Selasa, 11 Mei 2021

Lebaran Sebentar Lagi....





Oleh : Gustyanita Pratiwi

Bunyi cengkerik pukul 22.00 WIB membangunkanku untuk sekedar meng-update blog lagi. Aku pikir tidak ada salahnya kembali menulis sebab 2 hari ke depan sudah Lebaran. Meski Lebaran tahun ini amat sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi tetap saja kesibukan 'tak kasat mata' seolah selalu menanti dan menyertai. Padahal porsi masak yang sangat menguras tenaga itu sudah banyak dikurangi, tapi entah kenapa orang tua tetap ingin ada kehebohan masak seperti tahun-tahun sebelumnya. Memasak sesuatu yang sudah legend terhidang di atas meja saat Lebaran. Katanya kurang pantes kalau meja makan sampai kosong, paling tidak harus ada makanan yang khas. Inginku sih beli saja ya supaya lebih praktis. Tapi tidak dengan ibu, hahahahaa... 


Menu buka dan sahur Mbul jelang akhir puasa

Sebelum berbincang panjang tentang Lebaran, ada baiknya aku menulis beberapa moment puasa terakhir karena kebetulan foto menu berbuka sekaligus sahurnya sungguh sangat menggugah selera. Setidaknya itu menurutku. Walau ada beberapa item yang beli sih, terutama menu takjilannya. 

Menu Jelang Akhir Puasa

Orang rumah sebenarnya teramat sangat menyukai sesuatu yang bersantan. Tapi aku pribadi nggak. Praktis ketika ada wacana akan dipotongkan ayam untuk dijadikan opor,  maka aku langsung menolak. Sebab aku sangsi dengan sesuatu yang bisa dihangatkan berhari-hari karena lama-kelamaan kuahnya cenderung susut bahkan rasa ayamnya jadi lebih asin dari hari sebelumnya.

Lebih baik sayur saja yang sudah jelas kemakan. Sebab sayur apapun aku mau. Karena memang aku pecinta sayuran. Jadi ketika ada pilihan sayur yang beneran sayur dengan sayur yang isinya lauk, maka secara otomatis aku akan memilih opsi yang beneran sayur. 


Oseng-oseng kulit melinjo tahu, lunjar goreng, rempeyek

Ni yang dinamakan ikan lunjar goreng


(Oseng Kulit Melinjo Tahu, Ikan Lunjar Goreng, Es buah)

Di belakang rumah sebenarnya ada pohon melinjo yang tumbuhnya meninggi. Cuma memang sedang tidak berbuah meski daunnya cukup lebat.Aku pribadi menyukai model masakan yang disertakan daun melinjo. Misalnya lodeh, sayur asem, atau oseng-oseng. Tapi berhubung sekali lagi aku sedang jenuh dengan model masakan santan, maka sepertinya opsi lodeh dicoret dulu. Kalau sayur asem, harus ada jagung manisnya. Setidaknya itu menurutku. Nah, karena kebetulan jagung manisnya juga sedang kosong, maka opsi terakhir tinggal oseng-oseng. Pun oseng-osengnya ternyata bukan daun melinjonya sih, melainkan ya si kulit melinjo itu tadi yang warnanya merah yang didapat dari pasar sebab di pohonnya belum nemu. 

Sore hari menjelang berbuka, kubantu ibu menyiapkan segalanya. Bagianku adalah mengupas bumbu dan mengulegnya. Kali ini model bumbu osengnya diuleg saja, supaya lebih meresap. Sebenarnya dirajang juga bisa sih, cuma memang lebih sedep kalau sudah dihaluskan. Bumbu terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, juga garam. Nanti kulit melinjonya direbus sebentar supaya teksturnya lunak. Dimasukkannya, tepat sesaat setelah mendidih dan waktunya sebentar saja. Itu sudah diuwuri garam ya. Tapi sedikit saja. Buat gurih-gurih. Baru setelah itu dientaskan. 

Oseng-oseng kali ini juga memakai tahu cokelat sebagai tambahannya. Nanti dia dipotong kotak-kotak saja dan dicampurkan bareng kulit melinjonya usai bumbu ulegan ditumis di awal.


Ini piringku, mana piringmu?

Bikin es buah ala-ala...

Gustyanita Pratiwi, admin blog gembulnita mengucapkan selamat berbuka puasa bagi pembaca yang menjalankan ibadah puasa, berbukalah dengan yang manis-manis Gaez, hijab sponsored by Rabbani


Untuk kawan lauknya, ternyata pagi ibu sudah berangkat ke pasar dan pulang membawa setangkup ikan lunjar yang dibungkus menggunakan daun pisang. Beli yang sudah diolahi saja. Maksudnya dibuang isi perutnya, supaya di rumah tinggal dibersihkan lalu dimarinasi dengan bumbu ikan yang kaya dengan kunyit juga rempah-rempah lainnya. 

Sementara itu, usai bumbu kira-kira sudah meresap tinggal siapkan wajan berisi minyak panas dan ikan lunjar siap diluncurkan. 

Tambahan lauk lainnya untuk renyah-renyah ada rempeyek kacang. Ini beli sih. Ajegile kalau bikin sendiri, rempong Cuy, hihihi


Penutupnya, iseng memanfaatkan sisa buah yang ada di lemari es seperti pepaya, semangka, dan juga melon. Ada pula potongan cincau hitam untuk tambah-tambah. Sebenarnya ada lagi kolang-kaling yang sudah direndam dalam baskom beberapa hari sebelumnya. Cuma kok ya agak riweh kalau harus direbus dulu kolang-kalingnya. Direbus dengan gula tentu saja supaya rasanya manis. Sebab kalau kolang-kalingnya tak manis aku kurang begitu suka. Padahal kalau ada ini, es buahnya akan terasa lebih enak lagi. Sayangnya tidak ada...dan hanya memanfaatkan buah-buahan yang tersedia saja.

Nanti kalau buah dan segala perintilan esnya sudah dikerok atau dipotong dadu, tinggal tambahkan sirup coco pandan dan kental manis. Sirupnya sebenarnya lebih suka yang sirup Medan itu loh...yang biasa buat tambahan es pisang ijo atau palu butung. Cuma ndilalah di rumah adanya Marjan. Ingin lebih seger lagi melipirlah diri ini ke Indomaret sebentar saja dan lagi-lagi merek sirop yang kumau sedang kosong. Kebanyakan dimana-mana Marjan, sedangkan aku lebih suka merek lainnya. Beli di Alfa, dapatnya Fresh. Ya wes lah, pasrah, hahaha..


Ku bocend ama santen-santenan, makanya lebih milih dimasakin sayur aja hihi

Ampun bongkahan es batunya hohoho

Tambahannya ada rempeyek buat klethikan

Alhamdulilah wareg πŸ˜‹πŸ˜‰


(Tumis cumi, tempe goreng tepung, ceker krispi, gembus, jajan pasar)

Coba tebak diantara deret judul makanan di atas mana yang beli? 

Jeng...

jeng.....

jeeeeeng.....

Yak, betul! 

Yang beli itu ceker krispi, gembus, dan jajan pasar. Sisanya beli. Ceker krispi beli di Jaya Crispy Fried Chicken depan pasar. Begitu pula gembus yang lapaknya ada di seberangnya. Sedangkan jajan pasar beli di pasar kaget dekat kantornya ibu yang ada di Kabupaten kota. Ibu kan masih dines. Jadi, pulangnya kira-kira jam 4-an sore, nah sebagai buah tangannya, biasanya Beliau pulang raketang beli takjilan. 

Untuk tumis cuminya, kali ini memang dimasak hambar menyesuaikan menunya ibu. Dimasaknya sebenarnya model tumisan. Tapi entah kenapa masih ada kuahnya yang berwarna hitam. 

Kata ibu, Beliau heran kenapa kok tintanya masih ikut termasak. Padahal biasanya aku pribadi tidak pernah sertakan tintanya ketika memasak cumi. Ya, meski begitu it's okey lah ya, karena cuminya masih fresh hasil beli di tukang sayur keliling yang biasa dititipi ibu suruh belikan apa. Katanya sengaja tanya ke aku mau dimasakkan apa, ya aku nyemlong cumi saja. Cumi cabe ijo. 


Mari kita lihat isi tudung saji hari ini 😳😱

Cumi lombok ijo  πŸ™πŸ™πŸ¦‘πŸ¦‘

Ini yang namanya gembus Gaes..😱😱

Ceker krispi beli 😍πŸ₯°


Kemudian tempe goreng tepung. Teringat cerita masa kecil, tiap kali Ramadhan, sore hari menjadi bagian dari upaya bagi-bagi tugas antar anggota keluarga. Biasanya ibu yang masak makanan utama, sedangkan anaknya bagian lauk atau kupas-kupas bumbu. Aku sendiri seringkali kebagian menggoreng tempe. Tempe goreng bikinanku katanya paling enak. Tempe papan gitu diiris tipis dibumbuin dengan bawang putih dan garam yang diuleg lalu dicelupkan dalam adonan tepung beras Rosebrand. Begitu digoreng kubikin tepungnya ini agak kriwil sehingga adonannya agak encer. Pokoknya goreng sampai keemasan dan jangan bolak-balik di awal, niscaya hasil akhirnya akan cantik.

Untuk gembus, perlu kutekankan sekali lagi bahwa gembus yang ini beda dengan tempe gembus yang kubahas kemarin ya. Kalau yang ini lebih ke penganan berbahan dasar aci atau tapioka yang rasanya kenyal-kenyal gurih.  Bentuknya sendiri bulat dan bolong di tengah. Kalau kata orang jawa nama lainnya adalah donat jowo. Ada juga sih yang bentuk angka delapan. Tapi kalau yang ini lebih banyak ke bentukan binggel. Binggel ini berasal dari Purworejo, sedangkan gembus Kebumen dan sekitarnya. Binggel dan gembus menurutku rasanya beda. Kalau gembus kan aci banget ya, sedangkan binggel telo banget. Aku sendiri lebih suka gembus ketimbang binggel. Pokoknya dimakan dalam keadaan anget habis digoreng itu paling enak. Masih kenyal. Kalau kelamaan nanti keburu keras. 


Gustyanita Pratiwi

Sengkulun...

Semar mendem

Risol mayo

Susu montok, kweku...gaes nama lainnya

Ow ow...ku tertyipu...takkirain ini wajik ternyata...bihun

Jajan pasar yang dibeli ibuku

Ada sisa lontong

Cumiiiiiiiikk

Tempe goreng tepung...ceplusannya mantab!

Ceker krispi egein

Gimana hari-hari terakhir puasamu?

www.gembulnita.blogspot.com


Mbul paling suka sama susu montok (kweku)

Gembus dari pati kanji, gurih, kenyal, mirip cimol

Jadi pengen comot

Begitu magrib langsung ludes...hohoho



Sementara jajan pasar hasil huntingnya ibu terdiri dari beberapa macam. Ada kueku (atau kalau di tempatku disebutnya susu montok), sengkulun, semar mendem, risol mayo, risol isi sayuran, kue potong, bihun goreng (yang tadinya aku pikir wajik karena warnanya hijau), dan bugis ketan. Hampir semua jajan pasar aku suka. Malah kalau ditawari jajan pasar atau kue modern, aku lebih pilih jajan pasar terutama yang paling kusuka adalah susu montok alias kueku hehehe...


Sajian di meja makan hari ini

Sajian di meja makan kemaren

Terakhir Admin Blog ini Mau Mengucapkan....

"Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin". Iya, sudah kumaafkan kesalahan kalian semua #lha ..? plakk!! Wkwkwk... 

Maksudku, aku lah yang minta maap pada kalian semua pembaca atau pengunjung blog ini aka blognya si Embul yang mungkin kadang kurang terladeni dengan ramah atau apa, mungkin pas jawab komen lagi mode PMS, dsb wkwkwkwk.....Namanya manusia, tempat salah dan khilaf, tiada yang sempurna kita mahluk Tuhan di dunia yang fana ini...Cz kesempurnaan hanya milik Alloh SWT. 

Terus maapin juga kalau Mbul orangnya suka becanda, guyon, atau pake kata-kata absurd...ya semata-mata karena ingin akrab dengan dirimu...iya kamuu...kamu pembaca setia blog aku.

#gaya dodit waktu ngalwak mode on....hmmmmmmbt 

#wkwkwkwk..

Okey, lah ya. Sementara kucukupkan dulu tulisanku sampai di sini. Takut kalau kepanjangan jadi kayak boboranjang...eh salah  babaranjang maksudku....





Ya....Mumpung sinyal masih ada. Cz biasanya kalau uda hari raya jaringan suka timbul tenggelam gitu deh. Jadi kuusahakan updatenya sebelum Lebaran aja. 

Wokey...udah dulu ya..

saatnya katakan

berpelukaaaan...

inilah teletabies...
inilah teletabies...

#matahari mulai tenggelam..

teletabies berpamitan...

wkwkkwkkw

yuk daaagh!



 

Kalian sendiri lebaran kali ini ada makanan khas apa, atau mau cerita-cerita puasa jelang akhir ada kejadian menarik ga? Bikin kue-kue-an maybe? Sini lempar ke Mbul toplesnya...#Toplesnya doang, isinya nda ada, gegeggegkkk.....

Bagi cerita seru kalian di kolom komen boleh loh Kakak...

#balasin komennya aku cicil ya Gaez....thx atas pengertiannya :D

*mukena sponsored by Naziha Collection from Tokopedia






148 komentar:

  1. Saya bacanya sambil nelan ludah berkali2 loh,,,, mbul ceritanya kayak selegram kena endorse aja wkwk...

    Nama makanannya aneh2 lagi terutama yg susu montok hihi padahal saya liat kayak kerupuk biasa...

    And mau tanya itu fotonya knp selalu pake ekspresi memelas mbul ganti dong skali2 hihihi...

    Kalo saya sih kalo lebarin, makan apa aja,, kecuali makan teman wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allu : wkwkkwk...ssst...ini sebenernya lagi sedikit ngiklan hahahahhaha

      🀣🀣🀣

      yang susu montok itu yang kue jajan pasar merah...terbuat dari beras ketan isinya kacang ijo. Kalau yang putih otu gembus. Sebenernya ga kayak kerupuk soalnya ini kenyal kenyal gurih asin loh...penasaran kan wkwkwk

      wkwkkwkw...coba yak ntar aku daftar Indonesian Next top model dulu hahhaha...

      (((makan teman)))

      🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Wuiss saya yg pertama yah, horee dapat THR dong hihihi Astaga saya salah ngetik maksudq yang itu merah, tapi diketik yg putih kayak kerupuk,, mungkin efek puasa jadi mikirnya susu montok jd kebayang yg putih2 hihi... Oh itu kenyal gurih dan asin toh,, hmm saya jadi gak penasaran, krena mbul sudah kasih tau rasanya hihi

      Oh iya minal adzin yah mbul beserta keluarganya disana,, Maaf jika ada salah kata,, Mohon maaf lahir lahir dan batin hihihi

      Hapus
    3. yang merah mah kue tradisionil lul
      kalau putih semacam gorengannya sini...enak deh dari kanji...kenyel kenyel kalau dimakan pas abis digoreng

      sama sama minal aidzin wal faidzin juga, mohon maaf lahir dan batin 😊

      Hapus
  2. Apakah pertama? Wk!

    Awal pertama baca saya agak lama mikir cengkerik itu apa? Wk! Apa ini nama lain dari jangkrik mba?

    Ya Ampun Mba Nita. Saya senyum2 sndiri pas abis lihat foto makanan eh disusul foto Mba Nita yang chubby abis.

    Dan itu cumi hitamnya terlihat menggiurkan sekali ya.

    Mba Nita sendiri bagaimana puasanya bulan ini? Lancar? Jujur, meskipun saya nggak berpuasa. Tapi bulan puasa kaya gini nih seru apalagi momen bukbernya. Haha! Jarang2 kan teman kantor bisa kumpul dan makan bareng.

    Tapi susahnya ya itu. Jalanan mendadak ramai setiap sore. Wk!

    Btw, mba itu kue basahnya. Ya Tuhan, enak banget. Yg merah kalau di tempat saya nyebutnya mata sapi. Dan ini susah banget nyarinya. Ini yg isinya kacang ijo itu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andrew kedua...πŸ˜πŸ˜ƒπŸ˜„

      Kalah set ama si Allul, sahabat blogger dari Sulawesi wkwkwk...ga pa pa semua komen diriku terima dengan gembira karena apalah blog aku tanpa kalian kalian ini...hihihi...

      hu umb Ndrew cengkerik sinonimnha jangkrik...di desaku ini pada konser kalau malem...kadang ada tonggaret juga...pokoknya syahdu...malah disusul ama suara burung hantu segala wkwkkw

      maklum rumahnya dikelilingi pekarangan. Jarak antar tetangga mayan jauh.

      Alhamdulilah puasa lancar...biasa bolong di tengah karena si bulan wkwkkw

      Iya...ini yang dirindukan waktu bulan Ramadhan Ndrew..suasana sore dan banyak penjual takjilan atau makanan berbuka hihihi..

      Nah kan...kan beda lagi tempatmu nyebutnya si susu montok ini wkwkwkwk...malah nama lainnya mata sapi. lebih bikin wow lagi itu wkwkwkkw

      iya yang isi kacang ijo...kadang kacang ijo putih kadang kacang ijo merah..warnanya pun beragam..merah sih umumnya...cuma di pasar ada pula yang warna ijo, bahkan ungu dan item ☺😊

      Hapus
  3. Du du ..du ...du ..��
    Jreng jreeeng �� ..

    Nyanyi aja doloooo aakh .. buat ngalihin laper lageee lihat makan en jajan joz gandoz kotoz kotoz uenak kek giniii ...

    Eh, oh ..itu napa kueku brubah naminipun dadi susu montok , huahaha ��.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Him : Jreng....jreng...sambil gitaran sek 🎸🎸🎸🎸, sik nggitar biasane kang satria utawa bang day wkwkwkkw...

      nah aku juga ga tau tapi di sini disebute demikian...kweren kan ya hihihi, memang ada ada aja sik njenengi kweku deh wkwkwk...mungkin biar hapal jadi diistilahkan begitu kali ya πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    2. Ooiih, ho'oh toww ..memang namane Kueku diubah jadi susu montok di daerahnya kak Mbul ..., unik juga ya namanya diubah begitu dan tiba-tiba ...kenapa dadaku dadi kemeng yaa, hahaha ..huussh ndak joyok loh, lah wong kerasa ada angin gede lewat ���� *[moga smiley munculnya ngga kayak anak kecebong item-item]

      Hapus
    3. wakakakakk...emoticone berobah jadi anak kecebong precil mas him wkwkkwkwk

      Hapus
  4. Selamat menyambut Idul fitri mbuuul, mohon maaf lahir dan batin yaaa πŸ™πŸ™

    Aku mau cerita apa ya? Yg pasti lebaran kali ini aku ga bs mudik lg, sediih 😒 Padahal sama kaya mbul, yg ditunggu pas di rumah itu ya makanan bikinin mama. Huhu. Jd aja td aku pas buka request sama suami buat beli nasi padang biar rasanya kaya di rumah. Tp ttp aja bedaa.. πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thessa : Ah iya Thessa dari Padang ya...sekampuang dengan Aul dong hihihi... Jadi yang hurang Jakarta itu paksuaminya Thessa ya? Iya memang jujur kuakui nasi Padang di jabodetabek itu beda dibandingkan ama di Padangnya langsung. Aku paling cocok cuma ama Padang Garuda ama Sederhana. Eh....di sekitar rumah juga ada deng yang enakkk...namanya padang 45...uda paten kali masakannya. Begh...aku paling suka kombinasi nasi, daun singkong, ceprotin sambel ijo, sambel merah, kuah rendang dikit, dan lauknya adalah eng ing eng...paru dmgoreng kalau ga dendeng hihihi. Ikan bilis juga suka sih

      (´✪Ο‰✪`)♡

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž❀~

      Hapus
  5. oseng kulit melinjo itu enak ya mbak ?, soalnya di tempat gw gak pernah ada swinget gw yang buat oseng kulit melinjo.. kemaren sih waktu di jakt pas jajan di warteg ada menu oseng kulit melinjo, tapi karna belom pernah ya tak kira gak enak, gw bakal gak doyan atau gimana :D

    itu gabus yang bulet di tempatku banyak, cuma ya memang bentuk angka delapan, gw gak terlalu doyan karna terlalu manis :D, kal9 yang risol dkk nya sih gw doyan banget :D

    lebaran tahun sama kayak tahun kemarwn kan, tapi di tempat gw masih bisa untuk sholat id di masjid, cuma yang gak boleh pawai takbir kelilingnya huhuhu..

    menu buka puasa lebaran terakhir udah pasto ortu gw buat soto, karna udah dari tiga tahun lalu tiap menjelang ahir lebaran menunya pasti udah bisa ketebak :D..

    met lebaran juga ya mbak mbul, maaf lahir batin kalo gw ada salah kata, namanya manusia kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Khanif : Hah?!! Seriusan Mas Nif belom pernah rasan oseng kulit melinjo? enak ini loh mas nif...aturan ditambah daunnya juga tambah haucek. Daun melinjo atau so...cuma pas ini ga pake..malah ketambahannya tahu cokelat...biasanya ama kecambah juga biar krancy...ya ala ndeso tapi nikmat mas kwkwkwkkw....

      gabus? bukan gabus mas...tapi gembus. Dari pati kanji atau singkong. Iya kalau angka 8 lebih ke binggel. Kalau kebumen ke barat baru gembus. Rasanya ga manis kok...kayak cimol cireng gitu sih menurutku...asin gurih wkwkkwwk

      kalau risol aku juga suka sih..terutama oas masih anget baru digoreng ya..enak banget diceplus lombok ijo

      Oiya ga boleh takbir keliling ya..ya karena masih musim pandemi...mana desa ku ketat banget lagi hihihi

      Oh soto khas Jepara berarti ya Mas Khanif...jadi penasaran apa sama kayak soto kudus, soto banjar, soto sokaraja..or lainnya.

      Sami sami Mas Khanif diriku juga mungkin pernah ada terselip salah waktu ngetik komen atau balas replyan..yup mulai dari nol ya kayak pombensin, gegeggegekk.

      Hapus
    2. kalo melinjonya sih gw pernah makan direbus biasanya kan, tapi kalo kulitnya tu belom pernah, dulu di desa tempat gw ada pohon melinjo satu, tapi kayaknya sekarang sudah di tebang :D

      oh berarti bulan kue gembus kalo rasanya asin, di tempat gw ada kue yang bentuknya gitu dan rasanya manis, tak kirain ya sama soalnya dafi fotonya keliatan sama :D

      soto buatan ortu gw gak tau yah nyebutnya soto apa, malah gw sendiri gak tau tuh bedanya soto kudus sama soto yang lain-lainya :D

      Hapus
    3. melinjo isinya kan mas khanif, kalau aku malah takbakar tuh biji melinjo

      waktu kecil nuturin yang jatoh di tanah trus kami bakar rame rame...itu kan bahan baku untuk emping...

      sebenernya gembus ga termasuk kue sih menurutku...kayak penganan gurih gitu...mungkin masuknya semacam gorengan...

      kayaknya kalau soto di jawa tengah mah mirip mirip ya...kalau yang beda kan soto jateng ama soto betawi yang lebih bersantan dan soto bogor yang pake mie kuning dan kikil juga potongan risol hihihi

      Hapus
    4. Oh ya ampoooon ...mas Khanif belon 0etnah nyobain gimana rasa oseng kulit melinjo kah ?

      Wuih wadaaaw bangetz enake, maaad ..palagi pake ditambahi teri.
      Wis!, Marai merem melek maem'e ��

      Hapus
    5. nah itu...mas khanif mau diajakin mas him ngongseng kulit mlinjo campur teri...wuih pasti maknyusss :)

      emote tetep jadi anak naga hahahhaha

      Hapus
    6. kalo ada canpuran terinya gw malah gak doyan, gak doyan ikan :D

      Hapus
    7. ow iya lupa..mas khanif setengah vegan...atau vegetarian yak hihi

      tapi sate dia doyan..e

      Hapus
    8. kalo ikan laut hampir semuanya gak doyan, tapi ada yang doyan tergantung masaknya.. kalo daging tergantung masaknya juga, kayak sate sama yang tetelen yang campuran di bakso :D

      Hapus
    9. tetelan campuran bakso gajih ya mas khanif yang kenyel kenyel itu kan? kalau aku sate dotan banget di kebumen paling seneng sate ambal..soalnya kulitnya banyak...pakenya sambal tempe manis loh itu...beda ma bumbu sate pada umumnya yang sering oake kacang ama kecap πŸ˜„

      Hapus
    10. iya biasanya yang ada dagingnya dikit gitu gw doyan sih, sebenernya kalo daging asal bau amisnya ilang gw suka aja mbak, karna yang gak betah tu bau amisnya itu :D

      Hapus
    11. memang sih kalau masak daging harus bener bener tau triknya...aku seringnya sih pakai jurus jeruk nipis yang banyak hehehe

      Hapus
    12. hehehe gw sih gak begitu tau trik cara masak daging, taunya cuma makanya aja hahaha :D

      Hapus
    13. emang paling gampang tinggal makan aja ya mas nif hihihi

      Hapus
  6. Wonderful food photos, the food looks delicious.
    Have a great day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your appreciation of my food photos really made my day Bill. This has been such an honor for me, thank You..😊
      Have a wonderfull day to you and your family πŸ˜ƒ

      Hapus
  7. Yaaaa....satu hari lagi lebaran nduk.....
    walaupun sahur di hari penutup romadzon, namun menu masih tetep full ya...sayur kulit mlinjonya sama orek cuminya itu bikin kesemsem....bilang sama ibunya ah suruh bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Asnaji : hu um injih Mas, tau tau ntar malam uda takbiran yak...

      Ni aja kegiatan lagi ngelap ngelapin toples hihihi

      mantul Mas, biar kata uda terakhiran, menu tetep 4 swehat...hayuk mas naji bikin orek cumi (((orek cumi? kok kayal orek tempe ya mas?))) dan oseng kulit melinjonya pedes-pedes sedeup...

      ☺😊

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
  8. Pertama minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin karena banyak salah selama ini dalam ngeblog, semoga adminnya baik hati dan mau memaafkan ya.πŸ™

    Kenapa ngga boleh sholat Ied di musholla, bukannya kebumen bukan zona merah? πŸ€”
    Mungkin biar lebih aman kali ya tidak ada kerumunan.

    Kalo masak cumi cumi memang biasanya warnanya hitam, kalo ngga hitam bukan masak cumi katanya.πŸ˜‚

    Oh itu gembus ya, kayak kue ya, kirain aku gembus itu kayak oncom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas : Mbul kali yang duluan minal aidzin ke mas agus, soalnya mbul suka rusuh di blognya mas agus...

      (。•́ωก̀。).。oO...

      #maklum penggemar garis keras blog sarilah kan si Mbul wkwkwk....ni mas tabok aja si mbul kalau rusuh mas wkwkwkwk...iya so pasti dong sudah kumaapkan..kan saling bermaafan mas hari raya hihi, #salim.

      iYa laaaj admin blog ini baik hati dong jelas #plaaakk, ceritanya biar mbul dikasih kue setoples begicuw hehehe, sagon kek apa satu hehehehew...apa sriping pisang 🍌🍌🍌

      kalau di desa mbul pribadi (bukan di kotanya), dusun malah mas, itu agak ketat mas, walau zona hijau sih...tapi...nganu mas...anu..ada lurah baru jadi peraturan mayan ketat, huhu...
      Di tempat mas agus masih bisa open house ga?

      hu um cumiknya sekalian kemasak tintanya...hwahaha

      Mas mang di Tegal ga ada gembus pow? kalau di Cilacap sih Mbul masih menangin. Enak mas kenyal-kenyal pati kanji kan gurih mas, apalagi dimaem dalam keadaan hots alias masih panas baru mentas dari wajan...itu kenyal mas...kalau didiamkan beberapa saat bisa mengeras. Itu kalau uda dingin. Makanya paling enak dimakan paa masih panas-panaa gitu deh.

      Dulu gembus ini suka dijual barengan sama kacang goreng mas pas sabanan kalau ga malam agustusan

      (❁´◡`❁)

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    2. Wiiiddiihhh Agus Jambe udah lebaran aje....Bagi2 dong Gus THR nye..🀣🀣🀣

      Hapus
    3. mas mas...mas agus ni kang satria minta thr nih mas..mbul ugha dong πŸ˜‹πŸ€­πŸ€­

      Hapus
    4. THR nya novel empat wajah Anastasia kang Satria, mau ngga tapi bentuknya ebook.😁

      Kalo mbul THR nya ebook juga, judulnya lima wajah mbul Nita karangan Jingga Satria.😱

      Hapus
    5. mas agus akhirnya engeh juga post terbaru s.mara gede 4 wajah anastasianya kang sat πŸ˜™πŸ€­πŸ€­,

      bwahahahha mbul punya 5 wajah wakakakka...kayak gimana tuh jadinya tar hahahha..πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

      Hapus
    6. Lha kan aku duluan komen pertamak, sayangnya ngga dikasih THR, sungguh terlalu, kata bang haji Rhoma.😬

      Lima wajah mbul, satu wajahnya sumringah kalo tanggal muda. Dua, tiga, empat dan lima ntar aku mikir dulu.πŸ˜‚

      Hapus
    7. hihi...mas agus garcep tapi komen wajah anastasianya kang sat diborong mpe part ke 10 ya mas πŸ˜‹πŸ€­

      lima wajah mbul kayak gini nih mas

      1. (。・Ο‰・。)
      2. (´・ο½ͺ・`)
      3. ♡(´。•γ……•。`)
      4. (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚
      5. (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  9. Kirain tadi tumis cuminya beli, ternyata masak sendiri. Dari semua makanan, tumis cuminya yang paling menggoda, waduh mana baca pas puasa pula wkwkwk.

    Mohon maaf lahir batin kak Gusti, mohon maaf jika Syahid ada salah kata ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi..iya masak sendiri. Masaknya battle ama ibuku nih...

      nah aturan balik ke sini abis bedug magrib ya hid πŸ˜„πŸ˜

      Sama sama ya Hid, mungkin aku oernah ada salah ngetik waktu komen...minal aidzin walfaidzin ya ^_^

      Hapus
    2. Hah? battle? maksudnya yang kayak master chef gitu??? 😢

      Hapus
    3. collab maksudku Hid...hahahhaha

      mau ngetik collab kok battle hihi

      maklum otak sama tangan kadang kurang sehati wkwkkw

      Hapus
  10. *berpelukannnnnn*
    selamat idul fitri mba nita dan sekeluarga

    cumikkkkkk ampunn dah apalagi ada campuran cabe ijo gitu, lama juga ga masak cumik dirumah hahaha
    oohhh jadi gembus yang ini beda sama tempe nya toh, tadi pas awal awal aku udah ngira tempe, ternyata beda lagi

    kalau liat ikan lunjar, di tempatku mirip sama ikan wader mbak atau orang sini nyebutnya iwak kali. karena ada di sungai. biasanya dijual barengan lalapan, lalapan wader.

    BalasHapus
    Balasan
    1. #berpelukan online
      #njuk cipika cipiki online 😘

      ayok mba ainun masak cumik cabe ijo..gampang banget masaknya n bisa jadi nambah nasi #lha kok nambah nasie sih wkwkwk...cuma emang sih harga cumi lagi mahal

      iya gembus yang ini beda ma tempe gembus mba ainun

      iyak mirip wader...atau jangan jangan ini sinonim kali ya hihi...jajal tak cek e di KBBi

      (ΰΉ‘•̀ㅁ•́ΰΈ…✧

      Hapus
    2. hehehe udah ketemu belum sinonim nya si wader ini mbak

      Hapus
    3. kayaknya si hu um sama ya kayak wader wkwkkwk

      Hapus
  11. Busyeett daahh luh udah lebaran aje mbul gw aja beelluuummmm!!! Masih sibuk urus ini dan itu.🀣🀣🀣 Dan masih sibuk juga buat dodol sama tape uli.🀣🀣

    Itu kue yang merah gw doyan banget tuh mbul tapi namamya gw nggak tahu karena setiap daerah bilangnya macem2 gw bilangnya mah kue gupe merah..🀣🀣🀣

    Baru tahu namanya kue susu janda montok ..Eeehh salah kue Susu montok atau Kweku.🀣🀣🀣🀣


    Sama es buah tuh mbul...🀣🀣🀣🀣 Suuueee hampir sama kaya buatan gw tuh Es buah.🀣🀣...Sewaktu sahur si Vina lupa buat es buah akhirnya gw sendiri jadinya persis kaya gambar diatas..🀣🀣🀣 Cuma es buahmu nggak ada nutrijelnya kaya gw..🀣🀣🀣

    Soalnya selama bulan puasa selama sahur entah mengapa senang saja minum es buah atau es cincau..untuk makanan penutup sudah sejak tahun kemarin..🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. iYa kang satria, biar ada updatean yang bisa kutinggal agak lamaan wkwkwk...

      bagi dong kang uli sama dodolnya? dodol betawi ya itu..?

      nah tambah sinonim lagi dari kue ku atau susu montok atau gupe merah ini

      esnya kebanyakan ager ager ya kang punya sampeyan. kalau aku lebih suka buah ama cincau n tape singkong ketimbang jeli atau ager ager nya wkwkwkwkk

      iya cincau item emang enak banget

      ¯\_(ツ)_/¯

      Hapus
    2. Kang satria sudah ngga punya dodol mbul, sudah habis lebaran kemarin.

      Paling kalo ngasih juga duit THR. Kalo itu kang satria masih setumpuk.πŸ˜‹

      Mampir ya, ada cerpen baru, empat wajah Anastasia bagian empat.πŸ˜„

      Hapus
    3. padahal pengen nyakuin dodolnya mas 😜

      nah yuk kita minta thran lembar duit warna merah ke kang satria yuk mas agus. .πŸ™ƒπŸ˜™

      mas agus kalah set ama Mbul...Mbul semalam uda baca dong part 4 nya wakakkakakka...cuma belom sempet komen. ni baru aja komen hihihi...

      πŸ˜‹

      Hapus
  12. Waaah, persiapan mbak nita menyambut lebaran super duper meriah ya? Saya sekeluarga malah gak ada persiapan apa - apa mbak nit cuma bagi amplop saja soalnya kan lebaran kali ini juga bertepatan sama persiapan pernikahan kakak saya . Dan akhir kata, saya dan sekeluarga mengucapkan minal Aidin wal faidin mohon maaf lahir batin . 🀝🀝🀝🀝🀝

    BalasHapus
    Balasan
    1. lunayan nih tari meski ga semeriah beberapa tahun silam, sama sama ya, diriku mungkin pernah ada salah kata, mohon maaf lahir batin ya 😍😊☺πŸ™πŸ™

      Hapus
    2. Waah, itu ada kue warna ijo muda bentuknya kayak mie tapi tari lupa namanya apa . Terus itu, ada kue mangkok warna merah enak itu rasanya apalagi isinya kacang ijo warna kuning kesukaan saya dan kedua orang tua saya.

      Hapus
    3. iya tari ternyata itu bihun diwarnain ijo dong...aku pikir tadinya wajik loh hihihi

      iya kueku yang merah isi kacang ijo...biasanya ada di pasar ini ☺πŸ˜ŠπŸ˜„

      Hapus
  13. Boa tarde. Todas as vezes que vocΓͺ posta sobre esses pratos deliciosos, sempre dΓ‘ vontade de experimentΓ‘-los.

    BalasHapus
  14. Eid Mubarak.... maaf lahir bathin

    # enak enak makanannya ....yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat hari raya juga pak tanza...minal aidzin wal faidzin...maaf lahir batin

      di Amerika Serikat menunya apa Pak ? πŸ˜„

      Hapus
    2. biasa, seperti di tanah air: opor ayam... hehehe

      Happy weekend

      Hapus
    3. wah enak opor ayam ...yummy

      πŸ²πŸ—πŸ—πŸ—

      πŸ˜„πŸ˜ƒ

      Hapus
  15. You have the most interesting and exotic foods here! I want to try those little fish and squids.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Come here angie...☺😊...

      this fried little fish and stir frie squid still on the plate ^______^

      Hapus
  16. salam aidilfitri dari seberang mbak.. mugo diparengi apik., aminn

    terimakasih ya nyinggahin blogku ituuu., ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama pak cik...mohon maaf lahir batin juga

      salam persahabatan dari Indonesia :)

      Hapus
  17. Ini pas banget buat menu lebaran ni, ananda Nisa. Buka puasa telah lewat. Selamat hari raya idul fitri 1442 hijriah. Maaf lahir batin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nita bunda...bukan nisa hihihi

      sama sama bunda...mohon maaf lahir batin juga. Salam untuk jambi 😍

      Hapus
  18. Lebuh kurang blog saya pun tunjuk juadah terakhir berbuka.
    Selamat Hari Raya Aidil Fitri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak saya jadi kepengen jadah juga

      selamat aidil fitri juga buat sahabat blogger di Malaysia kak ^^

      Hapus
  19. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama kak evi, terima kasih untuk ucapannya...

      stay healthy in US ya kak 😍πŸ₯°

      Hapus
  20. Enak2 sih juadah buka & sahur..nggak pernah makan kulit melinjo..es buah..nyaman sekali..

    Selamat hari raya idul fitri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak...komplet hehehe

      selamat idul fitri juga buat kak nohas sekeluarga di Malaysia ^^

      Hapus
  21. Mbak Mbul... selamat hari raya idul fitri ya.. minta maaf kalau ada salah2 kata selama berkomentar dimari yang membuat hati Mba Sakit.. hehe 😁😁

    Wahhh ini makanannya terlihat menggoda sekali... terutama itu risol sama cuminya.. humm pngen... πŸ˜‹

    Kalau saya sudah diwanti2 buat nggk masak apa2 sama tetangga... hahah. Alhamdulillah banyak yg ngirim lontong sama opor.. hehe πŸ˜…πŸ˜… ..

    Semoga kita bisa dipertemukan kembali dengan ramadhan selanjutnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama Bayu mohon maaf lahir batin juga ya...kali selama ngeblog ada terselip salah ucap atau salah ngetik πŸ˜„πŸ˜„

      risol dan cumik, kombinasi yang embuhlah sekali tapi mantab hahahaha

      wah baik hati juga ya tetangga pada kirim opor dan lontong ke bayu...mungkin karena bayu anak yang baik jadi tetangga juga pada perhatian kan 😊

      amin ya Alloh πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
  22. ...I hope that Eid al-Fitr will be a festive time for you!

    BalasHapus
  23. Such a beautiful Ramadan Feast meals. Looks delicious. Happy Eid ul Fitr to you and your family.

    BalasHapus
  24. Oh WOW, your meal looks SO delicious!!
    Hope you're having a great Eid celebration, dear friend!πŸ™πŸ™πŸ™

    Hugs xxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Dear Ygraine my friend...

      we got to celebrate Eid Mubarak with our family and it was fun :)

      greetings

      Hapus
  25. Sudah lebaran: MinalbAidzin Walfaidzin, mohon Maaf Lahir & Batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama pak sofyan...minal aidzin wal faidzin..mohon maaf lahir dan batin :)

      Hapus
  26. Selamat hari raya idul Fitri ya mas Gusty eh mbul maksudnya 😁, mohon maaf lahir dan batin kalo banyak salah dalam ngeblog.πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihhhh...guru malah sowan ke muridnya dulu hehehew

      #langsung bikinin teh anget
      #jejerin toples kue kuenya
      (ΰΉ‘•̀ㅁ•́ΰΈ…✧

      monggo pinarak mlebet rumiyin mas agus ☺😊

      tapi kok...dipanggil mas...uuugh...jtaaaakkkk!!! wkwkwkwk

      nah iya mbul...gitu dong hahahhaha

      sama sama mas...mbul yang banyak salah nih ma mas agus...suka crewet kalau komen cerpen wkwkwkkw...#salimmmm

      Hapus
  27. Mumpung masih dalam suasana lebaran, kang Maman dan keluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin ya mba Nita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami sami kang maman, minal aidzin wal faidzin juga mohon maaf lahir dan batin dan selamat berkumpul dengan keluarga :)

      Hapus
  28. Pas sekali baca ini di waktu setelah lebaran. Jadi ga ngiler2 banget..wkwkkwk

    Tapi yang aku inget dari berbuka puasa adalah, berbuka puasa dengan yang ada. Bukan yang manis. Percuma manis, tapi ga selalu ada :( huufft

    Ikan lanjur itu ikan wader yaa? Kok bentuknya sama. Ikqn lanjurnya menggoda. Itu bisa dhabiskan tanpa pake nasi. Tinggal tambahi sambel aja..wkwkwwk

    Aku mengawali lebaran dengan indomie goreng jumbo. Gada warung buka di pagi hari lebaran. Baru buka pada sore hari. Maklum anak rantau, jauh dri lontong opor ayam dan sambel goreng buatan ibu..hiiks

    Selamat lebaran dan berkumpul dengan keluarga mbul.
    Mohon maaf lahir batin
    0-0 yaa...hahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kenyang berarti ya Mas Vai...xixixixi

      oiya ya betul juga sih...wkwkwkwk...quote yang mantul 🀣

      indomie goreng jumbo? lha kok aku malah jadi kepingin ya ? 🍝🍝🍝🍝

      oiya lagi dines di tanah borneo ya mas vai?

      sama sama, mbul juga maybe ada khilap selama ngeblog mau minal aidzin wal faidzin juga. Selamat berlebaran di tanah rantau mas vai πŸ˜ƒπŸ˜„

      Hapus
  29. Delicious looking food and kuih. Wishing you, Selamat Hari Raya Aidilfitri to you and family.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Nancy...di tempat nancy juga ada kuih seperti ini kah?

      πŸ˜ƒ

      Hapus
  30. menu-menunya selalu bikin perut auto lapar nih. Kayanya sederhana, tapi ngengenin makanan-makanannya.
    By the way, selamat lebaran ya mbak nita

    BalasHapus
    Balasan
    1. sengaja biar blognya ada ciri khas pajang masakan pak yonal hehe

      sama sama pak, selamat hari raya idul fitri dan berkumpul bersama keluarga 😊

      Hapus
  31. Makanannya bikin ngiler mba πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi maknyus pokoknya πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Susu montok d tempat aku namanya cikak bukan cekak ya, tapi isinya kacang ijo

      Hapus
    3. hihihi tambah atu lagi sinonimnya ya mba πŸ˜„

      Hapus
  32. Kalau saya di kampung suka cari ikan disawah
    Nanti pulangnya digoreng, lezat dan nikmat
    Selamat hari raya lebaran
    Mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyeser gitu ya mas bumi?
      sama sama minal audzin walfaidzin juga mas πŸ˜„

      Hapus
  33. Selembut apapun angin berhembus pasti pernah menebarkan debu. Seputih apapun baju tak ada yang tanpa noda. Sebaik apapun manusia pasti pernah khilaf dan melakukan kesalahan. Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap doa. Semasa hidup bersimbah khilaf dan dosa, berharap dibasuh maaf, izinkan Kami sekeluarga menyampaikan.."Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1442 H"..

    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, umur yang barokah dan dapat bertemu lagi di bulan Ramadhan yang akan datang . Insya Allah, Aamiin, yaa Rabbal 'alamiin....
    "Mohon maaf lahir batin atas segala kekhilafan dan kesalahan dalam hal bercanda atau hal lainnya".πŸ˜ŠπŸ™πŸ™





    BalasHapus
    Balasan
    1. sami sami kang Satria, kita orang selaku yabg lebih muda juga pasti pernah ada khilap atau salah kata (ketik) waktu ngeblog. Untuk itu marilah kita semua untuk bisa saling memaafkan dan kembali fitri lagi layaknya makna suci dari bulan Syawal ini.

      Amin...amin...mudah mudahan kita semua selalu diberikan kesehatan, dipanjangkan umur hingga bisa bertemu dengan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri di tahun depan. Aminnn

      ☺😊

      (❁´◡`❁)

      πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  34. This looks very delicious 😊

    BalasHapus
  35. Selamat Idul Fitri 1422H ya
    maaf lahir dan batin

    itu makanannnya banyak sekali
    mantap benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab, mantul hehe

      selamat hari raya idul fitri juga mas 😊

      Hapus
  36. udah lama banget engga makan buah melinjo, enak tuh mba gus dan tidak terasa juga ya udah lebaran keempat, mohon maaf lahir batin mba gus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya koh, maknyus tenan pokoknya

      sama sama koh, maaf lahir batin jika pernah ada salah

      Hapus
  37. Selamat idul Fitri 1 Syawal 1442 H.
    Minal Aidin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin jika ada salah dalam berkomentar.

    Oh itu yang namanya ikan lunjar, kalau di sini disebutnya ikan cere bukan ikan lunjar..hihihi

    Kue susu montok.. hihihi..unik juga nama kuenya, kira-kira siapa ya yang pertama kali memberi nama kuenya? Hihihi
    Kue susu montok itu seperti bakpao kah?

    Gembus, tadinya saya kira itu kerupuk ternyata bukan, lihat dari fotonya kayak kerupuk..hihihi

    Wajik, lebaran tahun ini tak ada wajik..hiks
    Kalau lihat fotonya yang disangka wajik itu sepertinya terbuat dari soun bukan bihun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Mas Herman ☺😊

      minal aidzin wal faidzin juga

      mas herman mah komentarnya selalu bagus bagus...hihi..malah senang soalnya komentarnya panjang. Sama senangnya kalau uda dikomen mas herman, mas agus, mas khanif, dan kang satria hihi...kalian the best komentator ever for every my post wkwkkwk

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      iya mas di tempatku namanya lunjar...aku baru tau di betawi disebute cere..lucu juga namanya mas

      kue susu montok bukan kayak bakpao mas...tapi kweku..dari ketan isi kacang ijo kalau ga enten enten kelapa manis mas....umumnya warna merah, tapi sekarang sih variasi...kadang ijo, pink, ungu, dll

      gembus mirip gorengan aci cireng mas...kenyel kenyel gurih asin..Enak deh

      aku suka banget ama wajik dong...ntah kenapa mau bikin ketunda tunda mulu huhuhu
      nah kok tahu soun bukannya bihun mas? πŸ˜±πŸ™„πŸ€­

      Hapus
    2. Ikan cere nama yang lucu dan unik tapi bukan saya yang ngasih namanya..hihihi

      Oh, berarti hampir sama kayak kue Bugis cuma kalau kue Bugis isinya unti.

      Saya belum pernah makan cireng jadi masih belum bisa ngebayangin gimana rasanya.

      Biasa juga orang rumah bikin wajik tapi udah dua lebaran ini ngga bikin cuma bikin tape sama uli.

      Dari fotonya kelihatan bentuk kayak soun karena warnanya lebih bening dan ngga begitu kusut.

      Hapus
    3. pengucapan cerenya e nya dibaca e apa e mas her....nah loh bingung bingung deh hihihi

      hu um mirip mas...kalau kue bugis ketan mirip juga kan ya sama putri mandi...ala jakarta? kue bugis ketan aku sukanya yang unti atau enten enten kelapanya warna putih oake gula pasir mas herman ketimbang gula merah...lalu yang warnanya ungu kulitnya...sekali ceplus kayak makceprot manis tuh dalemnya ahhahahha

      eyaampun serius mas herman lom pernah rasan cireng, sebagai warga DKI agak menghermankan...eh mengherankan kalau belom pernah rasan cireng hihihi

      padahal khasnya itu ya mas herman kalau lebaran tersedia wajik atau uli...mungkin rempong bikinnya ya

      kalau wajik aku sukanya yang wajik ijo mas

      hahhaha...mas herman lebih titen perbedaan antara soun dan bihun xixiixix

      Hapus
    4. Huruf Enya dibaca seperti membaca huruf E pertama pada kata cere, nah loh..hihihi

      Kue Bugis bisa dibilang kue putri mandi cuma bedanya kue putri mandi berendam di bubur sumsum kalau kue Bugis ngga tapi kalau sama kue unti beda tipis. Belum pernah dapati kue Bugis yang isi untinya pakai gula pasir kalau yang warnanya ungu dibuatnya dari ketan item isinya sama aja unti juga..hihihi

      Belum pernah, sering beli cireng tapi belum pernah makan lihatnya aja udah malas..hihihi

      Bener, uli sama wajik khas lebaran sama satu lagi geplak tapi sekarang geplak udah mulai punah. Bikinnya wajik sepertinya ngga serepot bikin uli, mungkin karena corana dan tamu juga jarang yang datang jadi ngga ada wajik.

      Pantesan soun di sangka wajik ternyata penyuka wajik warna ijo.. hihihi. Wajik ijo sama wajik coklat cuma beda digula aja satu pakai gula pasir yang satunya pakai gula Jawa.. eh benar ngga sih?

      Soalnya pernah bergelut sama soun dan bihun.. wkwkwk

      Hapus
    5. wakkakaka malah tambah bingung e ama e yang gimana tuh...hahahah

      aah barusan aku cek wikipedia ternyata nama lain ikan cere adalah gupi hahhaahhaha....

      ikan yang kecil kecil itu kan

      iya aku suka unti yang gula pasir jadi kelapa parutnya masih putih...kalau pake gula jawa kan jadi cokelat..manisnya beda kwkwkkwkw..

      iya mas herman kalau ungu karena warna ketan item

      hahahha lha uda dibeli kok malas dimakan? wkwkkw oh pasti buat beliin pacarnya ya hihihi

      geplak betawi sekali lagi aku kebayang putih kotak...beda ama geplak jogja yang warna warni dari kelapa rasanya manis

      iya uli mah pe er banget numbuknya hahahhaah

      bener juga sih gegara jarang tamu makanya yang agak rumit akhirnya ga dibikin ya mas herman πŸ˜„☺

      iya soalnya wajik ijo rasanya menurutku ga semengenyangkan yang coklat pake gula jawa mas..wkwkkwkw...iya bener itu pake gula jawa

      wah bergelut yang kayak gimana tuh? jangan jangan punya pabriknya lagi hihihi

      Hapus
    6. Susah di jabarinnya tapi yang jelas dibacanya buka seperti baca cere (cerai)..hihihi
      Ikan gapi beda sama ikan cere samanya cuma sama-sama halus, ikan gapi jadi ikan hiasan dalam akuarium kalau ikan cere jadi hiasan dalam perut..hihihi

      Jadi penasaran sama kue Bugis isi unti gula pasir, kapan-kapan cari ah di pasar kali aja ada yang jual.

      Pacar, sepertinya bukan hanya orang dekat..hihihi

      Kalau yang sering saya dapati geplak bentuknya wajik bukan kotak dan beda jauh sama geplak Yogya.

      Nah itu lebaran tahun ini hanya ada ketupat, tape uli dan beberapa toples kue.

      Bukan punya pabriknya tapi pernah bantuin dagang yang pakai bihun sama soun. Nahloh dagang apa tuh yang pakai bihun dan soun silakan ditebak dan ada kesempatan menebak sampai seribu kali.. hihihi

      Hapus
    7. ooo kayak gitu cara bacanya

      hmmm tapi tadi kuintip mbah google kok gupi gitu ya wkkwkw..pas ke superindo juga si lunjar ini di stikernya namanya gupi...#bingung

      biasanya ada di tukang kue mas herman...tapi emang jarang sih..kebanyakan untinya cokelat..kalau putih manisnya enak menurutku wkkwkw

      o geplak betawi kayak ketupat gitu ya jajar genjang

      iya sih, sungguh lebaran yang jadinya minimalis toplesan dan penganannya ya mas herman hihihi

      dagang apa ya...jangan jangan soto ya? apa ketoprak? apa? aduh apaan ya..#mikir keras...bakso kali ya hahahhahha

      Hapus
  38. tetep ya wak
    pose mukena putih jadi photo shoot wajib Mbak Nita
    alemong shay dar der dor

    wkwkwkkwkw

    aku selalu terpeseona ambek jajan pasar especially kue tok merah
    risol mayo enak pisan tapi kadang makane sulit huhu

    ya allah cumi ceb ijone jan menggoda
    eh aku yo nggae tepung beras yen nggoreng tempe
    luwoh kriuk se menurutku

    eh mbak nita maaf lahir batin ya atas egala komentarku yang lantam selama ini wakakka

    aku tunggu galak gampilnya heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum lagi ngiklan hihihi

      alemong bingit dar der dor pokoknya hihi

      semuanya menggoda yo mas jajan pasare...

      sami sami mas ikrom aku juga minal aidzin wal faidzin nek komen suka ceplas ceplos yo mas hihihi

      Hapus
  39. Everything looks very tasty πŸ’™πŸ’™

    BalasHapus
  40. Lengkap sekali mengulas makanannya. jadi kepingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayo di tempat Pak Eko ada menu apa saja? 😊

      Hapus
  41. Makanan anda memang berwarna-warni dan nampak sangat sedap. Saya selalu rasa lapar bila baca.

    BalasHapus
  42. Minal Aidin wal faidzin, maaf lahir batin, Mbul Zheyeng.. menunya mantap bener sih.. hahaha.. bikin laper orang yang belum bisa masak2 gegara tukang sayur masih pada libur nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya kak nay...ini belom pas hari rayanya loh...ntar lagi aku upload yang oas hari rayanya menunya apa aja πŸ˜‹πŸ€­

      Hapus
    2. waduuuh.. bahaya nih.. pasti lebih banyak, apalagi ada rica2 entog-nya.. toloooong..

      Hapus
    3. hihihi siap siap ya kak naia di postingan mbul yang selanjutnya ini fotonya masih kuwatermark dulu πŸ˜‹πŸ€­

      Hapus
  43. Dah lebaran nih, maaf lahir natin yaks

    suer ngiler ma makanannya euyy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi salim mba fitri (*´>Ο‰<))Ο‰`●)

      ntar makanannya masih ada beberapa part lagi mba fit...tungguin aja yak 😍

      Hapus
  44. Hihi disebutnya susu montok, di sini ada yg nyebutnya kue tok selain kue ku. Jajanan pasar ini seringnya sih muncul justru pas imlek.

    Saya justru suka kalau goreng cumi masih ada tintanya, kayak lebih gurih pas diguyur ke nasi. Kalau kebetulan masak mie goreng suka dicampur juga biar jadi jjajangmyun Korea hehe.

    Selamat lebaran Mba Nit, mohon maaf kalau ada salah komen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya rip nama lainnya emang kue tok...nah mungkin karena sama sama ada toknya maka di sini ditambah embel embel susu mon tok wkwkwk...secara sebagian permukaannya emang menul menul gitu kan...montok isi kacang ijo wkkwkwkw

      wah malah jadi kreasibmasakan biri ala ala jjajangmyun ya rip...jangan jangan makannya sama pancinya langsung?

      sama sama rip, minal aidzin walfaidzin juga..mohon maaf lahir dan batin, tetep jaga kesehatan selalu ya, semoga pandemi cepat berlalu, amiiin πŸ˜ƒ☺

      Hapus
  45. duh jajanannya bikin ngiler semuaaa mbak :')

    BalasHapus
  46. Menu makanannya memang menggguggah selera.. mantaplah kalau mampir ke blog ini mesti jadi lapar..
    Meski telat aku ngucapin Selamat IdulFitri . Minal Aidzin Wal Faidzin mohomaaf lahir dan batin buat mbak Nita sekeluarga..maaf kalau ada salah-salah kata..πŸ™πŸΌπŸ˜‡

    BalasHapus
    Balasan
    1. teranyar ada lagi mba fidy..post paling atas...hihi

      sami sami mba
      ketupat kecemplung santen
      kathah lepat nyuwun ngapunten ☺😊

      Hapus
  47. Ommo. Lunjar gorengnya bikin aku kabita deh kak Mbul!!

    Btw itu aku kebayangnya si gembus tuh kaya cireng alias aci digoreng hahahaa
    Tapi kayanya lain ya??

    oia Selamat hari raya Idul Fitri ya kak Mbul! Mohon maaf lahir dan batin πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak pakenya bumbu minimalis friska 😍

      iya mirip itu...kenyel kenyel kalau dimakan pas masih oanas enak..tapi kalau uda dingin alot keras hahahahha

      sama sama ...mohon maaf lahir batin ya kalau pernah ada salah kata ketika ngeblog☺😊

      Hapus
  48. hidangannya banyak banget mak. aku belum pernah bikin dan cobain ceker krispy . gak keras mak kalo dibikin krispy gitu?

    Ohya, mohon maaf lahir dan batin yaa mak embul. maafkan kalo ada kata-kata ku yang tak mengenakkan hati.. πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab mak...biasa biar gampang dikomen kalau post foto makanan wkwkwkw

      ga keras...ini gurih banget...tapi beli wkwkwkwk

      sama sama mak...minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin 😍

      Hapus
  49. Cumi Lombok ijo nya bikin ngiler. Kepengen haha ...

    Maaf lahir batin mbaa Mbul 😁

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^