Selasa, 25 Agustus 2020

Review Soto Betawi H. Mamat




Assalamualaikum wr wb....

Gara-gara buka youtube terus liat youtuber yang spesialis kuliner lagi ngiming-ngimingin Soto Betawi H. Mamat, aku dan Pak Su pun berangan-angan kalo suatu hari nanti mau nyobain makan di situ #anaknya gampang banget kepengaruh emang, wkwkwkkw.

Jadi pada suatu siang setelah puas berkelana di pulau kapuk, akhirnya bangun-bangunperut udah meronta-ronta pengen diisi. Kebetulan karena hari Minggu adalah jatahnya libur masak nasional (buatku red), makanya Pak Su berinisiatif mengajakku ke Soto Betawi H. Mamat yang cabang Ruko Boulevard, Gading Serpong Blok AA 4 No. 23.



Oh ya, berdasarkan obrolan di banyak forum, konon karena saking ramenya, kede ini bisa ampe kehabisan dagangan pas siang-siang. Wah, kaget juga, soalnya kan kami datengnya jam 2 an siang malah hampir jam 3 sore. Wkwkwkkw. Tapi alhamdulilah rupanya, dewi fortuna masih berpihak pada kami sehingga meskipun ramenya kanmaen, kami masih dapet jatah 2 porsi soto nan legendaris itu.

Kede Soto Betawi H. Mamat cabang Boulevard, Gading Serpong ini berdiri di atas ruoo 2 lantai yang bercat hijau. Di bagian depan ada gerai otak-otak yang kalo abis dibakar, seiringnya bakal dijadiin menu opsi pada meja-meja pelanggan. Di samping itu ada pula gerai es podeng, yang mana aku tertarik beli (kalo ga salah inget harganya Rp 10 ribuan deh). Es podeng ini ditata sedemikian cantik dalam gelas-gelas plstik berisikan mutiara pink, es krim, alpukat, kacang tanah goreng, potongan roti, ketan hitam, juga guyuran susu coklat. Pas buat siang yang terik.







Aku sendiri waktu itu harus cepet-cepet nyari bangku karena kebetulan emang suasananya yang always rame. Nah, mungkin karena inilah hawa mendadak jadi hot karena memang yidak terpasang pendingin AC untuk lantai bawah. Tapi ya it’s okay lah, demi menuntaskan rasa penasran kami pada soto betawi yang terkenal udah kemana-mana ini.

Adapun menu utamanya terdiri dari soto, sop, maupun oseng. Nah yang uniknya lagi adalah, pelayanannya yergolong cepet banget karena begitu tamu masuk, langsung ditanya dengan sigap, mau soto, sop, atau si oseng tadi. Bedanya apa? Sop itu beningan, kalo soto baru buket alias pekat karena basicnya santen. Varian isinya ada 2, daging sapi atau daging mixed suiran ayam beserta jeroannya seperti iso dan babat. Sementara itu, oseng terdiri dari oseng ayam maupun oseng daging sapi. Karena kami tertarik dengan oseng daging sapi, makanya kami pilih yang itu aja. Terus ga lama kemudian, 2 mangkok kuah beserta 2 piring oseng dalam porsi jumbo udah tersedia di meja. Gila kilat banget hahhahaha.

Oseng daging ini terdiri dari potongan daging sapi yang lumayan tebel-tebel, campuran jeroan, irisan bawang merah, irisan tomat, cabai cengis atau cabe hijau yang biasa buat ceplusan gorengan yang disebar bagai ranjau. Serius cabe irisnya banyak banget. Kadang ngerasa asem tenan deh klo sampe ngegigit itu cabe wkwkwkkw. Cara makannya adalah dipadu dengan kuah santen kentel yang warnanya kuning keemasan pekat. Bisa ditambah dengan acar mentimun, sambel rawit, emping, kerupuk, atau rempeyek. Suka-suka lah wkwkwkw. Nah, kalo nasinya menurutku teksturnya agak pera ya. Mungkin sengaja dibuat begitu karena yang pera kerasa lebih nikmat jika dipadukan dengan kuah-kuahan.










Rasanya sendiri cukup strong ya. Karena padanan santan kentel ama daging yang lumayan bikin kaget. Maksudnya kalo diliat sekilas sih, satu piring keliatan ga gede-gede amat porsinya. Tapi, setelah dihayati pelan-pelan, wow, ternyata banyak juga irisan dagingnya. Uda gitu tebel-tebel pula wkwkwkw. Tapi over all sedap sih, seger karena pas banget kami lagi kelaperan.


















Harga oseng per porsinya dikenai Rp 30 ribu. Sedangkan minumnya karena kami pesan es teh manis jadi dikenai Rp 5000. Belom nasi ama tambahan kerupuk kalo ada. Menurutku lumayan mahal sih untuk ukuran soto-sotoan. Tapi not bad lah. Sebanding ama kualitas daging yang irisannya gede-gede.

"Soto Betawi H. Mamat"
Ruko Boulevard, Gading Serpong Blok AA 4 No. 23.
Buka : pagi-siang