Selasa, 14 Desember 2021

Resep Kue Ku/ Kue Angku/ Kue Tok ala Beby Mbul Nita




Oleh : G Nita 
Hallo Assalamualaikum...

Jumpa lagi dengan Beby Mbul dengan resep kue tradisional ala-ala. Kali ini Mbul mau bikin kue ku atau yang biasa disebut sebagai kue angku atau kue montok tok. Sebenarnya malah di kampung kami sebutannya lebih unik lagi (beneran loh...ya kan sebutan kue beda-beda ya tiap daerah...nah ndilalah di kampung halaman kok ya emang gitu para sesepuh sering nyebutnya hahhaha). 



Kue ku ini umumnya warna merah dalamnya isi kacang ijo. Walau di pasar ada pula yang isinya nten-nteh (kelapa parut yang dikasih gula merah). Bahan kulitnya itu dari tepung beras ketan. Makanya agak kenyal-kenyal gimana gitu kan. Dan bentuknya umumnya bulat. Walau kalau sekarang bisa dimacam-macam sih sesuai ama cetakannya. Bahkan kalau yang kekinian ada yang bentuk buah-buahan unyu alias mini. Tapi aku pribadi lebih suka yang bentuknya klasik sih. Aku ada cetakannya. Jadi biar lebih rapi gitu lah. Daaaan...aku lebih suka pula yang isiannya kacang hijau kupas jadi dalamnya itu warnanya masih kuning. Ga gelap.

Lalu karena Beby Mbul alias gw sendiri suka bereksperimen bikin kue-kue tradisional, jadi pas ada kesempatan dalam kesempitan belanja, aku mlipir dikit ke warung sembako buat beli perintilan weku...kweku...atau kue ku...terserah deh...bagaimana nyebutnya. Menurutku cara bikinnya kok gampang ya begitu liat di youtube ternyata bahannya ga neko-neko. Jadi yaweslah ketimbang aku kepikiran mulu, maka takbikinlah spesial ala tangan Beby Mbul resep kue ku yang gampang banget.

Langsung saja ya ini dia resepnya :





Bahan-Bahan :

Bahan Isian :

Kacang hijau yang dah dikupas kulitnya
Gula pasir
santan instan yang kecil

Bahan kulit :

Tepung ketan
Kentang
Gula halus
garam
vanili bubuk
pasta merah cabe (biar jreng)
santan instan kecil
minyak untuk olesan
daun pisang untuk alasnya

Cara Membuat : 

Rendam kacang hijau kupasnya selama 2 jam
Kukus kacang hijau yang sudah direndam tadi dalam subluk, bersisihan dengan kentang. Tapi kentang untuk campuran kulit ya. 
Setelah matang, blender kacang hijau kupasnya bareng santan instan
Masak kacang hijau yang sudah diblender tadi, tambah dengan gula pasir
Setelah matang, dinginkan
Setelah dingin, bentuk bola-bola kecil untuk isiannya
Untuk membuat kulit, siapkan tepung ketan, kentang kukus yang dihaluskan, gula halus, sedikit garam, dan vanili bubuk
Campur dengan santan instan kecil
Tuang sedikit pasta merah cabe
uleni adonan sampai kalis
Bentuk adonan bulat lalu pipihkan dan isi dengan isian kacang hijaunya, setelah itu masukkan dalam cetakan yang alasnya sudah ditaburi tepung terigu supaya tidak lengket
Setelah semua dicetak, taruh dalam alas daun pisang yang sudah diolesi minyak
Kukus sampai matang, dan setiap beberapa menit sekali tutup subluknya dibuka supaya adonan tidak mengembang
Setelah matang, olesi tipis-tipis permukaan kue kunya dengan minyak
Sajikan hangat.




























Wah!!! Senangnya...kini aku bisa sering praktek bikin kue-kue tradisional yang semasa kecil tak kusangka bikinnya sangat gampang. Aku pikir dulu kalau mau jajan pasar musti beli dulu kan di pasar. Nah, sekarang tidak lagi berkat rasa penasaranku tiap kali ada kepengenan bikin ini itu hehehe...Ya, walaupun di percobaan pertama kali ini isian kacang ijonya pas dimasak rada gosong bagian bawah tapi pas dicicipin tetep enak kok. Kulitnya juga kenyal empuk karena ada tambahan kentang kukusnya. Nah, kalian tertarik juga bikin kueku. Yuk langsung praktikkan resepnya.






Okey, sekian dulu update resepku kali ini. Rasanya mantab. Kata Tamas kue tok bikinan Mbul wangi. Alhamdulilah. Nanti insyaAlloh jika ada kesempatan bebikinan kue tradisional lagi, Mbul akan bagikan resepnya di blog ini. Sampai jumpa lagi en dadaaah...

Xoxoxo
Embul


58 komentar:

  1. Pasti enak. Sebab bahannya terbuat dari kacang hijau. Kirim ke sini ananda Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...enak bunda...walau mbul pas masak isian kacang hijaunya bawahnya rada gosong dikit...tapi tampilannya cantik hehe..

      sini bunda..(*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  2. Wah itu namanya kue angku ya, kadang aku juga beli di pasar Brebes kalo pas pulang kampung, cuma selama ini beli saja tidak tahu namanya.

    Isinya memang kebanyakan kacang hijau sih, enak dan manis, kalo yang isinya gula merah sama kelapa ada juga, yang isinya keju juga ada. Harganya satu 2 ribu.

    Cuma aku nyari yang isinya duit gambar pak Karno kok ngga ada ya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um Mas, ini namanya kue angku tanpa tambahan huruf lain ya

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      sinonimnya kueku atau kweku atau...tok mas hihihi..

      enak mas..apalagi karena dibikin dari tepung ketan dan mbul tambahin kentang kukus jadi kulit luarnya empuk menul menul...begitu digigit kacang hijaunya manis walau mbul bikinnya rada gosong isiannya wkwkkw

      wah mahal juga ya mas sebiji 2 ribu...mbul bikin sendiri modalnya sih murah ini dapat 2 loyang hehhee

      kalau isinya uang warna merah sih mbul juga mau...gimana kalau aku yang bikin aja, tapi isiannya duit monopoli aja yaaaa #candaaa

      ᕦʕ •ᴥ•ʔᕤ

      (。・ω・。)三三ᕕ( ᐛ )ᕗ

      Hapus
  3. No puedo traducir... Se ven riquísimos!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah aku tambahkan widget google terjemahan di footer bawah Sahabatku Carlos, mudah mudahan terjemahannya baik ya ☺

      iya ini kue tradisional kalau di tempat ku biasa disebut sebagai kue ku...rasanya manis karena kacang hijaunya dikasih gula Carlos ☺😊

      Hapus
  4. Mba Mbul rajin sekaliiii bebikinan kue tradisional giniii. Ternyata kue angku ini banyak dijual di pasar, yaa. Soalnya aku jarang lihat dan biasanya makan kue angku pas Imlek atau ada yang ulang tahun. Terakhir aku makan kue angku itu waktu Krystal sebulanan dan bagi-bagi bingkisan, salah satu makanan di dalamnya si kue angku ini.

    Btw, kue ku ini lambang panjang umur katanya, soalnya bentuknya seperti tempurung kura-kura dan kura-kura salah satu hewan yang panjang umur #funfact 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekekekk...lagi niat aja jane..biasanya juga banyak malesnya kok si Mbul 🤭

      iya kalau di pasar tradisional banyak
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      tapi di kios pinggir jalan juga ada sih. Oh iya...aku juga sering dengar kalau kue angku salah satu yang harus ada di saat perayaan imlek ya..Ternyata filosofinya bagus ya Jane, bikin panjang umur karena bentuknya kura-kura...
      tau ga jane, aku jadi inget tokoh master oghway di animasi Kungfu panda yang jadi gurunya Pho dan master sifu hihihi

      Wah salam buat Crystal ya Jane, udah gede sekarang ya...perasaan baru kemarenan jane lahiran
      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  5. It has been awhile since I ate an angku!

    I've never tried making them though.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah it's been along time ya Kak Veronica...maybe someday you can try to make it too because for me it's very simple

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  6. di tempatku juga ada kue kayak gini yang isi kacang ijo, tapi aku gak tau namanya apa hahah, biasanya yang doyan kue ini bapak sama ibu, kalo aku sama adek ga begitu suka sih hehe.. btw ini sebenernya mau pamer kue nya atau pamer foto hijabnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaaah masa ga tau namanya nif wkwkwk.. kayae justru kalau di pasar og paling terkenal yo hihihi

      kue tradisional biasanya emang banyak dijual di pasar nif...

      tapi gaweanku enak loh nif #pengumuman dewe hihihi

      😂😁

      Hapus
  7. Saya tidak sangka banyak kerja untuk buat kuih ini. Saya suka kuih ini yang kami di Malaysia panggil "ang-ku" kuih.. "Ang" bermakna merah. Makan dengan kopi memang sangat sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Kestrel...Mbul sangat gemar coba-coba bikin penganan tradisional. Itu seperri aku belajar improve my skill di bidang cooking kak...ga tau ini masuknya ke pastry atau bukan...hihi..kalau di Malaysia apakah isinya kacang hijau juga kak?

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      makasih kak atas tambahan infonya...mbul jadi tahu makna filosofi angku dari kata ang yang berarti merah..pantas umumnya kulitnya diwarnai merah

      betul kak teman makan kopi di sore hari sangat sedap (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  8. wah unik kelihatannya.... dan warnanya tambah menyebabkan kue semakin menarik...

    yummy....

    👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih Pak Tanza? Makasih atas apresiasinya terhadap kue buatan Mbul? Apakah di Amerika ada yang jual kue ku atau kue tok ini Pak? 😃☺

      Hapus
  9. kapan-kapan boleh di coba bikin juga nih kue, karena kelihatannya enggak terlalu sulit untuk membuatnya, he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh silakan kapan kapan tuk membuatnya Koh Kuan Yu bisa praktekkan resep dari Mbul sangat gampang ᕦʕ •ᴥ•ʔᕤ

      Hapus
  10. Balasan
    1. Exactly Tom (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  11. kue thok saya suka
    warna saja sudah menggoda
    palagialamnya banyak isi kacang ijo
    makin mak nyus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas memang tak kusangka bikinnya sangat gampang, aku kasih vanili di adonannya jadi wangi (*´▽`)ノノ

      iya kupilih kacang hijau kupas jadi tinggal direndam saja sebelum dihaluskan :)

      Hapus
  12. I like angku with lots of filling. You make beautiful angku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awww...thank you Kak Nancy...

      This is the first time i try to make angku Kak...and i feel so antusiast by the way...

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  13. Kuenya cantik. Warnanya merah menggoda selera. Tentunya enak ini. Makasih banyak ya resepnya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak...alhamdulilah ada yang apresiasi bentuk kuenya hehehe...rasanya manis pak. Sama-sama semoga bermanfaat ☺😊

      Hapus
  14. di tempatku juga ada kue kayak gini yang isi kacang ijo, tapi aku gak tau namanya apa hahah, biasanya yang doyan kue ini bapak sama ibu, kalo aku sama adek ga begitu suka sih hehe.. btw ini sebenernya mau pamer kue nya atau pamer foto hijabnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kue tradisional enak juga loh nif...o berarti kamu ga suka manis ya hahhaha

      iya kayaknya dua duanya...biasa promosi dikit hahhahahahahah

      Hapus
  15. Aku baru tau kue ini setelah menikah, hahaha...

    Jadi ibu mertua suka jualan kue-kue basah tradisional juga kan, baru deh tau klo ini namanya kue tok / ku klo di desa mertua 😁

    Awalnya aku emoh karena warnanya merah banget kan, agak ngeri aja sama pewarna makanan takut berlebihan 😁

    Tapi pas makan ternyata enak dan aku malah yang berlebihan ga bisa berhenti makan. Lebih dari satu. Hahaha...

    Enak banget klo di makan lagi anget-angetnya, minumnya teh anget juga. Huhuhu... Pengen 🤤

    BalasHapus
    Balasan
    1. congraats kak pit akhirnya tahu nama kue ini setelah kakak menikah 🤭🤭

      iya kak, memang kalau pasta makanan cuma ditetesin dikit abis kuenya matang kelihatan merah banget wkwkkwkw...

      iya kalau masih anget empuk menul meul..kalau udah dingin keras kak 😃😄

      Hapus
  16. Your traditional cake sounds and looks delicious.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks a bunch Bill (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  17. Le paso la receta a mi esposa, la vamos a intentar... se ve exquisita, y tu explicación una maravilla, amiga.

    Abrazo hasta vos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya Sahabat Carlos..semoga Sahabat Carlos dan Istri bisa mempraktikan resep kue angku khas Asia ini...

      salam ☺😊

      Hapus
  18. Tidak pernah buat tapi selalu nampak di kedai-kedai tertentu jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak na, sebenernya paling praktis adalah beli 🤭

      Hapus
  19. Subluk itu dandang ya kak Nita?
    Soalnya lihat bentukannya yang ada bolong², daku menyebutnya dandang wkwkwk..

    Daku seringnya makanin aja, belum pernah buatnya.
    Berarti isiannya bisa dimodifikasi yak, soalnya pernah ketemu dengan yang isian keju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Fenni, subluk itu dandang 😃

      biasa nggo adang sego sebelum ada rice cooker hihihi

      iya bisa dimodifikasi
      tapi nita paling seneng rasa klasik yang kacang ijo Dear 😍

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  20. duarrrr abang
    eh aku dulu pernah sekali nemu kue tok yang warnae kuning
    tapi jatuhe puyeh
    emang abang tetap jadi patokan haha
    aku seneng kue tok iki soale lego makan siji wis wareg
    mung kadang kelet nang untu huhu

    eh klambimu sing biru motif ikan mirip banget ambek national costume Thai..
    amanda obdam.... tailend...
    kok lucu se mbak motife

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duaaaarrrrr amanda beb mbul, miss grand ....Indonesiaaaaaaa! #plak trus ditabok hahahaha

      hahahhah aku ngakak tapi iyo jew...nek versi ga dipakein kentang kukus nempel ning untu hahhahaahha

      Hapus
  21. Warna merah menyalanya menarik banget buat dilahap Mbul.
    Kalau di Sukabumi ada yang mirip kue tok ini, namanya Bugis. Warnanya ungu, kalau ekarang-sekarang ada yang hijau bahkan. Indonesia memang kaya dengan kulinernya. So Proud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih pak yonal, sengaja mbul pakrkan pasta merah biar menyala...

      kalau kue bugis, mbul juga suka banget isinya enten enten putih soalnya pake gula pasir kan...dan bulet kulit luarnya ungu...biasanya mbul beli pas abis kuliah tingkat satu dulu mau pulang ke kosan hehehehew 😃😄

      Hapus
  22. Obrigado pelo seu excelente trabalho. Acho que eu nunca vi algumas coisas aqui no Brasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sahabat Luiz, di Indonesia ada banyak aneka ragam kue kue tradisional salah satunya ini. Jadi penasaran kalau di Brazil ada penganan apa aja yab? ☺😊

      Hapus
  23. Baru tau aku mbak dgn kue ini. Baru lihat kali ini, rasa rasanya.
    Untuk kue yg di bawahnya ada daun nya, sebenernya pernah lihat di pasar di Palembang. Tapi ga tau namanya. Apakah jangan jangan itu kue tok juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Do...kue ini memang bawahnya dialasin daun pisang...heheheh biar ga lengket ama saringan subluknya 😄

      mungkin juga do, soalnya kue ini kayaknya merata ya ada di mana-mana bahkan di luar pulau jawa sih kupastikan ada, cuma mungkin namanya aja yang beda penyebutan ☺😊

      Hapus
  24. So delicious! Wish I could taste one right now :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sure Angie...
      hopefully someday you can try it
      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  25. Selamat nit...proyek mbikin kue tradisionalnya berhasil. Nek ditempatku, ini namanya mata kebo.

    Proses mbikinnya butuh banyak tahap ini.. blm pernah nyoba aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mata kebo mba lis? unik dan unyu..hihi po meneh emang empuk mempur menul menul sih ya kulite hahahhahaha

      iya e mba lis tak kusangka gaweanku profesional juga #saelah hihihi

      😝🤭

      Hapus
  26. Aku kayak pernah liat kue ini, tapi waktu itu isinya beda.. Sepertinya soal isinya ini bisa diisi apa aja yaa.. Duh jadi ngiler pengen nyobain juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan jangan memang pernah liat nas andrie...☺

      iya isian bisa macem macem..tapi aku lebih suka yang kacang ijo kupas jadi warnanya terang daripada yang belum dikupas heheheh

      cobain yuk...kalau mau lebih praktis bisa beli di pasar tradisional..tapi kalau mau riweuh kayak Mbul bikin sendiri aja heheheh

      Hapus
  27. Cara ngeluarin dari cetakannya itu tapi ga susah ya nit? Mamaku juga pernah kasih resep ini dan pake kentang. Katanya biar lebih lembuuuuut adonannya. Sama kayak bikin klepon, mama selalu pake kentang, jadi memang LBH lembut , ga keras kalo cuma pake tepung beras Thok.

    Ini kue tradisional fav ku bangettttt. Kalo ada ini, bisa ga sadar makan banyak aja 🤣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diketokin aja mba fanny hihihi

      🤭🤭, biar ga lengket sebelum ditaruh adonan dan isi kacang ijonya, kukasih uwuran terigu 😃

      iya karena pake kentang kukus makanya empuknya pas, sebenernya ada resep lain yang ganti kentangnya pake ubi jalar kukus, tapi aku belum nyobain 😄☺


      ฅ(^・ω・^ฅ)(´✪ω✪`)♡

      Hapus
  28. warnanya cantik, btw aku kayaknya blm pernah makan kue Ku ini deh, Mbul.. seperti biasa, reviewnya selalu membuatku penasaran.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ฅ(=චᆽච=ฅ) ayuk cobain bikin kak nai...pasti anak anak kak nai suka...kuenya manis isi kacang ijo bikinnya simple hihihi

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  29. Nah ini ternyata namanya kue tok. kemarin pas maen ke jogja ditanyain sama temen dari jakarta ini namanya apa? ku jawab gak tau, tapi aku tau isinya kacang ijo dan aku emang suka makan itu cuma gak tau namanya hahaha.

    terjawab sudah disini. namanya kue tok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah sekarang udah tahu jawabannya ya mas agus ☺😊

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^