Kamis, 01 Agustus 2024

Semur Jengkol Beby Mbul ❤



Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo...Apa kabarnya Teman-Teman semua? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Jumpa lagi dengan Beby Mbul di sini yang akan menuliskan resep masakan hari ini Selasa, 3 September 2024, fresh from the kitchen banget, masakan aku sendiri tapi dimulainya dari tadi malem ding. 





Ini semua karena sehabis ditinggal dines ke IKN selama 3 hari, Mbul akhirnya dioleh-olehin Tamas bahan makanan agak banyakan dan notabene kesukaan kami semua. Ada jengkol, iga sapi, ikan teri medan, toge, timun, tahu, tempe dan aneka sayur mayur lainnya. Tapi yang mau Mbul olah duluan adalah iga sapi dan jengkolnya. Iga terutama karena Mbul semalem udah didawuhi Kangmasew suruh masak sop iga yang langsung dimasak by tangan Beby Mbul sendiri soalnya kan iga anget-anget seger ya. Semakin diangetin semakin seger. Semakin empuk pula dagingnya. Gampang diprotolin dagingnya dari tulangannya. Empuuuk beud. Jadi masaknya udah dari semalem. 

Abis kondur kantor, Tamas langsung request diriku : "Dek, Dek....Maniskuw Dek Nita...Beby Mbul Shirahoshi... masak sop iga kayake enak deh....






"Lha jam semene Tamas?" Abis Isya maksudnya.
"He em, kan biar besok tinggal angetinnya aja, nda perlu masak lagi. Biar Adik maemnya lewag-leweg..." Iya juga ya si Montogh kan suka iga.
"Tapi Mbul pengen masak jengkol juga jew hehew."
"Sakkarepe Jeyeg, tapi seng penting igane dimasak saiki...." 
"Jadi dimasak sekarang ni iganya?" 
"Yes! Pokoke masakane Dedek, aku oke semua. Percoyo masakane Dedek wenak. Takenteni matenge ae yo, Tembem...... Tar takbonusin sesuatuw." 
"Ow lha bonusin apa emang Tamaz?"
"Bonusin sayang :*" 
"Mauuuuukkk." Lha..lha...lha..piye to si Embul ฅ(^・ω・^ฅ)
"Pokoke tambah Cinta lha aku ma Mbul." (((Mbul dirayu biar mau masak sop iga malem-malem))).




 

Ecekebret maning dunk ea malem-malem Beby Mbul disuruh masagh lagi, hahahha :* Tapi it doesn't matter karena bukan Beby Mbul namanya kalau ga sanggub menunaikan tugas dari Ayankhanda Ramane. Pikir Mbul bener juga ya, soalnya kalau masak sekarang kan besok tinggal ngangetin aja ama bikin semur jengkolnya. Jadi udahannya bisa leyeh-leyeh lagi kelar acara masaknya. 



























"Piye Dek, masakin ya, Iga Sapinya. Percoyo, masakane Embul siki mantuaab2...." Buleh...buleh..buleh....Beby Mbul pun langsung siap-siap mengenakan celemek karena Mbul mau turun gunung *ehem* maksudnya Mbul mau turun langsung ke dapur sendirian, biar Tamas temenin Kakak dan Adik nonton kartun Doraemond aja, biar pada anteng, hihihi. Kalau Mbul yang tandang ke dapur kan ntarannya dapurnya bisa tetep bersih, ga ada cucian numpuk hahahha.... Jadi biar nanti sakuwise mateng, Kangmasew tinggal takambilkan nasi dan lauk pauknya hanjuk dahar deh. Jadi pertama aku akan masak iga dulu baru nanti setelahnya akan ada semur jengkol.

Iga sapi ini Tamas yang belikan di Bapak Bakul daging, sekilo dapat Rp 95 ribu. Beli pas udah selese ngater sekulah. Kebetulan Mbul udah lumayan bisa masak sop iga dengan bumbu gurih jadi nanti Mbul tinggal masaknya aja. 






















Mbul bikin bumbunya tuh terdiri dari bawang putih dan kemiri yang disangrai, abis itu diuleg dengan ditambah irisan bawang merah goreng (ini juga goreng sendiri ya, bukan beli hehhe), habis itu tambahkan dengan sedikit merica bubuk dan ketumbar. Nanti kalau udah halus, ditumis bentar aja sampe wangi. Abis itu cuci bersih iga di atas air mengalir. Terus panaskan air dalam panci agak besar. Mbul pake yang biasa buat bikin kuahan soto itu lho. Nah, itu nanti direbus sampai umeb, baru setelahnya dimasukkan potongan iga sapinya, sejumput garam, kaldu bubuk Masako, Ajinomoto kalau suka, dan sedikit gula pasir. Abis itu dimasak sampai empuk dengan api kecil aja. Ya, karena Mbul masak agak banyakan jadi bisa buat keesokan harinya. 

Nah, khusus untuk Adik, Mbul ambil sepanci kecil lagi karena mau Mbul kasih sayuran yaitu wortel, kentang dan daun bawang. Mbul iris wortel dan kentangnya pake irisan yang ada geret-geretnya jadi cantik, abis itu Mbul masak barengan ama iganya, tapi khusus daun bawang paling keri aja ya, paling akhir soalnya dia cepet mateng. Nah, terakhiran baru deh Mbul taburin dengan irisan bawang merah goreng (yang mana ini juga hasil ngiris dan goreng sendiri bukan beli kemasan hihihi). Ntah kenapa Mbul tuh paling suka ngiris bawang merah trus digoreng buat taburan masakan. Rasanya renyah gurih, enyaaagh....
















































Sop iga yang matang akhirnya buat sarapan tadi pagi ama Tamas dan Adik. Rasanya gurih-gurih nyoi bikinan Beby Mbul gitu lho. Soalnya dimasaknya pake cinta hahahaha...#plaaaak. Ga, serius kok. Katanya emang enak dan gurih. Tamas bilang empuk banget dagingnya Mbul hihihi.. Kalau Kakak takbikinin bekal. Dia paling maemnya ntar kalau dah pulang dan pastinya sama tempenya Mbul. Soalnya tempe bumbu bawang bikinan Mbul paling enak kata Kakak hihi.

Next, Mbul bikin menu satu lagi yang agak ribet tapi ndilalah kok ya Mbul tetep suka. Yaitu sesuai ama judulnya Semur Jengkol. Karena Mbul dah dibeliin jengkol ama Tamas sekilonya Rp 60 ribu. Wah...wah....harga jengkol mahal amat ya, udah kayak harga daging hahahah... Tapi jengkol emang enak sih. Dagingnya padet berisi kalau dirasa-rasa lagi emang mirip daging. 

Sebenernya semalem udah Mbul goreng sebagian (sakcawukan aja itu jengkolnya lalu Mbul iris-iris buat Mbul jadikeun lauk karena Tamas ngelih malem-malem). Jadi sisanya ga nyampe 1 kg, tapi lumayan deng sewajan sedeng, buat Mbul semur semua. 
























Nah, semur jengkol ini juga Mbul masak sendiri karena Tamas percaya ama Mbul kalau Mbul tuh bisa. Maksudnya pas jamnya Beliau berangkat kerja. Jadi yang di rumah ya cuma Mbul yang bisa masak. Dan kemampuan masak Mbul insyaAlloh juga udah improved. Jadi nanti Beliau tinggal nyuwun dipundutke aja kalau semurnya dah matang. Okay siaaaap, Beby Mbul Sholeha akan selalu siap melayani dengan penuh ketulusan, opo seng ndek ono njero dodoku iki kabeh kangem Sayang-Sayangku smeuanya #ketjup basah Beby Mbul tapi lho ya #etttdaaah.

Jadi langsung aja ya, resepnya aku tuliskan di bawah, biar kalau aku pas mau masak lagi, aku masih kelingan step-step dan perbumbuannya.










Resep Semur Jengkol Pulen & Legit ala Beby Mbul

Bahan-Bahan :

Jengkol
Air
Daun salam
Kaldu Ayam, Masako
Ajinomoto kalau suka
Sejumput garam
Sejumput gula pasir
Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan :
Bawang merah

Bawang merah
Bawang putih
cabe merah
cabe rawit (sebenernya tadinya aku pengen pake cabe merah besar semua, ndilalah kok ya pas entek, jadi mau ga mau pake rawit tapi dikit aja kok)
kemiri
ketumbar
merica bubuk
lengkuas
jahe





Cara Membuat :

Rebus jengkol pake daun salam yang banyak, tujuannya adalah supaya jengkol tidak bauk. Jadi daun salam ini akan menyerab bauk si jengkol
Setelah matang, angkat sisihkan. Kalau sudah dingin, pipihkan pake ulegan di atas leyeh. 
Uleg segala bumbu yang dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, kemiri, lengkuas yang pink (yang masih muda diiris-iris lagi ya biar gampil mblendernya), jahe juga diiris-iris, ketumbar butiran yang udah diuleg sebelumnya. 
Tumis bumbu yang telah diblender tadi
Masukkan daun salam
Masukkan sejumput garam, gula pasir dan gula jawa yang telah disisir
Masukkan jengkolnya
Tambahkan Masako dan Ajinomotonya
Tambahkan santan kentalnya
Masak sampai matang dan harum
Sajikan hangat dan jangan lupa taburi di atasnya dengan irisan bawang merah goreng (ini aku goreng sendiri juga) biar lebih sedep lagi).








Alhamdulilah 3 masakan aku hari ini dah ready. Semuanya aku masak dalam satu waktu jadi 2 gas stove murub terus dimulai dari jam 4 pagi sampai jam 10 pagi kelar. Juga terakhiran Kakak minta Mbul bikinkeun tempe jadi dengan sat set Mbul bikinkeun. Ada sop iga sapi, semur jengkol, dan tempe anget ala Mbul. Alhamdulilah, semuanya suka. Sop iganya empuk dan gurih, semur jengkolnya pulen dan legit, serta tempenya anget. MasyaAlloh Tabaroqallah, semangat terus Beby Mbul masaknya ^___^
 


8 komentar:

  1. Balasan
    1. You're welcome Sunika
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  2. Iga biar cepet empuk tapi ga dimasak ama presto caranya gimana nit? Aku kalo udh masak iya, pasti lamaaaaa krn ngerebusnya 🤣. Makanya selama ini males.

    Eh btw aku kemarin cobain si dapur ngacir, ya ampuuuun sumpah jengkol balasnya enaaaak. Ga salah apa, sepiring guedeee cuma 20k. Sementara yg semur malah 50k 🤣🤣🤣🤣. Ga nyesel kesana, sayangnya jauh jd ga bisa sering2 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh...maksud aku, aku juga pake panci presto mbak fanny hahahah...soalnya pancinya agak njembung jadi aku klalen kalau itu maksudnya panci presto juga. Makanya cepet empuk...

      Ah...akhirnya Mbak Fanny ke tempat Mandra juga ya...hihi
      nah karena terinspirasi dari H. Mandra, Mbul jadi bebikinan jengkol juga..takbikin semur mantab banget...Sebagian kugoreng tabur garam dan ajinomoto dikit, dicemilin gjtu aja pada suka hihi

      ฅ(^・ω・^ฅ)(´✪ω✪`)♡

      Hapus
  3. Wow, jengkol salah satu makanan favorit ku biarpun habis makan harus sikat gigi sama makan permen biar mulut ngga bau naga.😂

    Paling enak itu jengkol di semur ya, bisa sih jadi coletan pakai sambal terasi, tapi paling mantap ya di semur.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mas sering dimasakin istri Mas semur juga iya. Kebayang masakan mba sarilah pasti enak iya Mas 🤤☺

      Gegeggekkk...iya kalau abis maem jengkol emang wajib ain gosok gigi, bila perlu emut permen iya Mas hahahhaha...
      tapi kasiman naga itu kok jadi dibawa bawa...Mbul itu kalau keinget naga seringnya malah keinget celetukan salah seorang temen blogger..."Mbul, kamu kecil kecil, makannya banyak, tapi badan tetep kecil aja, jangan jangan ada naga dalam perutmu Mbul hhahahah..."

      etapi ada juga naga yang unyu, itu naga yang di film animasi barbie rapunzel...kalau naga yang kocak di film animasi shrek hahhaha, naga pacarnya donkey di kartun shrek

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      iya mas, semur jengkol alhamdulilah mbul bisa bikin yang legit, ga begitu pedes, dan teksturnya empuk setelah belajar beberapa kali masak, akhirnya bisa juga pas...mantab

      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
    2. Itu di awal mas nya mbul habis dinas 3 hari di IKN, jangan-jangan kalo sudah jadi ibukota mbul ntar pindah kesana juga? 🤔

      Katanya disana susah nyari mie ayam sama jengkol.😂

      Hapus
    3. Mboten kok Mas....Mbul di sini aja kok, di Pulau Jawa hehehe...

      kalau ke Pulau Borneo dalam rangka jalan jalan sih mauuuuk...hihi. Mau liad bekantan si idung unyu kalau di sana hahahha...

      Dulu Mbul pernah sekali ke Kalimantan tapi pas masih gawe mas, ada tugas liputan, ngliput pabrik gula rafinasi, abis itu udahannya makan kepiting ama seafood...terus ngliput pembuatan kue tradisional Kalimantan namanya kue bingka, legit banget...Mbul liput proses pembuatannya hihi...jadi bukan dalam rangka jalan jalan
      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)...ada laporan menanti setelahnya.

      Coba pas ke sana dalam rangka jalan jalan pasti asyik tuh...bisa tengok paru paru dunia atau hutan Pulau Borneo hahhahaha

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)