Jumat, 29 Maret 2019

Pengalaman Aqiqah Anak Laki-Laki



Pengalaman Aqiqah Bayi Laki-Laki

Punya anak dengan jarak yang lumayan berdekatan membuat kami harus pinter-pinter mengatur keuangan rumah tangga. Seperti halnya ketika lahir anak nomor 2 yang berjenis kelamin laki-laki, dimana untuk pos aqiqahan sudah dapat dipastikan bakal memakan dana yang lebih besar ketimbang waktu aqiqahan kakaknya (secara, kambingnya kan jadi 2 ya Buuuwk, jadi ya musti pinter-pinter aja nyusun rencana). 




Meskipun dana aqiqahan uda kami siapkan, tapi tetap aja rinciannya harus kami atur sedemikian rupa sehingga pas masanya tiba, budget ga terlalu melenceng jauh dari patokan. Lagi-lagi aku harus mengingatkan Pak Suami supaya acaranya diselenggarakan sederhana aja. Ga usah sampai jor-joran. Karena kan pos-pos keuangan lainnya udah siap menanti di awal bulan. Misalnya vaksin anak, belanja popok 2 bayi, susu si kakak, tagihan listrik, air, telepon, makan, bensin Papa, dan lain-lain. 

Ya paling ga ngundang tetangga 1 blok juga teman kantor suami yang memang sudah rutin ikut guyub-guyub kalo ada apa-apa. Teteup diset 100 undangan sih. Eh malah dilebihin 20 ding, biar nda kekurangan andaikata ada tamu tambahan. Terpenting, walaupun sederhana paling ga ya pantes buat ngejamu tamunya lah ya *kedip-kedip mandjaaah*.

Untuk mendukung keberlangsungan acara aqiqahan si adek ini, lagi-lagi kami mengandalkan catering teman kantor Pak Su, yakni catering Mbak Rosi, sebagaimana yang pernah kami pake di aqiqahan anak pertama. Memang, kambingnya ini beli sendiri di pasar hewan, jadi catering Mbak Rosi ini tinggal masakinnya aja uda sekalian dengan paket nasi box yang untuk dibawa pulang dan snack piringan. Rinciannya nanti aku tuliskan di bawah. 

Oh ya, kenapa si kambing ini kami pilih beli sendiri? Kenapa ga sekalian ambil kayak yang biasanya disediakan ama jasa aqiqah jaman now? Karena kami pingin tau aja kualitas kambing yang dipilih tu kayak apa. Pinginnya yang gede, sehat, tur gagah. Takutnya klo dipilihin tu malah dipilihinnya yang cempe hahhahaha... Ya klo milih sendiri kan lebih puas aja di akunya. 

Sementara itu, printilan lain yang ngopeni sendiri paling nambah-nambahi snack buah, air mineral, dan biaya tak terduga lainnya.

H-7 sebelum acara, Pak Su uda nyicil survey kambingnya dulu sebagai menu utama aqiqahan. Surveynya di Pasar Kotabumi, Tangerang yang uda jelas variasi kambingnya. Mulai dari bobot badannya, jenis kelamin, jenis kambingnya apakah jawa atau domba, dll. Ya beliau sendiri lah yang lebih paham mana yang sekiranya pantes buat suguhan. Klo aku sih manut aja asal budgetnya ga terlalu mahal. 


Akhirnya setelah dipilah-pilih, jatohlah pilihan ke 2 ekor kambing jantan jenis kambing jawa, yang saat itu juga uda di-DP-in dengan ditag inisial nama si adek sebagai penengernya. Biar ga ketuker gitu ama kambing yang lain. Dapetnya seekor Rp 2,6 juta. Mayan mahal emang klo menurutku huahahhaha...tapi yasudahlahya adanya termurahnya cuma itu. Lainnya macam cempe gitu deh... alias masih yang kecil-kecil poenya. 

Nah, begitu acara tiba, subuhnya itu kambing uda diboyong ke tempat Mbak Rosi untuk disembelih dan selanjutnya dimasak dengan variasi menu sate dan juga gulai. Satenya pake bumbu kacang yang notabene aturan bisa kali ya klo pesen bumbu kecap. Tapi karena dah terlanjur yaudah deh. Yang penting rasanya enak. 

Si sate dan gulainya ini, juga kami requestkan untuk dibagi satu lagi antara yang mau dimasukin ke nasi box ama yang buat dimakan rame-rame. Jadi istilahnya abis acara, ada makan-makannya juga, walau di dalam nasi box-nya juga disediakan yang model bungkusan. 



Untuk paket box-nya kami ambil yang Rp 10 ribu aja. Paketnya terdiri dari nasi putih, sate kambing, gulai, acar, emping, dan buah pisang. Sama satu lagi deng, aku riquest sayur lain selain kambing, yaitu mie goreng jawa. Soalnya mainstreamnya kan kentang balado ya. Nah, aku pikir kentang baladouda banyak banget yang pake. Masa menunya pedesan semua. Yauda alternatifnya mie goreng jawa aja.





Step-Step Kegiatan yang Dilakukan Sebelum Acara :

  • Survey kambing di Pasar Hewan di Kutabumi, Tangerang.
  • Survey catering yang untuk dimasukin di box, snack piringan, dan menu yang untuk dimakan di tempat. 
  • Snack piringannya pake 3 jenis jajan pasar. Tadinya bingung antara jajan pasar apa sama apa. Tapi kemudian pilihan jatuh pada opsi bolu kukus atau putu ayu yang ijo-ijo kayak kembang itu--atasnya ada parutan kelapanya, kueku, onde-onde ceplis atau klepon, ntar Mbak Rosi yang nentuin. Untuk kueku dan onde-onde klo bisa yang dalemnya kacang ijo putih huehehhe. Klo buah, berandai-andainya sih duku, secara bulan itu kan pas lagi musim ya. Jadi selain pisang maunya ada duku. Ya liat-liat sikon juga sih, klo ga ada ya bisa diganti pake buah lain.
  • Cari pinjeman tiker ke RT-RW.
  • Pinjem kipas angin gede di tempat tetangga.
  • Sebar undangan via wa ke kerabat dekat dan tetangga.
  • Beli air mineral.
  • Ngrancang undangan dan selebaran nama yang bakal ditaruh di nasi box.



Waktu Hari-H Acara :
  • Subuh cari buah, ternyata ga dapet duku pagi-pagi, jadi diganti pisang, jeruk ama salak.
  • Siang snack piringan uda mulai ditata (klepon, kweku, bolu kukus)
  • Ba'da dhuhur catering dateng
  • Dapat tambahan snack dari Bulek berupa empek-empek
  • Tambahan snack dari Mbah tahu isi goreng
  • Persiapan (tiker uda ditata sampai teras depan, pasang kipas angin gede biar ga terlalu panas, perabotan sementara taruh di kamar sebagai basecamp yang uda menyerupai susuh manuk hohoho).
  • Tamu uda mulai berdatengan termasuk Mbah-Mbah aku yang dari Ciracas
  • Sambutan Papa 
  • Doa dari Ustadz
  • Sholawatan sambil nyukur rambut plus ngiterin bayi
  • Makan-makan
  • Selesai
Range-Range-an Budget Aqiqahan Anak Lanang :


Budget Akhir Aqiqahan 
Anak Lanang :

2 ekor kambing = Rp 5.200.000,-
Jasa masak + bumbu gulai & sate = Rp 1.200.000,-
Nasi box (120 x Rp 10.000) = Rp 1.200.000,-
3 jenis snack = Rp 300.000,-
Air mineral (4 × Rp 22.000,-) = Rp 110.000,-
Amplop ustadz = Rp 300.000,-
Buah = Rp 200.000,-
Piring plastik = Rp 50.000,-
Total = Rp. 8.560.000,-

Review Masakannya 
(Catering Mbak Rosi): 

  • Menu utama yang dibikin sate dan gule : katanya sih enak, secara kan aku ga ikutan makan. Yang penting alhamdulilah ludes ga ada sisa. Dan yang disisihin selain paket nasi box tuh kepake sebagai jamuan tamu yang datengnya malem. Maklum beberapa ada yang datengnya sorean dan bahkan malem (meski aslinya ibuk abis lairan uda lelah bianget akutuuu hihihi). 
  • Box nya yang paket 10 ribuan ada tambahan acar, buah, dan mie goreng (lumayan lengkap untuk ukuran ceban, di tempat lain keknya nda boleh klo cuma sepuluh ribuan uda ada tambahan sayur en buahnya).



Emang pengennya kami tuh simple-simple aja. Nda sah kebanyakan sambutan. Asal udah diadakan, udah sah kan ya. Lega biar ga ditanya-tanyain mulu ama sodara hahahha gugur sudah kewajiban yang satu ini sebagai orang tua. Ya kewajiban yang lain setelah ini sih siap menanti ahhahahaha....smangaadh Mama Mbulll...(Gustyanita Pratiwi docs)

58 komentar:

  1. Aku pas anak pertama dulu yang pake heboh masak2...buat ater2, tp kambingnya pesen nit. Tapi habis itu kapok! Capek beberesnya... Yang alya, pasrah catering. Yang nyari sendiri snack aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb lis, nek aqiqah ki bare kita bisa leha leha wakkaka
      \(´▽`)/ \(´▽`)/ \(´▽`)/

      Hapus
  2. Makasih udah share pengalamannya, bisa buat referensi nih. Kbetulan mau aqiqah anak pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2...semoga bermanfaat
      Makasi dah mampir berkunjung di blog ini ^_^

      Hapus
  3. Wah sebenarnya kalau soak aqiqoh sama saya saja. Kambing bisa dilihat langsung, mau pilih yang kelas berapa. Memang untuk ukuran elitnya 2.6juta perekor itu sudah wah.
    Kenapa saya tidak diundang makan juga nih. Saya juga punya kipas angin yang gede juga lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makelar kambing juga mas ternyata hahaha

      Tau gitu pesen dirimu dah paket komplit ya, segala kipas angin juga ready xixiixixi

      Hapus
    2. iya lagi buka usaha makelar juga. Setiap ada yang lahiran langsung saya tawarin.

      Hapus
  4. lihat darahnya pas nyembelih jadi merinding saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung skip ke foto satenya aja klo gitu xixixi

      Hapus
    2. Saya skip ke foto bungkusan tas merah aja. Yg lengkap.. Wkwkwkw

      Hapus
    3. Bole bole bole

      *\(´▽`)/* ΞΎ\(´▽`)/ΞΎ *\(´▽`)/*

      Hapus
  5. Uwoooowwww, lama ga berkunjung ke sini saking sok sibuknya mamak wkwkwk, ternyata si dedek udah brojol aja yak.

    Selamat yaaaaa :*

    Senangnyaaa bisa rayain akikah ya, kalau saya paling anti rame2, jadi cukup ambil di katering aja, trus disebar ke panti asuhan dan semacamnya wkwkwkw

    Tak lupa buat tetangga, dan keluarga.

    Mamak gak kuat beres2 kalau bikin acara, dan emang ga pernah bikin acara rame2 gitu.

    Kecuali lagi di rumah mertua, beliau yang sibuk banget nyiapin ini itu :D
    Kami tau beres aja, palingan setor duit aja hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahazeegh mb rey dateng #welkam welkam
      #sodorin kopi dan cemilan

      Makasi mbaa

      Iya aku maunya gitu, biasalaaa ahhahah, pak su tetep maunya ada acara, hihihi
      Yang jelas aku pengennya yang simple aja, biar cepet beres, untung kami punya bolo kurowo alias temen temen kantor pak su yg klo jamuan nyisa tu dibungkusin atu atu nyampe bersihhhh ahahhahhahaha
      Jadi pe er terakhir tinggal ngukutin tiker

      Hapus
  6. Alhmd bs terlaksana inti nya
    Rincian biaya nya lumayan jg itu yakin blum yang kecil" hehe
    Klo aqiqah emang bgus nya nyembelih sendiri biar bs jadi saksi sih itu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas klo nyembelih sendiri lebih percaya aku, biar nda ada daging yang ditilep heheheh

      Hapus
  7. Saya dulu juga hampir 10jutaan. Kambingnya juga hampir 6 juta karena cari yang bagus. Gaji 13 PNS ya habis kesini. Nggak apalah yang penting tunai sudah kewajiban kita sebagai ortu mengaqiqahkan anak. Btw itu nasi boxnya murah banget. Disini nggak bakalan dapat segitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti emang standar bikin hajatan segitu ya ,b enny khususon akikahnini heuhehhe #saia tida sendiri
      Hu um lega klo uda tunai tu

      Iya modal hargga teman soalnya uda langganan pake catering tsb mb enny

      Hapus
  8. Alhamdulillah, sudah diaqiqah...
    Kebayang mbak repotnya, tapi enak juga ga ada acara nyupir (cuci piring) seperti zaman old

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mb, sebisa mungkin ngehindarin yang namanya 'nyupir', soale udah lelah banget seharian full ngurus ginian ehhehehe

      Hapus
  9. wah meriah sekali ya kak acar aqiqah nya, semoga si buah hati jadi anak soleha, punya akhlak mulia, berbakti sama orang tua, berbakti pada agama, nusa dan bangsa amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ammiiiin makasih ya om aidil buat doa doa baiknya ^^

      Hapus
  10. aku juga lagi nyiapain buat akekah nanti mb,
    Insya ALlah cewek jadi cuma 1 kambing hehe
    skg kandungan umur 7 bulan
    minta doanya supaya lancar persalinan dan dek bayinya hehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat prepare prepar ya mas
      Amin ya robbal alamin semoga istri dikau dan debay dalam perut sehat selalu sampai lahiran amiin amiin ya robbal alamin

      Hapus
  11. Wow saya jadi pengen ikutan makan hehe

    BalasHapus
  12. syukurlah dah terlaksana. buahnya banyak. thanks sudah melampirkan rincian pengeluaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas buat dokumentasi, sapa tau kelak mau ngadain lagi heheheew

      Hapus
  13. Selama ini cuma tahu menghadiri aqiqah saja.
    Ternyata lumayan juga biayanya ya, mba.

    Tapi...
    Aku percaya, setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT, pastilah memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi umat manusia.

    Barokallah...

    BalasHapus
  14. Waw lengkap banget mba persiapan akikahnya jadi nambah pengetahuan saya secara dulu waktu akikahan anak saya gak ikut campur sama sekali semua tak serahin ke ortu aja prosesnya tinggal nyetor duit aja anak yg merepotkan saya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaaa pinginku begitu, apa daya jauh di rantau orang hihihi
      (ΚƒΖͺ´▽`)

      Hapus
  15. Heeheee!! Memang kalau Aqiqah selalu saja bikin heboh..πŸ˜„πŸ˜„ Dulu saya juga seperti itu namun pas sudah ada pengalaman kapanpun ada Aqiqah lagi saya siap...πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tapi ketiga anak saya sudah semua...kalau mau Aqiqah lagi harus bikin dulu yang ke 4 πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜±πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyeeeeg langsung plan yang ke-4 #eh

      ヽ(´▽`) γƒŽ

      ╭( ′ ▽ ` )╯

      Hapus
  16. Alhamdulillah ya Nit, sudah diberi amanah 2 orang anak, sepasang lagi. Mudah-mudahan rejeki dan semuanya lancar barokah ya, aamiin ....

    Btw itu nasi box 10.000-an termasuk murce banget loh, isinya juga komplit, ternyata masih ada ya catering yang pengertian dan baik hehe. Untung antara rencana biaya dan realita biaya nggak beda jauh ya, jadi nambahnya nggak banyak :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah iya mb anjar uda punya langganan tetap klo ada hajatan

      Klo akhirnya melenceng jauh dari plan awal bisa bisa setelahnya sirah ini musmed mb ahah

      Hapus
  17. Alhamdulillaah..., sukses ya, Mbak, semakin berkah, buah hati shalih shalihah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin trims doanya pak akhmad ҉\(•˘▽˘•)/҉

      Hapus
  18. Lenhkap amat mba smpe pk rincian sgl... Emg aqiqah anak cowok lmyn yah soalnya kambing hrs 2 ekr.. Gak kebayang capenya.. Yg penting acara inti dah selesai baru bisa leha" 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritanya biar informatif mb kontenku eheeew
      Trims sudah mampir berkunjung (´⌣`ΚƒΖͺ)♡

      Hapus
  19. alhamdulillah met aqeqah ya dek, moga jadi anak soleh yg pinter aamiin.
    Qeqahan 3 boyz... Aa di banjarmasin dg adat banjar n kambing yg dimasak ala banjar. Kk n Dd di rumah Bogor dgn paket qeqahan (lupa pesen dimana hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah le to the ga alias lega mb inna, plong

      お ~o(⌒0⌒)oは
      ( ื▿ ืΚƒΖͺ)
      ~ (Ϋ³˚Π”˚)Ϋ³ wow dikau uda makan asam garam bingit utk urusan masak masak hajatan berarti yes mb hihi

      Hapus
  20. nit nit... kalo yg begini simple, apa kabar pas aku akikahin anakku yaaaa huhahahaha... bukan simple lagi sih.

    jd aku cukup hubungin jasa akikah langgananku, trus bayar semuanya utk 2 kambing, dimasakin dan aku minta mereka kirim ke panti asuhan yg mereka kerjasama. udh itu thok.. eh, aku minta 20 kotak doang sih utk aku bagi2 tetangga. itu doang :D. soalny aku tipe ga mau ribet memang. yg ptg kan udh potong kambingnya. udh dibagi2 ke panti asuhan. sbnrnya aku jg ga minta foto ato bukti apapun, krn aku anggab yg dosa si jasa akikah kalo ga amanah.

    tp mereka terbukti bisa dipercaya, krn acara di panti asuhannya mereka dokumentasiin juga, dan kirim ke aku :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gagaggagagak pinginku juga sedernana dari ini mb, apa daya lingkungan keluarga besar uda terbiasa rerempongan, akhire ku manut aelah, abis ini biar beres, nda ditanya tanyain lagi hahhahah

      Hapus
  21. Salah satu tugas orangtua adalah menyelenggarakan aqiqah bagi putra-putrinya.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pakde
      Matursuwun sudah mampir
      Salam mendung mendung tebal from tangerang city

      Hapus
  22. Wah, milih kambing sendiri. Wah, kalau saya, memilih snack aja sudah PR. Apalagi kambing hidup ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milih snack jg aku lama mb hahhaha
      Saking bingungnya maon kombinasi antara yg manis dan yg asin

      Hapus
  23. Milih kambing sendiri ini artinya mbak telaten deh, karena kebanykan orang memang pengen yang paktis pakai jasa aqiqah kan... nyiapin semuanya dari A sd Z...

    Btw semoga menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orangtua yaa mbak, amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang telaten suamiku, aku mah terima beres hahaaaaa

      Amin amin, trims mas sabda buat doanya

      Hapus
  24. wah bagus kalau milih kambing sendiri Mbak, biar afdol...hahahaha

    BalasHapus
  25. berasa ya nit, akikahin anak cowok.. ku juga merasakan hal yang sama. hihihi

    btw, paket nasi box nya kok murcee sekali nitt? itu teman suami mu memang punya jasa catering gitu juga apa gimana? boleh tuh kalo ada acara aku pesen disitu. hehe..

    enak pula ada empek-empek juga. belum pernah aku ngaji dapet menu piringan empek-empek. antimainstream banget ini. mantabs.

    kenapah ku tak diundang? mehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um ti, wedhusnya 2 hahhahah

      Iya ti
      Uda langganan soale

      Pempek gretongan dikasi bulek

      Hapus
  26. Lengkap banget loh mba aku emang lagi nyari2 nih budget akikah anak cowok hehehe thanks

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^