Senin, 14 Maret 2016

Opor yang Hmmmm Sekali....




Huuutang puasa udah separo jalan. Duh nyesek bangaad yach keinget Ramadhan kemaren puasaku banyak yang bolong. Ini semua karena ketiban hamil pas bulan Romadhon yang sayangnya, waktu itu harus berakhir di meja kuret karena belum rejeki...Makanya sekarang ini lagi ngebut-ngebutnya ngelunasin utaankk puasa, ya siapa tau bulan-bulan depan uda ada hasil...Aaaakk !!!! Amiiiiiinnnn.




(maap curcol)

Opor kacrut bikinan Tamas

Dan, kayak biasanya moment yang paling ditunggu-tunggu ketika puasa adalah waktu berbukanya et bukan ganti baju dot com lho ya..

Apalagi kalo puasa sendiri..wuhhh kebayang rempong banget nyiapin makanan. Sebagai istri yang baik bin tjantik menawan, meski puasa, tetep rasanya pengen masakin suami juga. Yah meskipun yang bersangkutan sukanya minta dimasakin yang aneh-aneh or misal kalo dah mateng, e...tiba-tiba dianya telpun kalo dia lagi di proyek, jadinya makannya ya mending di jalan ato sambil meeting *halaaaahh* lalu ujung-ujungnya membuat akuh ngambek

Tapi kalo lagi di kantor aja ya balik ke rumah buat makan siang.

Pernah aku tawarin buat bawa bekal sendiri kayak di drama-drama korea, e tapi ngerti sendiri lah ya Tamas tu kayak apa. Gengsinya tuinggiii....daripada bawa bekel mendingan balik kucluk-kucluk makan di rumah. Soalnya, kantor Tamas ama rumah kan jaraknya kayak jarak antara hatimu dengan hatinya alias deket banget. Tinggal nggelinding aja kayak landak udah nyampek. Lumayan, bisa ngehemat gaji untuk ditabung dan merenov rumah yang dah mau ambruk.




Nah suatu ketika, saat jam makan siang tiba, doi muncul sambil mengendus-endus sesuatu. Aku tanya, ngapain?? Dia jawab, bau opor ayam. Baunya di depan rumah tajem banget. Pleus tentu saja sangat menggiurkan. Siapa yang masak?? Aku pikir dapur umum kali ya. Soalnya kan waktu itu sempet banjir di blok sebelah makanya, posko pengungsian dan dapur umumnya ditaroh di ruko kosong yang ada di belakang rumah kami pas. Nah mungkin asalnya dari situ. Soalnya kejadian dua kali. Besokannya ada bau opor itu lagi.

Buat netralisisrnya tambahin jamur

Karena uda ngidam sampe ke ubun-ubun akhirnya fix--malem-malem Tamas ngajakin aku ke Pasar Baru buat belanja ayam. Pasarnya sengaja milih malem hari karena pasar di sini bukanya 24 jam. Keren kan?? Selain itu suasana juga belum seberantakan siang, dan setok sayurnya juga masih melimpah. Komplit. Ada bumbu-bumbu jadinya juga. Pas banget lah untuk kami yang ga mau repot. Jadi beli ayam 1 ekor Rp 35 ribu sama bumbu jadi Rp 3000,-. Waktu aku liat bapak penjual bumbu jadinya nyidukin adonan, aku mikir...eh itu masuk-masukin bumbunya ngarang ga ya?? Karena banyak juga plus warnanya yang macem-macem, hahahha..









Tepat pukul 11 malem, kami selesai pasar, Sampe rumah jadi ga bisa tidur karena ada ayam ngejogrok di meja. Kalo ga segera diolah takut ga seger. Alhasil seperti biasa kami ugat-uget di dapur kayak emak-emak rempong buat ngolah tu ayam menjadi opor idaman Tamas.

Bercampur dengan rasa kantuk yang teramat sangat, akuh kudu nemenin beliau mengaduk ramuan sang penyihir *uhuk maksudnya opor* sampe kira-kira bumbu menyatu dan meresap. Sukaaakkk syebelll, soalnya kalo dah ngantuk doi suka tiba-tiba rempong di dapur dan membuat aku mau tidak mau harus mengawasi jalannya memasak. Karena aku emang kebagian jadi tukang bersih-bersihnya. 

Setelah  sekian lama berjibaku dengan panci, akhirnya kami rasa opor yang kami masak sudah matang. Meski sebenarnya Tamas yang tadinya ngaku masak kek ginian keciiilll, e ternyata pas dah siap saji kayak ngerasa kok baunya ga sesedap opor yang kemaren kecium ya??? Ulalaaaa.....pas dicicip, e bener juga, ternyata rasanya kacruuuutttt...Rempah-rempah di bumbu jadinya agak random dan kerasa semriwing asem-asem gimana gitu di lidah. Apa dicampur kayu manis segala apa yah??? Hadduhh !!








Tumis jamur bikinanku katanya enak

Yang ini agak keasinan

Ya, karena uda terlanjur masak 1 ekor besar yang terdiri dari 10 potong ayam, akhirnya mau ga mau musti kami habiskan juga. Sebagai penetral rasanya, pas buka puasa tiba, aku tambahin sayur lain deh kayak tumis jamur dan jamur goreng krispi berikut. Lumayaaaan lah ya....

Untunglah jamur bikinanku rasanya aman. Yang sayur (jamur kancing) rasanya kenyil-kenyil, sedangkan yang krispy uda mirip kulit ayamnya kaepci....nyum lahhh, alhamdulilah masih bisa makan enak.







Untuk sisa jamur kancing yang masih ada aku bikin tumisan lagi ditambah lauknya tahu kuning goreng tepung. Cuma tepungnya ga basah...Aku balurin dalam keadaan kering jadi krenyes-krenyes si tahunya. Tapi enak lho karena tahu yun yi yang kuning itu hehhe..

Okey sekian dulu updateanku kali ini. See you....

Tidak ada komentar: