Senin, 13 Juni 2022

Pengalamanku Jalan-Jalan Ke Pantai Ayah Gombong : Mbul Tergoda Seafood di Warung Cempluk



Postingan kenangan September 2017 saat aku masih gembol Kakak A hihihi

H+5 lebaran kemarin, kami pengen mengagendakan “piknik ala-ala”. Sebelumnya nih….bisa dibilang seumur idup–lebih tepatnya sebelum married–di keluargaku termasuk yang jarang membudayakan piknik usai lebaran. Ya, semua itu karena jadwal dines Bapak Ibu yang lumayan padet sebagai Abdi Negara, sehingga ga yang ngoyo banget harus kemana kelar silaturahim ke tempat saudara #maksudnya irit-irit jatah cuti gitu. Klo sekiranya ga penting-penting amat, cuti ga bakal dipake even kami sebagai anak-anaknya sebenernya pingin banget jalan-jalan hahahhaha….#nasib anak rumahan. 




Namun hal tersebut rupanya mulai bergeser begitu aku udah menginjak status sebagai istri, yang mana si Mas paling bisa diandalkan klo urusan ngehandle kendaraan (gantian sama bapak) dibandingkan dengan anak-anaknya yang kebetulan perempuan semua ini klo sekiranya mau jalan yang agak jauhan. Jadi pas anaknya uda pada married, ibu sama bapak lebih entengan juga klo mau ngagendakan jalan-jalan. Ga seriweh urusan pas kami masih kecil-kecil dulu. Apalagi lebaran kemaren, cuti bersama dan harpitnasnya kan lumayan banyak tuh, maka ga ada salahnya klo kami pengen ngadem sejenak ke mana gitu sebelom balik dengan rutinitas pekerjaan pada hari-hari normal. Lagian kata ibu, Beliau kasian klo ngeliat anak tengah yang lagi dirundung ‘mual-mabok-kliyengan’ sepanjang hari ini selalu terkungkung dalam rumah all the day. Jadi ibu bilang, biar aku dapat udara seger sembari liat yang ijo-ijo di luaran sana gitu.

Pas ditanya pilihannya kemana, sontak Bapak inisiatif ngajak ke Pantai Ayah yang berada nun jauh di Gombong sana. Kalo ke Mirit kan udah sering tuh, jadi sekali-kali nglayap sampe Gombong ga ada salahnya kan haha. Apalagi menurut kabar angin, di sana sedang ada pengembangan track wisata hutan bakaunya yang kalo di Jakarta mirip-mirip sama yang ada di Pantai Indah Kapuk. Ngedenger semua pada antusias pengen jalan-jalan, dalam hatiku pun berkata : “Tumben-tumbenan nih trah keluarga Agus (nama Bapakku red) ngadain piknik kelar lebaran, hihihi..”

Paginya, ibu udah uplek di dapur bikin sarapan. Aku yang kelar bersih-bersih badan terus numpang lewat sontak bertanya, “Loh deneng masak Bu, mbok ntar maem di sono aja?” Terus ibu bilang, iya nanti makannya emang nyari rumah makan di sana, cuma kan ya tetep sarapannya di rumah aja. Mana tau nyampe sananya agak siangan ato kejebak arus balik. Lha wong startnya aja ga tau jam berapa. Jadi daripada ntar kelaperan, mending kami nabung energi dulu dengan sarapan praktis yang uda disiapin ibu. Waktu itu ibu cuma manasin sayur tempe sama goreng otak-otak aja sih buat ganjel perutnya.


















Hebohnya mencari rute ke Pantai Ayah…

Setelah beberes apa yang mau dibawa (kayak perintilan ngemil cem chitato dan kastangel sisa Lebaran berikut toples-toplesnya #wooooottt?), akhirnya kami jalan sekitar pukul 09.00 WIB. Sempet galau juga mau liwat rute yang mana karena sebetulnya kami awam daerah Gombong. Jadi main spekulasi aja tetep nekad nerobos Gombong ke Selatan dengan asumsi macet ato cari alternatif lain dengan ngliwatin rute terminal Kebumen terus Genthan ke selatan. Ibu juga nambah-nambahin panik lagi dengan usul gimana klo nelpon salah satu temennya yang domisili situ buat mantau lalu lintas mana yang sekiranya lancar. Nah, bapak yang orangnya juga rada panikan–ditambah klo uda denger usulan ibu yang kadang absurd, pasti ujung-ujungnya ngomel wkkkkk….malah menambah ruwet suasana. Soalnya suara telpon si temennya ibu ini ga gitu ngasih solusi rute mana yang deket. Cuma ngasi tau mana yang macet–yang jelas-jelas uda kami tau sejak tadi. Yang kami perluin tu, lewat mana aja setelah rute macet itu disebutin, helaaaaw hahaaa. Tapi hal-hal kayak gini sebenernya selalu jadi cerita sih yang ujung-ujungnya bikin cair suasana dan saling ledek. Yah, mungkin begitulan bumbu pernikahan yang ga melulu romantis tapi kadang bikin ngikik-ngikik sendiri dan membayangkan, “Aiiih, mungkin klo udah menua bersama nanti pasti bakal begono juga kali yah hahaaa…, puthil-puthil dikit, tapi ntar ketawa-tawa lagi. Justru letak seninya ada di situ.”






Drama lain ga kalah hebohnya waktu kami baru lolos rute Terminal Kebumen. Di tengah kemacetan menuju Selatan Kebumen, malah ada Tante yang dari Jakarta telpon ibu katanya kepingin mampir. Posisi blio dari Cilacap uda hampir menuju TKP (rumah). Katanya baru sempet ngabarin karena WA ibu ga nyampe-nyampe. Lahhhh tambah rubeslah kami karena udah ga bisa balik arah. Walhasil dengan berat hati ibu ngasi tau klo uda ada acara dan ngerekomendasiin si Tante coba ngehubungan adeknya ibu yang mungkin stay di rumah. Rada menyesal juga sih karena ngasi taunya dadakan sehingga kami ga bisa menjamu…. tapi ya gimana lagi, itulah efeknya klo ga komunikasi dulu pas mau mampir di musim Lebaran yang masing-masing keluarga blom bisa diprediksi agendanya kemana, muehehee…

Kelar satu masalah, tiba-tiba muncul lagi masalah yang lain. Karena eh karena Beby Mbul yang lagi hamil muda ini anyang-anyangan dan kepengen pipis mulu. *huek*. Terus pas mengutarakan pingin mandeg bentaran buat pipis, eeeee diketawainlah sama orang satu mobil. Paling kenceng sama Pak Su yang uda ga bisa mendeskripsikan lagi muka aku kayak gimana. Kata blio : “Ntar Pom bensin depan ya, Dek,” Pak Su nyoba ngasi solusi. Tapi karena aku pernah ada trauma waktu mampir toilet pom, jadilah aku nolak dan ngasi opsi lain, gimana klo kita numpang pipis di RSUD aja soalnya takut Mbul ngompol hahhahaha (muncul ide brilian ini karena sesungguhnya beberapa meter lagi kami segera melewati RSUD Kebumen). Cuma sayang, permintaanku ini langsung ditepis oleh Pak Su yang tengsin klo cuma minggirin kendaraan ke RS hanya buat numpang toilet doang. Waaaaahaha, sial…

Namun ternyata, dewi fortuna masih berpihak padaku. Atau mungkin karena masih sesuai dengan amal perbuatan Beby Mbul Solihah ???? Karena eh karena tak berapa lama kemudian mobil kami berada di depan sebuah ruko yang salah satu pintu-pintunya bertuliskan ‘toilet umum’ #ahzeg. Jadi uda ga diragukan lagi dong klo aku segera tereak minta dipinggirin sebentar buat pipis udah hampir ngompol nih huft.  













Meski urusan nyebelin terkait masalah anyang-anyangan dan pend beser mulu atau pipis ini uda kelar, namun eyel-eyelan Bapak Ibu yang ngerasa ngambil rutenya muter-muter masih berlanjut. Jadi kami gagal ngambil spekulasi arah Gombong ke selatan. Melainkan malah ngliwatin Petanahan, Ayam Putih, dsb. Pokoknya mblusuk-mblusuk persawahan yang kala itu lagi terserang hama wereng sehingga jadi keliatan kuning campur cokelat persis gurun yang ada di Madagaskar. Lalu ibu cerita panjang lebar, klo dulu jamannya blio masih muda, blio banyak dines naik motor sampai daerah ini nih. Jadi lumayan apal walo klo menuju ke Ayahnya rada blank. Untung aja dari sekian penumpang, selain aku yang tentu saja gabut bukan maen karena ngikut aja badan mau di bawa ke mana, ada satu yang seenggaknya ga kemrungsung macem Bapak ama Ibu. Dialah Pak Su wkwkwkkw…#udah apal sih akunya klo blio selalu bisa menjadi penenang di setiap situasi terutama klo lagi dalam keadaan nyasar. Yah, walau ga bisa dipungkiri, aku udah mulai menunjukkan tanda-tanda mabok seperti air asin yang udah tertahan dalam mulut.

Tapi semua itu terbayar sudah, setelah kami nyampe di lokasi yang harus kami lalui dengan jalan memutari gunung kapur, termasuk pula Kawasan Wisata Goa Jatijajar. Tadinya pengen mampir, cuma karena kondisiku yang lagi ga memungkinkan naik turun tangga ya gagal lah ke Jatijajarnya. Mendingan langsung cuz aja ke Pantai Ayah karena terus terang hari uda semakin panas. Iya, kami tiba di tempat ngepas banget ama jam sholat dhuzur. Jadi biar acara pikniknya tenang, akhirnya kami sholat dulu di masjid dekat parkiran yang kebetulan hari itu ruameeeee banget. Untungnya, ibu bawa mukena sendiri, jadi terbebaslah kami dari antri-mengantri mukena milik mushola.

Usai sholat, perut ternyata uda menunjukkan sinyal-sinyal minta diisi. Maksudnya lapar pake banget setelah menempuh rute kurang lebih 4 jam. Jadi ga pake lama, Ibu langsung merekomendasikan ngadem sekaligus makan siang di Warung Cempluk yang langsung kelihatan dari pintu masuk pengecekan karcis.

Warung Cempluk ini sebenernya ada 2. Satu yang deket parkiran, dua yang ada di pinggir jalan gedenya. Namun karena kami pengen makan khusyuk dengan suasana yang ga gitu rame, akhirnya kami booking yang deket pinggir jalan aja.

Siang itu Kawasan Ayah emang sedang panas-panasnya. Aku yang sedari tadi dilanda mabok, juga dalam kondisi yang ga boleh pake make up langsung membatin, aaaaaarghh….pucat banget. Tapi tak lama kemudian si ibu pemilik Warung Cempluknya nyamperin kami sambil bawa buku menu. Bapak langsung pesen es degan #mungkin saking kepanasannya, disusul kemudian ibu, aku, dan pak su yang pesen minuman yang sama yakni es jeruk manis. Makanan beratnya kami pilih cumi bakar, cumi goreng tepung, udang asam manis, sop ikan, ikan bakar, cah kangkung, nasi, juga lalap beserta sambelnya. Per jenis menu di Warung Cempluk ini memang dikondisikan untuk rombongan jadi pas dengan jumlah kami yang makan.

Berikutnya udang asam manis. Yang ini udangnya guede-guede gila cuy. Mungkin jenis yang udang galah kali ya sehingga komposisi dagingnya lumayan tebel dan ga melulu ketyipuw sama cangkang. Warnanya juga cantik seperti admin blog ini #eheum (plaaak). Oranye dengan guyuran saos asam manis yang menjadi satu begitu masuk dalam kecapan.

Sop ikannya juga seger. Ini pesenan Bapak sih. Tadinya Ibu ngompor-ngomporin aku biar makannya yang ini aja (karena kan dia lebih sehat cem cuma ditim atau rebus gitu jadi bebas kolestrol), tapi tapiiii….aku kan lagi eneg sama ikan Bu. Jadi aku melipirnya ke cumi atau udangnya aja lah ahahha. Oh ya, si sop ikannya ini juga gede gila boook potonganya. Kuahnya juga ada campuran sayur mayurnya kayak potongan wortel, kentang sama daun bawang. Cuma yang ngabisin sop ginian golongan Bapak-Bapaknya sih. Kami para cewek, ijin sedot yang ringan-ringan aja bray..

Next ikan bakar. Aku lupa pesennya bawal apa kue ya. Ya pokoknya ujug-ujug dateng aja piring berisi 2 potong ikan gede berwarna cokelat yang paling nyosss disiram pake sambel kecap cabe cengis. Klo mau pake sambel merahnya bisa juga sih, cuma klo kataku cocokan yang kecap. Jangan lupa, ceplus juga lalapan lain macem mentimun atau kubisnya. Yang ini favorit Ibu, Bapak ama Pak Su sih. Aku lagi-lagi milih non ikannya huahahah.

Terakhir, cah kangkung. Mungkin karena masaknya on the spot jadi agak telat ni datengnya si cah kangkung. Meski uda di detik-detik penghabisan, dan baru nongol di meja, yang aku sukai dari cah kangkungnya ini adalah sensasi rasa ndesonya yang menurutku kayak ada sangit-sangit gitu. Jadi kayak yang proses pemasakannya liwat keren gitu deh (entah bener entah engga). Yang jelas, aku emang paling suka tumisan sayur yang ada sensasi gituannya. Rasa masakan kampung yang susah dijabarkan dengan kata-kata karena di samping warnanya yang masih hijau segar, juga teksturnya yang masih cruncy sekali sehingga klo dimakan bareng nasi itu pas banget.

Huaaaa ga kerasa makan besar juga nih di Pantai Ayah. Lumayan lah sekali-kali nyenengin keluarga. Kamipun melangkah meninggalkan RM Cempluk dan menuju gaharnya Pantai Ayah…

Kelar ‘isi bensin’ di Warung Cempluk, aku dan keluarga pun segera menginjakkan kaki ke Kawasan Pantai Ayah yang kala itu sedang ramai-ramainya. Maklumlah, hal ini dikarenakan masih suasana lebaran sehingga isi pantai tumplek-bleg sama lautan manusia. Mulai dari tua-muda, besar-kecil, semua ada, namun kebanyakan memang didominasi oleh ABG ato remaja tanggung yang membawa pasangan entah sekedar cari angin atau memang ada keperluan ngevlog lengkap dengan cangklongan kamera DSLR yang dikalungkan pada leher masing-masing. Wow ! Dalam hati aku pun berkata, rupanya virus ngevlog udah mulai menjangkiti muda-mudi desa dengan niatan ingin mempopulerkan wisata daerah #keplok-keplok salut, Tembul aja nda punya DSLR #lalu memandangi camdig butut yang klo ga disetting berkali-kali suka bikin pingin nyanyi, hiiiih. Padahal boleh dibilang waktu itu temasuk sedang terik-teriknya lho, namun ternyata hal tersebut tak menyurutkan semangat kami untuk mengeksplore seberapa kekinian objek wisata yang memiliki 2 konsep utama ini. Wisata hutan dan juga wisata bahari. Wisata hutannya diaplikasikan lewat Hutan Wisata Logending yang dikelola oleh Perum Perhutani Wilayah Kedu Selatan sedangkan wisata baharinya berupa Pantai Ayahnya itu sendiri.

Objek wisata yang terletak 15 km ke arah selatan dari jalan propinsi ini juga memiliki satu lanskap lainnya yang cukup menarik yakni terdapatnya Muara Sungai Bodo yang memisahkan antara Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap. Nah, rupanya kami memang tertarik sama yang ini nih. Langkah kami akhirnya terhenti tatkala mendengar suara rayuan tukang kapal yang menawarkan jasa susur sungai andaikata kami ingin naik sampe kawasan hutan mangrove. Kata si Abangnya murah aja cuma Rp 10 ribu per kepala–uda PP (Pulang-Pergi). Jadi klo dikali 5 Rp 50 ribu (uwaaaaaawwww). Berhubung kami masih katrok dan belum engeh, ini nantinya sekalian diturunin di hutan mangrovenya–ditungguin–terus dianter balik apa cuma lewat di pinggir-pinggirnya doang abis itu pulang ato gimana, jadi kami main hayok aja, hahaahaaa.

Yang ngebet pengen nyobain sensasi ngapal ini sebenernya Pak Su ya, jadi tanpa ba-bi-bu lagi deseu langsung ngeluarin duit gocap dari balik dompet sehingga mau ga mau kami harus naik #pasang tampang gemashh. Namun karena ibu juga penasaran yaweslah aku ngikut aja. Sembari tetep was-was karena takut kapal goyang-goyang mengingat aku masi berada dalam fase mabok bin kliyengan. Yah semoga saja amunisi seafood yang uda aku dapatkan dari Warung Cempluk tadi ga keluar dengan sia-sia, hahaa….

Kapal pun satu-persatu mulai diisi dengan calon penumpang melalui satu titian panjang yang sudah dikaitkan dengan jangkar dan tali tambang. Karena licin, tangan Pak Su pun tak lepas dari genggamanku saat aku mulai meniti papan untuk memastikan posisi tetap dalam keadaan aman. Paling-paling yang bikin ribet adalah karena aku udah mulai memakai daster hamil yang mana diteriakin ibuku supaya harus cincing (dinaikkan dikit) sehingga tidak menyulitkan kaki saat melangkah.

Setelah semuanya duduk, eeeeh tiba-tiba Abang kapalnya bilang dengan entengnya : “Pindah ke sini ya, yang mau berangkat kapal yang sebelahnya, biar penuh sekalian !” Omaigaddddd, sontak penumpang yang kebanyakan uda pewe di tempat masing-masing ini pun terpaksa pindah sambil sedikit menggerutu. Gimana engga, uda enakeun dapet kapal yang dudukannya ada senderan punggung, e disuruh pindah ke kapal yang ga ada senderannya. Uda gitu kanopinya ga seteduh yang semula pula terus kanan kirinya cuma dilindungi pager kecil. Yasalaaaam. Tapi yawdala…akuuuh pasrah aja sembari berlindung di balik punggung tangan Pak Su biar pas ada goncangan amaaaaan.

Setelah semua penumpang pindah, mesin kapal pun dinyalakan. “Brummmmmb bubumb bummmm bummm bummm bumm, ngeeeeeeng !!!!”. Suaranya kenceng banget, memekakkan telinga. Kami melaju melawan arah matahari sehingga hawa panas semromong kerasa banget. Tapi untung aku pake tabir surya dan masker sih.

Kapal terus melaju sampai melewati kolong jembatan pemisah antara Kabupaten Kebumen-Cilacap yang di atasnya lalu lalang kendaraan bermotor. Lumayan juga pas ngiyub di kolong jembatan. Udara yang tadinya semromong perlahan-lahan tertutup atap beton yang sanggup membentengi matahari walau sejenak. Abis itu ya balik lagi ke arah yang tadi. Iya jadi finishnya itu cuma kolong jembatan itu doang. Terus puter haluan menuju arah pulang.

Loh…loh…loh…? Ladalah, la kok ndak nyampe Mangrovenya to Mas? Piye iki? Jare dibawa buat menyusuri mangrove, ternyata mung lewat tok di pinggir-pinggirnya. Maksud aku, kirain dengan tarif Rp 10 ribu itu bakal didrop buat muter-muter ke kawasan mangrove, ditungguin, terus dijemput pulang lagi. Ealaaaaah ternyata tidak pemirsa?

“Mencari Sendiri Pintu Masuk Wisata Mangrove”

Karena agak down sama ekspektasi awal, maka begitu turun kapal, kami pun milih jalan sendiri nyari area hutan mangrovenya. Dengan mengikuti arah peta yang sudah kami potret juga bocoran info dari tukang parkir, kendaraan kami pun reparking di area TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Tempat ini nyaris sepi dan lumayan membingungkan karena kok nda keliatan pintu masuk bagian mangrovenya. Selidik-punya selidik, untuk mencapainya kami harus muter dulu ngliwatin jalan belakang TPI barulah nanti ketemu gerbang masuknya. Yawes, karena dah kadung parkir walo gratis, kami pun nurut aja karena masih penasaran sebelum beneran nyampe tempat yang dimaksud.

Dari tempat parkir ke jalanan tanah yang direkomendasikan tadi, ternyata rutenya lumayan jauh. Kami harus melewati serangkaian tempat sampah dulu yang aromanya sungguh sangat menyiksa, juga sungai yang airnya dah mulai surut. Kondisi jalanan begitu berdebu bahkan di beberapa spot ada pula yang becek. Makanya kendaraan roda 4 dilarang melintas area ini karena masih belum tertatanya infrastruktur.

Baru juga separuh jalan, tiba-tiba gejolak hormon kliyenganku kambuh. Tiba-tiba badan ini berasa lemes banget….tenggorokan kering, mata berkunang-kunang, juga dehidrasi parah #lalu lambaikan tangan ke kamera, Tembul ga kuat, Tembul nyerah….Kebetulan waktu itu jalannya emang dua-duaan. Bapak uda berada di depan sana saking semangatnya menuju hutan bakau. Sementara, aku dan ibu menyusul di belakang. Pak Su? Blio masih ngurus ulang parkiran biar posisinya ga terlalu jauh saat uda balik nanti.

Pas kliyengan itu, Ibu yang ngeliat mukaku pucet pasi mendadak langsung panik. Blio menyarankan, mending aku duduk dulu di batang pohon kelapa yang kebetulan ngegelosor di pinggir jalan biar ga sampe pingsan. Beberapa orang yang lalu lalang ampe ngliatin, mungkin sambil ngebatin : “Kenapa ni anak?” Tapi karena saking lemesnya, aku dah sebodo teuing ga mikir apapun, kecuali pingin duduk meski muka uda saking putih pucet cet cetttt. Bapak yang uda berada nun jauh di depan sana sempet nengok ke belakang sih, seolah bertanya : “Jadi lanjut engga ni? Tanggung uda nyampe pintu masuk?” Ibu pun mengisyaratkan supaya mereka lanjut aja, sementara kami ijin ndeprok bentaran di puun kelapa nunggu tenagaku pulih lagi.

Tak berapa lama kemudian, Pak Su datang membawa air mineral. Dari situ perlahan-lahan tenagaku mulai pulih dan ngerasa sanggup buat jalan lagi. Kira-kira 15 menitan jalan lurus….terus ketemu banyak pedagang jajanan kayak pecel, es, juga pop mie, jalanan lalu mengarah ke belokan kecil yang diawali dengan plang hijau bertuliskan : “Rintisan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE)”, Laguna Sungai Bodo, Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kebumen. Di sana uda muncul beberapa petugas jaga untuk mengecap tangan kami. Harga tiket masuknya untuk dewasa Rp. 4.500,- sementara anak-anak Rp. 2.500,-. Murah kan? Setelah itu, kami bebas menyusuri lorong-lorong titian bambu yang di pinggir-pinggirnya tumbuh subur tanaman mangrove meski air di bawahnya sedang dalam keadaan surut. Nah, karena surut itulah, ikan-ikan unik yang ada di permukaan tanah gambutnya jadi keliatan semua. Ga tau salah tebak ato ga tapi penampakan ikannya ini mirip salamander gitu. Bentuknya kecil-kecil, tapi ada kakinya dong…..coba deh nanti aku cek dulu di google, ikan jenis apa yang dimaksud itu.

Oh ya, ngomong-ngomong soal kawasan mangrove, pasti pikiranku selalu tertuju sama yang ada di PIK (Pantai Indah Kapuk). Secara uda cukup sering mbolang ke sana. Agak mirip memang. Cuma yang di sini lorongnya ga sepanjang yang ada di PIK. Titiannya juga menurutku masih jauh lebih kecil dengan yang di PIK sehingga untuk beberapa belokan musti ada sesi gantian terlebih dahulu dengan pengunjung yang berlawanan arah. Yah, kita doakan aja, semoga ke depannya makin serius aja ya pengembangannya biar makin banyak lagi pengunjung yang datang.

Klo spot yang banyak dijadiin swafoto itu setelah aku amat-amatin adalah bagian rumah gazebo yang berada setelah tanjakan jembatan bambu. Klo uda nyampe daerah situ tuh, terus ketemu rumah tingkat yang dimaksud, maka siap-siap antri deh, klo pengen foto-foto.

Kurang lebih pada jam-jam ashar kami memutuskan buat cabut dari lokasi. Takutnya kemaleman, karena kan masih suasana arus balik ya, jadi kami harus antisipasi macet. Namun, sebelum beneran pulang, kami nyempetin dulu buat sholat. Kebetulan di situ ada satu mushola kecil yang berada di deket parkiran TPI. Tadinya ragu, antara mbatin ini mushola masih bisa dipake apa ga ya mengingat bangunannya yang kurang terawat? Tapi setelah memastikan tempat wudhunya ngalir, juga ada beberapa mukena di dalam, akhirnya kami putuskan buat sholat aja di sana. Males kan klo sampe ketabrak magrib yang jamnya jalan cepet banget?



Ceritanya kan kami mau jamaahan nih. Abis wudhu, aku dan ibu uda baris di belakang shaf bapak-bapaknya. Eh,…waktu uda takbiratul ihrom, selintasan pandang mataku menatap 3 ekor kluing (luluh aka kaki seribu) yang kelonjotan di atas keramik. Belom nyampe sejadah sih, cuma itu deketttt banget, tinggal beberapa centi aja klo dia gerak dikit uda deh mlungker di tempat sujud. Ughlala…agak-agak skeri gimana gitu kan hahahhaha… Jadi agak susah fokus terus ngebatin, ibu liat ga ya ? Tapi untung aja sampe tahiyat akhir, mereka stay cool mlungker di tempat awal, wkkk. Terus baru gerak sedikit abis aku copot-copot mukena. Setelah salam, aku langsung bisikin ke ibu yang langsung ditimpali dengan ekspresi njundil alias begidik ngeri bgitu ngeliat apa yang kuliat. Kamipun keluar mushola sambil ketawa-tawa. Tanpa sadar, setelah kami cabut, ada 1 kloter keluarga lainnya yang hendak sholat setelah ngliat kami asharan di situ. Secara otomatis, hal ini langsung menimbulkan obrolan geje diantara aku dan ibu : “Jyaaah, ati-ati, di deket situ ada uget-ugetnya, hiiiiiiy….!”