Sabtu, 24 Oktober 2015

Review Seafood Nasional




Di Tangerang, tepatnya di kitaran ruko-ruko deket Grand Tomang, ada 1 lagi tempat makan yang oke punya. Masakannya serba ikan, seafood, dan ayam-ayaman. Namanya Sangiang Jaya. Ini jadi tempat favorit kami klo lagi bener-bener ga ada ide mau makan apa. Biasa, kalo uda 5 hari masak, hari ke-6 ama hari ke-7 rasanya nge-blank... Suami sih ga pernah protes ama masakanku, tapi akunya sendiri yang kadang ogah makan masakanku, wkkk. 




Selain murah, sajian dari restoran ini juga ga kalah leiker dari racikan resto. Padahal kalo ditilik dari bangunan fisiknya, mungkin dari nilai 1-10 aku kasi point 7. Tapi urusan rasa, juara deh ini warung.

Buka dari magrib sampai jam 10-an malam, Sangiang Jaya dikelola oleh 1 keluarga yang terdiri dari bapak, ibu, dan 5 orang anaknya. Yang 2 sebenernya ga keitung pekerja sih. Karena ukurannya masih seperempat alias bocil hahahhaha..... 





Nah setiap kali nongkrong di sini, aku sering mengamati kekompakan keluarga ini. Sang pemimpin yang tak lain adalah bapaknya bertugas sebagai head chef, dia spesialis pengolah cah kangkung, goreng-gorengan ayam dan seafood-seafodan, dll.

Sang ibu bertugas di bagian keuangan sembari memantau masakan. Anak pertama bagian bakar-bakaran, anak kedua bagian pemesanan menu, dan anak ketiga bagian antar dan  bantu-bantu. Sungguh aku melihat potret keluarga enterpreneur sejati di dalam keluarga ini. 

Padahal (mungkin) sehari-harinya mereka hidup di warung sederhana ini. Beralaskan dipan dan bantal sekedarnya, juga sebuah TV tabung yang ditancapkan ke dinding sebagai hiburan. Sesekali TV tersebut disetel, entah memutar sinetron GGS atau Bintang Pantura di Indosiar untuk menemani pengunjung bersantap petang. Perjuangan yang sangat keras bukan untuk bisa mencapai sukses. Alhamdulilahnya, tiap hari warung ini selalu ramai. Sabtu Minggu? Beuh jangan harap masih nyisa lauk favorit di atas jam 8 malam. Ludes.











Kalo menu favoritku di sini cuma cah kangkung plus cumi goreng tepungnya. Ga ada yang ngalahin cah kangkungnya deh. Warna kangkung terlihat hijau fresh, namun tingkat kematangan pas. Bumbu meresap sampai ke dalem (emang apaan gitu *hahah) dan sampe sekarang masih aku cari-cari apa rahasia di balik kelezatannya.

Klo Tamas, sukanya ikan-ikanan. Seringnya sih yang dipesen bawal bakar. Yang spesial dari ikan bawal di sini adalah sambal cabe ijo bawang kecapnya. Ikannya juga bebas bau tanah. Dijamin seger. Ngebakarnya pas. Bumbu juga meresap. Uh nampollll mantaaabbbb deh...Endes !!! 








Tentang ayam-ayaman *YAKALI ayam beneran. Iya maksudnya memang ayam beneran, entah itu digoreng maupun dibakar, rasanya tetap juara. Sebenarnya lebih mantab yang dibakar sih. Bumbunya itu loh. Ngreseeepppp banget. Dan ini juga agaknya masih menjadi misteri. Hanya Alloh dan keluarga ini saja yang tahu resep rahasianyah *lebaynya kumat. Kalo bagian yang paling jozz dari ayam bakarnya adalah kepala, ceker, juga dada mentok. Ya, meskipun lehor yang kuheran kok rasanya tetep nikmat-nikmat aja ya menyerupai kampung.

Klo urusan harga sih standar, tapi kataku ramah di kantong. Pokoknya oke deh. Recomended punya...

#Update : sekarang namanya Pondok Seafood Pak Kumis Sangiang !

Ngomongin seafood, biasanya rada susah ya cari tempat makan yang dari segi dompet oke, namun tetap menyajikan kualitas rasa yang jauh di atas rata-rata. Nah, kebetulan di Tangerang ada nih yang masuk kategori ini. Terlalu mahal engga, terlalu murah juga enggak. Tengah-tengah lah, cuma rasanya bisa kubilang beda dari seafood warung tenda kebanyakan, karena dia mengandalkan cita rasa ‘bumbu khas’. Semacam bumbu keluarga alias resep rahasia gitu #halah. Tapi beneran rasanya maknyus tenan. Nama tempatnya Pondok Seafood Pak Kumis, Sangiang dengan basis produk ikan-ikanan, ayam, juga seafood.



Pondok Seafood Pak Kumis Sangiang ini lokasinya agak masuk-masuk ke gang gitu klo dari Jl. Moh. Toha Tangerang. Persisnya, dari pertigaan RS Sari Asih Sangiang ke kiri, 100 meter pertigaan lagi ke kanan, abis itu kira-kira 400 meter lagi di sebelah kanan jalan. Dia ada di depan ruko-ruko handphone en elektronik, kedai martabak, serta RM Padang Fahrizal.

Dikelola oleh satu keluarga yang melibatkan langsung anak-anaknya, Pondok Sangiang Jaya Seafood mengusung konsep masak di tempat. Segala lauk, silakan pilih sendiri sekalian cek ombak apa masih segar ato ga. Khususnya untuk yang ikan-ikanan serta seafood ya karena klo ayam-ayamnya uda diungkep bumbu dan tinggal digoreng atopun dibakar. Untuk ikan misalnya ikan bawal, kakap, maupun gurame. Sedangkan seafood misalnya udang, kerang, maupun cumi.






Sebagai ahlinya milih ikan segar, kata Pak Su sih ikan-ikannya segar-segar. Cara ngedeteksinya adalah warna insangnya merah, matanya bening, serta lebih efektifnya lagi klo kalian pegang insangnya dan cium, klo baunya amis berarti dia masih segar, tapi klo ga enak berarti kurang segar.

Waktu Bapak Ibuku maen ke rumah, aku dan Pak Su sepakat ngajakin makan di sini karena bisa kubilang rasanya sesuai selera orang kebanyakan–which is maybe mereka bakal doyan juga. Dan yes, ternyata bener ! Pada suka. Waktu itu kami pilihnya ikan bakar, kepala ayam dan ceker goreng, cumi goreng tepung, tumis kangkung serta es teh manis.




Pertama ikan bakar. Dia ukurannya jumbo-jumbo ya. Dibelah jadi 2, dengan bumbu yang susah dijabarkan pake kata-kata. Maksudnya seperti yang kubilang tadi, semacam kayak ada bumbu rahasia yang bikin remesep sampe ke dalem–maksudnya sampe ke tulang-tulang. Dagingnya juga padet dan mateng. Sampe ke kulit-kulitnya pun (yang biasanya pada ikan aku suka sisain), nah di sini justru aku tandaskan ampe tinggal duri-durinya doang. Bener-bener olahan ikan yang fantastis #maap lebe.

Sambelnya sendiri ada 2 macem yakni sambel kecap cabe rawit bawang merah serta sambel terasi. Dua-duanya endeus banget, meski di lidahku lebih friendly yang sambel kecap pedes. Abis gimananya? Rasa pedes rawit kecampur manisnya kecap juga kretes-kretesnya bawang merah dipadu dengan si ikan menghasilkan kombinasi rasa yang aduhai. Suwer, klo tu cowelan daging diusep-usepin ke sambel kecapnya, rasanya tu kayak nggak kepengen kemesraan ini cepet berakhir #halah.







Sebenernya untuk kepala ini kami sering pesen yang model bakar sih, cuma karena waktu itu ada salah info pendengaran dari si penjual, akhirnya malah digoreng, haha. Ya gapapa sih, baik bakar maupun goreng rasanya sama-sama enak. Tapi, khususon bakar dia spesial bumbunya lebih kerasa. Semacam kayak ikan bakar namun kali ini barangnya diganti ayam.

Selain kepala, standar bagian ayam lainnya yang biasa kami pesan adalah paha maupun dada yang otomatis ukurannya lebih gedean, cuma entah kenapa kami lebih suka bagian kepala dan juga ceker. Makannya cepet sih…

Ketiga, cumi goreng tepung. Yang ini diirisnya model cincin dengan balutan tepung crunchy plus bonus saos tomat sachetan. Tips yang ingin kuberitahu dalam hal mengudap cumi ini adalah, makanlah dalam keadaan tenang alias jangan grusa-grusu andaikata kalian ga pengen kejebak ama kondisi kenyang duluan. Karena cuminya ini agak berat ya, jadi klo nilep dalam jumlah banyakan, bisa dipastikan akan sangat menguasai kapasitas perut.







Terakhir, tumis kangkung. Jujur untuk menu yang satu ini rasanya juara ! Warnanya beneran ijo fresh, dengan tekstur lemes, gurih, pedes bercampur jadi satu tanpa mengurangi efek kesegarannya. Apalagi ketambahan ada esense terasi ataupun bumbu kedelainya yang bikin si kangkung endeus dari bagian daun sampai ke tangkai-tangkai. Jadi lagi-lagi aku takjub, karena yaitu tadi kayaknya ada semacam bumbu rahasia yang bikin dia beda dengan tumis kangkung di kede seafood lainnya.

Apalagi jika dibandingin ama masakanku. Aduh, helaaaw masakanku mah satu kali ngosek bisa beda-beda rasa kali yes, makanya sering diremehin ga bakat dagang makanan hahaha. Klo tumis kangkungku itu kan sering menggelap tuh andaikan ga cepet-cepet dimakan setelah mentas dari wajan. Nah masakan di Pondok Sangiang Jaya Seafood ini enggak. Kayak awet amat warna ijo segernya. Aslik ! Beneran maknyus!




Cuma sayangnya seporsinya agak dikit ya menurutku. Jadi biar kerasa puas dan sesuai ama nasi ya kami pesennya jadi 1,5 porsi. Soalnya gimana ya, klo nasinya masi banyak, sementara kangkungnya uda abis rasanya tu ada yang kurang gitu…. Seperti ada yang mengganjal #lebe jilid 2.

Minumannya, ga usah dibahas detil lah ya, karena standar kok haha…yang jelas rasanya seger baik itu ysang es teh manis, es jeruk, maupun lainnya. Overall, kami selalu puas dengan penyajian warung makan seafood ini, meski ada kenaikan harga sih sesuai dengan laju inflasi tahunan untuk beberapa menunya

Update Info, Kedainya Ganti Nama lagi jadi Seafood Nasional sekarang....



10 komentar:

  1. Waaah...
    Laper jadinya...

    Aku suka menu ayam yang lengkap dengan sambal

    BalasHapus
  2. Liat ca kangkungnya jadi ngilerr. Aaahhh laperr!!

    BalasHapus
  3. Ayam-ayaman? Jadi ayamnya ayam jadi-jadian gitu?

    Tampilan makannanya enak-enak ih jadi laper gini.

    BalasHapus
  4. ca kangkuuuung...sukaaa. saking sukanya saya sering pesen ca kangkung kl ke rumah makan. trus diprotes suami, katanya jauh2 ke rumah makan kok makannya kangkung? hihi...lha kl masak sendiri ga bisa seenak itu je...

    BalasHapus
  5. huhuhu jauh... penasaran sama cumi goreng tepung nih... Soalnya sering cumi sekarang keras jadi makannya rada suseh (udah uzur, giginya gak kuat)

    BalasHapus
  6. enak ya kalau usaha dikerjakan bareng keluarga, hasilnya semua untuk keluarga :)

    BalasHapus
  7. Wah aku jadi mikirin keluarganya. Kok keren ya Naknya juga ngerti mau bantu xD
    Pagi pagi gini jadi laper bangettt haha

    BalasHapus
  8. kok sama dengan favoritku kalo mampir ke seafood, ada cah kangkung en cumi goreng tepung :D

    BalasHapus
  9. cah kangkungnya bikin laper mbaa,

    BalasHapus