dielus karena dah lama ditinggal mudik lebaran hahahhaha....tau aja si Oyen kalau Mbul dah balik lagi, eh dia langsung main ke rumah. Untuk selanjutnya ngendon di teras boboan di korsi. Aduh lutju banget...


















Gitu deh sedikit cerita Mbul di libur Lebaran 2024 ini. Mbul masih ada stok kulineran di Purworejo dan sesaat setelah nyampe di perantauan lagi sih. Tapi ntar diupdatenya di bawahnya post yang ini....Ntar Mbul ngetik dulu draftnya hehhehhe...

~Mbul Kecil~




20 komentar:

  1. ...the watermelon looks tasty. Mbul this certainly was a colorful post. Take care and enjoy your week.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tom..Mbul sangat suka semangka...palagi dimaem pas musim panas...seger banget 🍉

      Hapus
  2. The watermelons look so juicy and sweet. Cute kitty!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie, kucingnya Bapakku tuh banyak bangat...kalau jam makan tiba...aduh duh udah deh pada ngejer Mbul...trus maem dengan lahapnya wkwkkw, kalau yang favorit Mbul itu yang mirip nekomamushi wkwkwk
      mbethem dia

      ฅ(^・ω・^ฅ)(๑ↀᆺↀ๑)

      Hapus
  3. Watermelon does look delicious.
    Love the lace fabric you are showing us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Margaret
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙
      yang itu namanya brukat...nanti Mbul bakal bikinkeun kebaya...cantiknya kalau dibikin kebaya ...bawahnya kain jarik atau ada bordirannya

      semangka buah kesukaan Mbul 🍉❤

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ga banyak kok Uncle, cuma beberapa biar bisa sering ganti seprai. Coba tebak kain yang bakal Mbul jahitkeun jadi baju yang warna apa aja Teman-Teman? 😂

      Hapus
  5. Wa'alaikumussalam. Taqobbalallahu minna wa minkum mohon maaf lahir batin ya, semoga berkah. Liburan lebaran yang penuh kearifan lokal, tentunya sulit didapatkan saat masih tinggal di perkotaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, lumayan libur 10 hari di desa, sekarang dah balik lagi ke rumahku di perantauan hehe
      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  6. Wah, bestlah Mbul pergi shopping di pasar di desa, ya. Cantik-cantik kainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Nur...kemaren pas liburan ke desa sering mampir pasar kutoarjo sekalian beli seprai dan bahan buat busananya Embul kak
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(^・ω・^✿)

      Hapus
  7. Wah sampai ke mirit juga to
    kenapa tidak mampir ke rumah saya.
    Tapi saya tak mudik
    pantas kemarin saya diceritain, lagi musim jamu kristal banyak. Mau bawa ke jakarta tapi ribet di bus.
    Itu kacang mede nya kesukaan saya banget
    lama saya tak ke pasar kutoarjo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas kalau aku lagi liburan di desa, suka jalan jalan...biasanya masuk ke desa desa yang sebelumnya belum pernah dimampirin...seneng aja kayak berpetualangan kami tuh 😊

      iya kalau jambu kristal sentranya di Bonorowo
      Kacang mede ini selalu khas jadi pacitan di rumah bapak ibuku

      Hapus
  8. saya liat kacang mete
    tanganq jadi berasa sakit
    asam urat memanggil wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata rezky dah punya asam urat 😂

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)