Jumat, 06 Agustus 2021

Jumat Siang....


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Lantai kalau udah kinclong rasanya pengen guling-guling iya ga siiiih? Tapi kalau aku guling-guling nanti aku dikira kucing persia yang sedang melantai, hihi. 

Beres-beres sepagian, cuci-cuci, masak, dan sebagainya. Baru sempet mandi siang, karena kalau pagi sibuk banget. Siang uda longgaran keguyur air rasanya kayak berada di Air Terjun Niagara #seger banget ...

Udah wangi Sabun Sinzhui, uda cakep, saatnya update blog. Mau nulis pendek lagi ga pa pa ya. Tapi Jumat ini rasanya cuaca lagi labil banget. Sebenernya aku was-was karena baru jemur kasur di depan, semalam kasurnya basah...tapi kalau tau-tau aku ketiduran, terus tiba-tiba ujan bisa gawat aku gotong kasurnya sendirian. Tapi kadang-kadang emang kalau siang nuju sore suka ngantuk banget. Emang kerjaan sebisa mungkin aku beresin pagi, jadi siang ke sore-nya bisa santai. Terus kalau udah nempel bantal, bisa tau-tau....makbleeegh gitu aja.... bobok....hihihi...#dasar muka bantal ya si Mbul.

Apa karena aku lagi Pe Em Es ya, hawanya ngantuk terus. Pegel-pegel. Muka juga jadi agak-agak kayak kucing di bawah ini nih, bawaannya pengen tidar-tidur, glundang-glundung kayak trenggiling #tapi tetep kyut lah ya, hihi.....


Kucing jaman ngekos dulu...hihi



Sebenernya di kulkas ada apel hijau sama nenas. Pengen aku bikin rujak yang bumbunya kayak punya rujak langganan. Tapi belum tahu bahannya apa aja. Soalnya rujak langganan bumbu kacangnya masih bertekstur kasar tapi enak. Pedes manis asem (ada asem jawanya juga). Terus ada pisang batunya juga. Lumayan mirip rujak kolam Medan yang bumbu kacangnya ditumbuk kasar jadi masih ada krancy-krancy-nya gitu deh pas dikunyah. Nah, ini mau nguleg bumbu rujak sendiri rasanya kok ragu ya hahaha....Pengen yang udah jadi ajaaaa, huhuhu..





Terus karena langitnya masih galau antara mendung atau ga-nya ditambah bingung karena mata kok ngantuk banget, akhirnya aku nyemilin endog bledeg. Bukan....ini bukan telur gludug betulan ya...cuma nama makanan aja yang kalau diterjemahkan artinya demikian. Endog bledeg = telur gludug. Bledeg kan sama dengan gluduk ya aka halilintar aka petir. Makanan ini berasal dari Banyumas. Bentuknya bulat kecil putih nyempluk kayak pipinya Mbul dalemnya gula merah tumbuk rasanya legit. Sebenernya ada pula yang gede. Tapi seringnya dapat yang kecil. Nama lain endog bledeg itu mino atau nopia. Keras...tapi lunak...gimana ya...pokoknya kalau buletan putih tengahnya dipencet ya ga terlalu keras juga sih...Terus ketemu deh sama isian gula merahnya. Enak...Tapi emang lengket-lengket gitu sih...jadinya nyelip-nyelip, hohoho.







Fiuh! Alhamdulilah ga jadi ujan. Kasurku kering..

#terus bawa masuk ke dalem gotong sendirian, abis itu tidur sore, -____-"

Oh ya, sebelum kuakhiri postingan kali ini, mau rekap aja, kegiatan masak yang udah kelar diantaranya bikin acar dan indomie goreng rasa ori. Yeay! Balik ke Indomie lagi, kemarin Mie Sedap, wkwkkw. Walaupun karena teledor, mienya kematangan pas direbusnya. Aduh alamak telurnya ambyar!!! Putihnya pecah tapi alhamdulilah kuningnya masih utuh...walau ga meleleh di dalam huft! Abisan sambil ngecekin komen dan buka email sih, siapa tahu ada komen atau email masuk kan, hihihi. 

Untuk acar aku bantuin ngupas. Isinya timun, wortel, dan bawang merah aja. Tadinya mau pake nanas, eh keburu tuh acar udah dibikin duluan. Jadinya ya wes lah aku pajang foto-fotonya aja ya, biar kamu ngiler, hihihi..











Aduh! Tahu-tahu malah ngomongin makanan ya. Haha..Niatnya emang posting pendek aja sih, ngabisin sisa foto yang belum kepublish, jadinya post agak ga jelas gini, wkwk...Ya udah sementara aku mau nengokin blog sebelah dulu ya (blog aku yang lain maksudnya biar ga pada debuan) sambil cari idenya agak lamaan, kuupload cerita yang ini dulu.

Semoga harimu menyenangkan

Dada!! 

Xoxoxo
Si Embul






44 komentar:

  1. Waah? Punya hewan peliharaan ya, sama kita kalau saya hewan peliharaannya ayam sama kelinci. Terus itu kue apa mbak nit belum pernah lihat tari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing waktu nita kuliah dulu Tari..wah senangnya piara kelinci..😍☺

      itu namanya kue endog bledeg atau mino Tari, isinya gula merah dihaluskan ^_^

      Hapus
  2. Wah kucing nya ngegemesin kayak adminnya ya, pengin banget gendong atau ngelus-ngelus.

    Disini cuaca normal sih, maksudnya panas tapi tidak panas banget jadinya bisa jemur bantal.

    Eh, ngomong ngomong kenapa kasurnya bisa basah mbul? Sungguh mencurigakan.🀭

    Baru tahu kalo ada telor bledeg, jadi kalo makan telornya pas musim hujan biasanya ada bledeg muncul ya mbul, terus di belakang ada penampakan.😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda mirip ya Mas persianya sama si Mbul...soalnya idunge mirip hihi
      (`˘⌣˘)-c<´⌣`“) (ΰΉ‘ↀα†ΊↀΰΉ‘)

      iya mas memang gemes dan enak buat dielus elus (`・Ο‰・´)

      iya mas tadi sempet galau langitnya, tapi untung aja cuma mendung sesaat...sesuai judul lagu mendung tak berarti hujan xixix...alhamdulilah kasur Mbul kering

      anu mas ketumpahan susu sama kena air dikit rembesan ujan..atep ada yang bocor hihi

      kayaknya sih begitu Mas...tapi kok aku malah kebanyang bukan bledeg ya mas, aku malah bayanginnya dinosaurus..kenapa bukan telur dinosaurus aja ya 😜🀭

      Hapus
    2. Oh kena tumpahan susu ya, kirain kebanjiran.πŸ˜„

      Disini sekarang lagi mendung juga, tumben sudah bulan Agustus tapi masih hujan, biasanya panas sekali soalnya kemarau.

      Jangan-jangan nanti garam mahal lagi ya.πŸ˜‚

      Ya ngga apa-apa sih bayangin telor dinosaurus, biar kayak Nobita Nemu telor Dono, eh Dino.

      Wah, malah bahasnya melenceng jauh.πŸ˜‚

      Hapus
    3. Hu um Mas, kena susu..

      Mbul bikin susu putih
      vanila rasa dancow eh tumpah susunya...ketambahan bawahnya kena rembesan ujan, jadi basah deh hehehe 😝

      iya kan aneh banget udah Agustus biasanya kemarau, ini kemaren ada hujan sekali dua kali tapi deres banget mas, anginnya kenceng πŸŒ§πŸŒ¬πŸ’¦
      memang cuaca lagi aneh ya mas...huhu

      nah garam mahal, tapi lautan indonesia kan luas ya mas...hihihi

      Mas ngomongin dinosaurus dan Nobita...mbul ada satu komik doraemon petualangan di negeri dinosaurus loh...belom aku review ahahhaha...coba ntar aku baca dulu ah...sebenernya mbul lagi baca buku super tebel mas...eh blom dibaca deng..baru mau dibuka plastiknya hihi..tentang cerita dongeng gitu kerajaan tapi kayaknya sih penuh dengan fantasi juga...jadi pengen segera mbul review mas...

      Hapus
  3. aduh maaf ya, aku bikin mie kamu kematengan. wkwkwkwk. kemaren emang cuacanya agak ngeri, aku juga udah was-was takut hujan gede soalnya jemuranku banyak banget.. Hahaha emak2 banget ya.

    Kucingnya gak santai ih, kayak orang lagi PMS. wkwkw tapi lucu pengen uwel2. Rujaknya bikin ngiler, Mbul. Aku dulu kalo mau makan rujak kayak gitu mampir ke basement Blok M dulu habis pulang kuliah, kampusku kan di sekitaran radio dalam, jadi pergi pulang mesti lewatin terminal Blok M

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkk...ga pa pa kak...maklum aku senang kalau ada yang ngajakin ngobrol liwat email atau kolom komen blog hihi

      iya anginnya agak kenceng...terus sebentar panas sebentar peteng...kayak mau ujan tapi ga jadi

      jemurannya si kakak teteh dan adeknya kak nai digabung jemuran kak nai dan pak sunya kak nai ya hihihi..kebayang banyak banget 🀭

      kucingnya muka orang Pe Em Es hihi....tuh kucing kan ada waktu aku kos di Bogor dulu kak...dan yang foto bawah ceritanya ada peranakan angola (yang cowok) pengen ngawinin yang persia pesek ini (yang cewek)..tapi persianya jual mahal kak hahah..liat aja tuh yang foto di bawahnya wkwkwk...tapi akhirnya jadi dikawinin juga itu persia wkwkw

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      eh basement blok M ada ya...kayaknya aku pernah beli deh. Tapi kalau rujak kolam Medan yang enak banget bumbunya dan terkenal di daerah ITC Mangga Dua kak yang lantai atas...itu aku favorit banget pas masih sering klayapan sendiri dulu di Jakarta waktu masih gawe di sana hihi

      γƒΎ(´︶`♡)οΎ‰

      Hapus
    2. Wah aku malah suka masak mie agak mateng soalnya jadi empuk gitu, cuma ya jangan terlalu mateng juga, jadinya nanti kayak bubur.

      Blok M yang terminal bus nya ada di bawah tanah kan? πŸ€”

      Hapus
    3. enak ya mas jadi nyatu sama telurnya...mas agus suka telurnya nyampur apa masih nyempluk mas? Kalau mbul suka yang putihnya masih mbungkus kuningnya yang nyempluk gitu...trus tar kalau dipecah meleleh di dalam..itu enak banget..agak setengah mateng tapi kalau anget anget enak. Ditambah ada cesinnya juga yang banyak 😜🀭

      iya mas blog M deket terminal bus itu Blok M Square hihihi, aku sering banget dulu jalan ke sana sendirian pas masih di jakarta nyari buku novel murah ma komik komik Mas, seneng banget kalau dapat yang ori tapi harganya miring banget (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  4. Mbul: Aku suka mie setengah mateng plus telor setengah mateng.. wkwkwk tapi sejak ada covid belum berani makan telor setengah mateng lagi sih, kangen banget padahal. Kalo yang di blok M itu adanya di warung Jaly-Jaly yang sedia masakan Aceh, Mbul.

    Mas Agus: Hooh, terminal bawah tanah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak...aku kalau mienya mateng pas...telornya setengah mateng jadi begitu kuningnya dipecah pake sendok meleleh kak.. duh itu ena banget hihi....

      okey ah aku catat namanya Warung Jaly-Jaly......aah iya ya...aku ingat yang ada rujak acehnya aku sering lewat, aku ga ngeh namanya warung jaly jaly...tapi selalu ngiler liat pepaya mengkel, bengkuang ama jambu di kaca gerobakannya tuh warung 😜
      Blok M tuh ya surga belanja buat aku kak...datang pagi begitu keluar pintu tau-tau kok uda peteng..ya Alloh lama banget aku di dalem...padahal cuma naik turun aja..tapi terlamanya ngendon di basement yang ada lapak buku dan komik bekasnya. Itu bisa kuputerin berkali kali kak ((o(*>Ο‰<*)o))

      Hapus
    2. Berarti beneran ya terminalnya bawah tanah.

      Aku waktu kecil pernah diajak liburan ke ragunan terus lewat terminal blok m. Waktu itu heran banget kok bisa bawah tanah ada terminal ya, itu gimana bikinnya ya, kuli nya yang nyangkul apa ngga takut keurugan tanah ya? πŸ˜„

      Hapus
    3. Iya mas yang di bawah abis keluar pintu busway blok m...mau ke lorong...ketemu warung makanan aceh ☺

      mengagumkan ya mas, jadi ada kayak tempatnya di area bawah...dulu aku seriiiing banget ke sini naik busway...ampe hapal kalau minggu tuh pilihannya antara blok M dan gajahmada plaza nglayap sendirian pulangnya bawa buku dan komik setas...lumayan dapat murah mas, jadi kebanyakan koleksi buku dan komik aku belinya di Blok M

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    4. Kalo aku dulu beli komik itu malah di terminal Senen, itu lumayan banyak menurutku, cuma tahun 2019 aku pernah kesana sekarang sepi.

      Aku mampir ke toko langganan dulu aku beli komik, dan herannya orangnya masih kenal sama aku padahal sudah lima apa enam tahun aku tidak pernah kesana, resiko orang ganteng.🀣🀣🀣

      Katanya jualan sepi padahal belum ada korona lho. Aku lihat kios kios buku lainnya juga seadanya, beda dengan dulu yang bukunya banyak. Mungkin pada pindah ke blok M kali ya? πŸ€”

      Hapus
    5. Sekarang yang di terminal Senen masih ada ga ya Mas? Mbul semoat cari yang area Kwitang kok ga ada ya πŸ₯ΊπŸ˜±

      berarti mas awet mudanya, wajahnya masih tetep ganteng seperti 5-6 tahun yang lalu 😜☺πŸ˜ƒπŸ˜

      Hu um mas kayaknya memang pada pindah ke Blok M deh, mbul suka banget hunting di Blok M sampe lupa pulang #eh hihihi...aku ke sana dikira mau beli buku sekolah SMP - Sma hahahhaha (`・Ο‰・´)

      Hapus
    6. Yang di Kwitang rata2 pindah ke Blok M square, Mas. Ada tinggal beberapa aja di dalem gedung

      Hapus
    7. iya kan...pada pindah...tapi lebih adem sih emang yang di Blok M Square...apalagi kalau laper tinggal ke depan ada foodcourtnya juga hihihi

      Hapus
  5. Ini ini, yang bikin kita laper. Hehe. Sori Mbak Mbul, kalau Mie instant saya tetap mie sedap. Ga tau kenapa, sudah dari dulu mie sedap terus. Salam sehat ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep ya mas kalau di blogku yang ini suguhannya foto-foto makanan. Foto-fotone thok...pancen minta digibenk si Mbul hehehe

      wah berarti next time aku review mie sedap aneka rasa ya

      (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  6. Saya paling suka rujak dan acara. Intinya saya suka makanan yang segar dengan potongan kecil-kecil, biar ngga cape ngunyah, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba nisa...mbul juga...krbanyakan cewek memang suka rujak ya mba nis...seger rasanya pedes manis. Mbul paling suka yang banyak nanas dan pepaya mengkal (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  7. mie nya menggoda iman malem malem begini...apalagi ditambah sama gorengan telur mata sapi.duuh mantulll wes pokoke
    telur gludug aku belum pernah cobain, di jember belum pernah nemuin kayak gini, penasaran juga kayak apa rasanya

    baideweii tadi siang dirumah rujakan mbak. dan aku tuh heran sama ibuku kalau bikin bumbu rujak buah, nggak kayak tukang rujak yang dijual diluaran sana. aneh gitu yang dirumah ini, makanya aku jarang banget ambil kalau lagi bikin rujak buah
    bumbunya cair nggak kental kayak biasanya, terus kadang ada campuran petis madura juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung sodorin mangkok depan mba ai

      🍜🍜

      o mba ai maem mie rebus bareng telur ceplok toh? kalau aku takmasukin sekalian ke mienya mba...jadi mie rebus hihi

      iya endog bledeg asli Banyumas...mba ai kalau pas liwat Banyumas mamoir pusat oleh-oleh dan rasakan sensasinya sendiri mba hehe #malah jadi tim marketing si Mbul ꉂ(ΛŠα—œΛ‹*)♡

      iya kan...kalau bikin bumbu sendiri adaaa aja yang kurang pas..dasar aku mau praktisnya aja hihihi
      wah kalau tambahin petis madura kubayangkan rasanya sedep asin petis...duh jadi pengen hiks (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  8. Ini cerita waktu jaman ngekost kah?

    Endog bledeg pernah makan ini waktu ke Banyumas rasa legit manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerita baru aja kemarin...cuma pinjem foto kucing waktu ngekos dulu

      (ΰΉ‘ↀα†ΊↀΰΉ‘)

      iya kan rasanya manis soalnya gula merah itu dalamnya mas her πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Bisa dibilang itu foto kucing cuma numpang lewat dong..hihihi

      Kalau kata teman saya dalamnya bukan gula merah tapi gula Jawa..hihihi. Waktu itu makan kue ini ditemani es kelapa muda, memori lama waktu di Banyumas

      Hapus
    3. kayaknya sih begitu..foto kucing sebagai pemanis hahahhaha

      gula merah bukannya sama dengan gula jawa ya? enak dong sambil minum es degan hehe

      Hapus
    4. Wkwkwk.. bisa-bisanya tuh foto buat pemanis memangnya ngga takut kalau ntar dikerubuti semut.. wkwkwk

      Iya sama, gula merah itu gula Jawa dan biasanya orang Jawa bilangnya gula merah bukan gula Jawa..hihihi

      Hapus
    5. ya takut juga ya, secara kucingnya manis manis jutek gimana gitu xixixi

      pipinya tembem kayak si admin cuma bedanya admin ga ada kumis panjangnya hahahhaha

      iya kan sama aja aslinya wkwkwkkw

      Hapus
  9. Haha random banget yah jumat siangnya mbu,, kirain itu foto teras rumahnya mbull...


    Kayaknya mbull kebelet bangetboengen di endorse mie instan nihh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. super random lul hihihi

      kayaknya si begitu

      plis dong indomieh atau mie sedap atau mie sukses isi dua atau pop mie jadiin mbul brand ambassadornya...hihi
      #ngarep
      #kalau kata kak nai langsung disambil bakiak si mbul hahhahah

      Hapus
  10. Your Γ§at looks so cute and really smart. Also foods you shared look delicious.

    BalasHapus
  11. Ya Allah tegaaaaa, liat Indomie giniii, di saat aku sedang diet karbo hahahahahaha. Cuma bisa neguk liur nit :p. Aku lagi latihan lagi utk ngurangin nasi, ini udah 3 hari ga makan nasi blas, tapi gantinya kentang kukus 1 buat Karbo :D. Kalo lauk sih biasa. Ntah kenapa ini badan agak susah terkendali sejak ppkm -_- .

    Eh aku tuh udh niaaaat mau bikin acar juga. Paling suka deh kalo cemilin acar, ato dipake di soto gitu yaa :D. Apalagi kalo asam manisnya pas :D. Tapi msh di waiting list doang, ntah kapan ngerjainnya hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah mba fanny diet karbo ya hihi..semoga sukses dietnya mba dan dapat hasil maksimal sesuai yang diinginkeun 😍

      aku juga lagi latihan olahraga mba fanny selama sebulan ini pakenya goyang perut kayak twerking wkwkwkkw...uda macam rihanna aja twerking, biar ngebentuk pinggul n perut kecil hahahha...

      acar emang enak banget, seger...sayangnya pas beli nenas acarnya dah dibikin duluan nanase ketinggalan 😜

      Hapus
  12. Entah kenapa lihat kucing enak gitu lihatnya. Jangan-jangan kucing punya kemampuan hipnotis XD

    BTW, itu kue apa ya kak? Soalnya baru tahu dipostingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saja kak ridsal

      kucingnya memang adorable ya

      kue telur gludug kak..asli dari Banyumas jawa tengah ☺

      Hapus
    2. Berarti banyak dong kuliner indo, tapi kok yang populer kuliner luar melulu ya?

      Hapus
    3. bener banget, makanya kita harus gaungkan lagi kuliner nusantara kak ☺

      Hapus
    4. iya kak, semoga aj kuliner negeri ini semakin digemari :D

      Hapus
    5. amin amin ya robbal alamin πŸ˜ƒ☺

      Hapus
  13. Jadi penasaran sama rasa Endog Bledegnya, apa kira-kira sama kayak kue untuk-untuk ya?? :3
    itu gula merahkan isinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue untuk-untuk khas Kalimantankah?
      Iya Syahid itu penganan dalamnya gula merah tumbuk makanya rasanya manis walau agak lengket ☺😊

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^