Sabtu, 26 Maret 2022

Pada Suatu Hari...




Tulisan lama (tahun 2015), tapi aku naikin lagi...buat nyimpan kenangan saat jalan-jalan ke sini.

Minggu, 8 Februari 2015 kemarin menjadikan hariku sangat spesial. Bersama Tamas, aku bertolak ke Kampung China di Kota Wisata, Cibubur. Sebelumnya, aku memang sudah mengagendakan piknik ini jauh-jauh hari setelah terpaksa pending. Lumayanlah.......sejauh kami jalan-jalan, ga ada gangguan....Padahal semalam sebelum kami berangkat, kami sempet begadangan ngabisin film Taken 2. Saking terpesonanya sama akting Liam Nesson yang berlaga jadi superhero bagi keluarganya, Tamas pun jadi antusias banget ngelarin ni film ampe dini hari. Belom lagi kalau beliau ada niatan ngelirik game Plant vs Zombie 2 yang belom kelar-kelar juga level finalnya. Aduh, pasti bakal dipelototin ampe tanaman-tanaman 'bodoh' dalam game tersebut sukses ngebabat zombie yang ada dalam berbagai versi #elusdada.



Keesokannya kami tepar. Kesiangan. E....ga ding. Aku sih tetep bangun pagi. Lalu subuhan. Sementara, Tamas masi terkapar kecapean, aku curi start mandi duluan sambil kosek WC plus lantai kamar mandi. Pokoknya ga mau ninggalin rumah dalam keadaan kotor. Soalnya klo kotor dikit, bawaannya pingin jengkel sih. Hahhaaaa....

Nah pas uda wangi, emmm rasanya pengen bobok lagi, ya udah jamaah aja di kasur. Grooookkkk...pules kaminyah. Dan bangun-bangun udah jam 9. Goyangin bahu Tamas, eh dia bilang. Ntar 5 menit lagi. Bujuggg !!! Tamas memang susah banget klo disuruh bangun pagi. Yaudah sambil nungguin dia bener-bener 'bangun', aku ganti baju ajah, rapih-rapih. Ga lupa pake krudung baru yang dibeliin Tamas tadi malam. Pokoknya biar pas doi bangun, kita orang uda cantik. Trus capcus deh.

Bener ajah. Pas udah bangun, Tamas kaget. "Eh, dedek udah siap ajah !!!," ujarnya sambil terduduk dan mengumpulkan nyawa. "Iya dong, biar bisa kena matahari pas foto-foto ntar," ujarku santai. WHAAATTTTT, Foto-foto?????!!!!! Hmmmm langsung mumet dianya, hahahahhaha....

Habis itu Tamas mandi, sementara dengan sigap aku menyiapkan apa saja yang musti dibawa nanti, terutama kamera. Khusus peralatan yang satu ini mending bawa lengkap ajah, mulai dari poket, Digicam, sampe tab. Semuanya kudu terangkut, biar bisa menggantikan kalau salah satu diantaranya mati atau habis batere. Khusus untuk digicam, Tamas ngakunya kehabisan stok batere yang dulu pernah dibeli dalam jumlah banyak. Klo kata firasatku mah paling-paling ada di tas kamera. Coba aja dicek. Tapi dasarnya emang males, yaudah ga dicek deh ama dia, yang penting tar ada acara mampir Alfa sekalian tarik uang di ATM plus beli batere. Hohooo...ya sutralah, yang penting acara foto-foto ga ilang dari agenda *berkata sambil pasang muka tanpa dosa* Habis itu, aku siapin juga beragam  cemilan kayak potatoe chips, trenz, oreo, dan susu beruang. Ga lupa pula aku matiin lampu-lampu yang masih nyala, cek kompor, setrikaa, obat nyamuk, colokan listrik, dll. Nah, pas udah beres semuanya, aku dan Tamas segera capcus keluarin mobil dan berangkatlah kami ke tempat wisata. Horeeeee !!!!

Dalam perjalanan, teroretttt....lumayan macet. Mungkin semua orang pada bete juga di rumah, makanya pada keluar kandang semua. Hahahha.... Nah kebiasaan buruk Tamas adalah hampir selalu dia ambil jalan kurang tepat. Pas ambil kanan, kok ya pas depannya stag. Pas ambil kiri, eeee tetep aja ketimpa barisan mobil yang padat merayap, menjadikan kami banyak menggerutu di jalan--mencari apa sebab kemacetan. Hahahha, padahal sendirinya adalah biang kemacetan. Uda sampe pombesin Cikokol, kami berhenti sejenak buat gesek duit. Pas aku menyusul Tamas yang uda duluan masuk ke ATM corner, dari kejauhan...tetiba dia kok mandangin aku. Waahhhh ada apa gerangan? Ada yang salah???? Jadi ga pede...Eh pas udah deket, dia bilang..."Kok hari ini dedek keliatan cantik banget deh. Bulet...pake kerudung itu. Suka pokoknya," katanya.

Ahhhhhh masyaaaa sihh???? Jadi terbang-terbang.....

Abis itu mampir ke minimarket bentar buat beli batere A2 *Ga tau kalo tu stok batere beneran masi ada di dompetan tas kamera.....Hhahahhahaha... Pas ketemu ma tu batere, aku langsung melirik sadis ke arah Tamas. Tu kan ada, ngapain koleksi.....???? Sananya terkekeh aja sambil tersenyum malu-malu.

Okelah kakak, kita lanjutkan perjalanan ini.....






Sampai akhirnya jam 12 siang kami telah memasuki kawasan kota wisata. Masuk ke gerbangnya, aku begitu terpesona oleh patung-patung selamat datang yang membawa memoriku terbang ke Bumi Eropa sana...*Dan Tamas melirikku karena ia tahu kalo aku kepingin foto di situ. Langsung, dengan cepat dia bilang, "Ga boleh parkir di sepanjang jalan ini weeeekkk !!" Kataku, "Huuuuuw masa sih, buktinya banyak anak-anak alay di situ pada foto-foto.  Bahkan di 3 ato 4 patung kuda yang ada, masing-masing dari mereka sudah main tek satu persatu, ada pula yang sampe naik." *padahal jelas di situ ada plang bertuliskan "Dilarang Menaiki Benda-benda di Area ini". Waduh, klo Tamas mah ga ada stok pede buat foto di tempat seterbuka ini. Bisa dicap alay. Hahahhahaha....

"Mending kita langsung ke kampung China aja yuk, di sana jelas bebas foto-fotonya. Karena banyak temannya," ajaknya.

Tak berapa lama kemudian, sampailah kami di "Gerbang Kemakmuran," yang menjadi penanda utama Kampung China. Gerbang bercorak merah ini diapit oleh 2 patung besar lengkap dengan pedang, obor, dan hiasan lampion merah di tangan. Wah,...takjub... Tamas pun sudah menangkap sinyal-sinyal bahwa aku ingin foto di situ. "Okelah, ambil action yang paling cihuy ya Dedek," katanya. Pas diarahkan, kok Tamasnya mundur-mundur sih. Dia mah paling hobi ambil foto yang pemandangannya full, sementara objeknya keliahatan jauh. Duhh..majuan lagi dong Tamas, sorot mukaku lebih deket. Waaaakkkk....!!! (dalam hati tamas, kan yang mau diambil backgroundnya...Wleee...bukan Dedeknya). Tapi yang dipajang di sini foto suasana aja. Yang ada Mbulnya buat koleksi pribadi ga ditampilkan hahhahaahah.

Habis puas foto-foto di gerbang, kami mulai penasaran melongok isinya. Begitu masuk, kami disambut dengan aneka perintilan China yang sangat meriah. Kanan kiri kami sudah berjajar lampion merah yang menggambarkan kemeriahan Imlek. Selain itu, kerajinan lainnya pun dipajang di depan toko, hingga tiap mata memandang, kami selalu tersedot untuk masuk ke toko tersebut satu per satu. Ada yang jual topi China, kelengkapan barongsai, mainan anak, amplop ampau, tas-fashion, payung, kerajinan logam, kerajinan batu, bunga-buaan, hiasan, kue keranjang, dll. Lucu-lucu lah.

Nah, pas di toko paling depan itulah ada atraksi permainan air yang bisa mumbul-mumbul sendiri setelah dikasi ritual-ritual. Karena penasaran, jadi aku foto saja. Sayang fotonya agak burem, dan efek air mumbulnya ga kelihatan.

Jalan lagi ke belakang, layaknya kesetrum lambaian boneka kucing penggiring konsumen, kami pun tertarik pada jajaran aksesoris yang dipajang sebuah toko. Akhirnya karena uda keburu masuk, mau ga mau kayak 'kepaksa' harus beli. Uda deh beli yang murah-murah aja tapi. Sebenarnya aku pengen beli gantungan pintu yang ada ikan-ikan kokinya. Tapi kata Tamas enggak ah, jelek. Hahahaha, akhirnya kami beli deh gantungan mobil warna kuning yang menggabungkan antara koin dengan tali. Tamas bilang, dia suka sama warnanya. Kuning cerah. Ntar bisa dijejerin ama gantungan mobil yang ada sebelumnya tuh, yang warna ijo (dan sempet aku jebolin). Kata penjualnya, jumlah genap koin (jumlahnya 8 biji) yang dirangkai pada seutas tali itu melambangkan rezeki yang tiada putus-putusnya. Bisa aja ni bapak-bapak penjualnya...Hahahaa.... Karena kami masi tertarik ama isi toko tadi, akhirnya minta izin foto-foto deh buat dokumentasi belaka













Lanjut masuk ke dalem lagi, eh....layaknya anak bocah, Tamas pengen beli baju. Lebih ke kaos biasa, cuma ada gambar naganya di tengah, terus pinggir-pinggirnya kayak motif batik. Dan aku tahu arahnya pasti kemana---->Ya pasti beli lah. Uda terlihat, matanya aja berbinar-binar, megang-megang tu kaos mulu sambil nawar-nawar harga. E ujung-ujungnya pengen nyoba. Hahahaha...Iya deh boleh beli, hihihii...lucu juga kalo liat ekspresi dia pas liat barang bagus terus pengen beli. Jadi di sini uda ketauan kan siapa yang lebih lama kalo belanja.

Ngomong-ngomong soal baju china alias cheongsam, untuk ceweknya sih bagus-bagus...tapi itu khusus buat yang balitanya. Kalo yang ukuran dewasanya aku kurang suka. Mungkin karena bahan dan bordirannya beda dari yang ukuran kecil tadi. soalnya lengennya pada pendek semua. Coba kalo ada yang panjang, kan ga perlu pake manset.

Lalu kami lanjut lagi jalan ke belakang. Kira-kira pemandangannya dari depan sampe belakang hampir sama sih. Jualannya juga itu-itu lagi. Hehehhe....Paling yang bedain, di belakang mulai muncul jajanan kayak es cream duren. Terus ada bunga-bunga dan pernak-pernik Imlek lainnya kayak bambu hoki. Sesuai namanya, bambu hoki diyakini bisa mendatangkan keuntungan berlimpah bagi pemiliknya. Tanaman hias ini juga diyakini sebagai sebagai penyaring udara paling baik, untuk mendatangkan chi (hawa) positif.














Pokoknya di sini kami muter-muter kayak gasingan, ampe abis Kampung Chinanya dan sampelah kami ke Kampung yang lokasinya di belakang kampung China. Namanya ada bau-bau Benua Amerika ato Eropanya gitu #lupa. Tapi karena uda ga gitu terawat, catnya juga uda pada terkelupas, bangunannya rapuh...akhirnya kami memutuskan buat masuk ke mobil lagi. Kebetulan kan uda jam 2. Kami belom dzuhuran nih... Makanya let's go cari masjid keburu tar nabrak Asyar. Soalnya kami juga belom makan dari pagi, terus rencananya tar pengen mampir Mekarsari. "Oke deh." Tamas pun setuju. Dan di mobil dia langsung copot-copot, dan ganti pake kaos yang barusan dibeli. Ciyeee...punya kaos baru nih...hihihii. 

Sarapan yang Terlanjur Kesiangan Menuju Kesorean 

Setelah dzuhuran, kami ngerasa ada sesuatu yang belom kami lakukan sedari pagi. AHA...rupanya kami belom makan. Dan ini perut rasanya uda ga bisa diajak negosiasi. Pun setelah coba diganjal pake kentang goreng, tetep ga bisa terima. Soalnya bukan nasi, jadi katanya belom bisa disebut makan. Hahahahhah...

Nah, pas jalan keluar Kota Wisata, niatnya sih kami cari makan di sekitar Mekarsari aja. Soalnya uda jam setengah 3 an sore. Mekarsari kan cuma buka sampe jam 5. Tapi setelah dijalani, eh la kok di jalannya macet. Padet merayap. Rupanya orang-orang dari Puncak uda pada balik. Dan kita kena imbasnya....






Karena keadaan perut sudah sangat lapar, ditambah hawa dingin yang menjadikan kami  pengen memamahbiak #emangnya sapi??!!, jadi pas ngelewatin beberapa baner bertuliskan "Pondok Cianjur 200 meter lagi", rasanya tu kayak nemu oase di tengah gurun. Ayo deh kami ke sono. Pas jalan beberapa meter ke depan, e ada gang. Dan ternyata itu kedai masuk ke dalam. Yoweslah, daripada ribet, mending kami samper.

Pas nyampe dalem...OMG !! Sepi amat ni restoran. Jangan-jangan jangan-jangan..... 

"Uda hajar aja, mumpung nemu, ntar ga makan-makan lagi," teges Tamas. 

Yakin nih? Hmmm tar kalo ga enak tanggung jawab loh.

"Iya, iya," timpalnya. Hmmmm ada baiknya juga sih, mumpung sepi, jadi bisa bebas foto-foto....#tetep...

Pas nyampe di pelataran depan, kami langsung disambut pelayan laki-laki yang mempersilakan kami duduk. Oke kami pilih bangku yang lesehan lalu pesen menu yang ada. Tamas tanpa basa-basi langsung tanya, menu spesialnya apa? Lalu si mas pelayannya bilang pecak gurame. OOO? Apaan tuh? Dalam hati gue langsung bicare, pesti ni orang mau milih kuliner yang aneh-aneh deh. Hahahha, bener aja akhirnya Tamas memesan pecak. Tapi bukan yang ikan, melainkan ayam. Sementara aku pesan yang standar-standar aja yaitu ayam kampung goreng. Setidaknya kalopun so so ya masih ada rasa-rasa ayam gorengnya lah. Klo minumnya, Tamas milih es poci, sementara aku milih es kelapa muda. Terus tambahannya cah kangkung, biar ada seratnya.

Nah sembari menunggu, tiba-tiba pelayan tadi menghidangkan menu tambahan, yang ada syaratnya. Jadi kalo kami makan itu menu, maka kami kena charge. Kalo ga, ya ga bayar. Menu tersebut berupa tahu kuning goreng dengan pelengkap sambal kacang plus kecap. 

Rasanya??? Mari kita coba. Pas ragu, mula-mula kami ambil 1 dulu. Dibagi 2, cemal cemil cemal cemil, ehhh rasanya enak. Mantaaabbb....Cespleng sesuai dengan hawa dingin kayak beginih. Abis 1 biji, kami colek lagi tahu yang lain. Hihihiii ketagihan. Apalagi pas dicoel ama sambelnya. TOP Markotop!!!

Terus ga berapa lama kemudian pesanan utama kami muncul. Pertama esnya dulu. Yaitu es moci dan es kelapa putih. LOH KOK KELAPA PUTIH??? Aku pandang Tamas sejenak...tadi kan pesen kelapa muda? Hmmmm,...ga denger kali orangnya..., yaudin deh uda terlanjur. Mudah-mudahan enak. Pas disruput, hmmm.....lumayan seger juga

Terus hidangan intinya dateng. Yaitu pecak ayam kampung, ayam kampung goreng plus sambel bawang, cah kangkung, dan sebakul nasi. Wuihh....mengepul-ngepul. Pas lapar bangat ini mah. Hajaarrr !!! #Gila kita ekstrem banget yak...

Nah, pas dicobain....gimana yah...kurang lebih lumayan sih. Ayam gorengnya sih ga terlalu berbumbu, tapi lumayan ketolong gurih dari kulitnya. Juga sambel bawang yang lebih nendang.  Tapi enak kok. Aku emang suka yang ga terlalu strong. Yang penting masih ada gurih-gurihnya.









Kalo cah kangkungnya lebih ke rasa bawang. Tapi okelah, buat pelengkap sayur. Enak krunnchy. Nah, gimana rasa kuliner ekstrem yang Tamas pesen? Pokoknya dihabiskan lo, jangan ada sisa. Nanti lauknya marah. Klo esnya? Seger. Pun yang namanya es moci....kurang lebih hampir mirip susu kocok dikasih pelengkap es teller. 

Hehehehe.. Uda segitu aja reviewnya #pukpuk perut

6 komentar: