Jumat, 21 Agustus 2020

Resep Risol Mayo atau American Risoles




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Akhirnya yaaaah, pecah telor juga sodara-sodara postingan tentang risol mayoku. Setelah berulang kali mengalami kegagalan (kuhitung ada kali nyampe 3X, terutama pas bikin kulitnya yang emberan agak tricky---tapi ended up--kalau pake bahasanya mba eno--aku berani juga pajang risol ala-ala gue ini. Risolnya yang jenis mayo punya ya. Atawa kalau kata buibuk dari kalangan pegiat masak sering disebut sebagai american risol (amris). Disebut demikian sebenernya aku ga tau bagaimana sejarahnya, tapi mungkin karena isiannya cenderung ke type-type makanan orang barat kali ya, yaitu mayonaise, telur rebus dan smoked beef. Tapi ya aku ga tau juga deng benernya bagaimana. Cuma aku ngerasa seneng aja bikin risol mayo karena satu, ga perlu ribet lagi bebikinan isian rogut sayurnya. Dua, karena bikin kulitnya cukup menantang. Perlu sedikit skill agar menghasilkan kulit yang lentur dan ga gampang robek, makanya aku akalin pake campuran maizena sebanyak 2 sendok makan. Pake tapioka atau sagu juga bisa sih menurut literatur yang kudapat dari internet, cuma kali ini aku pakenya maizena sebagai pencampur terigunya. 

Adapun masalah rogut sayur, aku ga suka bikin risol jenis ini karena cepet basi ya, ga bisa disimpan terlalu lama. Nah, kalau risol mayo ga. Dia bisa dibekukan juga andai ga mau digoreng saat itu juga. Maksimal difreezernya ya kurang lebih 3 harian lah, jadi biar masih kerasa enaknya. Udah gitu isiannya juga gampang aja karena udah dalam bentuk jadi, yaitu telur rebus, sosis (kalau ada mah enakan daging asap), dan mayonaisnya itu sendiri. Kadang ada pula yang ditambahkan dengan potongan keju, tapi aku ga pake sih. Menurutku risol mayo yang ada potongan kejunya jadi menghilangkan rasa mayonya, hiks. Kejunya jadi lebih dominan soalnya. Jadi rasa mayonya yang meleleh bisa kalah. Tapi itu menurutku sih. Ga tau kalau yang lain. Pokoknya mah ini cuma masalah selera aja. Adapun sosis yang aku pakai juga yang ada di kulkas aja, yaitu sosis so nice, jadi tinggal potong-potong beres. Meskipun kalau pakai daging asap sebenernya lebih enak. Yah lebih kerasa dagingnya lah huehehhehe.. cuma aku belum sempet pigi-pigi lagi buat belanja bulanan. Jadi lah yang ada aja aku pake. Pernah baca saran dari Mbak Pipit yang pakenya isian kornet (itu loh daging cincang yang bentuknya kotakan dan biasa dijual di minimarket), dan itu kedengarannya enak, mana Mbak Pipit juga ndilalahe ndadak beli wajan kewalik segala lagi buat bikin kulitnya, kan aku mupeng, hua ahahha.


Sebenernya banyak babak belurnya itu di bagian bikin kulitnya sih. Karena kalau ga ketebalan, gampang robek, ya pasti adaaaa aja berbagai macam problema, misalnya adonannya lupa disaring jadi pas dipanaskeun di atas teflon ada bagian mblindhi-mblindinya. Kalau ga, diameternya yang ga mengikuti lebar teflon tapi udah keburu kematengan, dsb. Satu dua kali gagal udah khatam aku. Barulah di percobaan yang ke-3 ini, lumayan sakseis lah ya....walaupun ya ga sakseis-sakseis amat. Ya kalau disejajarkan dengan risolnya abang langganan masih 3:1 (itu loh yang biasa kami setop di area Jalan Otista arah-arah ke Moch Toha, sebelah holland bakery, sebelum pertigaan--dan itu cuma pake nurunin kaca mobil karena di deket jalan raya boook susah parkir, dan si abang dan pak su uda saling paham jadi pas kendaraan kami lewat, berhentilah kami sebentar, lalu si abangnya langsung cag-ceg mengambilkan risol ke wadah kertasnya sembari jari jemari mengisyaratkan angka 2 yang maksudnya apakah betul kami beli risol kayak biasanya yaitu sebanyak Rp 20 ribu untuk 1 pcs risol seharga Rp 2000,-. Nah, itu tuh risol si abang ini rasanya enak banget, bener-bener murah lagi untuk kelas risol mayo yang di tempat lain ga dapat Rp 2000,-, ya walau emang mayonesnya menurutku cuma saiprit ya... kurang banyak. Jadi berasa masih pengen ngunyah aja, eh tau-tau mayonya udah abis. 

Jadi lah pada suatu hari, aku pengen bikin risol mayo sendiri, yang menyerupai bikinan abang risol langganan, tapi kali ini sengaja kutemplokin mayonya agak luber-luber ketimbang porsi mayonya si abang risol yang menurutku saiprit.. istilahnya biar pas digigit tuh langsut moncrot, jadi pengen kutemplokin paling ga 1 sendok makan full... lainnya, kalau punya si abang risol pake telur rebus thok, nah di aku ada bedanya dikit, yaitu taktambahin sosis. Biasanya kan pake smoked beef, ini aku pake sosis aja lah yang murah meriah redho... Tapi pake telor rebus dimayoin juga sebenernya udah enak sih. Kalau resep kulitnya sendiri, aku modifikasi dari berbagai resep yang ada di internet, youtube, atau web...yah, sambil ditambahin ini itu lah yang sekiranya pas aja menurut seleraku.

Jadi begitulah, akhirnya aku sukses juga mengeksekusi risol mayo yang udah masuk beberapa kali masa percobaan ini #cuma yang terakhir ini yang lumayan buat diupload di blog. Yah, walaupun kata si Mas bentuke masih ga begitu pokro, tapi mayan enak lah ya, sebab kalau di film masak-masak doi udah kayak Anton Egonya Rattatouile yang kalau kritik makanan super pedas bagai keredok yang ditandain pake karet 3, ahhahahahaha... oke lah langsung saja, ini dia step-stepnya :

Bahan-bahan kulit :

125 gram tepung terigu protein tinggi
2 sdm tepung maizena
300 ml susu cair
1 butir telur ayam
2 sdm minyak goreng
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
Tepung roti atau tepung panir
Minyak untuk menggoreng
















Bahan isian :

Sosis sapi (mau pakai daging asep yang tipis-tipis itu ga sempet beli, ya udah aku pake yang ada aja yaitu sosis so nice rasa sapi).
Mayonaise (nanti aku mau bikin 3 jenis rasa mayonaise, yaitu yang original, ditambah susu kental manis, dan ditambah saus tomat biar kayak rasa mayonaisenya hokben). Kenapa aku pake 3 jenis rasa mayonaise, ya karena lagi pengen aja. Takutnya ntar kalau yang satunya terlalu gurih kan bosen ya, jadi abis makan yang gurih, bisa comot yang agak pedes, bisa juga yang manis #ingat kolestrol ingaaaaat, hahhaha...#edisi lupa diri
Telur rebus

Cara membuat :

Campur 125 gram tepung terigu dengan 2 sdm tepung maizena, telur ayam, garam, gula pasir, merica bubuk, dan susu cair.
Aduk-aduk hingga rata dan tidak bergerenjul-gerenjul (caranya bisa disaring beberapa kali dengan menggunakan saringan atau ayakan tepung). 
Jika sudah tercampur rata, tambahkan 2 sdm minyak goreng ke dalam adonan.
Panaskan teflon yang sudah diolesi sedikit minyak supaya tidak lengket
Tuang adonan mengikuti permukaan teflon
Tunggu sampai matang merata, tapi jangan sampai gosong ya
Potong memanjang sosis dan telur rebus menjadi beberapa bagian
Jika kulit risol sudah dingin, taruh potongan sosis dan telur rebus ke tengah-tengah agak ke pinggir dikit
Lipat kulit risol dan tutup ujungnya dengan telur yang sudah dikocok
Celupkan risol ke telur yang sudah dikocok lepas
Gulingkan ke dalam tepung roti atau panir
Diamkan sebentar dalam frezeer kira-kira 2 jam jika mau mendapatkan tekstur risol yang renyah, tapi kalau mau langsung goreng ya silahkan
Setelah itu goreng di atas minyak yang sudah panas, dan posisikan risolnya tenggelam ya, tunggu sampai berwarna keemasan
Setelah matang, angkat dan tiriskan
Bisa dinikmati bersama cabe rawit untuk ceplusan.
Selamat mencoba !!!!

30 komentar:

  1. Ealahhhh akhirnya berhasil diproduksi juga ini risol mayonya 🀭
    Kelihatannya cakep kak! Harusnya ada foto pas dipotek juga jadi kelihatan isian mayonya yang moncrot-moncrot itu, jadi bikin tambah ngiler gitu 🀭
    Tapi overall udah bagus kok penampakan luarnya hihihi.

    Terima kasih resepnya kak! Kapan-kapan kalau nggak mager, boleh dicoba nih 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakak jafi pend malu deh eyke
      begitulah li kalau obsesi tinggi pend bikin risol, segala daya dan upaya akan kukerahkan sampe berhasil

      aaahhhh iyak, kok aku baru nyadar ya, risol pas dipotek dan keliatan
      dalemnya ga sempat kefoto huahahhaha

      Hapus
    2. Huahaha bagus lho kak kalau mempunyai semangat seperti itu, artinya pantang menyerah 😁

      Udah keburu dilahap habis pastinya nih makanya nggak sempat foto wkwkw

      Hapus
    3. iya lia makasi makasih
      next bikin apa lagi ya hahahah
      #e tetep ya bull gw nekad bebikinan sesuatu

      betul uda keburu masuk perut padahal momwn pas dipotek kudunya lwbih dramatis ya itu risol 🀣🀣

      Hapus
  2. Pertama-tama, HOREEEE selamaaat Mba Nit akhirnya berhasil bikin risoles mayonya! Liat penampakannya udah ngiler-ngiler. Mendadak kangen risoles buatannya mamakyuu T_T

    Bikin kult risoles itu emang tricky banget nget nget. Waktu aku coba bikin sendiri berdasarkan resep ibunda, gagal berkali-kali karena teflon di rumah nggak ada yang bener, lengket semua huhuhu akhirnya pinjem punya ipar dan berhasil bikin meski kulitnya nggak secantik bikinan Mba Nit, punyaku ujung-ujungnya sobek-sobek 🀣 sungguh lelah hayati bikin kulit risoles itu. Bikinnya setahun, habisnya sekejap.

    Kayaknya varian risoles mayo itu yang jadi favorit kebanyakan orang yaa. Kebetulan kalo di jualannya mamaku, kami nggak jual risoles mayo, tapi risoles cheesy. Si keju yang jadi primadonanya. Persis yang kayak Mba Nit bilang, keju di risoles cheesy kami ini bentuknya potongan besar hihi

    Aduh aku jadi kepingin makan risoles, tapi mager sekali bikinnya. Aku ngiler virtual aja deh dari blognya Mba Nit ini πŸ˜†

    Btw Mba Nit, kapan-kapan coba bikin risoles manis deh, kayak piscok atau cokelat keju. Endeusss pisan buat cemilan sore 🀀

    BalasHapus
    Balasan
    1. saatnya teriak ala jingle dora, berhasil !berhasil! horeeee ahahah#sehat mbulnit ahhah

      ah ya, tau ga mba jane, salah satu inspirasiku buat bikin risol itu adalah pas aku baca postingan mba eno yang lagi ngreview jesrisolnya mamah mba jane, terus aku kemlecer, terus besokannya pengwn bikin ndiri hihi

      #the power of risol mama mba jane sakseis bikin ku turun gunung beli aneka tepung tepungan buat beli risol 😍😍

      wuih risol cheesy punyak mama mba jane pasti juwaraaak, aku aja terbayang bagaimana 'cheesy' nya tu keju ampe mlelehh mleleh aaaaaakk

      olrait next time keknya bole juga aku eksperimen ((eksperimen boook)) bikin tipe yang manis hihihi

      Hapus
  3. Lagi lagi saya kecele dengan type amris ini mba, tak kirain amris itu hanya terigu yang diadon di wajan pake api kecil dengan smoke beef/daging cincang beserta sayur mayur cincang, trus setelah menggumpal dibentuk lonjong kayak risoles baru di celup di telur dan di gulingkan di tepung roti, abis itu baru di goreng. Ternyata amris itu banyak macemnya yah, πŸ€”πŸ˜‚. Saya yakin amris nya Mba Nita, rasanya pasti jempolan. 🀀

    Ntar kapan-kapan pengen recook juga soalnya penasaran sama rasa mayonesnya. Pengen beli yang instan tapi gak tau merk yg mana yang paling enak, Mba ??? Jadi saya gak pernah beli takut salah ambil, kan sayang kalo gak dimakan πŸ˜‚πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok penjabaran mba rini kayak kroket yak ahahha, etapi kalau kroket mah pake kentang merwun hihihi

      iya mba ini amris style risol mayo yang smoked beefnya kuganti sosis tapi telur rebusnya teteup pake πŸ˜†

      e tapi aku mayonesnya mah tetep pake mayo instan mba, tapi merek maestro, kubikin jadi 3 pilihan rasa biar bervariasi, jadi dalemnya ada yang mayo pedes (maestronya campur saos tomat biar agak agak kayak mayonesnya hokben), mayo rasa original, terus mayo yang kucampur kental manis lπŸ˜„

      Hapus
  4. wah selamat mbak
    adikku pas aku ngetik komen ini juga lagi buat risol mau dijual hehe
    cuma isinya sosis aja sih dan pakai mayones yg pedes
    dia juga engga bisa yg pakai telur

    kapan anu dia coba pakai jamur tapi gatau berhasil apa engga tiba tiba aja abis haha

    tapi aku sukaan pakai telur si mbak soalnya ada kayak makan pastel jadinya pas gigitan pertama. balada penyuka pastel ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. uh la la mas ikrom ngapa aku ngences ngebayangin risole adikmu yang type gurih πŸ˜†

      kalau aku pake telur tetep mas, yang ga kumasukin keju hahah

      ini nih yang ada jamurnya kayaknya menggoda iman 🀣l

      eh iya sama loh aku nek pastel ada telur rebuse begitu dicokot serasa mak cress enak bangetttt ada sensasi teles-telese πŸ˜‚

      Hapus
  5. Yeye... Selamat mbak mbul akhirnya berhasil di percobaan ke tiga, saya kasih bunga deh🌹
    Padahal saya nggak suka risol lho, tapi lihat gambar di atas ditambah cabe ijonya... Beh.. Saya langsung laper dan pengen makan risol😁
    Trus isinya ada sosis.. Enak kayaknya, yang saya nggak suka tuh kalau kebanyakan sayur karena saya emang nggak terlalu doyan sayur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik dapat bunga dari mba astri 😍😍

      ayok mba astri percobaan bikin risol gurih

      wah kamu kok sama ama anakku wedok mba ga doyan sayur wakakakka 🀣🀣🀣

      Hapus
  6. wah congrat ya mbak mbul sudah berhasil membuat risol, usaha yang keras pasti membuahkan hasil, bisa lah itu sepiring di kempar di mari biar gw ikut kebagian juga gimana rasanya masakanya :D.. btw gw sendiri malah belum tau dan belum pernah nyobain, di tempat gw sepertinya belom ada makanan ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha makasih makasih nif

      ni tangkap haaaaap #lalu risolnya langsung temangsang di jepara hahahahha


      masa di tempatmu ga ada risol nif, apa adane lumpia? lumpia semarangan?

      Hapus
  7. Risol mayo tampilannya memang menggoda tapi entah kenapa saya tak bisa memakannya? (bingung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa bingung mas kal el, enak loh, apa ada riwayat panas dalam ya abis makan risol πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  8. Alhamdulillah... akhirnya ya mbak, setelah jatuh bangun..
    .
    Tapi iya sih ada sesuatu ada rasa bangganya gitu pas udah berkali kali nyoba terus berhasil, kalau pas di awal langsung berhasil yaaa seneng sih, cuma gak se seneng pas udah gagal keberapa setelah gagal, ini kalau saya sih. Heeee..
    .
    Btw risolesnya mantap kali disantap pas sore sore gitu yaa ditemenin teh anget atau susu coklat anget.. lebih syahdu lagi pas hujan rintik rintik gitu :D
    ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. #sambik nyanyik lagu dangdut jatuh bangun akuuuu..hahhaha

      jatuh bangun membikin risol 🀣🀣

      ho oh mas eksa mayan kan nambah nambahi blogpost ni acara gawe risol yang penuh jatuh bangun ini #yang penting kamera teuteup ya always on hahahha

      maknyus mas eksa buat temen ngupi ngupi atau ngeteh sore, diringgal beberapa menit isi piring langsung lenyap hahahah

      Hapus
  9. Saayy lempar ke sini deh, saya mau dong risolnya, tapi kalau yang gini-gini saya maleeesss banget bikinnya, terlalu banyak step by stepnya :D

    Saya tuh paling suka bikin kue kayak puding, brownies, campur-campur, baking atau kukus, jadi deh.

    Even masak pun sebenarnya saya bete banget sama yang namanya masakan banyak bumbu, di rebus dulu, lalu di goreng, lalu ditumis, ampuunnn...

    Saya lebih suka cuci, masukin panci, masukin bumbu, masak, dan sudaaahh hahahaha.
    Bilang aja malas masak gitu ya :D

    Tapi saya salut loh sama orang-oran yang doyan masak gini itu, butuh effort besar loh buat bisa menghasilkan makanan yang bikinnya lama, makannya sekejap hahaha :D

    Apalagi kalau nyobanya sampai berkali-kali, terdebest lah dirimu Mbuull :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, kak rey mah selalu bikin ku ngakak, tapi kalau masalah perbakingan brownis dan bolu atau tart aku kudunya sungkem ma kak rey ahhahahah

      kak rey kan jagonya brownies kukus coklat πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  10. Jagoaaann 😍😍 Kayaknya enak Mba Nit. Akhirnya ya setelah 3 kali nyoba. Kalau aku kayaknya berkali2 nyoba belum tentu berhasil deh. Ga bakat bikin kayak gini, bakatnya bikin lauk yang tinggal ose g2 doank πŸ˜…

    Btw, aku baru tau loh namamya American Risol, ketauan jarang main ke situs resep2 nih. Tau nya ya risol mayo aja.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahhahaah, ga jago mba thess, cuma pas ada keberuntungan aja waktu itu keknya, dibalik foto ini ada perjuangan penuh darah dan aer mata #setdah gw lebey hahhaha
      iya akupun tahu istilah american risol begitu nguping dari akun buibuk pegiat masyak hihi, sebelumnya aku taunya ya risol mayo aja 🀣🀣

      Hapus
  11. lombok e mengini pisan uy ....

    BalasHapus
  12. Jadi laper karena baca postingan risol mayo ini. Akhirnya mbak berhasil juga ya bikin risol mayo. Kalau aku belum pernah sama sekali bikin risol mayo. Di daerahku belum ada yang jual risol mayo sih soalnya. Jadi kalau mau beli risol mayo ya aku harus ke Semarang dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mba farida, walaupun masih jauh dari kata sempurna hahahaseegh
      Wah di semarang? apa bukan lumpia mba kalau semarang ?

      Eh mulanya aku juga sering beli, tapi kutantang diri sendiri pengen gawe jeh xixixi

      Hapus
  13. Niiit, hebaaaat ih bisa sukses bikin kulitnya :D. Aku gagal muluuu hahahahah. Makanya kalo bikin risol, beli kulit yg udh jadi aja :p.

    Aku prnh baca di resep2 yg pernah dishare Ama FB, itu ada ibu yg bikin kulit risol, telurnya Ampe banyak :D. Lebih dari 10 yg aku inget. Sampe jd perdebatan netizen, itu telur ngapain sebanyak itu :p. Tp ada juga yg belain kalo risol premium memang segitu supaya kulitnya lembuuuuuut dan gurih hihihi.aku sendiri ga prnh coba , jd ga tau juga bedainnya :p

    Kalo risol, sbnrnya sih aku prefer yg ragout. Tp risol mayopun bisa aja kemakan. Cm aku ga terlalu suka kalo ada telurnya :D. Mayo Ama smoked beef ato sosis aja.mungkin Krn g terlalu doyan telur yg direbus gitu :D. Kecuali putihnya doang, baru deh kemakan hahahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah hebat dari hongkong mba fan, kagaaaaaak...:D

      sejujurnya bikin ini penuh drama dan aer mata akutuw #lsetdah lebey gw hihi

      eh masa ada yang ngedebatin juga, dasar ya ibu ibu apaaaa aja diributin wakakkakakakk

      ah dikau telur kuning ga suka ya mba
      kebalikan ama aku, aku lebih suka kuningnya daripada putihnya
      tapi kalau kena mayonya sih putihnya enak hihihi

      Hapus
  14. sebenernya bikin sendiri gampang kalo ada niat ya, masalahnya aku banyak mager atau malesnya hahaha
    beberapa waktu lalu waktu postingan di timeline muncul risol, aku langsung kepikiran buat beli, browsing onlen tapi masih bingung beli enggaknya
    lalu keinget mantan temen kantor yang udah resign dan dia biasa bikin beginian, langsung telpon minta dibuatin hahahaha, sekian puluh biji buat dirumah
    beneran camilan begini aja palingan nggak sampe seminggu udah habis.
    apalagi dimakan waktu masih hangat hangatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh sempat ramekah postingan risol, aku malah ga ngeh ahahahha


      iya enak mba ai klo ada kenalan yabg jago bikin ga mawi remfong langsung pesen aja hihi

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^