Kamis, 27 Agustus 2020

Resep Bacem Telur Puyuh ala si Mbul


Oleh : Mbul 

Belom lama ini Tamas mengumumkan bahwa ada penjual telur puyuh yang mangkal di depan kantornya dengan menggunakan mubil pick up. Penunggunya adalah seorang om-om berjenggot keriting yang menyediakan berbagai macam sembako mulai dari minyak goreng, gula pasir, telur ayam lehor aka broiler, sampai telur puyuh. Nah, kebetulan dia tertarik ama telur puyuhnya.




Keesokan harinya (lebih tepatnya jelang malam Sabtu kemarin), kucluk-kucluk sepulang dari kantor Pak Su atau yang di blog ini biasa kusebut sebagai Tamas alias Tayang Mas eh maksudnya Masnya Nita #dih mawi dijelasin lagi, uda pada teuk keleus..skip.......jadi dia uda bawa sekantung plastik berisi 1,5 kg telur puyuh. Tamas pun segera memasrahkan plastik berisi telur puyuh itu kepadaku





Namun sebelum benar-benar kumasak, iseng kutanya dapetnya berapa kalau 1,5 kilo soalnya kalau direbus kan lumayan banyak untuk berhari-hari dihangatkan. Kata dia sih dapetnya Rp 50 ribu dengan rincian sekilonya Rp 34 ribu. Karena mahal juga ya ternyata. Telur ayam aja yang lebih gede dari telur puyuh paling pol Rp 23-25 ribu. Naini telur puyuh yang bentuknya saiprit bisa tembus angka segitu..... Warbiasaaah.. 

Btw puyuh itu kalau di tempatku sering disebut sebagai gemek. Itu loh bangsa aves yang bodynya bohai tapi dudul banget kalau disuruh terbang. Kok mirip ama pendeskripsian admin blog ini ya...hahahaha :D.

Tapi apa mau dikata, karena telur puyuh uda ada di tangan, maka ga ada jalan lain buat mengeksekusinya selain malam itu juga. Sebab kalau sampai ditunda-tunda, yang ada adalah males nyimpennya ke kulkas. Soalnya kulkas aku uda penuh. Makanya males nambahi lagi. Ya, walaupun jem-jem 12 malem 'teng' harus ubrug ngoncekin cangkang telurnya.. sebelumnya yang ngrebus bagian pertama plus ngulegnya adalah pure kerjaanku. Nah kalau ngupasin kulitnya itu barulah berdua... Soalnya Tamas mau kusuruh ngupas sendiri kok ya ga sanggup... telur puyuhnya sesoblog gede.... Tapi ga pa pa lah, itung-itung biar nambahi romantis. Biar kayak adegan yang ada di ep ti pi-ep ti pi itu...dimana pas tangan ketemu tangan waktu ngudek telur yang direndem dalam air es eeee tetiba senggolan..terus keluar deh tuh sontrek lagu Pance S Pondang...



















Okeylah, sobat Beby Mbul yang baik hatinya...langsung aja deh...ini dia kubagi resep bacem telur puyuh ala bikinan Mbul atau ada pula yang biasa menyebutnya sebagai pindang telur manis or sate telur puyuh.

Bahan-Bahan :

1,5 kg telur puyuh
Air untuk merebus
5-6 butir gula merah
Kecap manis
2 kantong teh celup
Garam
Beberapa lembar daun salam

Bumbu yang dihaluskan : 

10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri
1,5 sdm ketumbar bubuk
sejumput garam

Tahapan Memasak :

Rebus telur puyuh sampai matang (tandanya setelah mendidih dia akan mengambang ke permukaan)
Masukkan telur puyuh rebus yang sudah matang ke air es supaya gampang dilepas cangkangnya
Rebus lagi air
Masukkan telur puyuh rebus yang sudah dilepas cangkangnya
Masukkan bumbu halus, daun salam, gula merah, kecap, sejumput garam dan 2 kantong teh celup yang berfungsi sebagai pemberi efek gelap yang cantik pada bagian luar telurnya...tapi ini opsional aja sih..sesuaikan aja ama selera masing-masing.
Masak hingga air surut 
Setelah matang bisa disajikan dengan cara ditusuk seperti sate atau dimakan biasa.
Selamat mencoba !



ps : ini malam minggu yang cukup ngenes, soalnya saluran listrik lagi mokad..dan kami lagi feteng-fetengan dengan orkes nyamuk yang ngang-nging-ngang-nging di dekat telinga...-_____-

owh malam minggu yang sangat panjang....