Senin, 26 April 2021

Udah Nyampe Tengah-Tengah Aja Nih.......



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Sesungguhnya postingan kali ini dipersembahkan oleh keinginan buat majang foto jambu aer yang warnanya pinky-pinky unyuk itu....#eh alesan macam apa ini? Belum ngucap salam udah maen intro aja. Intronya jambu aer pula....hihihi, maapkeun ya Pemirsa, terlalu bersemangat sayanyaaah....

okey....Bismilahirohmanirohim..

Assalamualaikum semua...

Apa kabar pembacaku tercinta di Senin siang yang cukup nyanyas seperti kepalaku ini? Nah loh? Semoga sehat-sehat saja ya, selalu bahagia dalam keadaan apapun. Dilimpahi cinta dari berbagai penjuru dunia~~uwuwuw....


Jangan lupa baca doa dulu sebelum makan Mbul

Udah nyampe tengah-tengah aja kan puasanya? Cepet banget, horeeee! Tetap semangat ya bagi teman-teman yang menjalankan. Bagi yang ga menjalankan juga tetep semangat. Jangan sampai letoy seperti semangat ngeblogku yang kadang ada, kadang ga. Kadang kembang kempis, kadang merah membara. Kadang kembang kempisnya itu kayak idung peseghnya kucing persia. Tapi kucing persia kan enak buat dikuwel-kuwel ya.....wokwokwok....Jadi apaan tuh artinya? Beby Mbul enak dikuwel-kuwel juga dong berarti.......dikuwel-kuwel apanya emang?

Dikuwel-kuwel pipinya maksudnya :-p.

Gimana.....gimana?

Rasanya waktu uda kayak marathon aja yekaaan? Alhamdulilah kalau masih pinaringan sehat, waras, juga slamet. Masih bisa napas. Masih bisa ngeblog. Masih bisa buka blog ini. Masih betah juga kan baca-baca blog ini? Masih kan? Masih lah yaaaaa? Masih ga...? #Sambil sodorin pistol---mainan #tapi bo'ong. Ya ya ya... bilang iya dunk...sekali-kali nyenengin aku napa...wahahaha #ngarepdotcom.

Okey deh, aku update lagi untuk yang kesekian kalinya. Mudah-mudahan ga pada bosen? Kalau bosen, kusedih...lalu berlinang aer mata....lalu mutung, lalu malaz update....etdahhhh...kampleng juga si Mbulll...wkwkwkkw. 

Abis aku gatel sih pemirsa kalau punya foto tapi belum takbikin ceritanya. Aku kan spesialis penulis blog yang diawali dengan adanya foto. Fotonya aja dulu, nulisnya belakangan. Daaaaaan....kali ini aku cuma pengen cerita-cerita tentang sesuatu hal yang biasa-biasa aja sebenernya. Lebih ke quick update ala-ala. 


Mbul dah mirip jambu blom? Kan uda sama ngepinknya :D

Jambu feat tempe gembus...jadinya aliran apa nih?


Pertama, terereeeeet teteeeeet! 

Mau majang foto jambu aer. 

Eh....maksudku pengen cerita tentang menu bukaan kemarin. Bukan yang spesial poenya atau yang gimana-gimana sih. Sekali lagi sesuatu hal yang sangat biasa, seperti halnya menu bukaan pada umumnya. Tapi entah kenapa aku selalu antusias menceritakannya. Iya, semua hal yang berbau makanan, aku selalu antusias menceritakannya. Meskipun pengawuran ala-ala dan ga pake bahasa yang tertata cem guru Bahasa Indonesia, hihihi. Tapi sekali lagi aku senang. Uda gitu aja, ga pake tapi. Nikmatin aja udaaaaa foto-fotonya, ga sah banyakan protes #eh?

Oh ya, sebelum ada yang nanya, aku mau pengumuman dulu nih...eh lha kok pengumuman ya? Maksudnya aku cuma mau kasih tahu bahwa udah sejak awal bulan aku ada di kampung halaman, soalnya lagi banyak ngurus ini itu aka kepentingan keluarga jadi ya memang udah lebih awal ngendon di kampung halamannya hohoho....Alhamdulilah jadi bisa kumpul Bapak Ibu setelah sekian lamanya ga buka puasa bareng ya. Asyik!

Sebenernya Bapak Ibu kalau di rumah kan daharnya so so soooooo minimalis banget. Terlebih menu daharnya Beliau berdua juga memang sekarang hambar-hambar banget ya kan, karena disesuaikan dengan usia dan pola makan untuk diet tertentu. Porsinya pun sedikit-sedikit. 

Tapi ntah kenapa kemaren itu aku malah ada acara beli takjilan segala. Mana jumlahnya agak banyakan lagi #terus ditangisin isi dompet. Maksudku sekalian buat sahur gitu. Jadi yaweslah...Wes kadung. 

Ibu sebelumnya udah bilang sih bahwa Beliau nyayur tumis kangkung dan goreng tempe gembus yang ditepungin. Ada pepes nila juga yang pesennya di deket kantor ibu. Untung ga jadi beli pepes yang di Wadaslintang aku....soalnya pas ke sana katanya musti by order dulu. Ga bisa pesen dadakan. Mau ke warung yang lebih nanjak lagi, eh tenyata kata ibu uda tutup, yang punya udah meninggal dunia. Jadi yaudah deh, akhirnya turun lagi dan sampailah aku di sekitar area depan Pasar Prembun. 

Elahdalah, bakul takjilan ternyata banyak bener. Dagangannya meuni terlihat berkilauan syekaliiii.... seperti meng-awe-awe diriku untuk segera membelinya πŸ₯΄πŸ€­πŸ˜±.


Sayang kalau uda eye cathcy gitu ga difoto # -______-"

Jambu asli Kedungbulus (((Jarene)))


Yawes, terpaksalah tangan ini menunjuk-nunjuk aneka gorengan seperti bakwan, kepala ayam krispi plus tahunya, juga es buah tasik Prembun yang mangkalnya di seberang Pasar Prembun. 

Es tasiknya harganya berapa jal? Sungguh sangat ingin kuberkata wow edaaaaan!!!! Di sini sebangsa es-esan masih dibanderol dengan harga yang sangat murah. Seplastiknya cuma Rp 4000 saja. Kalau hari biasa, di luar Ramadhan bisa Rp 3000, soalnya nyasar pangsa pasarnya anak sekolah. Kan deket situ ada MTS ya. Itu yang sebelah alun-alun Prembun dan KUA. Jadi murahnya kebangetan. 

Oh ya, sebelum tergoda takjil, sebenernya sempet beli buah juga sih. Kebetulan deket Indomaret yang biasa aku satronin, ada kede buah baru yang lumayan lengkap buah-buahannya. Meski waktu itu harganya lagi agak mahal, tapi pengen beli anggur item, kelengkeng, ama jambu air. Jambu airnya kata bakulnya sih namanya jambu Kedungbulus. Maksudnya dipul dari Desa Kedungbulus kali ya? Sebab jambu kayak gini kan sebenernya di deket rumah juga ada. Dan lokasinya pun ga di Kedungbulus. Punya tetangga sih maksudnya wahahhahah...bukan pohon sendiri. Berarti kan ga cuma ada di Dungbulus? Dimana-mana ada keleus. Hihihi....Tapi ga pa pa deh. Beli juga buat nglarisin yang dagang. Kan itung-itung nabung ke kang dagangnya #eh lha kok nabung ke pedagangnya siiih, wkwkwkwk. Ya, maksudnya kalau banyak makan buah kan bagus juga buat asupan vitamin #alesyan aja, padahal sendirinya udah macam codot yang sukanya nyaplokin buah-buahan #ooops...jadi pengen maluw πŸ™ˆπŸ™Š.

Sekarang aku mau ceritain makanannya satu-satu ya. Kupikir biar komposisi antara tulisan ama fotonya itu imbang. Ada tulisan diantara foto-fotonya. Biar nda wagu gitu. Kan aku anaknya visual banget #apa deh. Jadi kalau artikelnya kurang eye cathcy karena komposisi tulisan ama fotonya agak njomplang, rasaku ingin memperbaiki...Hahaha...#trus aja ngoceh Mbul. Ini aja maksudnya sambil nambah-nambahi kalimat. Ya itu tadi soalnya fotonya dah kadung kebanyakan. Kalau ga diselipin kata-katanya aku merasa kuraaaaaaang.


Tahu crispy selalu terdepan. Uda kayak slogan apaan tauk

Bakwannya pake lombok rawit yang belum merah Cuy


Okey, langsung aja ya, kureview satu-satu makanannya.

1. Tempe Gembus Goreng

Tempe gembus sering banget nongol di meja makan Prembun. Lauk kesukaan kami semua. Ibu dan aku deng terutama. Yang lain biasa-biasa aja sih. Digorengnya balut tepung. Walaupun umumnya dioseng lombok ijo. Tempenya berasa 'menul-menul' banget. Soalnya dia fermentasi ampas kelapa. Emang sedikit berbeda dari yang fermentasinya kedele. Secara tekstur maupun rasa beda. Ya kayak yang aku bilang tadi, kalau yang ini lebih menul-menul alias empuk tempenya. Kalau yang biasa kan keras ya...hihihi.

2. Bakwan Goreng

Bakwan gorengnya bukan yang bulet empuk~~nyempluk di tengah itu loh. Melainkan yang mbleber ceper ga tentu arah, wakkakak. Lumayan gede juga diameternya. Dan crispy. Aku bilang sih agak keras adonan tepungnya (((sebenernya))). Tapi tetep enak kok.

Aku sendiri dapat bocoran bahwa rahasia bakwan supaya crispy dan tahan lama itu terletak pada penggunaan mentega yang dicairkan sebelum adonan tepung terigu dan tepung berasnya diaduk jadi satu dan dicampurkan bareng sayurannya. Tepung berasnya dikit aja. Lebih banyakan tepung terigunya. Tepung berasnya cuma buat renyah-renyah. Nanti, mentega cairnya kira-kira sesendok makan aja. Itu juga udah bikin gurih banget.  Cepet crispy pula. Serius!!! Aku udah membuktikannya. Jadi dia itu bikin awet dan ga cepet klemer-klemer andai ga segera dimakan. 

Warnanya kalau mau lebih cantik lagi bisa pake parutan kunyit. Biar kuning keemasan, digorengnya juga pas dalam keadaan minyak panas. Sampai tenggelam ya......bukan tenggelam dalam lautan luka dalam, tapi tenggelam dalam minyak supaya merata di semua sisi. 

Kalau sayurnya sih umum aja, paling kalau ga harus ada wortel, kobis, juga tauge. Dimaemnya bareng lombok rawit beneran (tapi belum jadi merah), bukan cengis...

Lucu ya? 

Hihihihi...


Manis banget...asli...seger uuunch!

Warnanya uda macam bunga lotus ya kalau tampak atas

Pepes nila, bakwan, jambu air, ayam crispy, tempe gembus goreng, kangkung cumi, anggur+kelengkeng, tahu crispy


3. Jambu Air

Jambu airnya seperti yang kuinfokan di atas katanya sih disebutnya Jambu Kedungbulus. Ya mungkin sih berdasarkan analisaku disupplynya dari Desa Kedungbulus, mengingat memang ada nama desa tersebut di area Kebumen Raya. Sedangkan nama julukannya aku ga gitu tau. Apakah jambu air aja, jambu kaget, atau jambu apa...wkwkkwk.....Maklum aku nyerah kalau disuruh njabarin varietas buah-buahan termasuk nama ilmiah atau nama Indonesianya. Sengertiku ya cuma jambu air aja. Walaupun yah, jambu air kan ya tetep macem-macem namanya. Cuma yang ini memang warnanya agak pink keputih-putihan. Rasanya asem seger. Cocoknya buat lutisan sebenarnya.

4. Es Buah Tasik

Kenapa namanya Tasik ya? Kalau ga salah karena yang jualnya asli Tasikmalaya dan ngrantau di Prembun. Eh iya ga sih? Cuma nebak aja deng aku, hahahha.. Kali begitu...Makanya dinamakan es buah tasik. 

Dia ini bentuknya gerobakan. Ga di Bulan Puasa aja sih adanya. Bahkan di bulan-bulan biasa juga ada. Ibu yang sering beli. Murah mereah redho. Sebungkus cuma Rp 4000 saja. Itu udah porsian sop buah di Jabodetabek yang biasanya Rp 10 ribu. Mana isiannya lumayan lengkap lagi. Ga kaleng-kaleng. Ada pepayanya, semangka, nenas, ager, tape singkong, melon, rumput laut, cincau item, dan juga juruh atau gula merah cair selain tentu saja ada santennya. Ntar per itemnya ini diwadahin pake toples-toples beling yang tutupnya khas banget. Yaitu tutup yang warnanya merah. Esnya seger dan manis. 

Aku suka banget ama es buah Tasik ini. Lokasinya juga strategis pula. Kalau dari pasar Prembun ya seberangnya. Pokoknya dia di depannya deretan toko-toko macam toko Bares, Air Mancur, Rakyat, dsb. Sebaris ama tukang fried chicken, martabak, dan batagor. Sering ketutupan ama colt yang ngetem juga sih sebenernya, wkwkwk.


Kalian fokus ama apanya coba? 

Es buah tasik seberang Pasar Prembun Rp 4000 aja

Isi : semangka, pepaya, rumput laut, nanas, cincau, melon, ager, juruh. Seger banget pas untuk melegakan tenggorokan :)


5. Pepes Nila

Ini menu utamanya nih. Kesukaan ibu dan yang lain. Kalau aku sebenernya ga gitu suka ikan. Tapi kalau boleh jujur, pepes nila yang ini enak kok. Bumbu pepesnya meresap membalut si nilanya. Dominannya sih pedes. Dia juga wangi ya...mungkin karena dibalut pake daun pisang. Teksturnya lembut, ga ada amis sama sekali, walau nyingkir-nyingkirin durinya terus terang  PR juga ya.

6. Kepala Ayam Crispy

Kelasnya kita cuma beli keepci-keepcian pinggir jalan. Ya kan di Prembun belom ada Keepci beneran, hihi. Tapi meskipun begitu rasanya tetep enak kok. Sengaja belinya yang bagian kepala soalnya lebih murah. Dan pasti kemakan. Ketimbang beli dada atau paha cuma digundulin doang. Maksudnya dikulitin bagian luarnya aja. Kelakuan siapa ini...Kelakuan Cyubuuullll lah pastinya, wkwkwkwk. Ntar kalau udah tinggal dagingnya aja ditinggalkan begitu aja, wkwkwkwk. Kalau kepala kan ga ya. Minimal abis dah tuh kalau beli bagian itu, hihi. Lagian belinya juga cuma 6 biji. Buat alternatif lauk aja.

7. Tahu Crispy

Ini beli masih sepaket ama ayam crispynya. Memang di sini kekuatannya justru di tahu crispy yang jauh lebih laris ketimbang ayamnya. Tahunya segitiga dan dibalut tepung crispynya si ayam. Dimaemnya paling enak bareng ceplusan cengis atau cengek kalau ga ya saos sambal bawaannya langsung. 


 Sekalian buat sahur, jadi ga perlu masak lagi

Pepes nila, wanginya oh My God!

Pepes nila setelah dibuka...hmmmmm....

Ayam crispy enyaaakkk!

Siapa yang kalau mam ayam sukanya dikulitin doang kayak Ubulll? Dagingnya ditinggalkan..muahahahha

Tahu crispy diceplus pake lombok ijo..nyusss

Bakwannya enak nih...menul-menul di dalam, gurih dan renyah di luar #udah kayak iklan wafer apa yaaa πŸ™„πŸ€”

i love bakwan sayuran so much!


8. Kangkung Cumi

Kayaknya aku lebih jago bikin tumisan kangkung deh ketimbang ibu. Soalnya tumisan kangkungnya ibu gelap hahhahaha...#piece ya Mamine. 

Kata ibu, "Mau ya sebenere warnane ijo loh Nduk. Iki karena nunggune suwe tekan magrib jadi keburu gelap." 

Haha alesyan aja Mamih...but iya deh, I see i see...biar Mamine syenang.

Kalau tekstur kangkungku kan lemes ya kayak modelan kangkung resto seafood, sedangkan punya ibu agak kaku. Rasanya pun punyaku lebih pure bumbu alami. Kalau punya ibu kebanyakan saos tiram botolan deh kayaknya. Walaupun spesialnya uda ditambahin cumik. Bumbu khas tumisannya sendiri dirajang. Kalau punyaku diuleg. Biar lebih umami lagi kutambahin tomat sekalian. 

Kangkungku juga kebanyakan polosan. Ga kutambahin apa-apa lagi. Paling banter pake essence belacan, kalau ga terasi ABC 2 bungkus kecil. Itu kalau masak 2 unting ya. Soalnya kangkung kan emang menyusutnya kek lagu Afgan. Sadis! Satu unting, kalau uda kena panas bisa cuma buat satu porsi piring aja. Makanya kalau masak untuk banyakan orang, seminimal-minimalnya 2 unting. 

9. Pempek

Ini Bapak yang beli di Purworejo. Tinggal gorang-goreng aja terus dikucurin cuko ama timun deh. Ada ebinya ga ya? Sepertinya ga. Soalnya kucari-cari ga ada. 

Dulu pas masih kecil kami sering dibawain bapak kalau abis pulang ngajar. Belinya dipisah dari cukonya. Seringnya pilih yang kapal selem ama lenjer. Sebenernya pempek aku lebih suka yang kulit ama adaan. Tapi lenjer ama kapal selem juga suka sih, asal rasanya enak. Bapak sih yang suka banget ama pempek. Walaupun yang kemarin beli kayaknya yang model dos ya...Soalnya kurasa-rasa ga ada campuran ikannya, hihihi. Aku kan udah khatam ngrasain mana yang dos, mana yang ada campuran ikannya :D


stir fried kangkong with squidy

Tumis kangkung ibuku lebih gelap dari buatanku hahahah

Pempek kesukaannya Bapak

 Tempe gembus goreng balut tepung

Berani nyeplus lomboknya ga! Itu rawit loh haha

Egein tampak atas...i love food photography

Kali ini ayam crispy feat jambu air, akan jadi aliran apa ya hihi

Mauk mauk...Mbul suka yang manis-manis

Jambu yang jadi pusat dari segalanya...

Tengok kebon mininya dulu πŸ˜‹πŸ˜³

Bunga anggrek yang kusayang, kini tersenyum berdendang..

Bunga anggrek totol ungu...ga tau nama ilmiahnya saia

Cakep ya kebon mininya si Mbul?

Ini tulisan tangannya si Mbul jaman SMA

Terbayang-bayang oleh rumus. Rapi ga tulisanku Say?

Kalau yang ini tulisan versi kesusuw...tapi sempet-sempetnya gambar Bugs Bunny di samping :D

Bunga krokot dalam pot gantung

hijau seger...

warna daunnya merah cakep gini ya?

bunga kamboja pink

Ini bunga apa ya..pinknya so cute

se-cute Beby Mbul kah? wkwkwwk, ngarep aje loe Mbul hihi


10. Anggur Item

Anggur item beli sakdompol di kede buah. Anggur emang paling joss yang warna item agak lonjong gini. Soalnya pernah rasan yang merah lebih acemmmm ketimbang yang item. Jadi kalau disuruh milih...mending yang item ketimbang anggur merah yang memabukkan diriku anggap belum seberapa...bila dibandingkan dengan senyumanmu ...membuat aku...wkwkwkwk #dangdut oey!

11. Kelengkeng

Kelengkeng lagi mahal. Seginian kena Rp 40 k. Biasanya cuma Rp 20-30 k. Hahahha...Tapi ga pa pa deh, buat seger-seger, angkuuut!!!! Aku suka nyeplusin kelengkeng. Coba kalau ga ada bijinya. Uda langsung telen deh sebunderan kecil itu, hihihi.

Anggur item lebih manis

Kelengkeng juga manis

Kamu suka anggur juga ga kayak aku ?

Anggur feat kelengkeng jadinya...aliran sop buah aja kali yes

Mamaaaaaaaaaam....ngelih...laper...huhu



That Orchids are going to Bloom!

Terus nengok kebon mini juga, bunga-bunga udah mulai robah warna lagi. Kayak sulapan, kali ini yang lagi mekar itu anggrek yang ungu totol-totol, semi pink, pink, putih, merah, dan merah tua. Ada pula taneman hias yang kapan lalu sempet trend dan aku baru engeh, ternyata di rumah juga ada...wkwkwk. Itu loh janda bolong. Ada lagi agronema, krokot, suplir, kuping gajah, dan lainnya... Semua aku ga tau nama ilmiahnya. Cuma sebagai penikmat ciptaan yang Maha Kuasa. Kalau suruh ngecekin di google atau buku biologi aku ga sempat. 

Dulu aku emang suka pelajaran biologi. Dari sekian pelajaran IPA yang ada, sukanya cuma biologi. Lha yang lain model hitungan. Yang ada palaku kosmed, wkwkwkwk. 

Nah, ngomongin tentang nama ilmiah ini, aku inget banget pertama kalinya kenal ama bab ini ya pas SMP kelas 1. Bu gurunya lemah lembut banget. Bu Suminarsih namanya. Beliau kerudungan, karena pada saat itu kan yang kerudungan masih bisa dihitung dengan jari ya. Nah Bu Suminarsih itu masuk dalam hitungan jari itu. Maklum jaman old, hehe. 

Senangnya diajar Bu Suminarsih karena beliau kalau njelasin itu detail, termasuk bab nama-nama ilmiah tanaman dan juga hewan. Per bab di LKS diterangkan dengan sabar dan telaten. Pun saat memberi nilai juga dirinya fair.  Kalau pas ulangan mendadak, ndilalahnya aku langsung apal sih ama yang dipelajarin walaupun sebelumnya ga baca text booknya. Cuma karena selama KBM (Kegiatan Belajar Mengajar red), Bu Suminarsih neranginnya enak banget, jadi cepet nyantol di kepala. Jadi seneng deh, tiap ulangan nilaiku selalu range 95-100. Padahal itu ulangan mendadak hahaha. 

Terus, dari Bu Suminarsih pulalah, aku jadi belajar mencatat setiap pelajaran di buku tulis dengan lebih terstruktur lagi. Jadi pas dibaca ulang gampang dipahami. 

Tapi sedihnya pas kenaikan kelas, guru biologinya dirotasi. Yang ngajar bukan Bu Suminarsih lagi melainkan satu guru lain yang lebih tegas perangainya (baca : agak sedikit galak). Walaupun sama-sama depannya pake 'Sum' juga. Tapi terus terang aku lebih suka diwulang Bu Suminarsih ini, hiks...


Anggreknya ganti warna lagi yang berbunga

Suka warna ijonya...cakep kan daunnya

Sungguh elok dan membuat hatiku jadi adem

Daun kuping gajah...

Daun apa ya ini?

Agak ngeblur...

Subhanalloh warna daun aja bisa warna-warni gini

Saatnya Mbul sirem-sirem taneman 😝😱

Yang ini paling aku suka coraknya πŸ˜™πŸ˜šπŸ˜˜

Warnanya serada cute gitu 😱😳😍

Ini apa ya.....coba takgoogling dulu...Mamiku banyak koleksi taneman, aku ga tau nama-namanya wkwkkw

Tuh kan potnya aja banyak πŸ˜‹

Seger kalau nuju buka nongkrong di sini πŸ˜‰

Sambil liatin ikan hasil pancingan Bapak yang ditaroh di akuarium, bukannya ikan hias tapi ikan kali, semacam lunjar dan bethik..cupang juga ada sih πŸ˜™πŸ€ͺπŸ˜‹

Yuk bertanam anggrek 😘

Egein...ga tau namanya saiaa πŸ€ͺπŸ˜‹

Udah hampir layu #kraiii πŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ˜­

Kalau mekarnya barengan auto sedap dipandang

E ada kucing nongol di situ πŸ™„πŸ₯΄

Pake blitz biar jelas

Dijejerin yang warnanya beda..biar kalau berbunga semarak

Yang ini juga uda agak layu 😫πŸ₯ΊπŸ˜’

Auk namanya apaan 😱

Disusun-susun gini potnya 😊☺

Hmmmmmmmmb....😌

Love that orchid! 😘

Corak ijonya beda ya ama daun daun sebelahnya

Tanaman yang sempat viral~~janda bolong πŸ™„πŸ˜±

Dipel sek toh yo Mbul lantaine 😱

Anggrek putih πŸ˜šπŸ˜™

Coba tebak mana yang paling Mbul suka?

Gustyanita Pratiwi, www.gembulnita.blogspot.com

Nyiramin taneman sore-sore 😴😴


Numpang intermezo dikit, berhubung kalau motret dalam jumlah banyakan aku malas kalau musti pilih salah satu~~maunya takmunculin semua, maka sekali lagi kuselipin dikit foto in all menunya ya...hahaha..#balik ke subjudul paling atas lagi dong Mbul, biarin deh, wkkwkw.

Aku sebenernya kalau motret makanan masih ngasal. Maksudnya belom seahli food blogger yang lensanya sangar-sangar saking canggihnya itu loh. Ga pake teknik ini-itu pula. Yang ada cuma pake perasaan aka feeling...#uhumb.  Biasanya juga kubidik dalam tempo yang sesingkat-singkatnya karena takut dipleroki yang udah keburu ngelih dan ingin segera memakannya. Jadi ga pake atur-atur posisi piringnya segala, tambahin perintilan pemanis kayak garnish-garnishan atau background kain apalah-apalah. Hiasan bunga-bunga, dan lainnya. Ga pake aku...hahahahha...

Adanya di meja itu, ya langsung jepret, set-set-set. Yang penting makanannya tampak nyata dan menggugah selera. Mau ajar teknik dari atas atau bahasa kerennya flatlayeagle eye atau apapun itu istilahnya keburu rempong duluan akutuw. Jadi, ya udah lah begitu aja. Jepretan ala amatir. Makanya musti ngambil agak banyakan. Biar kalau ada yang blur masih ada opsi lain yang lebih jelas. 





Tulisan Tangan Jaman Sekolah

Tadi nyinggung dikit soal buku biologi ya, nah di sini aku malah nemu buku tulisanku yang lain. Bukan biologi. Tapi masuk ranah pelajaran IPA lainnya. Aku nemunya fisikaku jaman sekolah. Kubuka-buka lagi halamannya karena aku kepo ama tulisanku jaman dulu. Seberapa mencang-mencongnya tulisanku? Ternyata ga juga. Tulisanku agak rapih...wkwkwkwk...Lumayan rajin nyatet juga dulu akutuh...Aniway, di sekolah aku juga selalu jadi sekertaris kelas sih. Tugasnya bikin jadwal piket ama mading kelas. Tak jarang suruh nyatet juga di papan tulis kalau pas pelajaran. Nulisnya pake kapur karena waktu itu papan tulisnya masih yang item itu, bukan white board. Jadi bikin batuk-batuk juga sih sebenernya. 

Di depan kelas naik ke bangku biar nyampe bagian papan tulis paling atas. Soalnya Beby Mbul ga nyampe. Waktu kecil aku kan imut-imut....oooops... pendek maksudnya. Tinggiku cuma 155 cm aja..... walaupun pake rok span, tapi suruh naik bangku juga, jadi kadang agak-agak worry hwahahhahahah. 

Tapi tulisanku di papan tulis dengan yang di buku agak beda. Jelas rapihan yang di buku tulis dong. Kalau di papan tulis kan ujung kapurnya ga seruncing bolpoin ya. Jadi tulisannya agak gendut-gendut. Arahnya juga bisa naik-naik ke puncak gunung. Miring-miring. Tapi kalau di buku tulis bisa presisi hurufnya. Kadang agak kotak-kotak, kadang langsing-langsing. Ya, mungkin karena aku orangnya perfectionist juga kali ya. Terlebih kalau buku catatannya diperiksa guru, pengenku sih bisa nulis serapi mungkin. Malah pas kuliah, selalu ada pelajaran praktikum yang laporannya itu harus tulis tangan. Ditulisnya di selembar folio. Bisa dibayangkan kan...gimana banyaknya kata yang harus kutulis? Kalau kertasnya bolak-balik, bisa 4 halaman. Itu kukerjakan serapi mungkin, pinggir-pinggirnya sampe kugarisin segala pake pinsil supaya ga mencang-mencong. Abis itu kalau udah rampung tinggal kuhapus lagi border linenya itu dan taraaaa laporanku paling rapi sendiri, hihihi. 

Tapi itu kalau lagi niat ya. Kalau lagi ga mood, ya tulisanku kurang lebih seperti tulisan anak TK lah. Maunya ngebut jadi lebih sering pake latin hahaha...Tapi anehnya karena kebiasaan nulis ini aku jadi tokcer urusan menghapal :XD.





Sebenernya aku pengen nyari buku tulisku yang lain. Soalnya perasaan dulu buku tulisku kan ada banyak ya. Ampe berkardus-kardus malahan. Tapi kayanya udah diloakin ibu, sama kayak nasib Bobo dan majalah jadoel lainnya, hwaaaa...monangis rasanya πŸ₯ΊπŸ˜±πŸ˜’😭. 

Gilaaa ya, jaman dulu aja ama buku sendiri ga segini hebohnya. Mbasan udah jauh dari moment sekolah kok ya kepo pengen nostalgia lagi. Temasuk dengan buku tulisku jaman dulu dan tentunya bacaan di masa lalu. Ya, aneh memang tapi kadang bawaannya masih suka terngiang-ngiang, bahkan sampai terbawa mimpi. Misalnya sama koleksi Bobo jadoelku, majalah Kartini, Femina, dan lainnya yang kala itu pernah kubaca. Begitu antusias ingin bernostalgia dalam mimpi, e tahunya uda keburu bangun duluan... Kan somplak...wkwkwk.

Nemu Komik Lama, Soon Bakal Direview

Kesempatan bongkar-bongkar lemari, aku juga jadi nemu komik lamaku. Tumpukan komikku yang di Prembun kalau ditambah tumpukan komikku yang di Tangerang bisa-bisa buat bikin rental bacaan tuh, saking banyaknya. 

Dan ternyata, pas kubek-kubek lemari itu aku nemu harta karun lagi yaitu tetetettt tereeeeet Doraemon, hihi. Salah satunya udah pernah kutulis kemarin. Yang lainnya insyaalloh menyusul. Ada Doraemon Petualangan yang cerita tentang pahlawan bersayap, doraemon di negeri dinosaurus, Doraemon di negeri misteri, Dorabian night, dll. Kalau pas ada waktu slow mungkin bakal aku review juga. Kan ceritanya lagi banyakin postingan evergreen ceunah. Jadi banyakin nulis review-review dan juga sinopsis. Tulisan makanan juga...soalnya paling gampang dikomenin blogger bule #eh...hihi. 

Ya kan kalau post makanan tinggal komenin fotonya aja...hihihi.





Sebenernya emang paling gampang nulis label kuliner dan menu masakanku. Biasanya aku tuh stock-in fotonya agak banyakan untuk 2 tema itu. Setelah fotonya kumpul, ntar baru ditulisinnya agak belakangan. Nulisnya pun se-mood-nya aku, sesempetnya. Ntah pas abis masak sendiri atau pas beli di luar. Ya, lumayan kan buat nambahi konten kuliner. Terlebih ngarang indahnya juga gampang kalau temanya kuliner. Jari udah ngetril aja mau ngomongin tentang apanya. Toh fotonya juga ada. Mau ditulis kapanpun juga wokey! Kalau nulisnya sambil liatin foto kan memori langsung tertuju pada kenangan akan makanannya. Entah itu teksturnya kah, rasanya kah, ingredientnya kah, dsb. 

Lain dengan topik di luar itu. Ambil contoh cerpen atau review. Meskipun yang ini kugarap dengan lebih serius (misalnya dengan cara banyak baca buku atau buka kamus untuk nambahi perbendaharaan kata), tapi kupikir ini yang paling memakan waktu lama diantara yang lain. Belum ketambahan masalah lainnya. Karena kebiasaan nulis panjang, jadi memungkinkan kawan blogger yang mampir cuma komen berdasarkan fotonya aja. Atau baca tapi pake teknik skimming scanning. Banyak pula yang ga jadi drop komen karena ga suka paragraf gemuk. Tapi buatku sih ga masalah ya. Soalnya dikunjungin aja udah seneng (baca : cuma dibaca), apalagi sampai komen, pastilah double-double senengnya #walaupun ga pernah maksa juga sih sebenernya apakah mengharuskan pengunjung untuk komen atau ga. Yang penting aku ada kepuasan tersendiri karena berhasil ngembangin cerita dari foto makanan yang udah terlanjur aku timbun di simcard, makanya sebelum aku hapus pengenku kubikin dulu cerita moment ketemu makanannya itu dalam sebuah postingan jepret.

Paling PR-nya itu masalah timing publishnya. Kadang nih ya, aku pengen pas publish sesuatu, target pembacanya itu jelas. Maksudku kalau aku lagi nulis kuliner, mungkin dolanku akan lebih tertuju pada blogger yang biasa komen tentang kuliner juga...atau paling ga blogger yang komen apa aja masuk~~jadi dikasih topik apa juga komennya nyambung, biar kalaupun dia sempat berkunjung ke blogku terarahnya ke postinganku yang kuliner. 

Begitu pula pas nulis cerpen, maka aku akan dolannya ke blogger yang hobi baca atau bikin cerpen, mungkin akan pending main ke blogger yang ga demen cerpen. Soalnya kuatir pas berkunjung ke tempatku ketemunya malah tulisanku yang ga sesuai ama minatnya. Istilahnya biar untuk topik-topik tertentu target pembacanya itu jelas gitu loh... walau yang kumaksud di sini masih dalam lingkup konco blogger ya. 

Kalau yang pembaca umum mah lain lagi urusannya, kalau yang itu, biarkan semesta google yang berbicara #sailah koyo mudeng-mudengo kamu Mbul :D. 

Tapi sebenernya paling enak sih kalau pengunjung bisa buka blog kita via home aja yakan? Jadi biar dia bisa milih sendiri judul mana yang sekiranya menarik untuk ditimbrungin, ga mesti yang posisinya paling atas sih. Cuma memang kalau di aku, konco blogger yang komen di postinganku paling atas itulah yang insyaAlloh bakal aku bewe balik (kalau sempat). Kalau yang baca post lama kemungkinan besar ga....Itu rule of the gameku ya. Andai ga sama dengan kalian, ya ga pa pa juga kan? Walaupun sekali lagi itu dikembalikan lagi pada masing-masing pengunjung blognya. Ga bisa maksa juga harus diarahkan ke judul yang mana, wkwkwk.

Jadi, sekali lagi selain post masakan dan kuliner, sekarang aku juga jadwalin tema lainnya. Misal diantara 2 post yang itu, pengenku tengah-tengahnya itu cerpen. Atau random tentang apa. Review buku, film, dsb. Walaupun sekali lagi jadi agak susah manajemen waktu publishnya. Karena kadang ada yang takendepin lama, ada pula yang baru update beberapa hari udah taktutupin lagi pakai postingan baru. Jadi bikin bingung teman yang biasa komen mau komenin judul yang mana? Ya, begitu lah diriku yang kebanyakan mau ini. Hihi...Tapi ga pa pa kan ya? Namanya juga nulis buat iseng-iseng doang. Selain buat kepentingan nampung foto hasil masakan sendiri (ataupun beli) juga pengen hiburan aja. Bersapa dengan blogger yang seru dan menyenangkan, itu udah merupakan kebahagian tersendiri buatku ketika ngeblog. Kalau kalian tujuan ngeblognya beda lagi, ya ga masalah. Toh semua kembali pada orientasi masing-masing kan? 

Fyuhhh...udah panjang aja ya tau-tau ngetik ngalor ngidul dari hengpon jadoel mintjeu? Biasa, kalau udah ngetik bawaannya suka lupa diri. Gaspol terus hihihi...






Ya udah, berhubung udah lumayan panjang dan mau nerusin kata-katanya juga udah mentok. Maka kucukupkan sampai di sini dulu pertemuan kita. Mau update lagi, paling ntar-ntaran abis lebaran? 

Waduh...

haha...

Ya, ntar liat sikon aja. Kalau pas lagi ada sesuatu yang menarik selintasan bisa deh ntar update lagi...ntah mau nulis apa. Yang jelas kadang selang-seling aja ya antara post tentang makanan, random, maybe cerpen (kalau mood), atau review buku/komik/film. Ya, biar variasi gitulah. Anggap aja blog aku kayak tabloid atau majalah. Jadi macem-macem isinya, hahahaha....

Reply komennya sambil kucicil :)

Sudah ya.

Semoga harimu menyenangkan...

Xoxoxo..





144 komentar:

  1. Simple but good food. Kami di sini makan Jambu air campur dengan buah buahan lain (nenas, timun, mangga) dengan sos rojak. Bunga anggerak memang berwarna-warni dan sunguh cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. di negeri kami Indonesia juga ada Kak, namanya kalau buah campur dikasih bumbu kacang gula merah pedes juga rujak. Beda antara o dan u saja ya kak 😊☺, kalau di Malaysia Rojak, di kami rujak...bisa juga disebut lutis :D

      makasih 😍

      Hapus
  2. Di rumahku pas menu buka puasanya adalah ayam goreng, wle aku tida ngiler dengan ayam gorengmu, tapi aku pengen jambumu ya ampon wwkwkw :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam dikapakno gonamu Feb? wwkkwkw
      jambu mengalihkan duniamu ya hahahhahahahha πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  3. Baca dari sebelum Maghrib sampai habis tarawih baru kelar, panjang amat postingannya kayak kereta barang.😱

    Itu semua lauknya emang habis dimakan ya, ada tumis kangkung, tempe gembos goreng, bakwan, pepes nila, ayam krispi. Belum lagi es tarik bang jali, buah jambu, klengkeng dan anggur item yang memabukkan eh.

    Mungkin sebenarnya ada juga mangga, buah naga, pisang, melon dan lainnya cuma belum sempat di upload ya.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...punten ya mas...uda kepanjangan...padahal maren baru kondo mau nulis pendek πŸ™ƒπŸ˜‹πŸ€­

      ini aja sebenernya masih embul edit edit mulu mas...lagi nyari ada kalimat yang miss atau wagu ga..atau typo wakkakakakk

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      (´・ο½ͺ・`)

      kan buat 2 kali moment maem mas...buat buka ama sahur hihihi...buahnya bisa buat besok besok ugha kalik mas....yang penting foto dulu hihihi...

      anggur cap horang tua kalik mas yang memabukkan djiwa πŸ˜™πŸ˜‹

      nda ada mas buah lainnya...eh bentar...tunggu...kayaknya masih ada deng buah lainnya πŸ™„, cuma ga difoto

      🀭

      Hapus
  4. Kayaknya bakal review komik Doraemon lagi nih, kalo bisa dicampur review novel Eny Arrow juga, kalo ngga ada bukunya minjam kang Satria.😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih kok tauk sih mas, mas agus cenayang ya...kok tebakannya tokcer hihihi πŸ™Š

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      nextnya Doramomonnya masih ngantri 3 Mas ....

      waduch...ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      og dicampur mastah enny sih mas...gemana kalau freddy s saja? hihihi...#wink wink

      Hapus
    2. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ€¦‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️

      Hapus
    3. (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯ #adegan bersiul...

      Hapus
    4. Sekalian juga review Nick Carter nya kang satria.😁

      Hapus
    5. nick carter ??

      ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      beliin sini mas wkwkkwkw

      ow biar lebih cetar lagi double combo buku mastah enny dan nick carter, lalu abdulah harahap...nextnya fredy S....gimanaaaa?

      (´。•γ……•。`)

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
    6. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ˜³πŸ€·‍♀️🀷‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️

      Hapus
    7. (@・Π”・@)??

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
  5. Kamu makannya apa...Tempe Gembus goreng, Saya juru masaknya ada tahu chrispy, Ada bakwan goreng, Ada pepes Nila, Ada Ayam Chrispy, Ada kangkung cumi, Ada mpek2, Ada juga jambu air.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Masih kecil disayang mama papa, Sudah besar maunya disayang sama pacar.🀣 🀣 🀣 Jadi anak kok jangan suka gombal, Kalau gombal disayang banyak pacar.🀣 🀣 🀣

    Kau bunga ditamanku tumbuh indah mewangi, Bersemilah sepanjang hari mewarnai dunia agar dapat kusirami hatiku-hatimu.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ€£ 🀣

    Kau melati putih nan suci kau tumbuh subur diantara semak belukar, Kau tegar harum sebagai tanda cinta yang telah kau hadapi disepanjang waktu.πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜†πŸ˜†

    Ditaman bunga puncak hijau tempat indah kita memadu cinta, Kau yang mempesona, Kau yang kucintai, Abadilah selama-selamanya.πŸ˜†πŸ˜†

    Indahnya purnama yang berseri tiada seindah senyummu kasih, Taman bunga yang teduh, Tak seteduh matamu, Putihnya salju tak seputih cintamu.🀣 🀣 🀣

    Oohh mengapa bunga asmara layu saat sedang mekar, Oohh mengapa bungaku menghilang tanpa kutahu sebabnya.πŸ˜†πŸ˜†

    Segelas air kembang cintaku, Yang kukirim untuk dirimu, Menyatu didalam dada jadi mimpi malam itu.😁😁

    Bungaku...Bunga liar ...Bungaku bunga trotoar...Para kurcaci diinjak mati, Para kurcaci jadi traalaalaaa!!...Para Kurcaci Haahaaa Heeeehiiihiiiii!!..πŸ˜†πŸ˜†πŸ€£ 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tet!! dudidudidam....#lhaaa malah kayak lomba cerdas cermat wkwkkwkwk...husss kang satria...uda jangan ingat mantan muluk wkwkwkkwkwk......🀣🀣

      bentar...ini lagu eno lerian aku dulu hapal kecipal cipal kang, berkat lagu ini aku jadi doyan tempe bacem dan sayur bayem, meski bayemnya akhirnya dibikin bobor sih...hahhahahhah...bukan beningan

      #just kidding

      ini yang ke bawah bawah sih lagunya siapa ya...wkwkwk..firasatku lagu dangdut nih hahahhahahha

      jangan jangan lagi yang bawah lagu iwan fales nih...eh iwan fals...e bener ga ya wkkwwkkw

      biasanya dirimu sukanya bunga bank kang wkwkwkkw πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  6. Pas awal-awal lihat foto pertamanya makanan udah ngiler, eh tiba-tiba salfok sama buku bertuliskan sifat larutan kolegatif. Kirain tadi mau masak pakai rumus itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. xxiixixi...ketahuan anak Ipa banget hahahahhaha...

      ini dulu aku juga rajin amat yak nyatetnya wkwkwk..iseng bongkar lemari ketemu catatan jaman sekolah aku 😝

      Hapus
  7. Wooow Amazing post! What an amazing foods table. Ramadan brings happiness and delicious foods to you. Amazing flowers, they are beautiful.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Dear...how about in turk..Yes..Ramadhan always make us happy, especially in break our fast time....

      ^___^

      Hapus
  8. The food looks great. I really enjoyed seeing all those plants and flowers, very pretty indeed. The fish aquarium was a surprise, I used to have several of them years ago. My cats used to love sitting and staring at them. :) Have a wonderful week and thanks for sharing this post, I enjoyed it.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Frankly, I'm flattered...

      thank's a lot Bill.

      ^^

      It's, like, my top-ten favorite fish. They have one here at the aquarium...

      greetings from Indonesia 😊

      Hapus
  9. Percayalah klo mbul postingan makanan ini sambil merem jg lngsng jadi, bisa panjang lagi. Keren 😍😍

    Khas ny nih klo mbul lg mudik, pasti ada foto2 taneman2 seger2 itu selain foto lauk2 yummy.. Trus liat buku cattnya, kok kita sama sih suka tiba2 nyelip gambar2 di buku tulis 😁 bedanya tulisan ku ga serapi mba nita. Hehehhe..
    Trus nemu buku bacaan koleksi itu memang brasa nemu harta karuun yaaa πŸ˜„ aku pun merasa gt..

    Itu buah2nya seger2 bgd yaampunn. Aku jg suka anggur hitam, tp jarang belinya soalnya sekilo di sini bs sampe seratus ribuan πŸ˜…πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik panggilnya ada yang beda #syuka syukaaa hahahhahaha

      (´✪Ο‰✪`)♡

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      e tapi kok di tengah panggil mba lagi #tabok aja nih si mbul nya cerewet mba thessa hihihihi

      iya aku suka ga tahan pengen motret bunga, biar ga flat makanan semua deretan fotonya hahahha

      kayaknya itu faktor pas lagi rajin...kalau pas lagi kumat malesnya mungkin tulisanku kayak cakar ayam πŸ˜‚πŸ€£πŸ€­

      iy berasa harta karun, beberapa kali aku ngimpi nemu setumpuk majalah jadoel yang dulu menghiasi masa kecilku, tapi pas mau buka halamannya mendadak aku...bangun dari bobok...lha tetnyata aku ngempih hihihi

      😝🀭

      iya kaaan...anggur item bijinya kadang langsung keceplus..kalau yang merah kegedean bijinya...lebih manis yang item pulaaak πŸ‡πŸ‡πŸ‡

      Hapus
  10. komplit banget mbak mbul bikin cerita dan potonya, dari makanan, kebun bunga, akuarium, sampai bongkar lemari nemu kenangan jaman sekolah.. emang gitu sih mbak, kadang sesuatu yabg di simpen nantinya akan jadi kenangan yang bisa bikin nostalgia :D.. hehe karna gw gak begitu suka nimbun sesuatu barang kenangan itu cuma gw simpen di kepala, yah meski kadang lupa sih :D.. ehh malah bahas kenangan yah, inikan mbak dedek mbul nita bahas kulineran hohoho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikomplit komplitin aja mas nif, soalnya kalau ga ada kata katanya fotonya kayak sendirian njomplang gitu...makanya selip selipin aja ntah kalimat apa di sela sela fotonya #biasa...pengawuran mania hahahhah

      iya bener...kalau dulu berasanya biasa aja, setelah dewasa pengen mengenang kembali..eh uda ga ada barangnya #so saaaad...

      (´°̥̥̥̥̥̥̥̥Ο‰°̥̥̥̥̥̥̥̥`)

      Hapus
    2. Barangnya udah nggak ade yaa gimana mau ngenangnya Mbul...πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„ 😳😳😳😳😳

      Hapus
    3. barang yang dimaksud itu majalah Bobo ama majalah kartini lhooooh hahhahahahhahahaha
      (ΰΉ‘•̀ㅁ•́ΰΈ…✧

      Hapus
  11. Asyik...dapat resep goreng bakwan. Ntar tak njajal. Buat dipraktekin ke gorengan pisangpun bisa kan ya..? Btw, mentega apa margarin Yo Nit..

    Aku di rumah adanya margarin e. Blueband.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh mentega ding mba lis....wkwkwk..ternyata beda ya...coba ntar kuedite hihihi

      (。>γ……<。)πŸ’¦…

      sami ...blueband kalau ga forvita sing murah πŸ™„πŸ€­πŸ˜

      Hapus
    2. Forvita masih bagus mbul...Yang jelek itu Menara. Paling murah banget.😊😊

      Hapus
    3. kok kang satria hapal merek margarin? hihihi

      πŸ˜‚

      ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      Hapus
    4. Gw punya toko plastik dan bahan kue. Ada blue band, Ada kismis, Ada Selai, Ada terigu, Ada Wisman, Ada Rombuter, Ada Vourment, Ada Coklat dan Aneka macam pembungkus lainnya..😊😊😊

      Hapus
    5. keren kang satria...jadi pengen bikin kue aku baca ada kismis...tapi kismisnya cermei keringbya bukan kismis kisah kisah mistriii hwa ha haaaaa 🀭

      Hapus
  12. wahhh..ngiler banget liatt ituu gorengann mbaa....wahhh bisa disantap semua nihhh ..hhe

    es buat tasik nyaa mantaff bangett kayanyaaa..pengenn nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...capcus goreng piyambak mas yuli 🀭

      siapkan amunisi bahan bahannya di dapur, nek ga kober tinggal melipir di bakul takjilan 🀭

      Hapus
    2. hhahaaa..langsung gaspol yahh mba, setelah menunggu2 suara bedug pastinya bersemangat...hhehe

      selamat menjalankan ibadah puasa ke 18 mbaa

      Hapus
    3. iya mas yuli, tak terasa udah puasa hari 18, saya dah bolong 4 hari nih maklum perempuan, kedatangan si bulan wokwokwok

      Hapus
  13. Paling ngiler sama pepes ikan dan tumis kangkung cuminya, ananda Nita. Kirim ke sini ya. he he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangkung siyap meluncur ke jambi Bunda πŸ›«πŸ›«πŸ›«πŸ›«

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
    2. Sampe Jambi bisa basi mbul...Kirim Kokinya saja kata Bu Haji...🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. ψ(ΰΉ‘'Ϊ‘'ΰΉ‘)ψ

      (`・Ο‰・´)

      Hapus
  14. You eat so well at home! And your garden is just IMPRESSIVE!!! I want to live there :-))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angie, if you like you can come to my house, maybe i will cook for you while enjoy my mini garden ^^

      Hapus
  15. Kakak... Postingan kakak panjang sekali Kak, sampe lama banget aku bacanya.
    Hihi...
    Tapi, keren sih akhirnya ada acara bukber yang istimewa di rumah bareng family ya Kak.
    Aku tipe yang maemnya nggak pilih-pilih dan selalu biasa aja, tapi bundaku malah yang sibuk tanya masakan istimewa apa yang paling kuinginkan saat puasa begini.
    Haha... padahal mah, ending-endingnya juga makan sayur bening atau sayur rebus aja pakai sambel.

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwahahha...maapkan kak einid...diriku emang kalau uda di depan dashboard suka ga kontrol diri...akhirnya nulis puanjang banget macam ular naga πŸ²πŸ²πŸ²πŸ‰πŸ‰ hahahhaha...punten ya kak hihi

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      maem sayur bening juga seger kak..ada juga di post ide menu buka dan sahur ala mbul di post bawahnya post ini

      sama sama kak, makasih ya

      (❁´◡`❁)

      Hapus
    2. Waahh kalau sayur doang bisa kurang gizi dong kamu Dhin..😊😊😊


      Sekali2 dong Dhin Kaya Beb Mbul makan gorengan 1 cabe ijonya setengah kg..🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. masaaa gorengannya satu cabenya sekilo...tar perutku tambah rata karena pencernaan lancar kan enak kang jadinya hahhahahha...🌢🌢🌢🌢

      Hapus
    4. Hahaha... Iya ya, ntar kurang gizi. Tapi, dasarnya aku, nggak suka gorengan apalagi maem pedes. Sambel aja cabe cukup 1 aja atau 1/2 cabe aja. Ya ampun...

      Maem sayur bening, lauk tempe, istimewa. Hihi...

      Hapus
    5. mantab banget kak...aku jadi pengen hihi

      Hapus
  16. Waah? Mbak nitaku, buka puasanya lengkap banget tari aja buka cuma pakai telur ceplok sama teh hangat . Sini mbak nit, pepes nilla ya? Paketin lah, ke rumah tari πŸ€©πŸ˜€πŸ˜†πŸ˜ƒπŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung tangkap ya tari...hyaaaat..ikan nila siap melunsyur 🐟🐠🐟🐠

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  17. I wish I could read your posts.

    BalasHapus
  18. POV..
    Baca ini dari sore di kamar tercinta dari sebelum magrib kelar2 udh jam set. 7.. πŸ˜… smpe tadi pas dnger adzan magrib cuma minum air, smbil maakan cakwe.. trus lanjut baca lagi..

    Hahaha..
    Tulisan kali ini amazing Mba.. lelumpatan kemana2.. tapi seru. Wkwk. Btw itu tangan Mba belum keriting kan yah?? 🀭🀭

    Ya ampunnn... itu tamannya suka bangett.. bayu pngen punya taman gtu.. haha. 🀣 dirumah adanya tanaman sayur. Wkwk..

    Btw asik banget bapaknya Mbak Mbul. Mancing ikan. Ikannya ditaruh di aquariumm.. hihih.
    Jadi banyak dehh...

    Aku baru tau mba. Kalau bikin bakwan bisa dicampur mentega.. aku nggehnya yah cuma tepung, air sama beberapa sayuran dan tambahan rahasia kenikmatan dunia (micin) hehe.

    Btw tulisan tangan Mbak Mbul Rapihhh bangett... 😍 aku mah kaya ceker ayam.. 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pov itu pont of view yak? πŸ˜‚


      waduh kudu sungkem ama pembaca satu satu nih si mbul uda bikin postingan yang puanjange kayak ular kadut wkwkw

      punten yak bay dan teman teman semua udah menghabiskan banyak waktu kalian dengan postingan sepanjang ini wkwkkw

      belum keriting sih...cuma rada semutan jadinya...kemeng wkwkwk

      tanaman sayur malah enak bay bisa dibuat masak kan, tinggal petak petik πŸ˜„

      iya bapak mah iseng, masa akuarium diisinya ikan hasil pancingan, bukane ikan hias cem arwana apa louhan gitu yang cantikan dikit wkwkwk

      iya aku juga tau dari akun cookpad orang orang yang bikin resep bakwan

      hahahah...rapih kalau pas lagi niat...kalau ga mungkin tulisanku kayak sandi rumput bay wkwkwk

      Hapus
  19. It will be helpful if you could add a TRANSLATE or Select Language gadget to your side table of your blog for us to enjoy reading your post in the language we can understand.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your advice Nancy, Maybe next time i'll try to use English ☺

      Hapus
    2. Tapi ada kok mba widget untuk pengaturan bahasa.. tapi sbnernya di aplikasi webpage kaya chrome udah ada aturan buat translate sih.. jadi bisa langsung di terjemahkan tanpa si Blogger instal widget bahasa.

      Hapus
    3. masa iya bay...cuma bahasa indonesiaku kan ga baku...ntar ga bisa terterjemahkan lagi huhuhu

      Hapus
    4. Ngga apa-apa, biarpun ancur-ancuran yang penting ada wkwkwk

      Kaboorrrr πŸƒπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    5. hwahaaaaaa...ntar aku ditabok guru bahasa indonesia dan bahasa inggris sekaligus mas agus...uuuhh

      (。>γ……<。)πŸ’¦emot mewek…

      Hapus
  20. Wah ternyata sudah dikampung halaman. Saya pulang ke kebumen bakda lebaran. Menunggu THR cair, THR dari google :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab mas djang...gaji ke-13 adsense yak? 😁

      Hapus
    2. Kak Mbul, mbok blog'e sampeyan dicanteli edsen napaaaa ...., pejviu ne sampeyan kuwi wis duwur loh

      Hapus
    3. carane gimana mas him? aku gaptek jew...kalau ditemplokin iklan agak kemproh ga ya halaman blog e wkkwkwkwk

      Hapus
    4. Gampil kok carane, kak.

      Pertamax, eh* pertama maksudku .., ubah setting utawa pengaturan blog ke dalam bahasa Inggris [pilih bahasa Inggris Amerika].

      Terus, hengfon di restart.

      Teeus, masuk meneh utawa lihat pengaturan blog.
      Nah, lak uwis ketok ono lambang Dollar $ ...., Kuwi tandane wis disetujui ono edsen blig'e sampeyan.

      Terus, ikuti deh langkah2 berikutnya.
      Kayak masang kode html edsen.

      Laah .. sing pinter jelaske pasang kode html kuwi mas Satria MwB yang pasti kak Mbul kenal baiiik bangets karo dia ...itu loh ... si blogger tamVan dari Tegal, xixix.

      Si, minta dipandu dia masang kode html-nya.

      Hapus
    5. oh kayak gitu stepbstepnya? okey mas him coba aku pelajari dulu...nek mudeng baru deh action wkwkkw

      #kang satria dari tegal? bukannya yang asli tegal mas agus ya? kang sat wong depok mereun wkwkwkkw

      Hapus
  21. jambu airnya sungguh menggoda.... hehehe

    aww... bunga bunga juga cantik.... colorful.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggoda iman ya Pak Tanza..iya jambu airnya warnanya cantik 😊, begitu pula bunga-bunganya ^^

      Hapus
  22. Wah lagi di kampung halaman ya Mbul.. bablas sampe lebaran apa sebelum lebaran udah balik lagi Mbul.. 😁

    Kalau lagi beli makanan gitu emang kadang suka kemaruk ya Mbul, segala macem dipengenin.. padahal pas udah buka baru makan beberapa aja udah kenyang 😁

    Btw, itu esnya mantep ya.. murah banget cuma 4ribuan, terus kepengen jambu air juga... Macem2 banget dah πŸ˜†

    Terus makanan sebanyak itu semuanya menggiurkan banget... Mantep sampe ada pempek segala, habis semua nggak tuh Mbul? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ng...sepertinya sih begitu pak guru...bablas...#ehhh..tau kapan baliknya hwa ha ha haaay

      iya...ada aja yang menarik hati diantara jajan jajan takjil yang berkilauan ituw

      iya...sebenernya buka sedikit uda kenyang...pas ngelihnya juga abis sholat taraweh hihi..tapi cuma nyruput kolak aja kalau ga es

      iya kaaan murceu banget...murah mursidah ini es...di tangerang segini uda 10 ribu...bener bener di kampung tuh ya surga makanan murah tapi enak

      ga habis dalam satu waktu sih oak guru. Ada yang buat sahur ada pula yang buat besoknya wkwkkw

      Hapus
  23. Boa tarde. sem palavras para agradecer pela maravilhosa matΓ©ria, As comidas parecem ser maravilhosas. Sobre o jambo: UMA DAS FRUTAS QUE EU MAIS GOSTO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. same with me Luiz Gomes..i like rose apple too 😊

      Hapus
  24. Good food on the table and a beautiful garden, stay in peace. If you had a translate button, we could read it!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your advice dear, i want to improve my English as quickly as possible, but as you know, it can be a difficult process 😊

      Hapus
  25. duarrrr duorrrr duerrrrrr
    as always sesi photoshoot sak sembarang kalire membuat terpesona
    sumpah mbak dirimu koyok fotohgrafer e Puteri Indonesia
    lek moto dari berbagai sisi dengan aneka look yang menghempas manjah


    hhahahahah aku fokus sek ambek catatn kimia sifat koligatoif larutan
    iso luengkap
    biasane muridku saiki mung nulis rumuse tok ambek contoh soal 1-2
    tapi dulu memang catatan anak sekolah iku lengkap2

    hmmmm aku terpesona ambek es e
    lek ndek tempatku nama e ya es campur
    tapi warna e agak beda

    jambu air e alias kelampoke jan bikin ngiler
    wis lengkap 4 sehat 5 sempurna

    tahu krispi ne pisan
    gae takjil masya allah
    dan engga keroso wis setengah ulan mariki bodo hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Darrr derr dorrr awur awur hemploooook wkwkwkkwk

      segala angle ada pokoknya wkwkkw

      hu uh mas saiki mah murid murid catetane ringkes ya...malah jarang buka buku tulis n bolpoin ya'e...kan saiki gadgetan kabeh rata rata
      opo malah diketik hihihi

      es campur di malang buahe apa aja mas? semurah ning kene ga?

      o aku baru 'dong' alias mudeng jambu= klampok

      4 sehat thok kayane wkwkkq

      iya bentar lagi lebaran menu pwsti santen santenan huahahhaha

      Hapus
  26. kirain sampe kemana he he he he..

    Sukak ma foto2mya terutama foto makanan dan tanaman tanamannya..kalau makanan kita lagi tergila2 ma tahu bakso..pas bukpus maunya makan itu terus belum bosan2 padahal dah ditengah2 puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya mba fitri...biasa bikin judul yang agak rada rada si mbul

      bakso bikin sendirikah? apa ada langganan mba fit?

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  27. Perasaan udah ninggalin jejak, eh ternyata hanya perasaanku saja... wkwkwk.. Banyak banget mbul makanannyaaaaaaa.. bagi sini.. wkwkwk.. Tanemannya juga bagus2.. hiks lah aku belum pernah nyoba nanem pohon lagi sejak nanem cabe aja mati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beloooom kak belom....hihihi

      apa kena chapta ya? sini kuy kak terbang ke kebumen city...etapi ga di kota deng..tapi dusun hahahhaha

      padahal harga cabe lagi mahal ya...lumayan sebenernya kalau nan cabe bisa tumbuh subur πŸ˜„πŸŒΆπŸŒΆ

      Hapus
    2. eh aku suka nginep di pedesaan, apalagi kalo banyak ijo2nya.. nyegerin mata..
      nah itu nanem cabe, udah berbunga.. eh rontok aja terus, ada putih2 gitu di daunnya.. hoooi syedih.. yang berhasil cuma nanem kunyit aja.. iseng nanem, eh gak lama muncul daunnya, lumayan buat bikin gulai.. hehehehe

      Hapus
    3. kak naia ada biasa tempat nginep di pedesaan jugakah? rumah nenek barangkali ya? bukan yang di LA hihihi

      nanem kunyit? wah tabulapot dunk...cabe emang untung untungan yak...biasanya karena faktor tanah...waktu itu punyaku juga kekeringan (。>γ……<。)πŸ’¦…

      Hapus
    4. wkwkwk sayangnya nenekku semua di Jakarta.. Kalo ke pedesaan paling ke kampungnya suami di Purworejo, atau sekedar jalan2 ke tempat2 yang dingin.. aku lebih suka pegunungan daripada pantai..

      Kalo masalahku krna hama, gitu aja terus.. hiks

      Hapus
    5. waakkkk...tetanggaan kebumen purworejo cuma sejam kalau dari tempat mbul kak nai hihi

      aku juga lebih suka pegunungan...pantai nyanyas...ku takut gosong #eehhh ahahhah

      Hapus
  28. Balasan
    1. Thank you Joanna

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž❀~

      Hapus
  29. Ga salah lagi, pasti foto makanan yang bikin lidah bergoyang πŸ˜„

    Enak banget semuanya jadi pengen, makanan rumahan yang bikin kangen.

    Udah mudik juga ya mbul sebelum di larang πŸ€­πŸ˜„

    Bunganya cancik cancik amat, bikin seger mata 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. as olways ya kak pit kalau si mbul yang posting ujung-ujungnya pasti makanan 😜🀭

      tauk ajaaach....ku kan jadi pengen malu wkwkkwkwkkw


      cancik sapa dulu yang nyiram? #etdah hihihi

      Hapus
  30. Beautiful flowers and delicious recipe amazing post

    BalasHapus
  31. Uuwuwuuuw .. , moga terwujud benaaar ~~~Dilimpahi cinta dari berbagai penjuru dunia...., haseeek

    (οΎ‰οΎŸ0゚)οΎ‰→

    Selanjutmya, kuterheran.

    Ini kok bisa seeeh yaa ..., Hampir tiap hari ono aopate-an anyar and then tulisane kok dowo-dowo kayak rangkaian gerbong KRL lewat , kuwi .. piye gawene ?, hahaha ..

    Belum editing potone2 ...ckckk.


    *maap, komentar kluar dari out of the topic, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, aku juga heran kok mbul bisa bikin update yang panjang tulisannya, kalo seminggu sekali itu wajar sih, lha ini sehari sekali, apa ngga kriting ya tangannya.😁

      *Maap, ngga bawa gula teh.🀣

      Hapus
    2. ga tiyap hari mas him...ada yang takendepin per 2 hari...ada yang moe 4 hari...ada pula yang mpe seminggu atau lebih loh wkwkwkkw


      nah pancen ngewatermark fotone sing pe er hwahahhaa...sampe mabok huhu

      Hapus
    3. mas agus : sapa dulu gurunya...atas saiaaa...hihihi

      ah ga kok mas....ga sehari sekali wwuuuuuw..πŸ˜™πŸ˜‹

      iya nih hampir keriting...kudunya dipijit dulu kalau ga direbonding #eeeh uh la la ~~

      og ga bawa gula teh sih mas? terus bawanya apa? kudu ada tentengannya loh buat mbul gekgekgegk πŸ€­πŸ€— #emot minta oleh-oleh pajek

      Hapus
    4. Atasnya mbul bukannya genteng? πŸ™„

      Oh maksudnya cicak atau tokek kali ya.😁

      Jangan direbonding ah, mumpung lagi mahal cabe keriting.

      Hapus
    5. lho atas saya kan mas agus? πŸ™Š

      berarti mas agus gentengnya? ganteng deng ya, masa genteng wkwkkwk

      oh jari kriting sama kayak cabe keriting dong...πŸ˜ƒπŸ˜πŸ˜™πŸ€­

      Hapus
  32. Nunggu azan magrib sambil buka blognya Mbak Mbul auto bikin ngiler sih.
    Itu jambu air rasanya kayak di tenggorokan segarnya. 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. jambunya jangan sampai tertahan di tenggorokan mas rudi..nanti keselek πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  33. Maaf mbak, saya membacanya sambil memembayangkan mbk mbul ngomong. Wah pasti rame ya kalau ketemu, pandai bercerita. Btw, kok ada MOlaritas dan kawan-kawan? mbk dulu IPA ya hehe, sama dengan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayangannya si mbul ceceruwwet banget ya mas supriyadi..mungkin persis kayak burung emprit atau kepodang wkwkkwkwkwk

      iyah betul sekali, dulu anak IPa hahahha

      Hapus
  34. Cantik tulisan, sebutir-butir.
    Sama, kami makan ikut selera dan pandang tertentu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi terima kasih kak...udah macam beraskah tulisannya hihi

      betul kak..

      (❁´◡`❁)

      Hapus
  35. wah
    jambu airnya itu yang mak nyes jika dimakan, apalagi disajikan dalam keadaan agak dingin. Segitu ya pasti cepat habis dalam hitungan menit.

    Memang saya sangat suka dengan jambu air apa saja, yang warna merah, hijau apalagi enaknya

    Dari judul, ampe tengah2, berati kurang separuh dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mas, kalau dah masuk kulkas, magrib keluarin dalam itungan detik langsung ludes πŸ˜„

      jambu air hijau ada juga ya..yang varietas jambu apel juga jambu kaget...itu juga manis banget..kalau yang agak lonjong jambu bol, jambu darsono atau jambu jamaica πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  36. Niiit itu kurang sambel rujaak hahahah. Aku kalo liat jambu air gitu pasti pake sambel rujak deh :D. Walopun rasanya manis, ttp aja pake sambel :D. Kaan JD pengen ngerujak akutuh :p.

    Asking banget udh di rumah ortu :(. Nth kapan aku bisa balik ke Medan ini. Makin ga jelas, apalagi pas baca berita petugas antigen di bandara Kualanamu pake alat bekas, ihhhh JD makin serem aku mau balik. :(. Udh telanjur ga percaya. Sekelas kimia Farma bisa begitu, apa kabar yg lain.

    Buku2ku zaman sekolah udh ga ada samasekali. Ditinggalin pas pindah ke Medan, di rumah Aceh :p. Dulu tulisanku juga tapiiii, sering dipinjem Ama temen2. Krn komplit dan warna warni tulisannya hahahaha. Mereka bilang bacanya JD enak :p. Ga bosenin.

    Tapiiii sejak kuliah di Malaysia, dan dosen ngomong Inggris trus cepet banget, wassalaaaaaam tulisan rapi wkwkwkwkwk. Aku hrs tulis intinya doang, supaya bisa nangkep. Itupun kdg pake rekaman hahahaha. Jadi sejak kuliah, aku ga terbiasa lagi nulis rapi. Ampe skr JD cakar ayam banget hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang sambel...terus mangga muda πŸ₯­, terus nanas 🍍, terus dondong...hihi...lengkap...kalau mau rujakan mba fan...aku jadi pengen rujak yang dikasih pisang batu juga..ala ala bumbunya rujak kolam medan hihi..kacangnya ga sahbterlalu hakus jadi masih kasar biar klethuk klethuk

      (´✪Ο‰✪`)♡

      eh iya biar kutebak mba fan dan suami pasti lebaran di jakarta again sambil pindah pindah staycation hotel...tul kan hihihi

      wahahha aku juga dulu suka nulis pake bolpoin warna warni...kutandain yang penting pake nama berbeda biar gampang diinget...malah kadang bolpoinnya yang ada blink blinknya loh gel gitu wkkwkwkw

      eh tapi kadang aku kalau pas diterangin juga nyatetnya cepet hihi jadi kayak tulisan sandi rumput latin gandeng semua, ntar kalau dah niat baru kutulis ulang di buku biar rapihan dikit sekalian buat ngehapal...biasanya kalau sambil nulis sambil baca jadi tau tau makin paham aja ama pelajarannya wkwkkw

      Hapus
  37. Mbak gembul. Katanya ini quick update, tapi panjangnya ga karuan. Dari menu buka puasa hingga koleksi tanaman di rumah beserta nama latinnya...wkwwkwk

    Aku belum pernah makan pepes nila. Mungkin terdengar baru bagiku. Kalau ibuku biasanya pepes ikan kakap. Menu kesukaanku..hahahhaa

    Resep bakwannya sepertinya bisa dicoba. Keluarga kalau piasa gini biasa bikin bakwan sendiri. Bentuknya agak mbleber (( m b l e b e r ))..wkwkwk..bukan yang bulat bantet. Kalau buka puasa pasti ada menu bakwan...hahahah

    Ditunggu postingan lainnya di bulan mei. Banayakn posting makanan yaa..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahha...maafkan ya mas vai..uda ngeprank tulisan pendek e taunya panjang koyo rel sepur wkwkkwkw

      lha kok keren..ikan yang dipepes malah kakap..kalau nila kan umum wkwkwk

      bakwan nyontrengvdi resep cookpad dan yucubnya orang orang kok hahhahah..aku tinggal recook.

      siyaaappp...nanti aku timbun dulu fotonya sekalian pe er watermark πŸ˜„

      Hapus
  38. Hwah menu di meja makannya bikin laper banget. Paling ngangenin jambu aer sama bakwannya, joss sekali.
    Selamat berpuasa by the way

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...maknyus buat buka sekaligus sahur...jepretnya sekali aja buat bahan tulisan di blog...

      emang kalau buka pake buah serasa nyess di tenggorokan

      selamat berpuasa juga buat bapak dan keluarga ☺😊

      Hapus
  39. penampakan menu-menu di meja makannya sangat luar biasa bikin ngiler. Especially jambi aer sama bakwannya bikin laper banget
    selamat berpuasa by the way

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya pak yonal...lumayan bikin kruyuk kruyuk jelang bedug magrib...begitu teng bunyi sirine langsung deh comot jambunya wkwkkw

      selamat berbuka puasa pak ☺😊

      Hapus
  40. Siang-siang lihat foto-foto di atas jadi takut khilaf. Takut tiba-tiba ke dapur buka kulkas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau gitu kulkasnya dikunci aja gimana πŸ˜„

      Hapus
  41. Wah kok mas Herman belum datang juga ya mbul, apa lagi begadang bareng kang satria ya? πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lagi di lamer bareng kang sat...eeeeeeee lagi nyebrangvdi lamer maksud mbul mas agus hihihi...

      Hapus
    2. Mungkin lagi sibuk bikin cerpen baru kali ya, kayak kang satria juga ada cerpen baru.

      #maafpromo.😁

      Hapus
    3. waw...ada update barukah...? mbul segera melunsyuuuuur....

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      (ΰΉ‘•̀ㅁ•́ΰΈ…✧

      oiya...mas...mas...mana pajeknya...uda promo...hihi..#kemudian mbul dijitak mas agus hahhaha

      iya ga pa pa khusus untuk mas agus, kang sat, mas herman khanif bebas kalau mau promo tulisan baru di blog mbul wkkwkwkkwkw

      Hapus
    4. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„ Heemmm sepertinya keracunan Epet atau bakar lilin nih..πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ•―πŸ•―πŸ•―πŸ•―πŸ•―πŸ·πŸ·

      Hapus
    5. πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      apa lagi mati lampu kali yaakkk? wkwkkw

      lha baik hati kan...khusus buat kalian yang sering dolan blog embul, mbul kasih tempat khusus buat promo tulisan lho 🀭🀭

      Hapus
  42. Wah, baru di tengah aja udah bisa gain weight nih :)
    All of foods here are sooo good! Jambunya seger, apalagi fruit desserts.
    Bunga bunga dan hijauan bikin adem.
    Yeps, less than 2 more weeks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...iya kak evi...tapi alhamdulilah malah tengah tengah puasa turun berat badan xixixiix....maklum ngikutin pola diet orang tua 😍

      ni menu kayak gini cuma sekali kali doang hihi

      ☺😊

      Hapus
  43. Wah... postnya sekarang jadi luancar, saking lancarnya saya sampai bingung mau komen yang mana aja... hehehe. Padahal waktu awal baca sudah tertarik dengan jambu aer karena mengingatkan kenangan saat merantau ke ujung barat mencari kitab suci, eh sampai tengah ketemu kembang, tulisan, komik dan lauk-pauk yang bikin ngiler karena bacanya siang. Coba baca habis buka puasa pasti langsung masuk dapur ambil makanan juga biar gak ngiler.. hahaha.

    Kebiasaan blogwalking masuk beranda, kalau post paling atas bikin tertarik langsung cus tapi kalau tidak sesuai selera pasti lihat koleksi yang bawah-bawah, hehehe.

    Ditunggu review Doraemonnya... kalau ada pas Nobita nikah ya, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi penulisnya juga bingung mba qudshi mau nulisnya kek mana hahahahah...

      kalau baca magrib biasanya uda kenyang ...kalau baca siang godaan hihjhj

      iya...insyaAlloh doraemon selanjutnya abis lebaran

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  44. omaigoddd liat es buahnya seger benerrrr
    kalau puasaan begini, tiap hari minum es buah ayok aja kalau aku, lahh seger toh, mak nyess gitu
    aku lama ga makan tempe gembus mbak hahahha, auto kangen deh kalau gini

    ngomongin doraemon, aku jadi keinget koleksi komik aku, dari dulu betah aja bacain doraemon, yang mana si nobita kok ga gede gede aja sih hahaha
    etapi yang dibiokop kemarin belum sempet ditonton, padahal wish list banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. es buah maknyesss...tapi ga bole tiap hari...gula euy hihi..trus takut batuk

      eh aku malah ga tau ada film teranyarnya

      aku biasanya lebih seneng baca komiknya ketimbang nonton...ntah lah soalnya kalau difilmkan dubbernya yang jepang aku ga gitu antusias nontonnya. Kalau baca bisa ngeduberrin suaranya dalam hati pas sesuai ama dubber favorit suaranya emon, nobita, sizuka, suneo, giant dan lainnya wkkw

      Hapus
  45. Wow, jambu airnya pink merona, menggoda banget tuh, Mbul hehehe :) Telor dadar mah ga pernah bosenin ya, mau terus tiap makan hahaha apalagi banyakin daun bawang dan rawit orensnya. Es buah Tasik, hhmm kayaknya aku belum nyobain deh, tapi penampakannya mirip es buah biasa ya..yummy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba nurul...seger banget...dapat beli di kede buah..coba mbul punya pohonnya hihihi

      itu btw bukan dadar tapie hihi
      tapi bakwan 😜🀭

      Hapus
  46. makanan yang enak dan menyelerakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup membuat selera untuk berbuka puasa memang πŸ˜ƒ

      Hapus
  47. makanan yang enak dan sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang enak dimakan bersama keluarga ^^

      Hapus
  48. Heemmm benar sepertinya sang Admin sedang bakar lilin nih..πŸ•―πŸ•―πŸ•―πŸ•―πŸ•―πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakar lilinnya buat nutupin plastik wadah emping iya kang, nih aku lagi bantuin ibu masak wkwkkwkwkw

      🀣🀣🀣

      Hapus
  49. Tumben belum afdet mbak nitaku yang cantik dan imut yang bikin kangen ? Kangen terus tarinya πŸ€«πŸ€­πŸ€­πŸ™πŸ™πŸ™, afdet artikel atuh mbak nitaku , artikel terpendek tapi ???? πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tari...kepengen apdate tapi mentok mau nulis apa...lagi nyari wangsit dulu..eh ide 😝🀭🀭

      Hapus
  50. aduuh aku fokus dengan angreknya, bagus-bagus nian mbak. aku penyuka tanaman tapi belum punya anggrek yang bagus bagus karena lagi berhemat hehe. Selamat menanti berbuka puasa mbak, jadi ngiler lihat foto-foto makanannya ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mba, trims sudah beekunjung ke blog ini

      Hapus
  51. Waaaah ada pempek... 😍😍😍
    Btw fotonya itu banyak banget yaa mbak.. Ini mah fiks mau pamer ahahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau aja do ku mau pamer pempek πŸ€­πŸ€­πŸ™Š

      Hapus
  52. Bacanya pas jam segini, untung masih tahan jadinya bisa dibaca sampai habis nih, hehehe

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...