Selasa, 21 Januari 2020

Review Martabak Awe, Kotabumi, Tangerang




Oleh : G Nita 

Klo masalah rasa, hampir di semua jenis makanan manis aku lebih suka keju ketimbang cokelat. Termasuk juga case  di martabak. Ga tau kenapa tuh lelehan keju yang berserabut lebih bikin aku ngiler daripada kubangan cokelat yang hampir item pekat. Bagiku, rasa keju yang asin berpadu sama martabak versi manis uda paling pas klo pengen memenuhi ekspektasi tinggi dari selera lidahku.




Nah, ngomong-ngomong soal martabak, aku ada satu langganan martabak yang oke punya di Tangerang. Namanya "Martabak AWE", yang bercokol manja di depan Plaza Kuta Bumi, Tangerang. Lebih tepatnya deketan ama bunderan polsek setempat. Modelnya sih gerobakan gitu, tapi jangan salah !!! Klo uda nyobain prodaknya, dijamin kamu-kamu bakal ketagihan.artabak AWE ini digawangi oleh salah satu putera dari langganan nasgor aku juga yang pernah kuulas di sini. Jadi tuh herannya adalah, jiwa enterpreneurnya keluarga ini tuh kentel banget sih, karena selain mamake dan bapake (biasa kusebut begitu) giat mengembangkan usaha nasi gorengnya, sementara salah satu anaknya kebagian bisnis martabak. Dan herannya lagi, olahan makanan mereka tu selalu ngutamain masalah rasa ya, ga cuma yang asal bikin aja. Gimana ya, jadi tu martabaknya termasuk tebel, terus toppingnya juga buanyaaaakkk ga pelit. Uda gitu klo beli malem, paginya masih ada, rasanya ga yang jadi aneh. Soalnya kan pernah nemu ya, martabak biasa yang klo sampe pagi tekstur keempukannya uda bekurang banyak, nah ternyata di si martabak awe ini enggak loh. Tetep konsisten enaknya meskipun dimakan keesokan harinya. Laaafffff !

Oh ya, selain spesial keju yang selalu menjadi idolaku, Martabak AWE juga menyediakan banyak rasa lainnya, mulai dari si dasar martabaknya sendiri maupun dari segi topping. Klo dari dasar martabaknya, ada yang original, biasa, pandan juga black forest. Sedangkan toppingnya macem-macem, mulai dari ketan, kacang, keju, cokelat, kismis, wijen, maupun kombinasi, sampai yang komplit.









Kalo martabak telornya jujur belom pernah nyobain. Tapi kayaknya sih enak ya, mengingat opsi pilihan telornya rada banyak. Hihi... biasanya kalo ada pelanggan lain yang pesen martabak telor, aku suka ngeliatin karena bikinnya pake atraksi yang keliatan bat-bet-bat-bet gitu di atas adonan do yang dicemplungin ke wajan panas. Sayang karena fotonya waktu itu ngeblur, jadi ga sempet mengabadikan deh buat si martabak telornya ini.

***

Up date again, ternyata beberapa hari yang lalu, aku mampir lagi dong ke si Martabak AWE ini. Cuma mampirnya ke yang cabang ke-2-nya yaitu yang berlokasi di depan Plaza Kutabuminya pas (deket pintu masuk). Nah kali ini aku nyobain yang rasa coklat keju (topping separuh-separuh), juga penasaran sama martabak telornya. Sengaja mau nyobain di cabangnya, soalnya yang satunya uantriiiiii terus saking ramenya hihi. Jadi sekalian pingin ngerasain bikinannya yang cabang sama engga dengan yang dipegang Bang AWE-nya. Cek ombak gitu.






Karena mungkin waktu itu belinya uda lumayan larut plus pembeli yang muncul baru kami, jadi ya dilayaninnya super kilat. Barulah beberapa detik kami nongkrong nungguin pesenan, e muncul 1-2 pembeli lain yang ikutan pesen. So, hal-hal kayak gini sering bikin kami ngikik juga soalnya seriiiiiing banget kejadian. Istilahnya apa ya, kami jadi semacam kayak penglaris aka pembeli pertama yang mancing pembeli lain buat ikutan beli juga. Kaya kucing pemanggil yang biasa dipajang di toko-toko kelontong gitu deh ahah. Yah, makanya para pedagang tu suka ramah en langsung ngakreb ke kami karena kami termasuk ga rewel klo beli-beli. Uda gitu belinya banyakan lagi, pegimane yang dagang kagak girang hihihi...Jadi, suka dikasih bonusan juga en dilist jadi konsumen loyal.

Oh ya, pas beli yang kedua kalinya ini alhamdulilahnya uda persiapan bawa camdig. Yaaaaa...meski pas mau ijin foto-fotonya cukup tengsin juga soalnya si abang yang jualnya pake mesem-mesem malu segala begitu dagangannya mau eyke orbitkan. Biar makin terkenal yekaaaaan? Belom ditambah ledekan kang gorengan en ojeg yang ada di belakangnya pas eyke hendak menjepretkan kamera ke objek martabaknya. Kata si kang gorengan en kang ojeknya, si abang martabaknya sekalian difoto juga buahaaaaaa...#dasar pada kompor mbledug :D. Pak Su juga malah tambahan ngeledek, ntar tulisannya bakal masuk ulasan istriku di food blogger-food blogger gitu deh, wakkkkk....dan akupun jadi rada ngeblur motoinnnya.

Cerita di balik layar potret-memotretnya ndiri udahan ya. Kali ini aku mau kasi penilaian ke si martabaknya. Berhubung yang jenis martabak telornya aku pesen yang 1 butir telor aja, jadi ya rasanya agak ringan ya. Dia terdiri dari adonan do, diputer-puter terus dimasukin adonan daging, daon bawang, juga kocokan telor bebek, yang kemudian digoreng di atas wajan panas. Saosnya uda wanti-wanti dari awal nanya ada cukanya ga? Soalnya aku kan lagi menghindari cuka. Begitu dijawab ga pake cuka, berarti aman hihi...langsung deh minta bungkusin.



Sementara itu, yang 2 topping rasa, antara cabang dan yang utama ternyata sama. Tetep mementingkan kualitas baik dari segi tekstur (keempukan dan ketebalan) maupun rasa. Yang keju, udah jelas ya kejunya full bikin meleleh hati ini, jyaaaaah...sementara yang coklat juga ternyata ga kalah enak. Meski rasanya luegit banget sehingga emang paling pas ya dicombine, abis ngicip yang manis boleh lah ngicipin yang gurihnya. Overall, selalu bikin nagih sih martabak AWE ini !