Jumat, 10 Januari 2020

Tips Mematangkan Buah Alpukat dengan Cepat dan Matang Sempurna


Tips Mematangkan Buah Alpukat dengan Cepat dan Matang Sempurna

Aku dan suami sama-sama pecinta buah. Selain dimakan langsung, kami juga sering menjadikannya sebagai jus. Karena jus bikinan sendiri tentu jauh lebih murah ketimbang beli. Mana jatohnya lebih banyak lagi. Beli berapa kilo, sebagian dijus dapetnya nyampe 1 teko gede. Coba kalau beli yang di depan minimarket, ceban cuma dapat segelas, ga bisa dijag-jog dijag-jog lagi #haha #itung-itungan mulu lu Mbul.



Nah, mengenai buah-buahan yang sering dijus, alpukat adalah salah satunya yang menurut kami enak. Sayangnya, alpukat itu cukup mahal ya sodara-sodara. Milihnya juga kudu bener-bener jago. Kalau ga bisa dapat zonk. 

Aku sendiri ga begitu pinter kalau disuruh milih mana yang isinya mateng, mana yang berulat, mana yang mentah. Serius bener-bener susah. Seringnya nih ya, kalau udah beli, e begitu dibuka malah item dan berbintik-bintik. Ga jarang dapat yang busuk. Kalau ga malah yang mentah sekalian. Haduh bikin bete kan kalau uda dibuka tapi ga sesuai harapan.

Sebenernya aku juga sering tergoda tuh sama alpukat-alpukat kinclong yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan dekat Sungai Cisadane. Malem-malem masih pada buka tuh. Dari ujung ke ujung pemandangan alpukatnya menggiurkan banget. Terus kalau dari arah mobil kesorot banget tuh warnanya mengkilat-mengkilat. Mana gede-gede lagi. Tapi setelah didekati, kata bakulnya sih emang belum begitu mateng. Masih kudu nunggu sampai beberapa hari lagi sampai dalemnya lunak alias mateng merata. Waduh...karena judulnya udah kebelet ngejus, jadi ya terpaksa kudu menelan ludah walau tetep aja diborong juga sih alpukat mentahnya. Nanti perkara mematangkannya biar urusan suami. Katanya dia punya triknya.

Tips n Trik Mematangkan Alpukat Hingga Matang Sempurna
  • Penges/potong ujung buah alpukat sedikit saja
  • Tutup hasil potongan tersebut dengan tissue yang direkatkan dengan selotip
  • Simpan dalam suhu sejuk selama 2-3 hari
  • Silakan buktikan sendiri, apakah alpukatnya matang dengan merata




















Survey membuktikan setelah melakukan percobaan itu, bener dong. Alpukat yang didapat :
  • Mateng sempurna
  • Tekstur daging buah dan warnanya bagus
  • Rasanya pun enak (manis karena ga ada bintik-bintiknya)
Nah, demikian tips yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat ya (Gustyanita Pratiwi) !



34 komentar:

  1. Wow! Tips yang bagus. Bisa simpan dalam kulkas gak ya sewaktu proses pematangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya di suhu ruang saja mas, jangan di dalam kulkas

      Hapus
  2. Seumur-umur belum pernah pegang or makan buah alpukat. Kecuali di jus itupun pasti beli jadi saja di restoran hihi. Jadi belum bisa membayangkan makan buah aslinya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya enak mb, kayak makan mentega hihihi
      Manis manis gitu

      Hapus
  3. Asli baru tau ada teknik begitu buat mematangkan buah alpukat. Selama ini biasanya asal digeloyorin di tempat yang rada lembab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya din ini salah satunya
      Dibarengin buah2an lain taruh dalam beras juga bisa sih

      Hapus
  4. Wah...asyik ini tips-nya,
    Aku ada pengalaman buruk beli alpukat,
    Ceritanya ingin banget alpukat mentega, pas lagi musimnya.
    Akhirnya pas di jalan, aku dapat ketemu mobil2 pickup jualan alpukat, kata si bapak besok matang ini mbak, ternyata sampai aku balik ke Bali (4 harian) belum matang!

    Dan kata adekku, alpukan biasa pula pas mateng.

    Jaid, kemarin pas balik ke Malang sempet lewat si bapak penjual alpukat itu ingin rasanya nyamperin "masih ingat dengan saya? yang bapak bohongin?" hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahahhaha, emang kadang suka gitu mb trik trik pedagang, tapi ga semua sih

      Jadi sekarang beli mentahpun ga pa pa mb, asal langsung terapin aja tips di atas hihii

      Hapus
  5. Wah sayang nya saya tidak suka buah alpukat, sukanya buah rambutan aja soalnya lebih manis..😄

    BalasHapus
  6. aduhhh, jadi ngiler liat jus alpukatnya mbak hahaha

    BalasHapus
  7. wahh ternyta ada cara khusus ya, selama ini sya cuma dibiarin aja

    BalasHapus
  8. Ternyata caranya sangat sederhana,
    Kalau saya biasanya saya bungkus total atau keseluruhan dengan kertas koran
    Betul, buah ini tergolong mahal
    Jusnya saja harganya tinggi juga
    Maka paling enak dan asek ya membuat jus alpukat sendiri
    Harus jago memilih buah pastinya

    BalasHapus
  9. luh bikin gw ngiler saja Nit... Paling suka sama buah alpukat yaa dibuat juss memang. 😄😄

    Tips ngimbunya buahnya alpukatnya boleh juga nih dipelajari dan dicoba.

    Tapi gw sukanya tinggal minum juss aja sih nit...Syukur2 ada yang kirimin gw alpukat 1 karung..😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha langsung transfer ya harga alpuket sekarungnya

      Hapus
  10. Jus kesukaan saya nih alpukat.

    BalasHapus
  11. kebetulan bgt barusan beli alpukat tapi masih mentah, dan biasanya ibuku masukin buah alpukat di dalam beras supaya matang tapi dalamnya tuh jadi coklat kehitaman. dududu ini perlu dicoba caranya nih, otw potong ujung alpukat lalu bungkus pke tisu..

    BalasHapus
  12. kadang dibawakan juga buah alpukat yang ranum. kayaknya cara ini bisa dipraktekkan juga untuk lebih mematangkan buah alpukat. saya pelajari dulu mbak. terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih kak tips nya. Soalnya kadang pas dapat alpukatnya masih yang cokelat sebelah aja, nggak merata. Jadinya kan kalau di jus kurang manis-manisnya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fenny, biar dapetnya jus yang kentel manis, lebih joss kalau nunggu mateng merata hihi

      Hapus
  14. Noted banget ini Mbul, mau saya cobain deh!
    Sayapun pecinta jus alpukat, eh buah alpukat dimakan ama SKM aja doyan kok :D
    Dicampur lainnya juga enyak :D

    Tapi emang sulit banget ya nemu alpukat matang bagus dan murmer.
    Kebanyaka belum matang, pas dibiarkan lama matangnya dan tau-tau jadi hitam-hitam gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain kak rey
      Toast iya banget dulu aku pas hamil anak pertama makan alpuket takpakein susu bubuk aja uda enak hihi

      Hapus
  15. saya juga suka si Alpukat ini, Alhamdulillah ini bisa jadi booster ASI juga buat saya lhoo Mama Mbul.

    sebenarnya udah pernah baca tips ini sebelumnya, tapi belum pernah dipraktekin, hihihih. jadi ingat bulan kemarin si Pak Suami beli alpukat, katanya mau dijus (pengennya doi sendiri yg buat jusnya) jadilah saya gak mau nyentuh si buah, ntar orangnya bawel, saya mau nikmatin aja deh klo udah jadi jusnya, eadalaahh, si buah sampe busuk gak disentuh ama orangnya, isshh sebel banget, padahal udah saya ingatin dan saya udah mupeng sebenarnya mau gadoin si alpukat ama milo gitu aja, hikss.. *eehh malah curcol, maapin ya Mama Mbul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak kocak banget ceritanya mb di, antara gemeus2 kesel ya uda diphp in mau dijusin pak su haha
      Klo aku yg sering woro2 mau ngupas buah ini itu mlh aku, uda dibela belain beli ama pak su eh ga takkupas2 walhasil ngejogroglah dia di kulkas sampe item dan layu wkkk

      Hapus
  16. Hooo baru tau ada tips bgini, gagal terus tiap beli alpukat sampe emosi sdri >.<

    BalasHapus
  17. Wah baru tau ada tips gini, tiap beli alpukat pasti gagal >.<

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^