Kamis, 14 Maret 2024

Review Nyoman Cafe Jimbaran



Assalamualaikum wr wb....
Jimbaraaaaaaaaan !!!! Why i should scream for this awesome place? Because of uda lamaaaaa banget pengen ke sana setelah mendengar cerita dari Pak Su yang mengisahkan betapa lezatnya seafood Jimbaran. Bagaimana juicynya si kerang panggang, udang galah yang worthed to try, cumiiii, kepiting, plecing kangkung, ikan bakaaaaar, de el el. Uhhh sedeppp abis dah. Soalnya uda berkali-kali beliau mamam di sini meski dalam rangka ‘tugas negara’ alias dines ke luar kota buat nengokin perkembangan kerjaan di Bali. Walaupun seringnya cuma PP hehehe





Jadi begini ceritanya. Karena beliau dan kawan-kawan kantor cabang Bali sering ditraktir Pak Boss buat nyeafood di salah satu tempat makan enaknya, jadi pas kapan hari mampir ke Bali, aku langsung dibawa ke sana. Kebetulan waktu itu belom ada si anak bageum (bayi gemash), jadi kami masih belom terlalu rempong buat wara-wiri ke tempat yang agak jauhan dikit dari rumah sembari hanimun tipis-tipis. 

Nah, saat proposal ke Bali ter-acc, maka Jimbaranlah yang jadi salah satu destinasi wajibnya, terkhusus buat wisata kuliner. Katanya sih, tempatnya haseg banget gaes buat pecinta seafood cem kami-kami ini lah. So fresh.…so endeusss… ya ga cuma makanannya sih. Tapiii tempatnya pun okay punya. Apalagi kalau malam minggu tiba. Itu area udah penuh sama payung-payung sampai ke bibir pantainya. Ditambah semilir angin laut sore yang membuat kita pada betah berjemur sembari menyantap hidangan laut yang ada. Sumbernya tentu saja dari deretan tempat makan yang berada di belakangnya. Salah satunya yaitu Nyoman Cafe Jimbaran. Meski berdampingan dengan tipe kedai sejenis, tapi entah kenapa aura kami pengennya nemplok aja ke Nyoman Cafe ini. Soalnya posisinya ada di tengah-tengah pas. Jadi asyik aja ngeliat laut dari sisi centralnya. Apalagi kalau kebetulan datangnya pas malam minggu tiba. Uuhhh…dijamin rame bangetlah. Kudu cepet-cepet tag tempat biar ga kehabisan….soalnya pewe banget buat santai-santai karena kan ada hiburan musik livenya juga dengan opsi lagu yang bisa direquest.





Namun demikian, nyatanya kami baru sempet mampir ke sini pas bukan malam minggunya. Terlanjur nginap di Kuta, jadi pas malam minggunya justru kami pakai buat jalan-jalan di sekitar Legian aja. 

Jadi ke sininya itu malah pas hari ke-3-nya, dimana suasana pantai jadi ga serame pas malam minggunya. Tapi lumayan sih. Jadi berasa kek tamu vvip yang nyewa laut beduaan ditemani lilin-lilin malam dengan backsound deburan ombak. Iya, jadi kebetulan emang waktu kami ke sini pas bukan hari ramenya sih. Makanya berasa laut milik berdua *halah*

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kuta via Kura-Kura Bus, kami tiba di Jimbaran sekitar pukul 20.00 WITA. Uda peteng banget kan! Soalnya kami sempet ketiduran gitu pas siangnya, jadi begitu melek sore…e terlintas ide dadakan bahwasannya kami pengen makan seafood. Yawdahlaya…kami ke Jimbaran aja saat itu juga wakakkaa. 

So, singkat kata singkat cerita, kami  melanjutkan penggunaan one day pass Kura-Kura Busnya setelah siangnya berlelah-lelah di Ubud (walau cuma nongkrong di Starbucknya aja hahhahaha *kacau kamu Mbul*).














Lewat jalan ke bagian dapur para kedai seafood di Jimbaran, kami pun langsung ga pake bingung lagi buat pilih 1 meja di Nyoman Cafe. Iya, ujug-ujug datengnya liwat dapur, soalnya kami mau pilih sendiri seafoodnya biar bisa terendus oleh hidung Pak Suami tersayang yang tau mana seafood segar dan mana yang engga. 

Nah, di situ sudah berjajar box-box es berisi ikan, cumi, udang, kerang, de el el yang modelnya itu kiloan. Jadi bisa pesen 1 kg, setengah kilo, atau sakwaregmu enake piye hehehe. Nah, berhubung kami pingin menu yang variatif, langsung aja kami pilih kiloannya ga yang langsung jegerr banyak. Tapi setengah kilo setengah kilo aja. Kayak kerang request buat dioven, udang request buat dibakar, juga cumi request buat digoreng. Ijo-ijonya standar sih…pesen plecing kangkung plus paket sesambelannya, juga es teh manis. Sempet tergoda degan alias kelapa muda, tapi kayaknya mahal….jadi balik maning ke minuman sejuta umat yakni es teh manis. Semuanya tulung dibawa ke meja yang menghadap laut alias outdoor.











Oh ya, tumben kami ga pesen ikan? Biasanya sih Pak Su ni yang ga tahan kalo ada menu ikan maunya maen pesen aja, tapi ntah kenapa malam itu kepinginnya yang non ikan….hahahhaha… .

Sengaja kami ga nongkrong di meja yang indoor karena kan emang pingin cari suasana lautnya. Ditemani lilin dan deburan ombak, walaupun peteng-peteng tapi kerasanya lebih syahdu apalagi ditambah dengan suara merdu sebuah grup mas-mas pengamen yang emang dipanjer buat nyanyi menghibur pengunjung. Kata Pak Su, klo pas ada Pak Boss bareng anak-anak proyek, itu pengamen dikasih cepek (Rp 100 ribu, tapi syaratnya harus nyanyi sepanjang mereka nongki dengan lagu-lagu yang bisa direquest, khususnya lagu-lagu pantai kayak reggae style……).







Tak lama kemudian, menu yang kami pesan satu persatu uda terhidang di atas meja. Lauk intinya ada 3. Ada udang galah bakar, kerang oven, cumi goreng tepung, plecing kangkung beserta aneka sambalnya, sebakul nasi hangat, serta es teh manis. Syedep…soalnya dalam keadaan uda lapar sangat, bayangin aja sesiangan cuma minum kopi doang di Starbuck, wkwkkww…jadi begitu makanan uda dateng langsung ajaaaa maem...

Langsung aja ya reviewnya. Pertama, kerang ovennya. Kata Pak Su siiih, ini emang primadonanya Nyoman Cafe. Yaaaa…tentu aja berdasarkn taste lidahnya doi yang terbilang jauh lebih tajam dariku….karena menu apa aja bagiku enaaaak hahahha….Dan bener aja. Emang kerangnya juara. Dia masih dimasak pake cangkangnya sih. Nanti tinggal dicopotin sendiri karena kebetulan kami pilih kerang yang agak gedean. Terus kenapa milihnya minta dioven. Karena teksturnya masih juicy dan kenyel-kenyel gitu. Jadi terasa fresh di lidah. Aroma panggangannya juga jadi lebih ‘hidup’ dan membangkitkan selera untuk nambah.





Selanjutnya adalaaaah…udang galah bakar. Ini juga syedep banget. Udangnya jumbo. Warnanya orens campur aroma bakaran. Rasanya manis-manis gurih dan berbumbu. Paling enak klo uda nyemilin dagingnya yang padet bin empuk dipadu dengan suap demi suap nasi putih. Gilllls…wuenak.

Cumi goreng tepung. Yang ini agak sama sih kayak cumi goreng pada umumnya. Bentuknya diiris model cincin dan lumayan mengenyangkan juga klo ditaker pake ukuran lambungku. Tapi krispinya tetep dong ya, guri-guri nyoiiii….

Plecing kangkungnya gimana Mbul? Seger dan chruncy sih. Ngrebusnya ga overcook, dan sambel tomat di atasnya ngeblend begitu masuk ke mulut apalagi ditambah dengan gurihnya kacang tanah goreng. Uuuhhh syedep. Adapun paket sambelan lainnya terdiri dari 3 jenis, yakni sambel cabe, sambel matah, dan sambel kecap. Semuanya cocok buat nyocol aneka lauk yang uda dipesan sehingga menimbulkan kenikmatan tersendiri saat masuk ke dalam mulut. Overall, sangat puas dengan menu-menu Jimbaran yang menurut kami fresh





Paling harganya sik yang agak lumayan...yha…ya meski ga semahal yang kami bayangkan sebelumnya. Karena kami pikir dengan variasi menu lauk segitu bakal kena di atas Rp 300 ribu, ternyata engga hahai….

"NYOMAN CAFE 
JIMBARAN BALI"
Jl. Four season (Muaya Beach), Jimbaran Bali
Jam buka : Senin-Minggu 
11.00–23.00 WITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panggil aja aku Mbul. Happy blogging ^___^ Tiada kesan yang lebih bermakna selain kehadiran Teman-Teman/Sahabat Blogger baik yang sengaja atau tak sengaja mampir. Semoga tulisanku bisa menghibur Teman-Teman semua. ฅ(^・ω・^ฅ)