Kamis, 19 November 2020

Resep Sambel Sereh ala Pak Wawan


Oleh : G Nita 

Di kantor si Mas ada karyawan yang bisa ngrangkap sebagai koki. Namanya adalah Pak Wawan. Usianya udah cukup sepuh, ya sepantaran ama bokap gw lah.. tapi beliau termasuk orang yang gigih dan ulet ngerjain segala sesuatunya. Jadi biarpun udah ubanan, tapi semangatnya tetap 45. Apalagi anak-anaknya juga banyak dan belum mentas semua. Kata Mas sih dulunya Beliau adalah pemain musik yang handal karena bisa memainkan gitar sekaligus organ tunggal...huehehe.. Namun setelah tercatat sebagai karyawan kantor ya ternyata Beliau piawai juga dalam hal memasak. 





Si Mas sering cerita kalau masakannya Pak Wawan enak-enak dan tak jarang jauh dari resep nerakanya Beby Mbul (((whoooooottt?))). Ya, kalau dirange dari 1-10, masakan Pak Wawan 9, sedangkan masakan Beby Mbul 2,5 #posisi bibir langsung 'nyun' menyerupai paruh platypus. Jadi ketimbang makan siang pada di luar, mending Pak Wawan aja yang suruh masakin. Kan sekaligus menghindari paparan lingkungan luar selama masa pandemi ini. Apalagi, masakannya Pak Wawan ini jauh lebih enak ketimbang Bibi Office Girl satunya. Lebih miroso. Jadi kalau soal bikin masakan, karyawan kantor sepakat pilih Pak Wawan yang ambil bagian. 

Tapi ya seperti biasa si Mas mah cuma pamer doang ke Beby Mbul kalau tiyep hari Pak Wawan masakinnya enak-enak, mulai dari sayur, lauk, sampai persambel-sambelan, sedangkan Beby Mbul cuma dibagi ceritanya duank hahhahahahasemb....

"La mbok aku dibontotin pake tupperware yo mas." 

Terus dijawab : "Tengsin...masa sebagai cowok aku harus nenteng-nenteng tupperware trus mbungkusin lauk atau sayur yang dimasak Pak Wawan buat Beby Mbul. Beby Mbul mah suruh masaaagh sendiri lah ya.

#kawoooos ora kawooos ora 
#hohoho (arti tawa penuh kekuciwan padahal ngarep).

Sebenernya kami ada cerita mengharukan tentang Pak Wawan sih. Jadi pada suatu ketika, Beliau akan ngunduh mantu tapi pas nuju hari H kok ya apes ecekebret mau nambelin biaya mas kawin ke calon mantunya agak terkendala sesuatu. Maklum beda suku jadi maybe ada sedikit miscomm pas pertemuan keluarga terakhir. Nah, H-1 pas malamnya itu beliau dan istri ketok ketok assalamualaikum ke rumah kami. Ya, basa-basi dikit intinya mau mohon ijin cari pinjaman karena situasi gawat darurat besoknya uda acara. Sebenernya bisa saja sih kasbon kantor dulu nanti tagihannya dipotong gaji berapa kali. Tapi ternyata pas administrasi kantor lagi riweuh karena tagihan lagi pada molor. Jadi ya, ujung-ujungnya nyarilah bala bantuan yang sekiranya bisa ditandangi cepet. Maka berdua, magrib-magrib sowan ke rumah mengutarakan maksudnya. Dan bisa dibilang kami sendiri sebenarnya bukanlah orang yang berada banget atau gimana, tapi ya kami mencoba memposisikan diri seandainya kami ada di pihak Pak Wawan dan istri dimana acara mantu adalah besok harinya, sedangkan masalah dana untuk mas kawin dll belom ada. Ya wes bismilahirohmanirohim kami coba bantu sebisanya. Walaupun pas masa itu terbilangnya tabungan darurat kami ya aslinya ngepres banget sengepres saat Beby Mbul memakai hotpant. So, besokannya pun acara bisa berlangsung dengan lancar tanpa kurang suatu apapun #alhamdulilah.

Nah, tapi ada hikmahnya juga sih berkat adanya Pak Wawan masak-masak di kantor. Karena ternyata sepulang dari tempat kerja, si Mas jadi sering dihadiahi oleh-oleh resep yang ciamik tenan sama Beliau... Especialy berbagai macam sambel-sambelan. Sambel Sereh salah satunya yang kemaren sukses kami eksekusi pada suatu magrib. Wuih bagaimana pula itu penampakan si sambel serehnya ini. Tentunya hampir mirip dengan sambal matah tapi ya ga saklek banget. Terus biar ada bedanya dikit, kami coba modifikasikan pakai tambahan pete. 





Okey lah langsung saja ini dia resepnya :

Bahan-Bahan : 

Beberapa buah cabe rawit
Sereh
Lengkuas
Bawang merah
Bawang putih
Garam
Gula pasir
Minyak untuk menumis
Pete

Cara Membuat :

Rebus cabe sampai lunak, angkat
Iris tipis sereh, bawang merah
Uleg kasar cabe dan irisan sereh juga bawang merah
Panaskan minyak goreng, masukkan potongan lengkuas dan bahan yang sudah diuleg, tambahkan sejumput garam dan gula pasir, tumis sampai harum
Masukkan pete

Sek...sek...sek......
bentar......tak intermejo dikit, mauk majang oret-oretan komiknya Beby Mbul dulu ah...



Nah, sambel sereh ini setelah jadi rasanya memang mirip dikit ama sambel matah ya. Soalnya kan serehnya yang punya peranan penting di sini. Jadi karena si sereh dan bawangnya dimodel iris tipis ya masih kerasa tekstur krunchynya. Ga gitu pedes nyegrak...tapi lebih ke pedes gurih yang nagihin. Apalagi karena ada tambahan pete yang terselip diantara ulegan kasar si rawitnya. Serasa nemu jekpot dong gegeggeggekk. Tapi pete lagi mahal sih, masa kemaren beli seplastik ada hampir Rp 50 ribu huhu..

Terus maemnya dilengkapi dengan tempe goreng anget yang dipotong dadu, juga irisan mentimun. Ya, seanane dulu lah, karena emang lagi tanggal tuwek wkwkwkkw...Tapi biar gini rasanya juga tetep nikmat hehehe..

Kalau kalian, sudah sarapankah hari ini?

^____________^