Jumat, 29 Oktober 2021

Menu Masakan Mbul dalam Sepekan Ini



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Assalamualaikum semuanya...

Bagaimana kabar kalian? 

Semoga dalam keadaan baik ya. 

Memang akhir-akhir ini cuaca sering mendung. Hawanya juga adem banget! Langitnya peteng. Jadi pengin selimutan aja kan, atau sesuatu yang anget-anget mungkin? Betul ga? Tapi meski begitu, Mbul ga boleh males-malesan dong. Karena Mbul tiap harinya banyak kegiatan. Sibug saia, tapi insyaAlloh ngeblognya juga disempet-sempetin sih sekedar buat hiburan, ngechek dashboard, ya mungkin ada komen masuk atau pengen balas komen aja atau silaturahim ke blog teman-teman. Walaupun suka telat, tapi insyaAlloh kalau ada waktu senggang aku sempatkan mampir. 

Okey, kali ini Mbul ga akan nulis berat karena seperti biasa cuma mau setor daily life aku yang disibukkan dengan banyak kegiatan. Salah satunya adalah rutinitas masak-masak-dan masak. Masaknya ga yang wow banget sih....ala-ala resto atau hotel bintang 5, bukaaaan. Cenderung masakan biasa aja hahaha...Tapi ntah kenapa aku suka aja nulisinnya. Ya sekedar buat catatan kalau-kalau hari ke depan lagi buntu ga tau musti masak apa lagi kan? Lebih ke catatan diri sendiri. Nambah teman syukur, ga juga ga pa pa. Ku nulis cuma biar lega aja. Walaupun ya hari-hari masaknya pun itu-itu aja wkwkwk...Tapi ga pa pa lah ya, kan dimasakinnya penuh cinta oleh seorang Beby Mbul. Jadi ya, biarpun bahannya sederhana, yang penting ada rasa cinta di dalamnya #eh ngomong opo toh aku ini hahaha...


Kamis, 28 Oktober 2021

Jatuh Bangun Aku Membuatmu....


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo Assalamualaikum Sobat Pembaca kesayangan Beby Mbul....

Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan ceria ya. Jumpa lagi dengan aku dengan segudang aktivitas receh yang kukerjakan dalam sepekan ini. Yah, bisa dibilang coba-coba karena penasaran. Apa aja kah itu? Jawabannya adalah bikin wajik pandan hijau karena aku emang suka penganan berbahan dasar beras ketan ini ya. Tapi khusus yang warnanya hijau bukan yang cokelat karena gula merah. Soalnya yang hijau itu wangi pandan. Jadi aku suka banget ama wanginya. 

Namun, dalam proses pembuatannya, tentu ga selamanya mulus seperti pipi mbemnya admin Beby Mbul #eh...Karena eh karena ada aja aral melintang yang ada. Sedikit bocoran, aku bikin sampai 3 kali loh. Pertama gagal walaupun sebenernya rasanya enak. Kedua berhasil walaupun rasanya tengah-tengah, dan yang ketiga baru welldone. Metodenya juga beda-beda. Resepnya hasil searching di cookpad dan youtube tapi kumodifikasi sendiri. Terutama yang gagal itu tadi. Loh gagal tapi kok tetep dipajang di blog. Biasa....ku cuma pengen cerita aja sih sebenernya gimana jatuh bangunnya aku membuat wajik. Secara kalau belum berhasil rasa penasaranku tuh terus menghantui supaya ga cepat nglokro di tengah jalan.


Rabu, 27 Oktober 2021

Review Oseng Bebek Mercon dan Gudeg Komplit Ibu Menik Cabang Jati, Tangerang



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo Hallo...hallooooow

#Mbul seketika menjelma bagaikan koala yang nemplok di pohon-pohon

Assalamualaikum sahabat pembaca blog kesayangan Mbul...

Ada yang nungguin postingan kuliner aku ga ya kira-kira? Kalau ga ada, Aku akan tetap nulis sih. Soalnya udah ada fotonya. Sayang aja kalau ga dibikin reviewnya, hehehe... Aku emang paling garcep kalau urusan review kuliner. Paling gampang nulisin kata-katanya soalnya. Paling zona nyaman juga sih menurutku. Ya, hitung-hitung buat ngebantu ngedongkrak kuliner lokal karena kalau bukan kita yang mempopulerkan siapa lagi. Mudah-mudahan usaha kuliner yang udah Mbul sambangi semakin lancar ke depannya dan dikenal dimana-mana.

Kali ini Mbul akan merekomendasikan satu kuliner pedas yang bikin berkeringat....uuuch....kok bisa gitu ya? Soalnya biji cabenya bertebar dimana-mana, jadi auto bikin merem melek, bibir tersengat kayak abis ditiyum tawon ndas...hahahha...langsung merah...huhah banget! Aduh emang kulineran pedas apa sih? Jadi kepo ga ya kira-kira teman-temanku tersayang?

Okey, langsung aja Mbul perkenalkan pada kalian dengan kuliner yang berjudul Oseng Mercon dan Gudeg Komplit Ibu Menik. Khususnya yang di Cabang Jati ya, langgananku sejak lama. 


Selasa, 26 Oktober 2021

Review Mie Sedaap Tasty Bakmi Ayam Geprek Matah



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Assalamualaikum teman-teman blog Mbul tersayang? 

Jumpa lagi dengan postingan Mbul tentang review mie instan. Kali ini sasaran kelinci percobaan Mbul buat icip-icip adalah Mie Sedaap. Eh aku baru engeh loh, kalau Mie Sedaap ini 'a' -nya ada 2. Kirain selama ini 1. Ternyata salah dong aku selama ini, hihihi...Maklum mata kadang sliwer bacanya. 

Nah, untuk Mie Sedaapnya sendiri, Mbul pilih yang varian 'Bakmi Ayam Geprek Matah'. Nah...loh...gimana ya rasanya? Lebih cenderung ke rasa mie ayamkah? Ayam geprekkah? Atau lebih ke si sambalnya itu sendiri yaitu sambal matah yang which means favorit aku banget walau matahnya merek tetangga sih, pssst....review jujur. Makanya, karena pengen tahu Mie Sedaap yang ada matah-matahnya ini apakah sewenak merek sebelah? Atau ada kekhasannya yang bikin beda dengan yang lain. Langsung aja yuk, mulai unboxing bungkusnya. 


Sabtu, 16 Oktober 2021

Mbul's Story : Sesuatu yang Aku Sukai



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Judulnya apakah minta ditabok banget? Kelihatannya akan menulis mellow ya. Tapi ternyata bukan. Ujung-ujungnya malah pajang foto makanan. Ya, soalnya kalau ga ada foto makanan kayak ada yang kurang gitu. Itu udah ciri khas banget. Tapi sebenernya foto makanannya random sih. Ada yang foto baru-baru ini, ada yang beberapa tahun silam. Kecuali foto adminnya ya, cz itu foto terbaru, tergress Oktober 2021. Hehe. Ya biar pembaca tahu gitu loh yang nulis tuh wujudnya seperti ini. Mau berteman boleh. Ga juga ga pa pa. Yang penting aku suka jembreng foto agak banyakan kalau di blog. Ya, soalnya disesuaikan aja ama judulnya. Dan.....dikarenakan postingan kali ini agak panjang, disarankan bagi yang ga kuad baca segera lambaikan tangan. Atau pantengin aja foto-fotonya juga boleh. Silent reader boleh, komen juga boleh banget. Yang penting kita jadi pribadi yang baik ya. Karena ga rugi kok jadi orang baik. Komen becandaan sih aku suka. Biar ga tegang. Biar ga kaku kayak kanebo kering, biar ga spaneng hahahahhaha...Maklum adminnya kan orangnya lucu dan suka bercanda. Guyonan Kakak, huft!

Nah....nah....nah....mulai nglantur kemana-mana lagi kan? Tadi aku mau ngetik apaan ya? Oh iya, sesuatu hal yang aku sukai. Apa aja itu? Ditulisnya perbab judul aja ya....#walaupun bukan skripsi atau novel sih, hahaha. Sekali lagi karena disesuaikan ama jumlah fotonya. Aku emang kebiasaannya gitu. Tulisan ama foto harus imbang banyaknya.


Kalau dikartunkan Beby Mbul aka admin dari Blog ini yaitu Gustyanita Pratiwi kira-kira seperti ini, ini digambar langsung oleh tangan Neng admin kita tercinta, Beby Mbul Sayang :D

Jumat, 15 Oktober 2021

Mbul dan Kenangan Cemilan Jaman Bocil



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Waktu masih kecil, Mbul belum kenal yang namanya burger. Karena Mbul hidup di desa sebuah perbatasan kabupaten. Mbul jarang banget makan jajanan modern. Lebih seringnya jajanan tradisional. Karena ibuku ngantor dari pagi hingga siang, maka biasanya sepulang kerja, Beliau akan bawakan jajanan yang Beliau beli dari Toko yang khusus menjual jajanan tradisional. Sekarang pun tokonya masih ada. Dan jualannya masih tetap sama ga pernah berubah. Kue-kue basah beraneka rupa. Ada kue potong yang terdiri dari beberapa layer (bolu kuning cokelat, ager merah, dan putih telur sebagai perekatnya), lapis merah putih, risol rogut, kue sus, lapis jongkong, talam hijau, hongkwe, arem-arem isi sayur tempe dan lombok ijo, lemper, lumpia, dll.


Kamis, 14 Oktober 2021

Review Bakso M Tohir Putra Kutowinangun


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Ini adalah bakso yang direkomendasikan ibuku. Namanya Bakso M Tohir Putra yang berada di Jalan Kutowinangun, Kebumen. Bakso ini ramai betul. Maksudnya laris Cuy. Walaupun pas ke sana sih aku minta dibungkus aja. Bangunannya bercat ijo. Warungnya bersih sih menurutku. Dan ada esnya juga. Cuma yang kubeli bakso doang. Ga pake es. 


Senin, 11 Oktober 2021

Cari Pisang Malem-Malem


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Jumat (8 Oktober 2021) yang begitu panas. Siangnya kelar juga ngegiling cucian sampe bertumpuk-tumpuk. Bingung juga jemurnya bagaimana. Akhirnya dicantelin pager, wkwkkw... Aku kesusahan naiknya sampe jinjit-jinjit. Untung ada korsi jadi aku bisa naik. Tapi pake nana pendek. Jadi liat kanan kiri dulu. Sapa tau ada yang lewat kan. Untungnya ga ada orang. Bawahnya cuma ada kucing. Emang sekarang teras rumah aku suka jadi markas kucing liar. Jadi pada betah gitu tiduran di atas lantai. Mungkin anget kali ya. Asal jangan pada beranak aja di atas atap, soalnya pinjal kamu bikin gatel, Sayang....

#Sayang di sini maksudnya kucing ya 😂
#pinjal itu kutu kucingnya....

Sambil ngerjain yang lain, sambil juga hiburan futu-futu. Memang bisa dibilang ga penting sih postingan kali ini. Jadi pembaca boleh skip seandainya ga mau lanjut, ga maksa kok santay aja, chillls..., hahaha...Tapi sebenernya postingan aku ga penting semua sih. Maklum ngeblog cuma buat nulis hiburan :-p

Minggu, 10 Oktober 2021

Review Lontong Opor Ayam Kampung Tata, Alun-Alun Tegal



Oleh : Gustyanita Pratiwi

"Dedek Mbullll! Hayo mandeg Alun-Alun Tegal, aku mau ngopor." Ujar Tamas suatu kali sambil nyengkeweng aku kayak ginci...

#eh lho kok Mbul kayak ginci?
#Ginci kelinci.......
#Berarti panjang dong kuping aku? Hoho...
#Ya Anggab aja gitu lah. Becandaan dikit biar ga tegang lah ya. Kayak ga paham aja bahasa blog aku banyak lutju-lutjunya. Aku kan suka bertjanda, hehe.

Ya, kali ini aku mau nostalgia tentang kuliner di Alun-Alun Tegal walau kejadiannya udah lama banget ya. Pantarannya awal-awal tahun lalu sebelum PPKM berjilid-jilid kayak sekarang. Bukan dalam rangka jalan-jalan juga sih sebenernya. Cuma waktu itu ada kepentingan urgent, dan pas lewat Tegal mandeg soalnya ngelih. Jadi kayak biasanya pake stok foto lama. 


Sabtu, 09 Oktober 2021

Review Ayam Abah, Teluknaga, Tangerang




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo Assalamualaikum semuanya.....

Masih pake stok foto kuliner lama ya sebelum PPKM pandemi 2021 kayak sekarang. Nyicil ngabisin foto lama yang belum dibikin ceritanya :XD. Itulah kegunaannya suka numpuk gunungan foto kulineran kan. Di saat dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu ga kekurangan bahan tulisan. Dan fyi, semua foto adalah dokumen pribadi dari Gustyanita Pratiwi pemilik www.gembulnita.blogspot.com.


Jumat, 08 Oktober 2021

Geplak....





Oleh : Gustyanita Pratiwi

Nyem...nyem...nyem (sambil ngemut geplak. Bukan dikeplak loh ya, tapi GEPLAK. GE...P-L-A-K, Geplak. 

Ya soalnya kali ini Mbul mau cerita tentang geplak. Apa itu geplak? Sesuatu yang manis kayak tenyumnya Beby Mbul admin dari blog ini (???)

Ga kok, guyon aja. Biar ga spaneng, Sayangku.

Geplak itu makanan khas Jogja ya. Yang terbuat dari kelapa dan rasanya manis. Tapi sebenernya aku ga cuma mau ngomongin tentang geplak sih. Tapi juga reportase jajanan khas yang biasa ada di toko oleh-oleh yang ada di Jawa Tengah. Juga nyobain jilbab segiempat paris hasil beli di Pasar Kutoarjo beberapa bulan lalu. Tuh kan aku promoin lagi pasar ini, hihihi. 

Gustyanita Pratiwi, Foto Oktober 2021

Senin, 04 Oktober 2021

Hello Oktober!!



Oleh : Gustyanita Pratiwi

September udah berlalu dan sekarang ganti bulan jadi Oktober. 

Gimana-gimana ada yang kangen sama tulisan Mbul ga?

Ga ada ya? Hihihi. 

Ya udah ga pa pa. 

Kali ini Mbul mau cerita-cerita lagi ya. Cerita biasa aja sih, tentang diri sendiri. Mungkin ke depannya di blog ini juga akan lebih banyak nulis tentang masakan, keseharian dan juga cerita masa kecil di samping bacaan-bacaan yang Mbul suka. Kebetulan kalau posting masakan stok fotonya masih banyak. Jadi insyaAlloh aman. Kalau cerita masa kecil dan buku bacaan memang Mbul suka. Jadi kembali lagi bahwa Mbul akan nulis sesuatu yang Mbul suka aja di blog ini, wekekekk.

Tapi mengenai buku bacaan (dalam artian majalah dan buku-buku jadul), selain Mbul dapet dari e-commerce juga sebagian dari koleksi perpustakaan SD dimana Mbah Kakung Mbul bekerja. Ya itu bakal Mbul tulis nanti sih, soalnya kalau baca buku Mbul lama. Jadi ga bisa cepet juga nulis sinopsisnya #hiks....hiks. Tapi insyaAlloh nanti bakal Mbul review termasuk beberapa komik koleksi Mbul baik itu Conan, Doraemon Petualangan, Doraemon Series biasa, Legenda Calon Arang, Yotsuba, dll. Sekarang yang gampang-gampang aja dulu buat pemanasan Bulan Oktober.


Nenas dan telur asin (pineapples and salted eggs)

Minggu, 03 Oktober 2021

Cerita tentang CD dan Bla...Bla...Bla..




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Di malam...
Yang sunyi..dan sesenyap ini...
Dapatkah kumohon
pada yang Esa...
Masihkah tampak manis raut wajahku
Masihkah seputih kapas di hatiku
Bila kah tak kukoyak mata hatiku..
Oh mungkinkaaaah...

Lha...lha..lha...malah nembang lagu Sherina si Mbul. Lagu Sherina yang anak-anak kalau ga salah yang Albumnya My Life, judulnya Ku Beranjak Dewasa, hihi. Ya soalnya masa kecil Mbul dulu ditemani dengan lagunya Sherina. Juga filmnya yang fenomenal itu, Petualangan Sherina. Kadang Mbul sempat mikir kalau misalkan film jaman dulu castnya masih anak-anak, nah kalau sekarang pas udah dewasa apa ga kepikiran buat diteruskan sekuelnya saja, misalnya jadi cerita cinta remaja atau dewasa. Ntar kan keliatan alamiah ga pernah ganti orang, kecilnya begini...dewasanya masih tetap orang yang sama. Atau film-film lainnya mustinya menarik kali ya kalau ada sekuelnya #cuma pemikiran absurd seorang Bebih Mbul sih ini XD.

digambar langsung sama admin Beby Mbul Gustyanita