Kamis, 19 Maret 2020

Nostalgia Jalan-Jalan ke Candi Borobudur, Magelang, Indonesia Tahun 2015 (Sebelum ada Beiby)

Nb : Sebenarnya udah pernah posting cerita tentang Borobudur beberapa tahun silam. Malah postingannya aku bikin menjadi 2 bagian. Tapiiiii, karena waktu itu aku ga ngeh ada oknum blogger Auto Generate Content (AGC) yang menyedot artikelku sebanyak 150 artikel, makanya aku agak nyesek juga pas tahu digituin.

Nyeseknya bukan karena apa-apa, tapi jelek-jelek begini kan tetep saja artikelku diambil tanpa ijin. Udah gitu diadsense-in pula. Kan susah ya bikin cerita ngalor ngidur berdasarkan pengalaman pribadi by kamera sendiri pula. Terus tiba-tiba disedot begitu aja, tanpa tedeng aling-aling bat bet bat bet. Mana sekarang akibatnya traffict blogku kesalip ama blog dia lagi. Jadi kalau aku search kata kunci ceritaku sendiri, yang nongol di atasku ya blognya dia. Blog aku ketilep, kadang ga keindeks, dan kalau dikorek-korek selalu ada di bawahnya. Jadi kayak diduplikat kontennya. Nyeseknya lagi adalah dulu itu aku kan masih polos ya, cupu gitu lah dalam hal ngeblog, foto ga dipakein watermark, lalu belum ngeh pula tentang pentingnya mencantumkan link ke blog sendiri di setiap postingan (itu loh yang misalnya ada tautan ke artikel lain yang awalnya ada tulisan baca juga di link bla bla bla). Nah ternyata karena sama sekali masih polosan belum jago ini itu, ya udah jadilah korban blog auto generate content yang ga perlu nulis artikel tinggal nyedot punya orang. Nyedotnya lewat mana kok bisa samaan plek ketiplek tiplek sama gitu ma blogger originalnya. Lewat feed Qaqa. Makanya sekarang tuh aku ngerasa terdzolimi karena dibikin rempong oleh blog macam ini. Dulu pernah kulaporkan ke DMCA sih, tapi ga tau kenapa blog tersebut masih ada. Artikelku yang dicurinya belum dihapus juga. Secara dikontak pun ga bisa karena ga ada kontaknya. Maksudnya kalau ada kontaknya kan bisa kutunggu itikad baiknya buat menghapus artikel colongannya itu. Eh ga ada sama sekali. Ya udah aku coba laporin aja ke DMCA pas tahun berapa gitu kalau ga salah 2016, tapi kayaknya ma google juga belum diapa-apain tuh, entah karena bahasa Inggrisku kacau atau ada step-step yang masih belum aku pahami waktu ngisi formnya.

Ahhhh, ketimbang bete, karena beberapa popular post dan pengalaman travelingku seringnya ada di bawah blog dia rangkingnya, makanya aku tuh ingin mengatakan sungguh terrrr laaaa llluuuh. Sebagai tombo ati supaya ga patio gelo, ya aku pengen nulis ulang aja lah, dengan gaya bahasa yang sedikit beda, dan foto-foto yang masih pixel aslinya. Belum dirisize. Terus mau aku bombardir dengan watermark dan tambahin foto lainnya pula yang masih dalam satu moment pada waktu jalan-jalannya itu. Jadi kan ketahuan mana yang original. Karena mana ada kan yang palsuh megapixel fotonya lebih pecah, hahaha...kzl tapi kudu sabar....

Oke lah daripada berpanjang-panjang kata, udah ah...aku mau cerita lagi.

"One Day in H+4 Idul Fitri tahun 2015 ...."

Tahun 2015 adalah 2 tahun sebelum aku hamil si kakak.  Memang ceritanya waktu itu pas ada agenda honeymoon yang direncanakan lantaran ngepasin masa subur berdasarkan promil yang sedang kami jalani #halah haha. Walaupun ujungnya belom 'jadi' juga sih karena tekdungnya itu baru pas menginjak tahun 2017. Etapi emang judulnya ga terlalu ngoyo juga sih, sebab pertama...emang wayahnya lagi ga memungkinkan untuk terlampau santai karena masa-masa lebaran yang pastinya agak hectic karena ketemu banyak orang. Kedua, honeymoonnya sebenarnya juga dadakan aja hahahahha....

Pas ngerasanya lagi jenuh muter-muter sekitar situ-situ aja, ya kenapa ga terlintas buat dolan agak jauhan dikit coba. Kan masih berdua ini. Mumpung belum ada yang bikin remmpong. Mikir kami begicuwww. Misalnya sampai Jogja atau Magelang. Cari hotel dan nginap sehari semalam, terus jalan-jalan, kulineran deh. Cobain makanan khasnya, phota-photo, ntar taruh blog #jiahahah tetep ya khontheeeend. Tapi ya bener juga sih, biar ga suntuk-suntuk amat, akhirnya lepas silaturahmi dari tempat sedulur kami yang ada di daerah Ketug dan Kemiri, Pituruh, akhirnya kami bablas ke Loano, Mbener dan seterusnya buat going to go to Magelang.

Perjalanan ini disponsori oleh honda brio punya si Om yang  beliau ijin tukeran ama Ertiga kami karena rencananya beliau mau mudik balik dengan membawa rombongan. Yawes, kami sih oke aja. Asaaaal, ni mubil kagak kenapa napa kan kalau kami ajak nanjak-nanjak sampai Magelang, hahaha.... Yaiyalah kan yang minta tukaran duluan si Om. Meski pegal juga sih Kakanda Pak Su yang musti menyetir dengan model kopling manual kayak kendaraannya si Om ini. Mana di jalanan kejebak macet parah lagi, karena ada truk yang mogok. Tapi ya dinikmati aja sih. Lagi pula kanan kiri juga pemandangan ijo yang seger minta ampun dengan deretan pohon durian liar (atau maybe ada yang punya). Terutama pas daerah Mbener tuh yang merupakan tempat dari perias manten kami waktu nikah 2014 silam. Pokoknya kalau uda dekat-dekat patung kambing etawa di kiri jalan itu lah kira-kira arah-arah daerah Mbener yang kalau bablas terus ya jadinya sampai Magelang.

Tapi sebelum kami beneran cabcus ke tekapeh, kami mampir sholat dulu ke Masjid Agung daerah Purworejo. Dzuhuran dulu Cuy, biar tentrem ati ini karena mau perjalanan jauh. Ya walau kala itu masjidnya lumayan ramai juga ya, sampai ngantri nunggu mukena segala. Lalu setelahnya, nyobain mbasahin tenggorokan dulu di kedai dawet ireng dadakan yang ada di pelatarannya. Dawetnya kelihatan bakul musiman sih. Sebab rasanya agak berbeda dengan dawet item yang biasa kami beli di sekitar rumah Pak Suami. Kalau idealnya versi kami adalah dawet irengnya ini kenyal dan ada berasa kretes-kretesnya. Juga santennya ga dicor banyak banget, uda gitu juruh alias cairan gulanya juga banyak sehingga memberikan efek manis. Tapi meskipun begitu, tak mengurangi rasa antusias kami buat menandaskannya sampai ke dasar gelas, ya meski santennya agak gojar-gajer.

"Magelang I'm Comiiiiiiing !!!!!"

Kalau ada yang bilang Candi Borobudur adanya di Jogja, rasanya pengen gw pites koreksi deh. Hayuk lah dibuka lagi Atlas atau buku IPS-nya. Yang mana jelas-jelas Candi Borobudur itu letaknya ada di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kalau Jogja itu kan lain ya dari Jawa Tengah. Dia masuknya Daerah Istimewa. Uda beda provinsi lagi ituuuh.

Nah, kami sendiri tiba di daerah sekitar Borobudur kurang lebih asyar. Belum nyoba booking penginapan tuh karena emang seringnya serba dadakan. Ya, muter-muter kotanya dulu sembari cari hotel yang ratenya ga gitu nyekek leher. Tapi ya dasarnya uda weekend, makanya susah juga dapet yang murah. Rata-rata matoknya tinggi banget, di atas cepek. Lha buat kami yang cuma mau stay semalaman sih pengennya yang Rp 300 ribuan lah. Kalau bisa malah yang Rp 200 ribuan. Tapi ya ga kelas melati juga karena ga comfy hahhhah....#kebanyakan mauk lauw Mbul :D

Karena saking susahnya nemu hotel yang sesuai kantong di hari weekend, akhirnya kami ngaso bentar buat nengokin Candi Borobudurnya. Memang ga sampai masuk ke dalam sih, karena udah menuju tutup juga. Jadi ya bisanya masuk sampai sentra oleh-oleh dan cenderamata aja.

Sore itu suasana lumayan terpantau padat. Banyak yang tetep naik ke atas dengan ditawari sewa payung dan tongsis buat bekal foto-foto. Tapi kami berdua sepakat naiknya besok aja. Jam-jam pagi. Paling ga sebelum matahari uda terik-teriknya di atas kepala. Ya maklum gw kan tatud item #whooot.

Karena cuma sampai pelatarannya aja, kami pun memutuskan buat liat-liat cendera mata khas Borobudurnya. Ada kaos barong yang ujung lengan dan celananya kriwil-kriwil, ada gantungan kunci, patung, diorama stupa, topi yang cantik-cantik banget, gerabah, hiasan bebek-bebekan, bahkan alat-alat masak seperti alu dan lumpang yang terbuat dari batu, juga kendi dari tanah liat. Pak Suami tuh yang antusias mau cari kendi yang bagus buat dibawa pulang Tangerang. Katanya buat medang-medang, biar airnya sejuk kayak tempat minum orang-orang desa jaman dulu itu lho #serah deh zeyenk.

Ga terasa hari sudah semakin sore. Perut pun udah mulai menunjukkan sinyal-sinyalnya. Lalu sepanjang mata memandang cuma ada wedang ronde gerobagan dan sate. Kalau medang ronde jam segini mah tentu aja kurang pas, sebab kami pinginnya makan yang sedikit mengenyangkan. Tapi kalau makan berat belum nemu tempat yang cocok. Jadi mendingan kami beli cilok aja. Beli gocengan, panas-panas kemebul ceprotin saos. Begh...mantab walaupun udah bisa dipastikan komposisinya lebih banyakan gandumnya ketimbang daging atau ayamnya.

Begitu tu cilok abis (karena kami maemnya barengan red), akhirnya serempak nyemlong hayuk lah beli goceng aghie....hehehe, dasar ya, hobi bener memamah biaknya.

"Berburu Hotel di Sekitar Candi Borobudur (Dadakan Aslik !)"

Setelah puas beranjang sana menghabiskan sore di pelataran Candi Borobudur, kami kembali berjibaku mencari penginapan yang belum ketemu endingnya. Malah sampai malam belum nemu juga. Sempat ngecheck ke resepsionist beberapa hotel. Tapi uda pada penuh semua.

Beruntung akhirnya kami ketemu porter yang bisa nunjukin penginapan yang sekiranya masih kosong. Jadi dia mandu pake motor, kami ngikutin dari belakang. Memang ada biaya tambahannya sih. Tapi ya wes lah. Ketimbang lontang lantung ga dapet penginapan, udah malem pun. Terus direkomendasiin lah ke Hotel Ardian yang lokasinya ga jauh dari Candi Borobudurnya. Bahkan katanya, kalau kami ngecek dari atas balkonnya, kami bisa ngeliat candinya lebih jelas.

Berhubung kami masih dalam masa tuslah, makanya kami dapatnya harga lebaran. Jadi kenanya Rp 400 ribuan untuk semalam. Apalagi ditambah weekend. Jadi udah deh cucok miow tuh harga hotel dengan standar hotel kelas melati.

Fasilitasnya sendiri kami dapat kamar single bed, bantal, selimut, TV, AC, kamar mandi dengan toilet duduk, pancuran, ember, dan gayung. Khas Indonesia banget kan kamar mandinya, hehe... Terus kalau misalkan malamnya mendadak lapar, hotel ini juga menyediakan semacam etalase yang ngejual snack, popmie, dan juga minuman dingin. Harganya, tentu saja lebih mahal dikit jika dibandimgkan dengan yang ada di minimarket.

"Kuliner Malam Nasi Goreng Babat (Haucek !)"

Malam-malam, perut keroncongan karena dihantam udara dingin Magelang. Opsi makan nasi goreng sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Nasgor Magelangan terutama yang katanya legendaris itu, karena uda kesohor dimana-mana. Pernah aku nyobain nasgor Magelangan tapi yang dijual di Alun-Alun Kebumen. Itu pas buka puasa antrinyaaaaaaa masya Alloh. Tapi rasanya emang ena banget sih. Karena masaknya pakai anglo jadi ada sensasi semangit-semangitnya gitu deh.

Nah, kalau malam itu kami nyobainnya Nasi Goreng yang ada di sekitar penginapan. Namanya Nasi Goreng Mbak Marni. Suasananya juga rame banget. Ada yang makan di tempat, ada pula yang buat dibungkus. Persentasenya hampir sama. Yaitu 50 : 50, sehingga dapat antriannya pun lama banget.

Untuk menu-menunya, kebetulan pilihannya juga menggiurkan semua.  Dari sekian menu yang ada kami nyobain nasi goreng babat. Meskipun menu spesialnya ada capcay dan tongseng jamur. Tapi karena malam itu mulut rasanya pengen ngunyah nasgor yaudah pilihannya ya nasgor aja. Tinggal capcus deh, mau yang nasgor biasa, kambing, ayam, atau babat. Nah, kayaknya yang babat ini belum pernah nyobain, jadi penasaran deh.

Proses masaknya sendiri ga pake anglo seperti nasgor Magelangan yang pernah kami cobain di Alun-Alun Kebumen. Melainkan pakenya kompor gas biasa. Tapi urusan rasa jangan ditanya, cause sama-sama enaknya. Memang dimasaknya agak lama, tapi pas uda mateng dan nasinya masih kebul-kebul, aroma pedas bumbu cabenya maksreng, ditambah pula potongan babatnya yang notabene gede-gede. Bener-bener kenyal dan bikin senam mulut. Rasanya sepiring aja kayak terasa singkat aku ngabisinnya.

Nah, setelah kenyang kami muter selintasan di luar kawasan candi dan memantau kuliner malam di sana adanya apa aja. Dan masih sama kayak pas sorenya sih. Memang kebanyakan berupa kaki lima atau gerobakan. Dan yang udah ngetem sedari sore waktu kami sowan bentar ke candinya yaitu wedang ronde, sate, dan juga cilok. Abis itu ya balik ke hotel lagi buat bubuk-bubuk tjantik.

"Pagi-Pagi Dolan ke Kawasan Candi Borobudur"

Begitu jam 5 tet, kami lekas bangun, subuhan, dan bersih-bersih. Rencananya memang check outnya agak pagian karena sekalian waktu ke Borobudurnya udah ga balik-balik lagi ke hotelnya. Jadi abis mandi dan packing-packing ya langsung cabut.

Ke Borobudur tepat setelah loketnya baru dibuka. Beberapa petugas langsung melayani antrian yang udah mengular untuk memasuki kawasan Candi Borobudurnya. Per orang untuk tahun 2015 dan masih dalam masa lebaran dikenai Rp 30 ribu. Sebuah tarif yang whort it karena memang ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia yang dibanggakan Indonesia.

Borobudur di pagi hari, jalanannya masih lengang. Udaranya masih sejuk.  Jadi enak banget buat mlampah-mlampah. Panasnya itu kalau udah jam 10.00 WIB ke atas. Jadi aman lah, ga perlu sewa payung, wekekek..

Kami jalan kaki mengikuti orang-orang yang memang mau menuju ke candinya. Kebanyakan bule. Turis lokal macam kami ya ada juga deng. Tapi emang Borobudur dari dulu kebak kedatangan turis mancanegara sih ya. Uda dari jaman aku darmawisata atau study tour SD malah.

Dan lebih dari 1 dekade ga ke Borobudur lagi, waktu itu aku cukup takjoeb dan baru ngeh kalau ternyata kawasan sebelum masuk ke candinya itu luaaaaaaaaas banget. Jalan kaki terasa banget olah raganya. Tapi yang aku seneng adalah pemandangannya serba hijau. Ga melulu paving, entah deh 2020 uda ada pembangunan lagi atau belum, cause jaraknya dari 2015 ke 2020 uda 5 tahun, hehe. Lalu yang aku antusias lagi adalah, suasana Jawa sangat terasa karena begitu memasuki kawasan wisata kami langsung disambut dengan suara gamelan yang mengingatkanku akan moment ketika mendarat di Bali. Uda gitu beberapa petugasnya juga mengenakan pakaian adat Jawa yang turut mempertegas kesan Njawaninya.

Oh ya, untuk bisa memasuki kawasan Candi Borobudurnya, kita juga harus menaati peraturan ya. Peraturan tersebut sudah tercantum  jelas di beberapa beberapa papan yang diletakkan cukup strategis sehingga bisa dilihat banyak pengunjung.

Peraturan di Kawasan Candi Borobudur :

Dilarang Merokok
Dilarang Duduk atau Memanjat Bagian Candi
Dilarang Corat-Coret
Dilarang membuang sampah sembarangan
Harus mengenakan pakaian yang sopan

Berdasarkan informasi yang kuhimpun dari www(dot)borobudurpark(dot)com, Borobudur sendiri dibangun dengan gaya Mandala yang melambangkan alam semesta dalam kepercayaan agama Buddha. Struktur bangunannya kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat lingkaran. Lalu jika dilihat dari luar ke dalam, terdapat dua bagian lagi yang melambangkan alam dunia dimana dia terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Zona 1: Kamadhatu

Kamadhatu melambangkan alam dunia yang terlihat seperti sekarang dan sedang dialami oleh manusia. Terdiri dari 160 relief yang fotonya dapat ditemui di Borobudur Archaeological Park, zona ini menjelaskan Karmawibhangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat serta sifat dan nafsu manusia, seperti merampok, membunuh, menyiksa, dsb.

Zona 2 : Rupadhatu

Rupadhatu melambangkan alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. Pada zona ini terdapat 328 patung Buddha yang juga memiliki hiasan relief pada ukirannya. Berdasarkan manuskrip Sansekerta, terdapat 1300 relief yang terdiri dari Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka dan Awadana yang membentang sejauh 2,5 km dengan 1212 panel.

Zona 3: Arupadhatu

Arupadhatu melambangkan alam tertinggi. Pada zona ini, 3 serambi berbentuk lingkaran yang mengarah ke stupa menggambarkan tentang kebangkitan dari dunia. Serambinya sendiri terdiri dari stupa yang berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, juga berisi patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Di sini juga terdapat 72 stupa dimana yang terbesarnya berada di tengah.

Nah begitu berhadapan dengan bangunan candinya, yang ada lagi-lagi adalah kekaguman dan decak kagum dalam benakku. Bagaimana bisa bangunan semegah ini dibangun pada tahun yang begitu lampau. Jelas tangan-tangan yang membangunnya adalah tangan-tangan seorang maestro. Eh tapi yang paling menariknya lagi, sekarang bagian tangganya sudah dikasih semacam pijakan kayu sih, jadi meminimalisir licin seandainya hanya berupa pijakan batu saja.

Nah, setelah puas mengamati pemandangan di kawasan candi, kami pun memutuskan untuk turun sarapan.

"Oh My....Ada Rujak Mangga Muda dan Tahu Pong !"

Ada pemandangan yang tak biasa tatkala kaki ini melangkahkan kaki setelah melewati pagar pembatas antara kawasan wisata dengan area luar yang bisanya dijadikan sentra oleh-oleh dan cenderamata. Yaitu pemandangan bakul rujak dan tahu pong dong. Keknya sih model pikulan gitu. Satu bagian tempat rujak, satu bagian lagi tempat tahu pongnya. Mana masih anget dan baru-baru pula, jadi penampilannya belum acak-acakan #hore kesempatan buat difoto !!

Wetettetet ! Tapi tenang, Sugembulwatie ga cuma foto saja kok pemirsa, tapi juga membelinya. Ya, gocengan aja boleh lah buat rujaknya. Spesial request tulung banyakin nenas dan jambu bolnya. Ada sih buah-buahan lainnya kayak mangga muda, bengkuang, dondong, belimbing, pepaya mengkal, mentimun, dan jambu biji. Tapi kayaknya masih pada muda-muda banget. Terutama mangganya. Masih pada pentil...eh maksudnya mangga kalau beneran masih ijo kecil-kecil bahasa jawanya itu pentil, wekekkeg. Sementara kalau rujak memang aku sukanya pilih-pilih. Minta diracikin buah yang aku suka aja. Ya itu tadi nenas dan jambu bolnya. Jambu bol itu yang merah, memanjang itu loh. Mirip jambu air tapi bentuknya agak lonjong. Nah, ini kalau udah mateng banget dan warnanya sampai merah tua rasanya bakalan super manis. Cuma yang di situ belum begitu merah hati. Ya merah biasa sih, tapi it's okay lah udah seger dan lumayan manis juga. Terus tambah-tambah dikit kasih belimbingnya juga deh, buat seger-seger.

Si rujaknya ini sebenarnya dikasih 2 bumbu. Pertama bumbu rujak biasa yang which is terdiri dari gula merah, cabe rawit, asam jawa, dan terasi, kadang malah ada kacangnya juga. Kedua, bumbu asin, yaitu berupa garam yang bisa dicocol-cocolin ke buahnya. Enak sih, aku suka dicobain ke dua-duanya.

Selain rujak, kami juga nyobain tahu pong. Tahu pong itu kalau di Jawa Barat namanya tahu sumedang. Cuma kalau di Jawa Tengah aku nyebutnya tahu pong, yang kurang lebih tahu tapi isinya kopong. Nah, kopong itu artinya kosong. Rasanya dominan asin. Tapi enak banget kalau diceplus bareng lombok rawit ijo.

"Sarapan Gudeg di Kawasan Candi Borobudur"

Usai turun dari pelataran candinya, tak terasa ada yang udah minta dikasih haknya. Apalagi kalau bukan weteng alias perut. Ya iya lah naik turun undak-undakan (tangganya) candi kan sama dengan olah raga. Jadi begitu nyampe bawah rasanya tenaga kayak disedot, pegel kaki aku tuw, terus bawaannya perut kruyuk-kruyuk mulu #jadi saatnya buat diisi bensin kembalih.

Dikarenakan waktu itu masih lumayan pagi, maka kami pun melipir sejenak ke area pasar yang ada di belakang kawasan candinya. Kami prediksikan sih dagangannya masih pada anget-anget. Maklum, baru juga jam 08.00 WIB, jadi pedagang juga baru ngeluarin lapaknya. Dan benar saja, meskipun belum banyak, tapi uda ada 1-2 yang menata-nata baskom berisikan lauk pauk dan sayuran yang siap mengisi piring kami.

Adalah gudeg yang sudah berjejer rapi dengan perintilan lauk pelengkapnya, semisal telur pindang, orek atau kering tempe, ayam goreng, ayam kecap, telur ceplok, telur balado, pecel sayuran, tahu bacem, dan juga dawet. Kami prefer sarapan gudeg dengan lauk potongan ayam manis supaya perut ga terlalu kaget kalau udah dijejelin yang pedes-pedes. Lengkapnya, aku pilih sepiring nasi porsi setengah (ceritanya lagi diet red), gudeg nangka mmanis, paha ayam goreng, orek atau kering tempe, juga sambal terasi. Sementara Pak Suami, nasi, gudeg, kepala ayam manis, orek, dan juga sambel. Rasa gudegnya pas. Ga terlampau manis, tapi juga ga terlampau gurih. Tengah-tengah lah ya, porsi manis gurihnya. Udah gitu, orek tempenya juga renyah. Dibikinnya memang bukan model basahan. Melainkan keringan. Tapi rasanya pas sih, agak pedes-pedes dikit karena memang ada irisan cabe merahnya dimana-mana. Kalau masing-masing ayamnya, ternyata lebih enakan punya Pak Suami. Soalnya punya dia dibikin manis, antara kayak ayam kecap atau modelan ingkung gitulah. Jadi ada gurih-gurih efek santannya. Kalau punyaku kan ayam pedaging alias broiller yang digoreng biasa, jadi ya standar lah hueheheh...

Ngetem di situ kira-kira ada se-jam-an lah. Lumayan buat leyeh-leyeh sambil menikmati area pasar paginya kawasan pelataran Candi Borobudur. Memang yang baru nongol cuma beberapa macam pedagang. Selain bakul gudeg ini, ada pula kios baju dan cenderamata khas Candi Borobudur. Ya, sekalian ntar pulangnya mau beli kendi juga sih, hihihi