Selasa, 07 Maret 2023

Beby Mbul Bikin Bakso Ayam Anget ❤



Assalamualaikum wr wb...
Hai...hai...hai...jumpa lagi dengan Beby Mbul di sini, apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Nerusin cerita kemarin Minggu waktu Beby Mbul dan Suami pengen bebikinan bakso. Tapi ini baru dikerjakan tadi siang sih atau hari ini fresh from the oven banget, Rabu 17 Juli 2024. Sesuai request-an Suami yang pengen dibikinin bakso sama aku. Jadi kali ini baru bisa aku masakin deh.





Baksonya bakso apa Mbul? Bakso ayam aja. Kalau bakso sapi kapan-kapan. Tapi yang bagian masak aku. Karena suami kerja, jadi kebagian belanja tulangan ayam (bagian kerongkongan ama kepala buat tambahan kaldunya) seusai beliau ngantar ke sekulah. Nah, karena pulangnya searah ama pasar dadakan, sekalian aja Beliau belikan aku perintilan buat bikin bacowwwww...Ukey deh, Mbul siap memasaknya. Bismilahirohmanirohim semoga berhasil ya.

Tapi sebelumnya, siapa diantara kalian yang suka bakso nih? Kalau iya, berarti sama. Sini merapat sama Mbul hehehe... Bakso yang kubikin kali ini emang rencananya bakso ayam yang ga terlalu susah. Kalau sapi, memang sih favoritku juga, cuma pas ke pasar kata Suami, Om Bakul dagingnya belum datang, baru ada Om Daging Ayam Potong. Jadi cari aja bagian tulangan ayam karena yang paling cocok untuk kasih rasa gurih di kaldunya ya itu. Tak lupa bagian kepala ayam juga yang mana emang favorit Suamiku banget. Jadi sengaja ama dia dibeliin itu juga.







Nah, sebelum berangkat ke kantor, Suami pulang dulu buat ngasihkeun tulangan dan kepala ayamnya ke aku. Eh, tapi doi sambil nungguin bentar deng, sambil nonton tipi hihi terus ngliatin Mbul nguleg, hahahhaha...Duh jadi grogi saia kalau diliatin...hoho. 

Kalau untuk bakso ayamnya, biar kenyal kata ibuku disarankan menggunakan bagian paha atau dada tanpa tulang. Tapi kalau aku lebih suka bagian paha. Soalnya lebih pulen menurutku. Abis itu digiling pake es batu. baru ditambahkan dengan putih telur, merica yang sudah diuleg, kaldu ayam, serta garam. Next, ditambahkan pula dengan irisan bawang merah dan bawang putih goreng. Setelah nyatu, baru dimasukkan tapioka, sambil itu pula siapkan air rebusan baksonya. Nah, saat itulah bakso sekalian dibulat-bulatkan lalu dicemplungkan ke dalam air rebusannya. Jangan lupa saat mbulet-mbuletkan baksonya, tangan dicuci bersih dulu ya pake sabun, abis itu keringkan. Nah, kalau udah bersih, baru deh bisa pewe bikin baksonya. Kalau dah mengapung berarti tandanya dah matang. Jika bikin banyakan, sebagian bisa dibuat langsung saat itu juga, atau sebagian lagi difreezer untuk dibikin kapan-kapan. 














































































































Lalu, berhubung bagian yang paling susah adalah bikin kaldunya, maka Mbul tuliskan step-stepnya di sini aja ya. Ini juga abis sinau dan nanya ama ibuku lewat WA hehehhe... Ya siapa tau kapan-kapan, Mbul mau bikin lagi kan udah apal atau tau caranya... Jadi kuahan atau kaldunya gimana Mbul? Okey, langsung aja ya. Ini dia resep untuk bagian kaldu atau kuahannya.

Resep Kuah Bakso Ayam ala Beby Mbul 

Bahan-Bahan :
Tulangan ayam bagian kerongkongan
Kepala ayam
Air
Seledri
Daun bawang

Bumbu-Bumbu :
Bawang putih
Bawang merah
kemiri
merica butiran
garam
Royko rasa ayam
gula pasir
minyak goreng







































Cara Membuat :

Cuci bersih tulangan ayam dan kepalanya sampai bersih di atas pancuran atau air yang mengalir, bilas beberapa kali biar bersih ya...
cuci bersih daun bawang dan seledri, sisihkan
Tumis sebentar bawang putih dan kemiri, angkat
Iris-iris bawang merah, goreng sampai kuning keemasan, angkat tiriskan
Uleg bawang putih dan kemiri yang ditumis tadi, irisan bawang goreng, sejumput garam, dan Royko rasa ayam
Panaskan minyak goreng, tumis sebentar bumbu yang telah diuleg sampai wangi, sisihkan
Panaskan air rebusan kaldu bakso
Masukkan bumbu ulegan yang telah ditumis tadi
Tambahkan dengan seledri dan daun bawang yang diiket begitu aja apa adanya, ga usah dirajang-rajang. Ini biar kaldunya wangi
Masukkan tulangan ayam dan kepalanya
Masukkan bakso ayam yang udah dibikin sebelumnya
Tambahkan dengan sedikit garam apabila kurang asin
Tambahkan sejumput gula pasir
Koreksi rasa
Tunggu sampai mbulak-mbulak dan matang
Sajikan bersama dengan perintilan bakso lainnya kayak irisan bawang merah goreng dan daun bawang en seledri. Kalau ada bihun boleh tambahkan bihun, tapi Suamiku ga suka bihun jadi bihunnya skip.
Kalau mau lebih sedep lagi, bisa racik lagi pake kecap manis dan sambal. Oiya, sambalnya aku bikin sambal bawang aja. Simple kok. Cuma cabe rawit ama bawang putih kasih sejumput garam dan penyedap rasa terus diuleg deh. Nah, dari fotonya silakan diliat sendiri ya. Alhamdulilah rasanya enak dan semua suka hehehhe...

Okey, segitu aja dulu update-an Mbul kali ini. See you and bye bye...

4 komentar:

  1. Waktu itu pernah mau diajari asisten mama cara bikin bakso Solo yg enak. Tapi ya itu, aku memang ga expert kalo urusan masak memasak 🤣🤣. Kdg diperhatiin caranya pun, ttp aja bikin sendiri rasanya beda 🤭.

    Akhirnya kalo kangen bakso, kuahnya doang yg aku bikin sendiri, tp baksonya dah laah, beli aja 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu aku nyobain bikin bacow ternyata seru mba fanny
      ฅ(^・ω・^ฅ)ᕦʕ •ᴥ•ʔᕤ

      Tapi paling praktis emang beli sih, ini karena suami lagi semangat ngajakin aku bikin bakso mba hihihi
      (づ ̄ ³ ̄)づ

      Hapus
  2. Mbuuuuuuullll, aku salut padamu hahaha keren amat bikin bakso sendiri :D Mana bentuknya juga cakep serapi itu. Maulah aku bertamu ke rumahmu wkwkwkwkw :D Kuahnya hhmm kebayang nikmatnya dengan rasa baksonya yang uenak. Alhamdulillaah semua suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha...iya Mbak Nurul, malah tadi siang suaminya Mbul belikan Mbul iga sapi, soalnya besok dia pengen dimasakin bacow sapi wkwkwkkw...Semoga bakso sapinya nextnya bisa Mbul tuliskeun juga di blog selain bakso ayam ini

      (。・ω・。)

      biar bisa buat catatan pas mau masak bakso lagie

      ᕦʕ •ᴥ•ʔᕤヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)