Sabtu, 21 September 2024

Nasi Goreng Pete ❤



Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo...Jumpa lagi dengan Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Udah mulai musim angin. Udah mulai musim ujan. Kadang kalau langit lagi mendung, rasanya suka kebayang ama yang nikmat-nikmat. Ah, apaan tuh Mbul? Nasi goreng. Nasi goreng, acar timun dan ujan...Hmmm...syahdunya..





Pagi tadi, Sabtu 21 September 2024, Beby Mbul diajakin Suami buat bebikinan nasi goreng lagi. Tapi kali ini agak beda dari nasi goreng sebelumnya yang polosan aja cuma pake sayuran (pokcoy dan juga kubis). Nah, kali ini ada 1 tambahan lagi yang InsyaAlloh bakal bikin nasi gorengnya tambah enak. Apakah itu? Yaaaaak betuuul, tambahannya adalah pete. Pete yang udah mateng, mlenuk-mlenuk, bulet,  manis...mantab..

Sebagai pecinta pete, Mbul itu paling senang ama nasi goreng yang ada petenya. Petenya melimpah pula. Itu rasanya enak. Lebih kletuk-kletuk gitu. Selain warnanya juga jadi lebih cantik kan kalau dipakein pete. Ya, sebenernya ini juga diajarin ama Tamas sih yang sebelumnya suka mempengaruhiku agar suka ama pete hihi. Awal-awal dulu kan Mbul belom pernah rasan pete, tapi seringkali, Mbul itu sering didulangin Beliau sesendok pete. 







"Cobain Dek, enak lok....nyoh...aaaakkk..." Kemudian pipi gembilnya Mbul penuh dengan kunyahan pete yang jebul rasanya kok enak juga. Kletus-kletus gitu. Akhirnya ya ku jadi suka. Ternyata pete itu enak ya hihihi. Jadi bisa dibilang kami berdua adalah pecinta pete sehingga ga jarang ketika masakpun kami seringkali menambahkan pete di dalamnya.

Termasuk pula nasi goreng kali ini. Kebetulan pagi-pagi banget, pantarannya abis Subuh, Mbul bangun paling gasik. Mbul emang selalu bangun paling gasik deng...Menyiapkan segalanya, buat yang masih pada kebluq hahahha... Abis itu cek penanak nasi, eh, ternyata nasinya tinggal dikit, yaudah mending Mbul angkat aja dan ademin di dalem piring. 


























Nah, begitu jam 07.30 tiba, kan udah mayan adem tuh nasinya. Dan kebetulan ada pete juga. Jadi ga ada salahnya dong kalau kami bikin nasi goreng. Biasaaa...masaknya berdua, dempet-dempetan di dapur mungil kami tercinta. Tapi sebelumnya, Mbul duluan yang blenderin bumbunya deng, nanti bagian finishing iya Tamas. Soalnya doi yang biasanya ngoreksi rasa. Dan Mbul tinggal manut aja hihi, pakenya wajan yang gede atau omprengan kesayangan, jadi rasanya lebih manteb lagi hihi. 

Bumbunya itu, Mbul blenderin beberapa siung bawang merah, beberapa siung bawang putih, cabe merah keriting, dan beberapa butir kemiri. Kasih minyak dikit biar enakeun pas diblendernya. Tapi diblendernya masih ada tekstur ya. Biar enak. Nah, abis bumbunya siap, Mbul panggilah Ayanhanda Tercinta dan ucluk-ucluk-ucluk langsung mepet ke Beby Mbul dulu, soalnya gemes kan..dapur mungil ini isinya kok ada anak demplon ini? Wkwkwkk...Iya, biasalah dempet-dempetan dulu soalnya sempiid, dan Mbul sekalian kelarin cucian di dalam sink. Biar bersih dapurnya. Baru setelah itu bagian finishing. Jangan lupa plicetin petenya termasuk kulit arinya juga, biar ijonya kelihatan. Tambahkan petenya ini ke dalam nasi gorengnya biar makin nyus lagi...


















































Nah, kelar sarapan, Suami bilang padaku kemarin beli timun beberapa. Dan niatnya sih biar Beby Mbul bikinke acar. Wokay siap. Mbul paling seneng tuh bikin acar. Ngonceki timun sampai licin, sampe mulus. Apalagi timunnya dapat yang cakep, gede-gede lagi. Pasti kepake banget buat acar. 

Mbul cuci bersih dulu itu timun baru Mbul kupasin kulitnya. Jadi pas Beliau dah Assalamualaikum pergi ke kantor, Mbul dipeseni boleh bikin acar timun. Mbul tambahin lagi ama wortel dan juga bawang merah biar makin cantik meski cengeknya ga ada. Tumbenan di kulkas lagi ga ada cengek. Yaudah Mbul bikin aja dari apa yang ada di kulkas. Mbul iris kotak kecil-kecil dulu timun, wortel dan bawang merahnya. Nanti ditambahin dengan garam, gula pasir dan air hangat. Diaduk sebentar, kalau dah larut masukkan airnya ke dalam irisan timun, wortel, bawang merah. Aduk sebentar sampai nyampur jadi satu. Masukkan ke dalam kulkas sebentar. Jadi deh.






























































Nasi goreng petenya Mbul plating simple aja. Ga ada garnishnya sama sekali hahahah...Tapi kayak ginian aja juga cantik. Mbul icip...hmmmmmm.....rasanya pas banget. Cocok!!!! Ga ada pedes-pedes acannya, tapi gurih wenaaaak. Kebetulan emang kami bukan pecinta pedes, jadi lebih seneng yang kayak ginian aja. Pake cabe keriting beberapa, jadi warnanya mayan merah dan ga yang pedes seuhah. Kecap ada sih. Tapi sakcruwwwtan aja. Ga usah banyak-banyak. Terus ada telornya juga, dicampur jadi satu makin menambah selera. Oiya, masih ada sedikit es buah yang kemarin beli malem, nyesss banget abis maem nasi goreng pete trus sluuurpt-in es buahnya.....Seger!!! Untuk resep nasi goreng dan acarnya Mbul tuliskan di bawah ya. Siapa tau Mbul mau bikin lagi, Mbul ga lupa resep serta bumbu-bumbunya.

























Resep Nasi Goreng Pete :
Bahan-Bahan :

Sisa nasi yang dah diademkan sebelumnya
Minyak goreng
Kecap
Garam
Ajinomoto

Bumbu yang dihaluskan/diblender :

Beberapa siung bawang merah
Beberapa siung bawang putih
Beberapa buah cabai merah keriting
Beberapa butir kemiri

Cara Membuat :

Blender bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting dan kemiri, tapi ga perlu lembut banget. Lebih enak masih ada tekstur
Panaskan sedikit minyak
Masukkan bumbunya tadi
Masukkan telor ayam, osek-osek sampai nyampur
Masukkan nasinya, osek-osek sampai nyampur dan aromanya wangi
Tambahkan dengan sedikit garam dan Ajinomoto bila suka, bila ga terbiasa bisa diskip aja
Tambahkan dengan sedikit kecap manis
Tambahkan pete
Masak sampai wangi dan matang
Sajikan hangat bersama acar timun, wortel, dan bawang merah.




































Resep Acar ala Mbul :
Bahan-Bahan :

Timun
wortel
bawang merah
Air matang
Cuka
garam
gula pasir

Cara Membuat :

Cuci bersih timun, kupas kulitnya, ambil daging timunnya saja, biji timunnya ga usah disertakan
Iris kotak-kotak kecil timun
Kupas kulit wortel, cuci bersih, iris kotak-kotak kecil 
Kupas bawang merah, cuci bersih, iris kotak-kotak kecil
Masukkan irisan timun, wortel dan bawang merahnya ke dalam mangkuk atau wadah
Ambil air hangat yang baru dimasak
Masukkan sedikit garam, gula pasir dan cuka, aduk sampai larut
Masukkan larutannya ke dalam irisan timun, wortel, dan bawang merahnya, campur rata, diamkan selama beberapa saat dalam kulkas.
Acar yang sudah jadi, sangat enak disantap bareng nasi goreng pete yang sudah Mbul buat















Ini ibu ama bapakku di desa, tiap pagi mengabarkan liwat WA karena aku tinggal di perantauan, sekarang Bapak Ibuku rutin olahraga jalan pagi di dekat irigasi desa


Aku juga sama, suka olahraga juga, tapi seringnya ngedance kalau ga workout, suka gerak pokoknya 



Beginilah rutinitasku setiap pagi. Alhamdulilah aku menikmatinya. Diberikan nikmat dalam keseharian seperti ini biarpun dari luar kelihatan biasa saja, tapi jika selalu dinikmati dengan rasa syukur, alhamdulilah menjalani hariannya juga happy. Nikmat keseharian, nikmat sehat, keluarga yang menyayangi tanpa tapi, itulah bentuk nikmat yang sesungguhnya, MasyaAlloh Tabaroqallah. Bertambah lega lagi jika berkabar dengan Bapak Ibu di desa sana yang kini tiap hari pacaran terus, karena tinggal berdua, rasanya seneng. Ibuku juga udah makin sehat. Sekarang olahraga terus ditemani Bapak tiap pagi di dekat irigasi desa. Sama seperti rute olahragaku waktu aku liburan di desa beberapa bulan lalu. Mbul sama Tamas juga sama, di sini olahraga juga hihihi. 

Okey, kiranya segini aja dulu menu masakanku kali ini. Sampai jumpa lagi di kesempatan mendatang. See you and bye bye...



2 komentar:

  1. I must try this dish. Thanks for sharing.

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesian fried rice is one of my favourite dish Joanna. In this session, i use white rice that is dry not mushy rice, 3 pod stink bean, eggs (make scrambled), and acchar (cucumber, carrot, and 🥒🥕🌰)

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)