Senin, 26 April 2021

Diajak Pak Suami Ngiter Cari Takjilan





Sesungguhnya postingan kali ini dipersembahkan oleh keinginan buat majang foto jambu aer yang warnanya pinky-pinky unyuk itu....#eh alesan macam apa ini? Belum ngucap salam udah maen intro aja. Intronya jambu aer pula....hihihi, maapkeun ya Pemirsa, terlalu bersemangat sayanyaaah....

okey....Bismilahirohmanirohim..

Assalamualaikum semua...

Apa kabar pembacaku tercinta di Senin siang yang cukup nyanyas seperti kepalaku ini? Nah loh? Semoga sehat-sehat saja ya, selalu bahagia dalam keadaan apapun. Dilimpahi cinta dari berbagai penjuru dunia~~uwuwuw....



Udah nyampe tengah-tengah aja kan puasanya? Cepet banget, horeeee! Tetap semangat ya bagi teman-teman yang menjalankan. Bagi yang ga menjalankan juga tetep semangat. 

Gimana.....gimana?

Rasanya waktu uda kayak marathon aja yekaaan? Alhamdulilah kalau masih pinaringan sehat, waras, juga slamet. Okey deh, aku update lagi untuk yang kesekian kalinya. Daaaaaan....kali ini aku cuma pengen cerita-cerita tentang sesuatu hal yang biasa-biasa aja sebenernya. Lebih ke quick update ala-ala. 




Pertama, terereeeeet teteeeeet! 

Mau majang foto jambu aer. 

Eh....maksudku pengen cerita tentang menu bukaan kemarin. Bukan yang spesial poenya atau yang gimana-gimana sih. Sekali lagi sesuatu hal yang sangat biasa, seperti halnya menu bukaan pada umumnya. Tapi entah kenapa aku selalu antusias menceritakannya. Iya, semua hal yang berbau makanan, aku selalu antusias menceritakannya. 

Oh ya, sebelum ada yang nanya, aku mau pengumuman dulu nih...eh lha kok pengumuman ya? Maksudnya aku cuma mau kasih tahu bahwa udah sejak awal bulan aku ada di kampung halaman berempat sama Pak Suami, Kakak dan Mas Montogh, soalnya lagi banyak ngurus ini itu aka kepentingan keluarga jadi ya memang udah lebih awal ngendon di kampung halamannya hohoho....Alhamdulilah jadi bisa kumpul Bapak Ibu setelah sekian lamanya ga buka puasa bareng ya. Asyik! 

Sebenernya Bapak Ibu kalau di rumah kan daharnya so so soooooo minimalis banget. Terlebih menu daharnya Beliau berdua juga memang sekarang hambar-hambar banget ya kan, karena disesuaikan dengan usia dan pola makan untuk diet tertentu. Porsinya pun sedikit-sedikit. 

Tapi ntah kenapa kemaren itu aku malah ada acara beli takjilan segala. Mana jumlahnya agak banyakan lagi #terus ditangisin isi dompet. Maksudku sekalian buat sahur gitu. Jadi yaweslah...Wes kadung. 

Ibu sebelumnya udah bilang sih bahwa Beliau nyayur tumis kangkung dan goreng tempe gembus yang ditepungin. Ada pepes nila juga yang pesennya di deket kantor ibu. Untung ga jadi beli pepes aku....soalnya pas ke sana katanya musti by order dulu. Ga bisa pesen dadakan. Mau ke warung yang lebih nanjak lagi, eh tenyata kata ibu uda tutup, yang punya udah meninggal dunia. Jadi yaudah deh, akhirnya turun lagi dan sampailah aku di sekitar area depan Pasar. 

Elahdalah, bakul takjilan ternyata banyak bener. Dagangannya meuni terlihat berkilauan syekaliiii.... seperti meng-awe-awe diriku untuk segera membelinya πŸ₯΄πŸ€­πŸ˜±.




Yawes, terpaksalah tangan ini menunjuk-nunjuk aneka gorengan seperti bakwan, kepala ayam krispi plus tahunya, juga es buah tasik yang mangkalnya di seberang Pasar. 

Es tasiknya harganya berapa jal? Sungguh sangat ingin kuberkata wow edaaaaan!!!! Di sini sebangsa es-esan masih dibanderol dengan harga yang sangat murah. Seplastiknya cuma Rp 4000 saja. Kalau hari biasa, di luar Ramadhan bisa Rp 3000, soalnya nyasar pangsa pasarnya anak sekolah. Kan deket situ ada MTS ya. Itu yang sebelah alun-alun dan KUA. Jadi murahnya kebangetan. 

Oh ya, sebelum tergoda takjil, sebenernya sempet beli buah juga sih. Kebetulan deket Indomaret yang biasa aku satronin, ada kede buah baru yang lumayan lengkap buah-buahannya. Meski waktu itu harganya lagi agak mahal, tapi pengen beli anggur item, kelengkeng, ama jambu air. Jambu airnya kata bakulnya sih namanya jambu Kedungbulus. Maksudnya dipul dari Desa Kedungbulus kali ya? Sebab jambu kayak gini kan sebenernya di deket rumah juga ada. Dan lokasinya pun ga di Kedungbulus. Punya tetangga sih maksudnya wahahhahah...bukan pohon sendiri. Berarti kan ga cuma ada di Dungbulus? Beli juga buat nglarisin yang dagang. 






Okey, langsung aja ya, kureview satu-satu makanannya.

1. Tempe Gembus Goreng

Tempe gembus sering banget nongol di meja makan. Lauk kesukaan kami semua. Ibu dan aku deng terutama. Yang lain biasa-biasa aja sih. Digorengnya balut tepung. Walaupun umumnya dioseng lombok ijo. Tempenya berasa 'menul-menul' banget. Soalnya dia fermentasi ampas kelapa. Emang sedikit berbeda dari yang fermentasinya kedele. Secara tekstur maupun rasa beda. Ya kayak yang aku bilang tadi, kalau yang ini lebih menul-menul alias empuk tempenya. Kalau yang biasa kan keras ya...hihihi.

2. Bakwan Goreng

Bakwan gorengnya bukan yang bulet empuk~~nyempluk di tengah itu loh. Melainkan yang mbleber ceper ga tentu arah, wakkakak. Lumayan gede juga diameternya. Dan crispy. Aku bilang sih agak keras adonan tepungnya (((sebenernya))). Tapi tetep enak kok.

Aku sendiri dapat bocoran bahwa rahasia bakwan supaya crispy dan tahan lama itu terletak pada penggunaan mentega yang dicairkan sebelum adonan tepung terigu dan tepung berasnya diaduk jadi satu dan dicampurkan bareng sayurannya. Tepung berasnya dikit aja. Lebih banyakan tepung terigunya. Tepung berasnya cuma buat renyah-renyah. Nanti, mentega cairnya kira-kira sesendok makan aja. Itu juga udah bikin gurih banget.  Cepet crispy pula. Serius!!! Aku udah membuktikannya. Jadi dia itu bikin awet dan ga cepet klemer-klemer andai ga segera dimakan. 

Warnanya kalau mau lebih cantik lagi bisa pake parutan kunyit. Biar kuning keemasan, digorengnya juga pas dalam keadaan minyak panas. Sampai tenggelam ya......bukan tenggelam dalam lautan luka dalam, tapi tenggelam dalam minyak supaya merata di semua sisi. 

Kalau sayurnya sih umum aja, paling kalau ga harus ada wortel, kobis, juga tauge. Dimaemnya bareng lombok rawit beneran (tapi belum jadi merah), bukan cengis...

Lucu ya? 

Hihihihi...





3. Jambu Air

Jambu airnya seperti yang kuinfokan di atas katanya sih disebutnya Jambu Kedungbulus. Ya mungkin sih berdasarkan analisaku disupplynya dari Desa Kedungbulus. Sedangkan nama julukannya aku ga gitu tau. Apakah jambu air aja, jambu kaget, atau jambu apa...wkwkkwk.....Maklum aku nyerah kalau disuruh njabarin varietas buah-buahan termasuk nama ilmiah atau nama Indonesianya. Sengertiku ya cuma jambu air aja. Walaupun yah, jambu air kan ya tetep macem-macem namanya. Cuma yang ini memang warnanya agak pink keputih-putihan. Rasanya asem seger. Cocoknya buat lutisan sebenarnya.

4. Es Buah Tasik

Kenapa namanya Tasik ya? Kalau ga salah karena yang jualnya asli Tasikmalaya dan ngrantau di sini. Eh iya ga sih? Cuma nebak aja deng aku, hahahha.. Kali begitu...Makanya dinamakan es buah tasik. 

Dia ini bentuknya gerobakan. Ga di Bulan Puasa aja sih adanya. Bahkan di bulan-bulan biasa juga ada. Ibu yang sering beli. Murah mereah redho. Sebungkus cuma Rp 4000 saja. Itu udah porsian sop buah di Jabodetabek yang biasanya Rp 10 ribu. Mana isiannya lumayan lengkap lagi. Ga kaleng-kaleng. Ada pepayanya, semangka, nenas, ager, tape singkong, melon, rumput laut, cincau item, dan juga juruh atau gula merah cair selain tentu saja ada santennya. Ntar per itemnya ini diwadahin pake toples-toples beling yang tutupnya khas banget. Yaitu tutup yang warnanya merah. Esnya seger dan manis. 

Aku suka banget ama es buah Tasik ini. Lokasinya juga strategis pula. Kalau dari pasar ya seberangnya. Pokoknya dia di depannya deretan toko-toko macam toko. Sebaris ama tukang fried chicken, martabak, dan batagor. Sering ketutupan ama colt yang ngetem juga sih sebenernya, wkwkwk.






5. Pepes Nila

Ini menu utamanya nih. Kesukaan ibu dan yang lain. Kalau aku sebenernya ga gitu suka ikan. Tapi kalau boleh jujur, pepes nila yang ini enak kok. Bumbu pepesnya meresap membalut si nilanya. Dominannya sih pedes. Dia juga wangi ya...mungkin karena dibalut pake daun pisang. Teksturnya lembut, ga ada amis sama sekali, walau nyingkir-nyingkirin durinya terus terang  PR juga ya.

6. Kepala Ayam Crispy

Kelasnya kita cuma beli keepci-keepcian pinggir jalan. Ya kan di desaku belom ada Keepci beneran, hihi. Tapi meskipun begitu rasanya tetep enak kok. Sengaja belinya yang bagian kepala soalnya lebih murah. Dan pasti kemakan. Ketimbang beli dada atau paha cuma digundulin doang. Maksudnya dikulitin bagian luarnya aja. Ntar kalau udah tinggal dagingnya aja ditinggalkan begitu aja, wkwkwkwk. Kalau kepala kan ga ya. Minimal abis dah tuh kalau beli bagian itu, hihi. Lagian belinya juga cuma 6 biji. Buat alternatif lauk aja.

7. Tahu Crispy

Ini beli masih sepaket ama ayam crispynya. Memang di sini kekuatannya justru di tahu crispy yang jauh lebih laris ketimbang ayamnya. Tahunya segitiga dan dibalut tepung crispynya si ayam. Dimaemnya paling enak bareng ceplusan cengis atau cengek kalau ga ya saos sambal bawaannya langsung. 












8. Kangkung Cumi

Kayaknya aku lebih jago bikin tumisan kangkung deh ketimbang ibu. Soalnya tumisan kangkungnya ibu gelap hahhahaha...#piece ya Mamine. 

Kata ibu, "Mau ya sebenere warnane ijo loh Nduk. Iki karena nunggune suwe tekan magrib jadi keburu gelap." 

Haha alesyan aja Mamih...but iya deh, I see i see...biar Mamine syenang.

Kalau tekstur kangkungku kan lemes ya kayak modelan kangkung resto seafood, sedangkan punya ibu agak kaku. Rasanya pun punyaku lebih pure bumbu alami. Kalau punya ibu kebanyakan saos tiram botolan deh kayaknya. Walaupun spesialnya uda ditambahin cumik. Bumbu khas tumisannya sendiri dirajang. Kalau punyaku diuleg. Biar lebih umami lagi kutambahin tomat sekalian. 

Kangkungku juga kebanyakan polosan. Ga kutambahin apa-apa lagi. Paling banter pake essence belacan, kalau ga terasi ABC 2 bungkus kecil. Itu kalau masak 2 unting ya. Soalnya kangkung kan emang menyusutnya kek lagu Afgan. Sadis! Satu unting, kalau uda kena panas bisa cuma buat satu porsi piring aja. Makanya kalau masak untuk banyakan orang, seminimal-minimalnya 2 unting. 

9. Pempek

Ini Bapak yang beli. Tinggal gorang-goreng aja terus dikucurin cuko ama timun deh. Ada ebinya ga ya? Sepertinya ga. Soalnya kucari-cari ga ada. 

Dulu pas masih kecil kami sering dibawain bapak kalau abis pulang ngajar. Belinya dipisah dari cukonya. Seringnya pilih yang kapal selem ama lenjer. Sebenernya pempek aku lebih suka yang kulit ama adaan. Tapi lenjer ama kapal selem juga suka sih, asal rasanya enak. Bapak sih yang suka banget ama pempek. Walaupun yang kemarin beli kayaknya yang model dos ya...Soalnya kurasa-rasa ga ada campuran ikannya, hihihi. Aku kan udah khatam ngrasain mana yang dos, mana yang ada campuran ikannya :D






























10. Anggur Item

Anggur item beli sakdompol di kede buah. Anggur emang paling joss yang warna item agak lonjong gini. Soalnya pernah rasan yang merah lebih acemmmm ketimbang yang item. Jadi kalau disuruh milih...mending yang item ketimbang anggur merah.

11. Kelengkeng

Kelengkeng lagi mahal. Seginian kena Rp 40 k. Biasanya cuma Rp 20-30 k. Hahahha...Tapi ga pa pa deh, buat seger-seger, angkuuut!!!! Aku suka nyeplusin kelengkeng. Coba kalau ga ada bijinya. Uda langsung telen deh sebunderan kecil itu, hihihi.










That Orchids are going to Bloom!

Terus nengok kebon mini juga, bunga-bunga udah mulai robah warna lagi. Kayak sulapan, kali ini yang lagi mekar itu anggrek yang ungu totol-totol, semi pink, pink, putih, merah, dan merah tua. Ada pula taneman hias yang kapan lalu sempet trend dan aku baru engeh, ternyata di rumah juga ada...wkwkwk. Itu loh janda bolong. Ada lagi agronema, krokot, suplir, kuping gajah, dan lainnya... Semua aku ga tau nama ilmiahnya. Cuma sebagai penikmat ciptaan yang Maha Kuasa. Kalau suruh ngecekin di google atau buku biologi aku ga sempat. 

Dulu aku emang suka pelajaran biologi. Dari sekian pelajaran IPA yang ada, sukanya cuma biologi. Lha yang lain model hitungan. Yang ada palaku kosmed, wkwkwkwk. 

Nah, ngomongin tentang nama ilmiah ini, aku inget banget pertama kalinya kenal ama bab ini ya pas SMP kelas 1. Bu gurunya lemah lembut banget. Beliau kerudungan, karena pada saat itu kan yang kerudungan masih bisa dihitung dengan jari ya. Nah Bu Guru itu masuk dalam hitungan jari itu. Maklum jaman old, hehe. 

Senangnya diajar Bu Guru karena beliau kalau njelasin itu detail, termasuk bab nama-nama ilmiah tanaman dan juga hewan. Per bab di LKS diterangkan dengan sabar dan telaten. Pun saat memberi nilai juga dirinya fair.  Kalau pas ulangan mendadak, ndilalahnya aku langsung apal sih ama yang dipelajarin walaupun sebelumnya ga baca text booknya. Cuma karena selama Kegiatan Belajar Mengajar, Bu guru neranginnya enak banget, jadi cepet nyantol di kepala. Jadi seneng deh, tiap ulangan nilaiku selalu range 95-100. Padahal itu ulangan mendadak hahaha. 

Terus, dari Bu guru pulalah, aku jadi belajar mencatat setiap pelajaran di buku tulis dengan lebih terstruktur lagi. Jadi pas dibaca ulang gampang dipahami. 

Tapi sedihnya pas kenaikan kelas, guru biologinya dirotasi. Yang ngajar bukan Bu guru yang tadi lagi melainkan satu guru lain yang lebih tegas perangainya (baca : agak sedikit galak). 




































Tadi nyinggung dikit soal buku biologi ya, nah di sini aku malah nemu buku tulisanku yang lain. Bukan biologi. Tapi masuk ranah pelajaran IPA lainnya. Aku nemunya fisikaku jaman sekolah. ...Lumayan rajin nyatet juga dulu akutuh...Aniway, di sekolah aku juga selalu jadi sekertaris kelas sih. Tugasnya bikin jadwal piket ama mading kelas. Tak jarang suruh nyatet juga di papan tulis kalau pas pelajaran. Nulisnya pake kapur karena waktu itu papan tulisnya masih yang item itu, bukan white board. Jadi bikin batuk-batuk juga sih sebenernya. 

Di depan kelas naik ke bangku biar nyampe bagian papan tulis paling atas. Soalnya Beby Mbul ga nyampe. Waktu kecil aku kan imut-imut....oooops... pendek maksudnya. ... walaupun pake rok span, tapi suruh naik bangku juga, jadi kadang agak-agak worry hwahahhahahah





Sebenernya aku pengen nyari buku tulisku yang lain. Soalnya perasaan dulu buku tulisku kan ada banyak ya. Ampe berkardus-kardus malahan. Tapi kayanya udah diloakin ibu, sama kayak nasib Bobo dan majalah jadoel lainnya, hwaaaa...monangis rasanya πŸ₯ΊπŸ˜±πŸ˜’😭. 

Gilaaa ya, jaman dulu aja ama buku sendiri ga segini hebohnya. Mbasan udah jauh dari moment sekolah kok ya pengen nostalgia lagi. Temasuk dengan buku tulisku jaman dulu dan tentunya bacaan di masa lalu. Ya, aneh memang tapi kadang bawaannya masih suka terngiang-ngiang, bahkan sampai terbawa mimpi. Misalnya sama koleksi Bobo jadoelku, majalah Kartini, Femina, dan lainnya yang kala itu pernah kubaca. Begitu antusias ingin bernostalgia dalam mimpi, e tahunya uda keburu bangun duluan... Kan somplak...wkwkwk.

Nemu Komik Lama, Soon Bakal Direview

Kesempatan bongkar-bongkar lemari, aku juga jadi nemu komik lamaku. Tumpukan komikku di kampung kalau ditambah tumpukan komikku yang di kota bisa-bisa buat bikin rental bacaan tuh, saking banyaknya. 

Dan ternyata, pas kubek-kubek lemari itu aku nemu harta karun lagi yaitu tetetettt tereeeeet Doraemon, hihi. Salah satunya udah pernah kutulis kemarin. Yang lainnya insyaalloh menyusul. Ada Doraemon Petualangan yang cerita tentang pahlawan bersayap, doraemon di negeri dinosaurus, Doraemon di negeri misteri, Dorabian night, dll. 







Ya udah, berhubung udah lumayan panjang dan mau nerusin kata-katanya juga udah mentok. Maka kucukupkan sampai di sini dulu pertemuan kita. Mau update lagi, paling ntar-ntaran abis lebaran? 


Semoga harimu menyenangkan...







96 komentar:

  1. Simple but good food. Kami di sini makan Jambu air campur dengan buah buahan lain (nenas, timun, mangga) dengan sos rojak. Bunga anggerak memang berwarna-warni dan sunguh cantik

    BalasHapus
  2. Di rumahku pas menu buka puasanya adalah ayam goreng, wle aku tida ngiler dengan ayam gorengmu, tapi aku pengen jambumu ya ampon wwkwkw :p

    BalasHapus
  3. Baca dari sebelum Maghrib sampai habis tarawih baru kelar, panjang amat postingannya kayak kereta barang.😱

    Itu semua lauknya emang habis dimakan ya, ada tumis kangkung, tempe gembos goreng, bakwan, pepes nila, ayam krispi. Belum lagi es tarik bang jali, buah jambu, klengkeng dan anggur item yang memabukkan eh.

    Mungkin sebenarnya ada juga mangga, buah naga, pisang, melon dan lainnya cuma belum sempat di upload ya.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...punten ya mas...uda kepanjangan...padahal maren baru kondo mau nulis pendek πŸ™ƒπŸ˜‹πŸ€­

      ini aja sebenernya masih embul edit edit mulu mas...lagi nyari ada kalimat yang miss atau wagu ga..atau typo wakkakakakk

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      (´・ο½ͺ・`)

      kan buat 2 kali moment maem mas...buat buka ama sahur hihihi...buahnya bisa buat besok besok ugha kalik mas....yang penting foto dulu hihihi...

      anggur cap horang tua kalik mas yang memabukkan djiwa πŸ˜™πŸ˜‹

      nda ada mas buah lainnya...eh bentar...tunggu...kayaknya masih ada deng buah lainnya πŸ™„, cuma ga difoto

      🀭

      Hapus
  4. Kayaknya bakal review komik Doraemon lagi nih, kalo bisa dicampur review novel Eny Arrow juga, kalo ngga ada bukunya minjam kang Satria.😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ€¦‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️

      Hapus
    2. (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯ #adegan bersiul...

      Hapus
    3. Sekalian juga review Nick Carter nya kang satria.😁

      Hapus
    4. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ€·‍♀️🀷‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️

      Hapus
  5. Kamu makannya apa...Tempe Gembus goreng, Saya juru masaknya ada tahu chrispy, Ada bakwan goreng, Ada pepes Nila, Ada Ayam Chrispy, Ada kangkung cumi, Ada mpek2, Ada juga jambu air.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Masih kecil disayang mama papa, Sudah besar maunya disayang sama pacar.🀣 🀣 🀣 Jadi anak kok jangan suka gombal, Kalau gombal disayang banyak pacar.🀣 🀣 🀣

    Kau bunga ditamanku tumbuh indah mewangi, Bersemilah sepanjang hari mewarnai dunia agar dapat kusirami hatiku-hatimu.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ€£ 🀣

    Kau melati putih nan suci kau tumbuh subur diantara semak belukar, Kau tegar harum sebagai tanda cinta yang telah kau hadapi disepanjang waktu.πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜†πŸ˜†

    Ditaman bunga puncak hijau tempat indah kita memadu cinta, Kau yang mempesona, Kau yang kucintai, Abadilah selama-selamanya.πŸ˜†πŸ˜†

    Indahnya purnama yang berseri tiada seindah senyummu kasih, Taman bunga yang teduh, Tak seteduh matamu, Putihnya salju tak seputih cintamu.🀣 🀣 🀣

    Oohh mengapa bunga asmara layu saat sedang mekar, Oohh mengapa bungaku menghilang tanpa kutahu sebabnya.πŸ˜†πŸ˜†

    Segelas air kembang cintaku, Yang kukirim untuk dirimu, Menyatu didalam dada jadi mimpi malam itu.😁😁

    Bungaku...Bunga liar ...Bungaku bunga trotoar...Para kurcaci diinjak mati, Para kurcaci jadi traalaalaaa!!...Para Kurcaci Haahaaa Heeeehiiihiiiii!!..πŸ˜†πŸ˜†πŸ€£ 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tet!! dudidudidam....#lhaaa malah kayak lomba cerdas cermat wkwkkwkwk...husss kang satria...uda jangan ingat mantan muluk wkwkwkkwkwk......🀣🀣

      bentar...ini lagu eno lerian aku dulu hapal kecipal cipal kang, berkat lagu ini aku jadi doyan tempe bacem dan sayur bayem, meski bayemnya akhirnya dibikin bobor sih...hahhahahhah...bukan beningan

      #just kidding

      Hapus
  6. Pas awal-awal lihat foto pertamanya makanan udah ngiler, eh tiba-tiba salfok sama buku bertuliskan sifat larutan kolegatif. Kirain tadi mau masak pakai rumus itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. xxiixixi...ketahuan anak Ipa banget hahahahhaha...

      ini dulu aku juga rajin amat yak nyatetnya wkwkwk..iseng bongkar lemari ketemu catatan jaman sekolah aku 😝

      Hapus
  7. Wooow Amazing post! What an amazing foods table. Ramadan brings happiness and delicious foods to you. Amazing flowers, they are beautiful.

    BalasHapus
  8. The food looks great. I really enjoyed seeing all those plants and flowers, very pretty indeed. The fish aquarium was a surprise, I used to have several of them years ago. My cats used to love sitting and staring at them. :) Have a wonderful week and thanks for sharing this post, I enjoyed it.

    BalasHapus
  9. Percayalah klo mbul postingan makanan ini sambil merem jg lngsng jadi, bisa panjang lagi. Keren 😍😍

    Khas ny nih klo mbul lg mudik, pasti ada foto2 taneman2 seger2 itu selain foto lauk2 yummy.. Trus liat buku cattnya, kok kita sama sih suka tiba2 nyelip gambar2 di buku tulis 😁 bedanya tulisan ku ga serapi mba nita. Hehehhe..
    Trus nemu buku bacaan koleksi itu memang brasa nemu harta karuun yaaa πŸ˜„ aku pun merasa gt..

    Itu buah2nya seger2 bgd yaampunn. Aku jg suka anggur hitam, tp jarang belinya soalnya sekilo di sini bs sampe seratus ribuan πŸ˜…πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik panggilnya ada yang beda #syuka syukaaa hahahhahaha

      (´✪Ο‰✪`)♡

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      e tapi kok di tengah panggil mba lagi #tabok aja nih si mbul nya cerewet mba thessa hihihihi

      iya aku suka ga tahan pengen motret bunga, biar ga flat makanan semua deretan fotonya hahahha

      kayaknya itu faktor pas lagi rajin...kalau pas lagi kumat malesnya mungkin tulisanku kayak cakar ayam πŸ˜‚πŸ€£πŸ€­

      iy berasa harta karun, beberapa kali aku ngimpi nemu setumpuk majalah jadoel yang dulu menghiasi masa kecilku, tapi pas mau buka halamannya mendadak aku...bangun dari bobok...lha tetnyata aku ngempih hihihi

      😝🀭

      iya kaaan...anggur item bijinya kadang langsung keceplus..kalau yang merah kegedean bijinya...lebih manis yang item pulaaak πŸ‡πŸ‡πŸ‡

      Hapus
    2. Hahaha iya jugaa yaa 🀣🀣 maaf mbul, lagi mencoba membiasakan diri, eh jari otomatis kadang masih suka ngetik mba nita πŸ˜…πŸ€£

      Hapus
    3. hihi iya panggil mbul aja ntar aku panggil kamu thessa atau ica biar lebih akreb wkwkwwk

      bisyaan aja ngrayunya si mbul 🀣🀣🀣

      Hapus
  10. komplit banget mbak mbul bikin cerita dan potonya, dari makanan, kebun bunga, akuarium, sampai bongkar lemari nemu kenangan jaman sekolah.. emang gitu sih mbak, kadang sesuatu yabg di simpen nantinya akan jadi kenangan yang bisa bikin nostalgia :D.. hehe karna gw gak begitu suka nimbun sesuatu barang kenangan itu cuma gw simpen di kepala, yah meski kadang lupa sih :D.. ehh malah bahas kenangan yah, inikan mbak dedek mbul nita bahas kulineran hohoho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikomplit komplitin aja mas nif, soalnya kalau ga ada kata katanya fotonya kayak sendirian njomplang gitu...makanya selip selipin aja ntah kalimat apa di sela sela fotonya #biasa...pengawuran mania hahahhah

      iya bener...kalau dulu berasanya biasa aja, setelah dewasa pengen mengenang kembali..eh uda ga ada barangnya #so saaaad...

      (´°̥̥̥̥̥̥̥̥Ο‰°̥̥̥̥̥̥̥̥`)

      Hapus
    2. barang yang dimaksud itu majalah Bobo ama majalah kartini lhooooh hahhahahahhahahaha
      (ΰΉ‘•̀ㅁ•́ΰΈ…✧

      Hapus
  11. Asyik...dapat resep goreng bakwan. Ntar tak njajal. Buat dipraktekin ke gorengan pisangpun bisa kan ya..? Btw, mentega apa margarin Yo Nit..

    Aku di rumah adanya margarin e. Blueband.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh mentega ding mba lis....wkwkwk..ternyata beda ya...coba ntar kuedite hihihi

      (。>γ……<。)πŸ’¦…

      sami ...blueband kalau ga forvita sing murah πŸ™„πŸ€­πŸ˜

      Hapus
    2. Forvita masih bagus mbul...Yang jelek itu Menara. Paling murah banget.😊😊

      Hapus
    3. Gw punya toko plastik dan bahan kue. Ada blue band, Ada kismis, Ada Selai, Ada terigu, Ada Wisman, Ada Rombuter, Ada Vourment, Ada Coklat dan Aneka macam pembungkus lainnya..😊😊😊

      Hapus
    4. keren kang satria...jadi pengen bikin kue aku baca ada kismis...tapi kismisnya cermei keringbya bukan kismis kisah kisah mistriii hwa ha haaaaa 🀭

      Hapus
  12. wahhh..ngiler banget liatt ituu gorengann mbaa....wahhh bisa disantap semua nihhh ..hhe

    es buat tasik nyaa mantaff bangett kayanyaaa..pengenn nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...capcus goreng piyambak mas yuli 🀭

      siapkan amunisi bahan bahannya di dapur, nek ga kober tinggal melipir di bakul takjilan 🀭

      Hapus
    2. hhahaaa..langsung gaspol yahh mba, setelah menunggu2 suara bedug pastinya bersemangat...hhehe

      selamat menjalankan ibadah puasa ke 18 mbaa

      Hapus
    3. iya mas yuli, tak terasa udah puasa hari 18, saya dah bolong 4 hari nih maklum perempuan, kedatangan si bulan wokwokwok

      Hapus
  13. Paling ngiler sama pepes ikan dan tumis kangkung cuminya, ananda Nita. Kirim ke sini ya. he he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangkung siyap meluncur ke jambi Bunda πŸ›«πŸ›«πŸ›«πŸ›«

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
    2. Sampe Jambi bisa basi mbul...Kirim Kokinya saja kata Bu Haji...🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  14. You eat so well at home! And your garden is just IMPRESSIVE!!! I want to live there :-))

    BalasHapus
  15. Waah? Mbak nitaku, buka puasanya lengkap banget tari aja buka cuma pakai telur ceplok sama teh hangat . Sini mbak nit, pepes nilla ya? Paketin lah, ke rumah tari πŸ€©πŸ˜€πŸ˜†πŸ˜ƒπŸ˜„

    BalasHapus
  16. POV..
    Baca ini dari sore di kamar tercinta dari sebelum magrib kelar2 udh jam set. 7.. πŸ˜… smpe tadi pas dnger adzan magrib cuma minum air, smbil maakan cakwe.. trus lanjut baca lagi..

    Hahaha..
    Tulisan kali ini amazing Mba.. lelumpatan kemana2.. tapi seru. Wkwk. Btw itu tangan Mba belum keriting kan yah?? 🀭🀭

    Ya ampunnn... itu tamannya suka bangett.. bayu pngen punya taman gtu.. haha. 🀣 dirumah adanya tanaman sayur. Wkwk..

    Btw asik banget bapaknya Mbak Mbul. Mancing ikan. Ikannya ditaruh di aquariumm.. hihih.
    Jadi banyak dehh...

    Aku baru tau mba. Kalau bikin bakwan bisa dicampur mentega.. aku nggehnya yah cuma tepung, air sama beberapa sayuran dan tambahan rahasia kenikmatan dunia (micin) hehe.

    Btw tulisan tangan Mbak Mbul Rapihhh bangett... 😍 aku mah kaya ceker ayam.. 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pov itu pont of view yak? πŸ˜‚


      waduh kudu sungkem ama pembaca satu satu nih si mbul uda bikin postingan yang puanjange kayak ular kadut wkwkw

      punten yak bay dan teman teman semua udah menghabiskan banyak waktu kalian dengan postingan sepanjang ini wkwkkw

      belum keriting sih...cuma rada semutan jadinya...kemeng wkwkwk

      tanaman sayur malah enak bay bisa dibuat masak kan, tinggal petak petik πŸ˜„

      iya bapak mah iseng, masa akuarium diisinya ikan hasil pancingan, bukane ikan hias cem arwana apa louhan gitu yang cantikan dikit wkwkwk

      iya aku juga tau dari akun cookpad orang orang yang bikin resep bakwan

      hahahah...rapih kalau pas lagi niat...kalau ga mungkin tulisanku kayak sandi rumput bay wkwkwk

      Hapus
  17. It will be helpful if you could add a TRANSLATE or Select Language gadget to your side table of your blog for us to enjoy reading your post in the language we can understand.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your advice Nancy, Maybe next time i'll try to use English ☺

      Hapus
    2. Tapi ada kok mba widget untuk pengaturan bahasa.. tapi sbnernya di aplikasi webpage kaya chrome udah ada aturan buat translate sih.. jadi bisa langsung di terjemahkan tanpa si Blogger instal widget bahasa.

      Hapus
    3. masa iya bay...cuma bahasa indonesiaku kan ga baku...ntar ga bisa terterjemahkan lagi huhuhu

      Hapus
    4. Ngga apa-apa, biarpun ancur-ancuran yang penting ada wkwkwk

      Kaboorrrr πŸƒπŸƒπŸ’¨

      Hapus
  18. Wah ternyata sudah dikampung halaman. Saya pulang ke kebumen bakda lebaran. Menunggu THR cair, THR dari google :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Mbul, mbok blog'e sampeyan dicanteli edsen napaaaa ...., pejviu ne sampeyan kuwi wis duwur loh

      Hapus
    2. Gampil kok carane, kak.

      Pertamax, eh* pertama maksudku .., ubah setting utawa pengaturan blog ke dalam bahasa Inggris [pilih bahasa Inggris Amerika].

      Terus, hengfon di restart.

      Teeus, masuk meneh utawa lihat pengaturan blog.
      Nah, lak uwis ketok ono lambang Dollar $ ...., Kuwi tandane wis disetujui ono edsen blig'e sampeyan.

      Terus, ikuti deh langkah2 berikutnya.
      Kayak masang kode html edsen.

      Laah .. sing pinter jelaske pasang kode html kuwi mas Satria MwB yang pasti kak Mbul kenal baiiik bangets karo dia ...itu loh ... si blogger tamVan dari Tegal, xixix.

      Si, minta dipandu dia masang kode html-nya.

      Hapus
  19. jambu airnya sungguh menggoda.... hehehe

    aww... bunga bunga juga cantik.... colorful.

    BalasHapus
  20. Wah lagi di kampung halaman ya Mbul.. bablas sampe lebaran apa sebelum lebaran udah balik lagi Mbul.. 😁

    Kalau lagi beli makanan gitu emang kadang suka kemaruk ya Mbul, segala macem dipengenin.. padahal pas udah buka baru makan beberapa aja udah kenyang 😁

    Btw, itu esnya mantep ya.. murah banget cuma 4ribuan, terus kepengen jambu air juga... Macem2 banget dah πŸ˜†

    Terus makanan sebanyak itu semuanya menggiurkan banget... Mantep sampe ada pempek segala, habis semua nggak tuh Mbul? 😁

    BalasHapus
  21. Boa tarde. sem palavras para agradecer pela maravilhosa matΓ©ria, As comidas parecem ser maravilhosas. Sobre o jambo: UMA DAS FRUTAS QUE EU MAIS GOSTO.

    BalasHapus
  22. Good food on the table and a beautiful garden, stay in peace. If you had a translate button, we could read it!

    BalasHapus
  23. duarrrr duorrrr duerrrrrr
    as always sesi photoshoot sak sembarang kalire membuat terpesona
    sumpah mbak dirimu koyok fotohgrafer e Puteri Indonesia
    lek moto dari berbagai sisi dengan aneka look yang menghempas manjah


    hhahahahah aku fokus sek ambek catatn kimia sifat koligatoif larutan
    iso luengkap
    biasane muridku saiki mung nulis rumuse tok ambek contoh soal 1-2
    tapi dulu memang catatan anak sekolah iku lengkap2

    hmmmm aku terpesona ambek es e
    lek ndek tempatku nama e ya es campur
    tapi warna e agak beda

    jambu air e alias kelampoke jan bikin ngiler
    wis lengkap 4 sehat 5 sempurna

    tahu krispi ne pisan
    gae takjil masya allah
    dan engga keroso wis setengah ulan mariki bodo hmmm

    BalasHapus
  24. kirain sampe kemana he he he he..

    Sukak ma foto2mya terutama foto makanan dan tanaman tanamannya..kalau makanan kita lagi tergila2 ma tahu bakso..pas bukpus maunya makan itu terus belum bosan2 padahal dah ditengah2 puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya mba fitri...biasa bikin judul yang agak rada rada si mbul

      bakso bikin sendirikah? apa ada langganan mba fit?

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  25. Perasaan udah ninggalin jejak, eh ternyata hanya perasaanku saja... wkwkwk.. Banyak banget mbul makanannyaaaaaaa.. bagi sini.. wkwkwk.. Tanemannya juga bagus2.. hiks lah aku belum pernah nyoba nanem pohon lagi sejak nanem cabe aja mati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beloooom kak belom....hihihi

      apa kena chapta ya? sini kuy kak terbang ke kebumen city...etapi ga di kota deng..tapi dusun hahahhaha

      padahal harga cabe lagi mahal ya...lumayan sebenernya kalau nan cabe bisa tumbuh subur πŸ˜„πŸŒΆπŸŒΆ

      Hapus
    2. eh aku suka nginep di pedesaan, apalagi kalo banyak ijo2nya.. nyegerin mata..
      nah itu nanem cabe, udah berbunga.. eh rontok aja terus, ada putih2 gitu di daunnya.. hoooi syedih.. yang berhasil cuma nanem kunyit aja.. iseng nanem, eh gak lama muncul daunnya, lumayan buat bikin gulai.. hehehehe

      Hapus
    3. kak naia ada biasa tempat nginep di pedesaan jugakah? rumah nenek barangkali ya? bukan yang di LA hihihi

      nanem kunyit? wah tabulapot dunk...cabe emang untung untungan yak...biasanya karena faktor tanah...waktu itu punyaku juga kekeringan (。>γ……<。)πŸ’¦…

      Hapus
    4. wkwkwk sayangnya nenekku semua di Jakarta.. Kalo ke pedesaan paling ke kampungnya suami di Purworejo, atau sekedar jalan2 ke tempat2 yang dingin.. aku lebih suka pegunungan daripada pantai..

      Kalo masalahku krna hama, gitu aja terus.. hiks

      Hapus
    5. waakkkk...tetanggaan kebumen purworejo cuma sejam kalau dari tempat mbul kak nai hihi

      aku juga lebih suka pegunungan...pantai nyanyas...ku takut gosong #eehhh ahahhah

      Hapus
  26. Ga salah lagi, pasti foto makanan yang bikin lidah bergoyang πŸ˜„

    Enak banget semuanya jadi pengen, makanan rumahan yang bikin kangen.

    Udah mudik juga ya mbul sebelum di larang πŸ€­πŸ˜„

    Bunganya cancik cancik amat, bikin seger mata 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. as olways ya kak pit kalau si mbul yang posting ujung-ujungnya pasti makanan 😜🀭

      tauk ajaaach....ku kan jadi pengen malu wkwkkwkwkkw


      cancik sapa dulu yang nyiram? #etdah hihihi

      Hapus
  27. Beautiful flowers and delicious recipe amazing post

    BalasHapus
  28. Uuwuwuuuw .. , moga terwujud benaaar ~~~Dilimpahi cinta dari berbagai penjuru dunia...., haseeek

    (οΎ‰οΎŸ0゚)οΎ‰→

    Selanjutmya, kuterheran.

    Ini kok bisa seeeh yaa ..., Hampir tiap hari ono aopate-an anyar and then tulisane kok dowo-dowo kayak rangkaian gerbong KRL lewat , kuwi .. piye gawene ?, hahaha ..

    Belum editing potone2 ...ckckk.


    *maap, komentar kluar dari out of the topic, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, aku juga heran kok mbul bisa bikin update yang panjang tulisannya, kalo seminggu sekali itu wajar sih, lha ini sehari sekali, apa ngga kriting ya tangannya.😁

      *Maap, ngga bawa gula teh.🀣

      Hapus
    2. ga tiyap hari mas him...ada yang takendepin per 2 hari...ada yang moe 4 hari...ada pula yang mpe seminggu atau lebih loh wkwkwkkw


      nah pancen ngewatermark fotone sing pe er hwahahhaa...sampe mabok huhu

      Hapus
    3. Atasnya mbul bukannya genteng? πŸ™„

      Oh maksudnya cicak atau tokek kali ya.😁

      Jangan direbonding ah, mumpung lagi mahal cabe keriting.

      Hapus
  29. Nunggu azan magrib sambil buka blognya Mbak Mbul auto bikin ngiler sih.
    Itu jambu air rasanya kayak di tenggorokan segarnya. 🀣

    BalasHapus
  30. Maaf mbak, saya membacanya sambil memembayangkan mbk mbul ngomong. Wah pasti rame ya kalau ketemu, pandai bercerita. Btw, kok ada MOlaritas dan kawan-kawan? mbk dulu IPA ya hehe, sama dengan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayangannya si mbul ceceruwwet banget ya mas supriyadi..mungkin persis kayak burung emprit atau kepodang wkwkkwkwkwk

      iyah betul sekali, dulu anak IPa hahahha

      Hapus
  31. Cantik tulisan, sebutir-butir.
    Sama, kami makan ikut selera dan pandang tertentu.

    BalasHapus
  32. wah
    jambu airnya itu yang mak nyes jika dimakan, apalagi disajikan dalam keadaan agak dingin. Segitu ya pasti cepat habis dalam hitungan menit.

    Memang saya sangat suka dengan jambu air apa saja, yang warna merah, hijau apalagi enaknya

    Dari judul, ampe tengah2, berati kurang separuh dong

    BalasHapus
  33. Niiit itu kurang sambel rujaak hahahah. Aku kalo liat jambu air gitu pasti pake sambel rujak deh :D. Walopun rasanya manis, ttp aja pake sambel :D. Kaan JD pengen ngerujak akutuh :p.

    Asking banget udh di rumah ortu :(. Nth kapan aku bisa balik ke Medan ini. Makin ga jelas, apalagi pas baca berita petugas antigen di bandara Kualanamu pake alat bekas, ihhhh JD makin serem aku mau balik. :(. Udh telanjur ga percaya. Sekelas kimia Farma bisa begitu, apa kabar yg lain.

    Buku2ku zaman sekolah udh ga ada samasekali. Ditinggalin pas pindah ke Medan, di rumah Aceh :p. Dulu tulisanku juga tapiiii, sering dipinjem Ama temen2. Krn komplit dan warna warni tulisannya hahahaha. Mereka bilang bacanya JD enak :p. Ga bosenin.

    Tapiiii sejak kuliah di Malaysia, dan dosen ngomong Inggris trus cepet banget, wassalaaaaaam tulisan rapi wkwkwkwkwk. Aku hrs tulis intinya doang, supaya bisa nangkep. Itupun kdg pake rekaman hahahaha. Jadi sejak kuliah, aku ga terbiasa lagi nulis rapi. Ampe skr JD cakar ayam banget hahahaha

    BalasHapus
  34. Mbak gembul. Katanya ini quick update, tapi panjangnya ga karuan. Dari menu buka puasa hingga koleksi tanaman di rumah beserta nama latinnya...wkwwkwk

    Aku belum pernah makan pepes nila. Mungkin terdengar baru bagiku. Kalau ibuku biasanya pepes ikan kakap. Menu kesukaanku..hahahhaa

    Resep bakwannya sepertinya bisa dicoba. Keluarga kalau piasa gini biasa bikin bakwan sendiri. Bentuknya agak mbleber (( m b l e b e r ))..wkwkwk..bukan yang bulat bantet. Kalau buka puasa pasti ada menu bakwan...hahahah

    Ditunggu postingan lainnya di bulan mei. Banayakn posting makanan yaa..hahaha

    BalasHapus
  35. Hwah menu di meja makannya bikin laper banget. Paling ngangenin jambu aer sama bakwannya, joss sekali.
    Selamat berpuasa by the way

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...maknyus buat buka sekaligus sahur...jepretnya sekali aja buat bahan tulisan di blog...

      emang kalau buka pake buah serasa nyess di tenggorokan

      selamat berpuasa juga buat bapak dan keluarga ☺😊

      Hapus
  36. penampakan menu-menu di meja makannya sangat luar biasa bikin ngiler. Especially jambi aer sama bakwannya bikin laper banget
    selamat berpuasa by the way

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya pak yonal...lumayan bikin kruyuk kruyuk jelang bedug magrib...begitu teng bunyi sirine langsung deh comot jambunya wkwkkw

      selamat berbuka puasa pak ☺😊

      Hapus
  37. Siang-siang lihat foto-foto di atas jadi takut khilaf. Takut tiba-tiba ke dapur buka kulkas hehe

    BalasHapus
  38. Wah kok mas Herman belum datang juga ya mbul, apa lagi begadang bareng kang satria ya? πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lagi di lamer bareng kang sat...eeeeeeee lagi nyebrangvdi lamer maksud mbul mas agus hihihi...

      Hapus
    2. Mungkin lagi sibuk bikin cerpen baru kali ya, kayak kang satria juga ada cerpen baru.

      #maafpromo.😁

      Hapus
  39. Wah, baru di tengah aja udah bisa gain weight nih :)
    All of foods here are sooo good! Jambunya seger, apalagi fruit desserts.
    Bunga bunga dan hijauan bikin adem.
    Yeps, less than 2 more weeks :)

    BalasHapus
  40. Wah... postnya sekarang jadi luancar, saking lancarnya saya sampai bingung mau komen yang mana aja... hehehe. Padahal waktu awal baca sudah tertarik dengan jambu aer karena mengingatkan kenangan saat merantau ke ujung barat mencari kitab suci, eh sampai tengah ketemu kembang, tulisan, komik dan lauk-pauk yang bikin ngiler karena bacanya siang. Coba baca habis buka puasa pasti langsung masuk dapur ambil makanan juga biar gak ngiler.. hahaha.

    Kebiasaan blogwalking masuk beranda, kalau post paling atas bikin tertarik langsung cus tapi kalau tidak sesuai selera pasti lihat koleksi yang bawah-bawah, hehehe.

    Ditunggu review Doraemonnya... kalau ada pas Nobita nikah ya, hahaha.

    BalasHapus
  41. omaigoddd liat es buahnya seger benerrrr
    kalau puasaan begini, tiap hari minum es buah ayok aja kalau aku, lahh seger toh, mak nyess gitu
    aku lama ga makan tempe gembus mbak hahahha, auto kangen deh kalau gini

    ngomongin doraemon, aku jadi keinget koleksi komik aku, dari dulu betah aja bacain doraemon, yang mana si nobita kok ga gede gede aja sih hahaha
    etapi yang dibiokop kemarin belum sempet ditonton, padahal wish list banget

    BalasHapus
  42. Wow, jambu airnya pink merona, menggoda banget tuh, Mbul hehehe :) Telor dadar mah ga pernah bosenin ya, mau terus tiap makan hahaha apalagi banyakin daun bawang dan rawit orensnya. Es buah Tasik, hhmm kayaknya aku belum nyobain deh, tapi penampakannya mirip es buah biasa ya..yummy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba nurul...seger banget...dapat beli di kede buah..coba mbul punya pohonnya hihihi

      itu btw bukan dadar tapie hihi
      tapi bakwan 😜🀭

      Hapus
  43. makanan yang enak dan menyelerakan

    BalasHapus
  44. makanan yang enak dan sedap

    BalasHapus
  45. Tumben belum afdet mbak nitaku yang cantik dan imut yang bikin kangen ? Kangen terus tarinya πŸ€«πŸ€­πŸ€­πŸ™πŸ™πŸ™, afdet artikel atuh mbak nitaku , artikel terpendek tapi ???? πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  46. aduuh aku fokus dengan angreknya, bagus-bagus nian mbak. aku penyuka tanaman tapi belum punya anggrek yang bagus bagus karena lagi berhemat hehe. Selamat menanti berbuka puasa mbak, jadi ngiler lihat foto-foto makanannya ih.

    BalasHapus
  47. Waaaah ada pempek... 😍😍😍
    Btw fotonya itu banyak banget yaa mbak.. Ini mah fiks mau pamer ahahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  48. Bacanya pas jam segini, untung masih tahan jadinya bisa dibaca sampai habis nih, hehehe

    BalasHapus
  49. I do not understand the language but the pictures are so alluring!

    BalasHapus