Halaman

Minggu, 03 Oktober 2021

Cerita tentang CD dan Bla...Bla...Bla..




Oleh : G Nita 

Di malam...
Yang sunyi..dan sesenyap ini...
Dapatkah kumohon
pada yang Esa...
Masihkah tampak manis raut wajahku
Masihkah seputih kapas di hatiku
Bila kah tak kukoyak mata hatiku..
Oh mungkinkaaaah...

Lha...lha..lha...malah nembang lagu Sherina si Mbul. Lagu Sherina yang anak-anak kalau ga salah yang Albumnya My Life, judulnya Ku Beranjak Dewasa, hihi. Ya soalnya masa kecil Mbul dulu ditemani dengan lagunya Sherina. Juga filmnya yang fenomenal itu, Petualangan Sherina. 




Kadang Mbul sempat mikir kalau misalkan film jaman dulu castnya masih anak-anak, nah kalau sekarang pas bintang filmnya udah dewasa apa ga kepikiran buat neruskan sekuelnya jadi cerita cinta remaja atau dewasa. Yakali Petualangan Sherina kecil ada filmnya lagi pas bintang filmnya udah pada dewasa semua hihi. Ntar kan keliatan alamiah ga pernah ganti orang, kecilnya begini...dewasanya masih tetap orang yang sama. .Atau film-film lainnya mustinya menarik kali ya kalau ada sekuelnya.

Oh ya Gengs...gegara tadi keingetan lirik lagu itu, Mbul jadi nostalgia lagi kan ama yang namanya CD. CD ya bukan CD yang...CD Compact Disc maksud Mbul. Ini mentang-mentang ilustrasinya Sahabat Babik Oink-Oink  mendadak Mbul jadi kek lagi pake baju balet dan tutu pink, wkwkkwkw...

Oh ya Gengs...gegara tadi keingetan lirik lagu itu, Mbul jadi nostalgia lagi kan ama yang namanya CD. Compact Disc maksud Mbul. Ini mentang-mentang ilustrasinya Sahabat Babik Oink-Oink  mendadak Mbul jadi kek lagi pake baju balet dan tutu pink, wkwkkwkw...

Mbul tuh ya, punya beberapa kenangan dengan yang namanya VCD. Yang paling membekas sih VCD albumnya Sherina, Westlife, ama filmnya Disney yang Melody Time, Thumbelina, dan juga Bartok. Semuanya ori. Hihi...Dan yang paling pentingnya lagi adalah gratis. Kalau yang VCD albumnya Sherina Mbul dapat dari tempat adiknya Mbah waktu dolan ke sana, terus yang Westlife beli, dan yang film kartun dikasih ama alm konconya Bapak yaitu Pak Basuki. 

Yang VCD lagu anak-anaknya Sherina, Mbul ga sengaja ngliat pas kunjungan ke tempat adeknya Mbah paling bungsu, yaitu Mbah Yo. Mbahnya Mbul ga langsung memang masih pada seger buger dan umurnya masih pada muda. Ga jarang ada yang sepantaran bapak ama ibu. Termasuk Mbah Yo ini. 

Nah, waktu main ke tempat Mbah Yo, Mbul kan duduk di ruang tipi sambil merhatiin kucing oren gemuk yang ada di pojokan sana. Bulek Yuyun (anaknya Mbah Yo) dateng nemuin Mbul. Soalnya Ibu lagi sibuk ngliatin Mbah Yo yang lagi nderes nira buat dijadikan gula jawa pake cetakan. Jadi yang ada di ruang tipi cuma Mbul yang akhirnya didekatin ama Bulek Yuyun. Dia bilang tuh kucing takut tikus. Padahal badannya babon loh, njebobrok gitu kayak Garfield. Tapi emang kucingnya kyut sih seperti admin Beby Mbul. Jadi biar kata dia ada kekurangannya, tapi tetep aja masih ada kelebihannya, wkwkwk.

Nah, saat Mbul anteng merhatiin kucing tersebut, tiba-tiba mata ini edar-edar dikit ke arah meja. Ternyata di situ ada kumpulan VCD anak-anak, yang salah satunya adalah albumnya Sherina. Sontak aja Mbul pengen muter VCD-nya. Setelah minta tulung disetelinin VCD playernya, Mbul dengerin deh list-list lagunya yang ternyata bagus-bagus banget. Mbul paling suka ama yang judulnya Pelangiku, Click-Clock, ama Sahabat Sepanjang Masa. Mbul nyanyiin ini karaokean bareng sahabat Mbul sekulah yang namanya K tapi sudah meninggal saat doi baru menikah karena kangker hati. Seumur-umur Mbul punya sahabat cuma dia yang pernah Mbul ajak mewek-mewek bareng karena dia udah Mbul anggab sebagai mbaknya Mbul sendiri. SMP bareng terus, SMA misah, dan kuliah ketemu lagi. Sampai akhirnya dia meninggal, hiks...jadi kelingan sediiih...

Okey, karena tadi VCD Sherinanya malah dikasih Bulek Yuyun ke Mbul, akhirnya Mbul bisa setel bareng si K ini tiap kali dia main ke rumah. Nah, yang judulnya Sahabat Sepanjang Masa ini kan ada lagu yang menceritakan tentang Paulina ya, namun aku ganti jadi K...lina...soalnya namanya itu mirip. Hihi...tapi kalau inget lagi jadi sedih soalnya dia udah meninggal.




Sebenarnya selain suka nyanyi lagunya Sherina, Mbul dan K juga sering karaokean VCD-nya Westlife. Sambil nyanyi K ini sering banget nyubitin bulu-bulu halus yang ada di tangan Mbul. Gemesssin katanya selain dia bilang alis Mbul juga tebel mirip ulet bulu, dia bilang Mbul ngegemesin, wkwkkw.... (tapi beneran loh, ini kenyataan hahaha).

Kami nyanyi dari list judul lagu nomor 1 sampe judul lagu nomor terakhir, pokoknya sampe disetel bulak-balik dan VCD-nya borat-baret, wkwkwk. Kami nyanyi lagu My Love, I Lay My Love on You, If I Let You Go, Written in The Star, Puzzle of My Heart, You Make Me Feel, Queen Of My Heart, What Your Looking Like That, sampai Bop Bop Baby...Terus Season in the Sun, Fool Again dan lain-lain. Dia emang suaranya merdu...tapi suara Mbul juga ga kalah merdu dong wkwkkw...Ibarat kata suaranya dia adalah suaranya Julia Volkovanya Tatu sedangkan suaranya Mbul adalah suaranya Lena Katinanya Tatu. Atau suara dia adalah suara Marionnya M2M, sedangkan suara Mbul adalah suara Marit Larsennya M2M #plaaaakkkk...

Walaupun hitsnya boyband macam Westlife dan Backstreet Boys pas Mbul masih baru-baru aja masuk SD, tapi karena begitu SMP ada ujian praktek kesenian yang salah satunya adalah menyanyi, maka Mbul pengennya beda ndiri. Pengen nyanyinya lagu barat. Nah, sebagai latihannya, Mbul minta temenin K nyanyiin lagu-lagunya Westlife, Backstreet Boys dan lainnya itu. Terus kami sering debat dong mana sekiranya personel yang paling hits. Soalnya si K ikut suara jamaknya orang-orang. Misalnya yang hits di Westlife itu Nicky dan yang di Backstreet Boys AJ Mc Leann. Tapi kalau Mbul pengen beda sendiri jadi kalau di Westlife yang lumayan itu Si Brian terus kalau Backstreet Boys ya Babang Howie....#hellaaaaw. Lumayan doang sih bagi Mbul ga sampe terpana gitu, cenderung biasa aja deng menurut Mbul. Mbul emang kalau lihat artis ga terlalu memuja. Biasa aja. Yang penting menurut Mbul lagunya bagus hehe...Cz dulu Mbul ga paham cinta-cintaan atau pacar-pacaran. Soalnya pas masih sekulah ga pernah pacaran #hehehe...

#Umur segitu taunya num tutuw pertumbuhan, hahaha

Mbul juga ada kenangan soal VCD film kartun yang dikasih ama Alm. temannya Bapak yaitu Pak Basuki. VCD-nya ada 3. Thumbelina, Melody Time, sama Bartok. Kalau ga salah kesemuanya punya Disney ya. Mbul ingat banget ketiga film ini emang film lawas mungkin dibikin pas Mbul belum lahir atau pas masih bayi banget. Tapi pas kutonton via VCD itu Mbul udah cekulah (kadang sambil ngajakin Alm si K juga sih) Mbul ngerasa ceritanya membekas banget di hati.

Pertama, Thumbelina. Ini ntar kapan-kapan sinopsis lengkapnya mau Mbul bikin aja lah ya. Sekarang resumenya aja dikit. Mbul suka Thumbelina karena di sini banyak nyanyiannya. Pake bahasa Inggris sih jadi bisa sekalian latihan bahasa Inggris. Dari awal, tengah-tengah, sampai akhir full nyanyiiik. Yang nyanyi pun beda-beda tokohnya. Ada yang dari si tokoh utama aka Thumbelinanya langsung, Pangeran Cornelius, Burung Swallow, Ibu Kodok dengan aksen espanyolanya, Serangga, sampai ibu tikus dari bawah tanah. 

Mbul kesihan juga ngebaca kisahnya si Thumbelina. Sejujurnya cinta sejatinya itu ke pangeran bersayap. Tapi karena namanya sutradara mau bikin konflik yang agak njlimet, akhirnya dipisahkanlah ia ama si pangerannya itu agar di tengah-tengah ketemu berbagai macam konflik kehidupan. Misalnya abis diculik kodok bangkong, dia mau dijadiin artis ama ibu kodoknya dan dikawinin paksa ama anaknya yang kodok bangkong namanya kalau ga salah Grundel (bacanya Grandel), terus Thumbelina berhasil kabur eh abis itu giliran diculik ama serangga ckckckck. Di tempatnya si serangga ini awalnya dia dipuji-puji dan mau diorbitin jadi penyanyi karena suaranya merdu...tapi pas ngeliat dia ga punya sayap malah dikata-katain dan dijelek-jelekin, abis itu Thumbelina sedih jadi kabur lagi malah ketemunya ama ibu tikus yang awalnya dikira baik karena mau nampung dia pas musim salju kan, tapi nyatanya tuh ibu tikus malah mau ngejodohin dia ama tikus mondok yang  kaya raya....Tapi alhamdulilahnya dia bisa balik lagi ke pangeran bersayap yang mencarinya walau harus dibekuin dulu ma tuh tikus mondok bandotan ama serangga wkwkkw...Greget juga loh aku lihat kartunnya. Sutradaranya kenapa bisa pinter gitu ya bikin ceritanya????

Kalau yang Mellody Time ada cerita tentang Jhonny Appleseed sama drama musikal yang ada nari-narinya di antara salju dan danau yang telah membeku. Ceritanya si couple ini lagi melintasi area hutan dan danau yang udah membeku jadi es. Nah, tetiba begitu musik nyala yang ada adalah semua pada ngedance termasuk hewan-hewan yang ada di situ. Mereka ikut bergembira ngeliat pasangan romantis ini. Baik kelinci, tupai, burung-burung, kuda semua ikut menyanyi dan menari mengikuti iringan musiknya. Tapi pas ngedance si gadisnya sempet jatoh kepentok, makanya gaunnya nyungsep...abis itu dia ngambek dong tapi langsung dihibur lagi ama cowoknya biar ga manyun. Tapi apesnya karena kecerobohan seekor hewan akhirnya esnya malah mencair, pecah deh balokan esnya. Lalu kereta kudanya kebawa arus termasuk pula si gadis itu. Kendang dia minta tulung mau dislametin. Cowoknya ngejar sekuat tenaga pokoknya dengan segala macam cara walaupun sampai menempuh bahaya sampai akhirnya atas bantuan kuda yang telaten bin cekatan ikut nahan pijakan esnya supaya ga mencair. Untung aja ada tuh kuda....Kalau ga bisa kemelem itu cewek ga ada yang nylametin, hiks #standing applause dulu buat kudanya. Hihi....Selamet tapi semuanya, alhamdulilah heppy ending.... Bagus sih Mbul suka soalnya ceritanya romantis dan menyentuh. Mbul memang suka cerita romantis 😝 Ga tega kalau sad ending wkwkkw...

Kalau yang Bartok ini cerita dari Rusia kalau ga salah. Dan tokoh antagonisnya ngingetin Mbul sama antagonis yang ada di the 101 Dalmation, Qruella tapi yang di sini namanya Ludmila. Dan di situ ada penyihirnya juga yang namanya Baba Yaga yang ngingetin Mbul sama soundractnya yang menghentak-hentak sambil bilang Baba Yaga...Baba Yaga...wkwkwk...Memorable banget lah. Rasanya Mbul jadi pengen nonton ulang semuanya, huhuhu...













21 komentar:

  1. Duuuu, jadi sedih dengar ceritanya mbak nita yang nostalgia pernah karaokean sama temannya yang kini sudah di surga. Oh ya, saya juga suka lagu Sherina lagunya itu bagus semua terus lagu Westlife juga suka, backstrite juga suka meski gak terlalu ngerti artinya apa soalnya bahasanya b.inggris .


    Eeeets??? Mbak nita, suka karaokean juga sama dong kalau gitu tari juga suka karaokean namun sekarang sudah jarang karaokean justru malah sekarang hobinya nge --- game, mahin YouTube, sama belajar bikin kreasi kue dan makanan simpel bareng bunda tersayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tari, suaranya Mbul mirip Shirahoshi πŸ˜‚

      Hapus
  2. If my interoreter translate it ti correct! Mbul sing a songs are si popular there now or Formerly? This is the first time i get this name in here. Thanks. Happy Autumn Dear friend.

    BalasHapus
  3. waktu kecil aku juga jamanya sherina, dulu pas nonton film petualang sherina ditumah tetangga yg lagi ada gawe..

    jaman smp dulu aku malah belum kenl sama band boyband barat aih mbak, suknya masih lagu dangdutan, aku suka lagu-lagu barat setelah lulus smp dam masuk dunia kerja :D, salah duanya wstlife dan backstreet boys yang aku tau hihi, taoi ga banyak aih lagunya yang aku tau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya mas khanif suka lagu dangdut Meggy Z nih, senyum membawa luka.πŸ˜…

      Hapus
    2. Yang kayak gimana tuh mas agus ? πŸ˜‚

      Hapus
  4. lagu lama, tapi masih relevan....

    pengalaman yang mengasikkan ..... πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  5. Aku juga punya kucing tapi warnanya item bukan Oren, tapi sama, kalo sama tikus ya ngga berani padahal badannya gede.πŸ˜‚

    Oh temennya mbul itu sudah tidak ada ya, kasihan sekali padahal usianya masih muda ya.

    Kalo aku jarang karaokean karena suaranya jelek, kalo nyanyi tuh kucing item saja langsung keluar rumah.🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingnya mas agus kok lucu ya...aku jadi pengen ngguyu lho πŸ˜‚πŸ€­

      Hapus
  6. mbak mbul jadi ngingetin aku sama mantan ayang-ayangku #plak hahahaha
    album pertama westlife, dulu sampe hapal nyanyi, ya meskipun bahasa inggrisnya acakkadul waktu itu
    tapi emang semua lagunya menurut aku easy listening bahkan sampe sekarang aku masih dengerin
    karena emang enak

    BSB juga masih aku dengerin kalau pas jam siang di kantor, lumayan, dan masih enakkk

    terussss kalo Thumbelina dan kawan kawannya ini aku ga hapal betul
    kalau sherina mahhh okee punya dari zaman dia kecil, suaranya udah menggelegar keren parahhhhh.
    ehh pas baca ini jadi kepikiran ntar pengen nostalgia nonton petualan sherina, kayaknya seru juga

    BalasHapus
  7. aku malah fokus ke ceritanya si K yang udah meninggal.. pasti sedih banget ya, Mbul..
    Kalo aku dulu suka dapet CD gratisan dari kantor.. hehehe.. ada juga satu CD peterpan yang dikasih sama mantan.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak makasih...kalau aku ga punya mantan πŸ˜‚

      Hapus
  8. Seriusan nih mbull punya suara kayak Marit Larsen,, hhmmm sesekali cover dong hehe... Pengen denger juga..

    Jadul banget yah vcd sherina dan westlife gitu... Skarang mah vcd udah gak ada gunanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha biarin yang penting bukan gemdang telinga yang pecah hehe..

      Iyya tapii beda banget yah feelnya dengerin di hp dengam vcd.... #RIPVCD

      Hapus
    2. Yagitu deh lul πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  9. Aku juga sukaaaa lagu2 Sherina nur :D. Itu kayaknya jadi lagu wajib anak2 yg hits banget yaaaa :D. Kalo blm nonton filmnya, merasa ketinggalan bener :D.

    Thumbellina ini aku tahu, tapi kok lupa Yaaa ceritanyaaa hahahah. Harus aku liat dulu, utk ngerefresh. Tapi kayaknya anakku tau deh.

    Naah samaaa kita. Akupun LBH suka film yg happy ending. Ga perlu plot twist macem2 ,yg penting happy endingnya. Makanya aku ga keberatan baca spoiler. Biarin aja tahu ceritanya, yg oenting aku ga baper lama kalo tiba2 filmnya menggantung ato malah sad ending. Kalo udh cerita begitu, maleees bangetttt. Rasanya mood langsung drop hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba fanny...paling sebel tema buku atau film yang ga happy ending πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus

Happy blogging ^___^ Komentar dimoderasi dulu ya. Dilarang menyertakan link hidup, mengutip sebagian/keseluruhan isi artikel, mengambil gambar, tangkapan layar, foto masakan atau kuliner juga segala catatan yang bersifat personal tanpa seijin pemiliknya. Komentar boleh sambil becandaan atau bahasa santai/lucu karena blog aku emang bahasa tulisnya santai, jadi jangan terlalu serius ya. Aku lebih suka komentar yang kebacanya friendly, hehehe...Terima kasih ^_^