Sabtu, 06 Oktober 2018

Entok Goreng Garage Pinggir Jalan di Tangerang




Oh ya salah satu kulineran yang dulu jadi andelan, waktu bingung mentok mau makan apa. Lebih tepatnya, pada saat aku masih bekerja di Jakarta Pusat. Jadi tiep hari tu PP Tangerang-Jekardah yang mana Mbul harus melaluinya menggunakan KRL jurusan Tangerang-Duri-Tenabang.




Karena seringnya pulang malem itulah, maka uda lelah banget raga ini rasanya. Kebetulan waktu itu Mas juga samaan pulange jem-jem ba'da isya jadi sekalian jemput aku di stasiun. Nah pulangnya tentu uda gempor banget kan klo mau masak. Jadi seringnya beli. Terus menu apa yang jem-jem tengah 9 maleman masih wenak buat disantap. 

Sebenernya banyak sih yang enak, apalagi warung tenda bertebaran dimana-mana. Blom yang di area Pasar Lama deket stasiun yang emang pusatnya kuliner Tangerang. Walah sampek bingung mau nemplok makan apa klo uda ada di situ. Walo paling mentok-mentoknya yang cucok di lidah ya paling SS lagi-SS lagi *jadi ingets dulu pernah GR telat haid e pas numpang pipis di SS, malah haid hari pertama, trus mewek deh, terus dicep-cepin Pak Su sambil disogok jus sawo biar anteng, hahaaa....masa itu bener-bener bikin ku pengen ketawa...lucu juga cz aku kekanak-kanakan banget Ya Alloh....





Oh ya, selain SS, kami juga ada menu andalan lain yang lebih murah-meriah karena kelasnya memang pinggir jalan. Namanya Garage. Lucu ya. Kalo dibahasa-Indonesiakan meuni ga ada nyambung-nyambungnya ma merek dagang gorengan daging hihihi. 

Jualannya itu berupa entog alub-alub (yang udah dibumbuin) dan tinggal digoreng dadakan layaknya tabul (tahu bulat). Takpikir tadinya itu ayam kampung loh karena rada alot ya, ga seperti daging broiller. Ato bahkan malah bebek goreng. Cuma pas ditanya itu sebenarnya ayam apa bebek, eh abang yang dagang malah bilangnya daging entog. Pantas aja beda ama bebek maupun ayam.

Model dagangannya sendiri pake gerobak dorongan, dan di beberapa spot pernah kujumpai ada yang jual ga cuma 1-2, tapi banyak. Mungkin masi satu supplier kali ya, tapi sebenarnys aku ga gitu tau. Soalnya kan setipe ya dagangannya. 









Klo yang sering aku jumpai itu, pertama ada di daerah Regency, sebelah Sogil dan Alfamart. Kedua, di deket Plaza Permata depannya Indomaret dan sebelahan ma bakul pempek dan sari kacang hijau, kedelai, dan es lemon tea. 

Dagingnya sendiri uda  dalam bentuk dipotong-potong gitu ya. Ada yang bagian dada, paha, sayap, kepala, juga jeroan kayak sate usus, ati dan ampela. Kadang tersedia pula sate kulit. Nah, pelanggan tinggal pilih-pilih sendiri tuh mau bagian mananya, tar digorengin langsung ama abangnya. 

Biasanya kami belinya Rp 20 ribu aja. Itu uda dapet banyak banget. Rasanya dominan asin sih, tapi pas buat temen makan nasi yang masi anget dan agak banyakan. Soalnya kan dia uda gurih ya, jadi kayak boosternya nasi. Terus tekstur dagingnya juga lebih wulet (baca : rada alot), tapi tetep enaaaak aja sih menurut lidah kami hahaaa... cuma memang ya harus ati-ati aja waktu ngeglethakinnya karena kan tulangnya landep ya...tajem. Jadi, jand sampek bikin sariwawan hihi..







Oh ya, biasanya klo lagi niat banget, sesampai rumah kami juga biasa tambahin pelengkapnya dengan oseng-oseng kangkung yang masih ijo royo-royo. Kangkungnya dimasak jangan sampe overcook, supaya tidak cepet item klo ga keburu dimakan. Terus paling enak tuh dikasih campuran terasi waktu ditumisnya juga cabe rawit yang agak banyakan. Beghhh..dijamin maknyus. 

Oh ya, jangan lupa juga kasih tambahan petai goreng. Petainya ini digorengnya cepetan aja di atas minyak panas, biar krunchynya masi kerasa. Kadang aku juga malah jadi kemlecer pas ngliatin kulit petainya yang masih berminyak mengkilat wkwkkkk....tapi terus keingetan sih klo yang diceplus itu dalemnya, bukan kulitnya! Dijamiiiin, 

wuenaak mantaaab. Soal harga, menurutku ya lumayan murmer sih ketimbang belik pecel ayam yang seekornya aja sekarang bisa nyampe Rp 10 ribu-15 ribu. Ini Rp 20 ribu aja uda dapet entog goreng segambreng-gambreng. Apalagi klo dikreasikan bareng oseng kangkung or petai goreng sendiri.  Pokoknya rasa makanan tanggal tuwek banget deeeh.
..

10 komentar:

  1. Looks so nyummy. Di Jambi nggak ada yang jual daging entog. Bebek pun jarang-jarang.

    BalasHapus
  2. waah ada pete. makanan termevvah

    BalasHapus
  3. Entok aku blm pernah makan daging e. Cuma yen sekarang, mahal ki kayaknya...

    Kangkung itu favorit aku juga..masaknya cepet

    BalasHapus
  4. pasti anget….
    menunya menggiurkan.

    # Thank you for sharing

    BalasHapus
  5. aduh bikin lapar kalau entog itu sama gak dg bebek

    BalasHapus
  6. Jajanan pinggiran selalu menjanjikan di lidah ya... trus hargnya juga murmer terjangkau..

    Hmmm..entog..gmana ya rasanya? Ga kayak bebek ga kayak ayam...

    BalasHapus
  7. Belum pernah makan daging entok, itu itik bukan ya? :D
    Eh dulu itu ada lagunya mentog2 tak kandani... *kayaknya sih, klo nggak salah hahaha

    BalasHapus
  8. belum pernah nyobain entog mba...ayam ayam terus nih nyobainnya

    BalasHapus
  9. Aku tuh slalu suka semua postinganmu ttg kuliner, krn semua bikin ngiler hahahaha. Apalagi cara ceritamu yg lucu dan ngalir banget :p. Duuh baca ttg peteny, jd pgn ngelalap pete ama terasi kaaaaaan. Entog itu aku kira bebek loh nit. Ternyata beda yaaa :p

    BalasHapus
  10. aku sama suami juga suka kulineran pinggir jalan gini, cuman kadang kadang ya pingin ngemall juga hahaha. Dan entognya jelas yummy banget ari fotonya, dan petai goreng sama kulitnya.... pingin cobain dirumah

    BalasHapus