Laman

Kamis, 14 Oktober 2021

Review Bakso M Tohir Putra Kutowinangun


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Ini adalah bakso yang direkomendasikan ibuku. Namanya Bakso M Tohir Putra yang berada di Jalan Kutowinangun, Kebumen. Bakso ini ramai betul. Maksudnya laris Cuy. Walaupun pas ke sana sih aku minta dibungkus aja. Bangunannya bercat ijo. Warungnya bersih sih menurutku. Dan ada esnya juga. Cuma yang kubeli bakso doang. Ga pake es. 



Beli buat sekeluarga. Lumayan murah loh. Porsi besar cuma Rp 13 ribu. Porsi kecil Rp 11 ribu. Sebenernya waktu itu minta dibikinkan lengkap. Maksudnya ada mie kuningnya, bihun dan cesin segala macam. Tapi kelupaan ga keangkut kreseknya wkwkkw....Ya ga pa pa namanya manusia kadang ada lupa yekan. Akhirnya yang keangkut baksonya aja beserta kuahnya. Yang artinya kosongan semua.

Sesampainya di rumah, langsung tata mangkok jagonya. Baksonya terdiri dari 5 buah bakso halus ya. Tapi biar begitu udah kerasa dagingnya loh. Kuahnya juga sedep banget. Kaldunya nampol...enak seger. Ada potongan seledrinya juga.

Aku sih kalau bakso suka yang kuahnya gelap. Makanya kecapnya takbanyakin, terus baru kasih sambel. Sambelnya bisa penuh. Jadi gelap agak merah. Kalau saos aku maunya dikit aja atau malah skip







Tekstur baksonya sendiri pas sih menurutku. Soalnya dagingnya sekali lagi kerasa. Ga gandum tok. Enak lah pokoknya...kenyalnya pas. Ga terlalu amoh atau atos...wkwkwk...Pas. Tengah-tengah. Disruput bareng kuahnya yang pedes manis manteb banget. Kalian suka bakso juga kah. Silakan kalau mampir Kutowinangun bisa dilarisin ya baksonya ini.

Okey, segitu dulu liputan kulinerku. Silakan pantengin fotonya baik-baik ya...biar pada kemlecer hehehe

"Warung Bakso M Tohir Putra"
Kutowinangun, Kebumen
Kalau dari timur setelah Pasar Kutowinangun
Jam buka : Setiap hari (jam 09.00-21.00 WIB)



With love

Embul



18 komentar:

  1. Petang kelmarin kami makan di Restoran Bakso Jawa. Orden bakso tenis. Ada tambahan mee hoon di dalamnya. Kuah supnya sedap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwaaa...bakso tenis? kayaknya kok enak ya kak amie? 😍
      mee hoon itu bihun bukan ya kak?

      (。・ω・。)

      Hapus
  2. wih enak banget, aku suka kalo bahas bakso gini, jadi tambah pengen :D.. bakso di tempatku cuma 10k lho mbak, termasuk murah kan, rasanya sih tergantung tiap warung ya, ada yang enak ada yang engga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo khanif bahas bakso juga..? di jepara ada bakso favorit khanif ga? ditulis dan dijepret fotonya nif hehehe

      10 k udah penuh indil indilnya ga? aku suka yang kuahnya rasa daging beneran nif...daging sapi

      (´∧ω∧`*)

      Hapus
  3. Wah lihat bakso jadi ngiler nih, beliin dong mbul.ðŸĪĢ

    Ternyata mbul sukanya gelap-gelapan ya, eh maksudnya kuahnya bakso yang gelap karena banyak kecapnya.

    Harganya juga terjangkau ya, cuma 50k untuk empat mangkok.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sini mas ntar mbul beliin....nih mau berapa mangkok? heheh ☺

      iya mas mbul suka gelap gelapan...soalnya yang gelap itu lebih enak....(((kuah acooonya maksudnya...kuah basoooo hahahhaha)
      iya murah mah kalau di desa...kalau di kota ga dapet kali ya..palagi yang urat...bakso daging 😌

      Hapus
    2. Waktu tahun baru kemarin aku pulang kampung lalu makan bakso karena tetangga sebelah ternyata dagangan bakso.

      Baksonya lumayan enak sih biarpun agak sedikit, yang gede satu yang kecil lima sama mie.

      Waktu bayar shock, soalnya ngga nyangka segitu ðŸ˜ą 😂😂

      Hapus
    3. enak mas baksonya?

      ðŸĪĪ

      iya mas sekarang bakso gede atau uratnya mah cuma 1, dulu pas mbul masih kecil urat semua ada 7 mas biar bentuknya ga gede sih..tapi urat semua...sekarang yang kecil kecil ga ada uratnya hiks

      syock kenapa mas? ðŸĪŠðŸĨš

      Hapus
    4. Enak banget sih enggak, cuma lumayan lah.

      Ya shock saja soalnya bayar tiga mangkok cuma habis 18 ribu.ðŸ˜ą

      Hapus
    5. lumayan sih mantab mas...hehe

      18 ribu bagi 3 wow murah amat...bakso apa pentol itu mas?

      Hapus
  4. numpang nyruput aah....slurrrpt....kuah baconya enaaagh ya Mbiiiil?
    (´⌣`ĘƒÆŠ)♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um mbullll
      ⊂(● ̄(ã‚Ļ) ̄●)⊃(ãĨ ̄ ³ ̄)ãĨ

      ꉂ(ˊᗜˋ*)♡

      Hapus
  5. Nit, untung yg kebawa baksonya Yaaa. Coba kalo yg kebawa mie nya thok, tanpa bakso ðŸĪĢðŸĪĢ.

    Bakso itu makanan rakyat, semua pasti suka hahahaha. Walopun kadang nemuin bakso yg ga enak, tapi tetep aja rata2 bakso yg memang ada tempat jualan, bukan gerobak, rata2 pasti enak.

    Kalo soal saos, kita sama, aku juga ga doyan. Tapi kecap aku ga mau sebanyak itu ðŸĪĢ😅. Dikiiit aja. Yg dibanyakin jeruk nipis dan sambel nya beuuugh, kuah merah baru mantep 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakkak...mba fan bisa aja...iya juga ya..aku sempat mikir...coba kalau yang ketinggalan baksonya...bisa makan mie fan sayuran hihihi

      iya bakso ini beneran udah merakyat banget deh...mulai dari yang termurah ampe yang termahal banyak penggemarnya...aku sendiri bakso yang murah mereah gini aja udah suka mba fan...asal ya itu berasa gmdaging...ga gandum tok hihi..

      iya aku mah sambel banyakin ga pa pa...kecap juga...tapi saos ga hihihi...yang kuahnya merah membara....begh!!! langsung hajar vlegh mangkuknya..(e kok mangkoknya diamhajar..petjah atuw mbung...hihihi)

      Hapus
  6. wah... jadi pingin buat bakso nih...heehehe..
    😁😃😁

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok buat sendiri pak tanza hihihi

      di Amerika serikat apakah tidak ada kedai bakso pak? 😃😄

      Hapus
  7. dududududu kemlecect tenan kannn :D
    baksonya ga alot, kuah enak gurih, maknyusss

    kalau bakso, referensiku di jember sini nggak terlalu banyak, karena jarang kuliner bakso
    dulu waktu SD pernah liat tetangga bikin bola bakso, dan baru tau dong kalau carana begitu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba ai suka bakso juga...horaaay #saliiim

      ayo mba ai post makanan street foodnya banyuwangi dong kapan kapan hehehhew 😍

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^