Sabtu, 10 Agustus 2024

Mie Ayam Pinggir Kali ❤



Assalamualaikum wr wb...
Minggu siang, cuaca di kotaku lumayan hot. Separoh hari udah digunakan buat goler-goler, separoh hari lainnya buat jjs bentar. Jalan-jalan siang. Cause Tamas tiba-tiba keidean sesuatu. Beliau mau ajakin Beby Mbul ngemie ayam yang tidac biasa. Judulnya adalah jalan-jalan random aja dan ujung-ujungnya adalah ngemie ayam. Nah, pas ditawarin begitu tentu saja Mbul mauk. Anak Demplon bernama Beby Mbul ini langsung berkata "Hayuuuuh...Mangkat. Langsung aja Q-ta cabcus, Mamasew!!!!"









"Tapi ngemie ayam gerobakan aja ya Dek, favoritku dulu, awal-awal ngrantau di sini."
"Ow yaaa, tak pa pa. Mbul mie ayam apa aja suka kok, yang penting tekstur mienya kenyal enak..." Mbul langsung berpuss-in boots ria, maksudnya menunjukkan mata belo gitu. 
"Pasti Mbul suka deh."
"He em he em?" <--- berkata dengan antusias.
"Soale tempate asyik lho, Dek. Sanding kali, adem ngisor wit-witan... cedak jembatan. Angine silir. Arah-arah Kalideres gitu." terang Mamaseww panjang lebar. 
"Waaaaaaak....udah arah-arah Jekarda dunk eaaa."
"Iyo ah, melas karo Ubung, wes obas-abes koyok kocheng persia ngene kok dino Mingguw dikon ndekem ae reng ngisor AC, ngko bocah iki ga pernah terkena sinar matahari lagie hahahahha...." #Terus Mbul pun dipuk-puk gitu palanya, dielus-elus soalne kadang mirip kuceng persia, kadang mirip kelinci juga, suka nguk nguk gitu #lengkap dah. Tapi bener juga sih. Hari sebelumnya perasaan ga kemana-mana deh. Sabtu Tamas medical check up, jadi kayaknya Minggu boleh lah kalau kami jalan-jalan. Biarpun cuma makan mie ayam, tapi kalau bareng kesayangan sih senang.







Abis dzuhur kami pun cabcus. Hawa emang semromong banget, kayak matahari berada di atas kepala. Tapi aku ga tau di luar suhunya nyampe berapa, cuma selalu pakai tabir surya SPF tinggi hahaha.. Singkat kata, kami jalan menggelincir ke arah-arah kota. Tapi melipir dulu ke chicken montok, pend paha atasnya baru abis itu menuju ke teeekapeeeh. Tempat mie ayam favoritnya Mamasew dulu. Walaupun mie ayamnya tanpa nama. Tapi ndilalah ya enak aja. Dulu yang dagang Bapaknya. Sekarang nurun ke anaknya (atau mungkin pegawainya, ga tau deh kami ga nanya), soalnya yang nglayanin Abang-Abang gitu. Dalam artian lebih muda dari Bapaknya. Nah, liwatnya itu ke arah-arah Tanah Tinggi bablas terus ntar liwat area depan Jatake. Begitu ketemu gerobag mie ayam yang depannya jembatan, ya itulah yang dimaksudkan Tamas sebagai mie ayam porsi jumbo dengan ciri khas banyak daun bawangnya. 

"Noh...kan bener, warung mie ayamnya dikerubungi Bapak-Bapak dan ojek online, Dek".
"Lho kok bisa gitu iya Tamas, Mbul jadi penasaran." 
"Kan emang mie ayam porsi brutal kegemarane Bapak-Bapak hahaha.."







Iya juga ya, di balik bilik warung tendanya yang sederhana, depan jembatan yang ngisornya kali pas, ternyata mie ayam ini rame. "Ini mie ayam bisa ngambil daun bawangnya sesuai selera, Dek. Ntar liatin aja, ada tempat buat taruh irisan daun bawangnya dewe." Terang Mamasew dan Mbul pun hanya mengangguk-angguk takjub. Udah ngelih ceritanya, dan Tamas seakan udah mahfum ngelihat arti kata sorot mata puss in boots itu, sorot mata ngelihnya Mbul hahahah. Tapi Mbul udah sempet liat wadah daun bawangnya sih. Jadi dia ditaruh di tempat yang agak gedean gitu, makanya irisan daun bawang agak banyak. Ga kayak biasanya. Pantas aja itu yang jadi ciri khas orang-orang pada suka. Daun bawang kan bikin wangi dan nafsu makan tinggi. Jadi orang-orang rela antre demi mie ayamnya yang porsinya emang menggunung gitu. 





















































Dan kata Tamas, Mbul maem di kendaraan aja ga pa pa, soalnya di situ isinya Bapak-Bapak semua. Mana cuacanya lumayan hot lagi, makanya biar tetep adem, ntar minta diracikin mangkoknya sama si Abangnya abis itu mie ayam diantarkan ke kendaraan aja. Tapi Tamas yang maunya antarkan ke si Mbul, bukan Abangnya. Because Tamas protect Mbul so well, hihi...

Nah, usai pesen ke si Abangnya, mangkok pun diantarkan ke kendaraan, karena Mbul mau nyedot mie ayam di bawah AC, biar tetep kena silir-silir angin wush wush wush...ga lupa slurrrpt-in mie ayamnya pelan-pelan. Pake penghayatan hahahah...Soalnya Mbul suka maemnya itu emang pelan. Ya sambil dinikmati gitu kan. Makan juga ga boleh bersuara. Mboten pareng kata Tamas. Ga boleh kecap. Itu hasil didikan dari kecil. Tamas selalu menasihati begitu. Oiya, mangkok mie ayamnya juga udah dijabelin pake 1 mangkok lagi biar tangan Mbul ga kena panas pas menyangganya. 











Singkat kata, singkat cerita, begitu dianterin ke kendaraan, ternyata bener aja, porsinya brutal bangad...Menggunung, munjung-munjung penuh suiran ayam manis, daun bawang, dan cesin. Nah di sebaliknya itu baru ada mie-ayamnya yang dicampur langsung ama kuah kentalnya. Jadi ada nyemek-nyemeknya gitu deh. Ini sih Mbul bisa barengan ama Kakak dan Adik, menggunung gitu porsiannya hahhahah. Soalnya tadinya kan ama Tamas ga dikasih apa-apa kecuali kecap aja dikit. Sambel juga cuma sedikit pol, ga kena ke segala arah. Cuma di pinggirannya doang, itupun dikiiiiiit banget, malah ga pedes sama sekali. Cuma ada rasa-rasa ladanya di ayam kecapnya. Untuk mienya sendiri adalah tipikal mie yang kecil-kecil gitu, cesinnya juga ada. Lebih ke gurih salty sih rasanya. Bukan yang modelan yamin manis, soalnya juga kuahnya dicampur langsung jadi satu ama mie ayamnya. Tapi so far lumayan kok. Enak juga. Untuk seporsi gini harganya cuma Rp 13 ribu aja. Pantasan banyak yang antre ya.


































Abis maem mie ayam, cuaca kok tambah hot aja ya. Kayaknya baru sekali-kalinya ini Mbul merasakan siang yang full srengenge kayak gini. Mbul tanya Tamas apa di Arab kayak gini, katanya : "Belum seberapa ini Dek. Di sana jauh lebih panas, makane nek siang aku bubuk. Ngancani Kakek-Kakek istirahat siang ben ga podo sakit atau tepar hahahhaha." Ealah dasar suamikuw pancen kebluq. Podo mbi aku dong maksude hehhehe.

Nah, dikarenakan cuaca siang itu terasa semakin hot, jadi kami memutuskan buat pulang aja. Ya apalagi kalau bukan buat glindang-glinding syantik di atas kasur serasa berenang di atas kasur hahaa, ngadem di bawah AC. Kalau haus bisa num es krim, karena di kulkas juga ada stok es krim sih. Ada es krim rasa kacang ijox melon, ama stroberi. Yang rasa pisang langsung abis itu yang varian Spongebob kesukaan aku. Malamnya, baru deh kengelihen lagi, tapi karena Agustus masih terasa sangat panjang (tanggalannya kayak ga kelar-kelar, panjang banget sampe tanggal 31), jadi kami memutuskan buat bebikinan sambel tempe aja. Berdua uplek di dapur, Mbul nggoreng tempenya sampai kuning keemasan, abis itu cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Nanti Tamas bagian bikin sambelnya atau finishing. Mbul diajarin Ramane kalau motong tempenya itu yang pokro, yang simetris terus memanjang aja biar enak dan digarit-garit dulu biar pas dicelup ulegan bumbu bawangnya nanti meresap sampe ke dalem. Okay siaaapppp....Mbul itu kan anaknya manutan hehhehe...






Eh, ternyata maem ginian aja enak. Nasi anget, sambel tempe fresh dengan sedikit aroma terasi, tambah acar, nikmat banget pokoknya. Acarnya akhirnya dioseng gitu deng. Biar cepet abis, dan udahannya bisa bikin acar timun buat temen maem nasi goreng kalau ga mie tek-tek.

Keesokan harinya....ted teteeed...teteeeeed. Hari Senin pun tibalah. Gladag-gludug kayak kelinci lagi di dapur mungilku. Tapi cuma buat godog aer doang kok ahhahah...Siapin air anget buat yang berangkat pagi. Abis itu bikin sarapan kilat dan tutuw. Untuk masakan alhamdulilah tadi pagi dibeliin masakan matang aja ama Tamas #senang. Ada bayam, telor ceplok balado, bakwan + oncom goreng, tempe, dan mie goreng. Alhamdulilah bisa santai sejenak Adek, Mas. Menyenangkan banget kalau pagi-pagi udah kayak gini tuh. Soalnya siang menuju sibuk. Jadi kalau pagi dah enakeun gini, siang-sore tinggal menyiapkan energi buat jadi Miss Guru Tantik dan Manisnya Kakak dan Adik Alhamdulilah...semangat dan happy selalu ^____^























































Okey, kiranya segitu aja dulu update menu masakan dan kuliner aku kali ini. Sampai jumpa lagi di post selanjutnya ya. See you and bye...bye...
 




12 komentar:

  1. ...thanks for the yummy post. Take care and be well.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome Tom...Chicken Noodle is my favourite food. It is common Indonesian dish of seasoned yellow wheat noodles with topping of sweet chicken, cesin, and bean sprouts.....

      Hapus
  2. The food looks really moreish! Is that your kitty?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kittynya namanya Mbul kayak aku, Angie

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  3. Balasan
    1. ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  4. The chicken noodle looks delicious. Enjoy your day, Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Bill, chicken noodle with cesin en toge (bean sprouts) is my fav (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  5. Lezat banget kayaknya, apalagi porsinya banyak gitu, jadi laper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Mas Rudi, porsinya agak banyak jadi aku paroan ama kakak dan adik

      Hapus
  6. Liat mie nya jd inget mie ayam jogja nit. Aku tuh jarang makan mie ayam yg gerobak, soalnya bebrapa kali nyoba di sini rasanya ga terlalu suka. Apalagi aku tipe yg suka mie ayam jamur ala Chinese atau bandung yg kuah di pisah. Selalunya kalo kuah dicampur ga terlalu doyan

    Tapii aku hrs nyobain dulu sebelum bilang ga suka. Yg kamu coba ini kayak menggoda sih 😄😄. Sayangnya jauh aja kalo kalideres 🤣. Tp murah yaak. Kayak kaget harga segitu msh ada di jkt. Apalagi porsi buanyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak mbak fanny, walau porsinya munjung jadi aku paroan ama Kakak dan Adik 🤭, mie ayam pake topping jamur enak juga ya..aku juga suka sih. aku kalau mie ayam penting mienya itu ga cepat mengembang atau suka yang kecil kecil jadi kenyal...

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)