Kamis, 26 Mei 2022

Bakso Sapi Nikmat Bikinan Beby Mbul ❤



Assalamualaikum wr wb....
Hai...hai...hai...Jumpa lagi dengan Beby Mbul di sini. Apa kabarnya, Teman-Teman? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Meneruskan ceritaku kemarin, setelah episode bikin bakso ayam request-an Suami, akhirnya Mbul pengen bikin bakso satu lagi yaitu bakso sapi yang pada kesempatan kali ini Mbul bikin pada Selasa, 23 Juli 2024. Karena eh karena, Suami udah belikan Mbul beberapa potong iga sapi gede yang mana pengennya langsung dimasakin oleh tangan Beby Mbul tercinta #tsah.





Wah...wah...apakah Beby Mbul bisa ya? Secara, bakso sapi kan rada ribed ya. Tapi asal mau belajar, maka pasti InsyaAlloh bisa. Cmangaaad!!! Resepnya sendiri Mbul pelajarin sambil jalan, walaupun ini untuk pertama kalinya Mbul bikin bakso sapi plus nanti akan ada semacam pentol juga (because of aku suka banget ama yang namanya pentol, jadi kalau ga ada pentol rasanya kok kurang afdol), sapa yang suka pentol juga kayak Mbul, sini yuk merapat ฅ(^・ω・^ฅ) Kita bikin sama-sama pake recipe yang kepenak.

Bakso sapi. Mendengar namanya aja, udah bikin cleguk-cleguk ya. Sajian berkuah yang cocok dimakan saat cuaca duinind maupun panas aliaass hot. Proses pembuatannya sendiri emang terbilang cukup lama. Mulai dari kupas-kupas bumbunya, bikin baksonya, sampai bikin kuah kaldunya. Itu semua ga sebentar. Apalagi dikerjakan sendiri, karena pas kemarin itu Suami udah siap-siap berangkat kerja. Tapi, tenang karena Beby Mbul ada kepengenan bikin bacow yang seenak bakso Titoti, maka Mbul berasa semangat banget masak-masak kali ini. 






Nah, sebelum Assalamualaikum sodorin tangan buat diketjup oleh Beby Mbul, Suami dengan senang hati (tapi pasti) langsung memberikanku sekantung iga sapi besar agar bisa langsung aku masak. Nanti Beliau tinggal maemnya aja atau terima jadi hahahaha...deng, ga, Beliau udah bantu bagian belanjanya kok, mruput  ke Om Bakul daging sapi pagi-pagi sekali dan didapatlah ted teteeed teteeeed sekantung gede iga sapi plus tetelan. Okeylah berarti ini semacam challenge ya? Karena Mbul itu jujur paling senang kalau bagian manjain Suami dengan cara masakin dia yang enak-enak. Ngliat dia maemnya lahap huhu, ini udah kebahagiaan tersendiri buat aku ฅ(^・ω・^ฅ). Sesederhana itu memang kebahagianku di rumah hahahha. Selain tentu saja, manjain perutnya Adik J maupun Kakak A tersayang pake sesuatu yang enak-enak, anget-anget, biar anteng, biar kenyang hahahhah... Makanya aku pengen banget bikin bakso yang sluuuuuuurrppputt-able (Bahasa opo iki Mbul?), mumpung bahan-bahannya ada kan? 

Bakso sapi ini kalau menurut resep yang kupelajari sambil jalan, kebanyakan menggunakan daging bagian leher ya dan ada tetelannya juga. Itu udah pasti dicuci bersih dulu sebelum diolah. Nah, kalau udah bersih bisa dipotong-potong jadi bagian yang lebih kecil lagi dan dimasukkan ke dalam  food processor berikut tetelannya untuk digiling dengan  sedikit garam, sejumput gula pasir, merica, kaldu sapi (aku biasanya pake Masako), baking powder, serta irisan bawang merah goreng. Nah, kenapa dikasih irisan bawang merah goreng, kata ibuku itu mempengaruhi rasa gurihnya. Setelah  nyampur, baru masukkan putih telur dengan ditambahin dengan es batu pelan-pelan. Pelan-pelan aja ya. Abis itu campurkan tepung sagu. Pindahkan ke dalam wadah dan masukkan ke kulkas sejenak.














Untuk kuahannya sendiri, bumbu dasarnya hampir sama ya dengan bakso ayam yang kemarin sempat kubikin. Bedanya paling di tulangan ayamnya aja yang diganti dengan iga sapi dan tetelan, dan kali ini Suami kasih tetelannya agak melimpah gitu deh, biar gurih, leikker, umami. Nanti, perbumbuannya masih sama yaitu ada bawang merah, bawang putih, kemiri, merica (butiran/bubuk), kaldu sapi, garam, gula pasir, air, minyak goreng, seledri dan daun bawang. Bawang merahnya diiris tipis-tipis dan digoreng sampai kuning keemasan. Habis itu angkat dan sisihkan. Bawang putih dan kemiri digoreng sebentar, diuleg dan dicampur dengan merica butiran, kaldu sapi, dan garam. Itu diuleg lagi sampai halus. Tambahkan pula dengan seserog irisan bawang merah gorengnya, uleg lagi sampai menyatu. Setelah menyatu, segera panaskan minyak, tumis bumbu ulegannya sampai wangi. Baru setelah itu rebus air, masukkan bumbu yang udah ditumis tadi, iga sapi + tetelan yang udah dicuci bersih, seledri+daun bawang yang dibiarkan begitu aja (memanjang). Rebus sampai si iga dan tetelannya ini empuk dan nantinya akan memberikan kaldu di kuahannya itu. Nah, setelah itu baru deh adonan bakso sapinya dibulet-buletin dan dimasukkan ke dalam kuah baksonya sampai matang (nanti dia akan mengapung ke permukaan dengan sendirinya).







































































































Oh iya, karena Suami pengen ada tahunya, maka Mbul pun sertakan pula tahu, tapi ga langsung takmasukkan ke dalam kuahan baksonya. Soalnya tahu itu bikin rasa baksonya jadi beda. Jadi tahunya ditaruh di luar aja. Nanti kalau mau ada tahunya, tinggal ambil gitu, sesuai selera. Terus mau Mbul kasih pula dengan pentol goreng ala-ala karena Mbul emang sukaaaa banget ama yang namanya pentol gegeggegek. Pernah ya Mbul ama Tamas tiap ngiter ke pasar basah, selalu tumbas pentol langganan. Belinya ama Mas-Mas penjual pentol gitu, waktu kami haland-haland sambil pacaran, ya ngiter-ngiter agak jauhan dikit dari rumah. Ngiter-ngiter-ngiter-ngiter...sambil itu pula sedot pentol dari bungkusnya langsung walaupun masih hot hoho. Soalnya kami sering tumbas pentol sambil dimaem langsung gitu dari ujung bungkusnya yang digigit/dilubangi dikit. Ga ditaruh di mangkok dulu, tatud keburu adem kalau tunggu sampai rumah. Ini tuh enak banget. Pentolnya gede-gede. Cuma sayang orangnya dah ga jualan lagi kayak dulu. Sekarang gerobagnya kosong, mungkin si Masnya udah pensiun jualan pentol kali ya hahahah.... Sayang banget padahal pentolnya enak, biarpun glepungnya banyak dan dagingnya secimit, tapi ntah kenapa rasanya gurih-gurih nyoi gitu. Apalagi dimaemnya pas panyas-panyas tambahin saos tomat agak encer dan kecap manis...begh....uham-uham bibir Mbul yang tektiw ini...Lha kayak Beiby Hui dong Mbul (Beiby Yui aka Beiby Huey kalik Mbul....wkwkw, embuhlah pokoknya itu). Nah, terinspirasi dari situlah, maka Mbul akhirnya jadi kepingin bikin pentol. Cuma kali ini pentolnya akan Mbul goreng, jadi kayak semacam bakso goreng gitu deh. Dan ini yang akhirnya bikin Mbul diledekin Tamas.



































































Nah, pas Mbul ceritanya lagi uplek di dapur, pake celemek berpita, eh tau-tau Tamas udah iseng aja ngagetin Mbul dari belakang. Aduh grogi Mbul kalau pas masak diliatin, soalnya dia lebih master urusan masak-memasak ketimbang Mbul yang masih nyubi tapi tektiw ini #plaaak #cubiid ฅ(^・ω・^ฅ) Tamas nanti bagian koreksi rasa, dia yang selalu ngasih inputan apa kalau Mbul lagi masak di dapur. Jadi biar rasa masakan Mbul lebih sedep lagi. Tapi teteup sih sambil Mbulnya selalu diledekin wkwkwk..

"Siro bikin opo tow Dek...Sajake og lama banget durasinya?"
"Bikin pentol ea Tamas, Mbul itu mauk eksperimen bikin bacow yang jadinya baksonya kayak bakso di Jawa Timur itu loh hihihi..."
#dalam hati Tamas langsung pengen meraba kening Beb Mbul, sapa tau ni anak lagi nyanyas, soalnya bebikinan yang aneh-aneh lagi sih, wkwkw. Biasa....Mbul itu emang suka nyobain resep-resep baru.
"Mbul...Mbul...siro ki ono-ono ae loh, rasane gemes deh pengen taksayang..."
"Kalau disayang sih mauk pake banget!!!!"
"Ealah Mbul...Mbul...wes ndang dirampungke masake, selak ngelih iki loh Cah Ayu..." #tangan iseng pegangin pinggul Beb Mbul...#maklum dapurnya dapur mungil jadi dempet-dempetan kami berdua tuw.
"Siaaaaap...Mbul menjelma jadi juru masak seksi dulu ya..."
"Mbul...Mbul...ancen nggemesi cah iki, udah cepet diambilke nek wes rampung ya wkwkwk."











































Cara bikinnya gampang aja yaitu Mbul pake tepung kobe (yang biasa buat kulit ayam tepung itu loh...yang udah ada bumbunya), dicampur dengan tepung terigu protein sedang, kaldu sapi, masukkan ke dalam air dan masak sampai nyatu pake api kecil aja. Setelah matang dan agak kental, tambahkan dengan telur ayam dan tapioka, itu diaduk-aduk terus sampai kalis dan bisa dibentuk buletan. Nah, abis itu panaskan air dan beri minyak dikit, lalu cemplungkan pentolnya ke dalam rebusan sampai dia nanti matang dan mengapung ke permukaan. Setelah matang, angkat dan tunggu sampai dingin, nanti dibelah jadi beberapa bagian, lalu tepuk-tepuk dengan terigu kering dan goreng dalam minyak panas sampai warna keemasan. Nah, pentol gorengnya siap disajikan deh bareng bakso sapi dan juga tahu gorengnya. 

Mbul juga bikin irisan bawang goreng juga buat taburan, sambel bawang, irisan seledri dan daun bawang biar tambah nikmat. Jujur, irisan bawang goreng bikin ndiri itu kerasa lebih nikmat menurutku.. soalnya ada prosesnya. Biasanya sih Mbul kalau maem bakso kuahnya itu Mbul kasih kecap agak banyak, begitupula sambel. Kalau saos Mbul skip...soalnya ga suka saos. Mbul ga tambahkan bihun atau mie kuning karena Tamas ga doyan ada bihunnya. Paling tambahannya ada toge atah (toge mentah, karena Beby Mbul suka banget ama toge) dan juga cesin. Nah, udah deh baksonya jadi....Jangan lupa maemnya sama krupuk uyel juga ya biar semakin nikmat...





















































































Okey, kiranya segini aja dulu tulisan Mbul kali ini. See you and bye bye




20 komentar:

  1. Balasan
    1. Very tender and flavorful meatballs. Made for first time and I utilized some of the condement to tweak to flavors that we like...

      Hapus
  2. Such a healthy and yummy meal! I miss those meatballs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Angie...
      These easy homemade beef meatballs are freezer-friendly and versatile. This recipe is easy to follow and has a simple list of ingredients...for making tender and tasty meatball, grind together beef, white egg, salt, a little bit sugar, powdered beef stock, pepper, garlic, fried shallot, tapioca starch, ice cubes in a food processor until smooth. This meatball soup is rich, hearty, and brothy (that full of ribs and flank beef)

      ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  3. ...a lot of work when int this fabulous meal! Be well Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Tom
      I still learn how to make Indonesian classic meatballs with this step-by-step cooking lesson that makes tender and rich meatballs....
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  4. You've been making some yummy looking food in your last couple of posts. Those meatballs look delicious. I was reading what you said to Angie, and that's such an interesting recipe. I've never tried adding cie cubes. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Erika

      I use the food processor while adding ice cubes gradually until it all mixed. I use the ice cube to keep the temperature inside my food processor cool. On the pan, bring water to boil. Make balls from the meat dough and put it into the pan. Wait untill the meatballs float the take it off the heat

      (^・ω・^❁)
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  5. saya termasuk pemakan bakso yang wajib pakai nasi
    kalau lagi makan dirumah
    kalau lagi di warung bakso wajib pakai lontong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha...biar wareg ya ki
      suamiku juga bakso ama nasi, soto ama nasi, mie rebus atau indomie goreng juga ama nasi...😂

      bakso pake lontong aku pernah nyobain ki, waktu jalan jalan ke Bali, pas sebelom menuju Garuda Wisnu Kencana, aku diajakin suami ngemper tumbas pentol tapu maeme karo lontong, baru ku tahu modelan jawa timur pentol ki dimaem mbi lontong #sungguh pengetahuan baru buatku 😂

      Hapus
  6. Delicious and tasty food. Thanks for sharing and have a wonderful day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome Bill. I always enjoy the process how to make a delicious & hearthy dish for my little family

      ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  7. Boa tarde e uma excelente quinta-feira minha querida amiga. Que vontade de provar suas receitas maravilhosas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay terima kasih atas kunjungannya ke blog aku Sahabat Luiz, ya kali ini aku ingin bercerita tentang keseruanku membuat bakso homemade untuk dimakan bersama keluarga. Ini bentuk seseruanku dengan Suami kalau pas lagi keidean pengen masak sesuatu...biasanya resep yang agak panjang durasi atau tahapan masaknya. Tapi kalau beneran jadi dan rasanya enak, rasanya senang aja. Nah, kebetulan saat ini kami lagi senang bikin bakso. Bakso sendiri makanan yang cukup populer di Indonesia. Ga nyangka, kalau niat bikin sendiri pun bisa. Bakso paling enak dimakan saat sedang hujan atau cuaca panas, semuanya okay aja
      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  8. Balasan
    1. Thank's Elephant's Child. Glad if you like my post. greetings...

      Hapus
  9. This food looks really yummy. I'd like to taste it. :-)

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Joanna, hopefully you can try Indonesian meatball or bakso if you visit Indonesia

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  10. Aku tuh pernah diajarin bikin bakso ama asisten mama, tapi ya itu, kluar masuk kuping kiri kanan doang 🤣🤣. Jadi memang udah nyerah lah kalo bikin sendiri 😂.

    Langsung salfok ama bakso goreng nit. Ya ampuuuun doyan bangetttt aku kalo bakso goreng. Jd inget bakso malang. Paling suka yg bagian goreng2 deh 😂. Kalo udh dicelupin kuah, beuugh manteeep.

    Kita beda nih soal toge. Aku sih doyan toge, mentah atau mateng. Tp ntah kenapa khusus bakso dan bakmi, ga pernah mau pake toge, mentah atau mateng 🤣🤣🤣. Cukuplah toge di tumis atau di bikin karedok 😂🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bikin sendiri akupun musti liad catatan mbak...soalnya ga hapal bumbunya hahahhaha...untung aja ibu aku di-WA balasnya cepad jadi bumbu yang kurang langsung bisa dibeli...
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Iya Mbak bakso gorengnya iti aku liad resep di youtube ga pake daging hahhahah...tapi kalau bakso sapinya baru ada dagingnya...jadi bakso gorengnya gurih kenyal tapioka en sedikit bumbu kobe plus terigu....

      Toge di mie ayam, bakso, ama stir fry kwe teow aku suka mba...kranciii...kalau di karedok juga enak. Ada kacang panjang, toge, kubis, kemangi ama terung yang imut imut itu (terung gelatik) 🍆🥗

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)